1. TOP
  2. >
  3. Buku
  4. >
  5. Novel & sastra
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di media sosial.


Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari Hilmy Milan hingga Book Lovers. Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.

Diperbaharui 01-28-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di Goodreads pada 19 Januari 2023.

Cara memilih novel romantis

Memilih novel romantis yang hendak dibaca bisa dikatakan bagai membeli kucing dalam karung. Kita tidak tahu cerita apa yang akan dikisahkan oleh pengarang sebelum membacanya. Nah, supaya tidak salah beli, berikut ini kami jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli novel romantis.

① Tentukan novel berdasarkan genrenya

Genre merupakan penggolongan atau klasifikasi buku berdasarkan jenisnya, misalnya ensiklopedia, novel, komik, buku pendidikan, dan lain-lain. Novel itu sendiri terbagi dalam beberapa kategori, seperti teenlit, chicklit, metropop, dan novel umum. Tiap-tiap genre memiliki gaya penceritaan dan penokohan yang berbeda-beda. 

Novel teenlit, cocok untuk remaja

Novel teenlit, cocok untuk remaja

Teenlit berasal dari kata teen dan literature yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai karya sastra untuk remaja. Sesuai dengan namanya, novel teenlit memang ditujukan untuk pembaca remaja


Tema-tema yang diangkat berkutat seputar kehidupan remaja dengan segala suka dukanya, seperti percintaan, persahabatan, dan pencarian jati diri. Para penulis novel teenlit biasa menggunakan bahasa gaul remaja masa kini.

Novel chicklit, ringan untuk dibaca

Novel chicklit, ringan untuk dibaca

Seperti halnya teenlit, chicklit pun berasal dari penggabungan dua kata, yakni chick dan literature. Dalam bahasa slang Amerika, chick diartikan sebagai perempuan muda. Chicklit lebih dipahami sebagai novel bertema kehidupan wanita muda di perkotaan dengan segala permasalahannya. Awalnya, genre ini diperuntukkan bagi novel terjemahan bahasa Inggris yang menceritakan kehidupan perempuan dewasa.


Seiring berjalannya waktu, ada banyak penulis Indonesia yang menulis dalam genre ini. Cintapuccino karya Icha Rahmanti adalah salah satu chicklit asli Indonesia yang menjadi best seller pada awal kemunculannya. Meski permasalahan yang dimunculkan lebih kompleks dibandingkan novel teenlit, genre ini tetap ringan untuk dibaca.

Novel metropop, banyak berkisah tentang kehidupan masyarakat urban

Novel metropop, banyak berkisah tentang kehidupan masyarakat urban

Metropop adalah novel yang bertema tentang kehidupan masyarakat urban dengan segala drama dan suka-dukanya. Tokohnya berkutat di masyarakat kelas menengah yang tinggal di kota-kota besar. Novel yang sebagian besar temanya mengusung romantisme, gaya hidup, dan karir ini disajikan dengan gaya bahasa pop. Istilah metropop pertama kali dipopulerkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Novel umum, bisa dibaca oleh laki-laki ataupun perempuan

Novel umum, bisa dibaca oleh laki-laki ataupun perempuan

Selain tiga jenis novel populer tersebut, ada juga novel yang tema dan kisahnya universal. Penokohannya pun beragam, tidak harus terpatok pada usia dan jenis kelamin tertentu. Beberapa novel umum ini dikategorikan dalam buku sastra karena tema, penokohan, dan gaya penulisannya sangat berbobot. Novel jenis ini menyenangkan untuk dibaca baik oleh pria maupun wanita.

② Ketahui berbagai subgenre yang populer

Ketahui berbagai subgenre yang populer

Novel romantis memiliki banyak subgenre tergantung isi ceritanya, mulai dari fantasi, histori, hingga paranormal. Subgenre berperan penting terhadap latar dan alur cerita. Misalnya, apabila Anda ingin menikmati cerita asmara dengan latar waktu masa lalu, bacalah subgenre histori. Berikut penjelasan singkat mengenai macam-macam subgenre novel romantis.


  • Novel terjemahan: Novel romantis luar negeri yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
  • Fantasi: Cerita roman yang mengandung unsur sihir dan tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.
  • Kontemporer: Kisahnya berlatar waktu masa kini. Cerita ini menggabungkan lebih dari satu jenis kisah, misalnya campuran humor dan drama.
  • Spiritual: Kisah cinta yang bermuatan unsur agamis dan religius.
  • Futuristik: Kisah yang berlatar waktu di masa depan, biasanya mengandung unsur fiksi ilmiah.
  • Histori: Berkebalikan dengan futuristik, cerita dengan subgenre ini berlangsung di masa lalu.
  • Paranormal: Kisah asmara dengan sentuhan mistis atau klenik.
  • Suspense: Perasaan tegang sangat mendominasi cerita, entah karena kasus kriminal atau intrik antartokoh.
  • Time-travel: Kisahnya mengandung unsur perjalanan waktu. Misalnya, orang di masa sekarang berpacaran dengan orang yang hidup di masa depan atau lampau.

③ Lihat nama penulis beserta karakteristik karyanya

Lihat nama penulis beserta karakteristik karyanya

Saat Anda bingung menentukan pilihan di antara puluhan judul novel romantis, cobalah untuk melihat nama pengarangnya. Sosok pengarang yang memiliki nama besar biasanya mengeluarkan karya dengan kualitas yang stabil. Misalnya, jika Anda pernah membaca karya Dee Lestari dan menyukainya, kemungkinan besar Anda akan suka karya-karya Dee lainnya.


Setiap pengarang memiliki gaya bahasa dan penceritaan yang berbeda-beda. Sudahkah Anda membayangkan barang satu atau dua nama penulis novel romantis favorit Anda? Nah, berikut ini kami telah merangkum gaya tulisan dari lima pengarang terkenal.


  • Winna Efendi
Sebagai penulis novel bergenre teenlit dan metropop, gaya tulisan Winna Efendi tergolong ringan. Bahasanya tidak berbelit-belit sehingga mudah dipahami. Salah satu ciri khas yang dimiliki Winna adalah hampir setiap novelnya menceritakan kisah masa lalu tokoh. Namun, transisi antara kisah di masa sekarang dan masa lalu terasa sangat smooth.

  • Tere Liye

Tere Liye selalu berhasil mengemas tulisan yang sederhana menjadi indah dan berkesan. Kalimat-kalimatnya sarat akan majas, seperti hiperbola, simile, personifikasi, dan lain-lain. Meskipun indah, pembaca sering kali dibuat harus berkonsentrasi penuh agar mampu memahami tulisannya dengan baik.


  • Fiersa Besari

"Puitis" adalah satu kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan tulisan Fiersa Besari. Pemilihan diksinya sangat apik, ditambah dengan kutipan-kutipan yang mampu menggetarkan hati. Di antara nuansa romantis dalam karyanya, penulis ini pun kerap menyisipkan pesan tentang humanisme dan sosial.


  • Ika Natassa

Ika Natassa pandai mendeskripsikan ceritanya dengan sangat detail, mulai dari suasana, karakter, hingga latar tempat. Keunggulan itulah yang akan menghanyutkan Anda ke dalam ceritanya. Dari segi penulisan, Ika Natassa selalu menggunakan bahasa campuran antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.


  • Dee Lestari

Gaya tulisan yang ringan, mengalir, dan nyeleneh dari karya sastra tulis kebanyakan menjadi daya tarik Dee Lestari. Di setiap cerita novelnya, Dee juga kerap memuat kutipan yang puitis. Selain itu, penggambaran karakter yang sangat kuat membuat konflik antartokohnya bagai candu bagi pembaca.


  • Emily Henry

Emily Henry adalah seorang penulis novel yang berasal dari Amerika Serikat. Emily menulis novel-novel yang difokuskan pada kisah cinta dan remaja. Emily juga terkenal dengan penggunaan deskripsi yang detail dan imajinatif sehingga membuat pembaca merasakan atmosfer dan suasana dalam cerita.

④ Pilih penerbit yang sering mengeluarkan novel romantis best seller

Pilih penerbit yang sering mengeluarkan novel romantis best seller

Jika Anda tidak memiliki pengarang favorit, memilih novel berdasarkan penerbitnya bisa menjadi satu solusi. Satu hal yang harus diketahui, penerbit adalah kurator awal yang memutuskan apakah sebuah novel romantis layak tayang atau tidak. Parameter layak bagi penerbit satu dan yang lainnya pasti berbeda.


Anda juga bisa melihat kualitas penerbit dari banyaknya buku terbitan mereka yang menjadi best seller. Saat sebuah buku menjadi best seller, itu artinya penerbit jeli dalam melihat karya yang akan disukai pembaca. Jadi, carilah novel dari penerbit yang biasa menerbitkan novel romantis atau biasa menerbitkan buku terlaris.

⑤ Bacalah resensinya lebih dulu atau baca ulasannya di Goodreads

Bacalah resensinya lebih dulu atau baca ulasannya di Goodreads

Salah satu hal yang bisa dilakukan supaya tidak salah membeli novel romantis adalah dengan cara mengetahui sinopsisnya. Tentu saja sinopsis yang tidak memberikan spoiler, ya! Masalahnya, sinopsis yang ada di sampul buku biasanya sangat minimalis, bahkan terkadang tidak memberikan informasi apa pun.


Untuk itu, sebaiknya Anda membaca resensi bukunya lebih dulu di media cetak ataupun media daring. Dengan membaca resensi, Anda akan mendapatkan sedikit gambaran mengenai kisah yang ada di novel tersebut. Jika resensinya buruk, tentu Anda tidak perlu lagi membelinya, bukan? Anda juga bisa membaca ulasannya di blog atau di situs Goodreads yang menjadi tempat berkumpulnya para pencinta buku.

10 Rekomendasi novel romantis terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh novel romantis terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Dee Lestari

Aroma Karsa

Dee Lestari Aroma Karsa 1枚目

Fiksi ilmiah penuh fakta, membawa Anda pada petualangan tak terduga

2

Nadia Ristivani

Hilmy Milan

Nadia Ristivani Hilmy Milan 1枚目

Memenangkan hati wanita membutuhkan perjuangan, bukan hanya kata-kata

3

Himpunan

Himpunan

Himpunan Himpunan 1枚目

Romansa pengurus himpunan yang akan membuat Anda mengenang masa kuliah

4

Fiersa Besari

Catatan Juang

Fiersa Besari Catatan Juang 1枚目

Kisah yang menarik dengan POV (point of view) unik

5

Lucy Score

Things We Never Got Over

Lucy Score Things We Never Got Over 1枚目

Niat baik yang dibalas dengan pengkhianatan

6

Emily Henry

Book Lovers

Emily Henry Book Lovers 1枚目

Dua pencinta buku yang menjadi rival dengan plot twist di akhir cerita

7

Ahmad Tohari

Ronggeng Dukuh Paruk

Ahmad Tohari Ronggeng Dukuh Paruk 1枚目

Kisah cinta yang disertai isu politik dan kemanusiaan

8

Tere Liye

Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah

Tere Liye Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah 1枚目

Perjuangan Borno dalam menemukan gadis pemilik angpau merah

9

Winna Efendi

All That is Lost Between Us

Winna Efendi All That is Lost Between Us 1枚目

Novel tentang menerima dan memaafkan masa lalu

10

Ali Hazelwood

Love on the Brain

Ali Hazelwood Love on the Brain 1枚目

Awalnya benci, lama-kelamaan menjadi cinta

Perincian produk
Close
No.1

Dee LestariAroma Karsa9786022914631

Mulai dari Rp125.000,00

Fiksi ilmiah penuh fakta, membawa Anda pada petualangan tak terduga

Jika Anda suka membaca novel fiksi ilmiah, jangan lewatkan novel yang satu ini. Dalam novel ini, Dee Lestari memadukan romansa, petualangan, detektif, fantasi, dan mitologi. Terlebih, buku Aroma Karsa sudah memenangkan penghargaan Book of the Year IKAPI 2018. Hal ini membuktikan buku ini layak untuk dibaca.


Dalam novel ini, Dee Lestari menyuguhkan cerita dengan karakter yang kuat. Riset yang dilakukan selama proses penulisan membuat novel fiksi ini tampak begitu nyata. Setelah membaca novel best seller ini, kami yakin Anda akan selalu teringat Jati Wesi dan Tanaya Suma.

No.2

Nadia RistivaniHilmy Milan9786022204237

Mulai dari Rp99.000,00

Memenangkan hati wanita membutuhkan perjuangan, bukan hanya kata-kata

Talk less, do more. Inilah cara Hilmy memenangkan hati Milan. Daripada banyak bicara, ia lebih suka menunjukkan perasaannya melalui perhatian-perhatian kecil. Berbagai hal Hilmy lakukan, dari memberikan topinya pada Milan, mengantar Milan pulang, hingga membelikan Milan pembalut.


Aksi manis yang dilakukan Hilmy akan membuat Anda tersenyum sendiri saat membaca novel ini. Kisah perjuangan Hilmy dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Novel romantis indonesia ini cocok bagi Anda yang mencari bacaan ringan.

No.3

HimpunanHimpunan9786239115128

Mulai dari Rp119.000,00

Romansa pengurus himpunan yang akan membuat Anda mengenang masa kuliah

Sebelum diterbitkan sebagai novel, cerita ini berawal dari platform Wattpad. Novel Himpunan menceritakan Dimas yang ingin menjadi ketua himpunan pada periode baru. Namun, dia masih ragu dengan pilihan wakil ketuanya. Setelah banyak pertimbangan, Dimas akhirnya menunjuk Naya.


Novel remaja romantis ini tidak hanya menyuguhkan romantika Dimas dan Naya, tetapi juga kehidupan berorganisasi dalam perkuliahan. Citra Saras menggambarkan secara detail realitas kepemimpinan di himpunan kampus. Bagi Anda yang ingin mengenang masa-masa kuliah, novel ini merupakan koleksi yang wajib dimiliki.

No.4

Fiersa BesariCatatan Juang9789797945497

Mulai dari Rp74.800,00

Kisah yang menarik dengan POV (point of view) unik

Pria yang akrab disapa "Bung" ini tidak hanya pandai menulis lirik lagu, tetapi ternyata juga mahir merawi. Novel ini bercerita tentang buku catatan Juang yang ditemukan Kasuarina. Bersamaan dengan itu lahirlah kisah romantis antara Kasuarina dan Dude Ginting.


Keunggulan buku ini terletak pada pilihan kata-katanya yang elegan. Fiersa Besari menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia yang baik juga memiliki kekuatan makna. Jika Anda menyukai kutipan cinta yang indah, tetapi tidak murahan, pilih saja buku ini.

No.5

Lucy ScoreThings We Never Got Over9781945631832

Mulai dari Rp179.998,00

Niat baik yang dibalas dengan pengkhianatan

Novel yang terbit pada awal 2022 ini bercerita tentang seorang wanita bernama Naomi yang membantu saudara kembarnya, Tina. Nahasnya, pertolongan yang diberikan Naomi dibalas dengan kejahatan. Belakangan, Naomi bertemu Knox yang memberinya tempat untuk tinggal dan pekerjaan.


Setelah terbiasa dengan kehadiran satu sama lain, Naomi dan Knox mulai terlibat kisah cinta yang agak rumit. Bagaimana kelanjutan hubungan Naomi dan Knox? Baca selengkapnya dalam buku Things We Never Got Over. Novel percintaan terbaik ini pas dipilih untuk menemani waktu santai Anda.

No.6

Emily HenryBook Lovers9780593334836

Mulai dari Rp165.000,00

Dua pencinta buku yang menjadi rival dengan plot twist di akhir cerita

Kami merekomendasikan novel romantis yang memenangkan Goodreads Choice Award 2022 untuk kategori romantis. Novel Book Lovers bercerita tentang dua tokoh utama yang memiliki kesamaan, yakni sebagai pencinta buku. Dikisahkan, Nora dan Charlie adalah musuh di kantor yang sama-sama menyukai buku.


Suatu hari, adik Nora mengajaknya berlibur ke sebuah tempat bernama Sunshine Falls. Berharap bertemu dengan pria idamannya, Nora malah bertemu Charlie. Yuk, nikmati kelanjutan kisah Nora dan Charlie yang penuh kekocakan dalam buku ini.

No.7

Ahmad TohariRonggeng Dukuh ParukSCOOPG200748

Mulai dari Rp88.000,00

Kisah cinta yang disertai isu politik dan kemanusiaan

Terbit pertama kali pada 1982, novel Ronggeng Dukuh Paruk telah berkali-kali dicetak ulang dan diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Novel ini juga sudah diadaptasi menjadi film peraih penghargaan Citra yang berjudul Sang Penari.

Novel ini menceritakan kisah asmara penari ronggeng bernama Srintil dengan Rasus, teman masa kecilnya yang menjadi tentara. Berlatar 1960, novel ini juga menggambarkan kehidupan masyarakat serta gejolak politik pada masa itu. Bagi Anda yang menyukai karya sastra dan sejarah, novel ini layak untuk dikoleksi.

No.8

Tere LiyeKau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah9786020355771

Mulai dari Rp120.000,00

Perjuangan Borno dalam menemukan gadis pemilik angpau merah

Saat sedang menjalani profesinya menjadi pengemudi sepit, Borno mendapati sepucuk angpau merah pada bangku paling depan. Angpau itulah yang mengawali romansa Borno dengan seorang gadis misterius bernama Mei. Meski begitu, Borno menghadapi berbagai tantangan yang tidak mudah. Misalnya saja, ketidaksukaan papa Mei dengan hubungan mereka dan menjauhnya Mei dari kehidupan Borno.

Tere Liye mengemas cerita ini memakai sudut pandang orang pertama sehingga pembaca bisa lebih menyelami karakter Borno. Makna yang implisit pada novel ini juga tersampaikan melalui nasihat -nasihat bijak. Alurnya sulit ditebak, cocok bagi Anda yang menyukai teka-teki dan kejutan pada sebuah cerita.
No.9

Winna EfendiAll That is Lost Between Us9786020651705

Mulai dari Rp92.000,00

Novel tentang menerima dan memaafkan masa lalu

Masa lalu yang buruk dapat meninggalkan bekas luka pada beberapa orang. Hal yang sama berlaku untuk Bee dan Bas. Setelah 11 tahun berpisah, takdir mempertemukan mereka kembali dan meninggalkan mereka dengan dua pilihan. Lantas, apakah mereka ingin mengubur masa lalu atau saling memberi kesempatan kedua?


Novel ini memiliki tema yang cukup berat. Namun, Winna berhasil bercerita dengan bahasa yang ringan dan mengalir. Anda juga akan menemukan banyak istilah medis dalam novel ini karena kedua karakter tersebut berprofesi sebagai dokter. Kami merekomendasikan novel ini kepada siapa pun yang mencari novel romantis tentang kehilangan dan penyesalan.

No.10

Ali HazelwoodLove on the Brain9780593336847

Mulai dari Rp180.000,00

Awalnya benci, lama-kelamaan menjadi cinta

Love on the Brain adalah salah satu novel terbaru dari novelis terkenal Ali Hazelwood. Novel komedi romantis ini populer di media sosial pada pertengahan 2022.


Novel ini mengisahkan seorang ilmuwan bernama Bee yang harus bekerja sama dengan pria yang dibencinya, Levi Ward. Sepanjang novel, Anda akan terpesona dengan interaksi Bee dan Levi yang dimulai dari kebencian hingga akhirnya menjadi cinta.

Baca juga rekomendasi buku novel genre lainnya di sini

Selain novel romantis, kami juga sudah menyiapkan rekomendasi novel genre lainnya yang mungkin sedang Anda cari. Terdapat beberapa jenis novel tentang persahabatan ataupun sejarah Indonesia. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Selain sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi, membaca buku juga bisa dijadikan sarana melepas stres. Apalagi jika yang dibaca adalah novel romantis dengan kisah cinta yang manis. Hati kita bisa terasa hangat dan bahagia saat membacanya.


Kami telah menjelaskan cara memilih novel romantis serta mengulas sepuluh judul novel terbaik yang bisa Anda beli. Semoga Anda sudah menjatuhkan pilihan dan selamat terlarut dalam kisahnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer