1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Rok Pensil Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rok Pensil Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rok Pensil Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rok Pensil Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rok Pensil Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rok Pensil Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rok Pensil Terbaik - Ditinjau oleh Fashion Stylist (Terbaru Tahun 2023)

Pencil skirt, rok pensil, atau rok span adalah fashion item yang dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih feminin. Rok ini memiliki pola atau motif yang bervariasi sehingga cocok digunakan dalam berbagai suasana. Anda juga dapat menemukan rok pensil mini yang cukup ketat atau bodycon.


Kami akan berbagi tips memilih rok pensil yang bagus untuk Anda. Rok pensil selutut atau midi, rok pensil panjang untuk muslimah berhijab, dan bodycon ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh fashion stylist kami, Ocka Sakri. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Fashion stylist
Ocka Sakri

Ocka memiliki pengalaman kerja di berbagai acara pekan busana. Beberapa di antaranya adalah Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, Fashion Nation Senayan City, Hijab Festive Week, dan Modest Fashion Project. Ocka juga menjadi penanggung jawab wardrobe untuk beberapa film layar lebar dan iklan di Indonesia. Ia juga menjadi stylist pribadi beberapa artis Indonesia serta stylist untuk photoshoot campaign produk dan agency campaign.

Profil Ocka Sakri
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rok pensil

Pertama, kami akan menjelaskan tiga hal mendasar yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih rok pensil. Simak selengkapnya di bawah ini!

① Sesuaikan panjang rok dengan tinggi badan Anda

Sesuaikan panjang rok dengan tinggi badan Anda
Agar rok pensil tampak serasi dengan penampilan Anda, pilihlah rok yang panjangnya sesuai dengan tinggi badan Anda. 

  • Gunakan rok pensil selutut atau sedikit di bawah lutut untuk Anda yang bertubuh mungil. Dengan demikian, Anda tidak akan terkesan "tenggelam" dalam rok Anda. Anda juga dapat memilih rok bodycon yang berukuran mini.

  • Apabila Anda memiliki tubuh tinggi, rok pensil dengan panjang berapa pun akan cocok untuk Anda. Namun, panjang yang paling disarankan adalah yang menutupi separuh betis atau rok midi. Model rok pensil seperti ini dapat menonjolkan tinggi tubuh Anda serta memberi efek kaki yang lebih jenjang.

② Pilihlah rok yang memiliki belahan agar lebih mudah bergerak

Pilihlah rok yang memiliki belahan agar lebih mudah bergerak

Rok pensil memiliki bentuk yang menyempit dari bagian paha hingga ke bagian lutut. Hal ini kadang membuat penggunanya kesulitan saat melangkah. Jika Anda belum terbiasa menggunakan rok pensil, silakan memilih rok pensil dengan belahan. Belahan ini akan membuat Anda lebih leluasa bergerak. Setelah Anda terbiasa, Anda bisa mengenakan rok pensil tanpa belahan. 


Di sisi lain, rok pensil dengan belahan tentu saja dihindari bagi muslimah yang berhijab. Untuk mengakalinya, Anda bisa memilih rok pensil dengan bahan yang elastis (stretch). Jadi, Anda tetap bisa melangkah dengan mudah walaupun tidak ada belahan. 

③ Cermati bahan rok yang nyaman digunakan

Ada berbagai bahan rok pensil yang sering digunakan, seperti denim, spandeks, dan katun. Nah, silakan Anda pilih bahan yang nyaman untuk Anda. 

Denim, menampilkan kesan kasual dan mudah dipadupadankan

Denim, menampilkan kesan kasual dan mudah dipadupadankan

Denim atau jeans banyak dipakai sebagai bahan untuk membuat fashion item wanita, termasuk rok pensil. Denim memiliki kesan kasual dan playful serta mudah dipadupadankan dengan berbagai warna atasan. Warna denim sendiri tidak hanya terbatas pada biru gelap. Ada juga beragam warna denim seperti pada gambar. 


Dari segi kenyamanan, bahan denim terbilang sangat nyaman dan mudah digunakan, terlebih jika Anda memilih rok pensil berbahan stretch denim. Rok pensil akan mengikuti bentuk badan Anda dengan baik, tetapi tetap nyaman di kulit. Selain itu, karena bahan denim cukup tebal, Anda tidak perlu khawatir garis pakaian dalam Anda akan tampak.

Spandeks, bahan yang ringan dan elastis

Spandeks, bahan yang ringan dan elastis

Bahan spandeks yang juga dikenal dengan nama elastane memiliki sifat elastis yang cukup baik. Selain itu, daya regangnya juga cukup tinggi. Jika Anda menggunakan rok pensil dengan bahan ini, Anda akan tetap nyaman bergerak walaupun tanpa belahan


Namun, karena sifatnya yang elastis tadi, bahan spandeks akan menonjolkan bentuk tubuh Anda. Jika Anda kurang nyaman dengan hal itu, sebaiknya hindari menggunakan bahan ini. Rok pensil dengan bahan ini biasanya disebut tipe bodycon.

Katun, adem dan lembut saat digunakan

Katun, adem dan lembut saat digunakan

Katun adalah bahan kain yang terbuat dari serat alami tanaman kapas. Katun juga merupakan bahan kain yang sering digunakan untuk membuat pakaian, celana, atau rok. Hal ini karena bahan katun sangat adem, lembut, dan tahan lama. 


Rok pensil berbahan katun tentunya akan sangat cocok digunakan di negara tropis seperti Indonesia. Anda bisa dengan nyaman menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, rok dengan bahan katun juga terkesan lebih formal dibandingkan bahan jeans. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk bekerja ke kantor atau menghadiri acara formal lainnya. 

④ Sesuaikan corak dan warna rok pensil dengan style Anda

Tidak hanya jenis bahan, warna dan corak rok pensil juga memengaruhi penampilan Anda secara keseluruhan. Untuk itu, silakan simak ulasan berikut ini. 

Warna gelap, mudah dipadukan dengan atasan apa pun

Warna gelap, mudah dipadukan dengan atasan apa pun

Warna-warna gelap, seperti hitam, abu tua, dan biru tua, merupakan pilihan warna yang sangat mudah dipadupadankan. Anda bisa mengenakan atasan warna apa pun untuk rok pensil dengan warna-warna gelap tersebut. 


Selain mudah dipadupadankan dengan berbagai warna, warna gelap juga akan menyamarkan bentuk tubuh. Untuk wanita gemuk, rok pensil dengan warna gelap akan membuat tubuh Anda terlihat lebih ramping.

Warna pastel, menunjukan kesan feminin

Warna pastel, menunjukan kesan feminin

Bagi Anda yang ingin menonjolkan sisi feminin, cobalah mengenakan rok pensil dengan warna-warna pastel. Selain terkesan feminin, warna pastel akan menampilkan kesan ceria dan lembut


Warna pastel sebagai bawahan mungkin agak sulit dipadupadankan. Namun, bukan berarti tidak bisa. Anda bisa memilih rok pensil warna pastel polos dan gunakan atasan dengan corak atau renda. Selain itu, Anda juga menggunakan atasan berwarna gelap untuk menyeimbangkan warna pastel. Dengan memadukan rok pensil warna pastel dengan berbagai atasan, Anda akan tampak trendy.

Rok dengan motif, untuk Anda yang ingin tampil beda

Rok dengan motif, untuk Anda yang ingin tampil beda
Sumber: nona.id

Jika Anda biasanya mengenakan rok pensil polos, sesekali cobalah bermain dengan motif dan corak. Rok pensil bermotif akan memberikan kesan berbeda pada tampilan Anda. Tidak perlu takut untuk memadukan bawahan bermotif. Anda bisa menggunakan atasan polos tanpa motif untuk mengimbanginya

10 Rekomendasi rok pensil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rok pensil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Ocka Sakri.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Bibigsize

Una Skirt

 Bibigsize Una Skirt 1枚目

Rok pensil dengan ukuran jumbo, style-nya tetap simpel

2

Femme Outfit

Khansa Skirt

Femme Outfit Khansa Skirt 1枚目

Tanpa belahan, bisa dikenakan para hijabers

3

Beatrice Clothing

Duomo Knit Skirt

Beatrice Clothing Duomo Knit Skirt 1枚目

Motif rajutnya menciptakan siluet kaki yang lebih jenjang

4

MKY Clothing

Asymetric Midi Denim Skirt

MKY Clothing Asymetric Midi Denim Skirt 1枚目

Denim skirt dengan tampilan asimetris yang unik

5

Edition

Woman's Lace Pencil Es6 Skirt

Edition Woman's Lace Pencil Es6 Skirt 1枚目

Kesan anggun dan sentuhan seksi yang tidak berlebihan

6

Lolliestory

Crunchy Knit Mini Skirt

Lolliestory Crunchy Knit Mini Skirt 1枚目

Tampil lebih muda dengan mini skirt bodycon motif kotak-kotak

7

Nona

Sonet Knit Skirt Red

Nona Sonet Knit Skirt Red 1枚目

Rok span motif bunga-bunga membuat OOTD Anda makin vintage

8

Onycha

Montana Skirt

Onycha Montana Skirt 1枚目

Terbuat dari linen dan satin, rok ini jadi lebih premium

9

This is April

Lisa Pencil Black Skirt

This is April Lisa Pencil Black Skirt 1枚目

Rok pensil midi yang dengan saku untuk ke kantor

10

Bateeq

Regular Cotton Print Skirt

Bateeq Regular Cotton Print Skirt  1枚目

Bodycon dalam balutan motif batik modern yang sangat kekinian

Perincian produk
Close
No.1

Rok pensil dengan ukuran jumbo, style-nya tetap simpel

Siapa bilang orang gemuk tidak dapat mengenakan rok sepan? Anda dapat memilih rok pensil dari Bibigsize, spesialis pakaian plus size. Rok pensil jumbo ini dibuat agar dapat membuat siluet tubuh Anda tampak makin menarik. Pilihan warnanya pun cukup beragam. Membeli satu warna saja rasanya tak akan cukup untuk Anda, ya.

No.2

Femme OutfitKhansa Skirt

Mulai dari Rp215.000,00

Tanpa belahan, bisa dikenakan para hijabers

Femme Outfit memang menyediakan busana khusus untuk para muslimah, terutama pengguna hijab. Untuk Anda yang berhijab, kami merekomendasikan rok pensil yang satu ini. Khansa Skirt tidak memiliki belahan serta terbuat dari bahan scuba yang elastis. 


Selain itu, bahan scuba juga tergolong tebal. Jadi, Anda tak perlu khawatir rok ini akan terlihat menerawang, ya. Satu lagi, rok ini menawarkan pilihan-pilihan warna yang soft dan netral sehingga cocok untuk dipadankan dengan berbagai atasan hijab.

No.3

Beatrice ClothingDuomo Knit Skirt

Mulai dari Rp199.900,00

Motif rajutnya menciptakan siluet kaki yang lebih jenjang

Rok pensil dari Beatrice Clothing menggunakan bahan knit. Motif rajutnya berupa motif vertikal sehingga membuat kaki Anda tampak lebih jenjang. Rok rajut ini juga memberikan kesan seperti pakaian musim gugur di negara empat musim.


Meski menggunakan bahan rajut, rok yang satu ini tetap terasa adem untuk dikenakan. Anda dapat memilih rok rajut ini untuk ke kantor ataupun sekadar hangout bersama rekan-rekan. 

No.4

MKY ClothingAsymetric Midi Denim Skirt

Mulai dari Rp429.900,00

Denim skirt dengan tampilan asimetris yang unik

Spesial untuk Anda yang sedang mencari rok pensil berbahan denim, pertimbangkan produk dari MKY Clothing. Rok jeans ini dilengkapi dengan desain belahan di bagian samping. Belahan ini membuat kaki Anda lebih sexy sekaligus membuat rok tidak terlalu ketat.


Bagian menarik lainnya dari rok ini adalah bagian pinggangnya. Potongan asimetris tentu saja membuat rok denim ini makin unik untuk dikenakan. Kemudian, rok ini memiliki tiga pilihan warna denim yang keren.

No.5

EditionWoman's Lace Pencil Es6 Skirt

Mulai dari Rp459.900,00

Kesan anggun dan sentuhan seksi yang tidak berlebihan

Rok dengan motif full lace ini layak dijadikan pertimbangan untuk Anda yang ingin tampil lebih anggun. Selain membuat penampilan makin menawan, bahan rok pensil Edition ini juga mampu memberi kesan elegan dan menarik untuk dipandang.

Bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan seksi yang tidak berlebihan pada penampilan, rok ini juga pantas dipilih. Anda bisa menggunakan atasan tanpa motif serta sepatu heels sebagai perpaduan yang modis.
No.6

LolliestoryCrunchy Knit Mini Skirt

Mulai dari Rp200.000,00

Tampil lebih muda dengan mini skirt bodycon motif kotak-kotak

Anda juga dapat tampil lebih youthful dengan rok sepan. Cobalah lirik rok dari Lolliestory ini. Pilihan warna hijau dan biru dengan motif kotak-kotak membuat tampilan Anda jadi terlihat lebih muda. Menariknya lagi, mini skirt ini juga akan membuat Anda tampil lebih sporty. Anda bisa memadankannya dengan vest ataupun kaus senada dari Lolliestory.

No.7

NonaSonet Knit Skirt Red

Mulai dari Rp329.000,00

Rok span motif bunga-bunga membuat OOTD Anda makin vintage

Apakah Anda suka bergaya dengan vintage style? Rok sepan dari Nona ini mungkin cocok untuk Anda. Rok berwarna merah ini dihiasi dengan motif bunga-bunga kecil yang membuat tampilan Anda kian manis. Agar lebih vintage, padankan rok pensil ini dengan atasan senada dari Nona. Dengan demikian, OOTD Anda terlihat makin vintage.

No.8

OnychaMontana Skirt

Mulai dari Rp310.000,00

Terbuat dari linen dan satin, rok ini jadi lebih premium

Detail pita di pinggang rok pensil dari Onycha membuat tampilan Anda makin feminin. Pilihan bahan yang digunakan juga tergolong premium berupa satin dan linen. Anda dapat memilih Montana Skirt sebagai rok pensil untuk menghadiri acara-acara formal. Jika Anda ingin tampil lebih fresh, pilihlah rok dengan motif daun.

No.9

This is AprilLisa Pencil Black Skirt

Mulai dari Rp249.000,00

Rok pensil midi yang dengan saku untuk ke kantor

Rok pensil midi dari merek This is April sangat cocok digunakan untuk ke kantor sehari-hari. Modelnya tergolong formal dan simpel dengan sedikit belahan di bagian samping bawah. Rok pensil dari bahan katun ini juga dilengkapi dengan saku. Dengan begitu, Anda dapat menyimpan barang kecil secara lebih aman dan praktis.

No.10

BateeqRegular Cotton Print Skirt FL004C-SS18

Mulai dari Rp329.000,00

Bodycon dalam balutan motif batik modern yang sangat kekinian

Bateeq memiliki koleksi pakaian dengan motif batik modern. Jika Anda menyukai rok batik, pertimbangkan rok sepan mini dari Bateeq ini. Rok mini ini dibuat dengan dua warna berbeda untuk memberikan kesan yang lebih kekinian.


Jenis kain batik yang digunakan adalah kain batik print. Bahannya juga anti-wrinkle sehingga rok tidak akan terlihat kusut saat dikenakan. Rok ini sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil keren dengan rok batik.

Pertanyaan umum seputar rok pensil

Pertanyaan umum seputar rok pensil

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar rok pensil. Jika Anda masih penasaran dengan rok pensil, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah orang gemuk bisa menggunakan rok pensil?

Saat ini banyak wanita bertubuh gemuk yang ragu menggunakan jenis rok pensil. Padahal, jika Anda percaya diri, rok pensil ini justru cukup membantu paha dan panggul tampak lebih seimbang. Selain itu, rok pensil berwarna gelap dapat menciptakan siluet yang ramping. Menurut fashion stylist kami, Ocka Sakri, rok pensil ini cocok dipakai oleh wanita bertubuh gemuk.


Anda juga bisa mengenakan rok pensil ini dengan atasan baju bermodel leher sabrina. Pakaian tersebut cocok untuk Anda yang memiliki badan gemuk. Rok pensil dan baju bermodel sabrina dapat memberi kesan tubuh yang indah karena memperlihatkan lekuk tubuh.

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Tips dari fashion stylist kami, Ocka Sakri

Model rok pensil ini sangat simpel sehingga memberi Anda nilai tambah untuk lebih berani dalam mix-and-match dengan fashion item lainnya. 


  • Anda bisa kenakan rok pensil bermotif, seperti bunga-bunga dan sebagainya, untuk membuat penampilan Anda standout seketika. Anda bisa memadukannya dengan long sleeve shirt. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menggunakan tube top berwarna gelap. Jangan lupa kenakan boots dengan material kulit.

  • Rok pensil panjang juga sangat cocok untuk gaya formal dan rapi. Kenakan rok pensil bersama kemeja dan high heels, Anda akan siap pergi untuk acara atau meeting bersama klien. Perpaduan ini dijamin membuat Anda lebih tinggi.

  • Anda bisa menggabungkan atasan dengan cutting yang unik dengan rok pensil. Outfit ini sangat cocok Anda kenakan saat menghadiri occasion tertentu. Atasan cutting yang unik akan menarik perhatian. Tambahkan anting untuk menyempurnakan total looks Anda.

  • Untuk tampilan yang semiformal, Anda bisa mengenakan rok pensil dengan aksen detail zipper di depan dan saku untuk menarik perhatian. Padankan dengan blus berwarna senada untuk membuat penampilan Anda lebih sempurna.

  • Untuk tampilan lebih segar, kenakan rok pensil berwarna cerah, seperti warna pink, fuschia, hijau, atau merah, dengan belahan di belakang. Anda bisa padu padan dengan blus atau kemeja berwarna putih dan hitam untuk menyelaraskan. Rok pensil dengan belahan belakang adalah untuk mempermudah Anda bergerak.

Baca juga rekomendasi rok lainnya di sini

Selain rok pensil, mungkin Anda sedang mencari rok lainnya untuk mendapatkan penampilan yang makin stylish. Untuk itu, berikut sudah kami siapkan artikel rekomendasi rok lainnya untuk Anda. Silakan simak informasinya lebih lanjut melalui artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Mengenakan rok pensil sesuai dengan occasion tak akan membuat Anda salah kostum. Anda bisa tampil makin menawan menggunakan rok pensil dengan ukuran panjang, bahan, dan desain yang tepat. Jangan lupa memilih rok pensil panjang untuk para hijabers.


Setelah membaca artikel di atas, sudahkah Anda menemukan rok yang sesuai dengan gaya dan kesukaan Anda? Jadikan artikel kami sebagai referensi dalam memilih rok pensil. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer