mybest
Kutek

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan kuku
  4. 10 Rekomendasi Base Coat Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Base Coat Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Base Coat Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Base Coat Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Base Coat Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Base Coat Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Base Coat Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Anda yang gemar mewarnai kuku pasti sudah tidak asing lagi dengan base coat. Base coat berguna untuk melindungi, memperkuat, dan meratakan tekstur kuku sebelum diwarnai. Selain itu, warna dari kuteks jadi terlihat lebih sehat dan indah.


Ada beragam merek base coat yang bagus dengan keunggulannya masing-masing di pasaran, seperti Revlon, Tone dan INGLOT. Untuk itu, kami akan berbagi rekomendasi base coat terbaik yang bisa Anda miliki. Kami juga akan menjelaskan tips memilih base coat terlebih dahulu untuk Anda. Selamat membaca!

Diperbaharui 13/02/2024
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Apa perbedaan base coat, top coat, dan primer kuku?

Apa perbedaan base coat, top coat, dan primer kuku?
Base coattop coat, dan primer kuku mungkin terlihat sangat mirip. Hal ini dikarenakan ketiganya menggunakan bahan dasar yang sama. Namun, peran ketiganya berbeda. Karena itu, ada sedikit perbedaan pada perpaduan bahannya. Berikut penjelasannya.

  • Base coat

Seperti namanya, base coat adalah cairan bening yang dioleskan sebelum Anda mengaplikasikan kuteks. Base coat berfungsi untuk memperbaiki tekstur kuku agar lebih mudah diwarnai dan meningkatkan keawetan warnanya. Kuteks juga dapat menempel lebih mudah ketika Anda menggunakan base coat.


  • Top coat 

Top coat dirancang untuk melindungi, memberi kesan mengilap, dan mencegah kerusakan pada kuteks. Biasanya top coat digunakan setelah mengaplikasikan kuteks. Alhasil, kuteks Anda tidak akan mudah terkelupas.


  • Primer kuku

Pelapis lain yang dapat Anda temukan adalah primer kuku. Berbeda dengan base coat, primer kuku berfungsi untuk merekatkan kuku palsu yang terbuat dari akrilik. Primer kuku dapat memperkuat dan mengurangi gelombang udara dalam kuku.


Bagi Anda yang senang mewarnai kuku, optimalkan hasilnya dengan base coat dan top coat. Base coat berfungsi untuk melindungi kuku Anda. Sementara itu, top coat memberikan hasil akhir yang bagus dan tahan lama.

Cara memilih base coat

Berikut adalah tiga hal yang harus Anda perhatikan saat Anda memilih base coat. Mari simak penjelasan lengkapnya agar Anda mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan.

1

Sesuaikan tipenya dengan kondisi kuku

Base coat terdiri dari beragam tipe yang bisa dipilih. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi kuku Anda. Berikut akan kami perkenalkan beberapa tipe base coat beserta penjelasannya.

Reguler, untuk kuku normal

Reguler, untuk kuku normal

Jika kuku Anda tidak bermasalah, gunakan base coat reguler yang ditujukan untuk melindungi kuku dan mempertahankan warna kuteks. Anda bisa menggunakan base coat reguler selama kondisi kuku Anda tidak bergelombang atau mudah patah.


Ketika memilih base coat untuk kuku normal, sebaiknya Anda memilih yang mudah digunakan daripada mempertimbangkan efek yang dihasilkan. Hal ini akan mempermudah Anda ketika ingin mewarnai kuku. Efek dari base coat reguler juga tidak terlalu terlihat jika Anda ingin menutupnya dengan kuteks.

Ridge filler, meratakan tekstur kuku yang tidak rata dan bergaris

Ridge filler, meratakan tekstur kuku yang tidak rata dan bergaris

Jika Anda merasa permukaan kuku tidak rata, bergaris, atau bergelombang saat disentuh, gunakan base coat tipe ini. Kuteks yang diaplikasikan pada kuku bergelombang akan memberi hasil yang tidak rata. Karena itu, memakai base coat tipe ridge filler akan membantu meratakan permukaan kuku Anda.


Perlu Anda ketahui bahwa garis dan gelombang pada kuku adalah kerutan akibat kuku yang kering. Memulaskan kuteks secara langsung tanpa base coat dapat memperparah kondisi tersebut. Untuk mencegah kuku menjadi kering, memilih base coat dengan kandungan pelembap bisa dijadikan salah satu cara.

Nail hardener, memperkuat kuku yang mudah mengelupas dan patah

Nail hardener, memperkuat kuku yang mudah mengelupas dan patah

Jika Anda bermasalah dengan kuku yang mudah patah, kami anjurkan agar Anda memilih base coat tipe nail hardener. Base coat ini dapat melindungi kuku dari benturan dan memperkuatnya. Jika Anda masih bingung apakah kuku Anda membutuhkan base coat tipe ini atau tidak, simak uraian berikut.


  • Kekeringan bisa saja menjadi penyebab kuku Anda lemah dan mudah mengelupas. Jika Anda mengalaminya, gunakan base coat tipe nail hardener yang mengandung pelembap. Produk berbahan dasar minyak alami bisa Anda jadikan pilihan, seperti minyak kelapa dan minyak macadamia.

  • Kuku patah bisa disebabkan dari penggunaan alat musik petik atau olahraga. Mengigit atau menggaruk dengan kuku juga dapat menyebabkannya patah. Selain menggunakan base coat tipe ini, hindarilah menggaruk dengan kuku. Kuku di ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah biasanya mudah patah. Cara menghindarinya adalah dengan memanfaatkan buku jari ketimbang memberi beban pada kuku.
2

Pilih base coat yang mudah digunakan

Produk yang mudah digunakan dan tidak menghabiskan waktu akan sangat membantu, terutama jika Anda seorang pemula. Berikut akan kami perkenalkan tipe two way dan peel off yang bisa Anda perhitungkan.

Two way atau all-in-one: Praktis digunakan untuk kuku

Two way atau all-in-one: Praktis digunakan untuk kuku

Jika Anda ingin mendapatkan tampilan kuku yang indah tanpa perlu membeli banyak produk, Anda bisa membeli tipe two way atau all-in-one. Tipe ini tidak hanya bisa digunakan sebagai base coat, tetapi juga top coat.


Sayangnya hasil akhir tipe two way cenderung kurang mengilap. Warnanya pun kurang bagus jika digunakan tanpa kuteks. Sebaiknya tipe ini hanya digunakan saat Anda tidak memiliki waktu untuk memulas banyak produk di kuku Anda. Anda juga bisa memakainya ketika membutuhkan kuku yang cantik untuk beberapa hari saja.

Peel off: Mudah dihapus tanpa nail polish remover

Peel off: Mudah dihapus tanpa nail polish remover


Sesuai namanya, base coat tipe peel off dapat dihapus hanya dengan dikelupas tanpa memerlukan nail polish remover. Jadi, rasanya seperti melepas stiker dari kuku.


Karena mudah dikelupas, tipe ini tidak bisa bertahan lebih dari 5 hari. Untuk itu, peel off base coat lebih direkomendasikan bagi Anda yang hanya ingin mempercantik kuku pada waktu tertentu. Produknya cocok digunakan saat pesta atau liburan saja.

3

Perhatikan warna-warna base coat

Perhatikan warna-warna base coat

Base coat tersedia dalam berbagai macam warna, dari yang bening, soft, hingga yang senada dengan warna kuteks. Apabila Anda khawatir dengan hasil yang tidak rata, pilihlah yang berwarna keputihan. Sebaliknya, warna kekuningan atau pink cocok untuk Anda yang kukunya kusam agar tampak lebih sehat.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Base Coat Kutek Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Base Coat Kutek terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 13 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Pilihan warna
Cepat kering
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utama
Varian isi
BPOM
1

Rosalind

Base Coat

Rosalind Base Coat 1

Rp50.000

Menengah

Base coat khusus kuteks gel, elegan dan praktis

Glossy

Bening

(*1)

Tidak diketahui

7 ml

Tidak diketahui

2

Revlon

Double Twist

Revlon Double Twist 1

Rp48.000

Menengah

Cepat kering dan bisa digunakan sebagai top coat sekaligus base coat

Glossy

Bening

Tidak diketahui

15 ml

NA18191505065

3

Tone

BASECOAT

Tone BASECOAT 1

Rp7.999

Lebih Murah

Mempercantik kuku dengan harga yang ekonomis!

Glossy

Bening

Tidak diketahui

8 ml

NA18211500116

4

INGLOT Cosmetics

O2M Breathable Base

INGLOT Cosmetics O2M Breathable Base 1

Rp315.000

Lebih Mahal

Memungkinkan kuku untuk tetap bernapas lega

Glossy

Bening

Tidak diketahui

11 ml

NC38161500398

5

O.P.I

Natural Nail Base Coat

O.P.I Natural Nail Base Coat 1

Rp142.800

Agak Mahal

Menawarkan shiny finish untuk kilau yang optimal

Glossy

Bening

Tidak diketahui

Ethyl acetate, alcohol denat/sd alcohol 40-b, butyl acetate, heptane, nitrocellulose, tosylamide/epoxy resin, isopropyl alcohol, trimethyl pentanyl diisobutyrate

15 ml

Tidak diketahui

6

BNC

Super Nail Hardener Base Coat

BNC  Super Nail Hardener Base Coat 1

Rp15.000

Agak Murah

Memperkuat kuku Anda dengan kalsium

Glossy

Bening

Tidak diketahui

15 ml

Tidak diketahui

7

Venalisa

Peel Off Base Coat

Venalisa Peel Off Base Coat 1

Rp69.999

Menengah

Bersihkan kuteks Anda semudah melepas stiker!

Glossy

Bening

(*1)

Tidak diketahui

7,5 ml

Tidak diketahui

8

Biola

Rubber Base Coat

Biola Rubber Base Coat  1

Rp89.999

Menengah

Dapat melindungi kuku dari noda kuteks warna gelap

Glossy

Bening

(*1)

Tidak diketahui

15 ml

Tidak diketahui

9

INGLOT Cosmetics

Natural Origin Base Coat

INGLOT Cosmetics Natural Origin Base Coat 1

Rp315.000

Lebih Mahal

Halal dan dapat melembapkan kuku

Glossy

Bening

Tidak diketahui

Sugar beet, tebu, jagung, kapas, bio ethanol

8 ml

Tidak diketahui

10

Flormar

Ridge Vanisher

Flormar Ridge Vanisher 1

Rp58.000

Menengah

Cara instan untuk meratakan kuku Anda

Glossy

Bening

Tidak diketahui

11 ml

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

RosalindBase Coat

Base Coat 1
Sumber: shopee.co.id
Base Coat 2
Sumber: shopee.co.id
Base Coat 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp50.000
Menengah
Harga referensi
Rp50.000
Menengah

Base coat khusus kuteks gel, elegan dan praktis

Bagi Anda pencinta kuteks atau nail art, Anda pasti sudah tidak asing dengan produk ini. Base coat kuteks ini sering direkomendasikan oleh beauty influencer karena menghasilkan nail art yang bagus. Teksturnya juga ringan. Namun, ingatlah bahwa produk Rosalind ini perlu dikeringkan dalam waktu dua hingga tiga menit di bawah sinar UV.

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat kering(*1)
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaTidak diketahui
Varian isi7 ml
BPOMTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

RevlonDouble Twist

Harga referensi
Rp48.000
Menengah

Cepat kering dan bisa digunakan sebagai top coat sekaligus base coat

Base coat kuteks ini memiliki tekstur yang cair dan bening seperti air. Formulanya pun sangat ringan dan cepat kering. Jadi, produk ini cocok untuk Anda yang tak suka berlama-lama menunggu kuteks kering. Cukup sekali oles, kuku Anda akan terlihat cantik dan sehat.


Selain sebagai base coat, Revlon Double Twist bisa Anda gunakan sebagai top coat. Dengan menggunakannya, cat kuku Anda akan jauh lebih tahan lama dan terlihat mengilap. Anda siap tampil cantik dengan kuku menawan? Jika iya, pilih produk ini!

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat kering
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaTidak diketahui
Varian isi15 ml
BPOMNA18191505065
View all
No.3

ToneBASECOAT

Harga referensi
Rp7.999
Lebih Murah

Mempercantik kuku dengan harga yang ekonomis!

Untuk Anda yang masih pemula dalam hal nail art, pilihlah base coat kuteks ini agar hasilnya makin cantik. Produk Tone ini memiliki formulasi yang simpel dan dapat digunakan oleh siapa saja. Cara melepasnya juga mudah karena bisa dikelupas tanpa nail polish remover.


Hasil pulasan base coat yang bagus untuk pemula ini juga tidak mudah menggumpal. Anda dapat dengan tenang mengaplikasikannya ke kuku. Selain itu, harga produk ini ramah di kantong bagi yang masih ingin mencoba.

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat kering
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaTidak diketahui
Varian isi8 ml
BPOMNA18211500116
View all
No.4

INGLOT CosmeticsO2M Breathable Base

Harga referensi
Rp315.000
Lebih Mahal

Memungkinkan kuku untuk tetap bernapas lega

Formula produk ini cukup unik. Air dan udara tetap dapat menembus kuku meski telah tertutupi oleh base coat kuteks. Jadi, selain membuatnya menjadi lebih cerah dan sehat, kuku bisa bernapas dan terjaga kelembapannya.


INGLOT O2M Breathable Base dapat digunakan bila Anda ingin memiliki kuku yang tampak berkilau dan tetap sehat. Tidak hanya itu, produk ini hadir dengan formula yang cepat kering dan minim bau menyengat.

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat kering
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaTidak diketahui
Varian isi11 ml
BPOMNC38161500398
View all
No.5

O.P.INatural Nail Base Coat

Harga referensi
Rp142.800
Agak Mahal

Menawarkan shiny finish untuk kilau yang optimal

Hadir dengan shiny finish, produk ini dapat memaksimalkan warna dari cat kuku yang Anda pakai. Base coat kuteks ini tahan hingga tujuh hari pemakaian. Kandungannya juga mencegah kuku berubah warna menjadi kuning. Jadi, Anda dapat mengaplikasikan kuteks tanpa takut kuku rusak. Untuk Anda yang menyukai hasil akhir shiny pada kuku, O.P.I Natural Nail Base Coat sangat pas untuk dicoba.

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat keringTidak diketahui
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaEthyl acetate, alcohol denat/sd alcohol 40-b, butyl acetate, heptane, nitrocellulose, tosylamide/epoxy resin, isopropyl alcohol, trimethyl pentanyl diisobutyrate
Varian isi15 ml
BPOMTidak diketahui
View all
No.6

BNC Super Nail Hardener Base Coat

Harga referensi
Rp15.000
Agak Murah

Memperkuat kuku Anda dengan kalsium

Jika Anda ingin mempercantik kuku sekaligus menutrisi kuku agar makin kuat, pertimbangkanlah produk ini. Mengandung kalsium, produk ini diklaim dapat meningkatkan ketahanan sekaligus mempersiapkan kuku Anda untuk diolesi kutek. Sangat cepat kering, Anda juga tak perlu menunggu waktu lama untuk bisa segera mengoleskan kutek favorit Anda.

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat kering
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaTidak diketahui
Varian isi15 ml
BPOMTidak diketahui
View all
No.7

VenalisaPeel Off Base Coat

Harga referensi
Rp69.999
Menengah

Bersihkan kuteks Anda semudah melepas stiker!

Setelah menggunakan kuteks, Anda tentu perlu membersihkan kuku ketika warnanya sudah mulai memudar. Biasanya Anda membutuhkan nail polish remover untuk menghapus kuteks. Tidak hanya ribet, membeli nail polish remover secara terpisah tentu akan menambah biaya.


Venalisa Peel Off Base Coat muncul sebagai solusinya. Produk ini dapat dibersihkan hanya dengan melepasnya seperti stiker. Base coat yang bagus ini juga membantu Anda melepas kuteks yang diaplikasikan di atasnya. Berkat kepraktisannya, produk ini cocok bagi Anda yang hanya ingin mengenakan kuteks pada saat tertentu saja.

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat kering(*1)
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaTidak diketahui
Varian isi7,5 ml
BPOMTidak diketahui
View all
No.8

BiolaRubber Base Coat

Harga referensi
Rp89.999
Menengah

Dapat melindungi kuku dari noda kuteks warna gelap

Beberapa produk kuteks dapat menodai kuku jika digunakan dalam waktu yang lama. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda dapat menggunakan produk ini. Base coat ini dapat menjaga agar warna kuteks tidak luntur ke kuku Anda. Tidak hanya itu, produk ini dapat menyatukan warna kuku agar terlihat alami saat memakai kuteks.


Dengan teksturnya yang menyerupai karet, Anda jadi dapat mengaplikasikan kuteks dengan lebih mudah. Base coat kuteks ini juga bebas dari formaldehyde, toluene, dan DBP yang akan membahayakan kuku Anda. Jika Anda ingin warna kuku yang natural, pilih Biola Rubber Base.

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat kering(*1)
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaTidak diketahui
Varian isi15 ml
BPOMTidak diketahui
View all
No.9

INGLOT CosmeticsNatural Origin Base Coat

Harga referensi
Rp315.000
Lebih Mahal

Halal dan dapat melembapkan kuku

Anda ingin menggunakan kuteks yang halal dan bisa ditembus air? Produk ini akan cocok untuk Anda. INGLOT Natural Origin Base Coat memiliki kandungan alami yang dapat ditembus air dan tentunya halal. Selain itu, produk ini dapat melembapkan kuku yang rapuh agar kembali sehat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin E, almond oil, dan avocado oil.


Berkat kelebihan tersebut, produk ini pas untuk Anda yang bermasalah dengan kuku rapuh dan kering. Base coat kuteks ini juga cocok untuk permukaan kuku yang bergelombang atau bergaris. Kuku Anda akan tampak lebih sehat dan terawat dengan produk ini.

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat keringTidak diketahui
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaSugar beet, tebu, jagung, kapas, bio ethanol
Varian isi8 ml
BPOMTidak diketahui
View all
No.10

FlormarRidge Vanisher

Harga referensi
Rp58.000
Menengah

Cara instan untuk meratakan kuku Anda

Anda sering merasa kesal karena hasil kutek yang kurang bagus akibat kuku tidak rata? Produk ini bisa Anda jadikan solusi permasalahan Anda. Produk ini dibuat supaya Anda dapat meratakan permukaan kuku secara instan. Jadi, Anda dapat mengolekan kutek dengan mudah dan merata di permukaan kuku. Permasalahan kuku bengkak atau menguning pun dapat diatasi tanpa memakan banyak waktu.

JenisGlossy
Pilihan warnaBening
Cepat kering
Warna pekat
Bebas zat berbahaya
Kandungan utamaTidak diketahui
Varian isi11 ml
BPOMTidak diketahui
View all

Tips untuk warna kuku yang tahan lama

Tips untuk warna kuku yang tahan lama

Kunci pewarnaan kuku yang tahan lama adalah memulaskan cat secara tipis. Jika ada minyak atau kotoran pada kuku, kuteks tidak akan menempel dengan baik. Jadi, pastikan Anda melakukan persiapan yang matang sebelum memulai pewarnaan kuku.


Pertama, Anda perlu mencuci tangan dan mendisinfeksi kuku dengan alkohol. Setelah itu, pastikan Anda mengoleskan kuteks dengan tipis secara hati-hati. Lapisan yang tebal dapat membuat hasil akhirnya kurang rata dan mengurangi keawetannya. Jangan lupa untuk memulasnya sampai rata, ya.


Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, pastikan Anda melapisi kuku dengan base coat sebelum menggunakan kuteks untuk menjaga kuku Anda. Hal ini dikarenakan warna dari kuteks lebih mudah menempel dan terlihat lebih intense pada permukaan kuku yang mulus.

5 Rekomendasi Base Coat Kutek terbaik

No. 1: RosalindBase Coat

No. 2: RevlonDouble Twist

No. 3: ToneBASECOAT

No. 4: INGLOT CosmeticsO2M Breathable Base

No. 5: O.P.INatural Nail Base Coat

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan kuku
  4. 10 Rekomendasi Base Coat Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.