10 Rekomendasi Produk Pembasmi Rayap Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Produk Pembasmi Rayap Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Rayap merupakan hama yang dapat merusak perabotan kayu di rumah Anda. Tentunya Anda tidak akan senang jika ada rayap di rumah Anda. Daripada menghubungi ahli pengusir rayap, Anda bisa menggunakan produk pembasmi rayap yang dijual di pasaran. Beberapa produk seperti Bayer, Dust, dan Termikon memiliki kualitas yang bagus.

Namun, Anda perlu mengetahui kandungan bahannya agar aman bagi keluarga, hewan peliharaan, dan lingkungan sekitar. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pembasmi rayap dan juga merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk Anda. Jadikan artikel ini referensi Anda saat mencari produk pembasmi rayap terbaik.

Daftar isi

Cara memilih produk pembasmi rayap

Produk pembasmi rayap memang sangat mudah untuk ditemukan. Namun, tidak semuanya ampuh untuk membasmi rayap. Jadi, Anda harus lebih selektif dalam memilihnya. Anda juga harus mempertimbangkan keamanan bahan kimia yang terkandung di dalamnya terhadap keluarga atau hewan peliharaan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, pada artikel ini kami akan memberikan tips memilih pembasmi rayap yang efektif dan aman. Perhatikanlah poin-poin berikut agar Anda dapat menemukan pembasmi rayap terbaik!

Periksa kandungannya sebelum memilih

Periksa kandungannya sebelum memilih

Sebelum membeli, sangat penting untuk memeriksa kandungan pembasmi rayap yang ingin Anda beli. Ada produk yang ampuh membasmi rayap, tetapi mengandung bahan berbahaya bagi manusia dan lingkungan sekitar. Pertama-tama, kami akan membahas kandungan yang biasanya ada dalam produk pembasmi rayap serta efek sampingnya. Poin ini penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan.

Neonicotinoid, sangat aman untuk manusia dan hewan peliharaan

Produk yang mengandung antiseptik atau pembasmi rayap sudah biasa digunakan pada konstruksi kayu. Sebenarnya, zat yang berperan penting dalam produk tersebut adalah neonicotinoid. Apalagi zat neonicotinoid hanya bekerja pada serangga, dan aman bagi manusia, hewan peliharaan, dan ikan. Zat ini bekerja dengan cara mengacaukan sistem saraf pada rayap dan cara ini sangat ampuh membasmi rayap.

Efek zat ini bekerja secara perlahan tanpa membuat rayap menolak kayu yang diolesi zat ini. Produk pembasmi rayap lainnya umumnya berbahan dinotefuran. Namun, pembasmi rayap berbahan neonicotinoid diduga menyebabkan sarang lebah rusak. Hal ini belum diketahui kebenarannya, melainkan hanya sebatas dugaan. Untuk Anda yang beternak lebah atau semacamnya, usahakan jangan memakai produk berbahan neonicotinoid.

Phenylpyrazole, efektif dalam membasmi rayap

Zat ini merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk bahan pembasmi rayap. Meskipun hanya digunakan dalam jumlah sedikit, phenylpyrazole terbukti efektif membasmi rayap. Hal ini dikarenakan zat phenylpyrazole tidak menyebabkan rayap menghindar dari kayu yang telah diolesi zat tersebut. Efek dari zat ini yaitu menghambat atau mengendalikan transmisi saraf rayap.

Meskipun sangat ampuh membasmi rayap, phenylpyrazole cukup berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan. Jika Anda memelihara ikan, jauhkanlah zat ini dari kolam atau akuarium. Salah satu produk turunan dari zat ini yang biasa digunakan untuk pembasmi rayap adalah fipronil.

Phenylpyrrole menghambat dan merusak sistem pernapasan rayap

Meskipun namanya mirip dengan zat phenylpyrazole yang sudah dibahas sebelumnya, tetapi cara kerja zat ini berbeda. Phenylpyrrole cukup ampuh membasmi rayap dengan cara menghambat dan merusak sistem pernapasan rayap. Selain itu, efeknya yang bekerja secara bertahap dan dapat ditularkan ke rayap lain, membuat produk ini sangat baik untuk melumpuhkan rayap dalam jumlah yang besar. Bahkan dapat membasmi rayap dalam satu koloni.

Meskipun sangat ampuh, zat ini tergolong beracun dan dapat membawa efek samping pada manusia atau hewan peliharaan yang mengalami kontak langsung. Jadi, berhati-hatilah saat menggunakannya. Salah satu contoh zat phenylpyrrole yang sering digunakan sebagai pembasmi rayap adalah jenis chlorfenapyr. 

Carbamate, efeknya stabil, tetapi tidak disarankan bagi Anda yang sensitif terhadap bahan kimia

Zat ini bekerja dengan dua cara, yaitu menghambat sistem pernapasan dan dapat merusak sistem saraf dari rayap. Efek carbamate cukup stabil untuk membasmi rayap dan juga tahan terhadap cahaya atau panas. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya pada konstruksi beton. Carbamate bersifat alkaline hydrolysis yang dapat merusak konstruksi beton.

Efek samping zat ini bisa dibilang cukup berbahaya, bahkan ada yang mengatakan dapat menyebabkan sick building syndrome. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, bagi Anda yang sensitif terhadap bahan kimia sebaiknya tidak memilih zat ini. Adapun jenis zat yang tergolong pada jenis ini antara lain fenobucarb dan propoxur. 

Pyrethroid, familier digunakan sebagai bahan insektisida

Pyrethroid adalah zat kimia yang sudah cukup familier sebagai pembasmi insektisida, misalnya pada obat nyamuk bakar. Pertanyaannya, apakah zat ini juga efektif untuk rayap? Tentu saja! zat ini juga berpengaruh pada rayap, bahkan banyak produk pembasmi rayap yang menggunakan kandungan ini.

Namun, berbeda dengan zat-zat sebelumnya, zat ini lebih berfungsi untuk menghalau rayap, bukan membunuhnya. Perlu Anda perhatikan juga bahwa zat ini sangat beracun bagi ikan. Beberapa produk menggabungkan dua atau lebih zat pyrethroid dalam satu produk, misalnya cyfluthrin dan tetramethrin. 

Pilih berdasarkan tujuan penggunaannya, untuk membasmi atau mengusir

Pada pembahasan sebelumnya, kami telah membahas beberapa bahan utama yang biasa dipakai dalam produk pembasmi rayap. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilih produk pembasmi rayap secara lebih spesifik berdasarkan fungsinya. Mari simak dengan saksama.

Untuk membasmi rayap, pilih produk yang disukai rayap, efeknya bertahap, dan menyebar luas

Untuk membasmi rayap, pilih produk yang disukai rayap, efeknya bertahap, dan menyebar luas

Untuk membasmi rayap yang telah berkembang biak, sebaiknya pilih produk yang tidak bersifat mengusir, memiliki efek yang bertahap, dan mudah menyebar. Langkah pertama adalah membuat rayap memakan racun dari pembasmi rayap, bukan mengusirnya. Jadi, jangan memilih produk yang membuat rayap pergi menghindar.

Setelah itu, sebaiknya jangan memilih produk yang sifatnya membunuh rayap dengan seketika. Rayap hidup dalam sarang dengan koloni berjumlah banyak dan tersebar. Jadi, membunuh beberapa rayap saja akan percuma. Untuk itu, diperlukan produk dengan efek bertahap sehingga rayap yang teracuni dapat kembali ke sarang.

Langkah terakhir adalah menularkan racun dari satu rayap ke rayap lain sehingga tercipta efek kematian domino. Rayap memiliki kebiasaan untuk saling membersihkan dan bersentuhan badan. Dengan begitu, racun dapat mudah menyebar dari rayap satu ke rayap lain. Pilihlah produk dengan efek yang mudah menyebar.

Untuk mencegah rayap, pilih produk yang mengandung pengusir rayap

Untuk mencegah rayap, pilih produk yang mengandung pengusir rayap

Jika Anda ingin mencegah rayap datang, sebaiknya memilih produk dengan kandungan pengusir rayap yang tinggi. Zat pengusir rayap tidak disukai oleh rayap sehingga rayap tidak akan mendekat. Namun, penggunaannya harus secara merata. Jika tidak, rayap tetap dapat menyusup masuk.

Jangan menggunakan pengusir rayap pada bagian kayu yang sudah terinfeksi oleh rayap. Hal itu malah akan membuat rayap pindah dan merusak ke bagian lain. Jadi, untuk bagian yang sudah terinfeksi, gunakan terlebih dahulu pembasmi rayap. Baru setelah rayap mati, Anda bisa menggunakan pengusir rayap.

10 Rekomendasi produk pembasmi rayap terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan kepada Anda sepuluh produk pembasmi rayap terbaik yang telah kami seleksi. Anda dapat memilih satu produk yang sesuai dengan Anda, baik dari segi fungsi, harga, dan merek.

10. Dust Termite

10. Dust Termite

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 74.500

Menyerang langsung ke lubang yang menjadi sarang rayap!

Kebanyakan cara penggunaan produk pembasmi rayap adalah mengolesi perabotan yang berbahan kayu dan berharap rayap memakannya. Namun, produk ini berbentuk serbuk kayu dengan kemasan yang berbentuk tube bercorong lancip. Untuk menggunakannya Anda cukup menaburkannya di lubang atau kayu yang banyak rayapnya.

Rayap akan memakannya karena mengira itu makanannya dan dalam beberapa hari, rayap akan terinfeksi lalu mati. Produk ini termasuk cukup praktis penggunaannya dan efeknya cukup luas karena bisa menginfeksi langsung ke sarangnya. Bagi Anda yang mengutamakan kemudahan penggunaannya, produk ini bisa jadi salah satu pilihan.

Kandungan utama Tidak ada keterangan
Isi 60 gr

9. Termikon 15 EC

9. Termikon 15 EC

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 18.000

Jangan tunggu rayap bertamu ke rumah Anda, cegah sedari dini

Produk ini termasuk dalam golongan insektisida yang tentunya efektif mencegah rayap datang. Alfametrin dalam produk ini dibenci oleh rayap sehingga rayap yang mendeteksinya akan segera menghindar. Tidak hanya jenis rayap kayu saja, jenis rayap tanah pun juga akan menghindar jika mendeteksinya.

Sebagai langkah pencegahan, gunakanlah produk ini sebagai pelapis kontruksi berbahan kayu. Dengan demikan, dijamin rayap tidak akan menyerang rumah Anda di kemudian hari. Bahkan produk ini juga dapat Anda gunakan untuk melindungi perabotan kayu kesayangan Anda.

Kandungan utama Alfametrin
Isi 100 ml

8. Bayer Cislin 25 EC

8. Bayer Cislin 25 EC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 45.000

Membasmi rayap sejak masih nimfa

Berbeda dengan produk biasanya yang membasmi rayap secara perlahan, produk ini memberikan efek langsung. Namun, kelebihannya produk ini bisa digunakan pada nimfa rayap. Dengan begitu Anda bisa mengendalikan atau mencegah rayap berkembang biak dengan cepat.

Untuk Anda yang ingin membasmi rayap sejak dini, Anda bisa mengaplikasikannya saat pra-konstruksi bangunan. Kandungan deltametrin pada produk ini ampuh untuk membasmi rayap tanah dan rayap kayu kering. Produk ini cukup mudah digunakan, Anda hanya perlu mengencerkannya dengan air atau minyak.

Kandungan utama Deltametrin (pyrethroid)
Isi 100 ml

7. BASF Stealth 240 SC

7. BASF Stealth 240 SC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 140.000

Melindungi perabotan di bagian luar rumah dengan baik

Tingkat kelarutan dalam air pada produk ini rendah sehingga tidak mudah tercuci air hujan atau air tanah. Oleh sebab itu, efeknya akan lebih awet dan stabil. Produk ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang memiliki perabotan kayu di luar rumah atau kafe dengan konsep rumah kayu. Kandungan chlorfenapyr-nya akan membasmi rayap tanah secara perlahan.

Kandungan utama Chlorfenapyr (phenylpyrrole)
Isi 100 ml

6. Semox Pembasmi Semut & Rayap

6. Semox Pembasmi Semut & Rayap

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 25.000

Hanya beberapa kali semprot, rayap hilang dari rumah Anda!

Untuk Anda yang sibuk dan tidak ingin repot dengan urusan rayap, produk inilah solusinya. Produk berbentuk mist spray ini sangat praktis dan mudah digunakan. Anda tidak perlu mengencerkannya atau mengoleskannya ke perabotan di rumah Anda. Hanya beberapa kali semprot, rayap di rumah Anda dapat dibasmi.

Anda tentu sudah familier menggunakan botol mist spray sehingga kemungkinan kesalahan penggunaan bisa dikurangi. Cara kerja produk ini adalah membasmi rayap hingga ke sarangnya melalui efek kematian domino. Anda tidak perlu menyemprotkan berulang-ulang agar rayap tidak mati di tempat.

Kandungan utama Tidak ada keterangan
Isi 30 ml

5. Biocide Insecticide

5. Biocide Insecticide

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 115.000

Sekali usap, semua rayap dan hama serangga lainnya lenyap

Kandungan aktif cypermethrine bekerja sangat baik untuk membasmi rayap. Tidak hanya efektif untuk rayap, produk ini juga efektif untuk membasmi hama serangga lainnya seperti kumbang bubuk, kutu kayu, dan kecoa. Jadi, untuk Anda yang mencari produk yang multifungsi, produk ini adalah pilihan yang tepat.

Produk ini berbentuk cair yang dapat dicampur dengan air sehingga lebih ekonomis. Selain jangkauannya luas, efeknya bisa bertahan hingga 2 tahun. Tidak hanya digunakan pada kayu, produk ini bisa Anda aplikasikan pada bahan perabotan lain, seperti rotan dan bambu.

Kandungan utama Cypermethrine (pyrethroid)
Isi 130 ml

4. Freemite 200 Pestisida Organik

4. Freemite 200 Pestisida Organik 

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.000

Rayap hilang, pernapasan Anda tetap lancar seperti biasa!

Produk ini memiliki kandungan organik yang berasal dari 12 ekstrak tanaman insektisida. Aroma yang dihasilkan oleh produk ini tidak menyengat karena bahan utamanya terbuat dari bahan organik. Untuk Anda yang sensitif dengan bau bahan kimia, Freemite 200 Pestisida Organik adalah pilihan yang tepat.

Meskipun terbuat dari bahan organik, produk ini sangat efisien membasmi rayap. Efisiensi produk ini dalam melindungi rumah Anda sudah berhasil melewati berbagai uji lab. Selain berfungsi membunuh rayap, Anda dapat menggunakannya untuk mencegah rayap datang.

Kandungan utama 12 Ekstrak tanaman insektisida
Ukuran 60 ml

3. Hogasan Cairan Anti Serangga

3. Hogasan Cairan Anti Serangga

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 58.000

Cukup dengan sedikit bahan aktif, ampuh untuk membasmi rayap

Bagi Anda yang memiliki tanaman dan hewan peliharaan, produk ini merupakan pilihan yang tepat. Kandungan termisida yang dilepas produk ini sangat rendah sehingga aman untuk tanaman dan hewan peliharaan. Meskipun bahan aktif yang dilepas sedikit, produk ini sudah cukup ampuh untuk membasmi rayap.

Produk ini juga dilengkapi dengan fitur time release. Fitur tersebut membuat efek yang dihasilkannya perlahan-lahan dan konstan. Selain itu, produk ini juga dikemas dalam bentuk mist spray yang mudah disimpan dan mudah dipakai.

Kandungan utama Tidak ada keterangan
Isi 200 ml

2. Petrokimia Kayaku Termiban 400 EC

2. Petrokimia Kayaku Termiban 400 EC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 25.000

Bebas rayap lebih lama!

Untuk Anda yang ingin produk pembasmi rayap yang efeknya tahan lama dan stabil, produk ini bisa Anda pertimbangkan. Produk ini dapat melindungi rumah Anda dari rayap hingga 6 tahun setelah penggunaan. Jadi, Anda tidak perlu sering-sering mengaplikasikannya. Oleh sebab itu, bisa dibilang produk ini bisa menghemat pengeluaran Anda.

Kandungan utama Klorpirifos
Ukuran 100 ml

1. Bayer Agenda 25 EC

1. Bayer Agenda 25 EC

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 335.000

Perlindungan maksimal dari 3 jenis rayap sekaligus

Produk dari Bayer ini sudah sangat terbukti keampuhannya dalam membasmi rayap, bahkan kepuasan pelanggannya cukup tinggi. Efek manajemen koloni yang dimiliki produk ini dapat membasmi tiga jenis rayap sekaligus, yaitu rayap tanah, rayap kayu kering, dan rayap subterranean. Kandungan fipronil-nya bekerja sangat baik untuk membasmi rayap.

Selain itu, hanya dengan dosis kecil saja, produk ini sudah sangat ampuh membasmi rayap. Jadi, bahan kimia yang dilepas juga tidak terlalu banyak dan tentunya aman bagi lingkungan serta hewan peliharaan Anda. Untuk Anda yang menginginkan produk dengan reputasi bagus dan kepuasan pelanggan tinggi, produk ini pilihan yang tepat.

Kandungan utama Fipronil (phenylpyrazole)
Isi 1000 ml

Baca juga rekomendasi produk untuk mengusir hama serangga lainnya di sini

Sama halnya dengan rayap, hama serangga memang seringkali sulit untuk dikendalikan. Hal itu karena serangga memiliki siklus perkembangbiakan yang sangat cepat. Adapun jenis hama serangga lainnya yang mungkin sering membuat Anda kesal adalah nyamuk dan kecoa. Jika Anda tertarik untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, silakan baca artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Itu tadi rekomendasi produk pembasmi rayap terbaik yang kami seleksi untuk Anda berdasarkan fungsi, harga, dan juga mereknya. Sudahkah Anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Rayap merupakan makhluk yang berkembang biak dengan sangat cepat. Jadi, ada baiknya jika Anda membasmi rayap hingga ke sarangnya. Selain itu, penting juga untuk melakukan langkah pencegahan saat pra-konstruksi agar rumah Anda selalu terhindar dari serangan rayap.