• 10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Base Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022)

Anda yang gemar mewarnai kuku pasti sudah tidak asing lagi dengan base coat. Base coat digunakan sebelum Anda mengaplikasikan cat kuku. Kegunaannya adalah untuk melindungi, memperkuat, dan meratakan tekstur kuku sebelum diwarnai. Selain itu, warna dari kuteks jadi terlihat lebih sehat dan indah.


Terdapat beragam merek base coat yang bagus dengan keunggulannya masing-masing di pasaran, seperti INGLOT, Tone dan O.P.I. Untuk itu, kami akan berbagi rekomendasi base coat terbaik yang bisa Anda miliki. Namun, kami akan menjelaskan tips cara memilih base coat terlebih dahulu untuk Anda. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 Juli 2022
Daftar isi

Apa perbedaan base coat, top coat, dan primer kuku?

Apa perbedaan base coat, top coat, dan primer kuku?
Base coattop coat, dan primer kuku mungkin terlihat sangat mirip. Hal ini dikarenakan ketiganya menggunakan bahan dasar yang sama. Namun, peran ketiganya berbeda. Karena itu, ada sedikit perbedaan pada perpaduan bahannya. Berikut penjelasannya.

  • Base coat

Seperti namanya, base coat adalah cairan bening yang dioleskan sebelum Anda mengaplikasikan kuteks. Base coat berfungsi untuk memperbaiki tekstur kuku agar lebih mudah diwarnai dan meningkatkan keawetan warnanya. Kuteks juga dapat menempel lebih mudah ketika Anda menggunakan base coat.


  • Top coat 

Top coat dirancang untuk melindungi, memberi kesan mengilap, dan mencegah kerusakan pada kuteks. Biasanya top coat digunakan setelah mengaplikasikan kuteks. Alhasil, kuteks Anda tidak akan mudah terkelupas.


  • Primer kuku

Pelapis lain yang dapat Anda temukan adalah primer kuku. Berbeda dengan base coat, primer kuku berfungsi untuk merekatkan kuku palsu yang terbuat dari akrilik. Primer kuku dapat memperkuat dan mengurangi gelombang udara dalam kuku.


Bagi Anda yang senang mewarnai kuku, optimalkan hasilnya dengan base coat dan top coat. Base coat berfungsi untuk melindungi kuku Anda. Sementara itu, top coat memberikan hasil akhir yang bagus dan tahan lama.

Cara memilih base coat

Berikut adalah tiga hal yang harus Anda perhatikan saat Anda memilih base coat. Mari simak penjelasan lengkapnya agar Anda mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan.

Sesuaikan tipenya dengan kondisi kuku

Base coat terdiri dari beragam tipe yang bisa dipilih. Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi kuku Anda. Berikut akan kami perkenalkan beberapa tipe base coat beserta penjelasannya.

Reguler, untuk kuku normal

Reguler, untuk kuku normal

Jika kuku Anda tidak bermasalah, gunakan base coat reguler yang ditujukan untuk melindungi kuku dan mempertahankan warna kuteks. Anda bisa menggunakan base coat reguler selama kondisi kuku Anda tidak bergelombang atau mudah patah.


Ketika memilih base coat untuk kuku normal, sebaiknya Anda memilih yang mudah digunakan daripada mempertimbangkan efek yang dihasilkan. Hal ini akan mempermudah Anda ketika ingin mewarnai kuku. Efek dari base coat reguler juga tidak terlalu terlihat jika Anda ingin menutupnya dengan kuteks.

Ridge filler, meratakan tekstur kuku yang tidak rata dan bergaris

Ridge filler, meratakan tekstur kuku yang tidak rata dan bergaris

Jika Anda merasa permukaan kuku tidak rata, bergaris, atau bergelombang saat disentuh, gunakan base coat tipe ini. Kuteks yang diaplikasikan pada kuku bergelombang akan memberi hasil yang tidak rata. Karena itu, memakai base coat tipe ridge filler akan membantu meratakan permukaan kuku Anda.


Perlu Anda ketahui bahwa garis dan gelombang pada kuku adalah kerutan akibat kuku yang kering. Memulaskan kuteks secara langsung tanpa base coat dapat memperparah kondisi tersebut. Untuk mencegah kuku menjadi kering, memilih base coat dengan kandungan pelembap bisa dijadikan salah satu cara.

Nail hardener, memperkuat kuku yang mudah mengelupas dan patah

Nail hardener, memperkuat kuku yang mudah mengelupas dan patah

Jika Anda bermasalah dengan kuku yang mudah patah, kami anjurkan agar Anda memilih base coat tipe nail hardener. Base coat ini dapat melindungi kuku dari benturan dan memperkuatnya. Jika Anda masih bingung apakah kuku Anda membutuhkan base coat tipe ini atau tidak, simak uraian berikut.


  • Kekeringan bisa saja menjadi penyebab kuku Anda lemah dan mudah mengelupas. Jika Anda mengalaminya, gunakan base coat tipe nail hardener yang mengandung pelembap. Produk berbahan dasar minyak alami bisa Anda jadikan pilihan, seperti minyak kelapa dan minyak macadamia.

  • Kuku patah bisa disebabkan dari penggunaan alat musik petik atau olahraga. Mengigit atau menggaruk dengan kuku juga dapat menyebabkannya patah. Selain menggunakan base coat tipe ini, hindarilah menggaruk dengan kuku. Kuku di ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah biasanya mudah patah. Cara menghindarinya adalah dengan memanfaatkan buku jari ketimbang memberi beban pada kuku.

Pilih base coat yang mudah digunakan

Produk yang mudah digunakan dan tidak menghabiskan waktu akan sangat membantu, terutama jika Anda seorang pemula. Berikut akan kami perkenalkan tipe two way dan peel off yang bisa Anda perhitungkan.

Two way atau all-in-one: Praktis digunakan untuk kuku

Two way atau all-in-one: Praktis digunakan untuk kuku

Jika Anda ingin mendapatkan tampilan kuku yang indah tanpa perlu membeli banyak produk, Anda bisa membeli tipe two way atau all-in-one. Tipe ini tidak hanya bisa digunakan sebagai base coat, tetapi juga top coat.


Sayangnya hasil akhir tipe two way cenderung kurang mengilap. Warnanya pun kurang bagus jika digunakan tanpa kuteks. Sebaiknya tipe ini hanya digunakan saat Anda tidak memiliki waktu untuk memulas banyak produk di kuku Anda. Anda juga bisa memakainya ketika membutuhkan kuku yang cantik untuk beberapa hari saja.

Peel off: Mudah dihapus tanpa nail polish remover

Peel off: Mudah dihapus tanpa nail polish remover

Sesuai namanya, base coat tipe peel off dapat dihapus hanya dengan dikelupas tanpa memerlukan nail polish remover. Jadi, rasanya seperti melepas stiker dari kuku.


Karena mudah dikelupas, tipe ini tidak bisa bertahan lebih dari 5 hari. Untuk itu, peel off base coat lebih direkomendasikan bagi Anda yang hanya ingin mempercantik kuku pada waktu tertentu. Produknya cocok digunakan saat pesta atau liburan saja.

Perhatikan warna-warna base coat

Perhatikan warna-warna base coat

Base coat tersedia dalam berbagai macam warna, dari yang bening, soft, hingga yang senada dengan warna kuteks. Apabila Anda khawatir dengan hasil yang tidak rata, pilihlah yang berwarna keputihan. Sebaliknya, warna kekuningan atau pink cocok untuk Anda yang kukunya kusam agar tampak lebih sehat.

10 Rekomendasi base coat terbaik untuk kuku

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk base coat terbaik untuk kuku yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 12 Juli 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, L.A. Girl Cosmetics Nail Treatments Hydrating Base Coat menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Rosalind Base Coat memiliki angka penjualan tertinggi.

10

INGLOT CosmeticsNatural Origin Base Coat

Mulai dari Rp 295.000,00

Tipe Reguler dengan fungsi nail care
Kondisi kukuNormal, bergaris, rapuh
WarnaBening
9

O.P.IInfinite Shine Ridge Filler Primer

Mulai dari Rp 195.000,00

Tipe Ridge filler
Kondisi kukuBergaris
WarnaPink pucat
8
Tipe Reguler
Kondisi kukuNormal
WarnaBening
7
Tipe Reguler, peel off
Kondisi kukuNormal
WarnaBening
6
Tipe Reguler
Kondisi kukuNormal
WarnaPink transparan
5

Nature RepublicColor & Nature Nail Care Base Coat

Mulai dari Rp 55.000,00

Tipe Reguler dengan fungsi nail care
Kondisi kukuNormal, bergaris, rapuh
WarnaPink transparan
4
Tipe Reguler
Kondisi kukuNormal
WarnaPutih
3
Tipe Reguler, two way
Kondisi kukuNormal
WarnaBening
2
Tipe Reguler, peel off
Kondisi kukuNormal
WarnaKrem
1
Tipe Reguler dengan fungsi nail care
Kondisi kukuNormal
WarnaBening

Tabel perbandingan produk base coat terbaik untuk kuku

Gambar produk
1
Rosalind Base Coat 1

Rosalind

2
Tone Base Coat 1

Tone

3
Revlon Double Twist 1

Revlon

4
INGLOT Cosmetics O2M Breathable Base 1

INGLOT Cosmetics

5
Nature Republic Color & Nature Nail Care Base Coat 1

Nature Republic

6
O.P.I Natural Nail Base Coat 1

O.P.I

7
Venalisa Peel Off Base Coat 1

Venalisa

8
Biola Rubber Base Coat  1

Biola

9
O.P.I Infinite Shine Ridge Filler Primer 1

O.P.I

10
INGLOT Cosmetics Natural Origin Base Coat 1

INGLOT Cosmetics

Nama produk

Base Coat

Base Coat

Double Twist

O2M Breathable Base

Color & Nature Nail Care Base Coat

Natural Nail Base Coat

Peel Off Base Coat

Rubber Base Coat

Infinite Shine Ridge Filler Primer

Natural Origin Base Coat

Keunggulan

Base coat khusus kuteks gel, elegan dan praktis

Mempercantik kuku dengan harga yang ekonomis!

2-in-1, bisa digunakan sebagai top coat dan base coat

Memungkinkan kuku untuk tetap bernapas lega

Diperkaya camellia oil yang menjaga kesehatan kuku

Menawarkan shiny finish untuk kilau yang optimal

Bersihkan kuteks Anda semudah melepas stiker!

Dapat melindungi kuku dari noda kuteks warna gelap

Kaya akan antioksidan untuk membantu merawat kuku

Halal dan dapat melembapkan kuku

Harga mulai dariRp 26.500,00Rp 6.999,00Rp 47.000,00Rp 285.000,00Rp 55.000,00Rp 180.000,00Rp 47.823,00Rp 119.999,00Rp 195.000,00Rp 295.000,00
Tipe Reguler dengan fungsi nail careReguler, peel offReguler, two wayRegulerReguler dengan fungsi nail careRegulerReguler, peel offRegulerRidge fillerReguler dengan fungsi nail care
Kondisi kukuNormalNormalNormalNormalNormal, bergaris, rapuhNormal NormalNormal BergarisNormal, bergaris, rapuh
WarnaBeningKremBeningPutihPink transparanPink transparanBeningBeningPink pucatBening
Tautan produk

Tips untuk warna kuku yang tahan lama

Tips untuk warna kuku yang tahan lama

Kunci pewarnaan kuku yang tahan lama adalah memulaskan cat secara tipis. Jika ada minyak atau kotoran pada kuku, kuteks tidak akan menempel dengan baik. Jadi, pastikan Anda melakukan persiapan yang matang sebelum memulai pewarnaan kuku.


Pertama, Anda perlu mencuci tangan dan mendisinfeksi kuku dengan alkohol. Setelah itu, pastikan Anda mengoleskan kuteks dengan tipis secara hati-hati. Lapisan yang tebal dapat membuat hasil akhirnya kurang rata dan mengurangi keawetannya. Jangan lupa untuk memulasnya sampai rata, ya.


Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, pastikan Anda melapisi kuku dengan base coat sebelum menggunakan kuteks untuk menjaga kuku Anda. Hal ini dikarenakan warna dari kuteks lebih mudah menempel dan terlihat lebih intense pada permukaan kuku yang mulus.

Baca juga rekomendasi produk perawatan kuku lainnya di sini

Agar kuku terawat secara optimal, Anda perlu menggunakan top coat setelah memakai base coat dan kuteks. Nail file atau kikir juga bisa digunakan untuk mempercantik kuku. Rekomendasi produknya sudah kami siapkan untuk Anda. Yuk, kunjungi link berikut!

Kesimpulan

Base coat adalah item penting yang harus dimiliki bila Anda gemar mewarnai kuku. Anda dapat mengoleskan base coat secara tipis sebelum menggunakan kuteks. Base coat akan membantu melindungi kuku dari kerusakan, meratakan tekstur kuku, dan menjaga warna alami kuku Anda.


Pemilihan base coat bisa disesuaikan dengan kondisi kuku Anda. Jadi, selamat memilih base coat terbaik yang sesuai untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Kuteks yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kuteks yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Di pasaran telah tersedia beragam kuteks dengan banyak keunggulan dan harga yang tergantung pada kualitasnya. Anda bisa menemukan kuteks peel off, kuteks bening, dan lain sebagainya. Kuteks untuk kulit sawo matang pun ada. Pilihan kuteks yang terlampau banyak ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya.Untuk itu, kami akan membahas poin cara memilih kuteks terbaik agar Anda bisa mendapat hasil yang kece. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek kuteks yang bagus. Ada produk dari MS Glow, Implora, dan lainnya. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Vitamin Kuku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Vitamin Kuku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk memperbaiki kuku yang rusak, rapuh, atau mudah patah, Anda memerlukan vitamin untuk kuku atau serum kuku. Sementara itu, untuk kuku dengan kondisi khusus, misalnya berjamur, Anda membutuhkan vitamin kuku yang khusus pula. Namun, Anda tidak perlu repot mencari vitamin kuku di apotik untuk mendapatkannya karena Anda bisa membeli secara online.Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu. Setelahnya, berbagai rekomendasi vitamin kuku yang bagus, seperti produk merek O.P.I, Revlon, hingga The Body Shop akan kami berikan. Simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Alat Pengering Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Alat Pengering Kutek Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kutek dapat membuat penampilan jadi lebih maksimal, tetapi Anda harus menunggu 10–30 menit agar kutek kering maksimal. Waktu yang dibutuhkan bisa jadi lebih lama jika kutek yang diaplikasikan terdiri dari beberapa lapis. Sebenarnya, ada cara cepat untuk mengeringkan kutek yang dioleskan pada kuku, salah satunya menggunakan alat pengering kutek.Alat pengering kutek menggunakan sinar UV atau LED sehingga proses pengeringannya lebih cepat. Ada beragam merek alat pengering kutek di pasaran, seperti Beurer dan SUNUV. Untuk membantu Anda, kami telah menyiapkan tips memilih alat pengering kutek yang bagus. Disimak, yuk!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Top Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Top Coat Terbaik untuk Kuku (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kuku cantik adalah hal yang menyenangkan bagi wanita. Nah, keberadaan top coat menjadi penting karena dapat menambah kecantikan kuku. Top coat berfungsi untuk memberikan hasil akhir atau finishing kutek serta mengilapkan kuku. Ada juga jenis top coat yang berwarna, matte dan glossy.Di artikel ini kami akan menjelaskan berbagai top coat nail polish yang bagus. Anda akan menemukan beragam merek populer, mulai dari OPI, Revlon, hingga kutek halal INGLOT. Dengan memakai top coat, kuku akan terlihat makin cantik. Pilihlah top coat yang tepat dan nikmatilah kuku indah bersinar!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Nail File (Kikir Kuku) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nail File (Kikir Kuku) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nail file atau kikir kuku merupakan item esensial untuk merawat kuku. Orang yang memiliki kuku rapuh, mudah patah, atau ingin menjaga kukunya tetap pendek disarankan untuk memakai item ini. Bahan dan jenis nail file sangat beragam, hal tersebut bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi nail file yang bisa dibeli secara online sambil menjelaskan perbedaannya masing-masing. Anda pun dapat menemukan produk yang bagus dari merek The Body Shop dan Tammia di artikel ini. Rawatlah kuku Anda dengan baik dan miliki kuku indah berkilau!
    Perawatan kuku
  • 10 Rekomendasi Kuku Palsu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kuku Palsu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tiap wanita pasti ingin kukunya tampak cantik, terutama saat hari spesial. Salah satu item praktis yang bisa mempercantik tangan Anda dalam sekejap adalah kuku palsu. Anda bisa memakainya untuk berbagai acara, mulai dari sekadar hang out hingga acara wedding.Khusus untuk Anda, kami akan mengulas cara memilih kuku palsu. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan merek kuku palsu yang bagus, seperti Eze Nails, Justice, dan MIISOO. Anda bisa memilih kuku palsu bermotif ataupun produk dengan nuansa matte yang kece. Bacalah artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perawatan kuku
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori