10 Rekomendasi Portable Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Portable Scanner Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam mengubah dan memindahkan dokumen dari bentuk kertas menjadi format gambar atau PDF yang bisa dilihat dan diedit pada layar komputer, maka alat berupa portable scanner merupakan solusinya! Didesain dengan ukuran yang tergolong kecil dan ramping, cukup banyak produk portable scanner yang bahkan bisa dimasukkan ke dalam tas kerja untuk digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

Pada artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih portable scanner kemudian merekomendasikan portable scanner terbaik dengan ciri khasnya masing-masing, misalnya yang mampu memberikan hasil scan beresolusi tinggi, yang proses scan-nya cepat, atau pun produk yang berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Temukanlah portable scanner yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Apa itu portable scanner?

Apa itu portable scanner?

Portable scanner merupakan alat pemindai yang sangat praktis serta mempunyai cara kerja sederhana, berfungsi untuk memindahkan dokumen atau gambar yang ada pada kertas ke komputer. Cara menggunakannya cukup mudah. Anda hanya perlu menggerakkan portable scanner dari atas ke bawah pada permukaan kertas dokumen, atau dengan menyisipkan kertas dokumen ke sela scanner, dan tinggal biarkan scanner bekerja! Selanjutnya, hasil scanning akan langsung muncul pada layar laptop Anda atau tersimpan pada microSD.

Cara memilih portable scanner

Portable scanner sudah banyak ditemukan di pasaran dengan fungsi yang serupa. Namun, terkadang ada beberapa produk yang mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan portable scanner yang lain.

Portable scanner untuk Anda yang tidak membawa laptop

Portable scanner untuk Anda yang tidak membawa laptop

Terdapat dua tipe portable scanner, ada yang langsung terhubung ke komputer menggunakan kabel USB dan ada yang tidak terhubung langsung ke komputer. Bagi Anda yang setiap hari membawa laptop ke mana-mana, tipe portable scanner yang menggunakan kabel USB tidak akan jadi masalah

Akan tetapi, jika kebetulan Anda sedang tidak membawa laptop sementara Anda harus memindahkan dokumen, tipe portable scanner yang tidak langsung terhubung ke laptop yang dilengkapi penyimpanan microSD akan sangat membantu. Biasanya tipe seperti ini menggunakan baterai untuk dayanya dan dokumen yang telah Anda scan akan tersimpan di dalam microSD tersebut.

Pertimbangkan ukuran dan beratnya

Pertimbangkan juga ukuran dan beratnya

Pekerjaan Anda akan semakin mudah dan menyenangkan jika memiliki portable scanner. Terlebih lagi jika ditunjang bentuk serta ukuran yang tidak terlalu besar. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda memilih portable scanner yang berukuran kecil dan ramping. Hal ini akan memudahkan Anda membawanya ke mana-mana. Selain ringan, tentunya juga akan lebih praktis.

Tidak perlu terlalu menekankan resolusi hasil scan

Tidak perlu terlalu menekankan resolusi gambar yang dihasilkan

Dalam menggunakan sebuah scanner, terkadang kita menginginkan dokumen yang telah di-scan mempunyai resolusi yang bagus. Hal ini ditunjang oleh kualitas gambar serta besarnya ukuran yang dihasilkan. Untuk ukuran hasil scan sebesar 300 dpi biasanya dianggap sudah cukup.

Mungkin ada saat di mana Anda menginginkan hasil scan dengan kualitas lebih bagus. Akan tetapi portable scanner lebih mementingkan kepraktisan dan kemudahan dalam mobilitas dibandingkan kualitas gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu, saat Anda memilih portable scanner, sebaiknya jangan terlalu menekankan pentingnya resolusi hasil scan.

10 Rekomendasi portable scanners terbaik

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengetahui ciri khas masing-masing produk yang ditawarkan. Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi portable scanner berdasarkan perbandingan harga dan ciri khas yang dimiliki pada masing-masing produk.

10. Skypix HandyScan – Portable Scanner

10. Skypix HandyScan - Portable Scanner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 699.000

Portable scanner untuk semua jenis dokumen Anda

Portable scanner ini didesain dengan tempat penyimpanan microSD, dengan ketajaman dokumen hingga 900 dpi. Produk ini bisa memindai dokumen hingga ukuran kertas A4 sehingga sangat cocok untuk memindai segala macam dokumen Anda, seperti foto, artikel, majalah, serta surat kabar.

Dengan ukuran yang ramping, produk ini akan sangat praktis dibawa-bawa bahkan dimasukkan ke dalam tas Anda. Selain itu, dengan adanya penyimpanan microSD pada bodinya, Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa laptop karena semuanya akan tersimpan di dalam microSD dan bisa Anda buka setelah bisa mengakses ke komputer.

9. iScan 900DPI Portable

9. iScan 900DPI Portable

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 859.000

Scanner dengan tiga pilihan ukuran dpi

Produk iScan 900DPI Portable ini bisa menghasilkan ketajaman gambar dengan tiga macam ukuran, yaitu 300 dpi, 600 dpi, serta 900 dpi. Anda bisa memilih sesuai kualitas hasil scan yang diinginkan. Produk ini juga dilengkapi tempat penyimpanan untuk microSD.

Kelebihan lain dari produk ini terletak pada hasil scan-nya, di mana Anda bisa memilih apakah ingin format JPEG atau PDF. Selain itu, portable scanner ini didesain dengan ukuran yang ringan sehingga akan terasa nyaman ketika digenggam.

8. Skymedia Handyscan Portable Scanner PS4100

8. Skymedia Handyscan Portable Scanner PS4100

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 999.000

Menggunakan baterai dengan daya yang bisa diisi ulang

Portable scanner ini didesain dengan panjang 25,5 x 2,9 x 3 cm dan berat 202 gram, serta dilengkapi layar LCD berukuran kecil pada permukaan bodinya. Ketajaman gambar yang dihasilkannya tergolong cukup memuaskan, yaitu 300 dpi hingga 600 dpi. Pada bagian bodi scanner juga disediakan tempat untuk microSD hingga 32 GB.

Di samping itu, produk ini juga menyediakan port untuk USB jika Anda ingin melihat langsung hasil scan Anda pada layar laptopKelebihan lain dari portable scanner ini adalah Anda bisa menggunakan baterai yang memungkinkan untuk pengisian ulang daya.

7. Avision MiWand 2L Pro

7. Avision MiWand 2L Pro

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.250.000

Portable scanner yang dilengkapi layar LCD

Avision Scanner Portable 2L Pro ini diproduksi dengan berat 250 gram serta panjang 41 cm, ideal untuk sebuah portable scanner. Produk ini dilengkapi layar LCD sebesar 1,8 inci pada bodinya yang memungkinkan Anda untuk melihat preview hasil scan secara langsung.

Portable scanner ini diunggulkan dengan model yang terdiri dari dua line roller yang mampu melakukan scan sampai ke bagian dalam buku yang sulit dilakukan scanner lain. Hal ini akan memberikan hasil yang maksimal dengan ketajaman gambar mencapai 900 dpi.

6. Plustek Scanner Portable S410

6. Plustek Scanner Portable S410

Lihat produk ini di Lazada

Harg : Rp 2.275.000

One-touch button untuk mengirim dokumen ke cloud service

Kelebihan dari portable scanner yang satu ini terletak pada berbagai ukuran kertas dokumen yang bisa di-scan, di antaranya A4, letter, folio/F4, maupun legal. Selanjutnya, hasil scan tersebut bisa dikirim langsung berbagai cloud service cukup dengan menekan satu tombol saja, sangat cocok untuk Anda yang sering bekerja di luar kantor.

Terlebih lagi, proses pemindaian scanner yang satu ini tergolong cepat, yaitu hanya 9 detik per lembar. Ketajaman gambar yang dihasilkannya juga cukup memuaskan dengan ukuran 600d pi. Selain itu, terdapat tiga macam mode pilihan scan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, color, grayscale, atau black and white.

5. VuPoint Solutions Magic Wand III Portable Scanner

5. VuPoint Solutions Magic Wand III Portable Scanner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.301.000

Motif leopard pada bodi menjadi daya tarik tersendiri

Portable scanner yang mempunyai panjang 36 cm serta tinggi 6 cm ini sebenarnya hampir sama dengan produk yang lain. Namun, yang membedakan adalah desainnya yang berupa motif leopard, menghadirkan kesan unik tersendiri.

Hasil scan alat ini untuk dokumen maupun foto tersedia dalam tiga macam resolusi dengan ukuran paling besar 1050 dpi. Selain itu, terdapat juga slot microSD atau microSDHC pada bagian bodinya.

4. Epson Scanner Portable WorkForce DS 30

4. Epson Scanner Portable WorkForce DS 30

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.500.000

Hasil scan dengan format beragam

Produk ini menghasilkan ketajaman gambar sebesar 600 dpi dengan format yang beragam, di antaranya JPEG, TIFF, Multi-TIFF, PDF, dan BMP. Portable scanner ini tergolong ringan, didesain dengan berat kurang lebih 340 gram sehingga sangat nyaman dibawa-bawa.

Hanya saja, produk dari Epson ini tidak menyediakan slot untuk microSD sehingga diperlukan kabel USB untuk sambungan ke laptop. Tapi tidak perlu khawatir, cukup dengan software yang sudah disertakan dari Epson, Anda juga bisa mengirim dan menyimpan langsung data dari dokumen yang telah di-scan ke cloud service yang sudah banyak digunakan. Benar-benar praktis dan cocok untuk para profesional!

3. Fujitsu ScanSnap S1100i – Portable Scanner

3. Fujitsu ScanSnap S1100i - Portable Scanner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.500.000

Mampu memindai dua dokumen secara bersamaan!

Fujitsu ScanSnap S1100i ini menggunakan listrik dari USB port yang terdapat pada laptop Anda dan menghasilkan format scan berupa PDF dan JPEG yang bisa diedit di Microsoft Word dan Micrososft Excel. Selain itu, alat ini juga mampu memindai dua dokumen yang berukuran kecil seperti ID card secara bersamaan.

Fitur ScanSnap pada scanner ini mampu secara otomatis melakukan koreksi gambar pada hasil scan Anda, di antaranya autorotation, auto-color detection, dan auto-quality. Jika ukuran kertas dokumen Anda terlalu besar, maka Anda cukup melipat kertas Anda lalu masing-masing sisinya di-scan. Secara otomatis scanner ini mampu menyatukan hasil scan yang tadi menjadi satu halaman!

2. Canon P-215II Portable Scanner

2. Canon P-215II Portable Scanner

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.400.000

Mampu memindai sisi depan dan belakang dokumen sekaligus!

Desain portable scanner dari Canon ini dilengkapi penutup pada bagian atasnya. Dengan ukuran 285 x 95 x 40 mm, scanner ini bisa Anda genggam cukup dengan satu tangan. Keistimewaan lainnya adalah mampu memindai secara bersamaan sisi depan dan belakang kertas dokumen Anda, hingga ukuran kertas A4.

Dalam waktu satu menit, scanner ini bisa memindai 30 lembar untuk dokumen hitam putih dan 20 lembar untuk dokumen berwarna dengan resolusi gambar sebesar 600 dpi. Di samping itu, scanner ini juga menyediakan slot kecil khusus untuk memindai ID card atau dokumen lain yang berukuran kecil.

1. Iriscan Portable Scanner Anywhere 3 Wi-Fi

1. Iriscan Portable Scanner Anywhere 3 Wifi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.000.000

Resolusi gambar yang dihasilkan mencapai 1200 dpi!

Portable scanner dengan banyak sekali kelebihan ini tidak akan mengecewakan Anda. Desainnya yang minimalis disertai keunggulan yang memadai seperti proses scanning yang dilakukan menggunakan Wi-Fi. Produk ini juga memungkinkan Anda untuk mengirim langsung hasil scan ke aplikasi Dropbox, Evernote, Google Drive, atau iCloud melalui aplikasi yang bisa Anda download.

Produk ini juga diunggulkan dengan daya baterai yang bisa diisi ulang sehingga mampu melakukan pemindaian dokumen hingga 1000 lembar. Selain itu, hasil scan-nya yang berupa JPEG bisa diubah ke format Word, PDF, Outlook, Excel, Salesforce, maupun ACT. Resolusi gambarnya juga tidak kalah memuaskan, yaitu mencapai 1200 dpi!

Kesimpulan

Dengan adanya penjelasan tentang portable scanner di atas, serta beberapa rekomendasi produk, kami harap bisa memudahkan Anda dalam memahami dan memilih portable scanner.

Dengan harga yang lumayan mahal, maka perhatikan dengan seksama setiap produk yang ditawarkan. Pastikan Anda menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga keuangan Anda!