• 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Rayap Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Rayap Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Rayap Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Rayap Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Produk Pembasmi Rayap Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Produk Pembasmi Rayap Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Rayap merupakan hama yang mengganggu karena dapat merusak perabotan kayu di rumah Anda. Tentunya, untuk mengindari serangan rayap, Anda perlu obat antirayap yang ampuh. Saat ini, tersedia banyak produk pengusir rayap dengan harga yang variatif, seperti Agenda, Hogasan, dan lainnya.


Namun, Anda perlu berhati-hati saat memilih produk pembasmi rayap. Anda perlu mengetahui kandungan bahannya agar aman bagi keluarga, hewan peliharaan, dan lingkungan sekitar. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih obat pembasmi rayap beserta rekomendasi produk pilihan. Bacalah dengan saksama dan temukan obat antirayap terbaik!

  • Pembaharuan terakhir: 24 Februari 2021
  • 36.539 Views
Daftar isi

Cara memilih produk pembasmi rayap

Produk pembasmi rayap memang sangat mudah untuk ditemukan. Namun, tidak semuanya ampuh untuk membasmi rayap. Jadi, Anda harus lebih selektif dalam memilihnya. Anda juga harus mempertimbangkan keamanan bahan kimia yang terkandung di dalamnya terhadap keluarga atau hewan peliharaan.

Periksa kandungan pembasmi rayap demi keselamatan Anda

Sebelum membeli, sangat penting untuk memeriksa kandungan pembasmi rayap yang ingin Anda beli. Ada produk yang ampuh membasmi rayap, tetapi mengandung bahan berbahaya bagi manusia, hewan peliharaan, maupun lingkungan sekitar. Poin ini penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan.

Neonicotinoid, aman untuk manusia dan hewan peliharaan

Neonicotinoid, aman untuk manusia dan hewan peliharaan

Produk-produk antiseptik dan pembasmi rayap sudah biasa digunakan untuk mencegah rusaknya konstruksi kayu karena rayap. Salah satu zat yang berperan penting dalam produk tersebut adalah neonicotinoid


Kandungan neonicotinoid hanya bekerja pada serangga sehingga aman bagi manusia, hewan peliharaan, termasuk ikan. Zat ini bekerja dengan cara mengacaukan sistem saraf pada rayap sehingga efektif untuk mengusir rayap.


Efek zat ini bekerja secara perlahan tanpa membuat rayap menolak kayu yang diolesi zat ini. Selain neonicotinoid, produk pembasmi rayap lainnya umumnya berbahan dinotefuran


Sementara itu, pembasmi rayap berbahan neonicotinoid diduga dapat menyebabkan sarang lebah rusak. Hal ini belum diketahui kebenarannya, melainkan hanya sebatas dugaan. Untuk Anda yang beternak lebah atau semacamnya, usahakan jangan memakai produk berbahan neonicotinoid.

Phenylpyrazole, lebih hemat dan ampuh membasmi rayap

Phenylpyrazole, lebih hemat dan ampuh membasmi rayap

Phenylpyrazole merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk bahan pembasmi rayap. Zat ini terbukti efektif membasmi rayap meskipun hanya digunakan dalam jumlah sedikit. Phenylpyrazole bekerja dengan menghambat atau mengendalikan transmisi saraf rayap. Dengan demikian, proses pembasmian rayapnya pun cukup lambat.


Meskipun sangat ampuh membasmi rayap, phenylpyrazole cukup berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan. Jika Anda memelihara ikan, jauhkanlah zat ini dari kolam atau akuarium. Salah satu turunan dari zat ini yang biasa digunakan untuk pembasmi rayap adalah fipronil.

Phenylpyrrole, ampuh basmi koloni rayap

Phenylpyrrole, ampuh basmi koloni rayap

Meskipun namanya mirip dengan zat phenylpyrazole, cara kerja zat ini untuk membasmi rayap berbeda. Phenylpyrrole membasmi rayap dengan cara menghambat dan merusak sistem pernapasan rayap. 


Selain itu, efek dari zat ini bekerja secara bertahap dan dapat ditularkan ke rayap lain. Karena efek tersebut, zat ini sangat baik untuk melumpuhkan rayap dalam jumlah yang besar. Bahkan, zat ini sangat ampuh untuk membasmi rayap dalam satu koloni.


Meskipun sangat ampuh, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, zat ini tergolong beracun dan dapat membawa efek samping pada manusia dan hewan peliharaan. Saat Anda menggunakan phenylpyrrole, jangan melakukan kontak langsung. Salah satu contoh zat phenylpyrrole yang sering digunakan sebagai pembasmi rayap adalah jenis chlorfenapyr.

Carbamate, kinerja stabil, tetapi tidak disarankan bagi yang sensitif bahan kimia

Carbamate, kinerja stabil, tetapi tidak disarankan bagi yang sensitif bahan kimia

Zat carbamate bekerja dengan merusak sistem saraf rayap dan juga memberikan efek candu pada rayap. Efek yang diberikan carbamate ini cukup ampuh untuk membasmi rayap. Selain itu, zat ini juga tahan terhadap cahaya atau panas. Namun, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya pada konstruksi beton. Hal ini karena carbamate bersifat alkaline hydrolysis yang dapat merusak konstruksi beton.


Efek samping zat ini bisa dibilang cukup berbahaya, bahkan ada yang mengatakan dapat menyebabkan sick building syndrome. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, bagi Anda yang sensitif terhadap bahan kimia sebaiknya tidak menggunakan zat ini. Jenis zat yang tergolong dalam jenis ini antara lain adalah fenobucarb dan propoxur.

Pyrethroid, familier digunakan sebagai bahan insektisida

Pyrethroid, familier digunakan sebagai bahan insektisida

Zat pyrethroid adalah bahan yang biasa terkandung dalam obat nyamuk bakar. Tidak seperti bahan lain yang merusak sistem saraf rayap, pyrethroid dicirikan dengan sifat pengusirnya. Dengan demikian, zat ini tidak membunuh rayap melainkan mengusirnya. 


Harap dicatat, bahwa ini sangat beracun bagi ikan, jadi berhati-hatilah jika Anda menyimpannya. Beberapa obat pengusir rayap merupakan kombinasi dari beberapa komponen pyrethroid, seperti cyfluthrin dan tetramethrin.

Pilih berdasarkan tujuan penggunaannya

Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memilih produk pembasmi rayap secara lebih spesifik, yakni berdasarkan tujuan penggunaannya.

Membasmi rayap, pilih produk yang disukai rayap

Membasmi rayap, pilih produk yang disukai rayap
Untuk membasmi rayap, pilih produk yang tidak bersifat mengusir, memiliki efek bertahap, dan mudah menyebar. Langkah pertama yang dilakukan obat tersebut adalah membuat rayap memakan racunnya, bukan mengusirnya. Jadi, jangan memilih produk yang membuat rayap pergi menghindar.

Setelah itu, sebaiknya jangan memilih produk yang sifatnya membunuh rayap dengan seketika. Rayap hidup dalam sarang dengan koloni berjumlah banyak dan tersebar. Jadi, membunuh beberapa rayap saja akan percuma. Untuk itu, diperlukan produk dengan efek bertahap sehingga rayap yang teracuni dapat kembali ke sarang.


Langkah terakhir adalah menularkan racun dari satu rayap ke rayap lain sehingga tercipta efek kematian domino. Rayap memiliki kebiasaan untuk saling membersihkan dan bersentuhan badan. Dengan begitu, racun akan mudah menyebar dari rayap satu ke rayap lain. Pilihlah produk dengan efek yang mudah menyebar.

Mencegah rayap, gunakan produk dengan kandungan pengusir rayap

Mencegah rayap, gunakan produk dengan kandungan pengusir rayap
Jika Anda ingin mencegah rayap datang, sebaiknya pilih produk dengan kandungan pengusir rayap yang tinggi. Zat pengusir rayap tidak disukai oleh rayap sehingga rayap tidak akan mendekat. Namun, penggunaannya harus secara merata. Jika tidak, rayap tetap dapat menyusup masuk.

Jangan menggunakan obat pengusir rayap pada bagian kayu yang sudah terinfeksi oleh rayap. Hal itu malah akan membuat rayap pindah dan merusak bagian lain. Jadi, untuk bagian yang sudah terinfeksi, terlebih dahulu gunakan obat pembasmi rayap. Baru setelah rayap mati, Anda bisa menggunakan produk pengusir rayap.

10 Rekomendasi produk pembasmi rayap terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan kepada Anda produk pembasmi rayap terbaik yang telah kami seleksi. Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi fungsi, harga, dan mereknya.

10
Kandungan utamaAlphamethrin
Isi100 ml, 400 ml
9
Kandungan utamaKlorpirifos
Isi100 ml, 400 ml, 500 ml
8
Kandungan utamaDeltametrin (pyrethroid)
Isi100 ml, 500 ml, 1.000 ml
7

Remaja Bangun Kencana ChemicalsLatrex 400 EC

Mulai dari Rp 38.000,00

Kandungan utamaKlorpirifos (chlorpyrifos)
Isi100 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml
6
Kandungan utamaBoraks dan ekstrak tanaman pestisida
Isi60 ml, 500 ml, dan 5.000 ml
5
Kandungan utamaFipronil (phenylpyrazole)
Isi100 ml, 500 ml, 1.000 ml
4
Kandungan utamaTidak ada keterangan
Isi200 ml
3
Kandungan utamaKarbabil 85%
Isi100 ml
2
Kandungan utamaChlorfenapyr (phenylpyrrole)
Isi100 ml
1
Kandungan utamaImidakloprid
Isi100 ml, 250 ml

Tabel perbandingan produk pembasmi rayap terbaik

Gambar produk
1
Bayer Environmental Science Premise® 200SL 1

Bayer

2
BASF Stealth® 240 SC 1

BASF

3
TIGA PILAR UTAMA DUST Termite 1

TIGA PILAR UTAMA

4
Hogasan Cairan Anti Serangga 1

Hogasan

5
Buyer Environmental Science Agenda 25 EC 1

Buyer

6
Alam Senang Freemite 200+ 1

Alam Senang

7
Remaja Bangun Kencana Chemicals Latrex 400 EC 1

Remaja Bangun Kencana Chemicals

8
Bayer Environmental Science Cislin® 25 EC 1

Bayer

9
Petrokimia Kayaku Termiban 400 EC 1

Petrokimia Kayaku

10
Petrokimia Kayaku Termikon 15 EC 1

Petrokimia Kayaku

Nama produk

Environmental Science Premise® 200SL

Stealth® 240 SC

DUST Termite

Cairan Anti Serangga

Environmental Science Agenda 25 EC

Freemite 200+

Latrex 400 EC

Environmental Science Cislin® 25 EC

Termiban 400 EC

Termikon 15 EC

Keunggulan

Pilihan para arsitek untuk cegah rayap pada bangunan baru

Antirayap nonrepellent! tidak berbau dan tidak panas di kulit

Penggunaan praktis, tidak perlu air dan pelarut lainnya

Tidak meninggalkan bekas serta aman untuk tanaman dan hewan peliharaan

Lindungi dari serangan tiga jenis rayap sekaligus

Pembasmi rayap dari insektisida alami, tidak mengganggu pernapasan Anda!

Serbaguna! Pembasmi rayap sekaligus pengawet kayu

Efektif membasmi nimfa hingga rayap dewasa

Lindungi aset-aset penting dari rayap hingga enam tahun

Harga terjangkau dan ampuh lindungi rumah Anda

Harga mulai dariRp 253.000,00Rp 150.000,00Rp 75.000,00Rp 70.000,00Rp 60.000,00Rp 49.000,00Rp 38.000,00Rp 45.000,00Rp 22.000,00Rp 16.500,00
Kandungan utamaImidaklopridChlorfenapyr (phenylpyrrole)Karbabil 85%Tidak ada keteranganFipronil (phenylpyrazole)Boraks dan ekstrak tanaman pestisidaKlorpirifos (chlorpyrifos)Deltametrin (pyrethroid)Klorpirifos Alphamethrin
Isi100 ml, 250 ml100 ml100 ml200 ml100 ml, 500 ml, 1.000 ml60 ml, 500 ml, dan 5.000 ml100 ml, 250 ml, 500 ml, 1.000 ml100 ml, 500 ml, 1.000 ml100 ml, 400 ml, 500 ml100 ml, 400 ml
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk pengusir hama dan serangga lainnya di sini

Sama halnya seperti rayap, hama serangga, seperti tikus, kecoa, dan nyamuk sering kali sulit untuk dikendalikan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui cara mengatasinya, silakan baca artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Itu tadi artikel mengenai cara memilih pembasmi rayap yang bisa Anda jadikan acuan. Kami juga telah mengulas rekomendasi produk pembasmi rayap yang bagus untuk Anda. Apakah Anda telah menemukan produk yang sesuai?

Rayap merupakan makhluk yang berkembang biak dengan sangat cepat dan hidup secara berkoloni. Jadi, ada baiknya jika Anda membasmi rayap hingga ke sarangnya. Selain itu, penting juga untuk melakukan perawatan agar rumah Anda terhindar dari serangan rayap.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mencuci baju, Anda membutuhkan deterjen yang bagus untuk membersihkan noda. Deterjen sebaiknya juga lembut di tangan dan aman untuk kulit sensitif. Bahkan, saat ini sudah banyak produsen yang membuat deterjen dengan formula anti bakteri hingga antiseptik, lho! Berbagai keunggulan ini dapat ditemukan pada merk terkenal, seperti Rinso, Attack, So Klin, dan sebagainya.Terkadang, banyaknya produk deterjen yang bagus dapat membuat Anda bingung memilih. Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih deterjen terbaik beserta sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan kami hingga tuntas!
    Peralatan kebersihan
    112.152 Views
  • 10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Menyikat gigi dimulai ketika gigi atas dan bawah anak mulai tumbuh. Berbagai pilihan pasta gigi sudah tersedia, mulai dari pasta gigi anak berfluoride, xylitol, atau bahan lainnya. Merk yang bisa Anda pilih pun sangat beragam, seperti Kodomo, Buds, Darlie, dan Jack n’Jill.  Pemilihan produk yang tepat tentu menunjang kesehatan gigi anak. Karena itu, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang pasta gigi anak sebelum menentukan produk yang tepat. Kabar baiknya, kami sudah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produk pasta gigi yang bagus untuk anak. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    111.539 Views
  • 10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Deterjen Bubuk Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Supaya baju Anda selalu harum, mencuci baju dengan deterjen yang wanginya tahan lama adalah kuncinya. Saat ini, ada banyak jenis deterjen yang dijual di pasaran, salah satunya adalah deterjen bubuk. Selain bisa dipakai untuk mencuci dengan mesin cuci dua tabung, deterjen bubuk juga banyak dipakai untuk mesin cuci otomatis.Pada artikel ini kami akan mengulas beberapa merk deterjen yang bagus, seperti Rinso, Attack, hingga So Klin. Sebelumnya, bacalah dahulu tips memilih deterjen bubuk berikut ini. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan deterjen terbaik yang paling bersih dan paling wangi sesuai kebutuhan.
    Peralatan kebersihan
    29.766 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bakteri, jamur, dan virus memang ada banyak di sekitar Anda. Jika sistem imun sedang tidak baik, Anda akan lebih mudah untuk terkena berbagai macam penyakit. Anda dapat mencegah hal tersebut dengan menggunakan sabun antiseptik sehingga kebersihan dan kesehatan tubuh selalu terjaga.Memilih sabun antiseptik memang terlihat mudah, tetapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Kami akan memberi tips memilih sabun antiseptik agar sesuai dengan kulit Anda. Tak lupa, ada juga rekomendasi produk terbaik. Berbagai merek ternama, seperti Betadine, Lifebuoy, Dettol, dan JF, ada di dalamnya. Disimak terus, ya!
    Peralatan kebersihan
    53.538 Views
  • 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lantai rumah perlu dijaga agar tetap bersih dan tampak kinclong. Untuk mendapatkan lantai yang bersih, Anda harus mengepelnya secara rutin. Sayangnya, mengepel menggunakan air saja tidaklah cukup. Anda perlu memakai cairan pembersih lantai agar lantai menjadi bersih secara menyeluruh.Ada banyak merek pembersih lantai yang bagus di pasaran, seperti Wipol dan Super Pell. Manakah yang cocok untuk lantai rumah Anda? Jika Anda sedang mencari pembersih lantai, bacalah artikel ini hingga tuntas. Kami akan memberikan tips untuk memilih pembersih lantai terbaik sekaligus mengulas beberapa produknya. Simak terus, ya!
    Peralatan kebersihan
    45.225 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Pengusir Kecoa Terbaik yang Ampuh Membasmi Kecoa (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Pengusir Kecoa Terbaik yang Ampuh Membasmi Kecoa (Terbaru Tahun 2021)
    Kecoa sering muncul di segala tempat tanpa mengenal cuaca maupun waktu. Ada berbagai cara dan produk yang dapat digunakan untuk mengusir serangga yang satu ini. Produk yang sering digunakan untuk mengusir kecoa biasanya adalah spray aerosol dan jebakan racun. Selain kedua produk tersebut, sebenarnya masih ada beberapa tipe pengusir kecoa lainnya. Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pengusir kecoa berdasarkan tipenya serta merekomendasikan produk terbaik. Anda akan menemukan produk merek HIT, Bagus, dan Baygon. Pemilihan produk yang tepat mampu memberikan perlindungan maksimal dari serangga ini. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    62.741 Views
  • 10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tisu Basah Terbaik untuk Menghilangkan Bakteri (Terbaru Tahun 2021)
    Tisu basah yang mampu menghilangkan bakteri merupakan item penting, terlebih di saat pandemi. Anda bisa menggunakan tisu basah antibakteri untuk mengelap anggota tubuh atau membersihkan barang. Merek tisu basah antibakteri saat ini pun beragam, seperti Paseo, Dettol, Softies, OneMed, dan Saniter. Jenis dan kemasan tisu basah pun bervariasi. Ada tisu basah beralkohol, tisu basah yang aman bagi bayi, hingga tisu yang dikemas portabel. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih tisu basah yang bagus untuk Anda. Sepuluh rekomendasi tisu basah antibacterial terbaik juga akan kami ulas. Selamat membaca!
    Peralatan kebersihan
    47.959 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori