• 10 Rekomendasi Talenan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Talenan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Talenan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Talenan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Talenan Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Talenan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Ketika Anda hendak memasak, adanya talenan di dapur sangatlah penting. Anda menggunakan talenan untuk memotong sayur, daging, serta bahan masakan lainnya. Sekarang ini, banyak jenis talenan yang beredar di pasaran dengan bahan dasar yang beraneka ragam.

Untuk Anda yang bingung dalam memilih talenan, kami akan merekomendasikan produk talenan terbaik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dengan pilihan talenan yang tepat, waktu memasak pun akan menjadi semakin menyenangkan!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.105 Views
Daftar isi

Cara memilih talenan

Sebelum membeli talenan, ada baiknya jika Anda memperhatikan hal-hal berikut, agar Anda mendapatkan talenan yang tepat untuk Anda.

Mengenali kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan

Bahan pembuat talenan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Di negara maju, talenan yang terbuat dari bahan karet, merupakan talenan yang umum digunakan, dibanding bahan kayu dan juga plastik. Mari kita telaah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bahan, sehingga Anda bisa mendapatkan talenan dengan bahan yang sesuai untuk Anda.

Talenan kayu

Talenan kayu
Talenan yang terbuat dari bahan kayu biasanya berkualitas baik dan tidak licin, serta aman digunakan. Bahannya yang juga lembut, memudahkan Anda untuk memotong sayur atau daging dengan pisau, tanpa menggunakan tekanan dari tangan. Talenan berbahan kayu juga mudah dikeringkan dan bau dari makanan tidak akan menempel di talenan.
Namun, perawatan talenan kayu ini cukup sulit. Talenan kayu, harus dicuci dengan baik dan juga dikeringkan dengan benar, supaya tidak berjamur. Talenan kayu ini tidak dapat dicuci dengan pemutih. Jadi, kalau sudah timbul jamur, akan sulit untuk dibersihkan dan penampilannya tidak bisa kembali seperti sebelumnya.
Dilihat dari kelebihan dan kekurangannya, talenan kayu ini lebih cocok untuk koki profesional dan juga ibu rumah tangga yang memasak setiap harinya.

Talenan plastik

Talenan plastik
Talenan dari bahan plastik biasanya terbuat dari polietilena atau polipropilena, yang merupakan bahan murah dan mudah dibeli, serta mudah dibersihkan dibanding talenan kayu. Talenan plastik ini bisa dibersihkan dengan pemutih, sehingga jamur dapat dibersihkan dengan mudah. Bahannya juga ringan, serta tersedia dalam aneka warna dan bentuk yang menarik.
Kekurangannya adalah, talenan ini lebih licin dibandingkan dengan talenan kayu. Talenan plastik dapat menyebabkan pisau mudah tergelincir, sehingga tekanan dari tangan saat memotong juga semakin kuat, dibandingkan dengan penggunaan talenan kayu. Pemutih sangat diperlukan, karena bahan dari plastik ini mudah terkena lunturan dari warna daging atau sayur yang gelap. Bahan dari plastik ini juga tidak tahan panas.
Jika Anda adalah pemula dalam hal memasak, atau Anda jarang menggunakan talenan, bahan dari plastik akan lebih mudah digunakan.

Talenan karet

Talenan karet
Akhir-akhir ini, di negara maju, lebih banyak orang yang menggunakan talenan dari bahan karet. Dibandingkan dengan bahan kayu atau plastik, bahan dari karet ini jarang bisa tergores atau terkena jamur, serta lebih mudah dibersihkan. Talenan karet juga cepat kering dan tidak mudah luntur. Talenan karet memiliki kelebihan yang dimiliki talenan kayu dan talenan plastik, sehingga dapat dikatakan bahwa talenan karet merupakan talenan yang mudah digunakan.
Karena terbuat dari bahan karet, semakin besar ukuran talenan, maka talenan akan semakin berat. Dengan kata lain, talenan karet bisa lebih licin dibanding bahan kayu. Bau khas bahan karet juga akan tercium ketika talenan tersebut masih baru.
Karena mudah dibersihkan dan juga tidak terlalu ada tekanan dari tangan saat talenan digunakan, talenan bahan karet ini dapat digunakan oleh pemula ataupun yang sering memasak. Namun, harganya juga lebih tinggi dibanding talenan kayu dan plastik.

Sesuaikan ukuran talenan dengan luas wastafel

Sesuaikan ukuran talenan dengan luas wastafel
Ukuran talenan adalah hal berikut yang harus Anda pikirkan, setelah Anda menentukan bahan talenan yang cocok untuk Anda. Banyak talenan dengan bahan ringan dan ukuran kecil yang beredar di pasaran, dan sepintas terlihat mudah untuk digunakan. Namun, talenan dengan ukuran lebih besar, akan lebih nyaman untuk digunakan. Dengan talenan berukuran kecil, akan sulit untuk memotong bahan makanan berukuran besar. Atau, jika Anda memotong bahan yang berair dengan menggunakan talenan kecil, banyak air yang akan tumpah di talenan, dan sulit untuk dibersihkan.
Dengan mempertimbangkan kemudahan memotong bahan makanan, kami merekomendasikan talenan yang berukuran lebih besar. Namun, Anda juga harus memperhatikan ukuran tempat mencuci talenan Anda. Inilah mengapa Anda harus memilih talenan yang sesuai dengan wastafel Anda.
Untuk memudahkan Anda dalam mencuci talenan, jika memungkinkan, akan lebih baik bila ukuran talenan pas di dalam wastafel. Hindari ukuran yang akan menyulitkan Anda dalam membersihkan talenan.

Adanya antibakteri

Adanya antibakteri
Biarpun Anda membersihkan talenan setelah digunakan, dilihat dari sisi higienis, akan lebih aman bila Anda memilih talenan dengan antibakteri. Terutama untuk Anda yang sibuk dan tidak punya waktu untuk bersih-bersih, talenan dengan antibakteri bisa menjadi pilihan.
Talenan dengan antibakteri dibuat agar bakteri dan jamur tidak mudah menempel di talenan, dibanding dengan yang tanpa antibakteri. Memang tidak perlu sering dibersihkan, tapi akan lebih baik bila Anda tetap membersihkan talenan agar lebih aman dan nyaman digunakan.

Pilihlah yang cocok untuk Anda

Pilihlah yang cocok untuk Anda
Kami sudah membahas mengenai bahan untuk talenan, dimana cara perawatannya berbeda-beda tergantung tipe dan bahan dari talenan. Ada yang tahan air panas, ada yang tidak. Ada yang dapat dibersihkan dengan pemutih, ada yang tidak. Ada juga talenan yang bisa dicuci dengan mesin pencuci piring, jadi jika Anda memiliki mesin pencuci piring, Anda bisa memilih talenan yang sesuai.
Karena perawatan yang berbeda untuk setiap bahan talenan, sebaiknya periksa terlebih dahulu, dan pilihlah talenan yang perawatannya praktis bagi Anda.

10 Rekomendasi talenan terbaik

Kali ini, kami akan merekomendasikan talenan terbaik. Setelah Anda membaca poin di atas, semoga Anda dapat menemukan talenan yang tepat.

10. Ikea Legitim (2 pcs)

Rp 109.000,00

9. Multi-Purpose Foldable Chooping Board

Rp 70.000,00

8. Oxone Ox-614 Bamboo Board

Rp 310.000,00

7. Neoflam Lusso Marble

Rp 198.000,00

6. Tokuniku 2 in 1 Multifunctional Wastafel Outdoor Chopping Board

Rp 110.000,00

5. Ikea Finfordela (2 pcs)

Rp 35.900,00

4. Lion Star Talenan Plastik

Rp 50.000,00

3. Vakind Wheat Straw Nonslip Cutting Board

Rp 61.000,00

2. Ultimate Cutting Board

Rp 86.900,00

Kesimpulan

Talenan merupakan produk yang sering digunakan sehari-hari, terutama untuk Anda yang sering memasak. Bila Anda menggunakan talenan yang sesuai, maka Anda pun akan menikmati waktu Anda di dapur, memotong bahan-bahan untuk memasak. Apalagi, sekarang talenan juga bermacam-macam warna, yang bisa membuat dapur Anda tampak lebih cantik dan juga cerah.
Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat menemukan talenan yang tepat untuk Anda. Selamat memasak !

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wajan Penggorengan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan atau wajan penggorengan merupakan alat yang sangat penting dalam memasak. Saat ini telah tersedia beragam merek wajan yang terkenal, seperti Tefal, MAXIM, Oxone, dan lainnya. Jenis wajan pun beragam. Ada yang terbuat dari bahan besi, dilapisi keramik atau teflon, dan yang bisa digunakan untuk kompor induksi.Kali ini kami memberikan rekomendasi wajan penggorengan terbaik bagi Anda. Namun, terlebih dahulu kami akan menjelaskan tentang poin penting yang bisa Anda jadikan panduan dalam memilih wajan. Temukanlah wajan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan dapur
    84.305 Views
  • 10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Food Processor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Food processor merupakan perkakas dapur multifungsi yang akan mempermudah tugas Anda saat menyiapkan makanan. Tak hanya untuk memotong sayuran dan buah, alat ini juga dapat menggiling daging, menumbuk aneka biji-bijian dan rempah, hingga menguleni adonan.Melalui artikel ini, kami akan berbagi tips tentang cara memilih food processor yang tepat untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan kegunaan food processor secara komprehensif, serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Anda dapat memilih di antara Philips, Oxone, Panasonic, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    48.581 Views
  • 10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frying Pan Set Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Frying pan adalah barang penting yang wajib ada di dapur untuk memasak. Oleh karena itu, di pasaran banyak tersedia set frying pan yang menjual beberapa buah sekaligus dalam satu setnya. Namun, banyaknya jenis frying pan dan harga yang ditawarkan dari berbagai merek, seperti IKEA, Oxone, atau Maxim mungkin membuat Anda bingung memilih yang terbaik.Pada kesempatan ini, kami akan memberikan Anda rekomendasi produk frying pan terbaik serta penjelasan mengenai jenis dan fungsi frying pan untuk membantu Anda memilih produk yang sesuai kebutuhan. Selamat membaca!
    Peralatan dapur
    42.710 Views
  • 10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Microwave Oven Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Microwave oven merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat roti, kue, toast maupun kue kering. Berbeda dengan oven biasa, pemanasan makanan dengan microwave oven menggunakan gelombang mikro sehingga masakan matang lebih merata. Jika menggunakan oven biasa, masakan lebih matang di bagian pinggirnya.Beberapa merek microwave oven yang terkenal adalah Hitachi, Sharp dan Panasonic. Kali ini kami akan merekomendasikan beberapa microwave oven dari berbagai merek ternama untuk dibandingkan kualitasnya. Simak ulasan berikut ini dan jadikan pertimbangan Anda sebelum membeli microwave oven.
    Peralatan dapur
    55.382 Views
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbicara mengenai kompor gas, Anda tentu memiliki kriteria pemilihan yang berbeda sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Kriteria tersebut antara lain tampilan kompor yang modis, panggangan tanpa air, dan kemudahan saat dibersihkan. Belakangan, produsen kompor gas juga semakin berlomba-lomba mengeluarkan produk dengan fitur yang semakin canggih.Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara menyeluruh kriteria apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih kompor gas. Selain cara memilihnya, kami akan memilihkan sepuluh produk terbaik untuk Anda jadikan referensi. Beberapa merek terkenal seperti Modena, Hitachi, dan Rinnai siap untuk Anda pilih. Selamat menyimak!
    Peralatan dapur
    42.314 Views
  • 10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!
    Peralatan dapur
    43.879 Views
  • 10 Rekomendasi Toaster Terbaik tipe Pop Up (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Toaster Terbaik tipe Pop Up (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda termasuk orang yang lebih menyukai sarapan dengan roti daripada nasi, Anda perlu memiliki toaster tipe pop up. Di Indonesia sendiri masih jarang orang yang mengetahui atau bahkan menggunakan toaster tipe pop up. Padahal, toaster tipe pop up sangat mudah digunakan dan menghemat waktu.Sebenarnya, sudah ada beberapa merek elektronik meluncurkan produk toaster tipe pop up di Indonesia. Namun, mungkin masih sedikit orang yang menggunakannya dan belum tahu mana toaster tipe pop up yang terbaik. Untuk itu, kami akan memberikan informasi bagaimana cara memilih toaster tipe pop up ini.
    Peralatan dapur
    3.674 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori