10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2018)

Jika Anda gemar mewarnai kuku dengan cat kuku, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan base coat. Base coat digunakan sebelum Anda menggunakan kuteks atau nail polish. Kegunaannya adalah untuk menutupi kekurangan kuku sehingga kuku akan semakin indah setelah ditimpa nail polish.

Untuk mengetahui base coat yang cocok untuk Anda, kami akan memberikan sedikit tips dan panduan untuk memilihnya. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk base coat terbaik pilihan kami di akhir artikel ini. Nah, selamat membaca!

Daftar isi

Mengapa base coat diperlukan?

Mengapa base coat diperlukan?

Base coat dapat berperan sebagai dasar untuk cat kuku Anda. Produk ini juga dapat menutupi kekurangan yang ada pada permukaan kuku seperti kuku bergaris maupun kerusakan lainnya. Cat kuku yang diaplikasikan di atas base coat akan jauh lebih rapi dan lebih memiliki warna yang intense.

Base coat juga dapat melindungi kuku dari sentuhan langsung oleh cat kuku yang memiliki zat pewarna, sehingga zat pewarna tersebut tidak terserap langsung ke kuku Anda. Zat pewarna dalam cat kuku dapat membuat kuku Anda menguning jika tertutupi dalam waktu yang lama. Jadi, base coat juga dapat difungsikan sebagai pelindung kuku. Selain itu, base coat juga dapat membuat warna lebih awet karena warna cat kuku dapat memudar setelah beberapa hari jika tidak dilapisi dengan base coat.

Cara memilih base coat

Setiap orang memiliki jenis kuku yang berbeda. Ada orang yang memiliki kuku sehat, ada pula yang memiliki kuku yang sedikit bermasalah. Memiliki kuku bermasalah bukan menjadi penghalang Anda untuk menggunakan cat kuku. Anda cukup melapisinya dengan base coat yang tepat agar masalah kuku dapat tertutupi sebelum mengecat kuku dengan kuteks. Akan tetapi, bukan berarti kuku normal tidak perlu menggunakan base coat. Base coat tidak hanya menutupi kekurangan kuku, tetapi juga melindungi. Berikut adalah cara bagaimana memilih base coat sesuai dengan jenis kuku Anda.

Berbagai jenis base coat

Base coat memiliki berbagai macam tekstur dan fungsi. Untuk lebih mengetahui mana yang paling cocok untuk Anda, Anda perlu mengetahui kondisi kuku Anda.

Base coat untuk kuku normal

Base coat untuk kuku normal

Base coat yang melindungi kuku dan mempertahankan warna alami kuku, sebenarnya lebih ditujukan kepada Anda yang memiliki kuku normal. Untuk kuku normal, Anda dapat memilih base coat apa saja. Tujuan utamanya adalah agar zat pewarna pada cat kuku tidak meresap langsung ke kuku, sehingga kuku Anda tidak berubah warna menjadi kekuningan karena permukaannya tertutupi dalam waktu yang cukup lama.

Jika Anda memiliki kuku yang normal, Anda juga dapat menggunakan base coat saja tanpa menggunakan cat kuku. Hasilnya, kuku Anda akan lebih cantik bersinar. Anda juga dapat menggunakan base coat sebelum memoles cat kuku berjenis glitter yang umunya susah di hapus.

Base coat untuk permukaan kuku bergaris

Base coat untuk permukaan kuku bergaris

Garis-garis yang sering timbul pada permukaan kuku sebenarnya adalah kerutan yang terjadi pada kuku. Kerutan kuku disebabkan oleh keringnya kuku. Cat kuku yang diaplikasikan pada kuku bergaris-garis juga tidak akan menghasilkan finish yang rata. Untuk itu, Anda memerlukan base coat yang memiliki finish cembung agar dapat menyamarkan garis tersebut. Anda juga perlu memilih base coat yang dapat melembapkan.Dengan base coat yang melembapkan, garis pada permukaan kuku pun akan berkurang dan permukaannya pun terlindungi.

Base coat untuk kuku yang bermasalah

Base coat untuk kuku yang bermasalah

Ciri-ciri kuku yang rusak adalah mudah terbelah dan rapuh. Penyebab utamanya adalah kuku yang kering. Namun, ada juga kuku rusak yang disebabkan oleh benturan keras, sehingga bentuk kuku tidak lagi normal. Untuk kuku tipe ini, Anda disarankan untuk memilih base coat yang dapat memperkuat sekaligus melembapkan kuku Anda.

10 Rekomendasi base coat terbaik untuk kuku

Berikut ini adalah 10 rekomendasi produk base coat terbaik dari kami. Semoga Anda menemukan base coat yang tepat bagi Anda di antara produk di bawah ini, ya!

10. Silkygirl 2 in 1 Protective Base & Top Coat

10. Silkygirl 2 in 1 Protective Base & Top Coat

Lihat produk di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Base coat sekaligus top coat yang sangat lembut

Produk yang bervolume isi 11 ml ini tidak hanya berfungsi sebagai base coat, tetapi juga dapat digunakan sebagai top coatFinishnya yang shiny dan berwarna transparan akan membuat kuku Anda tampak lebih indah jika digunakan pula sebagai top coat.

Silkygirl 2 in 1 Protective Base & Top Coat ini memiliki tekstur yang kental dan terasa sangat lembut. Produk ini pun juga dapat mengering dengan cepat setelah diaplikasikan pada kuku Anda. Selain itu, produknya pun awet dan tidak mudah rusak. Produk ini cocok untuk digunakan oleh Anda yang memiliki kuku sehat dan normal.

9. Revlon Professional Double Twist Instant Base & Top Coat

9. Revlon Professional Double Twist Instant Base & Top Coat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.900

Base coat serbaguna yang cepat kering

Base coat ini memiliki tekstur yang cair dan bening seperti air. Meskipun cair, base coat ini tetap dapat mengering dengan cepat. Formulanya pun sangat ringan. Selain itu, Revlon Double Twist Instant Base & Top Coat ini juga dapat menjamin hasil cat kuku Anda mulus dan tidak pecah-pecah.

Base coat dari Revlon ini dapat digunakan oleh Anda yang memiliki jenis kuku normal. Produk ini juga dapat melindungi kuku Anda dari warna kekuningan. Selain itu, produk ini juga dapat digunakan sebagai top coat untuk hasil cat kuku yang lebih shiny.

8. MAVALA 002 Protective Base Coat

8. MAVALA 002 Protective Base Coat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Formula yang sedikit sticky agar nail polish lebih awet

Base coat bening ini memiliki tekstur yang sedikit lebih tebal daripada biasanya. Formulanya memang sedikit lebih sticky dari base coat lainnya, namun inilah yang membuat nail polish Anda lebih awet menempel pada kuku Anda. Anda pun dapat menikmati kuku cantik Anda lebih lama. Produk ini juga dapat mencegah cat kuku menjadi gampang pecah.

Produk ini tidak akan membuat zat warna cat menempel di kuku. Base coat dari Mavala ini cocok untuk Anda yang memiliki kuku bergaris-garis maupun kuku yang bermasalah. Selain itu, produk ini juga melindungi kuku dari warna kekuningan karena cat kuku.

7. Skinfood Nail Vita Base Coat

7. Skinfood Nail Vita Base Coat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Base coat yang tidak memiliki bau menyengat

Tidak seperti base coat atau nail polish yang biasanya memiliki bau menyengat, produk dari Skinfood ini sama sekali tidak berbau. Formula no-scent  dari Skinfood ini dapat membuat Anda memoleskan base coat ini dengan tenang. Selain itu, produk ini juga diperkaya vitamin agar kuku lebih sehat.

Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki kuku normal. Untuk Anda yang memiliki kuku bergaris yang tidak terlalu nampak, Anda juga dapat menggunakannya karena produk ini dapat menutupinya. Sayangnya, isi base coat ini cepat kering, bahkan satu bulan setelah Anda membukanya.

6. Etude House Play Nail New -#Smoothing Base Coat

6. Etude House Play Nail New -#Smoothing Base Coat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 36.000

Diperkaya dengan vitamin dan keratin

Base coat dari Etude House ini memiliki kandungan vitamin dan keratin. Jadi, jangan khawatir kuku Anda akan rusak akibat sering menggunakan nail polish. Vitamin dan keratin yang ada dalam produk ini dapat memberikan nutrisi ke kulit kuku sehingga kuku lebih sehat dan halus.

Produk base coat dari brand Korea ini dapat digunakan oleh kuku bergaris dan dapat membuat kuku Anda tampak lebih halus karena kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Selain itu, produk ini juga dapat menghindarkan nail polish dari keretakan.

5. Wet n Wild Wild Shine Protective Base Coat

5. Wet n Wild Wild Shine Protective Base Coat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.000

Dengan high-shine finish yang dapat memaksimalkan warna nail polish

Produk base coat ini merupakan produk favorit banyak orang karena keunggulan formulanya. Selain itu,  harganya juga ramah di kantong. Dengan finish high-shine, produk dari Wet n Wild ini dapat memaksimalkan warna dari nail polish yang Anda pakai. Selain itu, produk ini bebas dari formaldehyde, toluene, dan phthalates yang akan membahayakan kuku Anda.

Wet n Wild Wild Shine Nail Color Base Coat ini juga dapat melindungi kuku Anda agar tidak rusak akibat pemakaian nail polish. Produk ini dapat digunakan oleh Anda yang memiliki kuku sehat dan normal. Dapat juga digunakan tanpa nail polish agar kuku Anda tampak bersinar alami.

4. Inglot O2M Breathable Base

4. Inglot O2M Breathable Base

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 190.000

Membuat kuku tetap bernapas

Formula dari Inglot O2M Breathable base coat ini cukup unik, karena air dan udara tetap dapat menembus kuku meskipun telah tertutupi base coat. Sehingga, kuku tetap dapat bernapas dan tetap lembap meskipun telah tertutupi base coat. Produk ini juga dapat membuat warna kuku menjadi lebih cerah dan sehat, cocok untuk kuku yang normal.

Base coat dari Inglot ini dapat digunakan para wanita Muslim karena air tetap akan dapat menembus kuku Anda ketika berwudu. Sayangnya, hal tersebut hanya berlaku pada lapisan pertama saja, karena lapisan kedua membuat air tidak lagi dapat menembus permukaannya.

3. Catrice Ultra Stay & Gel Shine Base Coat

3. Catrice Ultra Stay & Gel Shine Base Coat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Base coat yang dapat mengunci nail polish

Base coat dari Catrice ini tidak hanya menjadi dasar nail polish tetapi juga menjadi pengunci nail polish itu sendiri. Pengaplikasian nail polish juga akan menjadi mulus setelah menggunakan produk ini. Selain itu, Anda tidak perlu mengeringkan nail polish dengan lampu LED karena base coat ini cepat mongering. Anda pun tetap dapat membersihkannya dengan nail polish remover.

Produk dari Catrice ini juga bersifat vegan, sehingga Anda yang vegetarian tidak perlu khawatir dengan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Karena bentuknya yang gel, base coat ini dapat digunakan oleh Anda yang memiliki permukaan kuku kurang sempurna seperti bergaris dan kuku yang tidak rapi.

2. Catrice Gel Like 2 in 1 Base & Top Coat

2. Catrice Gel Like 2 in 1 Base & Top Coat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Base coat multi fungsi yang melindungi kuku

Seperti namanya, base coat ini juga memiliki fungsi sebagai top coat atau pelapis kuku setelah penggunaan nail polish. Bentuknya yang seperti gel dapat melapisi kuku dan menyamarkan garis-garisnya sehingga kuku akan lebih halus setelah menggunakan produk ini, sangat cocok untuk permukaan kuku Anda yang bergaris.

Selain menghaluskan permukaan kuku, Catrice Gel Like 2 in 1 Base & Top Coat ini dapat melindungi kuku dari perubahan warna kuku yang menjadi kuning akibat tertutupi nail polish. Base coat dari Catrice ini juga dapat membuat warna cat kuku Anda tahan lama.

1. L.A. Girl Nail Treatments Hydrating Base Coat

1. L.A. Girl Nail Treatments Hydrating Base Coat

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 90.000

Membantu pertumbuhan dan melembapkan kuku

Salah satu varian nail treatments dari L.A. Girl ini berwarna biru muda transparan namun tidak akan mengubah warna nail polish yang akan diaplikasikan setelahnya. Keunggulan dari produk ini yaitu dapat melembapkan kuku yang rapuh, sehingga kuku Anda pun sehat kembali. Selain itu, produk ini juga membantu pertumbuhan kuku menjadi lebih baik.

Base coat dari L.A. Girl ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah kuku rapuh dan kering, karena dapat melindungi kuku Anda. Cocok juga untuk permukaan kuku Anda yang bergaris. Kuku Anda pun akan tampak lebih sehat terawat dengan menggunakan base coat ini.

Bila menggunakan base coat, lengkapi juga dengan top coat!

Bila menggunakan base coat, lengkapi juga dengan top coat!

Untuk hasil terbaik, gunakanlah juga top coat di samping penggunaan base coat. Base coat berguna untuk melindungi kuku Anda, sedangkan top coat berguna untuk melindungi nail polish Anda agar tetap indah.

Penggunaan top coat bersama dengan base coat juga penting saat Anda melakukan manicure ataupun nude manicure. Dengan perlindungan ganda ini, kuku Anda pun akan selalu sehat terawat dan sedap dipandang.

Kesimpulan

Pengggunaan base coat merupakan step yang tidak boleh terlewatkan ketika hendak mengecat kuku. Hal itu karena base coat dapat melindungi kuku dari sentuhan nail polish secara langsung yang mungkin dapat merusak kuku Anda. Base coat biasanya juga memiliki kandungan yang dapat membuat kuku menjadi lebih sehat dan mencegah kuku berubah warna menjadi kekuningan.

Jadi, apakah Anda sudah mengetahui jenis kuku dan base coat yang sesuai dengan kuku Anda? Jika sudah, semoga Anda dapat memilih base coat yang paling tepat dari 10 rekomendasi produk di atas agar kuku cantik Anda tetap sehat terawat.