10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Melaju sekencang angin, pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Agar bisa menikmati sensasi berkendara secara aman, peran helm sangat penting. Helm melindungi kepala kita dari benturan, dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, Zeus, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga bergaya. Saatnya kami membagi informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang baik, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!

Daftar isi

Cara memilih helm motor

Keselamatan lebih penting daripada apa pun. Helm sepeda motor yang Anda pilih harus mampu melindungi Anda dalam keadaan darurat.

Lakukan pengecekan standar keselamatan pada helm terlebih dahulu. Beberapa helm dijual seharga jutaan rupiah, tetapi berhati-hatilah karena ada kalanya produk tersebut tidak memenuhi standar keselamatan.

Pilih bentuk helm yang sesuai dengan fungsinya

Bentuk menjadi faktor utama yang Anda pikirkan saat membeli helm. Karena ada kelebihan dan kekurangan masing-masing bentuk, pilihlah helm sesuai dengan fungsinya, serta tujuan Anda berkendara.

Helm full face untuk Anda yang mengutamakan keamanan

Helm full face untuk Anda yang mengutamakan keamanan

Helm full face adalah tipe helm yang menutupi kepala dari seluruh sisi. Helm tipe ini memberikan perlindungan maksimal dalam keadaan darurat. Menggunakan helm ini sangat dianjurkan karena paling aman dibanding dengan helm model lainnya. Terutama apabila Anda seorang pembalap sirkuit.

Namun, kekurangan dari helm full face adalah bobot yang berat. Terutama saat cuaca panas, akan terasa pengap saat dipakai. Pilihlah helm full face yang dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik untuk melancarkan pernapasan, sehingga nyaman digunakan pada saat cuaca panas.

Helm half face untuk keamanan dan kenyamanan yang seimbang

Helm half face untuk keamanan dan kenyamanan yang seimbang

Helm half face ditandai dengan kaca pelindung besar. Perbedaannya dengan helm full face adalah bagian wajah yang kosong. Karena itu, jika Anda membuka perisai kacanya saat berkendara, Anda bisa merasakan sensasi “open” dari angin yang menerpa wajah Anda. Helm ini juga unggul dalam hal keamanan, meskipun tidak seaman helm full face.

Cocok dipakai untuk berkendara sehari-hari di jalan raya. Kekurangannya adalah, helm tidak memiliki penutup topi, sehingga tidak bisa melindungi mata dari silau oleh terik matahari.

Helm shorty atau half cap untuk berkendara santai

Helm shorty atau half cap untuk berkendara santai

Helm ini hanya mencakup sebagian kepala dan akan memberikan ada rasa bebas saat berkendara. Namun, karena bentuknya, helm ini memiliki tingkat keamanan yang sangat kecil dibanding dengan dua helm sebelumnya. Oleh karena ini, helm ini lebih cocok digunakan untuk sepeda motor dengan mesin 125 cc atau kurang.

Dalam beberapa kasus, beberapa pengendara motor tipe Amerika, seperti Harley, menggunakan helm shorty bahkan jika motornya jauh lebih besar dari kelas 125 cc, karena ada helm shorty yang tidak memiliki batas kelas 125 cc atau kurang. Jika Anda hanya ingin bergaya, sebaiknya gunakan helm sesuai anjuran. Jenis helm ini sudah banyak ditinggalkan karena tidak sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia).

Perhatikan standar keamanan helm

10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saat Anda membeli helm, pastikan untuk memeriksa tidak hanya desain dan kecocokannya, tetapi juga logo standar keselamatan di bagian belakang helm.

Di Indonesia telah berlaku standar keamanan helm yang disebut SNI (Standar Nasional Indonesia), yang mengacu kepada ketentuan Economic Community of Europe (ECE). Helm yang memenuhi aturan SNI adalah helm model full face dan half face.

Selain SNI, ada juga helm bersertifikasi standar Snell Memorial Foundation yang diakui dan didukung oleh banyak merek helm internasional.

Standar lainnya adalah DOT (Departement of Transportation) dari Departemen Transportasi Amerika Serikat dengan uji produk yang dilakukan NHTSA (National Highway Traffic Safety Association). Standar ini paling populer di Indonesia.

10 Rekomendasi helm motor terbaik

Rekomendasi helm tebaik yang kami pilihkan memiliki rentang harga mulai dari seratus ribuan hingga jutaan. Silakan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah vintage, full face, atau half face?

Kita mulai dari urutan yang kesepuluh.

10. JBX Helmet Bogo Retro Helm

10. BOGO Retro Helm

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 153.500

Helm vintage dengan 22 pilihan desain

Cukup laris manis di toko online seperti Lazada, Bogo Retro Helm adalah produk buatan indonesia. Koleksi helmnya cukup banyak. Ada 22 desain yang bisa Anda pilih sesuai selera, mulai dari warna-warna color block feminin seperti putih fanta, hingga motif loreng yang maskulin.

Helm ini cocok untuk pengendara motor klasik. Anda akan terlihat berbeda dan unik karena modelnya yang mengambil tema retro. Jika Anda ingin tampil gaya, tetapi tetap terlindungi, helm BOGO Retro ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

9. NHK R1 Solid

9. NHK R1 Solid

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 320.000

Helm sang juara

Masih dari helm produksi lokal berkualitas tinggi, helm NHK R1 Solid menghadirkan helm half face dengan lensa double visor. Dalam keadaan panas atau terik matahari, Anda dapat menggeser switch pada sisi helm dan menurunkan lensa berfilm gelap. Praktis!

Helm dilengkapi lensa pelindung UV untuk melindungi penglihatan Anda. Selain fitur lensa sebagai poin plusnya, helm juga mempunyai sistem ventilasi pada seluruh bagiannya. Untuk Anda yang sering mengalami rasa panas saat berkendara, silakan mencoba produk lokal yang satu ini. Anda tidak akan merasakan sesak atau kepanasan dalam kondisi apa pun.

8. GM New Imprezza Solid 2 Visor

8. GM New Imprezza Solid 2 Visor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 370.000

Dilengkapi fitur anti fog yang memudahkan penglihatan

Di urutan kedelapan, kita masih membahas helm half face dengan double visor. Helm GM New Imprezza adalah salah satu pilihan yang tepat. Selain dilengkapi pelindung UV dan anti gores, lensa helm juga memiliki fitur anti fog, yang bekerja dengan baik untuk memperjelas penglihatan Anda apabila terjadi kabut.

Untuk perawatannya, helm memiliki busa yang mudah dibongkar pasang. Anda dapat mencuci helm Anda dengan mudah untuk menjaganya tetap bersih dan higienis. Ideal untuk Anda yang senang menjaga kebersihan sekaligus menginginkan performa yang tinggi pada sebuah helm.

7. KYT Hellcat Plain Black

7. KYT Hellcat Plain Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 325.000

Pelindung UV terkuat!

Seluruh cangkang helm KYT Hellcat memiliki pelindung sinar UV dan dilengkapi lensa pelindung UV 380 dan anti gores. Jika Anda ingin mengganti lensanya, tidak perlu khawatir kesulitan. Helm memiliki fitur quick visor change (QVC) yang memudahkan Anda menggantinya tanpa menggunakan alat.

Selain itu, busa pada bagian pipi helm serta comfort liners di dalamnya juga dapat dilepas dan dicuci dengan mudah. Dengan mudahnya dibersihkan, tentu helm Anda akan bebas dari bakteri. Helm ini direkomendasi untuk Anda yang menggunakan motor sehari-hari dan membutuhkan perlindungan wajah dari sinar ultraviolet yang merusak, khususnya perempuan.

6. ZEUS ZS-811 Matt Black

6. ZEUS ZS-811 Matt Black

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 659.900

Helm full face yang kuat dan ringan

ZEUS adalah salah satu merek helm yang mengeluarkan produk full face yang kuat, tetapi berbobot ringan. Materialnya terbuat dari ABS, yang menjaganya kokoh dan sangat tahan benturan. Untuk Anda yang mengutamakan keamanan selama berkendara, helm ini bisa jadi pilihan yang baik.

Lensa helm berupa single visor, namun sudah dilengkapi dengan pelindung UV untuk menjaga kulit wajah Anda di siang hari. Selain telah memiliki standar berkualitas SNI, helm Zeus ZS-811 juga memiliki berbagai standar kualitas tinggi, seperti ECE, JIS, dan NBR. Desainnya yang berwarna hitam dan mulus juga cocok untuk Anda yang berselera sophisticated.

5. INK Adventure Modular Flip Up

5. INK Adventure Modular Flip Up

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 970.000

Helm full face sekaligus half face!

Jika Anda merasa helm full face terlalu berat dan sesak, helm keluaran INK Aventure ini bisa Anda pertimbangkan. Ia memiliki fitur full face sekaligus half face! Anda bisa dengan mudah menggeser tuas yang terdapat pada sisi helm, untuk mengubah bentuk full face menjadi half face, dan sebaliknya. Praktis! Anda mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam sebuah helm.

Helm yang biasa disebut modular atau flip up ini memiliki fitur double visor. Lensanya anti gores, serta memiliki pelindung UV yang sesuai dipakai pada saat cuaca panas atau siang hari yang terik. Selain itu, helm juga telah memiliki lisensi SNI dan DOT. Helm modular ini sangat praktis dan direkomendasi untuk Anda yang mengendarai motor sehari-hari.

4. AGV K-3 SV EE205 Multi Myth

4. AGV K-3 SV EE205 MULTI MYTH

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.675.000

Dry-Comfort dengan ventilasi efisien

Helm full face keluaran AGV memiliki fitur double visor. Dilengkapi ventilasi yang efisien di setiap sisinya dan bidang penglihatan yang cukup luas. Konstruksinya yang kokoh untuk model helm full face membuat Anda merasa nyaman saat mengenakannya di cuaca panas maupun dingin.

Cangkang helm terbuat dari bahan termoplastik, sementara bagian dalam menggunakan kain dry-comfort. Harganya cukup tinggi sesuai dengan kualitasnya, tetapi apabila Anda mendambakan helm berkualitas dengan kenyamanan dan keamanan yang setara, ini adalah pilihan helm yang tepat.

3. HJC RPHA 11 PRO Military Camo

3. HJC Military Camo Helmet

Lihat produk ini di Tokopedia 

Harga : Rp 5.500.000

Helm antibakteri dan anti lembap

Dengan corak yang modis, HJC Military Camo memiliki sistem ventilasi canggih yang dinamakan ACS (Advanced Channeling Ventilation). Ia bekerja membuat udara dari luar mengalir ke dalam secara optimal. Salah satunya adalah karena adanya lubang di dahi, sehingga menghasilkan pendinginan di sekitar kepala pengendara. Anda akan terhindar dari rasa panas dan sesak.

Helm dilengkapi dengan lensa anti kabut. Selain itu, busa helm berbahan anti bakteri dengan pengeringan yang cepat sehingga tidak akan lembap dan berbau. Helm HJC Military Camo telah berlisensi DOT dan ECE, dan menawarkan garansi lima tahun. Sesuai untuk Anda yang mengendarai motor sehari-hari dan juga pembalap sirkuit.

2. Arai PB-SNC2-RX-7X REA

2. Arai RX-7X REA

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.800.000

Helm berlisensi banyak

Arai RX-7X REA adalah helm profesional yang memiliki berbagai jenis lisensi, antara lain adalah Snell M2015, JIS, MFJ, dan SNI. Helm dirancang dengan perisai super dan fitur anti kabut yang bekerja secara optimal. Selain itu, helm ini memiliki garansi lima tahun. Interiornya dingin dan kering, tidak akan menyebakan lembap dan bau meski dipakai sepanjang hari.

Busanya dapat dilepas sepenuhnya dan terbuat dari bahan eco pure. Bahan eco pure menjaga keasaman tetap netral dengan kulit manusia, sehingga bisa terhindar dari bakteri. Aman dan nyaman untuk berkendara di mana pun, baik di jalan raya maupun sirkuit. Ini adalah salah satu helm full face profesional yang sangat direkomendasikan.

1. Shoei X-Fourteen MARQUEZ4

1. Shoei Premium X-Fourteen TC-6

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.200.000

Helm kelas tinggi

Helm full face yang satu ini dikembangkan melalui ajang road race top dunia seperti MotoGP. Semua bagian seperti cangkang, visor, dan perangkat aerodinamis memiliki fitur keamanan tingkat tinggi. Selain mengatur jalur keluar masuknya udara, sistem ventilasi dapat membuang udara panas di dalam helm dan mengatur kelembapannya. Pengendara jadi tidak mudah lelah. Lensa helm juga anti kabut.

Helm Shoei Premium X-Fourteen TC-6 dilengkapi dengan lensa CWR-F yang kuat dan membuat pengendara dapat melihat sangat jelas. Selain itu, memiliki fitur yang mampu menghilangkan defleksi saat kecepatan tinggi. Untuk interior, busa terdiri dari enam bantalan yang memberikan keamanan dan kenyamanan ekstra bagi pengendara. Sangat cocok untuk Anda yang mendambakan helm kelas tinggi dengan performa terbaik, terutama direkomendasikan bagi pembalap sirkuit.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan helm yang tepat? Helm adalah barang penting untuk melindungi kepala. Nikmati berkendara dengan aman, dan temukan helm pelindung dengan bentuk dan standar yang sempurna untuk Anda. Good luck!