10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Cleansing cream dinilai mampu membersihkan sisa makeup sembari melembapkan kulit Anda. Ada beragam jenis cleansing cream dengan klaim yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan kulit Anda. Di artikel ini, kami akan membahas cara memilih cleansing cream agar Anda dapat menemukan produk yang tepat.

Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk cleansing cream terbaik untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan. Anda dapat menemukan produk dari Make Over, Etude House, dan Sukin di sana. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu cleansing cream?

Apa itu cleansing cream?

Cleansing cream adalah produk pembersih wajah yang memiliki daya pelembap tinggi. Cleansing oil, cleansing gel, dan cleansing milk juga memiliki fungsi yang serupa dengan cleansing cream. Perbedaannya hanya terletak pada teksturnya saja. Seperti namanya, cleansing cream memiliki tekstur berupa krim.

Cleansing cream dianjurkan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, produk ini juga cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit kering atau jika Anda bermasalah dengan kerutan dan turunnya kekencangan kulit akibat usia. Namun, kemampuannya dalam mengangkat makeup memang tidak sebaik cleansing oil. Cleansing cream nilai lebih cocok untuk Anda yang menyukai makeup natural.

Produk ini paling tepat digunakan pada saat cuaca sedang dingin atau saat kulit terasa lebih sensitif karena ketidakseimbangan hormon.

Cara memilih cleansing cream

Sebelum membeli, Anda perlu tahu cara memilih cleansing cream agar menemukan produk yang sesuai keadaan kulit. Nah, berikut ini kami akan membahasnya untuk Anda.

Pilih cleansing cream berdasarkan cara membersihkannya

Pilih cleansing cream berdasarkan cara membersihkannya

Cleansing cream terbagi dua jenis. Tipe pertama perlu diseka dengan kapas atau tisu, lalu tipe kedua adalah yang dapat langsung dibilas dengan air. Perbedaannya terletak pada kuantitas bahan surfaktan di dalamnya. Cleansing cream yang harus dibersihkan dahulu sebelum dibilas mengandung surfaktan lebih banyak dibandingkan jenis yang tidak perlu dibilas.

Surfaktan termasuk ke dalam jenis bahan kimia, yang apabila tertinggal di kulit, akan menetap dan menyebabkan kulit menjadi kasar. Apabila kulit Anda sensitif dan alergi terhadap bahan kimia, hindarilah menggunakan produk perawatan kulit yang tinggi surfaktan. Jika Anda tetap ingin menggunakan cleansing cream, sebaiknya pilih jenis yang tidak perlu dibilas.

Setelah dioleskan, Anda dapat menggunakan kapas atau tisu untuk membersihkannya, tetapi jangan digosok. Agar tidak membebani kulit Anda, lakukan seolah-olah Anda sedang menyerap minyak di wajah Anda menggunakan tisu.

Anda juga dapat memadukan penggunaan cleansing cream dengan handuk hangat ketika membersihkan sisa makeup agar hasilnya lebih optimal.

Untuk mempersingkat waktu, pilih cleansing cream dengan fungsi ganda sebagai facial wash

Untuk mempersingkat waktu, pilih cleansing cream dengan fungsi ganda sebagai facial wash

Jika sesampainya di rumah setelah pulang bekerja Anda ingin langsung beristirahat, pilih jenis cleansing cream dengan fungsi ganda. Jenis ini dapat Anda gunakan langsung ke wajah seperti cleansing cream pada umumnya. Namun, Anda dapat pula menambahkan sedikit air sehingga produk ini akan menjadi busa putih dan berfungsi layaknya facial wash. Karena itu, produk ini akan mempersingkat waktu Anda karena hanya dibutuhkan satu macam produk pembersih wajah yang berfungsi sebagai cleansing cream dan facial wash.

Bagi Anda pemilik kulit berminyak, produk ini juga pas untuk Anda karena mampu mengontrol produksi sebum. Karena jika Anda menggunakan facial wash setelah membilas cleansing cream, produk tersebut akan menyerap banyak minyak di wajah Anda. Akibatnya, kulit akan memproduksi lebih banyak sebum untuk mencegah kulit kering yang mengakibatkan kulit Anda semakin berminyak.

Jika kulit Anda terasa kaku dan kering setelah mencuci wajah, sebaiknya Anda mengganti produk pembersih wajah tersebut. Apabila tetap dilanjutkan, kulit Anda akan menjadi semakin kering karena lapisan kulit atas meluruh terlalu banyak. Untuk Anda yang berusia di bawah tiga puluh tahun dan memiliki jenis kulit berminyak, gunakan cleansing cream dengan fungsi ganda untuk membersihkan wajah. Kulit Anda akan tetap sehat dan terhindar dari kekeringan.

Bagi pemilik kulit sensitif, hindari produk bertekstur padat

Bagi pemilik kulit sensitif, hindari produk bertekstur padat

Pemilik kulit sensitif harus berhati-hati memilih cleansing cream. Hal utama yang harus diperhatikan adalah kepadatan tekstur cleansing cream. Tekstur yang padat akan bekerja seperti bantalan di antara tangan dan kulit wajah. Kepadatannya mengurangi gesekan antara tangan dan wajah sehingga kulit Anda yang sensitif dapat terlindungi.

Saat membersihkan makeup, usaplah wajah dengan lembut untuk menghindari terkanan pada kulit wajah yang memicu iritasi. Membersihkan wajah terlalu keras dapat menyebabkan kulit kemerahan, kering, dan menimbulkan garis-garis halus.

Untuk memastikan kepadatan tekstur suatu produk, Anda bisa mencoba tester atau sample-nya. Anda juga dapat menjadikan review konsumen di internet sebagai referensi.

Periksa kandungan bahan lain untuk menutrisi kulit

Periksa kandungan bahan lain untuk menutrisi kulit

Manfaat lain cleansing cream selain membersihkan wajah adalah menutrisi kulit dengan kandungan bahan-bahan pelengkap lainnya. Cleansing cream dengan fungsi membersihkan dan melembapkan umumnya mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid, kolagen, jojoba oil, dan shea butter.

Ada pula cleansing cream dengan kandungan mud untuk mengatasi masalah kulit akibat sebum yang menumpuk dan menyumbat pori-pori. Pilihlah cleansing cream yang sesuai dengan masalah kulit Anda agar kesehatan kulit dapat terus terjaga.

10 Rekomendasi cleansing cream terbaik

Berikut ini, kami memberikan rekomendasi produk cleansing cream terbaik. Semoga rekomendasi yang kami berikan dapat membantu Anda memilih cleansing cream yang berkualitas.

10. Vitapharm Viva Cleansing Cream

10. Vitapharm Viva Cleansing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga: Rp 6.200

Harganya tidak bikin kantong kering

Bagi Anda yang baru akan mencoba cleansing cream untuk pertama kali, mungkin produk dari Viva ini dapat menjadi pilihan. Produk ini adalah jenis cleansing cream tanpa bilas. Tidak hanya harganya yang sangat terjangkau, cleansing cream ini juga dapat digunakan untuk membersihkan area kulit lainnya seperti tangan dan kaki.

Cara pembersihan Dibersihkan kapas atau tisu
Pemakaian sabun muka Tidak perlu
Fungsi lain Membersihkan kulit tangan dan kaki
Kandungan utama Mineral oil dan petrolatum
Isi 30 gram

9. Make Over Cleansing Cream

9. Make Over Cleansing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 49.000

Mengangkat seluruh kotoran di wajah Anda secara gentle

Make Over Cleansing Cream direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit normal atau jarang bermasalah. Formulanya ampuh membersihkan wajah dari kotoran, minyak, dan sisa makeup. Selain itu, witch hazel extract membantu mengecilkan pori-pori, sedangkan kandungan pearl extract akan mencerahkan kulit Anda.

Cara pembersihan Dibersihkan kapas atau tisu, atau bisa juga langsung bilas
Pemakaian sabun muka Tidak perlu
Fungsi lain Mengecilkan pori-pori, mencerahkan, dan sebagai antioksidan
Kandungan utama Witch hazel extract, pearl extract, dan grape seed extract
Isi 60 ml

8. Etude House Baking Powder Pore Cleansing Cream

8. Etude House Baking Powder Pore Cleansing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 78.386

Formulanya juga mampu meratakan tekstur kulit agar terasa lebih halus

Kotoran dan makeup yang tersisa di pori-pori akan menyebabkan noda kehitaman. Untuk membersihkannya, produk cleansing cream Etude House ini dapat dijadikan pilihan. Kandungan baking powder di dalamnya efektif mengangkat komedo sehingga tekstur kulit menjadi lebih halus.

Dengan pemakaian teratur, wajah akan terlihat lebih bersih karena produk ini juga membantu pengelupasan sel-sel kulit mati. Untuk Anda yang mencari cleansing cream yang dapat meratakan tekstur kulit tidak merata, produk ini dapat jadi pilihan.

Cara pembersihan Dibersihkan kapas atau tisu, kemudian bilas dengan cleansing foam atau air
Pemakaian sabun muka Perlu
Fungsi lain Mencerahkan, menghaluskan, melembapkan, menghilangkan jerawat, dan mengangkat sel kulit mati
Kandungan utama Cetyl ethylhexanoate, isopropyl palmitate, dan coconut oil
Isi 180 ml

7. Sukin Nourishing Cream Cleanser Rosehip

7. Sukin Nourishing Cream Cleanser Rosehip

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 140.000

Kembalikan kilau alami kulit dengan macam-macam kandungan essential oils

Cleansing cream yang satu ini dibuat dari variasi essential oil dan bahan-bahan alami. Selain ampuh menghapus sisa makeup, produk ini juga akan menutrisi, melembapkan, dan menghindari kulit Anda dari kekeringan. Anda juga dapat memakai produk ini sesuai kebutuhan, apakah itu perlu dibilas, atau cukup di lap saja dengan tisu.

Sukin Nourishing Cream Cleanser mengembalikan kesegaran kulit dan membantu proses regenerasi dengan kandungan shea butter, evening primrose oil, dan camelia oil. Oleh sebab itu, cleansing cream ini pas untuk Anda yang mempunyai banyak aktivitas yang mengakibatkan kulit lelah dan terlihat kusam.

Cara pembersihan Bilas
Pemakaian sabun muka Tidak perlu
Fungsi lain Melembapkan, menyegarkan, dan meregenerasi
Kandungan utama Aloe barbadensis leaf juice, rosehip oil, glycerin, evening primrose oil, camelia oil, dan shea butter
Isi 125 ml

6. The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Cream

6. The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 147.000

Bermasalah dengan kulit kusam? Produk ini akan mengatasinya!

Air beras telah lama digunakan oleh wanita Asia Timur karena dipercaya bermanfaat bagi kecantikan kulit. Nah, manfaat air beras kini bisa Anda dapatkan di dalam cleansing cream ini. Formulanya lembut dan membersihkan makeup secara gentle sehingga tidak memicu iritasi.

Dengan kandungan air beras tersebut, produk ini diklaim dapat mencerahkan kulit Anda. Untuk Anda yang bermasalah dengan kulit kusam dan mengharapkan kulit yang lebih bersinar, cobalah cleansing cream ini!

Cara pembersihan Bilas
Pemakaian sabun muka Tidak perlu
Fungsi lain Mencerahkan
Kandungan utama Rice water
Isi 200 ml

5. Amorepacific Laneige Moist Cream Cleanser

5. Amorepacific Laneige Moist Cream Cleanser

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 187.900

Secara lembut menghapus sisa makeup dan kotoran di wajah!

Laneige Moist Cream Cleanser ideal untuk Anda yang memiliki kulit kering. Diperkaya dengan 14,9% highly moisturizing plant-derived oil, produk ini membuat wajah Anda tetap terasa lembut dan lembap setelah mencuci muka. Tak ada lagi sensasi wajah yang kesat dan tertarik setelah mencuci muka.

Setelah diberi air, teksturnya akan berubah menjadi cloud foam yang akan membersihkan seluruh kotoran di wajah. Namun, teksturnya tetap terasa lembut dan ringan. Wanginya pun lembut dan menenangkan agar mood Anda bisa kembali setelah seharian bekerja.

Cara pembersihan Bilas
Pemakaian sabun muka Tidak perlu
Fungsi lain Melembapkan, memperbaiki tekstur kulit
Kandungan utama Meadowfoam seed oil, sunflower oil, dan glycerin
Isi 150 ml

4. Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Cream Cleanser

4. Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Cream Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 150.000

Cleansing cream yang hanya menggunakan bahan-bahan alami, cocok untuk jenis kulit sensitif

Anda memiliki kulit sensitif dan sulit menemukan produk perawatan kulit yang cocok? Jika iya, mungkin tidak dengan cleansing cream ini! Produk ini memiliki formula yang dikhususkan untuk pemilik kulit sensitif karena bebas paraben, phthalate, sulfat, silikon, dan pewangi.

Bahan-bahan yang digunakan semuanya bersifat alami dan hanya menggunakan tumbuhan. Selain shea butter, cleansing cream ini juga melengkapi kandungan pelembapnya dengan glycerin sehingga kulit sensitif Anda tetap terjaga kelembapannya. Jadi, gejala iritasi yang biasa Anda alami tidak muncul lagi.

Cara pembersihan Bilas
Pemakaian sabun muka Tidak perlu
Fungsi lain Melembapkan, menghaluskan, dan sebagai antioksidan
Kandungan utama Shea butter, vitamin C, glycerin, dan jojoba oil
Isi 100 ml

3. Nature Republic Jeju Sparkling Mud Cleansing Cream

3. Nature Republic Jeju Sparkling Mud Cleansing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 215.000

Dengan kandungan mud, semua kotoran terangkat tanpa sisa!

Dengan fungsi ganda, produk cleansing cream dari Nature Republic ini diperkaya kandungan french mud yang berfungsi membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Di samping itu, kandungan Jeju sparkling water-nya akan membersihkan seluruh area wajah sekaligus menghidrasinya.

Jika Anda memiliki jenis kulit berminyak, cleansing cream ini cocok untuk Anda. Setelah menggunakan produk ini, kulit Anda akan terasa lebih lembut dan lembap tanpa rasa kaku atau tertarik.

Cara pembersihan Bilas
Pemakaian sabun muka Tidak perlu
Fungsi lain Melembapkan, menghidrasi, menghaluskan, dan mengencangkan
Kandungan utama French mud dan Jeju sparkling water
Isi 215 ml

2. Skinfood Black Sugar Perfect Cleansing Cream

2. Skinfood Black Sugar Perfect Cleansing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 210.000

Ingin memiliki kulit glowy alami layaknya artis Korea? Produk ini pas untuk Anda!

Skinfood Black Sugar Perfect Cleansing Cream menawarkan berbagai fungsi, seperti deep cleansing, exfoliating, dan moisturizing. Black sugar di dalam komposisinya berperan sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati dan meratakan tekstur kulit. Namun, jika takut tidak cocok, Anda dapat membeli kemasan tester terlebih dahulu.

Berjenis oil deep cleansing cream, produk ini memberi tekstur yang ringan dan cream-nya seakan meleleh saat digosokkan ke kulit wajah menjadi minyak. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mengidam-idamkan kulit yang terlihat glowy dan fresh tanpa menggunakan makeup.

Cara pembersihan Dibersihkan kapas atau tisu, kemudian bilas dengan cleansing foam atau air
Pemakaian sabun muka Perlu
Fungsi lain Meregenerasi, menghaluskan, dan melembapkan
Kandungan utama Black sugar, rice wine, dan botanicals oil
Isi 230 ml

1. P&G SK-II Facial Treatment Gentle Cleansing Cream

1. P&G SK-II Facial Treatment Gentle Cleansing Cream

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 904.000

Dapatkan kembali elastisitas kulit Anda!

Untuk kulit dewasa, kering, dan mulai bermasalah dengan tanda-tanda penuaan, mungkin Anda dapat mencoba produk berikut ini. SK-II Facial Treatment Gentle Cleansing Cream diklaim dapat mengembalikan elastisitas kulit dan menjaga kelembapannya.

Dengan kandungan ekstrak white willow, cleansing cream ini akan mengangkat kotoran secara ringan tanpa membebani kulit. Walau ringan, tetapi cream produk ini sedikit bertekstur. Hal tersebut bertujuan untuk membantu proses regenerasi kulit.

Cara pembersihan Dibersihkan kapas/tisu atau dengan air hangat, kemudian bilas dengan cleansing foam
Pemakaian sabun muka Perlu
Fungsi lain Melembapkan, mengembalikan elastisitas, dan menyegarkan
Kandungan utama Pitera dan ekstrak white willow 
Isi 80 gram dan 100 gram

Baca juga rekomendasi produk pembersih wajah lainnya di sini!

Selain cleansing cream, ada juga produk lain yang bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Oleh sebab itu, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel lain yang membahas produk terkait. Cek link di bawah ini!

Kesimpulan

Demikian tips cara memilih cleansing cream dan sepuluh produk cleansing cream terbaik rekomendasi kami. Apakah Anda sudah menemukan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda? Perhatikan kondisi kulit sebelum membeli cleansing cream agar Anda dapat menemukan produk yang cocok.

Namun, jika terjadi iritasi dan kulit menjadi gatal pada pemakaian awal, kami sarankan Anda menghentikan pemakaian sehingga tidak memicu iritasi yang semakin parah.