• 10 Sikat Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sikat Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sikat Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sikat Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sikat Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sikat Gigi Terbaik - Ditinjau oleh Dentist (Terbaru Tahun 2022)

Ada banyak jenis sikat gigi yang tersedia di pasaran berdasarkan kelembutan dan bentuk bulunya. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan masyarakat, banyak orang mencari sikat gigi dengan bulu yang lembut dan halus. Dengan menggunakan sikat gigi yang bagus dan tepat, masalah seperti karang gigi tentunya bisa diatasi.

Kali ini kami bekerja sama dengan dokter gigi, drg. Joseph Gunawan, untuk memberikan tips memilih sikat gigi terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa merek sikat gigi, seperti Pepsodent, Sensodyne, serta Curaden. Baca juga tips menyikat gigi yang benar di bagian akhir artikel. Silakan disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

drg. Joseph Gunawan
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dentist, drg. Joseph Gunawan

Profil pakar: Dentist, drg. Joseph Gunawan

Joseph Gunawan adalah seorang dokter gigi yang memiliki passion di bidang estetika. Ia lulus dengan gelar summa cum laude dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran pada 2019.


Saat ini, dokter gigi yang juga merupakan seorang content creator dan entrepreneur ini sedang bekerja di klinik swasta di kota Bandung. Sehari-hari, pria yang akrab dipanggil Joseph ini sering membagikan konten mengenai kesehatan gigi melalui akun media sosialnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sikat gigi

Saat memilih sikat gigi, Anda perlu memperhatikan bentuk dan kelembutan bulu sikatnya. Berikut ini kami akan membahas poin-poinnya lebih lanjut.

Sesuaikan tingkat kelembutan sikat dengan kondisi gusi Anda

Berdasarkan tingkat kelembutannya, ada tiga jenis bulu sikat gigi, yakni soft, medium, dan hard. Pilihlah jenis bulu sikat yang sesuai dengan kondisi gusi Anda.

Bulu sikat medium, pilihan untuk gusi yang sehat

Bulu sikat medium, pilihan untuk gusi yang sehat

Kelembutan bulu sikat akan memengaruhi efisiensi sikat saat membersihkan gigi Anda. Untuk gusi yang sehat, jenis bulu sikat yang ideal digunakan adalah jenis medium. Dengan jenis sikat ini, Anda bisa mendapatkan gigi yang putih dan bersih.


Jika bulu sikatnya keras, gigi Anda bisa bersih dalam waktu yang lebih singkat. Namun, bulu sikat yang keras lebih sulit menjangkau celah-celah gigi yang sempit. Jadi, Anda pun perlu menyikat dengan lebih teliti dan hati-hati lagi. Selain itu, Anda juga sebaiknya memperhatikan tingkat kekuatan saat menyikat. Menggosok gigi terlalu kuat dapat merusak struktur gigi dan gusi Anda.


Dalam metode uji keras bulu sikat, acuan panjang bulu sikat adalah 7 mm. Jika panjangnya lebih dari 7 mm, bulu menjadi lebih mudah melengkung sehingga terasa lebih lembut, begitu pula sebaliknya. Jika ada dua sikat gigi yang sama-sama berlabel hard, sikat dengan bulu lebih pendek pasti lebih keras.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Saat ini American Dental Association (ADA) sudah tidak menganjurkan sikat gigi tipe hard atau keras, bahkan untuk gigi normal. Hal ini karena tipe keras dapat membuat gusi turun lebih cepat, apalagi jika menyikat gigi dengan tekanan yang keras.


Beberapa orang memilih menggunakan sikat gigi tipe keras karena merasa tidak bersih saat menyikat gigi menggunakan tipe biasa. Namun, untuk melindungi struktur gigi dan menjaga gusi, lebih baik Anda menggunakan tipe medium.

Bulu sikat soft untuk gusi meradang atau sensitif

Bulu sikat soft untuk gusi meradang atau sensitif

Jika Anda memiliki gigi yang sensitif atau menderita radang gusi, pilihlah bulu sikat yang soft atau lembut. Jenis sikat yang lembut akan mencegah iritasi pada gusi.


Bulu sikat yang lembut dapat menjangkau celah gigi yang sempit sehingga Anda dapat membersihkan gigi secara merata. Namun, jenis bulu sikat ini sulit menghilangkan plak atau noda yang menempel pada gigi. Jika Anda menggunakan jenis bulu sikat soft, pastikan untuk menyikat gigi dengan teliti.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Untuk gusi sensitif yang meradang, sebaiknya pilihlah sikat gigi dengan tipe soft atau ultrasoft. Hal ini amat penting untuk diperhatikan, apalagi jika Anda baru saja membersihkan karang gigi. Dengan sikat gigi yang lembut, Anda dapat mencegah gusi teriritasi dengan lebih parah. Namun, Anda juga harus menyikat gigi dengan cara yang benar agar kebersihan dan kesehatan mulut tetap terjaga.

Carilah kepala sikat yang tidak melebihi panjang dua gigi depan Anda

Carilah kepala sikat yang tidak melebihi panjang dua gigi depan Anda

Pada umumnya, kepala sikat gigi memiliki tiga baris bulu sikat dalam arah vertikal. Kemudian, panjang kepala sikat gigi biasanya sekitar 2 hingga 2,5 cm. Ukuran tersebut hampir sama dengan panjang dua gigi depan. Anda bisa menjadikan ukuran ini sebagai panduan saat memilih.


Keunggulan kepala sikat yang kecil adalah dapat menyikat hingga gigi geraham maupun permukaan yang tidak rata. Jika gigi geraham Anda sulit dijangkau atau permukaannya tidak rata, gunakanlah kepala sikat yang kecil. Namun, karena area yang disikat lebih kecil, waktu menyikat pun akan menjadi lebih lama. Maka dari itu, Anda perlu lebih hati-hati dan teliti dalam menyikat gigi.


Tidak hanya ukurannya, bentuk kepala sikat juga memengaruhi keefektifan sikat. Kepala sikat berbentuk persegi memiliki kumpulan bulu yang besar sehingga bisa membersihkan dengan efektif. Kemudian, kepala sikat berbentuk oval akan lebih nyaman digerakkan dalam rongga mulut. Bentuk kepalanya yang meruncing dapat menjangkau gigi yang lebih dalam, tetapi akan mengurangi efisiensi pembersihan.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Sikat gigi dengan kepala yang terlalu besar dapat melukai gusi dan bagian pipi saat Anda menyikat gigi. Hal ini juga dapat membuat bagian gigi paling belakang sulit dijangkau sehingga tidak dapat disikat dengan baik. Karena itu, pemilihan jenis sikat gigi yang sesuai dan ukuran kepala sikat gigi sangat penting untuk diperhatikan.

Perhatikan bentuk dan ujung bulu sikat

Bentuk sikat, ujung bulu, dan bundel bulu merupakan kunci dari sikat gigi. Produsen sikat gigi pun memproduksi sikat dengan bentuk yang beragam. Perhatikanlah detail bulu sikat dan temukan produk yang cocok untuk Anda.

Ujung bulu sikat datar untuk gigi normal, bentuk bergelombang untuk gigi tidak rata

Ujung bulu sikat datar untuk gigi normal, bentuk bergelombang untuk gigi tidak rata

Pada dasarnya, bentuk ujung bulu sikat gigi adalah datar dan rata. Namun, ada juga yang berbentuk cembung, bergelombang, atau memiliki ujung bulu halus dengan ketinggian sedikit bervariasi.


Ujung bulu sikat yang rata cocok untuk Anda yang memiliki gigi yang bagus dan rapi. Hal ini karena bulu sikat yang keras dapat menyikat permukaan gigi yang luas. Namun, jenis ini agak sulit dipakai menyikat celah antara gigi. Karena itu, Anda mungkin perlu menggunakan sikat interdental, benang gigi, atau sikat single-tuft.


Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai benang gigi, Anda bisa membacanya melalui link di bawah ini.

Jika gigi Anda tidak rata atau ada celah lebar di antara gigi, pilihlah sikat gigi dengan bentuk bergelombang. Dengan begitu, sikat gigi bisa menggapai dan membersihkan bagian yang tidak rata dengan lebih baik.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Sikat gigi datar memiliki ketinggian yang sama pada seluruh permukaannya sehingga dapat membersihkan gigi secara merata. Jenis sikat gigi datar cocok untuk gigi yang rata. Sebaliknya, sikat gigi bergelombang dapat membantu membersihkan celah gigi dengan lebih baik.

Ujung bulu bulat untuk gigi putih dan ujung bulu ekstra halus untuk celah gigi yang lebih bersih

Ujung bulu bulat untuk gigi putih dan ujung bulu ekstra halus untuk celah gigi yang lebih bersih

Ujung sikat gigi umumnya berbentuk bulat dengan diameter sekitar 0,2 mm. Ujung sikat seperti ini efektif dalam membersihkan gigi dan memungkinkan Anda menggosok permukaan gigi secara maksimal. Karena itu, tipe ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang ingin mendapatkan gigi yang putih.


Di sisi lain, ada juga sikat yang memiliki ujung ekstra halus dengan diameter kurang dari 0,2 mm. Jenis sikat tersebut dapat menjangkau celah antar gigi yang sempit. Selain itu, ujung sikat ini tidak akan mudah menyakiti gigi dan gusi Anda. Karena itu, sikat jenis ini direkomendasikan jika Anda hendak menyikat dengan lembut.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Ujung bulu sikat gigi bulat cenderung memiliki diameter yang lebih besar. Karena itu, tipe ini kurang bisa membersihkan celah kecil di antara gigi. Hal inilah yang menyebabkan dokter gigi lebih sering menganjurkan ujung sikat gigi yang halus. Dengan ujung sikat gigi yang halus, Anda dapat membersihkan gigi hingga ke celahnya.

Bundel bulu sikat yang tebal untuk sensasi gigi yang lebih bersih

Bundel bulu sikat yang tebal untuk sensasi gigi yang lebih bersih

Makin tinggi kepadatan bulu sikat gigi, makin besar area yang bersentuhan dengan gigi. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan sensasi gigi yang bersih dan halus setelah menyikat gigi. Kekurangan sikat gigi seperti ini adalah kotoran yang menempel pada bulu sikat sulit dihilangkan saat dicuci. Kemudian, sikat jenis ini juga sulit dikeringkan.


Sikat dengan tingkat kerapatan yang lebih rendah memungkinkan bulu sikat bergerak ke segala arah dengan mudah. Dengan begitu, bagian dalam gigi dapat dibersihkan dengan lebih baik. Namun, kekuatan menyikatnya lebih rendah sehingga kurang efektif membersihkan gigi.

Pilihlah bulu sikat yang terbuat dari material nilon atau PTB

Pilihlah bulu sikat yang terbuat dari material nilon atau PTB

Bahan bulu pada sikat gigi berpengaruh pada kelembutan, kenyamanan, dan kebersihan sikat gigi. Tingkat kekerasan bulu sikat ini tergantung pada ketebalan dari jenis material yang digunakan. Material bulu sikat yang umum adalah PBT, nilon, dan rambut alami seperti bulu binatang. PBT adalah bahan bulu sikat yang paling keras dan rambut alami adalah bahan yang paling lembut.


Bulu sikat dari rambut alami cukup kenyal dan memiliki elastisitas yang memadai sehingga nyaman digunakan. Akan tetapi, bulu sikat jenis ini tidak mudah kering setelah dipakai. Jika Anda menggunakan bulu sikat jenis ini, cuci dengan bersih dan keringkan dengan benar setelah pemakaian.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Nilon adalah bahan serat sintetis yang kuat dan fleksibel. Belakangan ini banyak sikat gigi di pasaran yang memiliki bulu berbahan serat bambu, charcoal, dan lainnya. Namun, sebenarnya bahan-bahan tersebut hanyalah ekstrak yang ditambahkan pada bahan utama sikat gigi, yaitu nilon.

Sesuaikanlah jenis gagang sikat dengan bentuk gigi Anda

Sesuaikanlah jenis gagang sikat dengan bentuk gigi Anda

Bentuk gagang akan memengaruhi kemampuan sikat untuk membersihkan gigi geraham Anda. Bagi Anda yang memiliki gigi rata, Anda dianjurkan untuk menggunakan sikat dengan gagang yang lurus


Namun, jika Anda merasa kepala sikat sulit menjangkau gigi belakang, sebaiknya gunakan gagang yang melengkung. Selain itu, untuk Anda yang memiliki gigi tidak rata, pilihlah sikat jenis offset dengan gagang lentur. Dengan begitu, proses menyikat gigi pun akan menjadi lebih mudah.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Sikat gigi memiliki jenis yang berbeda-beda, baik dari ukuran maupun bentuk gagangnya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan susunan gigi dan ukuran rahang Anda. Untuk dapat mencapai bagian belakang gigi, cobalah menggunakan gagang yang sedikit melengkung. Bentuk gagang ini akan memudahkan Anda menyikat gigi meskipun susunan gigi Anda tidak sesuai dengan lengkung rahang normal.

10 Rekomendasi sikat gigi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sikat gigi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drg. Joseph Gunawan.

10
Jenis bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatMeruncing
Extra bulu halusTidak ada
Jenis kepala sikatKecil
9
Jenis bulu sikatExtra soft
Bentuk ujung bulu sikatDatar
Extra bulu halusAda
Jenis kepala sikatNormal
8
Jenis bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatDatar
Extra bulu halusTidak disebutkan
Jenis kepala sikatNormal
7

SWISSDENTPROFI Colours Toothbrush

Mulai dari Rp 89.000,00

Jenis bulu sikatSoft-medium
Bentuk ujung bulu sikatCekung
Extra bulu halusTidak Ada
Jenis kepala sikatKecil
6
Jenis bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatDatar
Extra bulu halusTidak ada
Jenis kepala sikatKecil
5

OTFormula Sensitive Active Care Toothbrush

Mulai dari Rp 12.100,00

Jenis bulu sikatExtra soft
Bentuk ujung bulu sikatDatar
Extra bulu halusAda
Jenis kepala sikatNormal
4
Jenis bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatDatar
Extra bulu halusAda
Jenis kepala sikatNormal
3
Jenis bulu sikatMedium
Bentuk ujung bulu sikatBergelombang
Extra bulu halusTidak disebutkan
Jenis kepala sikatSlim
2

Procter & GambleOral-B Pro-Health Clinical Pro-Flex Manual Toothbrush

Mulai dari Rp 65.000,00

Jenis bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatBergelombang
Extra bulu halusTidak ada
Jenis kepala sikatNormal
1
Jenis bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatDatar
Extra bulu halusAda
Jenis kepala sikatNormal

Tabel perbandingan produk sikat gigi terbaik

Gambar produk
1
Pepsodent  Silver Charcoal Soft 1

Pepsodent

2
Procter & Gamble Oral-B Pro-Health Clinical Pro-Flex Manual Toothbrush 1

Procter & Gamble

3
Lion Wings Ciptadent Flexi Clean 1

Lion Wings

4
Colgate  SlimSoft Charcoal 1

Colgate

5
OT Formula Sensitive Active Care Toothbrush 1

OT

6
Curaden Curaprox CS 5460 1

Curaden

7
SWISSDENT PROFI Colours Toothbrush 1

SWISSDENT

8
Sensodyne  Ultra Sensitive Soft  1

Sensodyne

9
OT Formula Flip Go Charcoal 1

OT

10
Curaden Curaprox CS 1009  1

Curaden

Nama produk

Silver Charcoal Soft

Oral-B Pro-Health Clinical Pro-Flex Manual Toothbrush

Ciptadent Flexi Clean

SlimSoft Charcoal

Formula Sensitive Active Care Toothbrush

Curaprox CS 5460

PROFI Colours Toothbrush

Ultra Sensitive Soft

Formula Flip Go Charcoal

Curaprox CS 1009

Keunggulan

Tak hanya menyikat gigi, tetapi juga bisa untuk membersihkan lidah!

Bulu sikat yang mampu mengikuti kontur unik gigi dan gusi, hilangkan plak lebih banyak

Gagang ergonomis yang nyaman digenggam

Bulu sikat super tipis untuk jangkau celah sempit pada gigi

Dilengkapi lapisan karet pelindung di kepala sikat, cegah iritasi pada gusi

Dengan gagang unik segi delapan, menggenggam sikat jadi lebih mudah

Didesain secara khusus dengan paten dari Swiss

Bersihkan gigi sensitif Anda dengan sikat gigi ini

Paket hemat, produk andalan untuk traveler

Pilihan untuk gigi berbehel, jangkau bagian yang paling sulit dibersihkan

Harga mulai dariRp 15.725,00Rp 65.000,00Rp 3.100,00Rp 21.650,00Rp 12.100,00Rp 80.000,00Rp 89.000,00Rp 11.500,00Rp 16.200,00Rp 70.000,00
Jenis bulu sikatSoftSoftMediumSoftExtra softSoftSoft-mediumSoftExtra softSoft
Bentuk ujung bulu sikatDatarBergelombangBergelombangDatarDatarDatarCekungDatarDatarMeruncing
Extra bulu halusAdaTidak adaTidak disebutkanAdaAdaTidak adaTidak AdaTidak disebutkanAdaTidak ada
Jenis kepala sikatNormalNormalSlimNormalNormalKecilKecilNormalNormalKecil
Tautan produk

Perhatikan tiga tips menyikat gigi yang baik dari dokter gigi

Perhatikan tiga tips menyikat gigi yang baik dari dokter gigi

Tidak hanya menemukan sikat gigi yang sesuai, Anda perlu mengetahui cara menyikat yang benar. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gigi yang putih dan bersih sesuai dengan yang diinginkan. Pelajarilah tiga tips menyikat gigi dengan baik berikut ini.


  1. Sikatlah area-area yang mudah terlupakan terlebih dahulu seperti celah antara gigi dan gigi geraham. Jangan lupa juga menyikat bagian-bagian yang sering diminta dokter gigi Anda untuk dibersihkan. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi kemungkinan adanya area gigi yang belum tersikat.
  2. Jangan terlalu banyak menggunakan pasta gigi. Pasta gigi yang terlalu banyak akan menghasilkan busa yang banyak juga. Namun, busa yang banyak ini justru akan menyebabkan banyak area gigi yang lupa untuk disikat.
  3. Perhatikan tekanan saat menyikat. Tingkat kekuatan menyikat gigi biasa sekitar 150200 gram. Jika menggunakan kepala sikat yang kecil untuk menjangkau celah yang sempit, gunakanlah tekanan yang lebih kecil. Tekanan yang terlalu kuat akan memengaruhi jaringan pada mulut. Karena itu, ketika menyikat dengan kepala sikat yang kecil, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan mengurangi kekuatan menyikat.
drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Saat menyikat gigi, Anda harus memperhatikan tiga permukaan penting. Bagian tersebut adalah bagian luar, dalam, dan permukaan gigi. Ketika menggunakan pasta gigi, sebaiknya Anda hanya menggunakannya sebesar ukuran biji kacang hijau saja.


Beberapa orang memang memilih untuk menggunakan lebih banyak pasta gigi untuk membuat rongga mulut terasa lebih segar. Namun, Anda sebenarnya juga harus mempertimbangkan bahan-bahan yang terkandung di dalam pasta gigi. Beberapa pasta gigi memiliki kandungan bahan abrasif yang dapat merusak email gigi jika terlalu banyak digunakan.


Selain menggunakan bulu yang halus, Anda sebaiknya menyikat gigi secara pelan-pelan dengan teknik yang benar. Teknik ini lebih baik daripada menyikat gigi dengan tekanan keras karena dapat membuat gusi mengalami penurunan.

Jangan lupa menyikat gigi setiap setelah makan atau menyantap camilan

Jangan lupa menyikat gigi setiap setelah makan atau menyantap camilan

Bakteri yang melekat pada sisa makanan yang tertinggal di mulut bisa menjadi plak. Oleh karena itu, cobalah untuk menyikat gigi setiap setelah makan dan menyantap camilan.


Namun, apabila bakteri dalam rongga mulut Anda sedikit, Anda tidak perlu terlalu sering menyikat gigi setelah makan. Begitu juga dengan Anda yang memiliki banyak aliran air liur dengan kemampuan remineralisasi yang kuat.


Anda dapat melakukan tes air liur di klinik pencegahan dan mengetahui risiko terjadinya karies dan penyakit periodontal. Dengan begitu, Anda bisa berjaga-jaga dengan melakukan perawatan gigi yang baik.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Jangan lupa menyikat gigi minimal dua kali sehari, yaitu 30 menit setelah sarapan dan pada malam hari sebelum tidur. Jika ingin menyikat gigi lebih dari dua kali, lakukanlah tiga puluh menit setelah makan tanpa perlu menggunakan pasta gigi.


Mengapa Anda harus menunggu tiga puluh menit setelah makan? Hal ini karena makanan akan diproses oleh air liur menjadi asam selama kurang lebih 30 menit. Apabila Anda langsung menyikat gigi setelah makan, asam dari proses metabolisme makanan dapat merusak gigi.

Periksa kondisi ujung bulu sikat, ganti sikat tiap tiga bulan

Periksa kondisi ujung bulu sikat, ganti sikat tiap tiga bulan

Pada dasarnya, Anda perlu mengganti sikat gigi tiap tiga hingga empat bulan. Namun, jika bulu sikat telah melebar dan terbuka karena menyikat terlalu kuat, gantilah tanpa harus menunggu tiga bulan. Menggunakan sikat dengan bulu yang terbuka dapat menyebabkan kerusakan pada gusi.


Apabila bulu sikat belum tampak merenggang, tetapi ujung bulunya telah berkurang, sikat tidak mampu lagi membersihkan gigi dengan efektif. Karena itu, gantilah dengan sikat gigi baru setidaknya tiga bulan sekali.


Penggunaan bulu sikat dari bahan alami seperti bulu binatang akan membuat bulu sikat tidak mudah melengkung. Bahan-bahan tersebut dikenal kuat dan dapat bertahan lebih lama. Jika bulu sikat yang Anda gunakan terbuat dari nilon, sebaiknya Anda menggantinya setelah sekitar tiga bulan pemakaian. Jika bulu tidak lagi kaku atau ujung bulunya pecah bercabang, segeralah ganti sikat dengan yang baru.

drg. Joseph Gunawan
Dentist
drg. Joseph Gunawan

Bulu sikat gigi yang sudah tidak beraturan dan kotor akan menyebabkan sisa makanan menjadi sulit untuk dibersihkan. Jika Anda merasakan sensasi tidak bersih setelah menyikat gigi, sebaiknya gantilah sikat gigi yang Anda gunakan. Jika Anda jarang mengganti sikat gigi, gigi lebih berisiko rusak dan berlubang karena tidak dibersihkan dengan baik.

Baca juga rekomendasi produk perawatan gigi lainnya di sini

Selain sikat gigi, Anda juga perlu memilih pasta gigi yang tepat untuk merawat gigi agar tetap sehat dan bersih. Kami telah mengulas beberapa di antara jenis pasta gigi yang bisa Anda pertimbangkan. Silakan simak pembahasannya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah sudah Anda menemukan sikat gigi yang dibutuhkan? Menjaga gigi tetap sehat merupakan investasi dengan biaya yang terjangkau. Jika gigi Anda sakit, biaya pengobatan yang dikeluarkan lebih mahal dibandingkan melakukan perawatan saat gigi sehat.


Ada banyak pilihan sikat gigi yang tersedia di pasaran. Periksalah dengan teliti Agar menemukan produk yang dibutuhkan dengan karakter gigi Anda. Hal ini sebagai langkah awal untuk mencegah infeksi pada gigi. Semoga ulasan ini membantu Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Handuk Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Handuk mandi yang bagus memiliki kemampuan menyerap air yang baik. Terdapat berbagai macam merek handuk mandi kualitas terbaik, seperti Terry Palmer, Miniso, IKEA, dan merek lainnya. Handuk dari merek-merek tersebut memiliki model, ukuran, kelembutan, dan daya serap yang berbeda-beda.Artikel ini menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli handuk mandi. Anda juga dapat melihat rekomendasi handuk mandi terbaik dengan harga dan kualitas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Selain itu, kami juga menyelipkan tips merawat handuk agar tahan lama. Silakan Anda baca artikelnya sampai tuntas dan temukanlah handuk mandi yang terbaik.
    Peralatan mandi
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Memilih produk perawatan rambut untuk si kecil memang gampang-gampang susah. Pasti ada hal-hal yang Anda pertimbangkan, bukan? Terlebih lagi, jika si kecil sudah beranjak dari masa balitanya. Kapan beralih dari shampo bayi ke shampo anak? Bagaimana menentukan shampo anak yang bagus? Anda tak perlu khawatir sebab kami punya tips memilih shampo terbaik untuk anak. Beragam merek shampo, seperti Sensatia Botanicals, Herbal Essence, dan Cocona Care ada di sini. Shampo yang bisa dipakai untuk anak dan seluruh anggota keluarga juga ada. Langsung saja, mari simak rekomendasi shampo untuk anak berikut ini!
    Peralatan mandi
  • 10 Rekomendasi Pengharum Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pengharum Toilet Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Toilet merupakan area yang cukup berisiko memiliki aroma tak sedap. Untuk itu, Anda membutuhkan pengharum toilet. Pengharum toilet akan memberi kesegaran dalam toilet. Kini, telah banyak bermunculan produk pengharum toilet dengan berbagai tipe, ada yang disemprot, diteteskan, dan sebagainya.Anda bisa menemukan pengharum toilet dari berbagai merek, seperti Stella Air Freshener, Bagus, Glade, dan lainnya. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih pengharum toilet, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menemukan produk yang tepat. Simak terus artikel ini, ya!
    Peralatan mandi
  • 10 Rekomendasi Handuk Microfiber Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Handuk Microfiber Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Handuk yang cepat kering adalah handuk yang paling disukai, terutama saat musim hujan. Handuk tersebut biasanya berbahan mircofiber. Bahan yang digunakan cenderung lebih tipis dan cepat menyerap air alias quick dry. Eiger, Naturehike, dan Handduk by Today adalah beberapa merek handuk microfiber yang bagus.Jika Anda memang sedang mencari handuk microfiber, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Kami akan berbagi tips memilih handuk microfiber yang bagus. Beberapa merek handuk microfiber terbaik ada dalam rekomendasi kami. Yuk, langsung saja simak artikel kali ini dan temukan handuk microfiber yang sesuai!
    Peralatan mandi
  • 10 Rekomendasi Toilet Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Toilet Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Toilet training merupakan tantangan bagi orang tua dan si kecil. Supaya proses toilet training dapat berjalan dengan lancar, kami sarankan untuk menggunakan toilet anak. Sekarang ini, sudah banyak toilet anak yang memiliki desain dan fungsi yang beragam.Anda ingin membeli toilet anak tetapi bingung harus memilih produk seperti apa? Jangan khawatir. Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih toilet anak yang baik. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik seperti Richell, Baby Safe, dan Fisher Price. Pastikan Anda membacanya sampai habis, ya!
    Peralatan mandi
  • 10 Rekomendasi Pegangan Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pegangan Kamar Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Orang lanjut usia sangat berisiko terjatuh atau tergelincir saat berada di kamar mandi yang basah dan licin. Keberadaan pegangan kamar mandi, dikenal juga sebagai handlebar atau grab bar, dapat mengurangi risiko ini. Namun, bagaimana cara memilih pegangan kamar mandi yang sesuai dengan kebutuhan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa pegangan kamar mandi yang bagus dan bisa Anda dapatkan secara daring. Berbagai merk terkenal mulai dari TOTO, American Standard, sampai merk lokal Fiorentino akan kami bahas di sini! Mari sertakan pegangan ini di kamar mandi Anda untuk mengurangi risiko kecelakaan!
    Peralatan mandi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori