10 Rekomendasi Nail File (Kikir Kuku) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Nail File (Kikir Kuku) Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Nail file atau kikir kuku merupakan item esensial untuk merawat kuku. Orang yang memiliki kuku rapuh, mudah patah, atau ingin menjaga kukunya tetap pendek disarankan untuk memakai item ini. Masalahnya, bahan dan jenis nail file sangat beragam. Pengoperasiannya pun ada yang manual maupun elektrik. Hal ini tentunya membuat Anda bingung menentukan mana yang cocok untuk kuku Anda.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan rekomendasi nail file yang bisa Anda beli secara online sambil menjelaskan perbedaannya masing-masing. Setelah membaca artikel ini, Anda yang terbiasa menggunakan gunting kuku pasti ingin beralih menggunakan nail file. Rawatlah kuku Anda dengan baik dan miliki kuku yang indah berkilau!

Daftar isi

Mari gunakan nail file untuk merapikan kuku!

Masih banyak orang yang mengandalkan gunting kuku untuk merapikan kukunya. Namun untuk orang yang memiliki kuku rapuh atau mudah patah, disarankan mengganti gunting kuku dengan nail file. Hal ini untuk menghindari kuku terbelah atau terpotong terlalu pendek, sehingga melukai jari Anda.

Apa itu nail file?

Apa itu nail file?

Nail file adalah alat pengikir yang khusus digunakan untuk kuku. Alat ini digunakan dengan cara menggosokkan kuku pada permukaannya untuk membuat kuku menjadi pendek. Anda juga bisa menggosokkannya pada permukaan kuku untuk mendapatkan kuku yang berkilau.

Pada nail file, terdapat bagian kasar yang dapat Anda gunakan untuk memotong dan membentuk kuku Anda. Lalu terdapat bagian sponge lembut untuk menghaluskan dan mengilapkan kuku. Semakin banyak orang yang menyenangi nail art, membuat jenis nail file juga semakin beragam.

Mengapa nail file lebih baik daripada gunting kuku?

Mengapa nail file lebih baik daripada gunting kuku?

Walaupun menggunakan gunting kuku lebih mudah dan cepat, efek tekanan yang dihasilkan dapat menyebabkan retak yang tak terlihat pada kuku Anda. Kuku Anda bertumbuh setiap hari tanpa disadari. Tingkat kelembaban serta minyak pada ujung kuku Anda akan terus berkurang sehingga menjadi kering. Ketika kuku Anda semakin kering, kuku akan jadi mudah patah dan terbelah saat Anda potong menggunakan gunting kuku.

Saat kuku yang patah tadi Anda potong kembali menggunakan gunting kuku untuk memperbaikinya, maka kuku dapat terbelah lagi dan begitu seterusnya. Akibatnya, bisa jadi Anda malah terlalu pendek dalam memotong kuku Anda. Di sisi lain, penggunaan nail file disarankan karena tidak memberikan tekanan pada kuku yang dapat membuatnya patah dan hasilnya lebih lembut untuk kuku Anda.

Memang menggunakan nail file untuk kuku yang panjang akan memakan waktu lama, karena itu untuk menyiasatinya potonglah dahulu menggunakan gunting kuku. Setelah itu, barulah Anda sesuaikan panjang kuku menggunakan nail file. Namun bagi Anda yang memiliki kuku rapuh, tetap disarankan menggunakan nail file saja agar kuku tidak patah atau rusak.

Cara memilih nail file terbaik

Nail file memiliki banyak jenis tergantung material pembuat dan tujuan penggunaannya. Karena itu, disarankan Anda memilih nail file yang tepat agar nyaman digunakan dan hasilnya pun memuaskan. Tidak ada salahnya juga untuk memiliki beberapa jenis nail file dengan tujuan berbeda. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan kuku yang cantik.

Jadi, hal apa yang harus Anda perhatikan? Nah, kami akan menjelaskan nail file yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

3 jenis material pembuat nail file

Bahan pembuat nail file memiliki berbagai fungsi dan tujuan. Berbeda bahan materil, maka akan menghasilkan fitur yang berbeda pula. Contohnya, berbahan lembut agar tidak membebani kuku, memotong lebih cepat dari jenis nail file lain, tidak mudah rusak, dan sebagainya. Namun secara garis besar materialnya dibagi menjadi 3 jenis. Berikut penjelasan lengkapnya.

Bahan metal : kuat, tahan lama, dan membentuk kuku dengan cepat

Bahan metal : kuat, tahan lama, dan membentuk kuku dengan cepat

Nail file berbahan ini, umumnya memiliki ukuran beragam dari yang berukuran besar hingga berukuran kecil. Anda juga bisa menemukannya nail file berbahan metal di balik gagang gunting kuku Anda. Nail file bermaterial metal ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin memotong kuku dengan cepat.

Karena bahannya keras dan dapat dengan mudah digunakan tanpa banyak tenaga, Anda harus berhati-hati agar tidak memotong kuku terlalu pendek. Namun yang pasti, bahan ini awet dan bisa digunakan untuk jangka waktu lama. Anda juga dapat mencucinya, namun segeralah keringkan sisa air yang menempel agar nail file tidak berkarat.

Bahan kertas : memotong dengan lembut

Bahan kertas : memotong dengan lembut

Nail file dengan bahan jenis ini paling banyak dijual di pasaran. Pada jenis ini, kertas ampelas akan ditempelkan pada sisi depan dan sisi belakang pegangan nail file. Bahan dasar pegangan bisa bermacam-macam, misalnya kayu, plastik, atau sponge. Menggunakan nail file dengan pegangan berbahan dasar kayu atau plastik tidak akan membuat Anda memotong kuku terlalu pendek sekalipun Anda menggunakan banyak tenaga. Hal ini disebabkan bahan ini cukup fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan tekanan tenaga Anda.

Kelemahan jenis ini adalah semakin lama Anda gunakan maka kertas ampelasnya akan menjadi halus, sehingga mengurangi efektifitasnya. Berhubung harganya murah, Anda disarankan untuk membeli beberapa buah sekaligus, sehingga Anda dapat dengan mudah menggantinya saat kertas ampelasnya tidak lagi berfungsi dengan baik.

Bahan kaca : mencegah gerigi dari hasil memotong kuku

Bahan kaca : mencegah gerigi dari hasil memotong kuku

Nail file dari bahan dasar kaca dibuat secara khusus untuk memotong dan merapikan kuku hingga ke detailnya. Nail file dari bahan ini dapat bekerja dengan cepat dan lembut di kuku. Anda juga dapat menggunakannya dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Risiko kuku Anda menjadi bergerigi atau terbelah akan semakin berkurang.

Bahan yang terbuat dari kaca ini juga memudahkan Anda untuk mencucinya setiap habis digunakan agar tetap bersih. Jenis nail file ini juga tidak akan berkurang kualitasnya, sehingga bisa dikatakan nail file ini dapat Anda gunakan selamanya. Karena terbuat dari kaca, tentu akan mudah pecah bila sampai terjatuh, jadi berhati-hatilah saat menggunakannya, ya!

Perhatikan bentuk nail file

Setelah mengetahui berbagai bahan pembuatnya, sekarang saatnya mengenal berbagai bentu nail file. Jika nail file Anda nyaman digenggam, Anda akan bisa menggunakannya dengan lebih efisien.

Model lurus : model klasik yang mudah digunakan

Model lurus : model klasik yang mudah digunakan

Model lurus adalah model klasik yang paling mudah Anda temukan di pasaran. Kenyamanan penggunaan akan berbeda tergantung ketebalannya. Untuk itu, disarankan Anda menggenggamnya terlebih dahulu sebelum membeli untuk dapat mengetahui kenyamanan nail file saat digunakan.

Model diamond : mudah mengikir sudut kecil kuku maupun permukaan yang lebar

Model diamond : mudah mengikir sudut kecil kuku maupun permukaan yang lebar

Nail file berbentuk diamond ini memiliki bagian yang menyempit dan melebar. Bagian menyempit digunakan untuk membentuk kuku pada sudut yang kecil, sedangkan bagian lebar dapat digunakan untuk permukaan yang lebih luas. Karena bentuknya yang unik, mungkin Anda akan sedikit bingung saat pertama kali menggunakannya.Tapi setelah Anda terbiasa, Anda pasti akan menyukai menggunakan nail file jenis ini.

Model curve : cocok digunakan untuk bagian melengkung pada kaki

Model curve : cocok digunakan untuk bagian melengkung pada kaki

Pada jenis ini ada berbagai variasi bentuk, misalnya berbentuk setengah lingkaran dimana salah satu sisinya melengkung, namun satu sisinya lagi lurus. Ada juga yang berbentuk seperti bumerang dimana kedua sisinya sama-sama melengkung. Nail file jenis ini akan cocok digunakan untuk permukaan yang melengkung seperti permukaan kuku kaki. Jenis ini juga banyak ditemukan pada nail file untuk kuku palsu.

Ketepatan besar grit yang harus digunakan

Ketepatan besar grit yang harus digunakan

Tingkat kekasaran permukaan nail file akan berbeda-beda satu sama lain. Nah, satuan ukuran untuk tingkat kekasaran permukaan nail file ini disebut G (grit). Semakin besar angka grit, hasilnya pada kuku akan semakin halus. Sebaliknya, angka yang kecil pada grit menandakan permukaan nail file semakin kasar sehingga memudahkan Anda memotong kuku.

Jika pada suatu nail file tertulis “100/180”, artinya tingkat kekasaran antara sisi depan dan sisi belakangnya berbeda. Yang berangka kecil akan lebih kasar, sedangkan angka besar berarti lebih halus. Anda akan mengetahuinya saat meraba permukaan nail file tersebut dengan tangan.

Dikatakan bahwa nail file yang mudah digunakan memiliki grit berkisar antara 150 sampai 220 G. Jika Anda sudah memiliki nail file dengan grit 100/180, gunakanlah sisi 100 G untuk memendekkan kuku Anda. Lalu sisi satunya dapat Anda gunakan untuk merapikan dan menghaluskan kuku. Namun jika kuku Anda rapuh, sebaiknya gunakan sisi grit yang berangka besar saja.

Jenis elektrik yang semakin populer

Jenis elektrik yang semakin populer

Jika dulu jenis ini hanya digunakan oleh para nail artist profesional, kini sudah banyak yang menggunakannya untuk pemakaian pribadi di rumah. Akan menguntungkan bila Anda memiliki banyak jenis pilihan kepala kikirannya. Namun sebelum membelinya, cek dulu apakah kira-kira kepala kikirnya ini sesuai dengan tujuan pemakaian Anda. Karena jika tidak sesuai, mungkin Anda tidak bisa memakainya walau sudah membeli.

Tipe elektrik ini sangat berguna bila Anda ingin membersihkan kutek berjenis gel atau akrilik. Cocok juga digunakan untuk Anda yang menginginkan kuku berkilau, namun kurang pandai dalam menggunakan nail file manual. Meski praktis, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya agar tidak memotong kuku terlalu dalam. Karena itu, gerakanlah perlahan agar kuku terpotong sedikit demi sedikit.

10 Rekomendasi nail file terbaik

Sekarang, kami akan memberikan 10 rekomendasi nail file yang mudah untuk Anda gunakan sendiri di rumah. Pilihlah sesuai selera dan kebutuhan Anda!

10. Sunshine Nail File 100/180 G

10. Sunshine Nail File 100/180 G

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Cocok untuk mengikis kutek gel dan nyaman digenggam

Jenis kutek gel memang sering kali sulit dibersihkan. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, karena produk ini diciptakan untuk Anda yang ingin mengikis kutek gel dengan mudah. Gunakanlah sisi 100 G untuk mengikis kutek Anda, kemudian dilanjutkan sisi 180 G untuk menghaluskan kuku.

Nail file berbahan sponge ini juga memiliki ketebalan yang pas sehingga nyaman digenggam dan mudah saat digunakan. Selain itu, Anda dapat memakai nail file ini untuk memotong kuku seperti biasa atau saat Anda ingin menghaluskan permukaan kuku sebelum menggunakan kutek.

9. Konad Nail File and Buffer

9. Konad Nail File and Buffer

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Memotong kuku dengan cepat dan mudah

Nail file berbahan dasar kayu ini memiliki tingkat kekasaran 100/100 G, sehingga produk ini sangat cocok untuk Anda yang ingin hemat waktu dan tenaga saat memotong kuku. Bentuk lurusnya yang klasik juga memudahkan Anda untuk memakainya pada bagian kuku mana pun.

Karena bahan dasarnya terbuat dari kayu, tentunya nail file ini akan cukup awet untuk Anda gunakan dalam jangka waktu lama. Warna coklat keemasannya juga membuat penampilan nail file ini semakin menarik. Bagaimana, Anda semakin tidak sabar untuk memilikinya, bukan?

8. Nude Nail Glass Nail Shiner

8. Nude Nail Glass Nail Shine

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 120.000

Membentuk dan mengilapkan kuku dalam sekejap!

Bila Anda orang sibuk namun tetap menginginkan penampilan kuku yang maksimal, produk inilah jawabannya. Produk ini memiliki satu sisi untuk membentuk kuku dan satu sisi lainnya untuk mengilapkan kuku. Anda tidak perlu repot lagi mengganti nail file untuk mendapatkan kedua manfaat ini sekaligus.

Bahan dasarnya yang terbuat dari kaca akan membuat produk yang satu ini awet dan tahan lama, bahkan bisa digunakan hingga 1,5 tahun, lho! Kini Anda dapat mengilapkan kuku Anda dalam waktu singkat. Bahkan, kuku Anda dapat terlihat cantik hanya dalam waktu 2 menit saja!

7. OEM Metal Nail File

7. OEM Metal Nail File

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 43.000

Terbuat dari stainless steel yang kuat dan tahan lama

Nail file berbentuk lurus ini terlihat simpel dan modern dengan bahan yang terbuat dari stainless steel. Selain itu, Anda akan merasa nyaman saat memegang nail file sepanjang 12 cm ini, karena desain super slim yang dimilikinya.

Nah, untuk Anda yang menginginkan nail file yang awet dan tahan lama, produk ini bisa menjadi pertimbangan Anda. Anda juga dapat mencucinya kapan saja untuk menjaga kebersihannya. Namun jangan lupa untuk selalu mengeringkan sisa air yang menempel agar tidak mudah berkarat, ya!

6. Avalon 5 in 1 Salon Shaper

6. Avalon 5 in 1 Salon Shaper

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 45.000

5 set kepala dalam 1 alat untuk menjadikan kuku Anda indah berkilau

Anda sering kesulitan menggunakan nail file manual dan kuku Anda tetap tidak bersinar walau sudah digosok? Nail file elektrik inilah jawabannya. Nail file berukuran kecil dengan berat tidak lebih dari 300 gr ini menggunakan baterai untuk pengoperasiannya, sehingga dapat Anda pakai kapan saja Anda mau.

Dengan 5 set kepala kikir yang dimilikinya, Anda dapat menggantinya sesuai kebutuhan Anda. Kini, Anda bisa merasakan sensasi menjadi seorang professional nail artist dan memiliki kuku berkilau dalam waktu bersamaan!

5. OEM Nail Buffer Block

5. OEM Nail Buffer Block

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.000

4 tingkat grit untuk mendapatkan kuku indah seperti dari salon

Kuku yang cantik mengkilap biasanya didapatkan setelah melakukan manicure pedicure di salon kecantikan. Namun berkat OEM Nail Buffer Block ini, Anda bisa mendapatkan kuku cantik berkilau bak dari salon meskipun Anda mengikirnya sendiri di rumah!

Nail file ini memiliki 4 sisi dengan grit berbeda untuk menyesuaikan kebutuhan perawatan kuku Anda. Gunakanlah bertahap sesuai urutan nomornya, nomor 1 berarti grit rendah dengan permukaan kasar, hingga nomor 4 bergrit tinggi dengan permukaan yang paling halus. Untuk Anda yang ingin kuku cantik tanpa harus ke salon, produk ini wajib dimiliki!

4. Oriflame the ONE Crystal Nail File

4. Oriflame The ONE Crystal Nail File

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 13.000

Nail file minimalis dengan warna memikat

Simpel dan elegan, mungkin itulah kesan pertama yang terlintas saat Anda melihat produk keluaran Oriflame yang satu ini. Bentuk memanjang dengan ujung meruncing serta warnanya yang eye catching ini, membuatnya cocok untuk melengkapi koleksi peralatan nail art pribadi Anda.

Produk ini juga dilengkapi soft case pouch saat Anda membelinya, sehingga lebih aman dan tidak akan tercecer saat disimpan. Harganya pun cukup terjangkau namun tetap memberikan manfaat maksimal. Kini, Anda bisa memiliki kuku rapi dan halus dalam sekejap dengan nail file cantik berbahan akrilik ini.

3. Etude House Cat Nail File

3. Etude House Cat Nail File

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Desain kucing yang menarik

Bila Anda termasuk orang yang suka mengoleksi benda-benda imut, nail file satu ini wajib masuk dalam list Anda. Tidak seperti nail file lain yang desainnya sudah biasa Anda lihat, nail file berbahan metal ini memiliki desain kucing yang lucu dan menarik.

Soal kualitas pun tidak perlu diragukan lagi, karena nail file ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat. Karena itu, produk ini pasti awet dan tahan lama. Panjangnya yang hanya 9 cm juga akan memudahkan Anda membawanya di dalam tas Anda. Bagaimana, semakin tertarik untuk membelinya?

2. Sassella Crystal Glass Nail File Set

2. Sassella Crystal Glass Nail File Set

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 738.401

2 jenis ukuran dalam 1 set

Apakah Anda termasuk orang yang kerap kali bingung saat hendak memilih ukuran nail file? Bila jawabannya ya, maka produk ini bisa mengatasi kebingungan Anda! Dalam satu set produk ini memiliki 2 jenis ukuran nail file, yaitu 14 cm dan 9 cm.

Terbuat dari kristal pilihan yang berasal dari Republik Ceko, produk ini tidak akan terkikis dan bisa Anda gunakan selamanya. Material yang kuat juga membuatnya dapat digunakan dari sisi mana saja tanpa khawatir merusak kuku atau membuat kuku Anda patah.

1. OPI Nail File Set

1. OPI Nail File Set

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 105.000

Berbagai tingkatan grit untuk memenuhi kebutuhan kuku Anda

Kelemahan menggunakan nail file berbahan kertas adalah Anda harus membeli berulang kali karena permukaannya yang cepat aus akibat sering digunakan. Namun tidak dengan OPI Nail File Set ini, karena Anda akan langsung mendapatkan 6 buah nail file sekaligus!

Produk ini sangat praktis karena memiliki berbagai tingkatan grit dengan 3 fungsi berbeda, yakni edge, flex, dan shiner. Selain itu, bentuk diamond yang dimilikinya akan memudahkan Anda untuk membentuk bagian sudut kecil maupun lebar sesuai keinginan Anda. Jadi untuk Anda yang ingin kemudahan, produk ini merupakan pilihan tepat.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda sudah terbayang nail file mana yang cocok untuk Anda?

Untuk Anda yang memiliki kuku rapuh, mudah patah, atau harus menjaga kuku tetap pendek, disarankan merawat kuku menggunakan nail file daripada gunting kuku. Bila Anda belum pernah menggunakan nail file, jadikanlah penjelasan kami barusan sebagai referensi Anda.

Jari yang indah didapat dari kuku yang indah! Oleh sebab itu, untuk Anda yang sering bermasalah dengan potongan kuku terlalu dalam, cobalah menggunakan nail file.