• 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Bedak Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Bedak adalah base makeup wajib yang tak boleh Anda lewatkan. Bedak membuat wajah Anda tampak lebih fresh dan warna kulit lebih merata. Sama seperti produk kecantikan lainnya, Anda perlu lebih teliti memilih bedak yang sesuai dengan jenis kulit. Kali ini kami akan membahas bedak yang bagus untuk kulit kering.


Simaklah tips kami dalam memilih bedak untuk kulit kering. Kami juga akan merekomendasikan merek bedak untuk kulit kering, seperti Innisfree, Luxcrime, dan PIXY. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Yuk, simak artikelnya sampai habis!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Renata Aprianti
Grace Mulyani
  • Pembaharuan terakhir: 10 Januari 2023
Daftar isi

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti

Profil pakar: Makeup artist, Renata Aprianti

Renata Aprianti merupakan seorang makeup artist dan beauty enthusiast yang aktif membagikan video review produk beauty. Selain itu, Renata juga senang membagikan tutorial makeup dan skincare di YouTube dan Instagram miliknya.


Wanita yang suka menulis ini pernah menerbitkan tiga novel remaja dan telah berkecimpung di dunia blogger selama sepuluh tahun. Penulis dan penggemar dunia beauty ini fokus menjadi makeup artist (MUA) dan vlogger sejak 2017.

Renata Aprianti
Makeup artist
Renata Aprianti

※ Informasi pada artikel ini sudah ditinjau oleh pakar kami dan disusun kembali oleh tim editorial mybest.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bedak untuk kulit kering

Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memilih bedak untuk kulit kering? Untuk Anda yang belum pernah menggunakan bedak sebelumnya, Anda bisa menemukan penjelasannya di bawah ini. 

Pilih bedak dengan efek melembapkan

Pilih bedak dengan efek melembapkan
Dalam memilih bedak untuk kulit kering, Anda perlu memprioritaskan produk yang dapat menjaga keawetan makeup sekaligus memberikan kelembapan. Bahan yang berkhasiat melembapkan adalah hyaluronic acid, squalane, olive oil, jojoba oil, dan grape seed oil.

Jika Anda memilih bedak tanpa kandungan pelembap, hasil akhir makeup Anda pun akan sangat berbeda. Anda juga dapat mengaplikasikan produk pelembap wajah sebelum memulai makeup.


Apabila Anda sedang mencari pelembap wajah untuk kulit kering, artikel di bawah ini patut Anda lirik. Kami sudah mengulas berbagai pelembap terbaik untuk melembapkan kulit kering!

Ketahui hasil akhir yang diharapkan berdasarkan warnanya

Bedak tersedia dalam beberapa pilihan warna. Anda dapat merasakan perbedaan hasil akhir dari setiap warna. Oleh sebab itu, Anda harus memilih bedak dengan warna yang sesuai warna kulit Anda dan sesuai hasil akhir yang diinginkan.

Bedak dengan warna-warna tertentu juga dapat digunakan sebagai concealer atau alas bedak. Teknik ini mudah untuk dicoba sehingga dapat dilakukan oleh pemula yang sedang belajar memainkan warna untuk mengontrol makeup-nya.

Beige, menyatu dengan berbagai warna kulit

Beige, menyatu dengan berbagai warna kulit
Warna beige merupakan warna yang paling mudah digunakan karena cocok untuk segala jenis kulit. Beige juga memiliki rentang warna yang beragam, seperti light beige, medium beige, dan dark beige.

Warna ini bisa digunakan untuk Anda yang memiliki warna kulit terang hingga warna kulit sangat gelap sekalipun. Untuk Anda yang memiliki jenis kulit gelap, Anda dapat memilih konsistensi bedak yang lebih tebal. Dengan begitu, pori-pori dapat tertutupi dan hasil makeup terlihat lebih flawless

Pink, hasil akhir kulit tampak lebih cerah

Pink, hasil akhir kulit tampak lebih cerah

Jika menginginkan riasan yang membuat kulit terlihat cerah, gunakan bedak pink yang sesuai skin tone Anda. Walaupun memberikan semburat warna pink, tetapi warnanya tidak sama dengan warna pink yang Anda temukan pada eyeshadow atau blush.


Hasil akhir bedak berwarna pink ini akan terlihat natural dan cantik. Warna pink juga cocok untuk pemula karena tampilan kulit tidak akan terlihat berlebihan apabila Anda menggunakannya

Translucent, membuat hasil makeup "my skin, but better"

Translucent, membuat hasil makeup "my skin, but better"

Untuk Anda yang memiliki jenis kulit putih, Anda dapat menggunakan bedak yang berwarna putih. Bedak berwarna putih juga disarankan untuk Anda yang memiliki area T berminyak. Penggunaan bedak di area tersebut dapat membuat wajah Anda terlihat lebih segar.


Meskipun warnanya putih, bedak jenis ini akan memberikan hasil warna transparan (translucent) ketika diaplikasikan pada kulit. Bedak translucent cocok untuk Anda yang tidak ingin mengubah warna kulit, tetapi mendambakan tampilan "my skin, but better".

Multicolor, hasil makeup memesona tanpa teknik khusus

Multicolor, hasil makeup memesona tanpa teknik khusus

Bedak multicolor, seperti hijau, ungu, atau biru akan memberikan hasil riasan yang bagus jika digunakan bersamaan. Anda bisa membuat riasan makeup yang terlihat lebih cerah dan segar tanpa harus menggunakan teknik khusus. 


  • Untuk kulit kusam, Anda dapat mengakalinya dengan bedak berwarna biru. 
  • Jika Anda memiliki bintik kemerahan pada wajah akibat bekas jerawat, Anda dapat menggunakan yang warna hijau. 
  • Bedak ungu akan memberikan hasil akhir yang sedikit transparan dan membuat tampilan kulit terlihat elegan. 


Dengan memilih bedak, Anda akan merasakan efek yang ditawarkan dari setiap warna tersebut. Namun, bedak seperti ini agak sulit ditemukan di Indonesia.

Sesuaikan tingkat coverage yang diinginkan

Sesuaikan tingkat coverage yang diinginkan

Mirip dengan foundation dan makeup complexion lainnya, bedak juga memiliki daya tutup atau tingkat coverage tertentu. Tingkat coverage ini menunjukkan kemampuan produk untuk menutupi warna kulit tak merata. 


Secara umum, tingkat coverage bedak dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • Sheer coverage: Bisa untuk riasan ringan sehari-hari, seperti pergi ke sekolah, kuliah, grocery shopping, dan sebagainya. Daya tutup ini adalah yang paling ringan sehingga warna asli kulit masih tampak. 

  • Medium coverage: Bisa menyamarkan noda ringan di wajah, tetapi kurang mampu menutupi jerawat atau scars. Daya tutup menengah ini juga cocok untuk daily makeup.

  • Full coverage: Bisa dipakai untuk meratakan warna kulit, menyamarkan pori-pori, komedo, dan jerawat ringan. Meski terkesan berat dan tebal, beberapa bedak full coverage menawarkan formula breathable dan efek yang flawless natural.

Pertimbangkan produk yang dilengkapi aplikator bedak

Pertimbangkan produk yang dilengkapi aplikator bedak

Produk bedak biasanya sudah dilengkapi aplikator. Beberapa produk bedak yang menyediakan kemasan refill juga menyediakan aplikator bedak dalam produknya. Namun, ada baiknya sebelum membeli Anda memastikan hal tersebut, ya. 


Aplikator bedak biasanya berupa spons atau powder puff. Powder puff adalah aplikator dengan bulu-bulu lembut. Sementara itu, aplikator spons memiliki permukaan yang lebih padat. Aplikator spons akan lebih memudahkan Anda membuat riasan yang full coverage dengan cara menepuk-nepuk produk ke permukaan wajah.  


Jika produk pilihan Anda tak memiliki aplikator, Anda bisa menggunakan aplikator yang Anda miliki, misalnya powder brush. Brush cocok untuk mengambil bedak secara tipis-tips saja guna membuat tampilan yang natural.

Produk rekomendasi pakar

Inglot CosmeticsJL Freedom HD Pressed Powder

Mulai dari Rp 163.000,00

Pilihan warnaNude 1, Nude 2, Nude 5, Nude 6
Kandungan pelembapTidak diketahui
CoverageFull
AplikatorTidak diketahui

10 Rekomendasi bedak terbaik untuk kulit kering

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bedak terbaik untuk kulit kering yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 2 Januari 2023:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Looké Cosmetics Holy Perfecting Pressed Powder menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Luxcrime Blur & Cover Two Way Cake memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Renata Aprianti.

Gambar produk
1
Luxcrime  Blur & Cover Two Way Cake 1

Luxcrime

2
Ultima II Delicate Translucent Face Powder with Moisturizer 1

Ultima II

3
Rose All Day  The Realest Lightweight Compact Powder in Medium 1

Rose All Day

4
Innisfree No-Sebum Moisture Powder  1

Innisfree

5
Pigeon Compact Powder + UV Protection 1

Pigeon

6
Jacquelle  Blur Effect Two Way Cake  1

Jacquelle

7
PIXY Make It Glow Silky Powdery Cake 1

PIXY

8
Raiku Translucent Pressed Powder 1

Raiku

9
Rimmel London Stay Matte Pressed Powder 1

Rimmel London

10
BYS All Day Wear Pressed Powder 1

BYS

Nama produk

Blur & Cover Two Way Cake

Delicate Translucent Face Powder with Moisturizer

The Realest Lightweight Compact Powder in Medium

No-Sebum Moisture Powder

Compact Powder + UV Protection

Blur Effect Two Way Cake

Make It Glow Silky Powdery Cake

Translucent Pressed Powder

Stay Matte Pressed Powder

All Day Wear Pressed Powder

Keunggulan

Two way cake lokal yang sudah disetujui Tasya Farasya

Bedak andalan para MUA, teksturnya halus tanpa membuat kering

Compact powder yang ringan dengan hasil soft matte

Tidak membuat kulit berminyak dan tidak membuat kulit kering

Bedak untuk para remaja yang lengkap dengan UV protection

Bedak transferproof yang formulanya aman untuk kulit sensitif

Bedak PIXY dengan pilihan warna untuk kuning langsat dan sawo matang

Formulanya membantu mencerahkan dan melindungi kulit

Andalan untuk natural look dengan tekstur yang ringan di kulit

Diformulasikan dengan argan oil, vitamin E, dan hyaluronic acid, kulit tetap kenyal

Harga mulai dariRp 129.000,00Rp 125.000,00Rp 175.000,00Rp 122.000,00Rp 40.000,00Rp 159.000,00Rp 71.500,00Rp 148.000,00Rp 75.000,00Rp 161.600,00
Isi4,5 gram, 8,5 gram24 gram, 43 gram9,5 gram5 gram14 gram10 gram10 gram14 gram14 gram8 gram
Jenis bedakTwo way cakeLoose powderCompact powderLoose powderCompact powderTwo way cakeTwo way cakePressed powderPressed powderPressed powder
Pilihan warnaButtercream, Custard, Honeycomb, Cream Puff, Cinnamon, OperaLight, Neutral, Medium, Golden Biege, Pink ShellLight, MediumTranslucentNatural, Beige, Pink, Sand, WhiteLight Shell, Shell, Golden, Golden SandLight Beige, Natural Beige, Medium Beige, Sandy BeigeTranslucentTransparent, Natural, Sandstorm, Creamy Natural, Deep Beige, Nude, Toffee, PecanIvory, Medium Beige, Natural Beige, Natural Tan, Sand Beige
Kandungan pelembapSqualene, vitamin ESoluble collagen, mineral oilSqualene, vitamin EJeju natural mineralSqualene, jojoba oilHyaluronic acid, jojoba oilOlive oil, jojoba oil Niacinamide, kakadu plum extract Aloe vera, vitamin EArgan oil, vitamin E
CoverageMedium to high coverageSheerSheerSheerSheerHigh coverageHigh coverageSheerSheer to mediumHigh coverage
Tautan produk
10
Isi8 gram
Jenis bedakPressed powder
Pilihan warnaIvory, Medium Beige, Natural Beige, Natural Tan, Sand Beige
Kandungan pelembapArgan oil, vitamin E
CoverageHigh coverage
9

Rimmel LondonStay Matte Pressed Powder

Mulai dari Rp 75.000,00

Isi14 gram
Jenis bedakPressed powder
Pilihan warnaTransparent, Natural, Sandstorm, Creamy Natural, Deep Beige, Nude, Toffee, Pecan
Kandungan pelembapAloe vera, vitamin E
CoverageSheer to medium
8
Isi14 gram
Jenis bedakPressed powder
Pilihan warnaTranslucent
Kandungan pelembapNiacinamide, kakadu plum extract
CoverageSheer
7

PIXYMake It Glow Silky Powdery Cake

Mulai dari Rp 71.500,00

Isi10 gram
Jenis bedakTwo way cake
Pilihan warnaLight Beige, Natural Beige, Medium Beige, Sandy Beige
Kandungan pelembapOlive oil, jojoba oil
CoverageHigh coverage
6
Isi10 gram
Jenis bedakTwo way cake
Pilihan warnaLight Shell, Shell, Golden, Golden Sand
Kandungan pelembapHyaluronic acid, jojoba oil
CoverageHigh coverage
5
Isi14 gram
Jenis bedakCompact powder
Pilihan warnaNatural, Beige, Pink, Sand, White
Kandungan pelembapSqualene, jojoba oil
CoverageSheer
4
Isi5 gram
Jenis bedakLoose powder
Pilihan warnaTranslucent
Kandungan pelembapJeju natural mineral
CoverageSheer
3

Rose All Day The Realest Lightweight Compact Powder in Medium

Mulai dari Rp 175.000,00

Isi9,5 gram
Jenis bedakCompact powder
Pilihan warnaLight, Medium
Kandungan pelembapSqualene, vitamin E
CoverageSheer
2

Ultima IIDelicate Translucent Face Powder with Moisturizer

Mulai dari Rp 125.000,00

Isi24 gram, 43 gram
Jenis bedakLoose powder
Pilihan warnaLight, Neutral, Medium, Golden Biege, Pink Shell
Kandungan pelembapSoluble collagen, mineral oil
CoverageSheer
1
Isi4,5 gram, 8,5 gram
Jenis bedakTwo way cake
Pilihan warnaButtercream, Custard, Honeycomb, Cream Puff, Cinnamon, Opera
Kandungan pelembapSqualene, vitamin E
CoverageMedium to high coverage

Pertanyaan umum seputar bedak untuk kulit kering

Pertanyaan umum seputar bedak untuk kulit kering

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar bedak untuk kulit kering. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya, simak jawabannya di bawah ini.

Apa langkah makeup untuk kulit kering?

Lakukan skin preparation dengan menggunakan basic skincare terlebih dahulu sebelum makeup, seperti toner, serum, moisturizer, dan sunscreen. Lanjutkan dengan primer untuk meratakan warna kulit dan cushion yang membuat makeup tidak cakey. Terakhir, Anda bisa menyelesaikan makeup dengan menggunakan bedak.

Apa perbedaan pressed powder dan loose powder?

Pressed powder adalah versi padat dari loose powder. Pressed powder biasanya memiliki warna translucent, ringan karena tidak mengandung foundation, dan coverage-nya tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, pressed powder aman digunakan untuk touch-up sesering mungkin karena tidak membuat riasan makin tebal dan cakey.

Baca juga rekomendasi makeup lainnya untuk kulit kering di sini

Sama seperti skincare, Anda perlu memilih makeup yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang produk makeup untuk kulit kering, klik tautan di bawah ini. Dapatkan berbagai produk untuk membuat tampilan kulit yang tampak glowing memukau.

Kesimpulan

Rata-rata bedak memberikan hasil yang matte dan cenderung membuat kulit kering, terutama saat dipakai seharian. Untuk itu, Anda bisa memilih bedak dengan kandungan pelembap. Kandungan pelembap akan membantu menjaga kelembapan kulit Anda.


Tips dari kami adalah tetap gunakan pelembap sebelum makeup. Pelembap akan membuat makeup lebih tahan lama untuk pemilik kulit kering. Anda juga tidak akan mengalami makeup yang cakey setelahnya. Sampai jumpa di artikel kami lainnya, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda pemilik kulit berminyak, harus jeli dalam memilih bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak untuk kulit berminyak? Tenang, Anda akan menemukan bedak yang cocok untuk kulit berminyak di artikel ini.  Kami akan memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Selain itu, ada juga rekomendasi bedak untuk kulit berminyak dari berbagai merek, seperti Make Over, Wardah, hingga Focallure. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola. Yuk, temukan bedak terbaik Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat riasan lebih tahan lama. Selain itu, primer juga bisa membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahas cara memilihnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator kami, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Wardah, Y.O.U, PIXY, dan Maybelline. Yuk, langsung disimak!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, BB cushion menjadi salah satu produk yang populer di kalangan penggemar makeup. Hasilnya yang natural saat digunakan sangat pas untuk memberikan tampilan cantik alami. Selain itu, BB cushion banyak dipilih dengan alasan praktis karena sudah dilengkapi aplikator. Banyaknya merek BB cushion yang bagus mungkin membuat Anda bingung.Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih BB cushion terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa rekomendasi merek cushion terbaik juga dapat Anda temukan, seperti Wardah, Make Over, SOMETHINC, dan Luxcrime. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Blush On Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Blush On Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Blush on adalah perona pipi yang dapat menambah kecantikan dan mempertegas bentuk wajah. Tidak hanya blush on pink atau blush on peach, sekarang tersedia bervariasi warna blush on. Hasil akhir pengaplikasian blush on juga beragam, mulai dari glowing hingga matte atau dikenal tanpa shimmer.Nah, kami akan menjelaskan tentang cara memilih blush on yang bagus beserta rekomendasi produknya. Mulai dari merek lokal hingga high end bisa Anda temukan di sini, seperti Wardah, Maybelline, Emina, dan Make Over. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, disimak!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bedak Wardah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wardah hadir untuk menjawab kebutuhan makeup orang Indonesia. Wardah memiliki koleksi bedak dengan pilihan warna sesuai dengan kulit orang Indonesia, seperti kuning langsat dan sawo matang. Selain pilihan warnanya, Anda juga bisa menemukan bedak Wardah dengan formula yang tahan lama dan bikin glowing.Powder dan cushion adalah dua jenis bedak dari Wardah. Untuk menemukan bedak Wardah yang cocok untuk kulit Anda, simak artikel ini sampai habis. Wardah Lightening Matte Powder dan Colorfit Perfect Glow Cushion adalah bedak yang bagus dari Wardah. Temukan juga bedak lainnya dalam artikel ini!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Blush Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Blush Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Blush on adalah kosmetik yang dipakai untuk membuat tampilan Anda makin manis dan segar. Salah satu jenis blush on yang sedang naik daun adalah blush cushion ala Korea. Cushion blush on dilengkapi aplikator bawaan sehingga Anda lebih mudah menggunakannya di mana saja.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang blush cushion, serta memberi tips dalam memilih produk yang tepat. Setelahnya, terdapat sepuluh rekomendasi cushion blush terbaik, seperti merek Laneige, ESQA, dan The Face Shop. Tidak hanya blush on Korea yang bagus, ada juga cushion blush dari merek lokal. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori