• 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Merek ternama, seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.


Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera yang bagus beserta cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula dan juga profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ardian Kusuma
Hannif Andy
Zizy Damanik
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih tas kamera

Tak hanya berfungsi untuk membawa kamera, tas kamera juga berperan penting dalam penataan dan perlindungan terhadap kamera dan lensa. Mari cek poin-poin berikut ini dan temukan tas kamera yang sesuai dengan selera Anda!

Pilih tipe yang sesuai dengan gaya memotret Anda

Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa tipe tas kamera yang umum digunakan beserta karakteristiknya. Ada tipe tas bahu, backpack, tas selempang, dan juga carry-on. Pilihlah tipe yang sesuai dengan gaya memotret Anda.

Tas bahu: Selain populer juga memudahkan saat mengganti lensa

Tas kamera ini merupakan tipe yang paling digemari. Desain dan ukurannya terbilang beragam. Dengan demikian, Anda pun akan mudah mendapatkan produk yang sesuai dengan gaya Anda.


Keunggulan tipe ini ialah memberikan kemudahan saat menaruh dan mengeluarkan peralatan memotret. Jadi, Anda tidak akan kesulitan ketika akan melakukan penggantian lensa. Jika Anda tidak ingin ketinggalan momen memotret yang berharga, tas bahu merupakan pilihan yang tepat. 


Namun, tas kamera ini tidak cocok untuk Anda yang memiliki keluhan di bahu dan pinggang. Alasannya karena ia memberikan tekanan di bahu. Tas kamera yang berukuran besar bahkan lebih berat lagi. Untuk itu, tas bahu direkomendasikan bagi Anda yang membawa perlengkapan memotret dalam jumlah sedikit.

Tas backpack: Berkapasitas besar, bisa untuk membawa barang-barang selain kamera

Meskipun terlihat seperti tas backpack biasa, tipe ini dikhususkan untuk melindungi kamera yang Anda bawa. Tas kamera ini tersedia dalam berbagai macam ukuran. Kami rekomendasikan tas backpack untuk Anda yang memiliki banyak perlengkapan memotret, tetapi tidak memiliki penyimpanan yang mencukupi


Tas backpack terbagi menjadi dua tipe, yaitu tas dengan satu kompartemen dan tas dengan dua kompartemen atas bawah. Anda dapat menaruh kamera dan perlengkapannya, serta barang bawaan lain, seperti dompet dan smartphone dalam tempat terpisah. 


Tas tipe backpack juga tidak memberikan tekanan terlalu besar pada badan Anda sehingga nyaman dibawa bepergian jauh. Namun, Anda tidak bisa mengeluarkan kamera tanpa menurunkan tas. Jadi, sebaiknya tipe ini digunakan oleh Anda yang jarang mengeluarkan kamera dari dalam tas.

Tas selempang: Ideal untuk Anda yang berkendara dengan sepeda ataupun motor

Tas kamera ini merupakan tipe yang pas di tubuh dan digunakan dengan cara diselempangkan. Sekilas, tas ini terlihat seperti backpack, tetapi Anda dapat memakainya di depan dada saat dibutuhkan. Dapat dikatakan, tipe ini merupakan gabungan antara tas bahu dan backpack


Karena dapat dikenakan dengan pas di tubuh, tas selempang cocok untuk dibawa bepergian. Anda dapat menggunakannya saat berkendara dengan sepeda ataupun motor. Tas kamera ini juga nyaman dipakai untuk berjalan berkeliling kota.


Sayangnya, tipe ini hanya tersedia dalam ukuran kecil dan medium sehingga tidak dapat memuat lensa berukuran besar, seperti lensa telephoto. Namun, jika Anda menginginkan tas kamera yang mudah dibawa-bawa, tas selempanglah jawabannya. Tipe ini juga bisa dipilih oleh Anda yang biasa membawa kamera dengan 2–3 lensa saja.

Tas pinggang: Nyaman untuk membawa kamera kecil dan sedikit barang

Tipe ini digunakan dengan cara dipasang di pinggang. Karena bisa diputar ke arah belakang, tipe ini terkadang disebut juga sebagai hip bag. Beberapa orang bahkan menggunakannya secara diagonal seperti tas selempang.


Tas pinggang sangat nyaman digunakan karena kedua tangan Anda bebas bergerak sehingga dapat mengeluarkan kamera dengan cepat. Karena kapasitasnya kecil, Anda hanya dapat membawa bodi kamera dengan satu lensa lepas saja


Tas pinggang juga sulit disesuaikan dengan beberapa style pakaian. Namun, berkat ukurannya yang kecil, Anda bisa membawa kamera saat kegiatan outdoor. Misalnya saja, saat mendaki gunung, berjalan keliling kota, bersepeda, dan touring.

Tas carry-on: Didesain khusus untuk melindungi kamera

Tas ini direkomendasikan untuk fotografer profesional dan pemula dengan bawaan kamera dan lensa yang banyak. Anda dapat memindahkannya dengan mudah karena tipe ini dilengkapi roda. Tas ini juga tahan banting sehingga cocok untuk dibawa bepergian jauh dengan pesawat atau kereta. Jika Anda ingin memberikan perlindungan ekstra pada kamera, tas carry-on kami rekomendasikan.


Meskipun berguna untuk pemotretan skala besar dan perjalanan luar negeri, tipe ini tidak dapat digunakan pada banyak kondisi. Sebab, harga tas ini sangat mahal dan cukup sulit untuk memasukkan dan mengeluarkan kamera.

Sesuaikan dengan ukuran kameranya

Memilih tas kamera tentu tidak sama dengan memilih tas biasa. Anda perlu memastikan ukuran tas yang sesuai dengan ukuran kamera yang Anda miliki.


  • Untuk kamera mirrorless atau DSLR dengan satu lensa, Anda bisa memilih ukuran tas dengan panjang minimal 21 cm. Sementara itu, lebar minimalnya 18 cm dan tinggi minimalnya adalah 15 cm.

  • Untuk kamera drone atau kamera video, sebaiknya Anda memilih tas dengan panjang minimal 34 cm. Agar peralatan pendukung lainnya juga dapat masuk, pastikan minimal lebarnya adalah 27 cm dan tingginya minimal 53 cm.

Apabila Anda memiliki rencana untuk menambah perlengkapan memotret, memilih tas yang lebih besar tentu perlu dilakukan. Namun, jika tidak ada rencana tersebut, pilihlah ukuran yang sesuai dengan jumlah kamera dan perlengkapan yang Anda miliki sekarang.

Agar mudah dimasukkan dan dikeluarkan, pastikan bukaan tasnya lebar

Apabila perlengkapan kamera yang dibawa mudah dimasukkan dan dikeluarkan, Anda dapat mengganti lensa dengan cepat, bukan? Oleh karena itu, poin ini tidak boleh Anda lewatkan. Anda perlu memeriksa apakah tas kamera pilihan memiliki bukaan yang lebar atau tidak. Jika bukannya terbilang lebar, tentu Anda pun jadi lebih mudah memasukkan dan mengeluarkan perlengkapan kamera yang dibawa.

Utamakan desain tas yang ergonomis

Supaya kamera dapat terlindungi dengan maksimal, Anda bisa memilih desain yang ergonomis. Misalnya saja, tas kamera dengan bahan yang antiair, memiliki bukaan atas, atau juga terdapat tambahan pocket dan rain cover.

Antiair, tak perlu khawatir jika tiba-tiba hujan turun

Jika memilih produk yang antiair, kamera Anda akan tetap aman meskipun dibawa ketika musim hujan. Rata-rata, tas kamera yang dibuat dari bahan poliester dan nilon mempunyai karakteristik yang water-resistant. Dengan demikian, kamera Anda pun mampu terlindungi dari hujan berintensitas ringan.

Rain cover, dapat melindungi dari cipratan air

Sementara itu, ada juga produk yang dilengkapi dengan rain cover. Untuk perlindungan maksimal dari hujan yang deras, Anda bisa memilih tas kamera antiair yang memiliki tambahan rain cover. Jadi, ketika melakukan kegiatan outdoor, seperti hiking atau camping, Anda tak perlu khawatir air hujan akan merembes mengenai kamera.

Bukaan atas, berikan akses yang cepat untuk mengambil kamera

Tas dengan bukaan atas dapat memuat kamera yang lensanya telah terpasang. Anda bisa meletakkan kamera yang tidak memerlukan penggantian lensa ke dalam tas ini. Selain itu, karena lebih mudah dibuka, mengambil kamera pun lebih praktis. Tas kamera dengan bukaan atas memiliki berbagai macam model, seperti tas bahu dan tas pinggang.

Pocket atau kompartemen, buat perlengkapan lebih tertata rapi

Dengan adanya pocket tambahan, pastinya perlengkapan kamera atau barang-barang pribadi lainnya dapat tertata lebih rapi. Anda bisa menemui tas kamera dengan kompartemen khusus tablet atau laptop. 


Kemudian, beberapa produk juga ada yang menyediakan tempat untuk meletakkan memory card dan charger kamera, lho. Bahkan, tak sedikit produk yang juga dilengkapi dengan adjustable strap untuk meletakkan tripod.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Kalibre Tas Selempang Kamera Metroshoot 07

920681 443

Mulai dari Rp 375.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

National Geographic Rainforest Backpack

Mulai dari Rp 2.150.000,00

10 Rekomendasi tas kamera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas kamera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Moral SupplyPixel Multifunctional Bag

Mulai dari Rp 224.000,00

Tipe Multifungsi (tas pinggang dan tas selempang)
Ukuran29 cm x 16 cm x 12 cm
BeratTidak ada keterangan
Jenis kamera yang suitableTidak ada keterangan
Fungsi tambahanExterior organizer straps, 1 pocket untuk tablet ukuran 8", 1 pocket depan beritsleting, 1 pocket belakang beritsleting, 2 pocket sisi kanan dan kiri
9

ManfrottoHolster Plus 40 Professional Bag

MB MP-H-40BB

Mulai dari Rp 1.726.000,00

Tipe Tas selempang
Ukuran23 cm x 17 cm x 34 cm
Berat0,94 kg
Jenis kamera yang suitableDSLR
Fungsi tambahanRain cover, antiair, bukaan atas
8

VanguardAlta Fly 58T Rolling Camera Bag

Mulai dari Rp 4.500.000,00

Tipe Tas carry-on, backpack
Ukuran34,6 cm x 27,9 cm x 59 cm
Berat4,7 kg
Jenis kamera yang suitableDSLR
Fungsi tambahanRain cover, 1 pocket untuk laptop dan tablet ukuran 14", 1 pocket untuk tripod, antiair, antigores
7

EIGERWandershoot 25L-X Backpack

910004880

Mulai dari Rp 799.000,00

Tipe Tas backpack
Ukuran30 cm x 15 cm x 47 cm
Berat0,8 kg
Jenis kamera yang suitableTidak ada keterangan
Fungsi tambahanRain cover, 1 pocket untuk laptop ukuran 15,6", 1 pocket terpisah dengan busa untuk kamera yang bisa dilepas, 1 pocket beritsleting di bagian depan, 2 pocket bertisleting di bagian samping, tali di bagian dada dan pinggang, tali untuk tripod, antiair
6

KalibreBackpack Camera Shooter Pro

910227330

Mulai dari Rp 1.349.000,00

Tipe Tas backpack
Ukuran47 cm x 32 cm x 19 cm
Berat1 kg
Jenis kamera yang suitableTidak ada keterangan
Fungsi tambahanStrap untuk tripod, 2 pocket beritsleting di bagian depan. 2 pocket beritsleting di sisi kanan dan kiri, tali pinggang, 1 pocket untuk laptop ukuran 14", rain cover
5

EIGERWanderdrift 3.0 Shoulder Camer Shoulder Bag

910005337

Mulai dari Rp 419.000,00

Tipe Tas bahu
Ukuran32 cm x 22 cm x 11 cm
Berat0,5 kg
Jenis kamera yang suitableMirrorless
Fungsi tambahanCover bag, 1 pocket beritsleting di bagian depan, 1 pocket beritsleting di bagian belakang, antiair
4
Tipe Tas bahu
Ukuran28 cm x 10 cm x 21 cm
BeratTidak ada keterangan
Jenis kamera yang suitableMirrorless, DSLR
Fungsi tambahan2 pocket beritsleting di depan, 1 pocket untuk tablet ukuran 10"
3

ManfrottoDiva Shou Bag 35 Stile P

Mulai dari Rp 500.000,00

Tipe Tas bahu
Ukuran32 cm x 15 cm x 18 cm
Berat0,65 kg
Jenis kamera yang suitableDSLR
Fungsi tambahanBukaan atas, antiair, 2 pocket di bagian depan, 2 pocket di sisi kanan dan kiri, 2 pocket di bagian belakang
2

Think ThankAirport International™ V3.0

730563

Mulai dari Rp 5.600.000,00

Tipe Tas carry-on
Ukuran35,6 cm x 53,3 cm x 20,3 cm
Berat4,4–5,2 kg
Jenis kamera yang suitableDSLR
Fungsi tambahan1 pocket untuk laptop ukuran 15" dan tablet ukuran 10", coated cable, 1 pocket untuk tripod, rain cover,
1

KEE INDONESIABaby Beetle Camera Sling Bag

Mulai dari Rp 149.413,00

Tipe Tas selempang
Ukuran21 cm x 18 cm x 15 cm
BeratTidak ada keterangan
Jenis kamera yang suitableMirrorless, DSLR
Fungsi tambahanRain cover, busa polyfoam dengan tebal 10 mm, 1 pocket depan beritsleting dan 1 pocket jaring beritsleting di bagian dalam

Tabel perbandingan produk tas kamera terbaik

Gambar produk
1
KEE INDONESIA Baby Beetle Camera Sling Bag 1

KEE INDONESIA

2
Think Thank Airport International™ V3.0 1

Think Thank

3
Manfrotto Diva Shou Bag 35 Stile P 1

Manfrotto

4
HONX  Messenger Camera Bag 1

HONX

5
EIGER Wanderdrift 3.0 Shoulder Camer Shoulder Bag 1

EIGER

6
Kalibre Backpack Camera Shooter Pro 1

Kalibre

7
EIGER Wandershoot 25L-X Backpack 1

EIGER

8
Vanguard Alta Fly 58T Rolling Camera Bag 1

Vanguard

9
Manfrotto Holster Plus 40 Professional Bag 1

Manfrotto

10
Moral Supply Pixel Multifunctional Bag 1

Moral Supply

Nama produk

Baby Beetle Camera Sling Bag

Airport International™ V3.0

Diva Shou Bag 35 Stile P

Messenger Camera Bag

Wanderdrift 3.0 Shoulder Camer Shoulder Bag

Backpack Camera Shooter Pro

Wandershoot 25L-X Backpack

Alta Fly 58T Rolling Camera Bag

Holster Plus 40 Professional Bag

Pixel Multifunctional Bag

Keunggulan

Bawa mirrorless dari Canon ataupun Sony dengan sling bag ini!

Bawa peralatan fotografi di pesawat sebanyak apa pun tanpa repot

Didesain untuk para wanita yang hobi memotret

DSLR atau mirrorless? Semua bisa masuk dengan aman

Aman dari cipratan air atau hujan

Jahitan rusak? Tenang saja! Tersedia garansi hingga lima tahun

Wadah kameranya dapat dilepas pasang sesuka hati!

Digendong bisa, ditarik juga bisa!

Dapatkan perlindungan maksimal berkat teknologi Exo-Tough Construction

Bisa dijadikan tas pinggang dan selempang, lho!

Harga mulai dariRp 149.413,00Rp 5.600.000,00Rp 500.000,00Rp 220.000,00Rp 419.000,00Rp 1.349.000,00Rp 799.000,00Rp 4.500.000,00Rp 1.726.000,00Rp 224.000,00
Tipe Tas selempangTas carry-onTas bahuTas bahuTas bahuTas backpackTas backpackTas carry-on, backpackTas selempangMultifungsi (tas pinggang dan tas selempang)
Ukuran21 cm x 18 cm x 15 cm35,6 cm x 53,3 cm x 20,3 cm32 cm x 15 cm x 18 cm28 cm x 10 cm x 21 cm32 cm x 22 cm x 11 cm47 cm x 32 cm x 19 cm30 cm x 15 cm x 47 cm34,6 cm x 27,9 cm x 59 cm23 cm x 17 cm x 34 cm29 cm x 16 cm x 12 cm
BeratTidak ada keterangan4,4–5,2 kg0,65 kgTidak ada keterangan0,5 kg1 kg0,8 kg4,7 kg0,94 kgTidak ada keterangan
Jenis kamera yang suitableMirrorless, DSLRDSLRDSLRMirrorless, DSLRMirrorlessTidak ada keteranganTidak ada keteranganDSLRDSLRTidak ada keterangan
Fungsi tambahanRain cover, busa polyfoam dengan tebal 10 mm, 1 pocket depan beritsleting dan 1 pocket jaring beritsleting di bagian dalam1 pocket untuk laptop ukuran 15" dan tablet ukuran 10", coated cable, 1 pocket untuk tripod, rain cover, Bukaan atas, antiair, 2 pocket di bagian depan, 2 pocket di sisi kanan dan kiri, 2 pocket di bagian belakang2 pocket beritsleting di depan, 1 pocket untuk tablet ukuran 10"Cover bag, 1 pocket beritsleting di bagian depan, 1 pocket beritsleting di bagian belakang, antiairStrap untuk tripod, 2 pocket beritsleting di bagian depan. 2 pocket beritsleting di sisi kanan dan kiri, tali pinggang, 1 pocket untuk laptop ukuran 14", rain coverRain cover, 1 pocket untuk laptop ukuran 15,6", 1 pocket terpisah dengan busa untuk kamera yang bisa dilepas, 1 pocket beritsleting di bagian depan, 2 pocket bertisleting di bagian samping, tali di bagian dada dan pinggang, tali untuk tripod, antiairRain cover, 1 pocket untuk laptop dan tablet ukuran 14", 1 pocket untuk tripod, antiair, antigoresRain cover, antiair, bukaan atasExterior organizer straps, 1 pocket untuk tablet ukuran 8", 1 pocket depan beritsleting, 1 pocket belakang beritsleting, 2 pocket sisi kanan dan kiri
Tautan produk

Ubah tas favorit menjadi tas kamera dengan menambahkan inner case

Tas favorit Anda ingin dijadikan sebagai tas kamera? Tentunya bisa, dong! Anda tinggal menambahkan inner case saja. Inner case merupakan busa partisi kompartemen tas kamera yang bisa dilepas. Inner case juga biasa disebut inner box atau inner bag.


Umumnya, inner case dipakai untuk menyesuaikan kompartemen di dalam tas kamera ketika tidak muat ataupun terlalu besar. Dengan inner case, Anda dapat menggunakan tas sehari-hari Anda sebagai tas kamera. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan membeli tas kamera baru. Namun, pastikan tas yang Anda gunakan harus memiliki kekuatan untuk menahan beban kamera, ya!

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan kamera lainnya di sini

Untuk para fotografer, Anda pasti membutuhkan perlengkapan lain yang harus dimiliki selain tas kamera. Perlengkapan-perlengkapan yang sudah kami bahas berikut ini tentunya akan menunjang hobi dan profesi Anda. Silakan klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Bagaimana ulasan tas kamera terbaik yang telah kami jelaskan? Setiap tas kamera memiliki karakteristik berbeda sesuai gaya pemotretan dan jumlah perlengkapan yang Anda punya. 


Pertama, pertimbangkan tempat dan style memotret Anda. Lalu, pilihlah tas kamera yang paling tepat untuk dipakai. Anda juga dapat menggunakan beberapa tas kamera yang berbeda sesuai lokasi pemotretan agar lebih efektif. Jadi, pastikan untuk memilih tas kamera sesuai kebutuhan Anda!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk merekam video agar tidak goyang, Anda harus memiliki stabilizer kamera. Saat ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Terdapat banyak stabilizer yang bisa dipasangkan ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone. Namun, tetaplah memperhatikan kompatibilitasnya.Kami rekomendasikan beberapa merk stabilizer yang bagus, seperti Zhiyun, DJI, Brica, dan lainnya. Dari sisi harga, gimbal kamera memiliki harga bervariasi, mulai harga 300-an, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Jika Anda masih bingung memilih stabilizer kamera yang cocok, bacalah artikel ini hingga akhir. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Monopod Terbaik yang juga Cocok untuk Selfie! (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun belakangan, banyak orang menggunakan monopod untuk menunjang pemakaian kamera, termasuk untuk selfie. Dibandingkan tripod, monopod lebih ringkas dan mudah dibawa. Selain itu, monopod dapat membantu menahan guncangan, serta lebih trendy bagi generasi masa kini.Saat ini, telah banyak merek monopod di pasaran, seperti Takara, Spigen, dan GoPro. Agar Anda tidak bingung, di artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih monopod. Kami juga bakal  merekomendasikan produk monopod terbaik untuk keperluan outdoor, travel, event dan kegiatan lainnya. Dengan memilih monopod yang tepat, kegiatan berfoto Anda tentu akan lebih menyenangkan.
    Aksesori kamera
  • 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Tripod yang kokoh dan ringan kerap menjadi incaran fotografer. Tripod memiliki varian harga yang luas, mulai dari 100 ribuan hingga 1 jutaan. Ada banyak sekali berbagai jenis tripod, seperti untuk kamera DSLR, mirrorless, atau HP. Anda juga bisa memilih tripod besar atau tripod mini sesuai dengan kebutuhan Anda.Di sini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi tripod terbaik. Beberapa merek tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Baca ulasannya, yuk!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Dust Blower Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dust Blower Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Agar lensa kamera dan layar gadget berfungsi secara optimal, Anda perlu membersihkannya dengan cermat. Namun, membersihkannya pun tidak boleh sembarangan agar tidak menimbulkan risiko tergores. Hand blower atau dust blower adalah alat yang tepat untuk membantu Anda melakukan pekerjaan tersebut.Masalahnya, ada cukup banyak produk pembersih kamera, HP, dan laptop yang dijual di pasaran. Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips agar Anda mendapatkan dust blower yang bagus. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk dari merek ternama, seperti Canon, Kingjoy, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kehadiran tripod mini sangat membantu para pencinta fotografi karena portabilitas dan kenyamanannya untuk traveling atau kegiatan outdoor. Tripod mini juga populer bagi mereka yang aktif di media sosial. Kegiatan memotret aneka barang atau hidangan di atas meja akan lebih mudah dan stabil.Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih tripod mini. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk yang layak dipertimbangkan dari berbagai merek, seperti Joby, Manfrotto, dan Sony. Temukan tripod mini yang cocok untuk Anda agar perjalanan dan kegiatan fotografi terasa lebih menyenangkan!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Waterproof Camera Cases Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Agar tidak rusak, kamera digital tidak boleh terkena air kecuali merupakan kamera waterproof. Kamera yang tidak memiliki fitur waterproof tentu tidak dapat digunakan ketika hujan mendadak turun. Begitu juga saat Anda harus mengambil foto di tepi laut karena kamera bisa berisiko basah. Baik kamera SLR maupun DSLR, tentunya membutuhkan perlindungan ekstra agar aman dari kerusakan akibat air.Waterproof camera cases adalah solusi yang Anda perlukan! Dalam artikel ini, ada tips cara memilih dan  rekomendasi waterproof camera cases terbaik yang telah kami himpun untuk Anda. Beberapa merek di antaranya adalah DiCAPac, Telesin, dan Meikon. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hand Strap Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Strap atau tali kamera diperlukan saat sedang memotret untuk mencegah kamera jatuh dari pegangan Anda. Ada strap berukuran panjang untuk dipasang di leher, ada juga jenis hand strap yang digunakan di tangan. Akhir-akhir ini, muncul desain cantik untuk hand strap kamera dari berbagai merek, seperti Canon, JCC, atau KEE.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan hand strap kamera yang bagus untuk membantu Anda saat memotret. Namun sebelumnya, mari cari tahu terlebih dahulu hal apa saja yang perlu dipertimbangkan saat memilih hand strap. 
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Shutter Release / Remote Kontrol Terbaik untuk Kamera (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shutter Release / Remote Kontrol Terbaik untuk Kamera (Terbaru Tahun 2021)
    Shutter release sangat berguna ketika Anda ingin mengambil gambar dari jarak jauh. Beberapa produsen seperti Canon, Nikon, dan Yongnuo juga menjual alat ini. Selain tipe kabel dan wireless, model kamera yang kompatibel serta tipe konektor juga perlu diperhatikan. Apakah Anda sudah tahu tipe yang akan dipilih?Kami akan menjelaskan cara memilih dan memperkenalkan produk shutter release yang populer. Shutter release dapat Anda gunakan untuk mengambil foto resmi dengan tripod, kembang api, pemandangan malam, dan lainnya. Pilih release yang mudah digunakan dan dapatkan hasil foto yang bagus!
    Aksesori kamera
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, SD card menjadi perlengkapan yang dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan. Biasanya, SD card digunakan pada kamera digital atau DSLR. Namun, SD card juga bisa digunakan di ponsel maupun PC untuk menyimpan data.Ada banyak jenis SD card dengan berbagai merek dan kriteria yang tersedia di pasaran. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas cara memilih SD card untuk Anda. Setelah itu, kami juga akan memberikan produk yang direkomendasikan, seperti Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama setiap poin dan temukan SD card yang tepat untuk Anda. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tripod Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Tripod yang kokoh dan ringan kerap menjadi incaran fotografer. Tripod memiliki varian harga yang luas, mulai dari 100 ribuan hingga 1 jutaan. Ada banyak sekali berbagai jenis tripod, seperti untuk kamera DSLR, mirrorless, atau HP. Anda juga bisa memilih tripod besar atau tripod mini sesuai dengan kebutuhan Anda.Di sini, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi tripod terbaik. Beberapa merek tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Baca ulasannya, yuk!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk merekam video agar tidak goyang, Anda harus memiliki stabilizer kamera. Saat ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Terdapat banyak stabilizer yang bisa dipasangkan ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone. Namun, tetaplah memperhatikan kompatibilitasnya.Kami rekomendasikan beberapa merk stabilizer yang bagus, seperti Zhiyun, DJI, Brica, dan lainnya. Dari sisi harga, gimbal kamera memiliki harga bervariasi, mulai harga 300-an, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Jika Anda masih bingung memilih stabilizer kamera yang cocok, bacalah artikel ini hingga akhir. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran sudah dilengkapi flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang bagus dan terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.Hanya saja, aksesori tambahan ini dapat sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih flash kamera eksternal yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk populer, seperti merek flash kamera Canon, Nikon, Sony, dan lainnya. Silakan baca terus artikel berikut ini.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kehadiran tripod mini sangat membantu para pencinta fotografi karena portabilitas dan kenyamanannya untuk traveling atau kegiatan outdoor. Tripod mini juga populer bagi mereka yang aktif di media sosial. Kegiatan memotret aneka barang atau hidangan di atas meja akan lebih mudah dan stabil.Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih tripod mini. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk yang layak dipertimbangkan dari berbagai merek, seperti Joby, Manfrotto, dan Sony. Temukan tripod mini yang cocok untuk Anda agar perjalanan dan kegiatan fotografi terasa lebih menyenangkan!
    Aksesori kamera
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori