• 10 Rekomendasi Saus Sambal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Saus Sambal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Saus Sambal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Saus Sambal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Saus Sambal Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Saus Sambal Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan yang pedas dan berbumbu. Tak heran jika mereka gemar menikmati makanan dengan sambal segar dan juga saus sambal. Saking populernya saus sambal di Indonesia, ada banyak perusahaan anak bangsa yang memproduksi saus sambal dengan cita rasa lokal. Sebut saja Indofood, ABC, SASA, hingga Dua Belibis.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih saus sambal. Sesudahnya, kami akan merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merek lengkap dengan keunggulannya masing-masing. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 32.319 Views
Daftar isi

Cara memilih saus sambal

Secara sepintas semua saus sambal mungkin terlihat sama, padahal tentu saja tidak. Tiap-tiap saus sambal memiliki komposisi yang berbeda dan cita rasa tersendiri. Lantas, bagaimana cara memilih saus sambal yang terbaik?
Definisi terbaik bagi tiap-tiap orang memang relatif. Namun, setidaknya ada beberapa indikator yang sebaiknya diperhatikan sebelum membeli saus sambal. Poin-poin tersebut antara lain jenis sambal, tingkat kepedasan, komposisi, hingga ukuran kemasan. Berikut ini penjelasan dari poin-poin tersebut!

Saus sambal original atau saus sambal dengan rasa spesial?

Dulu, saus sambal rasanya hanya pedas saja. Seiring dengan perkembangan khazanah kuliner, produsen mulai membuat saus sambal dengan rasa yang beragam. Saus sambal tidak hanya dibuat dari cabai saja, tetapi mulai dipadukan dengan beragam bahan lain sehingga menciptakan rasa yang spesial.

Saus sambal original bisa untuk meracik bumbu sendiri

Saus sambal original bisa untuk meracik bumbu sendiri
Semua produsen saus sambal pasti memproduksi saus sambal original, yakni saus dengan bahan utama cabai yang pedas. Saus sambal jenis ini bisa dipakai untuk keperluan apa pun, baik untuk campuran mie ayam, cocolan gorengan, atau dijadikan topping.
Dengan rasa yang cenderung lebih netral dan hanya menonjolkan rasa pedas, Anda bisa memasak ulang saus ini. Cukup campurkan dengan aneka bumbu sesuai resep, maka Anda akan mendapatkan saus dengan cita rasa yang diinginkan. Untuk Anda yang suka berkreasi, sebaiknya selalu sedia saus sambal original di dapur.

Saus sambal dengan rasa spesial lebih praktis

Saus sambal dengan rasa spesial lebih praktis
Selain memproduksi saus sambal original, kini ada banyak produsen yang memproduksi saus sambal bermacam rasa. Mereka mencoba menghadirkan sambal khas suatu daerah dalam botol-botol sausnya. Sebut saja ada saus sambal pedas manis, sambal Lampung, hingga sambal Bangkok. Bagi Anda yang ingin mendapatkan saus sambal dengan rasa khas, saus sambal dengan rasa spesial ini adalah pilihannya. Praktis dan tidak ribet.

Perhatikan tingkat kepedasan saus

Perhatikan tingkat kepedasan saus
Saus sambal identik dengan rasa pedas. Meski begitu, kepedasan tiap saus biasanya berbeda-beda. Untuk saus sambal dengan tingkat kepedasan standar, produsen biasa melabeli produk mereka dengan saus sambal pedas atau hot. Sedangkan untuk saus sambal dengan tingkat kepedasan yang lebih tinggi, mereka akan melabelinya dengan saus sambal ekstra pedas atau extra hot. Supaya tidak salah pilih, Anda harus memperhatikan kemasannya dengan seksama.

Cek daftar komposisi pada kemasan

Cek daftar komposisi pada kemasan
Seluruh produk saus sambal yang dijual dalam kemasan pasti sudah mengandung bahan tambahan, baik bahan alami maupun zat aditif. Bahan tambahan alami bisa berupa rempah-rempah lain yang bertujuan menambah sedap rasa. Sedangkan zat aditif atau bahan buatan biasanya bertujuan untuk lebih menguatkan rasa serta memperpanjang masa kedaluwarsa.
Saus sambal yang enak adalah sambal dengan kompisisi bahan segar (cabai dan rempah alami) yang lebih dominan dibandingkan zat aditifnya. Untuk itu, sebelum membeli perhatikan daftar komposisi pada kemasan.

Pilih kemasan yang sesuai dengan tujuan penggunaan

Pilih kemasan yang sesuai dengan tujuan penggunaan
Saus sambal yang beredar di pasaran memiliki kemasan dan ukuran yang berbeda-beda. Beberapa jenis kemasan yang lazim ditemui adalah kemasan botol plastik, botol kaca, pouch, dan saset. Ukurannya pun beragam mulai dari yang kecil 9 gram (kemasan saset, 140 ml (botol plastik), hingga 340 ml (botol kaca) atau bahkan yang lebih besar.
Saat membeli saus sambal sebaiknya Anda menyesuaikan dengan tujuan penggunaan. Jika Anda hendak traveling, saus kemasan saset bisa dijadikan pilihan sebab tidak memakan banyak tempat. Selain itu, saus jenis ini bisa habis dalam sekali makan.
Untuk pemakaian sehari-hari bisa menggunakan saus botol atau pouch. Saus jenis ini bisa dipakai berkali-kali sebelum habis. Hanya saja pastikan Anda menutupnya dengan sempurna dan setelah dipakai disimpan di dalam kulkas. Meski usia penyimpanan saus setelah dibuka bisa bertahan lama, saus baru terasa lebih sedap. Oleh karena itu, belilah saus yang ukurannya tidak terlalu besar dan cepat dihabiskan.

10 Rekomendasi saus sambal terbaik

Pada bagian ini, kami telah menghimpun sederet produk saus sambal terbaik yang bisa digunakan sebagai bumbu atau cocolan. Pilihlah saus sambal yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
Isi340 ml
KomposisiTidak ada keterangan
SertifikasiBPOM RI, HALAL MUI
Usia penyimpananTidak ada keterangan
9
Isi320 ml
KomposisiCabe, gula, garam, cuka, air, benzoat, maizena
SertifikasiHALAL MUI, BPOM RI
Usia penyimpananTidak ada keterangan
8
Isi260 ml
KomposisiAir, sirup jagung, gula, maltodekstrin, pengental, cabai bubuk, garam, ekstrak ayam, penguat rasa, bawang bombay bubuk, bawang putih, kecap asin, lada hitam bubuk, perisa sintetik, natrium benzoat, dll.
SertifikasiBPOM RI, HALAL MUI
Usia penyimpananTidak ada keterangan
7
Isi335 ml
KomposisiWater, sugar, chili, salt, spices and herbs, vegetable thickener, acidity regulator, flavor enhancer (mononodium glutamate), preservatives (sodium benzoate, sodium metabisulfite)
SertifikasiBPOM RI, HALAL MUI
Usia penyimpananTidak ada keterangan
6
Isi200 ml
KomposisiAir, cabe, garam, bawang putih, penguat rasa (monosodium glutamat), cuka dan pengawet (natrium benzoat)
SertifikasiBPOM RI, HALAL MUI
Usia penyimpananTidak ada keterangan
5
Isi340 ml
KomposisiCabe, gula, air, garam, tepung, bawang putih, cuka, pengawet (natrium benzoate & natrium metabisulfit)
SertifikasiHALAL MUI, BPOM RI
Usia penyimpanantidak ada keterangan
4
Isi340 ml
KomposisiAir, cabai, gula, garam, bawang putih (5%), pati, cuka, pengawet natrium benzoat dan natrium metabisulfit.
SertifikasiBPOM RI, HALAL MUI
Usia penyimpananTidak ada keterangan
3
Isi130 ml
KomposisiAir, gula, cabai (27%), bawang (mengandung bawang goreng 3,6%), garam, penstabil nabati, penguat rasa (mononatrium glutamat, disodium 5′ inosinate dan guanilat), pengatur keasaman, perisa sintetik, pengawet (sodium benzoat, sodium metabisulfit)
SertifikasiBPOM RI, HALAL MUI
Usia penyimpanan12 bulan
2
Isi335 ml
KomposisiCabai, gula, air, garam, bawang putih, pati, cuka, pengawet natrium benzoat dan natrium metabisulfit, penguat rasa mononatrium glutamat dan inosinat glutamat
SertifikasiBPOM RI, HALAL MUI
Usia penyimpananTidak ada keterangan
1
Isi340 ml
KomposisiCabai, gula pasir, air, bawang putih, cuka, garam, penguat rasa mononatrium glutamat, pengawet (natrium benzoat, natrium metabisulfit)
SertifikasiBPOM RI, HALAL MUI, ISO 2000, HACCP
Usia penyimpanan1 tahun setelah dibuka

Tabel perbandingan produk saus sambal terbaik

Gambar produk
1
Dua Belibis Saus Cabe 1

Dua Belibis

2
ABC Sambal Extra Pedas 1

ABC

3
Jawara pedas saus sambal 1

Jawara

4
SASA Saus Sambal Asli 1

SASA

5
Del Monte Extra Hot Chili Sauce 1

Del Monte

6
Obento Saus Sambal Ekstra Pedas 1

Obento

7
Indofood Sambal Lampung 1

Indofood

8
MamaSuka Delisaos Hot Lava 1

MamaSuka

9
Sambel Cap Jempol Sambel Vegetarian 1

Sambel Cap Jempol

10
Indofood Citarasa Indonesia Sambal Seafood 1

Indofood

Nama produk

Saus Cabe

Sambal Extra Pedas

pedas saus sambal

Saus Sambal Asli

Extra Hot Chili Sauce

Saus Sambal Ekstra Pedas

Sambal Lampung

Delisaos Hot Lava

Sambel Vegetarian

Citarasa Indonesia Sambal Seafood

Keunggulan

Cita rasa istimewa dari bahan berkualitas premium

Sensasi pedas yang menggigit dari cabai segar pilihan

Saus sambal dengan bawang goreng, rasanya juara!

Tak hanya pedas, tetapi juga lezat

Sambal ekstra pedas dengan cita rasa yang unik

Hadirkan cita rasa restoran Hoka Hoka Bento di rumah!

Obati kerinduan terhadap kuliner Lampung dengan sambal ini!

Terbuat dari rempah pilihan, cocok untuk cocolan gorengan

Saus sambal untuk vegetarian

Paling cocok untuk teman makan seafood

HargaRp 17.000,00Rp 15.200,00Rp 6.528,00Rp 10.527,00Rp 11.200,00Rp 12.500,00Rp 12.600,00Rp 12.150,00Rp 15.000,00Rp 13.300,00
Isi340 ml335 ml130 ml340 ml340 ml200 ml335 ml260 ml320 ml340 ml
KomposisiCabai, gula pasir, air, bawang putih, cuka, garam, penguat rasa mononatrium glutamat, pengawet (natrium benzoat, natrium metabisulfit)Cabai, gula, air, garam, bawang putih, pati, cuka, pengawet natrium benzoat dan natrium metabisulfit, penguat rasa mononatrium glutamat dan inosinat glutamatAir, gula, cabai (27%), bawang (mengandung bawang goreng 3,6%), garam, penstabil nabati, penguat rasa (mononatrium glutamat, disodium 5′ inosinate dan guanilat), pengatur keasaman, perisa sintetik, pengawet (sodium benzoat, sodium metabisulfit)Air, cabai, gula, garam, bawang putih (5%), pati, cuka, pengawet natrium benzoat dan natrium metabisulfit.Cabe, gula, air, garam, tepung, bawang putih, cuka, pengawet (natrium benzoate & natrium metabisulfit)Air, cabe, garam, bawang putih, penguat rasa (monosodium glutamat), cuka dan pengawet (natrium benzoat)Water, sugar, chili, salt, spices and herbs, vegetable thickener, acidity regulator, flavor enhancer (mononodium glutamate), preservatives (sodium benzoate, sodium metabisulfite)Air, sirup jagung, gula, maltodekstrin, pengental, cabai bubuk, garam, ekstrak ayam, penguat rasa, bawang bombay bubuk, bawang putih, kecap asin, lada hitam bubuk, perisa sintetik, natrium benzoat, dll.Cabe, gula, garam, cuka, air, benzoat, maizenaTidak ada keterangan
SertifikasiBPOM RI, HALAL MUI, ISO 2000, HACCPBPOM RI, HALAL MUIBPOM RI, HALAL MUIBPOM RI, HALAL MUIHALAL MUI, BPOM RIBPOM RI, HALAL MUIBPOM RI, HALAL MUIBPOM RI, HALAL MUIHALAL MUI, BPOM RIBPOM RI, HALAL MUI
Usia penyimpanan1 tahun setelah dibukaTidak ada keterangan12 bulanTidak ada keterangantidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi saus lainnya di sini!

Selain saus sambal yang pedas, beberapa orang juga menyukai saus tomat yang nikmat sebagai teman makan gorengan, french fries, atau topping aneka makanan. Rasa saos tomat yang tidak pedas dan nikmat cenderung disukai anak-anak. Jika Anda berencana membeli saus tomat, kami telah menulis beberapa artikel rekomendasi saus tomat terbaik di sini.

Baca juga rekomendasi sambal yang nikmat di sini!

Meski sama-sama pedas, rasa pedas yang dihasilkan oleh saus sambal dan sambal alami tentu saja berbeda. Jika Anda ingin mencicipi pedasnya sambal bawang yang nendang, silakan simak artikel berikut ini. Kami sudah membuat rekomendasi sambal bawang yang nikmat dan layak untuk dicoba.

Kesimpulan

Dari sepuluh rekomendasi saus sambal yang kami berikan, adakah produk yang cocok dengan apa yang Anda cari? Meski sama-sama menonjolkan rasa pedas, tiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Untuk itu, pastikan Anda menemukan produk yang tepat sehingga cocok dipadukan dengan masakan Anda. Dengan saus sambal kesukaan, makanan favorit pun akan terasa makin nikmat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    110.493 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    107.652 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    62.356 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    108.121 Views
  • 10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap bebas MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    5.299 Views
  • 10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih produk tersebut. Berbagai merek terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    57.019 Views
  • 10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda tahu truffle oil? Truffle oil merupakan minyak zaitun yang kaya akan aroma dan rasa jamur truffle yang mewah. Ada dua jenis jamur truffle yang digunakan dalam minyak ini, yaitu black truffle dan white truffle. Jika ini pertama kalinya bagi Anda, tentu Anda akan sangat kebingungan dalam memilih yang terbaik.Kali ini, kami akan menjelaskan lebih lengkap tentang truffle oil. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan minyak truffle dari berbagai produsen, seperti Urbani, Costa d’Oro, dan Geofoods. Dengan truffle oil, hidangan biasa Anda pun akan menjadi istimewa. Simak lebih lanjut, ya!
    Bumbu & bahan masakan
    13.073 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori