mybest
Peralatan sikat gigi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Peralatan mandi
  4. 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik [Ditinjau oleh Dentist]
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik  [Ditinjau oleh Dentist] 1
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik  [Ditinjau oleh Dentist] 2
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik  [Ditinjau oleh Dentist] 3
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik  [Ditinjau oleh Dentist] 4
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik  [Ditinjau oleh Dentist] 5

10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik [Ditinjau oleh Dentist]

Ada banyak jenis sikat gigi yang tersedia di pasaran berdasarkan kelembutan dan bentuk bulunya. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan masyarakat, banyak orang mencari sikat gigi dengan bulu yang lembut dan halus. Dengan menggunakan sikat gigi yang bagus dan tepat, masalah seperti karang gigi tentunya bisa diatasi.

Kali ini kami bekerja sama dengan dokter gigi, drg. Joseph Gunawan untuk memberikan tips memilih sikat gigi terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa merek sikat gigi, seperti Pepsodent, Colgate, serta Ciptadent. Baca juga tips menyikat gigi yang benar di bagian akhir artikel. Silakan disimak!
Diperbaharui 16/11/2023
drg. Joseph Gunawan
Pakar
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Joseph Gunawan adalah seorang dokter gigi yang memiliki passion di bidang estetika. Ia lulus dengan gelar summa cum laude dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran pada 2019. Saat ini, dokter gigi yang juga merupakan seorang content creator dan entrepreneur ini sedang bekerja di klinik swasta di kota Bandung. Sehari-harinya, pria yang akrab dipanggil Joseph ini sering membagikan konten mengenai kesehatan gigi melalui akun media sosialnya.

Profil drg. Joseph Gunawan
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sikat gigi

Saat memilih sikat gigi, Anda perlu memperhatikan bentuk dan kelembutan bulu sikatnya. Berikut ini kami akan membahas poin-poinnya lebih lanjut.

1

Sesuaikan tingkat kelembutan sikat dengan kondisi gusi Anda

Berdasarkan tingkat kelembutannya, ada tiga jenis bulu sikat gigi, yakni soft, medium, dan hard. Pilihlah jenis bulu sikat yang sesuai dengan kondisi gusi Anda.

Bulu sikat medium, pilihan untuk gusi yang sehat

Bulu sikat medium, pilihan untuk gusi yang sehat

Kelembutan bulu sikat akan memengaruhi efisiensi sikat saat membersihkan gigi Anda. Untuk gusi yang sehat, jenis bulu sikat yang ideal digunakan adalah jenis medium. Dengan jenis sikat ini, Anda bisa mendapatkan gigi yang putih dan bersih.


Jika bulu sikatnya keras, gigi Anda bisa bersih dalam waktu yang lebih singkat. Namun, bulu sikat yang keras lebih sulit menjangkau celah-celah gigi yang sempit. Jadi, Anda pun perlu menyikat dengan lebih teliti dan hati-hati lagi. Selain itu, Anda juga sebaiknya memperhatikan tingkat kekuatan saat menyikat. Menggosok gigi terlalu kuat dapat merusak struktur gigi dan gusi Anda.


Dalam metode uji keras bulu sikat, acuan panjang bulu sikat adalah 7 mm. Jika panjangnya lebih dari 7 mm, bulu menjadi lebih mudah melengkung sehingga terasa lebih lembut, begitu pula sebaliknya. Jika ada dua sikat gigi yang sama-sama berlabel hard, sikat dengan bulu lebih pendek pasti lebih keras.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Saat ini American Dental Association (ADA) sudah tidak menganjurkan sikat gigi tipe hard atau keras, bahkan untuk gigi normal. Hal ini karena tipe keras dapat membuat gusi turun lebih cepat, apalagi jika menyikat gigi dengan tekanan yang keras.


Beberapa orang memilih menggunakan sikat gigi tipe keras karena merasa tidak bersih saat menyikat gigi menggunakan tipe biasa. Namun, untuk melindungi struktur gigi dan menjaga gusi, lebih baik Anda menggunakan tipe medium.

Bulu sikat soft, pilihan tepat untuk gusi meradang atau sensitif

Bulu sikat soft, pilihan tepat untuk gusi meradang atau sensitif

Jika Anda memiliki gigi yang sensitif atau menderita radang gusi, pilihlah bulu sikat yang soft atau lembut. Jenis sikat yang lembut akan mencegah iritasi pada gusi.


Bulu sikat yang lembut dapat menjangkau celah gigi yang sempit sehingga Anda dapat membersihkan gigi secara merata. Namun, jenis bulu sikat ini sulit menghilangkan plak atau noda yang menempel pada gigi. Jika Anda menggunakan jenis bulu sikat soft, pastikan untuk menyikat gigi dengan teliti.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Untuk gusi sensitif yang meradang, sebaiknya pilihlah sikat gigi dengan tipe soft atau ultrasoft. Hal ini amat penting untuk diperhatikan, apalagi jika Anda baru saja membersihkan karang gigi. Dengan sikat gigi yang lembut, Anda dapat mencegah gusi teriritasi dengan lebih parah. Namun, Anda juga harus menyikat gigi dengan cara yang benar agar kebersihan dan kesehatan mulut tetap terjaga.

2

Carilah kepala sikat yang tidak melebihi panjang dua gigi depan Anda

Carilah kepala sikat yang tidak melebihi panjang dua gigi depan Anda

Kepala sikat gigi umumnya memiliki tiga baris bulu sikat dalam arah vertikal. Kemudian, panjang kepala sikat gigi biasanya sekitar 2 cm hingga 2,5 cm. Ukuran tersebut hampir sama dengan panjang dua gigi depan. Anda bisa menjadikan ukuran ini sebagai panduan saat memilih.


Keunggulan kepala sikat yang kecil adalah dapat menyikat hingga gigi geraham maupun permukaan yang tidak rata. Jika gigi geraham sulit dijangkau atau permukaannya tidak rata, gunakanlah kepala sikat yang kecil. Namun, karena area yang disikat lebih kecil, waktu menyikat pun akan menjadi lebih lama. Maka dari itu, Anda perlu lebih hati-hati dan teliti dalam menyikat gigi.


Tidak hanya ukurannya, bentuk kepala sikat juga memengaruhi keefektifan sikat. Kepala sikat berbentuk persegi memiliki kumpulan bulu yang besar sehingga bisa membersihkan dengan efektif. Kemudian, kepala sikat berbentuk oval akan lebih nyaman digerakkan dalam rongga mulut. Bentuk kepalanya yang meruncing dapat menjangkau gigi yang lebih dalam, tetapi akan mengurangi efisiensi pembersihan.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Sikat gigi dengan kepala yang terlalu besar dapat melukai gusi dan bagian pipi saat Anda menyikat gigi. Hal ini juga dapat membuat bagian gigi paling belakang sulit dijangkau sehingga tidak dapat disikat dengan baik. Karena itulah, pemilihan jenis sikat gigi yang sesuai dan ukuran kepala sikat gigi sangat penting untuk diperhatikan.

3

Perhatikan bentuk dan ujung bulu sikat

Bentuk sikat, ujung bulu, dan bundel bulu merupakan kunci dari sikat gigi. Produsen sikat gigi pun memproduksi sikat dengan bentuk yang beragam. Perhatikanlah detail bulu sikat dan temukan produk yang cocok untuk Anda.

Ujung bulu sikat datar dan bentuk bergelombang: Untuk gigi normal dan gigi tidak rata

Ujung bulu sikat datar dan bentuk bergelombang: Untuk gigi normal dan gigi tidak rata

Pada dasarnya, bentuk ujung bulu sikat gigi adalah datar dan rata. Namun, ada juga yang berbentuk cembung, bergelombang, atau memiliki ujung bulu halus dengan ketinggian sedikit bervariasi.


  • Ujung bulu sikat yang rata cocok untuk Anda yang memiliki gigi yang bagus dan rapi. Hal ini karena bulu sikat yang keras dapat menyikat permukaan gigi yang luas. Namun, jenis ini agak sulit dipakai menyikat celah antara gigi. Karena itu, Anda mungkin perlu menggunakan sikat interdental, benang gigi, atau sikat single-tuft.

  • Jika gigi Anda tidak rata atau ada celah lebar di antara gigi, pilihlah sikat gigi dengan bentuk bergelombang. Dengan begitu, sikat gigi bisa menggapai dan membersihkan bagian yang tidak rata dengan lebih baik.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai benang gigi, Anda bisa membacanya melalui link di bawah ini.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Sikat gigi datar memiliki ketinggian yang sama pada seluruh permukaannya sehingga dapat membersihkan gigi secara merata. Jenis sikat gigi datar cocok untuk gigi yang rata. Sebaliknya, sikat gigi bergelombang dapat membantu membersihkan celah gigi dengan lebih baik.

Ujung bulu bulat dan ujung bulu ekstrahalus: Untuk gigi putih dan celah gigi yang lebih bersih

Ujung bulu bulat dan ujung bulu ekstrahalus: Untuk gigi putih dan celah gigi yang lebih bersih
Ujung sikat gigi umumnya berbentuk bulat dengan diameter sekitar 0,2 mm. Namun, ada juga sikat yang memiliki ujung ekstra halus dengan diameter kurang dari 0,2 mm.  

  • Ujung sikat bulat efektif dalam membersihkan gigi dan memungkinkan Anda menggosok permukaan gigi secara maksimal. Oleh sebab itu, tipe ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan gigi yang putih.

  • Ujung ekstrahalus dapat menjangkau celah antar gigi yang sempit. Selain itu, ujung sikat ini tidak akan mudah menyakiti gigi dan gusi Anda. Karena itulah, sikat jenis ini direkomendasikan jika Anda hendak menyikat dengan lembut.
drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Ujung bulu sikat gigi bulat cenderung memiliki diameter yang lebih besar. Karena itulah, tipe ini kurang bisa membersihkan celah kecil di antara gigi. Hal inilah yang menyebabkan dokter gigi lebih sering menganjurkan ujung sikat gigi yang halus. Dengan ujung sikat gigi yang halus, Anda dapat membersihkan gigi hingga ke celahnya.

Bundel bulu sikat yang tebal: Untuk sensasi gigi yang lebih bersih

Bundel bulu sikat yang tebal: Untuk sensasi gigi yang lebih bersih

Makin tinggi kepadatan bulu sikat gigi, makin besar area yang bersentuhan dengan gigi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sensasi gigi yang bersih dan halus setelah menyikat gigi. Kekurangan sikat gigi seperti ini adalah kotoran yang menempel pada bulu sikat sulit dihilangkan saat dicuci. Kemudian, sikat jenis ini juga sulit dikeringkan.


Sikat dengan tingkat kerapatan yang lebih rendah memungkinkan bulu sikat bergerak ke segala arah dengan mudah. Dengan begitu, bagian dalam gigi dapat dibersihkan dengan lebih baik. Namun, kekuatan menyikatnya lebih rendah sehingga kurang efektif membersihkan gigi.

4

Pilihlah bulu sikat yang terbuat dari material nilon atau PTB

Pilihlah bulu sikat yang terbuat dari material nilon atau PTB

Bahan bulu pada sikat gigi berpengaruh pada kelembutan, kenyamanan, dan kebersihan sikat gigi. Tingkat kekerasan bulu sikat ini tergantung pada ketebalan dari jenis material yang digunakan


Material bulu sikat yang umum adalah PBT, nilon, dan rambut alami seperti bulu binatang. PBT adalah bahan bulu sikat yang paling keras dan rambut alami adalah bahan yang paling lembut.


Bulu sikat dari rambut alami cukup kenyal dan memiliki elastisitas yang memadai sehingga nyaman digunakan. Akan tetapi, bulu sikat jenis ini tidak mudah kering setelah dipakai. Jika Anda menggunakan bulu sikat jenis ini, cuci dengan bersih dan keringkan dengan benar setelah pemakaian.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Nilon adalah bahan serat sintetis yang kuat dan fleksibel. Belakangan ini banyak sikat gigi di pasaran yang memiliki bulu berbahan serat bambu, charcoal, dan lainnya. Namun, sebenarnya bahan-bahan tersebut hanyalah ekstrak yang ditambahkan pada bahan utama sikat gigi, yaitu nilon.

5

Pertimbangkan jenis gagang sikat yang sesuai dengan bentuk gigi

Pertimbangkan jenis gagang sikat yang sesuai dengan bentuk gigi

Bentuk gagang akan memengaruhi kemampuan sikat untuk membersihkan gigi geraham Anda. Bagi Anda yang memiliki gigi rata, Anda dianjurkan untuk menggunakan sikat dengan gagang yang lurus


Namun, jika Anda merasa kepala sikat sulit menjangkau gigi belakang, sebaiknya gunakan gagang yang melengkung. Selain itu, untuk Anda yang memiliki gigi tidak rata, pilihlah sikat jenis offset dengan gagang lentur. Dengan begitu, proses menyikat gigi pun akan menjadi lebih mudah.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Sikat gigi memiliki jenis yang berbeda-beda, baik dari ukuran maupun bentuk gagangnya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan susunan gigi dan ukuran rahang Anda. Untuk dapat mencapai bagian belakang gigi, cobalah menggunakan gagang yang sedikit melengkung. Bentuk gagang ini akan memudahkan Anda menyikat gigi meskipun susunan gigi Anda tidak sesuai dengan lengkung rahang normal.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Sikat Gigi Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sikat Gigi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 14 November 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe bulu sikat
Bentuk bulu sikat
Bentuk gagang
Bentuk kepala sikat
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi pengguna
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikat
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaan
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
1

Lion Wings

Ciptadent Extra Clean Soft

Lion Wings Ciptadent Extra Clean Soft 1

Rp6.700

Lebih Murah

Dapatkan gigi bersih dan sehat dengan bulu sikat rapat dan diamond head

Soft

Datar

Bengkok

Diamond

Dewasa

Manual

2

Unilever

Pepsodent Sikat GigiSiwak Soft

Unilever  Pepsodent Sikat Gigi 1

Rp13.300

Menengah

Bulu sikat diperkaya ekstrak siwak untuk mencegah pembentukan karang gigi

Soft

Datar

Bengkok

Kecil

Dewasa

Tidak diketahui

Manual

3

GSK

Sensodyne Repair & Protect ToothbrushExtra Soft 2s

GSK Sensodyne Repair & Protect Toothbrush 1

Rp33.829

Agak Mahal

Raih perlindungan lembut untuk membersihkan gigi yang sensitif

Extra soft

Cekung

Bengkok

Kecil

Dewasa

Tidak diketahui

Manual

4

Unilever

Pepsodent Nanosoft Sensitive Toothbrush

Unilever  Pepsodent Nanosoft Sensitive Toothbrush 1

Rp17.400

Menengah

Dapatkan kebersihan gigi dan perlindungan gusi dengan bulu lembut dan teknologi canggih

Soft

Datar

Leher tiga sudut

Kecil

Dewasa

Nilon

Manual

5

Colgate

Twister Soft Toothbrush

Colgate Twister Soft Toothbrush 1

Rp27.400

Agak Mahal

Bulu sikatnya berpola twister yang membersihkan gigi dan gusi dengan optimal

Soft

Bergelombang

Bengkok

Normal

Dewasa

Nilon

Manual

6

Olaif

Pro Clean Toothbrush SoftHijau (Soft)

Olaif  Pro Clean Toothbrush Soft 1

Rp9.500

Agak Murah

Sikat multifungsi, rawat gigi dan lidah sekaligus

Soft

Datar

Bengkok

Normal

Dewasa

Manual

7

Bagus

Toothbrush Protect (S)

Bagus  Toothbrush Protect (S) 1

Rp13.977

Menengah

Produk berkualitas yang membersihkan gigi tanpa merusak gusi

Soft

Datar

Bengkok

Kecil

Dewasa, anak-anak

Nilon

Manual

8

Procter & Gamble

Oral-B UltraThin Black Tea Toothbrush

Procter & Gamble Oral-B UltraThin Black Tea Toothbrush  1

Rp24.800

Agak Mahal

Bulu sikatnya mengandung ekstrak black tea yang membuat kesehatan gusi makin membaik

Extra soft

Datar

Bengkok

Slim

Dewasa

Nilon

Manual

9

Starco

Sonic Electric Toothbrush Waterproof IPX7 YL8001

Starco Sonic Electric Toothbrush Waterproof IPX7  1

Rp158.000

Lebih Mahal

Hasilkan getaran 6.600 rpm, gigi bersih seketika

Tidak diketahui

Bergelombang

Datar/lurus

Kecil

Dewasa, anak-anak

Nilon

Otomatis

10

Procter & Gamble

Oral-B Sikat Gigi All Rounder Easy Clean Herbal

Procter & Gamble Oral-B Sikat Gigi All Rounder Easy Clean Herbal 1

Rp10.600

Agak Murah

Memberikan manfaat 3-in-1 dalam sekali sikat

Soft

Meruncing

Bengkok

Normal

Dewasa

Nilon

Manual

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Lion WingsCiptadent Extra Clean Soft

Ciptadent Extra Clean Soft 1
Sumber: shopee.co.id
Ciptadent Extra Clean Soft 2
Sumber: shopee.co.id
Ciptadent Extra Clean Soft 3
Sumber: shopee.co.id
Ciptadent Extra Clean Soft 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp6.700
Lebih Murah
Harga referensi
Rp6.700
Lebih Murah

Dapatkan gigi bersih dan sehat dengan bulu sikat rapat dan diamond head

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang tinggal dalam keluarga besar. Tiga buah sikat giginya dikemas dalam satu kemasan sehingga dapat digunakan oleh berbagai anggota keluarga dengan mudah. Produk ini akan membantu seluruh keluarga Anda menjaga kebersihan mulut dengan bulu sikat yang rapat dan penuh. 


Diamond head pada sikat gigi membantu mencapai area sulit di mulut, seperti gigi belakang dan sela-sela dengan mudah. Terlebih, handle dua warna berbeda dibekali struktur yang nyaman digenggam. 

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk bulu sikatDatar
Bentuk gagangBengkok
Bentuk kepala sikatDiamond
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikat
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanManual
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Unilever Pepsodent Sikat GigiSiwak Soft

Harga referensi
Rp13.300
Menengah

Bulu sikat diperkaya ekstrak siwak untuk mencegah pembentukan karang gigi

Tidak hanya berinovasi pada produk pasta gigi, Pepsodent juga mengeluarkan sikat gigi yang inovatif. Salah satu produk best seller-nya adalah Sikat Gigi Pepsodent Siwak Soft. Produk ini memiliki bulu sikat yang diperkaya dengan siwak. Adanya kandungan ekstrak siwak tersebut dapat membantu mencegah pembentukan plak dan karang gigi. Gunakan sikat ini agar gigi makin bersih.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk bulu sikatDatar
Bentuk gagangBengkok
Bentuk kepala sikatKecil
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikatTidak diketahui
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanManual
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all
No.3

GSKSensodyne Repair & Protect ToothbrushExtra Soft 2s

Harga referensi
Rp33.829
Agak Mahal

Raih perlindungan lembut untuk membersihkan gigi yang sensitif

Memilih sikat gigi yang aman untuk gigi sensitif tentu membutuhkan perhatian yang khusus. Untuk itu, Sensodyne hadir dengan menawarkan sikat gigi dengan desain khusus untuk merawat gigi sensitif. Kepala sikatnya yang kecil memungkinkan akses mudah ke area gigi sulit dijangkau. 


Bulu sikat yang lentur dan lembut membantu membersihkan gigi sensitif tanpa menyebabkan iritasi. Leher duoflex-nya memberikan fleksibilitas saat menyikat. Sensodyne Repair & Protect Toothbrush Extra Soft adalah pilihan sempurna bagi Anda yang peduli kesehatan gigi sensitif.

Tipe bulu sikatExtra soft
Bentuk bulu sikatCekung
Bentuk gagangBengkok
Bentuk kepala sikatKecil
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikatTidak diketahui
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanManual
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all
No.4

Unilever Pepsodent Nanosoft Sensitive Toothbrush

Harga referensi
Rp17.400
Menengah

Dapatkan kebersihan gigi dan perlindungan gusi dengan bulu lembut dan teknologi canggih

Pepsodent Nanosoft Sensitive Soft adalah solusi inovatif untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi sensitif Anda. Dengan teknologi Nanosoft, sikat gigi ini mampu menghilangkan hingga empat lapis plak dalam satu sikat. Hal ini memberikan kebersihan menyeluruh yang sangat efektif. Didesain dengan leher tiga sudut fleksibel, produk ini mencapai area yang sulit dijangkau dengan mudah. 


Bulu sikat yang tipis 0,01 mm sangat lembut pada gigi dan gusi sensitif, sementara kandungan himalayan rock salt memberikan perlindungan tambahan. Produk ini adalah pilihan sempurna untuk mereka yang menginginkan gigi dan gusi yang sehat tanpa kompromi pada kenyamanan.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk bulu sikatDatar
Bentuk gagangLeher tiga sudut
Bentuk kepala sikatKecil
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikatNilon
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanManual
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all
No.5

ColgateTwister Soft Toothbrush

Harga referensi
Rp27.400
Agak Mahal

Bulu sikatnya berpola twister yang membersihkan gigi dan gusi dengan optimal

Apakah Anda memiliki kontur gigi yang tidak teratur? Jika iya, Anda bisa memilih produk Colgate yang satu ini. Dibekali dengan bulu sikat yang melengkung, sikat gigi ini mampu mengikuti kontur gigi dengan presisi. Artinya, bagian gigi yang paling sulit dijangkau pun dapat Anda bersihkan dengan tuntas. 


Tak hanya itu, produk ini dibekali tutup kepala sikat yang membuat sikat gigi Anda tetap higienis. Jadi, jangan ragu memilih produk ini bila Anda ingin membersihkan gigi dengan mudah dan efektif. 

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk bulu sikatBergelombang
Bentuk gagangBengkok
Bentuk kepala sikatNormal
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikatNilon
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanManual
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all
No.6

Olaif Pro Clean Toothbrush SoftHijau (Soft)

Harga referensi
Rp9.500
Agak Murah

Sikat multifungsi, rawat gigi dan lidah sekaligus

Dengan sikat gigi dari Olaif, Anda bisa merawat gigi sekaligus lidah. Sikat gigi ini memiliki bulu tipis yang rapat sehingga sela-sela gigi bisa bersih tanpa melukai gusi. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan pembersih lidah di bagian kepala sikat gigi. Produk ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin praktis tanpa berganti alat saat membersihkan mulut.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk bulu sikatDatar
Bentuk gagangBengkok
Bentuk kepala sikatNormal
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikat
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanManual
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all
No.7

Bagus Toothbrush Protect (S)

Harga referensi
Rp13.977
Menengah

Produk berkualitas yang membersihkan gigi tanpa merusak gusi

Produk ini dibuat dengan material berkualitas tinggi, sikat gigi ini menggabungkan desain ergonomis dan bulu sikat lembut. Perpaduan keduanya membuat produk ini efektif membersihkan gigi tanpa merusak gusi. 


Dengan fitur pelindung kepala sikat yang inovatif, produk ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan tetap higienis. Produk ini cocok untuk semua usia dan sangat dianjurkan bagi Anda yang peduli akan kesehatan gigi dan mulut.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk bulu sikatDatar
Bentuk gagangBengkok
Bentuk kepala sikatKecil
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa, anak-anak
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikatNilon
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanManual
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all
No.8

Procter & GambleOral-B UltraThin Black Tea Toothbrush

Harga referensi
Rp24.800
Agak Mahal

Bulu sikatnya mengandung ekstrak black tea yang membuat kesehatan gusi makin membaik

Bila Anda mencari produk sikat gigi yang menggabungkan teknologi tinggi dan kenyamanan dalam satu produk, pilih produk ini. Bulu sikatnya yang sangat tipis membuat produk ini mampu mencapai area tersembunyi di dalam mulut dengan mudah. 


Selain itu, desainnya yang ergonomic memberikan pengalaman yang nyaman saat Anda menggosok gigi. Menariknya, pada bulu sikatnya benar-benar mengandung ekstrak black tea yang membantu meningkatkan kesehatan gusi Anda dalam empat belas hari. Pilih produk ini dan coba sendiri manfaatnya!




Tipe bulu sikatExtra soft
Bentuk bulu sikatDatar
Bentuk gagangBengkok
Bentuk kepala sikatSlim
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikatNilon
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanManual
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all
No.9

StarcoSonic Electric Toothbrush Waterproof IPX7 YL8001

Harga referensi
Rp158.000
Lebih Mahal

Hasilkan getaran 6.600 rpm, gigi bersih seketika

Anda termasuk malas ketika menyikat gigi? Cobalah untuk memakai sikat gigi elektrik keluaran dari Starco. Produk sikat gigi yang tersedia dalam empat varian warna ini mampu menghasilkan getaran hingga 6.600 rpm. Dengan getaran tersebut, gigi Anda dapat dibersihkan dalam waktu singkat tanpa harus mengeluarkan tenaga. 


Sikat gigi dengan teknologi canggih ini menggunakan getaran sonik sehingga dapat lebih maksimal dalam menghilangkan plak dan sisa makanan. Dengan ketahanan IPX7, produk ini bisa digunakan di bawah pancuran air tanpa khawatir kerusakan. Pilih produk ini untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut keluarga Anda. 

Tipe bulu sikatTidak diketahui
Bentuk bulu sikatBergelombang
Bentuk gagangDatar/lurus
Bentuk kepala sikatKecil
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa, anak-anak
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikatNilon
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanOtomatis
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all
No.10

Procter & GambleOral-B Sikat Gigi All Rounder Easy Clean Herbal

Harga referensi
Rp10.600
Agak Murah

Memberikan manfaat 3-in-1 dalam sekali sikat

Oral-B Sikat Gigi All Rounder Easy Clean Herbal adalah solusi lengkap untuk perawatan gigi yang efektif dan alami. Bulu sikat zig-zag terbuat dari ekstrak tanaman neem yang terkenal sebagai antibakteri alami. Artinya, produk ini membantu Anda membersihkan sela-sela gigi dengan sempurna dan melindungi gigi Anda. Gagang sikat yang ergonomik, terbuat dari karet anti-slip, memberikan kenyamanan saat digunakan. 


Selain itu, dilengkapi dengan pembersih lidah untuk napas segar yang tahan lama. Produk ini cocok untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa yang menginginkan perlindungan dan kesegaran gigi dalam satu sikat gigi yang praktis dan alami. 

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk bulu sikatMeruncing
Bentuk gagangBengkok
Bentuk kepala sikatNormal
Extra bulu halus
Fungsi lain
Tipe gerakan
Catu daya
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Frekuensi getaran
Lama waktu pengisian
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Rekomendasi penggunaDewasa
Jenis sikat gigi
DImensi
Bahan
Rekomendasi usia
Material bulu sikatNilon
Material handel
Jumlah kepala sikat cadangan
Bobot
Fitur LED
Cara penggunaanManual
Bentuk
Keunggulan
Jumlah lubang sikat
Ada kompartemen tambahan
View all

Tips menyikat gigi dan merawat bulu sikat dari dokter gigi

Tidak hanya menemukan sikat gigi yang sesuai, Anda perlu mengetahui cara menyikat yang benar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gigi yang putih dan bersih sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, jangan lupa menyikat gigi setelah makan serta memeriksa dan merawat bulu sikat gigi Anda.

Perhatikan tiga tips menyikat gigi yang baik dari dokter gigi

Perhatikan tiga tips menyikat gigi yang baik dari dokter gigi

Pelajarilah tiga tips menyikat gigi dengan baik berikut ini.


  1. Sikatlah area-area yang mudah terlupakan terlebih dahulu seperti celah antara gigi dan gigi geraham. Jangan lupa juga menyikat bagian-bagian yang sering diminta dokter gigi Anda untuk dibersihkan. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi kemungkinan adanya area gigi yang belum tersikat.
  2. Jangan terlalu banyak menggunakan pasta gigi. Pasta gigi yang terlalu banyak akan menghasilkan busa yang banyak juga. Namun, busa yang banyak ini justru akan menyebabkan banyak area gigi yang lupa untuk disikat.
  3. Perhatikan tekanan saat menyikat. Tingkat kekuatan menyikat gigi biasa sekitar 150200 gram. Jika menggunakan kepala sikat yang kecil untuk menjangkau celah yang sempit, gunakanlah tekanan yang lebih kecil. Tekanan yang terlalu kuat akan memengaruhi jaringan pada mulut. Jadi, ketika menyikat dengan kepala sikat yang kecil, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan mengurangi kekuatan menyikat.
drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Saat menyikat gigi, Anda harus memperhatikan tiga permukaan penting. Bagian tersebut adalah bagian luar, dalam, dan permukaan gigi. Ketika menggunakan pasta gigi, sebaiknya Anda hanya menggunakannya sebesar ukuran biji kacang hijau saja.


Beberapa orang memang memilih untuk menggunakan lebih banyak pasta gigi untuk membuat rongga mulut terasa lebih segar. Namun, Anda sebenarnya juga harus mempertimbangkan bahan-bahan yang terkandung di dalam pasta gigi. Beberapa pasta gigi memiliki kandungan bahan abrasif yang dapat merusak email gigi jika terlalu banyak digunakan.


Selain menggunakan bulu yang halus, Anda sebaiknya menyikat gigi secara pelan-pelan dengan teknik yang benar. Teknik ini lebih baik daripada menyikat gigi dengan tekanan keras karena dapat membuat gusi mengalami penurunan.

Jangan lupa menyikat gigi setiap setelah makan atau menyantap camilan

Jangan lupa menyikat gigi setiap setelah makan atau menyantap camilan

Bakteri yang melekat pada sisa makanan yang tertinggal di mulut bisa menjadi plak. Oleh karena itu, cobalah untuk menyikat gigi setiap setelah makan dan menyantap camilan.


Namun, apabila bakteri dalam rongga mulut Anda sedikit, Anda tidak perlu terlalu sering menyikat gigi setelah makan. Begitu juga dengan Anda yang memiliki banyak aliran air liur dengan kemampuan remineralisasi yang kuat.


Anda dapat melakukan tes air liur di klinik pencegahan dan mengetahui risiko terjadinya karies dan penyakit periodontal. Dengan begitu, Anda bisa berjaga-jaga dengan melakukan perawatan gigi yang baik.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Jangan lupa menyikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu 30 menit setelah sarapan dan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin menyikat gigi lebih dari dua kali, lakukanlah tiga puluh menit setelah makan tanpa perlu menggunakan pasta gigi.


Mengapa Anda harus menunggu tiga puluh menit setelah makan? Hal ini karena makanan akan diproses oleh air liur menjadi asam selama kurang lebih 30 menit. Apabila Anda langsung menyikat gigi setelah makan, asam dari proses metabolisme makanan dapat merusak gigi.

Periksa kondisi ujung bulu sikat, ganti sikat tiap tiga bulan

Periksa kondisi ujung bulu sikat, ganti sikat tiap tiga bulan

Pada dasarnya, Anda perlu mengganti sikat gigi tiap 3–4 bulan. Namun, jika bulu sikat telah melebar dan terbuka karena menyikat terlalu kuat, gantilah tanpa harus menunggu tiga bulan. Menggunakan sikat dengan bulu yang terbuka dapat menyebabkan kerusakan pada gusi.


Apabila bulu sikat belum tampak merenggang, tetapi ujung bulunya telah berkurang, sikat tidak mampu lagi membersihkan gigi dengan efektif. Karena itu, gantilah dengan sikat gigi baru setidaknya tiga bulan sekali.


Penggunaan bulu sikat dari bahan alami seperti bulu binatang akan membuat bulu sikat tidak mudah melengkung. Bahan-bahan tersebut dikenal kuat dan dapat bertahan lebih lama. Jika bulu sikat yang Anda gunakan terbuat dari nilon, sebaiknya Anda menggantinya setelah sekitar tiga bulan pemakaian. Jika bulu tidak lagi kaku atau ujung bulunya pecah bercabang, segeralah ganti sikat dengan yang baru.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Bulu sikat gigi yang sudah tidak beraturan dan kotor akan menyebabkan sisa makanan menjadi sulit untuk dibersihkan. Jika Anda merasakan sensasi tidak bersih setelah menyikat gigi, sebaiknya gantilah sikat gigi yang Anda gunakan. Jika Anda jarang mengganti sikat gigi, gigi lebih berisiko rusak dan berlubang karena tidak dibersihkan dengan baik.

5 Rekomendasi Sikat Gigi terbaik

No. 1: Lion WingsCiptadent Extra Clean Soft

No. 2: Unilever Pepsodent Sikat GigiSiwak Soft

No. 3: GSKSensodyne Repair & Protect ToothbrushExtra Soft 2s

No. 4: Unilever Pepsodent Nanosoft Sensitive Toothbrush

No. 5: ColgateTwister Soft Toothbrush

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kebutuhan rumah tangga
  3. Peralatan mandi
  4. 10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik [Ditinjau oleh Dentist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.