10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

Kulit yang sehat tidak bisa diperoleh secara cuma-cuma, melainkan harus dirawat dengan baik. Salah satu cara merawat kulit paling sederhana adalah dengan rajin memakai body lotion. Tak hanya wanita yang harus menggunakan body lotion, pria pun sebaiknya memakai produk ini untuk melindungi kulit mereka.

Saat ini, ada banyak body lotion untuk pria yang beredar di pasaran seperti Cloris Men, Nivea, hingga Vaseline. Memilih produk yang cocok untuk kulit pria tentu saja bukan perkara sepele.  Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih body lotion terbaik yang sesuai dengan kulit Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Mengapa pria perlu memakai body lotion?

Mengapa pria perlu memakai body lotion?

Dibandingkan wanita, para pria cenderung lebih cuek soal urusan merawat kulit. Selain malas, terkadang mereka merasa gengsi jika ketahuan terlalu merawat tubuh mereka. Padahal sama halnya dengan kulit wanita, kulit pria juga harus dirawat supaya terjaga kelembapan dan kesehatannya.

Banyak pria beraktivitas di luar ruangan dan terkena langsung sinar matahari, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Begitu juga dengan pria yang bekerja di dalam ruangan dan terkena AC terus menerus, kulit bisa menjadi kering dan bersisik.

Berdasarkan hal tersebut, pria perlu melindungi dan menjaga kelembapan kulitnya dengan cara memakai body lotion secara rutin. Produk ini memang ditujukan untuk menutrisi kulit dari luar. Dengan tekstur liquid dan tidak lengket, body lotion mudah diserap oleh kulit. Kandungan moisturizer yang banyak membuat kulit terasa lebih lembap dan segar setelah memakainya.

Selain menjaga kelembapan, body lotion juga menjadikan kulit tidak bersisik dan kasar, mencerahkan, serta memberikan aroma yang segar. Kondisi kulit yang sehat akan membuat Anda tampil lebih percaya diri.

Cara memilih body lotion untuk pria

Sebelum masuk ke rekomendasi produk, kami akan memaparkan poin-poin apa yang harus Anda perhatikan saat memilih body lotion. Hal ini semata-masa supaya Anda bisa menemukan produk yang cocok. Mari pelajari poin-poin penting ini!

Kenali jenis kulit Anda, normal atau sensitif

Kenali jenis kulit Anda, normal atau sensitif

Ada banyak body lotion yang dijual di pasaran. Masing-masing produk memiliki kandungan bahan yang berbeda dan juga hasil akhir yang berbeda. Ada produk yang ditujukan untuk pemilik kulit yang kering, ada produk untuk kulit normal, ada juga produk untuk kulit yang sensitif. Karena itu, sebelum menentukan produk yang hendak dibeli, kenali dahulu jenis kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit yang kering, body lotion yang diperlukan adalah yang memiliki kandungan butter lebih banyak. Butter yang dipadukan dengan minyak esensial mampu melembutkan dan melembapkan kulit yang kering dengan cepat. Tekstur losion jenis ini biasanya lebih kental dan creamy.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya Anda memakai body lotion yang bersifat oil free. Anda juga bisa memilih losion bertekstur gel yang mampu membuat kulit terasa segar setelah memakainya. Adapun bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya Anda mencari produk yang bebas bahan aktif dan memiliki label hypoallergenic.

Dengan mengetahui jenis kulit, Anda bisa memilih produk losion yang sesuai. Nantinya, hasil terbaik pun akan mudah dirasakan pada kulit Anda.

Pilih produk yang mampu melembapkan kulit di segala kondisi

Pilih produk yang mampu melembapkan kulit di segala kondisi

Fungsi utama dari pemakaian body lotion adalah untuk melembapkan kulit yang kering. Kulit yang kurang terhidrasi ini tidak hanya terjadi saat berada di bawah terik matahari saja. Saat berada di suhu dingin, udara yang kering, maupun ruangan ber-AC, kulit juga bisa kering dan membutuhkan perlindungan.

Sayangnya, ada beberapa losion yang tidak bisa menjaga kelembapan kulit secara maksimal saat Anda terpapar sinar matahari. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih produk yang mengandung moisturizing agent seperti shea butter, glycerin, ceramide, petroleum jelly, aloe vera, dan lain-lain.

Body lotion yang mengandung moisturizing agent bisa melembapkan kulit dalam kondisi dan cuaca seperti apa pun. Sedangkan jika keseharian Anda lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, pilihlah losion yang tak hanya mampu melembapkan, tetapi juga mengandung SPF (sun protector factor). Keberadaan SPF pada losion akan memberikan perlindungan ganda bagi kulit Anda.

Hindari body lotion dengan warna yang terlalu cerah

Hindari body lotion dengan warna yang mencolok

Body lotion biasanya berwarna putih susu. Selain itu, ada juga yang memiliki warna seperti kandungan utama produknya. Misalnya losion yang mengandung aloe vera memiliki semburat warna hijau, atau losion dengan shea butter memiliki semburat warna cokelat. Jika warnanya hanya berupa semburat dan tidak mecolok, itu bukanlah sebuah masalah.

Warna-warna yang mencolok pada produk losion biasanya dihasilkan dari zat pewarna tambahan. Penggunaan zat warna yang berlebihan dapat menciptakan alergi dan lama-lama merusak kulit. Untuk itu, hindarilah losion dengan warna yang terlalu cerah!

Untuk kulit yang sensitif pilih body lotion berlabel hypoallergenic dan bebas paraben

Untuk kulit yang sensitif pilih body lotion berlabel hypoallergenic

Apakah Anda memiliki kulit yang sensitif? Jika jawabannya iya, sebaiknya Anda memilih produk yang tidak mengandung bahan aktif guna meminimalisir iritasi. Caranya adalah dengan memastikan body lotion yang Anda pakai memiliki label hypoallergenic atau bebas paraben. Label ini menandakan bahwa komposisi body lotion aman untuk kulit, bahkan untuk kulit bayi sekalipun.

Selain itu, pilihlah produk yang tidak mengandung bahan aditif atau pewangi buatan. Sebab, ada beberapa zat pengharum yang bisa menimbulkan efek alergi pada kulit. Untuk Anda yang berkulit sensitif, memakai body lotion tanpa aroma lebih baik. Sedangkan bagi Anda yang kulitnya normal, wangi citrus yang menyegarkan bisa menjadi pilihan.

10 Rekomendasi body lotion untuk pria

Setelah mengetahui bagaimana cara memilih body lotion, kini kami akan memberikan rekomendasi sepuluh produk body lotion terbaik untuk pria. Selamat membaca dan menemukan produk yang cocok bagi kulit Anda!

10. Bath & Body Works Mahogany Woods Body Lotion for Men

10. Bath & Body Works Mahogany Woods Body Lotion for Men

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 199.000

Aroma khas kayu mahogany yang menonjolkan sisi maskulin

Terinspirasi dari petualangan alam bebas, body lotion ini memiliki aroma kayu mahogany yang sangat khas. Cocok untuk Anda para pria berkelas yang ingin menonjolkan sisi maskulin. Losion ini dilengkapi dengan vitamin E, serta vitamin B5 yang mampu menutrisi kulit Anda dan menjaganya supaya tetap lembap.

Isi 236 ml
Kandungan pelembap Shea butter
Keamanan Tidak ada keterangan

9. Redwin Sorbolene Cream with Vitamin E

9. Redwin Sorbolene Cream with Vitamin E

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 88.000

Bebas paraben, pewarna, dan pewangi. Cocok untuk kulit yang sensitif!

Losion yang bisa dipakai pada seluruh tubuh ini diformulasikan untuk melembapkan dan mengatasi iritasi. Tak hanya itu, Redwin juga mampu meningkatkan elastisitas kulit sehingga lebih kenyal dan mencegah penuaan dini.

Tekstur losion ini sedikit pekat dan perlu waktu sebelum benar-benar meresap di kulit. Berhubung terbuat dari bahan alami dan bebas zat adiktif, losion ini juga aman untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Sangat multifungsi kan?

Isi 100 gram
Kandungan pelembap Vitamin E, 10% Glycerine Sorbitol, dan minyak biji gandum
Keamanan Bebas pewarna, pewangi, dan paraben

8. Bath & Body Works Noir for Men Body Lotion

8. Bath & Body Works Noir for Men Body Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 199.000

Mengeluarkan aroma segar dan maskulin seperti memakai parfum

Dengan kandungan moisturizing agent yang melimpah, losion ini bisa menjadikan kulit kasar para pria menjadi lembut dan halus. Kelembapan kulit bisa bertahan hingga 16 jam. Aroma yang ditimbulkan juga menyegarkan dan sangat maskulin. Bagi pria yang tidak suka mengenakan parfum, aroma dari losion ini bisa menjadi pengganti.

Isi 236 ml
Kandungan pelembap Shea butter
Keamanan Tidak ada keterangan

7. St. Ives Soothing Oatmeal & Shea Butter Body Lotion

 7. St. Ives Soothing Oatmeal & Shea Butter Body Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 105.000

Diformulasikan dari bahan alami yang aman untuk kulit sensitif

Dengan kemasan yang besar, losion ini cocok dipakai Anda sekeluarga. Kandungan bahan alami dari oatmeal, shea butter, serta soy beans membuat losion ini aman dipakai untuk kulit yang sensitif sekalipun. Bahan-bahan tersebut akan bekerja secara alami merawat dan menjaga kelembapan kulit Anda.

Isi 621 ml
Kandungan pelembap Oatmeal, shea butter, soybeans
Keamanan Bebas paraben, dermatologist-tested

6. Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion

6. Vaseline Intensive Care Advanced Strength Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee 

Harga : Rp 30.200

Memperbaiki kulit yang sangat kering dan bersisik dengan cepat

Kulit Anda kering, kasar, dan bersisik? Inilah losion yang mampu mengembalikan kelembapan kulit Anda dengan cepat. Formula khususnya mampu memperbaiki kulit kering yang membandel dari dalam lapisan stratum corneum. Bagi Anda yang kulitnya sensitif, produk ini juga akan sangat membantu.

Isi 200 ml
Kandungan pelembap Glycerin, petrolatum, glyceryl stearate
Keamanan BPOM RI

5. Nivea Sun Protect and Moisture SPF 50

5. Nivea Sun Protect and Moisture SPF 50

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 95.000

Melindungi kulit para petualang secara optimal dari sengatan sinar matahari

Inilah body lotion yang cocok dipakai para pria yang suka bertualang. Dengan kandungan SPF 50, losion ini mampu melindungi kulit secara optimal saat terpapar terik mentari. Tak hanya itu, losion ini juga berfungsi memberikan nutrisi sehingga kulit tidak mudah gosong.

Untuk Anda yang ingin berenang, surfing, atau rafting, tak perlu khawatir sebab losion ini tidak lengket dan tahan air. Aplikasikan losion di badan sebelum beraktivitas dan ulangi pemakaian setelah selesai bermain air.

Isi 100 ml
Kandungan pelembap Glycerin, vitamin E
Keamanan BPOM RI, dermatologist-tested

4. The Body Shop Black Musk Body Lotion

4. The Body Shop Black Musk Body Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 219.000

Teksturnya ringan dan mudah meresap

The Body Shop Black Musk Body Lotion ini merupakan losion unisex yang bisa dipakai pria maupun wanita. Bagi Anda yang sudah berpasangan dan suka berbagi produk skin care, losion ini bisa dijadikan pilihan untuk dipakai berdua. Teksturnya yang ringan membuat losion ini cepat meresap. Aromanya juga enak dan awet di kulit.

Isi 250 ml
Kandungan pelembap Bertholletia Excelsa Seed Oil, Butyrospermum Parkii Butter
Keamanan Produk dari bahan alami, no animal testing

3. Cloris Hand & Body Lotion

3. Cloris Hand & Body Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 55.000

Memiliki kandungan karbon aktif dan vitamin C yang mampu mencerahkan kulit

Sebagai brand yang khusus memproduksi losion untuk pria, Cloris benar-benar memahami apa yang dibutuhkan kulit Anda. Selain mampu melembapkan tubuh, Cloris juga mampu mencerahkan kulit karena memiliki kandungan karbon aktif dan vitamin C.

Body lotion ini juga dilengkapi dengan kandungan SPF-15 sehingga mampu menahan bahaya radiasi sinar UV. Cloris Hand & Body Lotion cocok untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit akibat terlalu sering berada di bawah sinar matahari.

Isi 100 ml
Kandungan pelembap Emollient natural olive oil, vitamin C
Keamanan BPOM RI

2. Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion

2. Vaseline Intensive Care Aloe Soothe Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 20.400

Diperkaya pure aloe extract yang aromanya menyegarkan sekaligus melembapkan

Menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai salah satu bahan utamanya, losion ini mampu memberikan sensasi sejuk saat diusap ke kulit yang kering dan pecah-pecah. Aromanya juga sangat menyegarkan, membuat Anda bisa merasa rileks. Losion ini meresap di kulit dengan cepat, jadi Anda tak perlu khawatir merasa lengket setelah memakainya.

Isi 200 ml
Kandungan pelembap Petrolaum, Aloe Barbadensis Leaf Juice Powder
Keamanan BPOM RI

1. Nivea Intensive Moisture Body Lotion

1. Nivea Intensive Moisture Body Lotion

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 24.200

Menjaga kelembapan kulit hingga 48 jam

Perpaduan grape seed dan avocado oil dari body lotion ini mampu merawat dan menjaga kelembapan kulit hingga 48 jam. Cocok bagi Anda yang memiliki kulit kering namun tidak telaten jika harus mengaplikasikan losion secara berulang-ulang. Cukup memakai sekali, kulit akan terasa lembap dan lembut.

Isi 200 ml
Kandungan pelembap Vitis Vinifera Seed Oil, Persea Gratissima Oil
Keamanan BPOM RI, dermatologist-tested

Kesimpulan

Memakai body lotion secara rutin adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kelembapan kulit Anda serta mencegahnya dari penuaan dini. Tak hanya itu, memakai body lotion saat cuaca terik atau saat kelembapan menurun akan membuat Anda merasa segar.

Di atas, kami telah memberikan informasi mengenai cara memilih body lotion sekaligus memberikan rekomendasi losion terbaik untuk pria. Semoga informasi kami dapat membantu Anda dalam memilih losion yang sesuai untuk kebutuhan kulit Anda.