1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Aksesori kamera
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Merek ternama, seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.


Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera yang bagus beserta cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula dan juga profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!

Diperbaharui 08-07-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih tas kamera

Tak hanya berfungsi untuk membawa kamera, tas kamera juga berperan penting dalam penataan dan perlindungan terhadap kamera dan lensa. Mari cek poin-poin berikut ini dan temukan tas kamera yang sesuai dengan selera Anda!

① Pilih tipe yang sesuai dengan gaya memotret Anda

Di bawah ini, kami akan menjelaskan beberapa tipe tas kamera yang umum digunakan beserta karakteristiknya. Ada tipe tas bahu, backpack, tas selempang, dan juga carry-on. Pilihlah tipe yang sesuai dengan gaya memotret Anda.

Tas bahu: Selain populer juga memudahkan saat mengganti lensa

Tas kamera ini merupakan tipe yang paling digemari. Desain dan ukurannya terbilang beragam. Dengan demikian, Anda pun akan mudah mendapatkan produk yang sesuai dengan gaya Anda.


Keunggulan tipe ini ialah memberikan kemudahan saat menaruh dan mengeluarkan peralatan memotret. Jadi, Anda tidak akan kesulitan ketika akan melakukan penggantian lensa. Jika Anda tidak ingin ketinggalan momen memotret yang berharga, tas bahu merupakan pilihan yang tepat. 


Namun, tas kamera ini tidak cocok untuk Anda yang memiliki keluhan di bahu dan pinggang. Alasannya karena ia memberikan tekanan di bahu. Tas kamera yang berukuran besar bahkan lebih berat lagi. Untuk itu, tas bahu direkomendasikan bagi Anda yang membawa perlengkapan memotret dalam jumlah sedikit.

Tas backpack: Berkapasitas besar, bisa untuk membawa barang-barang selain kamera

Meskipun terlihat seperti tas backpack biasa, tipe ini dikhususkan untuk melindungi kamera yang Anda bawa. Tas kamera ini tersedia dalam berbagai macam ukuran. Kami rekomendasikan tas backpack untuk Anda yang memiliki banyak perlengkapan memotret, tetapi tidak memiliki penyimpanan yang mencukupi


Tas backpack terbagi menjadi dua tipe, yaitu tas dengan satu kompartemen dan tas dengan dua kompartemen atas bawah. Anda dapat menaruh kamera dan perlengkapannya, serta barang bawaan lain, seperti dompet dan smartphone dalam tempat terpisah. 


Tas tipe backpack juga tidak memberikan tekanan terlalu besar pada badan Anda sehingga nyaman dibawa bepergian jauh. Namun, Anda tidak bisa mengeluarkan kamera tanpa menurunkan tas. Jadi, sebaiknya tipe ini digunakan oleh Anda yang jarang mengeluarkan kamera dari dalam tas.

Tas selempang: Ideal untuk Anda yang berkendara dengan sepeda ataupun motor

Tas kamera ini merupakan tipe yang pas di tubuh dan digunakan dengan cara diselempangkan. Sekilas, tas ini terlihat seperti backpack, tetapi Anda dapat memakainya di depan dada saat dibutuhkan. Dapat dikatakan, tipe ini merupakan gabungan antara tas bahu dan backpack


Karena dapat dikenakan dengan pas di tubuh, tas selempang cocok untuk dibawa bepergian. Anda dapat menggunakannya saat berkendara dengan sepeda ataupun motor. Tas kamera ini juga nyaman dipakai untuk berjalan berkeliling kota.


Sayangnya, tipe ini hanya tersedia dalam ukuran kecil dan medium sehingga tidak dapat memuat lensa berukuran besar, seperti lensa telephoto. Namun, jika Anda menginginkan tas kamera yang mudah dibawa-bawa, tas selempanglah jawabannya. Tipe ini juga bisa dipilih oleh Anda yang biasa membawa kamera dengan 2–3 lensa saja.

Tas pinggang: Nyaman untuk membawa kamera kecil dan sedikit barang

Tipe ini digunakan dengan cara dipasang di pinggang. Karena bisa diputar ke arah belakang, tipe ini terkadang disebut juga sebagai hip bag. Beberapa orang bahkan menggunakannya secara diagonal seperti tas selempang.


Tas pinggang sangat nyaman digunakan karena kedua tangan Anda bebas bergerak sehingga dapat mengeluarkan kamera dengan cepat. Karena kapasitasnya kecil, Anda hanya dapat membawa bodi kamera dengan satu lensa lepas saja


Tas pinggang juga sulit disesuaikan dengan beberapa style pakaian. Namun, berkat ukurannya yang kecil, Anda bisa membawa kamera saat kegiatan outdoor. Misalnya saja, saat mendaki gunung, berjalan keliling kota, bersepeda, dan touring.

Tas carry-on: Didesain khusus untuk melindungi kamera

Tas ini direkomendasikan untuk fotografer profesional dan pemula dengan bawaan kamera dan lensa yang banyak. Anda dapat memindahkannya dengan mudah karena tipe ini dilengkapi roda. Tas ini juga tahan banting sehingga cocok untuk dibawa bepergian jauh dengan pesawat atau kereta. Jika Anda ingin memberikan perlindungan ekstra pada kamera, tas carry-on kami rekomendasikan.


Meskipun berguna untuk pemotretan skala besar dan perjalanan luar negeri, tipe ini tidak dapat digunakan pada banyak kondisi. Sebab, harga tas ini sangat mahal dan cukup sulit untuk memasukkan dan mengeluarkan kamera.

② Sesuaikan dengan ukuran kameranya

Memilih tas kamera tentu tidak sama dengan memilih tas biasa. Anda perlu memastikan ukuran tas yang sesuai dengan ukuran kamera yang Anda miliki.


  • Untuk kamera mirrorless atau DSLR dengan satu lensa, Anda bisa memilih ukuran tas dengan panjang minimal 21 cm. Sementara itu, lebar minimalnya 18 cm dan tinggi minimalnya adalah 15 cm.

  • Untuk kamera drone atau kamera video, sebaiknya Anda memilih tas dengan panjang minimal 34 cm. Agar peralatan pendukung lainnya juga dapat masuk, pastikan minimal lebarnya adalah 27 cm dan tingginya minimal 53 cm.

Apabila Anda memiliki rencana untuk menambah perlengkapan memotret, memilih tas yang lebih besar tentu perlu dilakukan. Namun, jika tidak ada rencana tersebut, pilihlah ukuran yang sesuai dengan jumlah kamera dan perlengkapan yang Anda miliki sekarang.

③ Agar mudah dimasukkan dan dikeluarkan, pastikan bukaan tasnya lebar

Apabila perlengkapan kamera yang dibawa mudah dimasukkan dan dikeluarkan, Anda dapat mengganti lensa dengan cepat, bukan? Oleh karena itu, poin ini tidak boleh Anda lewatkan. Anda perlu memeriksa apakah tas kamera pilihan memiliki bukaan yang lebar atau tidak. Jika bukannya terbilang lebar, tentu Anda pun jadi lebih mudah memasukkan dan mengeluarkan perlengkapan kamera yang dibawa.

④ Utamakan desain tas yang ergonomis

Supaya kamera dapat terlindungi dengan maksimal, Anda bisa memilih desain yang ergonomis. Misalnya saja, tas kamera dengan bahan yang antiair, memiliki bukaan atas, atau juga terdapat tambahan pocket dan rain cover.

Antiair, tak perlu khawatir jika tiba-tiba hujan turun

Jika memilih produk yang antiair, kamera Anda akan tetap aman meskipun dibawa ketika musim hujan. Rata-rata, tas kamera yang dibuat dari bahan poliester dan nilon mempunyai karakteristik yang water-resistant. Dengan demikian, kamera Anda pun mampu terlindungi dari hujan berintensitas ringan.

Rain cover, dapat melindungi dari cipratan air

Sementara itu, ada juga produk yang dilengkapi dengan rain cover. Untuk perlindungan maksimal dari hujan yang deras, Anda bisa memilih tas kamera antiair yang memiliki tambahan rain cover. Jadi, ketika melakukan kegiatan outdoor, seperti hiking atau camping, Anda tak perlu khawatir air hujan akan merembes mengenai kamera.

Bukaan atas, berikan akses yang cepat untuk mengambil kamera

Tas dengan bukaan atas dapat memuat kamera yang lensanya telah terpasang. Anda bisa meletakkan kamera yang tidak memerlukan penggantian lensa ke dalam tas ini. Selain itu, karena lebih mudah dibuka, mengambil kamera pun lebih praktis. Tas kamera dengan bukaan atas memiliki berbagai macam model, seperti tas bahu dan tas pinggang.

Pocket atau kompartemen, buat perlengkapan lebih tertata rapi

Dengan adanya pocket tambahan, pastinya perlengkapan kamera atau barang-barang pribadi lainnya dapat tertata lebih rapi. Anda bisa menemui tas kamera dengan kompartemen khusus tablet atau laptop. 


Kemudian, beberapa produk juga ada yang menyediakan tempat untuk meletakkan memory card dan charger kamera, lho. Bahkan, tak sedikit produk yang juga dilengkapi dengan adjustable strap untuk meletakkan tripod.

10 Rekomendasi tas kamera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas kamera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

KEE INDONESIA

Baby Beetle Camera Sling Bag

KEE INDONESIA Baby Beetle Camera Sling Bag 1枚目

Bawa mirrorless dari Canon ataupun Sony dengan sling bag ini!

2

Think Thank

Airport International™ V3.0

Think Thank Airport International™ V3.0 1枚目

Bawa peralatan fotografi di pesawat sebanyak apa pun tanpa repot

3

Manfrotto

Diva Shou Bag 35 Stile P

Manfrotto Diva Shou Bag 35 Stile P 1枚目

Didesain untuk para wanita yang hobi memotret

4

HONX

Messenger Camera Bag

HONX  Messenger Camera Bag 1枚目

DSLR atau mirrorless? Semua bisa masuk dengan aman

5

EIGER

Wanderdrift 3.0 Shoulder Camer Shoulder Bag

EIGER Wanderdrift 3.0 Shoulder Camer Shoulder Bag 1枚目

Aman dari cipratan air atau hujan

6

Kalibre

Backpack Camera Shooter Pro

Kalibre Backpack Camera Shooter Pro 1枚目

Jahitan rusak? Tenang saja! Tersedia garansi hingga lima tahun

7

EIGER

Wandershoot 25L-X Backpack

EIGER Wandershoot 25L-X Backpack 1枚目

Wadah kameranya dapat dilepas pasang sesuka hati!

8

Vanguard

Alta Fly 58T Rolling Camera Bag

Vanguard Alta Fly 58T Rolling Camera Bag 1枚目

Digendong bisa, ditarik juga bisa!

9

Manfrotto

Holster Plus 40 Professional Bag

Manfrotto Holster Plus 40 Professional Bag 1枚目

Dapatkan perlindungan maksimal berkat teknologi Exo-Tough Construction

10

Moral Supply

Pixel Multifunctional Bag

Moral Supply Pixel Multifunctional Bag 1枚目

Bisa dijadikan tas pinggang dan selempang, lho!

Perincian produk
Close
No.1

KEE INDONESIABaby Beetle Camera Sling Bag

Mulai dari Rp149.413,00

Bawa mirrorless dari Canon ataupun Sony dengan sling bag ini!

Jika Anda pengguna kamera mirrorless kecil, seperti Sony A6000, Fujifilm X-A5, atau Canon EOS M3, pertimbangkan tas kamera ini. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat Anda terlihat lebih santai saat bepergian dan memotret. 


Produk ini tersedia dalam 12 pilihan warna yang beragam. Anda pun dapat memilihnya sesuai dengan warna favorit. Untuk Anda yang ingin tampil gagah, pilihlah warna army. Sementara untuk perempuan, akan lebih pas jika memilih warna pink atau navy orange

No.2

Think ThankAirport International™ V3.0730563

Mulai dari Rp5.600.000,00

Bawa peralatan fotografi di pesawat sebanyak apa pun tanpa repot

Fotografer profesional yang sering melakukan pemotretan pre-wedding di luar kota atau luar negeri, tentu wajib membawa perlengkapan selengkap mungkin. Kamera Anda yang berharga sangat tidak aman jika dibawa dengan tas biasa. Terlebih lagi jika harus terbanting saat masuk ke dalam mesin X-Ray di bandara.


Apabila Anda mencari produk tas yang aman dan mudah dibawa saat bepergian dengan pesawat, pilihlah tas dari Think Thank ini. Tas kamera ini memiliki kompartemen yang luas dengan partisi berbahan empuk. Tersedia pula roda yang memudahkan Anda untuk menggerakkan dan memindahkan tas. 

No.3

ManfrottoDiva Shou Bag 35 Stile P

Mulai dari Rp500.000,00

Didesain untuk para wanita yang hobi memotret

Untuk para wanita yang hobi memotret dan selalu membawa kamera ke mana pun, gunakanlah tas ini. Didesain dengan gaya feminin, produk ini tidak terlihat seperti tas kamera. Namun, tas ini memiliki kompartemen yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan kamera dengan lensa kit yang terpasang. 


Diva Shou Bag 35 Stile P juga memiliki banyak kantong yang mudah diakses. Anda dapat menyimpan kamera, makeup, smartphone, dompet, dan bolpoin di dalam satu tas. Saat menggunakan tas ini, Anda pun dapat mempertahankan style feminin saat sedang membawa-bawa kamera.

No.4

HONX Messenger Camera Bag008

Mulai dari Rp220.000,00

DSLR atau mirrorless? Semua bisa masuk dengan aman

Kelebihan:

  • Tas 2in1, ukurannya bisa luwes untuk menyimpan kamera mirrorles atau DSLR

Kekurangan:

  • Garansi hanya diberikan selama 6 bulan saja

Untuk para pemakai baik kamera DSLR maupun mirrorless, Anda tentu butuh tas kamera yang berukuran lebih besar. Namun, bagi sebagian orang, tas yang terlalu besar biasanya kurang nyaman saat dibawa bepergian. 


Jika sulit menemukan produk tas kamera yang tepat, pilihlah tas kamera dari HONX ini. Produk ini bisa Anda jadikan sebagai tas kamera mirrorless ataupun tas kamera DSLR. Bahan bagian dalamnya pun cukup lembut sehingga aman untuk peralatan fotografi mahal. Oh ya, HONX sendiri memberikan garansi 6 bulan untuk produknya, lho!


Jumlah penjualan:176

No.5

EIGERWanderdrift 3.0 Shoulder Camer Shoulder Bag910005337

Mulai dari Rp419.000,00

Aman dari cipratan air atau hujan

Ingin bepergian dan memotret di musim hujan? Pastikan dulu tas kamera Anda aman dan tahan terhadap cipratan air, ya! Untuk itu, gunakan tas kamera lokal keluaran EIGER ini agar kamera tidak basah dan rusak saat tas terkena hujan. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat tas kamera ini praktis dibawa ke mana pun. 


Salah satu keunggulan produk ini adalah lapisan bahan water-repellent-nya agar tas aman dari cipratan air. Di bagian dalamnya tersedia cover bag yang melindungi kamera saat terkena air hujan. Dari segi desain, tas ini memiliki gaya kekinian sehingga tampak pas dibawa traveling

No.6

KalibreBackpack Camera Shooter Pro910227330

Mulai dari Rp1.349.000,00

Jahitan rusak? Tenang saja! Tersedia garansi hingga lima tahun

Kelebihan:

  • Ruang penyimpanan banyak untuk aksesori berukuran kecil
  • Dimensi besar, bukaan lebar

Kekurangan:

  • Bobotnya tas kosong cukup berat, yaitu 1 kilogram

Peralatan fotografi Anda cukup banyak? Amankan segera dan simpan dengan rapi ke dalam tas buatan Kalibre ini. Produk ini menyediakan ruang penyimpanan yang cukup banyak, bahkan untuk perlengkapan fotografi yang berukuran kecil. Misalnya saja, memory card, card reader, baterai, filter lensa, charger, dan lainnya. 


Tas ini memiliki dimensi yang besar. Setiap ruang penyimpanan pada tas ini juga memiliki fungsi khusus yang memudahkan sang pengguna. Jangan khawatir jahitan akan rusak karena Kalibre menjamin keawetannya. Tersedia garansi pemakaian hingga lima tahun untuk Anda!


Jumlah penjualan: 5

Kekurangan

No.7

EIGERWandershoot 25L-X Backpack910004880

Mulai dari Rp799.000,00

Wadah kameranya dapat dilepas pasang sesuka hati!

Anda yang masih kuliah sekaligus berprofesi sebagai fotografer, tas kamera Eiger ini layak untuk dipilih. Wandershoot 25L-X Backpack memiliki desain yang trendi dan kompartemen yang cukup banyak. Alhasil, Anda bisa meletakkan laptop ataupun buku catatan di dalamnya. 


Tidak hanya itu, produk ini juga menyediakan wadah khusus kamera yang bisa Anda lepas pasang dengan mudah. Di bagian sisi kanan dan kiri tas pun terdapat bukaan beritsleting yang mempermudah Anda untuk mengeluarkan dan memasukkan kamera. 

No.8

VanguardAlta Fly 58T Rolling Camera Bag

Mulai dari Rp4.500.000,00

Digendong bisa, ditarik juga bisa!

Bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer ataupun videografer yang sering bepergian ke luar kota, gunakanlah tas ini. Produk ini juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin membawa satu tas saja dengan kebutuhan peralatan yang banyak. 


Karena memiliki empat buah roda, tas keluaran Vanguard ini dapat Anda tarik dengan mudah. Saat medan tidak terlalu mulus maupun berbatu, Anda dapat menggendong tas ini. Tidak hanya kamera, drone sebesar seri Phantom pun dapat dimasukkan ke dalamnya!

No.9

ManfrottoHolster Plus 40 Professional BagMB MP-H-40BB

Mulai dari Rp1.726.000,00

Dapatkan perlindungan maksimal berkat teknologi Exo-Tough Construction

Holster Plus 40 Professional Bag menjadi solusi sempurna untuk Anda yang ingin membawa satu lensa untuk banyak kebutuhan. Biasanya, seorang fotografer akan membawa lensa telephoto berukuran 70–300 mm. Tas kamera ini bisa membawanya!


Kamera dan lensa Anda juga akan terlindungi dari debu, air, maupun benturan benda keras. Teknologi Exo-Tough Construction pada tas ini akan memberikan perlindungan yang maksimal. Sistem bukaan atas juga memberikan akses yang cepat untuk mengambil kamera. 

No.10

Moral SupplyPixel Multifunctional Bag

Mulai dari Rp224.000,00

Bisa dijadikan tas pinggang dan selempang, lho!

Produk ini menawarkan dua partisi yang dapat dilepas pasang. Dengan polyfoam setebal 8 mm, bodi kamera dan lensa tetap aman dari goresan saat terkena benturan. Terdapat pula ruang untuk menyimpan dompet, memory card, charger, dan baterai kamera. 


Tas kamera ini tidak hanya dapat digunakan untuk menyimpan kamera saja. Desainnya yang simpel pas untuk dibawa hangout bersama teman. Menariknya lagi, tas ini dapat dijadikan dua model sekaligus. Mau dijadikan tas pinggang atau tas selempang, pilih sesuai style pakaian Anda!

Ubah tas favorit menjadi tas kamera dengan menambahkan inner case

Tas favorit Anda ingin dijadikan sebagai tas kamera? Tentunya bisa, dong! Anda tinggal menambahkan inner case saja. Inner case merupakan busa partisi kompartemen tas kamera yang bisa dilepas. Inner case juga biasa disebut inner box atau inner bag.


Umumnya, inner case dipakai untuk menyesuaikan kompartemen di dalam tas kamera ketika tidak muat ataupun terlalu besar. Dengan inner case, Anda dapat menggunakan tas sehari-hari Anda sebagai tas kamera. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan membeli tas kamera baru. Namun, pastikan tas yang Anda gunakan harus memiliki kekuatan untuk menahan beban kamera, ya!

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan kamera lainnya di sini

Kesimpulan

Bagaimana ulasan tas kamera terbaik yang telah kami jelaskan? Setiap tas kamera memiliki karakteristik berbeda sesuai gaya pemotretan dan jumlah perlengkapan yang Anda punya. 


Pertama, pertimbangkan tempat dan style memotret Anda. Lalu, pilihlah tas kamera yang paling tepat untuk dipakai. Anda juga dapat menggunakan beberapa tas kamera yang berbeda sesuai lokasi pemotretan agar lebih efektif. Jadi, pastikan untuk memilih tas kamera sesuai kebutuhan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer