• 10 Suplemen Spirulina Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Suplemen Spirulina Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Suplemen Spirulina Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Suplemen Spirulina Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Suplemen Spirulina Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Suplemen Spirulina Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021)

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang produk spirulina, seperti suplemen atau vitamin spirulina. Produk-produk tersebut banyak beredar di pasaran dan diminati oleh masyarakat. Hal ini disebabkan oleh banyaknya manfaat spirulina bagi tubuh manusia.


Ada banyak merek produk spirulina yang bagus, seperti Tiens, Elken, dan Bioglan. Banyak sekali opini mengenai merek spirulina terbaik di Indonesia atau merek spirulina terbaik di dunia. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih produk spirulina terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Silakan baca selengkapnya dalam artikel ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Maryami Y. Kosim
  • Pembaharuan terakhir: 29 Oktober 2021
  • 17.174 Views
Daftar isi

Profil pakar: Perawat, Maryami Y. Kosim

Profil pakar: Perawat, Maryami Y. Kosim
Maryami Y. Kosim
Perawat
Maryami Y. Kosim

Maryami adalah seorang perawat yang saat ini sedang mengambil studi doktor di bidang Bencana Nuklir di Hiroshima University. Beliau berpengalaman sebagai perawat ICU bedah jantung, aktivis NGO kebencanaan, dan dosen Ilmu Keperawatan.


Maryami juga memiliki kepedulian tinggi pada pendidikan dan penyebaran informasi kesehatan yang tepat di masyarakat. Hal ini penting dalam rangka memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan fisik, mental, emosional, dan sosial mereka.

Apa itu spirulina?

Apa itu spirulina?

Spirulina adalah mikroalga yang memiliki nilai gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan. Spirulina mengandung protein hingga kisaran 70%, asam amino esensial, serta asam amino nonesensial. Kualitas protein pada spirulina ini sebanding dengan kandungan protein pada telur. 


Selain itu, spirulina juga mengandung beta-Carotene, asam linoleat, vitamin B kompleks, zat besi, kalsium, fosfor, klorofil, serta phycocyanin. Nah, banyaknya kandungan bermanfaat yang dimiliki spirulina inilah yang membuatnya disebut sebagai superfood. 

Manfaat mengonsumsi spirulina

Manfaat mengonsumsi spirulina
  • Antioksidan dan anti-inflamasi

Kandungan gizi yang sangat tinggi dan lengkap tentunya membuat spirulina memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan zat aktif phycocyanin pada spirulina memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Hal ini berguna untuk mengatasi kerusakan oksidatif pada tubuh yang bisa memicu penyakit kanker. 


  • Menurunkan kolestrol dan meningkatkan imunitas

Spirulina juga membantu menurunkan kadar kolestrol jahat, menurunkan tekanan darah tinggi, serta menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain membantu mencegah timbulnya penyakit-penyakit berbahaya, mengonsumsi spirulina secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh karena itu, penyakit-penyakit yang berkaitan dengan daya tahan tubuh seperti alergi juga bisa teratasi. 


  • Manfaat kecantikan

Di sisi lain, spirulina juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Spirulina dapat membantu menghilangkan racun pada kulit dan memiliki manfaat antiaging. Selain itu, spirulina yang digunakan sebagai masker bisa mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen spirulina

Setelah mengetahui secara umum tentang spirulina, kini mari cari tahu tentang cara memilih suplemen spirulina yang baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih suplemen spirulina.

Pilihlah spirulina murni tanpa campuran

Pilihlah spirulina murni tanpa campuran
Bila Anda ingin memaksimalkan efek spirulina, pilihlah spirulina 100% tanpa campuran. Mungkin Anda berpikir makin banyak bahan yang dicampurkan akan makin baik. Namun, perlu Anda ingat bahwa spirulina itu sendiri telah mengandung banyak nutrisi yang seimbang. Jadi, cukup konsumsi spirulina murni saja untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Anda.

Perlu Anda ketahui juga bahwa tidak hanya satu jenis ganggang yang disebut spirulina, tetapi ada lusinan jenis lainnya. Tiap-tiap jenis spirulina ini memiliki karakteristiknya yang berbeda-berbeda. 


Dari banyaknya jenis spirulina, blue green algae yang berasal dari danau di Oregon, Amerika Serikat, dikatakan paling kaya nutrisi. Sayangnya, jarang sekali ada produk yang menuliskan jenis spirulina yang digunakan di dalam produk mereka.

Pilihlah bentuk suplemen spirulina yang mudah untuk Anda konsumsi

Selain kadar spirulina, penting juga untuk mempertimbangkan bentuk suplemen yang akan Anda konsumsi. Entah itu tablet, kapsul, atau jenis bubuk, setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihlah bentuk suplemen yang paling mudah untuk Anda konsumsi, ya. Suplemen spirulina yang mudah ditemukan di pasaran biasanya berbentuk tablet, kapsul, atau bubuk.

Spirulina tablet, mudah dibawa dalam perjalanan

Spirulina tablet, mudah dibawa dalam perjalanan

Suplemen spirulina tablet memiliki keuntungan mudah dibawa. Anda dapat membawanya bepergian dan hanya perlu meminumnya menggunakan air. Namun, ada beberapa produk suplemen spirulina yang mengharuskan Anda mengonsumsi sekitar 40 tablet dalam sehari. Hal ini bisa saja menyulitkan Anda. Untuk itu, perhatikan juga jumlah konsumsi hariannya, ya.

Spirulina kapsul, pilih cangkang kapsul sesuai concern Anda

Spirulina kapsul, pilih cangkang kapsul sesuai concern Anda

Sama halnya dengan bentuk tablet, suplemen dalam bentuk kapsul memiliki keuntungan mudah dibawa. Namun, terkait bentuk kapsul, Anda perlu memperhatikan bahan pembuat cangkang kapsulnya. Cangkang kapsul biasanya terbuat dari bahan gelatin yang biasanya berasal dari kolagen hewan, seperti sapi atau babi.


Untuk Anda yang muslim dan concern dengan kehalalan produk, silakan pilih produk bersertifikasi halal. Lalu, jika Anda vegetarian, Anda bisa mencari produk yang cangkang kapsulnya terbuat dari starch atau rumput laut. 

Spirulina bubuk, mudah dicampurkan bersama makanan dan minuman

Spirulina bubuk, mudah dicampurkan bersama makanan dan minuman

Lain lagi halnya dengan suplemen spirulina bubuk yang bisa ditaburkan pada makanan. Anda cukup mengonsumsinya satu sendok per hari. Anda bisa mencampurkannya ke dalam smoothie, masakan, atau melarutkannya dalam air. Bentuk suplemen ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kesulitan menelan kapsul atau tablet.

Perhatikan jumlah konsumsi dan efek samping yang mungkin timbul

Perhatikan jumlah konsumsi dan efek samping yang mungkin timbul

Tidak ada takaran atau dosis pasti dalam mengonsumsi suplemen spirulina. Dosis pada setiap orang dapat berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jenis kelamin, usia, dan riwayat kesahatan. 


Oleh karena itu, ikutilah petunjuk yang tersedia dalam setiap produk. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasilah dahulu dengan dokter Anda. Khususnya bagi Anda yang mengidap autoimun, mengonsumsi pengencer darah, atau memiliki masalah pendarahan. Hal ini karena manfaat spirulina malah bisa menjadi bumerang bagi Anda.


Di samping itu, efek samping lainnya yang mungkin muncul adalah rasa mual, sulit tidur, atau sakit kepala. Bahkan, bisa ada risiko keracunan logam berat jika Anda mengonsumsi spirulina yang didapatkan dari alam liar. Hal ini karena perairan tempat tumbuhnya ganggang tersebut mungkin saja mengalami kontaminasi.


Selanjutnya, konsumsi jangka panjang spirulina yang terkontaminasi bisa menyebabkan kerusakan pada hati dan ginjal. Untuk itu, penting untuk memilih produk dari produsen tepercaya yang memperhatikan kualitas bahan bakunya. 

10 Rekomendasi suplemen spirulina terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen spirulina terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Maryami Y. Kosim.

10
Isi200 g
BentukBubuk
Kandungan spirulina100%
Aturan pakaiDapat dicampurkan dengan air atau smoothies
9

GNCHerbal Plus Fingerprinted Spirulina

Mulai dari Rp 597.990,00

Isi90 butir
BentukKapsul
Kandungan spirulina100%
Aturan pakai1–3 kapsul setengah jam sebelum makan
8
Isi400 butir
BentukTablet
Kandungan spirulina89,3%
Aturan pakai1–2 x 5 tablet per hari
7
Isi100 butir
BentukKapsul
Kandungan spirulina100%
Aturan pakai3 x 4 kapsul sehari
6

K-LinkK-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant

Mulai dari Rp 156.000,00

Isi7 sachet (@20 g)
BentukBubuk
Kandungan spirulinaTidak 100%
Aturan pakai1–2 x 1 sachet per hari
5
Isi120 butir
BentukKapsul
Kandungan spirulina100%
Aturan pakai2 kapsul per hari
4
Isi100 butir
BentukTablet
Kandungan spirulina99,7% (spirulina organik)
Aturan pakai6 tablet per hari
3
Isi50, 150, 600 butir
BentukTablet
Kandungan spirulinaTidak 100%
Aturan pakai5–10 tablet per hari
2
Isi100, 300, 500, 1200, dan 3000 butir
BentukTablet
Kandungan spirulinaTidak ada keterangan
Aturan pakai2–3 kali sehari , masing-masing 5–10 tablet sekali minum
1
Isi200 butir
BentukTablet
Kandungan spirulina100% (spirulina organik)
Aturan pakai3–9 tablet per hari

Tabel perbandingan produk suplemen spirulina terbaik

Gambar produk
1
Bioglan Organics Spirulina 1000 mg 1

Bioglan

2
Elken Spirulina 1

Elken

3
KK Indonesia Supergreen Food  1

KK Indonesia

4
Swisse Organic Spirulina 1

Swisse

5
Atomy 100% Pure Spirulina 1

Atomy

6
K-Link K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant  1

K-Link

7
Tiens Spirulina 1

Tiens

8
Healthy Care Super Spirulina 1000mg 1

Healthy Care

9
GNC Herbal Plus Fingerprinted Spirulina 1

GNC

10
Biotona Bio Spirulina Raw 1

Biotona

Nama produk

Organics Spirulina 1000 mg

Spirulina

Supergreen Food

Organic Spirulina

100% Pure Spirulina

K-Trecious Botanical Beverage Mix Blackcurrant

Spirulina

Super Spirulina 1000mg

Herbal Plus Fingerprinted Spirulina

Bio Spirulina Raw

Keunggulan

Tampil bugar dengan mata yang sehat!

Terbukti kualitasnya hingga mancanegara!

Dapatkan hasil yang maksimal dengan kombinasi spirulina dan chlorella

Dengan vitamin A dan K, bantu seimbangkan asupan gizi harian Anda

Spirulina dari sumber tepercaya yang bebas kontaminan

Sehat dan nikmat dengan rasa blackcurrant

Tidak hanya untuk dikonsumsi, suplemen ini bisa dibuat masker wajah

Bantu jaga tingkatkan daya tahan tubuh Anda sekeluarga

Menggunakan vegetable capsule, aman untuk para vegetarian

Berbentuk bubuk, mudah dicampurkan dengan minuman lainnya

Harga mulai dariRp 299.000,00Rp 155.000,00Rp 214.000,00Rp 235.000,00Rp 300.000,00Rp 156.000,00Rp 299.000,00Rp 420.000,00Rp 597.990,00Rp 255.900,00
Isi200 butir100, 300, 500, 1200, dan 3000 butir50, 150, 600 butir100 butir120 butir7 sachet (@20 g)100 butir400 butir90 butir200 g
BentukTabletTabletTabletTabletKapsulBubukKapsulTabletKapsulBubuk
Kandungan spirulina100% (spirulina organik)Tidak ada keteranganTidak 100%99,7% (spirulina organik)100%Tidak 100%100%89,3%100%100%
Aturan pakai3–9 tablet per hari2–3 kali sehari , masing-masing 5–10 tablet sekali minum5–10 tablet per hari6 tablet per hari2 kapsul per hari1–2 x 1 sachet per hari 3 x 4 kapsul sehari1–2 x 5 tablet per hari1–3 kapsul setengah jam sebelum makanDapat dicampurkan dengan air atau smoothies
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar suplemen spirulina

Pertanyaan umum seputar suplemen spirulina

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar suplemen spirulina. Jika Anda masih penasaran dengan suplemen spirulina, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah suplemen spirulina bisa dikonsumsi oleh anak-anak?

Suplemen spirulina aman dikonsumsi oleh anak-anak. Bahkan suplemen spirulina aman dikonsumsi oleh bayi usia 6 bulan ke atas ketika mulai diperkenalkan MPASI. Untuk dikonsumsi oleh bayi, Anda dapat mencampurkan 1–3 gram spirulina per hari ke dalam makanan lain yang dikonsumsi.


Anda bisa mencampurkannya pada MPASI atau jus. Takaran pemberian suplemen spirulina dapat ditingkatkan seiring bertambahnya usia anak.

Tips dari perawat kami, Maryami Y. Kosim

Tips dari perawat kami, Maryami Y. Kosim

Apabila hendak digunakan untuk tambahan makanan pada bayi, pastikan Anda memilih spirulina organik dan berasal dari sumber yang aman dan tepercaya. Riset menyatakan bahwa penambahan sedikit demi sedikit spirulina pada makanan anak sehari-hari dapat dikatakan cukup aman. Selain itu, penambahan tersebut juga dapat meningkatkan kesehatan dan tumbuh kembang anak.


Akan tetapi, kemungkinan munculnya reaksi alergi pada anak tetap ada. Oleh karena itu, penambahan spirulina ini harus dilakukan sedikit demi sendikit. Tetaplah memonitor respons anak ketika mengonsumsi spirulina.

Baca juga rekomendasi suplemen tubuh lainnya di sini

Selain suplemen spirulina, ada banyak suplemen lainnya yang dijual di pasaran. Berbagai suplemen tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Ada yang berkhasiat untuk kesehatan secara umum, ada juga suplemen untuk kecantikan, dan sebagainya. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda bisa membaca beberapa artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Saat memilih suplemen spirulina, jangan langsung terbuai dengan klaim khasiatnya. Akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui dengan jelas kandungan dan anjuran konsumsinya.


Suplemen ini juga tersedia dalam berbagai bentuk. Pilihlah yang paling mudah untuk Anda minum. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda jadi lebih mengenal suplemen spirulina!

Artikel terkait

  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
    344.237 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vitamin Tulang Terbaik untuk Menjaga Kesehatan (Terbaru Tahun 2021)
    Nutrisi untuk tulang seperti kalsium sebaiknya diutamakan dari makanan sehat. Sayangnya, karena beberapa kondisi, beberapa orang kesulitan mencukupkan kebutuhan ini dari makanan saja. Demi menjaga tulang sehat dan kuat, konsumsi suplemen dan vitamin tulang dapat dipertimbangkan. Anda bisa menemukan vitamin tulang yang bagus di e-commerce. Namun, dari banyaknya merek suplemen tulang, produk seperti apakah yang sebaiknya dipilih? Kali ini, kami akan membahas cara memilih produk vitamin tulang agar Anda tak salah beli. Rekomendasi merek pilihan, seperti Blackmores, CDR, hingga Osfit, juga akan kami review. Mari simak artikel ini dengan saksama!
    Vitamin & suplemen
    112.188 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Astaxanthin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Astaxanthin Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, astaxanthin menjadi suplemen yang kian populer karena khasiatnya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Suplemen ini tersedia dalam beragam merek dan diproduksi oleh berbagai produsen ternama, seperti Jarrow, TruNature, dan lainnya. Namun, suplemen seperti apa yang paling sesuai untuk dipilih?Jika Anda sedang mencari suplemen astaxanthin, artikel ini akan membantu Anda untuk menemukan produk yang tepat. Kami akan menjelaskan beberapa poin yang dapat dijadikan acuan saat memilihnya. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk yang mungkin sesuai untuk Anda. Mari simak informasinya!
    Vitamin & suplemen
    24.064 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Omega-3 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Omega-3 Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Suplemen omega-3 adalah suplemen dengan kandungan omega-3 yang merupakan asam lemak esensial. Omega-3 dapat Anda temukan di dalam minyak ikan dan kacang. Namun, asupan yang dibutuhkan akan sulit terpenuhi hanya dengan makanan spesifik yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan harian dengan suplemen.Ada banyak merek suplemen omega-3 yang beredar di pasaran, seperti Nordic Naturals, Dr. Tobias, LifeExtension, dan lainnya. Nah, artikel ini akan mengulas tentang suplemen omega-3 dan cara memilih suplemen terbaiknya. Yuk, berikan asupan untuk jantung, otak, kulit, dan sendi dengan mengonsumsi suplemen omega-3!
    Vitamin & suplemen
    83.374 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Penambah Zat Besi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebutuhan harian zat besi terkadang kurang tercukupi dari makanan yang Anda konsumsi. Untuk memenuhinya, Anda dapat mengonsumsi suplemen penambah zat besi yang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran. Kebanyakan dari suplemen ini dikombinasikan dengan asam folat maupun vitamin agar lebih mudah dikonsumsi.Dari sekian banyak suplemen penambah zat besi, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pilihan serta menjelaskan cara memilihnya. Ada berbagai merek suplemen terbaik, seperti Hemobion, Sangobion, Blackmores, dan lainnya. Semoga uraian ini bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mendapatkan produk yang tepat.
    Vitamin & suplemen
    103.050 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Glutamine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Glutamine Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Suplemen glutamine menjadi salah satu suplemen yang cukup populer di kalangan gym goers. Suplemen ini juga banyak dikonsumsi untuk alasan kesehatan, terutama kesehatan imun dan usus. Ada berbagai merek suplemen glutamine, seperti R1, Life Extension, hingga XTEND. Namun, suplemen glutamine mana yang paling bagus untuk Anda? Untuk memandu Anda menemukan suplemen glutamine yang bagus, kami akan mengulas cara memilihnya. Artikel ini akan diawali dengan paparan definisi dan manfaat glutamine. Terakhir, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi suplemen glutamine terbaik. Simak ulasan ini hingga tuntas agar Anda tak salah beli. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
    5.871 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Saw Palmetto Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Saw Palmetto Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pria yang sudah berumur rentan mengalami masalah prostat sehingga harus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu saw palmetto. Saw palmetto adalah keluarga tanaman palem dengan khasiat menjaga kesehatan prostat. Ada banyak merk saw palmetto yang bagus dengan harga beragam, seperti Blackmores, Puritan’s Pride, Doctor’s Best, dan yang lainnya. Namun, bagaimana dosis yang tepat untuk mengonsumsinya? Agar tidak kebingungan, kami akan mengulas fungsi dan kegunaan saw palmetto dalam artikel ini. Selain manfaat saw palmetto, kami akan memberikan tips memilih saw palmetto untuk Anda. 
    Vitamin & suplemen
    10.961 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
    134.213 Views
  • 10 Suplemen Kesehatan Blackmores Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Kesehatan Blackmores Terbaik - Ditinjau oleh Perawat (Terbaru Tahun 2021)
    Demi tubuh sehat, Anda memang dapat mengandalkan makanan bernutrisi. Namun, terkadang tubuh Anda juga membutuhkan suplemen kesehatan. Dari banyaknya merek suplemen dan vitamin, Anda dapat memilih Blackmores yang sudah tepercaya. Blackmores memiliki berbagai vitamin dan suplemen untuk beragam kebutuhan, termasuk untuk anak dan ibu hamil.Kami akan memberikan tips dalam memilih suplemen kesehatan dari Blackmores. Kami juga merekomendasikan produk Blackmores yang bagus. Blackmores Vitamin C, Blackmores Pregnancy, Blackmores Fish Oil, sampai Blackmores Kids ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh perawat kami, Maryami Y. Kosim. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
    2.743 Views
  • 10 Merk Habbatussauda yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Habbatussauda yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)
    Jintan hitam atau yang lebih dikenal sebagai habbatussauda adalah rempah-rempah yang sudah lama digunakan untuk pengobatan. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa habbatussauda memiliki khasiat kesehatan dan dapat dikonsumsi untuk menangani berbagai penyakit. Itu sebabnya habbatussauda menjadi salah satu obat herbal yang banyak dicari oleh masyarakat.Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan mengenai cara memilih produk habbatussauda yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merk habbatussauda terbaik, seperti Habbatussauda Kurma Ajwa, Habbatussauda HPAI, dan lain sebagainya. Simak terus informasinya dan temukan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
    15.389 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Oleh karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Saat ini, banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Supaya Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Di bawah ini, kami telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Penasaran dengan ulasan kami? Simak terus artikel berikut sampai habis, ya!
    Vitamin & suplemen
    134.213 Views
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini. 
    Vitamin & suplemen
    165.479 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, manusia juga membutuhkan kolagen untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring dengan bertambahnya usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen bila ingin kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merk suplemen collagen terbaik, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood bisa menjadi pilihan. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang bagus untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    349.190 Views
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    148.979 Views
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2021)
    Gaya hidup dan nutrisi yang seimbang turut andil dalam menjaga kesehatan kulit. Namun, terkadang asupan yang berasal dari makanan saja tidak cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda. Untuk itu, Anda perlu menambahkan suplemen kulit. Ada banyak produk suplemen terbaik untuk kulit yang beredar di pasaran, seperti suplemen untuk kulit berjerawat hingga antiaging. Bagaimana memilih suplemen kecantikan yang tepat? Kami akan menghadirkan tips dan rekomendasi suplemen kecantikan terbaik untuk Anda. Berbagai merek suplemen kulit yang bagus, seperti NourishSkin, Blackmores, dan YOUVIT ada di sini. Jadi, simak seluruh ulasan kami, ya!
    Vitamin & suplemen
    344.237 Views
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
    77.355 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Chlorella Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Chlorella adalah sejenis alga yang dewasa ini banyak diminati karena nutrisinya yang berlimpah. Selain efek anti-aging, chlorella juga memiliki manfaat lainnya, seperti mencegah anemia, membantu detox, dan menurunkan gula darah. Suplemen chlorella hadir dalam berbagai harga dan bentuk.Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen chlorella terbaik serta memberikan rekomendasinya. Anda dapat menemukan suplemen chlorella yang bagus dari Puritan’s Pride, Sun Chlorella, dan merk lainnya. Selamat membaca dan temukan suplemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
    6.502 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori