mybest
Novel & sastra

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Buku
  3. Novel & sastra
  4. 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik  1
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik  2
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik  3
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik  4
  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik  5

10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik

Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda bisa terinspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di media sosial.


Namun, setiap bulan selalu ada judul novel romantis terbaru yang terbit, mulai dari Hilmy Milan hingga Pachinko. Ada pula kisah menarik dari Wattpad yang dijadikan novel dan novel best seller lainnya. Agar tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih novel romantis yang bagus untuk Anda.

Diperbaharui 25/08/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih novel romantis

Memilih novel romantis yang hendak dibaca bisa dikatakan bagai membeli kucing dalam karung. Kita tidak tahu cerita apa yang akan dikisahkan oleh pengarang sebelum membacanya. Nah, supaya tidak salah beli, berikut ini kami jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan saat hendak membeli novel romantis.

1

Tentukan novel berdasarkan genrenya

Genre merupakan penggolongan atau klasifikasi buku berdasarkan jenisnya, misalnya ensiklopedia, novel, komik, buku pendidikan, dan lain-lain. Novel itu sendiri terbagi dalam beberapa kategori, seperti teenlit, chicklit, metropop, dan novel umum. Tiap-tiap genre memiliki gaya penceritaan dan penokohan yang berbeda-beda. 

Novel teenlit, cocok untuk remaja

Novel teenlit, cocok untuk remaja

Teenlit berasal dari kata teen dan literature yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai karya sastra untuk remaja. Sesuai dengan namanya, novel teenlit memang ditujukan untuk pembaca remaja


Tema-tema yang diangkat berkutat seputar kehidupan remaja dengan segala suka dukanya, seperti percintaan, persahabatan, dan pencarian jati diri. Para penulis novel teenlit biasa menggunakan bahasa gaul remaja masa kini.

Novel chicklit, ringan untuk dibaca

Novel chicklit, ringan untuk dibaca

Seperti halnya teenlit, chicklit pun berasal dari penggabungan dua kata, yakni chick dan literature. Dalam bahasa slang Amerika, chick diartikan sebagai perempuan muda. Chicklit lebih dipahami sebagai novel bertema kehidupan wanita muda di perkotaan dengan segala permasalahannya. Awalnya, genre ini diperuntukkan bagi novel terjemahan bahasa Inggris yang menceritakan kehidupan perempuan dewasa.


Seiring berjalannya waktu, ada banyak penulis Indonesia yang menulis dalam genre ini. Cintapuccino karya Icha Rahmanti adalah salah satu chicklit asli Indonesia yang menjadi best seller pada awal kemunculannya. Meski permasalahan yang dimunculkan lebih kompleks dibandingkan novel teenlit, genre ini tetap ringan untuk dibaca.

Novel metropop, banyak berkisah tentang kehidupan masyarakat urban

Novel metropop, banyak berkisah tentang kehidupan masyarakat urban

Metropop adalah novel yang bertema tentang kehidupan masyarakat urban dengan segala drama dan suka-dukanya. Tokohnya berkutat di masyarakat kelas menengah yang tinggal di kota-kota besar. Novel yang sebagian besar temanya mengusung romantisme, gaya hidup, dan karier ini disajikan dengan gaya bahasa pop. Istilah metropop pertama kali dipopulerkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Novel umum, bisa dibaca oleh laki-laki ataupun perempuan

Novel umum, bisa dibaca oleh laki-laki ataupun perempuan

Selain tiga jenis novel populer tersebut, ada juga novel yang tema dan kisahnya universal. Penokohannya pun beragam, tidak harus terpatok pada usia dan jenis kelamin tertentu. Beberapa novel umum ini dikategorikan dalam buku sastra karena tema, penokohan, dan gaya penulisannya sangat berbobot. Novel jenis ini menyenangkan untuk dibaca baik oleh pria maupun wanita.

2

Ketahui berbagai subgenre yang populer

Ketahui berbagai subgenre yang populer

Novel romantis memiliki banyak subgenre tergantung isi ceritanya, mulai dari fantasi, histori, hingga paranormal. Subgenre berperan penting terhadap latar dan alur cerita. Misalnya, apabila Anda ingin menikmati cerita asmara dengan latar waktu masa lalu, bacalah subgenre histori. Berikut penjelasan singkat mengenai macam-macam subgenre novel romantis.


  • Novel terjemahan: Novel romantis luar negeri yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
  • Fantasi: Cerita roman yang mengandung unsur sihir dan tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.
  • Kontemporer: Kisahnya berlatar waktu masa kini. Cerita ini menggabungkan lebih dari satu jenis kisah, misalnya campuran humor dan drama.
  • Spiritual: Kisah cinta yang bermuatan unsur agamis dan religius.
  • Futuristik: Kisah yang berlatar waktu di masa depan, biasanya mengandung unsur fiksi ilmiah.
  • Histori: Berkebalikan dengan futuristik, cerita dengan subgenre ini berlangsung di masa lalu.
  • Paranormal: Kisah asmara dengan sentuhan mistis atau klenik.
  • Suspense: Perasaan tegang sangat mendominasi cerita, entah karena kasus kriminal atau intrik antartokoh.
  • Time-travel: Kisahnya mengandung unsur perjalanan waktu. Misalnya, orang di masa sekarang berpacaran dengan orang yang hidup di masa depan atau lampau.
3

Lihat nama penulis beserta karakteristik karyanya

Lihat nama penulis beserta karakteristik karyanya

Saat Anda bingung menentukan pilihan di antara puluhan judul novel romantis, cobalah untuk melihat nama pengarangnya. Sosok pengarang yang memiliki nama besar biasanya mengeluarkan karya dengan kualitas yang stabil. Misalnya, jika Anda pernah membaca karya Dee Lestari dan menyukainya, kemungkinan besar Anda akan suka karya-karya Dee lainnya.


Setiap pengarang memiliki gaya bahasa dan penceritaan yang berbeda-beda. Sudahkah Anda membayangkan barang satu atau dua nama penulis novel romantis favorit Anda? Nah, berikut ini kami telah merangkum gaya tulisan dari lima pengarang terkenal.


  • Winna Efendi
Sebagai penulis novel bergenre teenlit dan metropop, gaya tulisan Winna Efendi tergolong ringan. Bahasanya tidak berbelit-belit sehingga mudah dipahami. Salah satu ciri khas yang dimiliki Winna adalah hampir setiap novelnya menceritakan kisah masa lalu tokoh. Namun, transisi antara kisah di masa sekarang dan masa lalu terasa sangat smooth.

  • Tere Liye

Tere Liye selalu berhasil mengemas tulisan yang sederhana menjadi indah dan berkesan. Kalimat-kalimatnya sarat akan majas, seperti hiperbola, simile, personifikasi, dan lain-lain. Meskipun indah, pembaca sering kali dibuat harus berkonsentrasi penuh agar mampu memahami tulisannya dengan baik.


  • Fiersa Besari

"Puitis" adalah satu kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan tulisan Fiersa Besari. Pemilihan diksinya sangat apik, ditambah dengan kutipan-kutipan yang mampu menggetarkan hati. Di antara nuansa romantis dalam karyanya, penulis ini pun kerap menyisipkan pesan tentang humanisme dan sosial.


  • Ika Natassa

Ika Natassa pandai mendeskripsikan ceritanya dengan sangat detail, mulai dari suasana, karakter, hingga latar tempat. Keunggulan itulah yang akan menghanyutkan Anda ke dalam ceritanya. Dari segi penulisan, Ika Natassa selalu menggunakan bahasa campuran antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.


  • Dee Lestari

Gaya tulisan yang ringan, mengalir, dan nyeleneh dari karya sastra tulis kebanyakan menjadi daya tarik Dee Lestari. Di setiap cerita novelnya, Dee juga kerap memuat kutipan yang puitis. Selain itu, penggambaran karakter yang sangat kuat membuat konflik antartokohnya bagai candu bagi pembaca.


  • Emily Henry

Emily Henry adalah seorang penulis novel yang berasal dari Amerika Serikat. Emily menulis novel-novel yang difokuskan pada kisah cinta dan remaja. Emily juga terkenal dengan penggunaan deskripsi yang detail dan imajinatif sehingga membuat pembaca merasakan atmosfer dan suasana dalam cerita.

4

Pilih penerbit yang sering mengeluarkan novel romantis best seller

Pilih penerbit yang sering mengeluarkan novel romantis best seller

Jika Anda tidak memiliki pengarang favorit, memilih novel berdasarkan penerbitnya bisa menjadi satu solusi. Satu hal yang harus diketahui, penerbit adalah kurator awal yang memutuskan apakah sebuah novel romantis layak tayang atau tidak. Parameter layak bagi penerbit satu dan yang lainnya pasti berbeda.


Anda juga bisa melihat kualitas penerbit dari banyaknya buku terbitan mereka yang menjadi best seller. Saat sebuah buku menjadi best seller, itu artinya penerbit jeli dalam melihat karya yang akan disukai pembaca. Jadi, carilah novel dari penerbit yang biasa menerbitkan novel romantis atau biasa menerbitkan buku terlaris.

5

Bacalah resensinya lebih dulu atau baca ulasannya di Goodreads

Bacalah resensinya lebih dulu atau baca ulasannya di Goodreads

Salah satu hal yang bisa dilakukan supaya tidak salah membeli novel romantis adalah dengan cara mengetahui sinopsisnya. Tentu saja sinopsis yang tidak memberikan spoiler, ya! Masalahnya, sinopsis yang ada di sampul buku biasanya sangat minimalis, bahkan terkadang tidak memberikan informasi apa pun.


Untuk itu, sebaiknya Anda membaca resensi bukunya lebih dulu di media cetak ataupun media daring. Dengan membaca resensi, Anda akan mendapatkan sedikit gambaran mengenai kisah yang ada di novel tersebut. Jika resensinya buruk, tentu Anda tidak perlu lagi membelinya, bukan? Anda juga bisa membaca ulasannya di blog atau di situs Goodreads yang menjadi tempat berkumpulnya para pencinta buku.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Novel Romantis Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Novel Romantis terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di Goodreads (diperbarui tanggal 25 Agustus 2023).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Valerie Patkar

Serangkai

Valerie Patkar Serangkai 1

Rp99.000

Menengah

Novel yang mengajak Anda untuk memberi ruang pada kehilangan

2

Skysphire

Malioboro at Midnight

Skysphire Malioboro at Midnight 1

Rp99.000

Menengah

Perhatian cowok bad boy yang bakal bikin Anda klepek-klepek

3

Arata Kim

Mismatch

Arata Kim Mismatch 1

Rp89.000

Agak Murah

Kisah sepasang sahabat yang jatuh cinta

4

Min Jin Lee

Pachinko

Min Jin Lee Pachinko 1

Rp136.000

Agak Mahal

Menelisik kehidupan keluarga imigran Korea pada masa Pendudukan Jepang

5

Flada

Must Be a Happy Ending

Flada Must Be a Happy Ending 1

Rp139.000

Agak Mahal

Keajaiban berupa kesempatan kedua untuk memperbaiki segalanya

6

Nadia Ristivani

Hilmy Milan9786022204237

Nadia Ristivani Hilmy Milan 1

Rp99.000

Menengah

Memenangkan hati wanita membutuhkan perjuangan, bukan hanya kata-kata

7

Dee Lestari

Rapijali 3: Kembali

Dee Lestari Rapijali 3: Kembali 1

Rp169.000

Lebih Mahal

Nikmati akhir ceritanya dalam novel terakhir dari trilogi Rapijali

8

Pidi Baiq

Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995

Pidi Baiq Ancika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995 1

Rp98.000

Menengah

Novel remaja best seller tahun 2021, lanjutan perjalanan cinta Dilan

9

Astrid Tito

1 Kos 3 Cinta 7 Keberuntungan

Astrid Tito 1 Kos 3 Cinta 7 Keberuntungan 1

Rp85.000

Lebih Murah

Novel komplet dengan rasa romansa hingga misteri

10

Sophie Aulia

Azzamine

Sophie Aulia Azzamine 1

Rp99.000

Menengah

Cewek urakan vs cowok alim, bisakah mereka bersatu?

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Valerie PatkarSerangkai

Serangkai 1
Sumber: gramedia.com
Harga referensi
Rp99.000
Menengah
Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Novel yang mengajak Anda untuk memberi ruang pada kehilangan

Serangkai ditulis dengan apik untuk menggambarkan kehilangan yang dialami kedua tokoh utamanya, Kai Deverra dan Karina Maladivas. Sebuah peristiwa kecelakaan di Belanda justru menjadikan keduanya makin dekat. Cerita keduanya makin pelik saat beragam konflik mulai muncul.


Lewat Serangkai, Valerie Patkar ingin mengajak pembacanya menerima dan memberi tempat pada kehilangan. Novel yang mulanya dimuat di Wattpad ini mendapat sambutan hangat hingga terjual 1.000 eksemplar dalam 6 menit. Serangkai merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membaca cerita romantis nan menyentuh. 

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SkysphireMalioboro at Midnight

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Perhatian cowok bad boy yang bakal bikin Anda klepek-klepek

Sepintas, Malio seperti bad boy yang harus Serena hindari. Cukuplah dia dipusingkan oleh tingkah Jan, pacarnya, vokalis band yang red flag. Ternyata penilaian Serena terhadap Malio keliru. Makin lama kebaikan dan perhatian Malio justru melelehkan hati Serena. Sekarang, giliran Serena yang bingung harus memilih.

Novel yang diangkat dari AU terkenal ini langsung menarik banyak perhatian pembaca muda. Berlatar Yogyakarta yang konon terbuat dari rindu dan kenangan, novel ini direkomendasikan bagi Anda yang menyukai tema cinta segitiga.
No.3

Arata KimMismatch

Harga referensi
Rp89.000
Agak Murah

Kisah sepasang sahabat yang jatuh cinta

Bagi Anda yang memiliki pertanyaan klasik, "Apakah wanita dan pria bisa bersahabat?", novel ini bisa dipertimbangkan. Mismatch bercerita tentang hubungan antara Ken dan Gio. Keduanya merupakan sepasang sahabat yang sudah kenal sejak belasan tahun. Namun, ternyata Gio memiliki perasaan terhadap Ken. Pada suatu hari, Gio pun melamar Ken.


Kondisi ini membuat hubungan keduanya menjadi kikuk. Gio pun terus mengejar Ken hingga Ken jatuh hati. Keduanya pun sepakat untuk sama-sama mengenal satu sama lain. Namun, ternyata hubungan keduanya tidak semudah yang dibayangkan.

No.4

Min Jin LeePachinko

Harga referensi
Rp136.000
Agak Mahal

Menelisik kehidupan keluarga imigran Korea pada masa Pendudukan Jepang

Menolak dinikahi dengan status wanita simpanan, Sunja memilih mempertahankan kandungannya seorang diri. Seorang pendeta muda yang jatuh iba pun menikahinya dan memboyong Sunja ke Jepang. Namun, kehidupan di Jepang bagi warga keturunan Korea tidaklah mudah. Sunja dan keluarganya terus-menerus menghadapi prasangka tak berbatas.


Novel ini bicara tentang identitas dan keluarga, serta posisi perempuan dalam budaya Korea. Anda akan menyaksikan bagaimana Sunja beserta keturunannya diterpa perubahan dari zaman ke zaman. Anda yang menyukai novel tentang identitas budaya sangat wajib mengoleksi novel Pachinko

No.5

FladaMust Be a Happy Ending

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Keajaiban berupa kesempatan kedua untuk memperbaiki segalanya

Jika Anda menginginkan novel Korea romantis yang mengharukan, Anda bisa memilih novel yang satu ini. Novel ini menceritakan Lee Yeon-woo yang mengajukan gugatan cerai terhadap suaminya, Kang Seon-jae, karena merasa perkawinannya tidak berlandaskan cinta. Namun, pada hari perceraian mereka, Kang Seon-jae tewas tertabrak bus di depan mata Lee Yeon-woo.

Lee Yeon-woo merasa terpukul dan berharap bisa kembali ke masa lalu untuk memperbaiki segalanya. Keajaiban datang. Lee Yeon-woo tiba-tiba terlempar ke 3 bulan lalu, saat dia seharusnya memberi tahu suaminya bahwa dia ingin bercerai. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Baca novel Must Be a Happy Ending yang terdiri atas dua volume ini!

No.6

Nadia RistivaniHilmy Milan9786022204237

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Memenangkan hati wanita membutuhkan perjuangan, bukan hanya kata-kata

Talk less, do more. Inilah cara Hilmy memenangkan hati Milan. Daripada banyak bicara, ia lebih suka menunjukkan perasaannya melalui perhatian-perhatian kecil. Berbagai hal Hilmy lakukan, dari memberikan topinya pada Milan, mengantar Milan pulang, hingga membelikan Milan pembalut.


Aksi manis yang dilakukan Hilmy akan membuat Anda tersenyum sendiri saat membaca novel ini. Kisah perjuangan Hilmy dikemas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Novel romantis indonesia ini cocok bagi Anda yang mencari bacaan ringan.

No.7

Dee LestariRapijali 3: Kembali

Harga referensi
Rp169.000
Lebih Mahal

Nikmati akhir ceritanya dalam novel terakhir dari trilogi Rapijali

Dee Lestari adalah salah satu penulis terbaik Tanah Air. Namanya langsung melambung setelah karya debutnya, Supernova, pada 2001. Setelahnya, karya-karya Dee Lestari selalu laris manis di pasaran, tak terkecuali, seri trilogi Rapijali.


Rapijali 3: Kembali adalah buku terakhir dari seri trilogi tersebut. Bagi kamu yang sudah mengikuti ceritanya, tentu tak akan ingin ketinggalan dengan seri terakhirnya. Cerita tentang Ping yang berhasil berada di puncak kariernya dan personel band Rapijali yang kembali bertemu. Jadi, pastikan kamu segera membelinya. 

No.8

Pidi BaiqAncika: Dia yang Bersamaku Tahun 1995

Harga referensi
Rp98.000
Menengah

Novel remaja best seller tahun 2021, lanjutan perjalanan cinta Dilan

Anda pasti tahu novel Dilan yang sempat booming dan menjadi best seller di berbagai toko buku, dong. Karena kepopulerannya, novel tersebut diangkat menjadi film layar lebar berjudul sama. Jika Anda adalah penggemar sosok Dilan, Anda wajib membaca buku yang satu ini. Ancika adalah seri keempat dari rangkaian novel Dilan


Novel yang menjadi salah satu novel remaja best seller di tahun 2021 mengisahkan tentang perempuan bernama Ancika. Banyak yang penasaran, apakah sosok Acinka adalah perempuan yang membuat Dilan tidak mau balikan dengan Milea? Jika ingin tahu, langsung beli dan temukan jawabannya di novel ini!

No.9

Astrid Tito1 Kos 3 Cinta 7 Keberuntungan

Harga referensi
Rp85.000
Lebih Murah

Novel komplet dengan rasa romansa hingga misteri

Setiap rumah kos memiliki cerita dan keunikannya sendiri, termasuk Kos 7. Biaya kos di sana, tidak murah, yaitu Rp7  juta per bulan! Tapi, fasilitasnya sepadan. Di Kos 7, hampir semua kebutuhan anak kos terpenuhi. Ada ATM, minimarket 24 jam, dan lokasi strategis. Masih ada bonus lagi: ibu kos pencinta angka 7 yang tingkahnya super ajaib.


Dinamika penghuni Kos 7 beragam rupa. Anda akan disuguhi kisah kesehatan mental, romansa, hingga misteri. Selesai membaca novel ini akan menimbulkan perasaan campur-aduk. Kami merekomendasikan novel ini untuk Anda yang sedang mencari bacaan romansa dengan after taste berbeda. 

No.10

Sophie AuliaAzzamine

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Cewek urakan vs cowok alim, bisakah mereka bersatu?

Jika selama ini novel romantis banyak diwarnai tokoh bad boy, Azzamine menawarkan formula sebaliknya. Jasmine adalah gadis yang keras kepala, rebel, dan sulit diatur. Itu sebabnya, perjodohannya dengan Raden Azzam Al-Baihaqi benar-benar sulit dipercaya. Azzam nyaris sempurna. Tidak hanya tampan, lulusan pesantren yang hafal 30 juz itu juga cerdas dan baik hati.

 

Perjodohan mereka bagai minyak dan air, seperti mustahil bersatu. Lagi pula, bukankah segala hal yang dipaksakan sulit berakhir baik? Simak Azzamine bila kamu ingin membaca cerita remaja Islami romantis dengan alur yang unik.

5 Rekomendasi Novel Romantis terbaik

No. 1: Valerie PatkarSerangkai

No. 2: SkysphireMalioboro at Midnight

No. 3: Arata KimMismatch

No. 4: Min Jin LeePachinko

No. 5: FladaMust Be a Happy Ending

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Buku
  3. Novel & sastra
  4. 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.