10 Rekomendasi Suplemen Spirulina Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen Spirulina Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang suplemen spirulina. Suplemen ini merupakan superfood yang kaya akan nutrisi dan manfaat. Sebenarnya spirulina ini semacam ganggang, sama seperti Chlorella dan Euglena. Namun, belakangan lebih terkenal suplemen spirulina dibandingkan yang lain.

Di pasaran banyak suplemen spirulina yang ditawarkan, misalnya dari merek-merek terkenal seperti Tiens, Elken, dan Bioglan. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari bubuk, tablet, sampai kapsul. Jadi, agar Anda tidak salah pilih, kami akan memaparkan cara memilih suplemen spirulina dan produk-produk rekomendasinya. Simak, ya!

Daftar isi

Apa itu spirulina?

Spirulina sebagai superfood sebenarnya sedang gencar diteliti oleh para ilmuwan. Bahan ini diduga dapat menyelamatkan krisis pangan di dunia, meskipun penelitiannya tidak banyak dipublikasikan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang spirulina, mari simak ulasan di bawah ini.

Spirulina merupakan ganggang yang serupa dengan Chlorella

Spirulina merupakan ganggang yang serupa dengan Chlorella

Beberapa tahun belakangan ini, mungkin Anda sering mendengar istilah superfood. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan makanan dengan nilai dan keseimbangan gizi yang lebih baik dari makanan lainnya. Salah satu contohnya adalah spirulina. Jika Anda kurang familier dengan spirulina, mungkin Anda pernah mendengar tentang Chlorella yang sudah terlebih dahulu dikenal sebagai superfood. Sebenarnya, spirulina juga merupakan sejenis ganggang seperti Chlorella.

Beberapa tahun terakhir, spirulina lebih menarik perhatian dibandingkan dengan Chlorella. Hal ini lantaran spirulina diketahui mengandung lebih banyak protein serta lebih mudah dicerna dan diserap.

Spirulina mengandung lebih dari lima puluh bahan kesehatan

Spirulina mengandung lebih dari lima puluh bahan kesehatan

Spirulina bisa dibilang bahan makanan yang luar biasa lantaran kaya akan nutrisi. Spirulina mengandung banyak asam amino esensial dan lebih dari 50 bahan kesehatan. Sangat jarang ada makanan dengan kandungan nutrisi seperti spirulina. Selain itu, tingkat pencernaan dan penyerapannya juga mencapai 95%.

Hal yang paling menarik perhatian dari spirulina adalah manfaat anti-aging yang dimilikinya. Ini dikarenakan spirulina mengandung asam nukleat yang dapat mencegah penuaan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, kandungannya juga kaya akan klorofil yang dapat membantu mengatasi anemia. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa konsumsi spirulina dapat mengaktifkan limfosit sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Saat ini spirulina telah banyak tersedia dalam bentuk suplemen. Jadi, mengapa Anda tidak mengonsumsinya secara rutin untuk menjaga kesehatan Anda?

Cara memilih suplemen spirulina

Setelah mengetahui secara umum tentang spirulina, kini mari cari tahu tentang cara memilih suplemen spirulina yang baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih suplemen spirulina.

Sebaiknya pilih spirulina murni tanpa campuran

Sebaiknya pilih spirulina murni tanpa campuran

Bila Anda ingin memaksimalkan efek spirulina, pilihlah spirulina 100% tanpa campuran. Mungkin Anda berpikir semakin banyak bahan yang dicampurkan akan semakin baik. Namun, perlu Anda ingat bahwa spirulina itu sendiri telah mengandung banyak nutrisi yang seimbang. Jadi, cukup dengan spirulina saja untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda.

Perlu Anda ketahui juga bahwa tidak hanya satu jenis ganggang yang disebut spirulina, tetapi ada lusinan jenis spirulina. Masing-masing jenis spirulina ini sedikit berbeda karakteristiknya. Dari banyaknya jenis spirulina, Blue Green Algae yang berasal dari danau di Oregon, AS, dikatakan paling kaya nutrisi. Namun, sayangnya jarang sekali ada produk yang menuliskan jenis spirulina yang digunakan.

Pilihlah bentuk suplemen spirulina sesuai dengan keinginan Anda

Pilihlah bentuk suplemen spirulina sesuai dengan keinginan Anda

Penting juga untuk mempertimbangkan bentuk suplemen yang akan Anda konsumsi. Entah itu tablet, kapsul, atau jenis bubuk, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihlah yang paling mudah untuk Anda konsumsi.

Tablet dan kapsul memiliki keuntungan mudah dibawa. Anda dapat membawanya untuk bepergian dan hanya perlu meminumnya menggunakan air. Namun, ada beberapa produk suplemen spirulina yang mengharuskan Anda mengonsumsi sekitar 40 tablet dalam sehari. Hal ini memang berbeda dari suplemen lainnya dan mungkin akan sedikit menyulitkan Anda.

Lain lagi halnya dengan suplemen jenis bubuk yang bisa ditaburkan pada makanan. Anda cukup mengonsumsinya satu sendok per hari. Anda bisa mencampurkannya ke dalam smoothie atau masakan. Jadi, coba Anda bandingkan dengan yang bentuk tablet. Pilihlah bentuk produk yang lebih memudahkan Anda. Selain itu, perhatikan penyimpanannya karena banyak produk yang dijual dalam jumlah besar.

Pilihlah produk yang sesuai dengan budget Anda

Pilihlah produk yang sesuai dengan budget Anda

Tidak hanya dalam kasus suplemen spirulina, tetapi juga untuk suplemen lainnya, Anda perlu mempertimbangkan harganya. Poin pentingnya adalah bandingkan antara isi produknya dengan harga yang Anda bayarkan. Ada beberapa produk yang harganya murah, tetapi ternyata isinya sedikit. Dengan begitu, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan. Jadi, pilihlah yang paling ekonomis karena suplemen akan Anda gunakan secara rutin dalam jangka panjang.

10 Rekomendasi suplemen spirulina terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi suplemen spirulina terbaik yang sudah kami pilih dengan saksama. Ada yang berbentuk tablet, kapsul, dan bubuk. Silakan pilih yang paling sesuai untuk Anda.

10. Tiens Spirulina

10. Tiens Spirulina

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 343.000

Suplemen sehat untuk menghindarkan Anda dari buruknya efek buruk radiasi

Mungkin Anda sudah pernah mendengar suplemen spirulina dari Tiens yang sempat booming beberapa tahun lalu. Produk ini mengandung nutrisi yang cukup kompleks, seperti vitamin, asam amino, klorofil dan beta karoten. Bahan-bahan tersebut mengandung antioksidan tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu manfaat dari antioksidan yang dimiliki produk ini adalah mencegah dampak buruk akibat radiasi. Di zaman yang serba teknologi ini, Anda membutuhkan pelindung dari paparan radiasi smartphone atau laptop Anda. Oleh karena itu, Tiens Spirulina ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang aktif bekerja menggunakan gadget. 

Isi 100 Kapsul
Kandungan spirulina Ganggang biru
Kandungan lainnya Klorofil, beta karoten, dan phycocyanin

9. Sea-Quill Spirulina

9. Sea-Quill Spirulina

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 209.000

Besar manfaatnya, terjangkau harganya!

Produk ini menggunakan spirulina segar yang diolah dengan baik dan bebas dari kontaminasi. Selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, kandungannya juga mampu menjadi sumber antioksidan untuk melawan penuaan. Untuk Anda yang ingin memulai hidup sehat dan mendambakan kulit awet muda, produk ini bisa menjadi pilihan tepat.

Selain pengolahannya yang baik, produk ini juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup ekonomis. Anda bisa hidup sehat tanpa harus membebani pengeluaran bulanan Anda. Untuk mendapatkan efek yang lebih optimal, Anda bisa mengombinasikan pemakaiannya dengan Sea-Quill Balanced B-100.

Isi 60 Tablet
Kandungan spirulina Spirulina
Kandungan lainnya DHA dan phosphatidylserine

8.  Synergy Spirulina

8.  Synergy Spirulina

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 315.000

Spirulina jenis terbaik untuk kesehatan Anda!

Produk ini mengandung 100% ganggang mikro biru hijau yang dikenal memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan jenis spirulina lainnya. Apalagi kemasannya menggunakan kapsul nabati dari rumput laut. Tentunya membuat produk ini sangat alami dan keamanannya terjaga. Produk ini aman dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa.

Isi 120 Kapsul
Kandungan spirulina Ganggang mikro biru hijau
Kandungan lainnya X

7. Nature’s Way Superfood Spirulina Powder

7. Nature's Way Superfood Spirulina Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 313.000

Suplemen 100% alami tanpa reaksi alergi

Sesuai namanya, produk ini merupakan spirulina bubuk yang berasal dari 100% spirulina organik. Produk ini bebas dari gluten, soy bean, pewarna, ataupun perasa buatan. Aman bagi Anda yang mungkin memiliki alergi kacang-kacangan atau tidak bisa mengkonsumsi gluten. Anda bisa fokus menjaga kesehatan tubuh dan fungsi kognitif tanpa takut alergi datang!

Isi 100 gr
Kandungan spirulina Spirulina organik
Kandungan lainnya X

6. K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant with Spirulina

6. K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant with Spirulina

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 210.000

Sehat dan nikmat dengan rasa blackcurrant

Terobosan baru bagi Anda yang enggan mengonsumsi suplemen spirulina karena rasa atau baunya. Produk ini merupakan suplemen spirulina serbuk dengan rasa blackcurrant yang nikmat. Cara mengonsumsinya pun mudah, cukup dicampurkan ke dalam 250 ml air. Rasa blackkurrant-nya membuat orang yang tidak suka minum suplemen pun bisa menikmatinya.

Isi 7 Saset isi 20 gr
Kandungan spirulina Spirulina organik
Kandungan lainnya Jus berry dan perisa blackcurrant

5. Earth Circle Raw Organic Spirulina Powder

5. Earth Circle Raw Organic Spirulina Powder

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 170.000

Dengan pemrosesan terbaik untuk mendapatkan potensi terbaik dari spirulina

ECO Spirulina Powder ini berasal dari ganggang biru-hijau yang dibudidayakan di air bersih dan sinar matahari alami. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi karena produk ini sudah mendapat sertifikat dari USDA Organic dan Kosher. Produk ini banyak digunakan oleh para vegetarian karena kandungan zat besi dan proteinnya yang tinggi.

Bentuk suplemen spirulina biasanya adalah kapsul atau tablet, tetapi produk satu ini berbentuk bubuk. Hal tersebut membuat penggunaannya lebih fleksibel. Anda bisa mengombinasikannya dengan smoothie, salad, yoghurt, bahkan hingga pop corn. Anda bisa memulai hidup sehat dengan camilan sehat!

Isi 113,4 gr
Kandungan spirulina Ganggang biru hijau
Kandungan lainnya X

4. NOW Spirulina

4. NOW Spirulina

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 285.000

Dobel dosisnya, dobel juga manfaatnya

Di pasaran, mungkin Anda biasa menemukan suplemen spirulina dengan kandungan 300-500 mg. Namun, produk ini hadir dengan kandungan 1000 mg spirulina. Jadi, bagi Anda yang sulit menelan banyak tablet, produk ini bisa menjadi solusinya. Selain badan jadi sehat, Anda tidak perlu banyak minum suplemen ini, cukup 3 tablet setiap harinya.

Isi 120 Tablet
Kandungan spirulina Spirulina organik
Kandungan lainnya X

3. Natural Farm Wellness Organic Spirulina

3. Natural Farm Wellness Organic Spirulina

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 232.000

Menghindarkan Anda dari kolesterol jahat!

Untuk Anda yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, Anda bisa memilih produk Natural Farm Wellness Organic Spirulina ini. Produk yang menggunakan vegetarian capsule ini mampu mengurangi kekentalan darah akibat timbunan kolesterol jahat dalam pembuluh darah. Jika peredaran darah Anda tidak tersumbat, risiko terkena stroke lebih rendah.

Isi 90 Kapsul (vegetarian capsule)
Kandungan spirulina Spirulina organik
Kandungan lainnya Magnesium stearate, microcrystalline cellulose

2. Bioglan Organics Spirulina 1000 mg

2. Bioglan Organics Spirulina 1000 mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 318.500

Tampil bugar dengan mata yang sehat!

Produk berbentuk tablet high strength ini terbuat dari 100% bubuk spirulina dan tidak mengandung tambahan bahan kimia. Bahkan, produk ini sudah mengantongi sertifikat dari Australian Certified Organic. Kandungan 1000 mg spirulina per tabletnya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh Anda.

Produk ini juga mengeklaim mampu menjaga kesehatan mata dengan baik. Untuk Anda yang sehari-hari bekerja di depan laptop atau handphone, produk ini bisa membantu Anda menjaga kesehatan mata. Anda bisa mengonsumsi 3 tablet per hari untuk menjaga kesehatan mata atau 9 tablet untuk mengoptimalkan khasiatnya.

Isi 200 Tablet
Kandungan spirulina Spirulina bubuk murni
Kandungan lainnya X

1. Elken Spirulina

1. Elken Spirulina

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 460.000

Terbukti kualitasnya hingga mancanegara!

Untuk kesehatan diri sendiri dan orang-orang terkasih, pastikan Anda mengonsumsi suplemen spirulina yang sudah teruji kualitasnya. Elken Spirulina sudah teruji lebih dari 15 tahun dan memenangkan beberapa penghargaan bergengsi mancanegara. Misalnya penghargaan dari Health & Wellness Brand Awareness 2017 dan Golden Award dari Taiwan Health Food Society.

Elken juga telah tersertifikasi bebas dari microcystin yang pada kondisi tertentu bisa menjadi toksin dan berbahaya bagi manusia. Jika sudah mengantongi beberapa penghargaan mancanegara, khasiatnya untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Jadi, produk inilah pilihan tepat jika Anda mencari suplemen kaya nutrisi yang alami dan aman.

Isi 500 Tablet
Kandungan spirulina Spirulina organik
Kandungan lainnya X

Baca juga rekomendasi suplemen tubuh lainnya di sini

Selain suplemen spirulina, ada banyak suplemen lainnya yang dijual di pasaran. Berbagai suplemen tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Ada yang berkhasiat untuk kesehatan secara umum, ada juga suplemen untuk kecantikan, dan sebagainya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa membaca beberapa artikel di bawah ini. Silakan baca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Saat memilih suplemen spirulina, jangan langsung terbuai dengan klaim khasiatnya. Akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui dengan jelas kandungannya.

Suplemen ini juga tersedia dalam berbagai bentuk. Pilihlah yang paling mudah untuk Anda minum. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan harganya untuk konsumsi jangka panjang. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda jadi lebih mengenal suplemen spirulina!