10 Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sikat gigi merupakan alat pembersih yang pasti digunakan semua orang setiap hari. Menyikat gigi setiap hari bisa menghindarkan Anda dari berbagai penyakit seperti karies, penyakit periodontal, dan mampu membantu Anda mendapatkan gigi yang lebih putih.

Saat ini sudah banyak produk sikat gigi yang menawarkan berbagai kelebihan. Hal tersebut tentu membuat kita bingung dalam memilih sikat gigi yang tepat. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa pertimbangan tentang bagaimana memilih sikat gigi dengan membandingkan fungsionalitas, kepopuleran produk, kelebihan, serta harganya. Kemudian kami akan memberikan rekomendasi sikat gigi terbaik untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih sikat gigi

Jangan berpikir untuk membeli banyak sikat gigi, dan jangan membeli sikat gigi hanya berdasarkan harga yang murah. Belilah sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan gigi dan gusi Anda. Jika Anda terus menggunakan sikat gigi yang tidak sesuai, Anda akan mengalami masalah pada gigi dan gusi dan tidak mendapatkan manfaat dari menyikat gigi.

Jika Anda menggunakan sikat gigi yang tidak sesuai dengan ukuran dan kebutuhan mulut Anda, hal tersebut akan mengakibatkan luka, dan kotoran pada gigi menjadi susah dibersihkan. Kotoran yang tidak tersapu bersih akan menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit periodontal.

Selain melukai gigi, menyikat gigi dengan sikat gigi yang tidak sesuai juga akan melukai gusi. Jika hal tersebut dibiarkan, enamel gigi Anda akan rusak dan menjadi hipersensitif.

Bagaimana mengetahui sikat gigi yang tepat untuk diri Anda sendiri? Berikut beberapa poin yang harus diperiksa saat memilih sikat gigi.

– Permukaan gigi tergosok secara menyeluruh dengan mudah saat menyikat gigi.

– Jarak antar gigi tergosok dengan mudah dan gigi paling belakang juga tergosok dengan baik.

– Gusi tidak mengalami luka saat menggosok gigi.

Jenis sikat gigi

Secara umum, sikat gigi bisa dikatakan berfungsi menanggulangi kerusakan gigi dan penyakit periodontal serta mencegah radang gusi. Pada umumnya, masyarakat baru mulai memperhatikan kesehatan area mulut setelah mereka mengalami kerusakan gigi, misalnya karena gigi berlubang. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis sikat gigi yang tepat untuk digunakan untuk mencegah munculnya kerusakan gigi yang tidak diinginkan.

Untuk mencegah gigi berlubang

Untuk mencegah gigi berlubang

Sikat gigi yang didesain untuk mencegah gigi berlubang ditandai dengan ujung bulu yang bulat untuk menggosok gigi dengan lembut. Kami lebih menyarankan agar Anda memilih sikat gigi dengan potongan tiga dimensi pada ujungnya dibandingkan potongan datar. Hal ini dibuat agar mampu menjangkau bagian yang sulit digosok seperti gigi belakang.

Untuk mencegah penyakit periodontal dan radang gusi

Untuk mencegah penyakit periodontal – mengontrol radang gusi

Kebanyakan sikat gigi mengadaptasi bulu sikat yang tipis dan halus agar dapat menjangkau sela-sela di antara gigi dan gusi yang disebut kantong periodontal. Kumpulan bulu tipis dengan kepala sikat yang kecil tidak memungkinkan Anda menggosok gigi tanpa ada bagian yang terlewatkan dan Anda dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada kantong periodontal tanpa kesusahan.

Bulu sikat lembut atau keras?

Bulu sikat lembut atau keras? 

Bulu sikat gigi yang teksturnya keras cocok digunakan oleh Anda yang memiliki gigi dan gusi yang sehat agar bisa memberikan pijatan pada gusi saat menyikat gigi. Namun, ada risiko bahwa sikat gigi jenis ini akan melukai gigi dan gusi Anda. Jadi, kami sarankan untuk memilih sikat gigi dengan tekstur normal normal. Sedangkan untuk Anda yang memiliki masalah dengan gusi, akan lebih baik jika Anda memilih sikat gigi yang teksturnya lembut.

Ukuran kepala sikat gigi

Ukuran kepala sikat gigi

Anda pasti sering mendengar iklan yang menyebutkan tentang sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil, bukan? Mungkin ini memberikan kesan bahwa kepala sikat yang kecil dapat memberikan hasil lebih baik. Namun, kenyataannya adalah kepala sikat yang lebih besar dan panjang juga memiliki keunggulan dapat membersihkan beberapa gigi sekaligus secara bersamaan saat Anda menyikat gigi.

Karena alasan tersebut, sangat disarankan agar Anda memilih kepala sikat berdasarkan waktu dan situasi saat Anda menyikat gigi. Anda dapat menyikat gigi dengan sikat berkepala besar pada pagi hari yang merupakan waktu sibuk, dan menggunakan sikat berkepala kecil pada malam hari.

10 Rekomendasi sikat gigi terbaik

Setelah Anda mengetahui cara memilih sikat gigi, sekarang kami akan memberikan 10 rekomendasi sikat gigi yang mungkin dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Temukanlah sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan gigi atau gusi Anda.

10. Bagus Safari Toothbrush

10. Bagus Safari Toothbrush

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 5.580

Sikat gigi berhadiah dengan desain yang lucu untuk si kecil

Apakah Anda memiliki anak yang susah disuruh menggosok gigi? Jika iya, sikat gigi produksi Bagus ini bisa menjadi pilihan Anda! Sikat gigi ini ditawarkan dengan harga yang cukup murah namun menawarkan banyak kelebihan. Selain bentuknya yang lucu dan menarik, pada setiap kemasan sikat gigi Bagus ini juga terdapat bonus hadiah mainan.

Sikat gigi ini juga memiliki bulu sikat yang lembut sehingga aman digunakan pada gigi dan gusi anak-anak. Gagang didesain anti-slip, sehingga anak-anak akan merasa nyaman ketika memegangnya. Leher pada gagang sikat yang fleksibel mampu mengikuti gerakan tangan anak saat menggosok gigi.

9. Formula Sensitive Active Care Toothbrush

9. Formula Sensitive Active Care Toothbrush

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 11.500

Sikat gigi lembut favorit masyarakat

Formula memproduksi banyak varian sikat gigi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Merek sikat gigi Formula merupakan salah satu merek yang paling terkenal di kalangan masyarakat dan sudah terkenal karena keawetannya.

Sikat gigi Formula ini cocok bagi Anda yang memiliki gigi sensitif. Dengan bulu sikat yang sangat lembut, Anda bahkan tidak perlu khawatir jika sikat gigi ini mengenai gusi Anda. Kepala sikatnya yang berukuran kecil dan dilapisi karet mengurangi risiko gusi luka saat Anda menggosok gigi.

8. Ciptadent Total Clean Toothbrush

8. Ciptadent Total Clean Toothbrush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.500

Desain belakang sikat bergelombang untuk membersihkan lidah

Selain memproduksi pasta gigi, Ciptadent juga ikut mengeluarkan produk sikat gigi yang diminati masyarakat. Model yang sederhana dan harganya yang murah, sama sekali tidak mempengaruhi kualitas dari produk sikat gigi ini.

Dengan leher pada pegangan sikat yang lentur, sikat gigi ini mampu menjangkau mulut hingga ke bagian paling dalam. Selain itu, sikat gigi Ciptadent memiliki permukaan belakang sikat yang bergelombang yang didesain agar dapat digunakan untuk membersihkan lidah sekaligus.

7. Pigeon Training Toothbrush

7. Pigeon Training Toothbrush

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.000

Sikat gigi dengan bahan yang aman untuk bayi

Jika Anda memiliki bayi atau balita yang sedang tumbuh giginya atau sedang mulai dilatih menggunakan sikat gigi, produk sikat gigi dari Pigeon ini bisa menjadi pilihan Anda. Dengan handle yang besar dan kuat, sikat gigi ini nyaman digunakan untuk anak-anak. Terlebih dengan warna-warna dan desainnya yang menarik pasti akan membuat anak Anda senang menggosok gigi.

Walaupun harganya cukup mahal, Anda tidak perlu khawatir dengan merek yang satu ini. Pigeon sudah terkenal dengan penggunaan bahan-bahan yang aman digunakan untuk bayi dan anak-anak.

6. Systema Gum Care Toothbrush

6. Systema Gum Care Toothbrush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Sikat gigi dengan teknologi pembunuh bakteri

Untuk Anda yang mencari sikat gigi dengan label halal, Anda bisa memilih sikat gigi produksi Jepang ini. Dengan bulu sikat yang lembut, sikat gigi ini bisa membantu Anda membersihkan kotoran yang menempel pada gigi tanpa melukai gusi.

Sikat gigi Systema ini juga memiliki bahan yang mampu membunuh bakteri yang bersembunyi dalam mulut. Dapatkan perlindungan hingga dua kali lipat pada gigi Anda dengan menggunakan Systema Gum Care Toothbrush!

5. Dr. Smith Orthodontic Toothbrush

5. Dr. Smith Orthodontic Toothbrush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 14.500

Sikat gigi untuk Anda yang menggunakan behel

Sikat gigi produksi Dr. Smith ini cocok bagi Anda yang sedang menggunakan kawat gigi. Sikat gigi khusus untuk gigi berbehel produksi Dr. Smith ini merupakan sikat gigi dengan harga paling murah dibandingkan sikat khusus yang lain.

Struktur gigi yang dipasang behel berbeda dengan gigi biasa. Oleh karena itu, penggunaan sikat khusus penting untuk menjadi pertimbangan. Dengan desain bulu sikat yang sangat lembut dan memanjang, sikat gigi ini mampu membersihkan gigi hingga ke sela-sela kawat gigi tanpa melukai gusi Anda.

4. Klinsen Cleanteeth Toothbrush

4. Klinsen Cleanteeth Toothbrush

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 36.812

Bulu sikat ultratipis untuk membersihkan lebih maksimal

Meskipun terdengar kurang familiar, namun jangan salah, karena merek sikat gigi Klinsen memiliki kualitas yang sangat bagus. Dengan bulu sikat yang ultra tipis dari Klinsen, yaitu 0,02 mm, sikat gigi ini memiliki kemampuan lebih untuk menjangkau bagian antar gigi yang sulit dijangkau sikat gigi biasa.

Pegangan yang nyaman dari sikat gigi ini juga membantu Anda mendapatkan hasil yang maksimal dalam menyikat gigi. Sikat gigi ini cocok digunakan oleh Anda yang memiliki gigi sensitif.

3. Oral-B Pro Health Anti Bacterial Toothbrush

3. Oral-B Pro Health Anti Bacterial Toothbrush

 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.700

Sikat gigi antibakteri untuk nafas yang lebih segar

Sikat gigi Oral-B Pro Health Anti Bacterial memiliki teknologi yang mampu melindungi bulu sikat dari serangan bakteri selama tiga bulan. Sikat gigi ini dilengkapi bulu sikat bewarna biru yang apabila warnanya mulai memudar menandakan bahwa sikat gigi ini sudah perlu diganti.

Sikat gigi dari Oral-B ini memiliki bulu sikat yang panjang sehingga mampu membersihkan bagian yang sulit dijangkau. Selain itu, bulu sikat yang ditanam secara miring dan saling berlawanan dapat mengangkat plak yang membandel! Dengan bulu sikat yang selalu terjaga kebersihannya, sikat gigi ini mampu membersihkan gigi dan gusi secara maksimal sehingga nafas Anda akan selalu segar.

2. Pepsodent Double Care Sensitive Soft Toothbrush

2. Pepsodent Double Care Sensitive Soft Toothbrush

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.500

Sikat gigi super lembut untuk gigi sensitif

Pepsodent merupakan salah satu merek favorit di masyarakat. Selain memproduksi beragam produk pasta gigi, Pepsodent juga memproduksi sikat gigi yang tak kalah jumlah variasinya.

Sikat gigi ini cocok bagi Anda yang memiliki masalah gigi sensitif. Bulu sikat yang ditanamkan pada sikat gigi ini dua kali lipat lebih banyak dan lebih lembut daripada jenis sikat gigi produksi Pepsodent yang lain sehingga Anda tidak perlu khawatir jika bulu sikat gigi ini bergesekan dengan gusi Anda.

1. Colgate Slimsoft Charcoal Toothbrush

1. Colgate Slimsoft Charcoal Toothbrush

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 22.900

Sikat gigi dengan teknologi arang untuk antibakteri

Sikat gigi Colgate merupakan sikat gigi produksi Amerika. Sebagai produk impor, sikat gigi ini ditawarkan dengan harga yang cukup murah. Dengan teknologi mutakhir, penggunaan arang pada sikat gigi ini mampu membantu Anda mendapatkan gigi yang lebih putih dan mengurangi jumlah bakteri dalam mulut Anda.

Sikat gigi Colgate memiliki ukuran bulu sikat yang sangat tipis, hanya setebal 0,01 mm. Dilengkapi dengan pegangan yang lentur, yang mampu mengikuti alur Anda menyikat gigi, sikat gigi ini mampu membersihkan hingga ke area yang sulit dijangkau.

Cara menyikat gigi

Apakah Anda menyikat gigi dengan cara yang benar? Ada dua metode yang digunakan dalam menyikat gigi yaitu, metode scrub dan metode bass. Kedua metode ini adalah cara tepat yang dapat Anda gunakan dalam menyikat gigi.

Metode scrub

Metode scrub

Menyikat gigi dengan metode scrub dipercaya mampu membersihkan plak pada gigi dengan baik. Dengan menempatkan sikat gigi pada sisi-sisi gigi dan menggosok secara perlahan, akan menghilangkan sisa kotoran yang menempel pada sisi-sisinya. Idealnya, sikatlah satu gigi sebanyak 20 kali untuk mendapatkan hasil maksimal.

Metode bass

Metode bass

Yang dimaksud dengan metode bass adalah menggosok saku periodontal dengan sudut 45 derajat. Metode ini dianjurkan karena bisa menghasilkan gosokan yang mantap. Namun, Anda perlu berhati-hati jangan sampai memberikan tekanan terlalu berlebihan.

Peralatan lain untuk membersihkan gigi

Kebanyakan orang hanya menggunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi mereka, padahal ada peralatan pembersih gigi lainnya untuk memberikan perawatan lebih maksimal pada gigi dan mulut Anda. Berikut beberapa contohnya.

Dental floss

Dental floss

Pada saat menggosok gigi, terkadang ada plak yang tidak terangkat secara sempurna sehingga dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Untuk itu penggunaan dental floss setelah menggosok gigi akan membuat gigi Anda lebih bersih dan mencegah bau mulut.

Sikat gigi elektrik untuk pagi yang sibuk

Sikat gigi elektrik untuk pagi yang sibuk

Bagi Anda yang sibuk dan sering terburu-buru saat menyikat gigi di pagi hari, penggunaan sikat gigi elektrik akan sangat membantu. Pada dasarnya sikat gigi manual dan sikat gigi elektrik memiliki cara penggunaan yang sama. Perbedaannya adalah sikat gigi elektrik mampu membersihkan bagian yang detail dengan getaran yang cepat sehingga lebih menghemat waktu jika dibandingkan dengan sikat gigi manual. Umumnya, sikat gigi elektrik juga memiliki putaran yang lembut sehingga tidak akan melukai bagian gusi Anda, bahkan saat digunakan dengan terburu-buru.

Mengganti sikat gigi

Mengganti sikat gigi

Setiap orang memiliki masa pergantian sikat gigi yang berbeda. Sehingga Anda perlu memperhatikan sikat gigi Anda secara saksama sebelum memutuskan untuk menggantinya.

Tanda paling umum dari sikat gigi yang perlu diganti adalah bulu sikat yang bentuknya sudah melebar. Namun selain itu, penggunaan sikat gigi secara terus-menerus setiap hari juga akan menyebabkan bulu sikat hilang. Jadi, waktu terbaik untuk mengganti sikat gigi adalah sekali dalam satu bulan.

Cara menyimpan sikat gigi

Setelah menyikat gigi, pastikan sikat gigi Anda tersimpan dengan rapi. Akan timbul berbagai masalah jika Anda tidak memiliki tempat penyimpanan khusus untuk sikat gigi.

Apakah Anda menaruh sikat gigi di wastafel begitu saja? Tahukah Anda bahwa ada banyak jamur yang tumbuh di sekitar wastafel yang mungkin tidak terlihat? Berikut kami berikan beberapa cara agar sikat gigi Anda tetap bersih.

Toothbrush stand

Toothbrush stand

Selain bisa digunakan untuk tempat menaruh sikat gigi Anda, toothbrush stand juga dapat berfungsi sebagai tempat menyimpan pisau cukur, pembersih wajah, dan benda-benda kecil lainnya sehingga wastafel Anda juga akan terlihat lebih rapi.

Toothbrush case

Toothbrush case

Jika Anda sering berpergian, toothbrush case ini bisa menjadi pilihan untuk menyimpan sikat gigi. Sebaiknya sebelum menyimpan sikat gigi ke dalam toothbrush case ini, pastikan bahwa sikat gigi Anda dalam keadaan kering agar tidak ada kuman yang ikut terbawa.

Menjaga kebersihan sikat gigi

Menjaga kebersihan sikat gigi

Jika Anda tidak memperhatikan cara penyimpanannya, sikat gigi Anda yang cantik bisa saja jadi dipenuhi kuman yang bersarang. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pada dasarnya sikat gigi hanya perlu diletakkan pada tempat dengan kelembapan yang rendah dan memiliki akses pergantian udara yang baik. Namun, jika Anda masih khawatir, Anda dapat menyemprotkan antibakteri pada sikat gigi, beberapa kali dalam sebulan. Jika Anda merasa repot untuk melakukannya, ada cara yang lebih sederhana. Anda juga bisa menjemur sikat gigi di bawah sinar matahari secara rutin.

Kesimpulan

Kesehatan area di dalam mulut sangat penting untuk dijaga karena berbagai penyakit bisa muncul dari gigi dan gusi yang rusak. Menjaga kesehatan gigi dan gusi adalah suatu investasi yang jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya yang harus Anda keluarkan jika Anda menderita penyakit pada gigi dan gusi.

Pemilihan sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah pada gigi dan gusi Anda bisa menjadi langkah awal pencegahan berbagai penyakit pada gigi dan gusi. Bagaimana menurut Anda tentang 10 rekomendasi sikat gigi kami? Semoga Anda menemukan yang cocok sesuai permasalahan dan kebutuhan kesehatan mulut Anda.