1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Pembersih makeup
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Cleansing Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Cleansing cream atau cream cleanser mampu membersihkan sisa makeup sembari melembapkan kulit. Ada beragam krim pembersih wajah yang bagus dengan klaim berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan kulit Anda. Dalam penggunaannya, beberapa cleanser cream perlu dibilas, ada juga yang tidak perlu dibilas.

Di artikel ini kami akan membahas cara memilih cleansing cream agar Anda dapat menemukan produk yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh merek cleansing cream terbaik untuk memudahkan Anda dalam menentukan pilihan. Ada merek Cetaphil, The Body ShopSafi, dan lain-lain Selamat membaca!

Diperbaharui 12-20-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Maria Kartika Cahyaningtyas

Maria Kartika Cahyaningtyas, atau akrab dipanggil Maria, merupakan wanita yang sering menulis tentang produk kecantikan. Ia sendiri mencoba banyak beauty products untuk mendapatkan produk yang pas di kulit dan rambut. Ia sangat mengikuti perkembangan produk lipstick, serum, dan sampo. Tidak hanya itu, Maria kadang menulis seputar interior dan furnitur. Ia sering melakukan eksperimen mix-and-match untuk mendekorasi ruangannya. Maria sendiri merupakan lulusan Hubungan Internasional dari Universitas Brawijaya. Ia pernah menjadi content writer di sebuah media komunitas filsafat.

Profil Maria Kartika Cahyaningtyas
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu cleansing cream?

Apa itu cleansing cream?
Cleansing cream adalah pembersih wajah dengan daya pelembap tinggi. Cleansing oil, cleansing gel, dan cleansing milk juga memiliki fungsi yang sama dengan cleansing cream. Perbedaannya terletak pada tekstur masing-masing. Sesuai namanya, cleansing cream memiliki tekstur berupa krim. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan cleansing cream.

Kelebihan cleansing cream:
  • Aman digunakan oleh kulit sensitif dan kering. Cleansing cream memiliki formula lebih lembut dibandingkan sabun pembersih wajah. Karena itu, pembersih ini dapat meminimalkan efek kulit wajah yang terasa kering, kaku, dan tertarik.
  • Dapat memperbaiki kulit yang kendur. Cleansing cream melembapkan wajah dengan baik sehingga membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Kekurangan cleansing cream:

  • Kurang cocok untuk kulit berminyak dan acne-prone skin. Hal ini karena cleansing cream memiliki tekstur dan bahan yang terlalu berat untuk kedua jenis kulit tersebut.
  • Kemampuannya dalam membersihkan makeup tidak sebaik cleansing oil. Cleansing cream dinilai lebih cocok untuk Anda yang sering memakai makeup natural.

Cara menggunakan cleansing cream cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskannya secara merata pada wajah. Pijat lembut dengan gerakan memutar, lalu bersihkan dengan kapas atau waslap. Sebagai catatan, beberapa produk mungkin perlu dibilas dengan air untuk membersihkannya.

Cara memilih cleansing cream

Sebelum membeli, Anda perlu tahu cara memilih cleansing cream agar menemukan produk yang sesuai keadaan kulit. Nah, berikut ini kami akan membahasnya untuk Anda.

① Pilih berdasarkan cara membersihkannya

Terdapat dua cara untuk membersihkan cleansing cream, yaitu dibilas dan tanpa bilas. Untuk mengetahui perbedaannya lebih lanjut, mari simak penjelasan di bawah ini.

Dibilas dengan air, untuk Anda yang tidak suka kulit terasa berminyak

Dibilas dengan air, untuk Anda yang tidak suka kulit terasa berminyak

Jika Anda kurang menyukai kulit yang terasa berminyak setelah membersihkan wajah, gunakan cleansing cream yang dapat dibilas. Dengan cleansing cream ini, minyak dari produk yang tertinggal di wajah lebih sedikit. Namun, cleansing cream yang bisa dibilas kurang cocok bagi Anda yang ingin membersihkan makeup dengan cepat.


Selain itu, cleansing cream ini memiliki kadar surfaktan yang cukup banyak sehingga membutuhkan air untuk membersihkannya. Jadi, bila kulit Anda sensitif terhadap bahan kimia, Anda disarankan menggunakan cleansing cream tanpa bilas.

Tanpa bilas, meninggalkan kelembapan lebih pada wajah

Tanpa bilas, meninggalkan kelembapan lebih pada wajah

Apabila Anda ingin merasakan kelembapan yang tertinggal dari cleansing cream, kami sarankan untuk menggunakan produk yang tidak perlu dibilas. Anda dapat membersihkannya hanya dengan menyekanya menggunakan kapas, tisu, atau waslap basah.


Namun, cleansing cream tanpa bilas terasa lebih lengket di wajah daripada cleansing cream yang dibilas. Selain itu, cleansing cream ini cukup membebani kulit karena terdapat gesekan antara kapas dengan kulit.


Jika Anda khawatir kulit akan teriritasi karena terlalu sering diseka, pilihlah produk yang tidak memerlukan double cleansing. Anda juga bisa memadukan penggunaan cleansing cream tanpa bilas dengan handuk hangat ketika membersihkan sisa makeup. Hal ini dilakukan agar hasilnya lebih optimal.

② Pertimbangkan produk yang tidak memerlukan double cleansing

Pertimbangkan produk yang tidak memerlukan double cleansing

Cleansing cream direkomendasikan sebagai first cleanser karena dapat membersihkan makeup dan mengangkat kotoran pada wajah. Selain itu, cleansing cream memiliki tekstur yang lebih pekat daripada facial wash


Jadi, apabila Anda kurang menyukai kesan licin setelah menggunakan cleansing cream, lakukan double cleansing untuk mengangkat sisa produk. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan double cleansing, pilihlah cleansing cream dengan fungsi ganda.


Selain sebagai cleansing cream, produk yang berfungsi ganda juga dapat dipakai sebagai facial wash. Cara penggunaannya adalah basahi wajah dan tangan Anda terlebih dahulu, lalu gunakan cleansing cream seperti facial wash biasa. Waktu untuk membersihkan wajah pun menjadi lebih cepat.

③ Periksa kandungan bahan lainnya

Periksa kandungan bahan lainnya

Selain untuk membersihkan wajah, cleansing cream juga memiliki beragam manfaat untuk wajah Anda. Beberapa manfaatnya adalah menutrisi dan melembapkan wajah. Anda juga bisa menemukan cleansing cream yang menyegarkan wajah serta melawan tanda-tanda penuaan.


Meski cleansing cream bermanfaat untuk wajah Anda, terdapat beberapa bahan yang sebaiknya perlu diperhatikan. Berikut bahan-bahan yang patut Anda cermati saat memilih cleansing cream:


  • Mineral oil
Bahan turunan minyak bumi ini dapat meninggalkan lapisan pada kulit dan menjadi penghalang penyerapan.

  • Silikon
Silikon dapat meninggalkan lapisan tipis pada permukaan kulit. Jadi, kotoran dan debu dapat terjebak pada lapisan tersebut dan berpotensi menyumbat pori-pori.

  • Sulfat
Sulfat merupakan detergen keras yang bisa mengiritasi kulit. Pilihlah bahan surfaktan yang lembut, seperti cocamidopropyl betaine atau sodium cocoyl isethionate. Namun, akan lebih baik lagi jika memilih produk tanpa surfaktan.

  • Fragrance
Wewangian pada cleanser diklaim aman digunakan dan tidak mengiritasi kulit. Akan tetapi, lebih baik pilihlah cleanser yang paling sedikit kandungan wewangiannya.

  • PUFA
Polyunsaturated fatty acids (PUFA) merupakan asam lemak tak jenuh yang terdapat pada minyak. Minyak dengan PUFA yang tinggi lebih cepat menguap dan teroksidasi sehingga dapat mengeluarkan bau tengik. Contoh minyak rendah PUFA adalah coconut oil, cocoa oil, shea butter, jojoba oil, dan squalane.

  • Agen pelembap
Alih-alih menggunakan mineral oil dan silikon, carilah emolien dan humektan yang ramah kulit. Contoh-contoh bahan yang termasuk agen pelembap adalah squalane, glycerin, shea butter, coconut oil, fatty alcohols, dan lainnya.

10 Rekomendasi cleansing cream terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cleansing cream terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Safi

Age Defy Cream Cleanser Deep Moisturizer

Safi Age Defy Cream Cleanser Deep Moisturizer 1枚目

Dapatkan kulit yang lembut dan sehalus sutra!

2

Procter & Gamble

Olay Regenerist Revitalising Cream Cleanser

Procter & Gamble Olay Regenerist Revitalising Cream Cleanser 1枚目

Atasi masalah kulit kusam sekaligus kering

3

Cetaphil

Bright Healthy Radiance Brightness Reveal Creamy Cleanser

Cetaphil Bright Healthy Radiance Brightness Reveal Creamy Cleanser 1枚目

Atasi kulit sensitif dengan formula Gentle Bright Technology-nya

4

Vitapharm

Viva Cosmetics Cleansing Cream

Vitapharm Viva Cosmetics Cleansing Cream 1枚目

Harganya irit! Tidak bikin kantong kering

5

The Body Shop

Vitamin E Cream Cleanser

The Body Shop Vitamin E Cream Cleanser 1枚目

Kulit lebih terlindungi berkat kandungan vitamin E

6

Amorepacific

Laneige Moist Cream Cleanser

Amorepacific Laneige Moist Cream Cleanser  1枚目

Melembapkan kulit hingga berjam-jam setelah mencuci wajah

7

The Face Shop

Rice Water Bright Cleansing Cream

The Face Shop Rice Water Bright Cleansing Cream  1枚目

Teksturnya lembut, aromanya pun menenangkan

8

Unilever

Pond's Cold Cream Cleanser

Unilever Pond's Cold Cream Cleanser 1枚目

Bisa dipakai untuk semua usia

9

Sensatia Botanicals

Unscented Sensitive Cream Cleanser

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Cream Cleanser 1枚目

Diformulasikan khusus untuk kulit sensitif serta aman untuk ibu hamil dan menyusui

10

Oriflame

Love Nature Refreshing Cleansing Cream with Organic Aloe Vera & Coconut Water

Oriflame Love Nature Refreshing Cleansing Cream with Organic Aloe Vera & Coconut Water 1枚目

Refresh harimu dengan cleansing cream yang menyegarkan

Perincian produk
Close
No.1

SafiAge Defy Cream Cleanser Deep Moisturizer

Mulai dari Rp69.900,00

Dapatkan kulit yang lembut dan sehalus sutra!

Kelebihan:

  • Teksturnya lembut dan memberikan efek menenangkan
  • Diklaim dapat membantu mencerahkan wajah

Kekurangan:

  • Kemasannya berbentuk pump sehingga terasa kurang praktis untuk dibawa bepergian

Safi Age Defy Cream Cleanser Deep Moisturizer mengandung ekstrak emas untuk memelihara kecantikan serta keremajaan kulit. Pada zaman dahulu, ekstrak emas digunakan oleh para bangsawan untuk merawat kulit mereka.


Selain aroma yang lembut dan tidak menyengat, produk ini memiliki tekstur yang sedikit lebih cair daripada cleansing cream lainnya. Meskipun demikian, cream cleanser for dry skin ini dapat melembapkan kulit yang kering secara efektif berkat kandungan protein sutra. Ingin memiliki kulit yang lembut dan sehalus sutra? Produk ini jawabannya!

No.2

Procter & GambleOlay Regenerist Revitalising Cream Cleanser

Mulai dari Rp54.000,00

Atasi masalah kulit kusam sekaligus kering

Kelebihan:

  • Mengandung scrub yang berfungsi sebagai exfoliator

Kekurangan:

  • Beberapa review memberi testimoni bahwa butiran scrub terasa agak kasar di kulit

Untuk Anda yang mengalami masalah kulit kusam, cobalah cream cleanser ini. Olay Regenerist Revitalising Cream Cleanser mampu meregenerasi kulit Anda dengan mengangkat sel kulit mati dan menghidrasinya. Jadi, selain membuat wajah terasa bersih, cleansing cream for dry skin ini mampu mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit Anda.

No.3

CetaphilBright Healthy Radiance Brightness Reveal Creamy Cleanser

Mulai dari Rp229.500,00

Atasi kulit sensitif dengan formula Gentle Bright Technology-nya

Kelebihan:

  • Diklaim dapat membantu mencerahkan kulit wajah

Kekurangan:

  • Terasa kurang praktis karena penggunaannya masih perlu dibilas

Kulit kasar, kering, gatal, dan kemerahan bisa menjadi indikator bahwa kulit Anda merupakan kulit sensitif. Untuk mengatasinya, gunakan cleanser cream dari Cetaphil ini. Produk ini dirancang dengan formula Gentle Bright Technology yang membantu mengatasi tanda-tanda kulit sensitif. Cara penggunaannya cukup mudah, cukup tuang cleanser ini pada telapak tangan kemudian gunakan air untuk membilasnya.

No.4

VitapharmViva Cosmetics Cleansing Cream

Mulai dari Rp6.200,00

Harganya irit! Tidak bikin kantong kering

Kelebihan:
  • Harganya terbilang affordable jika dibandingkan produk lain
  • Tersedia dalam tiga pilihan ukuran, mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Kekurangan:

  • Kemasannya berbentuk jar, kurang praktis dibawa bepergian

Bagi Anda yang baru akan mencoba cleansing cream untuk pertama kali, mungkin produk ini dapat menjadi pilihan. Produk ini memiliki harga yang terjangkau dan multifungsi. Cleansing cream Viva ini tidak hanya dapat digunakan untuk wajah, tetapi juga area kulit lainnya, seperti tangan dan kaki. Kemampuannya mengangkat sisa makeup di wajah juga cukup baik.

No.5

The Body ShopVitamin E Cream Cleanser

Mulai dari Rp239.000,00

Kulit lebih terlindungi berkat kandungan vitamin E

Kelebihan:

  • Soap free sehingga aman digunakan oleh pemilik kulit kering
  • Kandungan vitamin E-nya membantu meningkatkan elastisitas kulit

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan bahwa produk too watery, kurang efektif membersihkan makeup berat 

Apakah Anda memiliki keluhan kulit kering? Bila iya, jangan sembarangan menggunakan cleanser, ya. Sebaiknya Anda menggunakan cleanser cream yang memiliki pelembap. Kami rasa produk ini adalah item yang tepat untuk jenis kulit ini. Cleanser ini diperkaya dengan kandungan vitamin E yang berperan melembapkan dan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan.


Bukan hanya itu, cleansing cream for face ini memiliki kandungan wheatgerm yang dapat menutrisi kulit. Cleanser ini juga bebas dari kandungan sabun yang akan membuat kulit makin kering. Ketika diaplikasikan pada wajah, Anda akan merasakan teksturnya yang lembut dan menenangkan.

No.6

AmorepacificLaneige Moist Cream Cleanser

Mulai dari Rp325.000,00

Melembapkan kulit hingga berjam-jam setelah mencuci wajah

Kelebihan:

  • Aromanya lembut dan relaxing
  • Membersihkan tanpa membuat wajah kering

Kekurangan:

  • Untuk ukuran 150 ml, harga cenderung pricey

Laneige Moist Cream Cleanser memiliki tekstur yang sangat unik. Sebelum diberi air, teksturnya mirip dengan keju mozzarella. Namun, setelah diberi air, teksturnya berubah menjadi cloud foam yang dapat mengangkat kotoran di wajah.


Anda bisa menjadikan produk ini sebagai second cleanser karena kemampuannya dalam menjaga kelembapan wajah selama berjam-jam setelah dicuci. Produk skincare yang digunakan selanjutnya pun bisa terserap lebih optimal. Jika Anda membutuhkan second cleanser yang dapat diandalkan, cobalah produk ini.

No.7

The Face ShopRice Water Bright Cleansing Cream

Mulai dari Rp199.000,00

Teksturnya lembut, aromanya pun menenangkan

Kelebihan:

  • Membersihkan sekaligus mencerahkan wajah
  • Aromanya relaxing, bantu berikan ketenangan

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan bahwa cleanser ini cukup perih jika terkena mata

Membersihkan riasan pada wajah tentunya harus sampai  tuntas. Jangan sampai ada residu yang tertinggal sehingga muncul masalah kulit seperti jerawat atau beruntusan. Namun, memang harus diakui bahwa proses membersihkannya sedikit membutuhkan waktu.


Namun, cleansing cream ini berbeda, Anda akan merasakan teksturnya yang melted dan lembut ketika digunakan pada wajah. Cleanser ini juga membantu membersihkan, mencerahkan, sekaligus melembapkan wajah Anda. Sepertinya Anda akan jatuh cinta dengan produk yang fungsional ini.

No.8

UnileverPond's Cold Cream Cleanser

Mulai dari Rp179.000,00

Bisa dipakai untuk semua usia

Kelebihan:

  • Aman untuk kulit sensitif karena kandungannya sudah hypoallergenic


Kekurangannya: 

  • Kemasannya yang berbentuk bulky terkesan kurang ringkas untuk dibawa

Bagi Anda yang mencari pembersih wajah yang cocok untuk segala usia, kami merekomendasikan produk ini. Pond's Cold Cream Cleanser terdiri dari 50% moisturizer sehingga dapat menghapus makeup sekaligus melembapkan semua jenis kulit.


Namun, Anda perlu memperhatikan cara membersihkannya demi mendapatkan hasil optimal. Untuk kulit berminyak, gunakan waslap hangat untuk membersihkannya, sedangkan kulit kering sebaiknya memakai kapas. Lalu, untuk kulit sensitif, pakailah kain mikrofiber yang lembap untuk mengangkat sisa-sisa produk.

No.9

Sensatia BotanicalsUnscented Sensitive Cream Cleanser

Mulai dari Rp150.000,00

Diformulasikan khusus untuk kulit sensitif serta aman untuk ibu hamil dan menyusui

Kelebihan:
  • Melembapkan tanpa menimbulkan efek greasy pada wajah
  • Tidak menghasilkan busa, aman untuk kulit kering dan sensitif

Kekurangan:

  • Aroma bahan alaminya terasa sedikit mengganggu bagi sebagian pengguna

Sensatia Botanicals menawarkan cleansing cream bebas pewangi buatan untuk kulit sensitif. Semua bahan yang digunakan dalam produk ini bersifat alami dan diambil dari tumbuh-tumbuhan. Saking amannya, produk ini bahkan bisa digunakan oleh wanita hamil dan menyusui! Ditambah lagi, kandungan kakadu plum extract-nya mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk melawan tanda-tanda penuaan.

No.10

OriflameLove Nature Refreshing Cleansing Cream with Organic Aloe Vera & Coconut Water

Mulai dari Rp79.900,00

Refresh harimu dengan cleansing cream yang menyegarkan

Kelebihan:

  • Membersihkan wajah dari debu dan sisa makeup dengan mudah
  • Kemasannya tube sehingga mudah untuk dibawa


Kekurangan:

  • Kurang maksimal untuk membersihkan makeup waterproof

Cleansing cream ini menggunakan lidah buaya dan air kelapa sebagai bahannya. Bayangkan saja aromanya, dijamin menyegarkan! Anda yang ingin menyegarkan kulit setelah suntuk beraktivitas seharian di luar pasti akan menyukainya. Kulit wajah serasa di-refresh dan jadi bersemangat kembali! Selain itu, cleansing cream ini menggunakan formula biodegradable dan tanpa bahan silikon sehingga ramah lingkungan.

Baca juga rekomendasi pembersih wajah lainnya di sini

Selain cleansing cream, masih ada produk lain yang bisa digunakan sebagai pembersih wajah. Karena itu, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel lain yang membahas cleansing gel, cleansing water, dan cleansing oil. Cek link di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Demikian tips memilih cleansing cream dan sepuluh produk terbaiknya. Apakah Anda sudah menemukan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda? Perhatikan kondisi kulit sebelum membeli cleansing cream agar Anda dapat menemukan produk yang cocok.

Namun, jika terjadi iritasi dan kulit menjadi gatal pada pemakaian awal, kami sarankan Anda menghentikan pemakaian. Hal ini dilakukan agar produk tidak memicu iritasi yang lebih parah. Sekian artikel dari kami, semoga membantu!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer