1. TOP
  2. >
  3. Otomotif
  4. >
  5. Aksesori motor
  6. >
  7. 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Helm Motor Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2023)

Saat memilih helm, sesuaikanlah modelnya dengan jenis motor yang Anda kendarai. Anda bisa memilih helm motor trail, sportmatic, bahkan motor klasik. Ada juga helm yang cocok untuk motor tertentu, seperti Ninja, Scoopy, KLX, hingga Beat.

Kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih helm yang bagus. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek helm terbaik di Indonesia, seperti KYT, NHK, dan Cargloss. Artikel ini sudah ditinjau oleh travel blogger kami, Rijal Fahmi Mohamadi. Yuk, temukan rekomendasi helm motor terbaik yang ringan, nyaman, dan aman untuk Anda!
Diperbaharui 10-24-2022
Pakar
Travel blogger
Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang digital marketer dan juga travel blogger. Ia gemar berpetualang, touring, menemukan tempat unik, human interest stories, serta menjelajahi budaya dan festival lokal. Penulis travel blog catperku.com ini pernah merilis dua buku traveling dalam bahasa Indonesia. Dua buku tersebut yaitu The Traveler Notes: Bali, The Island Of Beauty dan The Traveler Notes: Bersenang-Senang Di Bali, Bertualang Di Lombok. Anda bisa menyapa Fahmi lewat Instagram-nya.

Profil Rijal Fahmi Mohamadi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Helm, penyelamat saat mengendarai motor

Helm, penyelamat saat mengendarai motor

Berbeda dengan mobil yang memiliki airbag, motor tidak memiliki sistem pelindung yang meminimalkan risiko saat kecelakaan. Agar terlindungi, Anda harus memakai helm. Tidak berlebihan jika helm disebut item penyelamat berkendara. Meskipun menggunakan motor dengan CC kecil, memakai helm adalah sebuah keharusan.


Selain itu, pastikan Anda memilih helm yang tepat jika Anda seorang pengemudi yang berorientasi pada kecepatan. Helm tersebut haruslah yang dapat melindungi dari tekanan angin dan tabrakan serangga. Dengan begitu, Anda tetap dapat fokus berkendara tanpa ada gangguan yang berarti.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih helm motor

Ada banyak jenis helm dengan beragam spesifikasi yang bisa Anda temukan di pasaran. Tiap-tiap jenis helm tersebut tentunya punya keunggulan masing-masing. Agar tidak salah memilih, pahamilah poin-poin yang akan kami ulas di bawah ini.

① Ketahui tipe helm berdasarkan bentuk dan fungsinya

Bentuk helm menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli. Tiap-tiap helm memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, pilih jenis helm yang mampu melindungi Anda saat berkendara.

Full face, untuk perlindungan kepala yang lebih optimal

Full face, untuk perlindungan kepala yang lebih optimal

Untuk Anda yang mengutamakan keselamatan, kami menyarankan helm full face. Helm ini menutupi dan melindungi seluruh kepala Anda. Helm full face juga melindungi mata Anda dari tekanan angin dan benturan serangga liar.


Dibandingkan jenis lainnya, helm full face memiliki performa keselamatan tertinggi. Helm ini cocok untuk Anda yang mengendarai motor berkecepatan tinggi. Jenis ini juga direkomendasikan untuk Ada yang sering melakukan touring jarak jauh.

Half face, desain modis dengan bidang pandang lebih luas

Half face, desain modis dengan bidang pandang lebih luas

Helm half face direkomendasikan untuk Anda yang mengutamakan jarak pandang dengan tetap memperhatikan keselamatan. Bagian dahi hingga dagu helm ini terbuka sehingga bidang pandang mata pun menjadi lebih lebar. Bagian atas kepala hingga bagian belakangnya tertutup rapat untuk melindungi kepala Anda.


Ada juga helm half face yang memiliki shield lebar untuk menutupi seluruh wajah Anda. Jenis helm ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menghindari tekanan angin saat berkendara jauh. Jadi, pilihlah helm sesuai dengan peruntukan, desain, serta gaya berkendara Anda, ya.

Half cap, nyaman digunakan saat berkendara santai

Half cap, nyaman digunakan saat berkendara santai

Half cap merupakan jenis helm yang hanya menutupi setengah bagian atas kepala. Helm ini direkomendasikan untuk Anda yang mengendarai skuter atau motor di bawah 125 CC. Karena tidak melindungi secara menyeluruh, Anda membutuhkan goggles untuk melindungi mata dari tekanan angin. Perlu diingat, helm half cap tidak cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh.


Helm half cap memiliki harga yang lebih murah dari jenis helm lainnya. Jadi, helm ini cocok untuk Anda yang baru belajar naik motor atau yang mengendarai moped atau sepeda listrik.


Di sisi lain, helm half cap memiliki tingkat perlindungan yang rendah. Kami tidak menyarankan Anda menggunakan helm ini saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Selain itu, helm half cap tidak cocok untuk berkendara jarak jauh. Helm ini hanya cocok digunakan untuk berkendara jarak dekat.

② Pilih helm khusus untuk Anda yang sering off-road

Pilih helm khusus untuk Anda yang sering off-road

Untuk Anda yang sering melakukan off-road dengan motor trail, helm off-road menjadi pilihan terbaik. Helm ini memiliki pelindung, tanpa shield, dan bagian mulutnya menonjol ke depan.


Helm ini memiliki visor yang melindungi mata dari kotoran dan lumpur. Bagian mulut yang menonjol berfungsi memudahkan Anda bernapas. Selain itu, bagian wajah Anda tetap terlindungi saat terjadi benturan dengan bentuknya tersebut.


Biasanya motor trail digunakan untuk melewati medan terjal. Jika Anda pengendara motor trail, kami sarankan memakai helm off-road juga. Meskipun hanya digunakan untuk perjalanan biasa, akan lebih cocok jika Anda menggunakan helm off-road.

③ Sesuaikan ukuran helm dengan lingkar kepala Anda

Sesuaikan ukuran helm dengan lingkar kepala Anda

Helm yang terlalu longgar akan mudah lepas dan performanya kurang optimal. Sebaliknya, helm yang terlalu sempit akan membuat kepala Anda sakit dan aliran darah ke kepala dapat terganggu. Jadi, pilihlah ukuran helm yang pas dengan kepala Anda.


Untuk mengukur lingkar kepala, gunakanlah meteran tali dan lingkarkan di sekitar dahi, atas telinga, dan belakang kepala. Setelah mendapatkan ukuran lingkar kepala, cocokkanlah dengan size chart helm. Berikut rinciannya.


  • XS: lingkar kepala 53–54 cm
  • S: lingkar kepala 55–56 cm
  • M: lingkar kepala 57–58 cm
  • L: lingkar kepala 59–60 cm
  • XL: lingkar kepala 61–62 cm
  • XXL: lingkar kepala 63–64 cm

Jika ragu, Anda dapat mencobanya ketika membeli di toko offline. Pastikan helm tersebut terasa sedikit ketat di kepala, tetapi tidak menimbulkan rasa sakit. Anda juga bisa mengecek kenyamanan helm yang sedang dipakai dengan cara menggelengkan kepala ke kanan dan kiri.

④ Periksa jenis material shell pada helm

Shell atau cangkang merupakan bagian helm yang melindungi area ubun-ubun yang merupakan daerah rawan di kepala. Ada beberapa material yang digunakan untuk membuat shell. Kami akan menjelaskannya satu per satu untuk Anda.

Thermoplastic: Helm lebih tebal sehingga bobotnya lebih berat

Thermoplastic: Helm lebih tebal sehingga bobotnya lebih berat

Thermoplastic merupakan jenis plastik yang melunak saat terpapar panas dan mengeras saat berada di suhu dingin. Material ini memiliki tingkat ketahanan benturan yang rendah. Cangkang helm yang terbuat dari thermoplastic dibuat lebih tebal sehingga bobotnya menjadi lebih berat.


Sebagian besar helm half face menggunakan shell dari thermoplastic. Salah satu jenis thermoplastic yang sering digunakan adalah acrylonitrile butadiene styrene (ABS). Plastik ABS merupakan material yang sama dengan bodi motor. Jenis plastik ini akan berubah bentuk jika terpapar suhu di atas 150 derajat Celcius.

Tri fiber composite: Ringan dan rigid, harganya pun cukup mahal

Tri fiber composite: Ringan dan rigid, harganya pun cukup mahal

Tri fiber composite menggunakan tiga material penyusun shell sesuai dengan namanya, yakni fiber, kevlar, dan karbon. Kelebihan helm ini adalah lebih kukuh dan memiliki bobot yang ringan.


Tidak hanya itu, helm yang menggunakan material ini teruji aman karena mampu meredam benturan. Biasanya helm dengan tri fiber composite memiliki harga lebih mahal dari material thermoplastic.

Karbon: Kuat dan ringan, teruji aman saat terjadi benturan

Karbon: Kuat dan ringan, teruji aman saat terjadi benturan

Karbon merupakan material pembuat shell yang paling kuat sekaligus paling ringan. Material ini dibentuk melalui proses blow molding yang dikerjakan semimanual antara mesin dan manusia


Keunggulan helm ini adalah memiliki bobot yang lebih ringan dari thermoplastic dan tri fiber composite. Material karbon juga sudah teruji aman untuk meredam benturan. Karena performa dan proses pembuatannya, harga helm yang menggunakan karbon cenderung lebih mahal.

⑤ Periksa fitur-fitur pendukung yang ada pada helm

Beberapa helm motor dilengkapi fitur-fitur tambahan yang membuat pemakaiannya menjadi lebih nyaman. Kami menyarankan Anda memilih helm dengan fitur yang menunjang perjalanan Anda.

Knockdown, busa helm dapat dilepas sehingga mudah dibersihkan

Knockdown, busa helm dapat dilepas sehingga mudah dibersihkan

Setelah lama dipakai, helm akan menjadi kotor. Jika dibiarkan terus menerus, akan ada jamur dan kutu di busa helm. Hal ini akan memberikan dampak negatif pada kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. 


Jika helm memiliki fitur knockdown, Anda bisa melepaskan busa helm dengan mudah. Anda jadi dapat membersihkan helm secara mandiri. Anda juga bisa mengganti busanya dengan yang baru. Dengan begitu, helm Anda lebih awet dan nyaman dipakai dalam waktu lama.

Double visor, berkendara di siang dan malam hari jadi lebih nyaman

Double visor, berkendara di siang dan malam hari jadi lebih nyaman

Anda sering berkendara di siang ataupun malam hari? Anda dapat mempertimbangkan helm dengan double visor. Biasanya helm hanya memiliki satu visor. Helm dengan double visor memiliki visor tambahan yang berwarna gelap. Visor berwarna gelap ini bisa digunakan saat berkendara di siang hari agar mata Anda tidak terlalu silau.


Meskipun demikian, Anda perlu mempertimbangkan konsekuensi dari helm double visor. Hal ini karena visor tambahan terletak di dalam cangkang helm. Ini berarti jika terjadi benturan, kacanya bisa pecah dan melukai wajah Anda. Apabila Anda memilih helm dengan double visor, pastikan shell helm tersebut lebih tebal.

⑥ Perhatikan juga standar keamanan helm

Perhatikan juga standar keamanan helm

Pastikanlah Anda membeli helm dengan standar keselamatan yang sudah ditentukan. Di Indonesia, standar keamanan helm yang berlaku adalah SNI (Standar Nasional Indonesia). Biasanya helm yang memenuhi aturan SNI adalah helm model full face dan half face.


Selain SNI, ada helm bersertifikasi Snell Memorial Foundation yang diakui banyak merek internasional. Standar lainnya adalah DOT (Department of Transportation) dari Departemen Transportasi Amerika Serikat. Standardisasi produk dilakukan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Association). Standar DOT merupakan salah satu standar luar negeri yang populer di Indonesia.

10 Rekomendasi helm motor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk helm motor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rijal Fahmi Mohamadi.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Cargloss

CFM Retro Ghotic Army

Cargloss  CFM Retro Ghotic Army 1枚目

Helm half face dengan gaya retro yang kuat

2

KYT

DJ Maru Solid - Black

KYT  DJ Maru Solid - Black 1枚目

Kepala tidak cepat pusing ketika berkendara antarkota

3

NHK

Predator Crypton

NHK Predator Crypton 1枚目

Simpel dan antiribet, nyaman untuk berbagai kebutuhan

4

JP Industries

JPX FOX1

JP Industries JPX FOX1 1枚目

Bebas bermanuver saat menghadapi trek menantang

5

MDS

Pro Rider Solid

MDS  Pro Rider Solid 1枚目

Helm full face yang bisa juga jadi helm half face

6

Honda

Helm Luxury

Honda  Helm Luxury 1枚目

Partner yang pas untuk pengendara motor Honda

7

ANT

Helm Bogo Retro Blossom Blue

ANT Helm Bogo Retro Blossom Blue 1枚目

Match dengan outfit Anda yang stylish saat ke kampus

8

Zeus

ZS-813

Zeus ZS-813 1枚目

Tempuh perjalanan panjang dengan kepala yang dingin

9

INK

Dynamic #2

INK Dynamic #2 1枚目

Helm keren dengan desain yang sangat macho

10

Arai

RX-7V Nakagami GP2

Arai  RX-7V Nakagami GP2 1枚目

Konstruksinya kukuh untuk para pencinta kecepatan!

Perincian produk
Close
No.1

Cargloss CFM Retro Ghotic Army

Mulai dari Rp325.000,00

Helm half face dengan gaya retro yang kuat

Kelebihan:

  • Desain pet memberikan perlindungan penuh dari sinar matahari

Kekurangan:

  • Konstruksi helm tidak cocok untuk perjalanan jauh
  • Tidak ada visor, Anda perlu memakai goggles

Apakah Anda mencari helm motor klasik dengan style retro yang kuat? Anda bisa mempertimbangkan helm half face dari Cargloss ini. Sesuai dengan namanya, CFM Retro Ghotic Army memiliki desain yang menarik dengan sentuhan gaya retro. Produk ini juga bisa disebut sebagai helm motor custom karena Anda bisa mengganti bagian pet dengan visor.


Produk ini akan menjadi helm yang bagus untuk jenis motor skuter matic atau Vespa yang klasik. Jangan lupa juga untuk memakai kacamata hitam supaya Anda terlihat makin keren saat berkendara, ya. Apabila Anda suka mengelilingi kota dengan mengendarai motor, Anda bisa tampil makin bergaya dengan helm ini.

No.2

KYT DJ Maru Solid - Black

Mulai dari Rp350.000,00

Kepala tidak cepat pusing ketika berkendara antarkota

Kelebihan:

  • Dengan quick release buckle system, memasang helm jadi makin praktis

Kekurangan:

  • Sistem ventilasi terbatas, kurang cocok untuk kepala yang mudah berkeringat

KYT DJ Maru menjadi pilihan yang pas bila Anda mencari rekomendasi helm ringan. Helm motor yang berat akan terasa membebani saat menempuh perjalanan jauh, seperti berkendara antarkota. Jika Anda sering melakukan perjalanan tersebut, pilih salah satu helm lokal terbaik ini. Bobotnya cukup ringan, yaitu 1.350 gram. Dengan begitu, kepala Anda terasa lebih enteng dan berkendara pun jadi lebih nyaman.

No.3

Simpel dan antiribet, nyaman untuk berbagai kebutuhan

Kelebihan:

  • Visor antigores, pandangan saat berkendara tetap bersih
  • Desain aerodinamis untuk kenyamanan berkendara

Kekurangan:

  • Tidak banyak opsi warna untuk disesuaikan dengan gaya Anda

Salah satu helm lokal terbaik ini akan cocok untuk Anda yang sering berkendara, baik jarak pendek, menengah, maupun jauh. NHK Predator Crypton memiliki desain yang sederhana dan tetap memberikan perlindungan. Anda dapat dengan nyaman memakai helm motor ini untuk berkendara di berbagai kondisi.


Helm ini memiliki visor antigores sehingga daya pandang Anda saat berkendara jelas tanpa ada retakan dan goresan yang mengganggu. Tidak hanya itu, visor helm ini dapat dilepas dengan mudah tanpa harus menggunakan alat khusus. Anda bisa membersihkan dan mengganti visor helm secara mandiri.

No.4

JP IndustriesJPX FOX1

Mulai dari Rp610.000,00

Bebas bermanuver saat menghadapi trek menantang

Kelebihan:

  • Konstruksinya kukuh dan sedikit lentur, lebih bebas melakukan manuver
  • Ada jalur untuk sirkulasi udara, helm tidak mudah pengap

Kekurangan:

  • Helm kurang cocok digunakan untuk selain motor trail

JPX FOX1 merupakan salah satu helm motor terbaik untuk Anda yang menyukai olahraga ekstrem motocross. Helm motor trail ini menawarkan konstruksi yang kukuh, ringan, dan cukup lentur sehingga memudahkan Anda melakukan manuver.


Bagian moncong yang lebih maju membuat Anda lebih aman saat terjadi benturan. Bentuk moncong tersebut juga menjadi jalur sirkulasi angin sehingga kepala Anda tidak merasa pengap. Produk ini tentu cocok sebagai helm motor KLX.

No.5

Helm full face yang bisa juga jadi helm half face

Kelebihan:

  • Helm modular, bisa menjadi helm full face dan half face

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup membebani untuk Anda yang tidak terbiasa lama berkendara

Salah satu merek helm terbaik di Indonesia ini menawarkan produk dengan desain yang unik. Produk ini adalah helm modular, yakni helm full face yang bisa dijadikan helm half face juga. Anda cukup menggeser tuas yang ada di sisi helm.


Berkat tuas tersebut, MDS Pro Rider dapat berubah bentuk dari full face menjadi half face dan sebaliknya. Jika Anda sering melakukan touring, kami menyarankan Anda merasakan sensasi dua jenis helm di satu produk ini.

No.6

Partner yang pas untuk pengendara motor Honda

Kelebihan:

  • Ada fitur anti-theft system yang menjaga helm tidak hilang
  • Visor ganda, helm bisa digunakan kapan pun

Kekurangan:

  • Sistem ventilasi terbatas, kurang cocok untuk kepala yang mudah berkeringat

Desain produk ini yang memukau cocok digunakan sebagai helm motor Scoopy, Vario, dan PCX. Produk ini juga cocok sebagai helm motor Beat dan motor Honda lainnya. Untuk Anda yang memiliki jenis motor tersebut, tidak ada salahnya memilih produk ini.


Produk ini juga sudah dilengkapi fitur anti-theft system sehingga helm makin aman saat parkir di tempat umum. Hebatnya lagi helm motor ini dilengkapi double visor. Anda bisa memakainya saat berkendara pada siang ataupun malam hari.

No.7

ANTHelm Bogo Retro Blossom Blue

Mulai dari Rp145.000,00

Match dengan outfit Anda yang stylish saat ke kampus

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan sehingga nyaman di kepala

Kekurangan:

  • Bentuk dan konstruksi helm kurang disarankan untuk perjalanan jarak jauh

Produk ini merupakan helm retro dengan tampilan yang lebih feminin. Hal ini ditunjukkan dari perpaduan warna soft dengan corak kartun yang terlihat jelas di permukaan helm. Maka dari itu, produk ini pas digunakan untuk pengendara wanita dan mahasiswi. Anda senang mengenakan outfit dengan tone yang calming ala cewe bumi? Produk ini bisa jadi helm yang bagus untuk pergi ke kampus.

No.8

Tempuh perjalanan panjang dengan kepala yang dingin

Kelebihan:

  • Kinerja sirkulasi udara baik dengan beragam sistem ventilasi
  • Helm tidak mudah pengap dengan fitur anti-odor 

Kekurangan:

  • Bobotnya cukup membebani untuk Anda yang tidak terbiasa lama berkendara

Kepala Anda sering merasa cepat gerah saat menggunakan helm? Jika jawabannya adalah iya, pertimbangkanlah produk ini. Helm ZEUS ini didesain dengan sistem ventilasi multi-entry. Ada ventilasi udara di bagian atas, dagu, dan belakangnya.


Selain itu, terdapat ZEUS Cooling system dan EPS Air channel. Dengan menggunakan helm motor ini, kepala Anda tetap dingin meski menempuh perjalanan yang panjang. Produk ini juga cocok sebagai helm motor Ninja.

No.9

Helm keren dengan desain yang sangat macho

Kelebihan:

  • Visornya anti-scratch, daya pandang lebih bersih dengan bebas goresan
  • Anti-theft system untuk menghindari risiko pencurian

Kekurangan:

  • Tanpa pet, kurang efektif untuk menghalau sinar matahari


INK Dynamic #2 hadir dengan desain, warna, dan motif yang keren. Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin terlihat macho dan stylish. Perpaduan pattern dengan dua warna membuatnya tampak gahar. Bobot helm motor ini juga cukup ringan karena tidak memiliki pet. Selain itu, ada fitur antimaling untuk meminimalkan risiko helm hilang.

No.10

Arai RX-7V Nakagami GP2

Mulai dari Rp9.400.000,00

Konstruksinya kukuh untuk para pencinta kecepatan!

Kelebihan:

  • Nyaman digunakan oleh pengguna berkacamata sekalipun
  • Helm tidak mudah lepas dengan sistem double d-ring


Kekurangan:

  • Bentuk dan desainnya kurang match jika tidak menggunakan motor sport


Arai adalah salah satu merek helm terbaik. Sementara itu, RX-7V adalah seri helm Arai yang populer di kalangan pencinta motor sport. Jika Anda pengguna motor sport yang terlatih berkendara dengan kecepatan tinggi, lengkapi keamanan Anda dengan helm ini. Selain konstruksinya yang kuat, helm motor sport ini diberi fitur EQRS atau emergency quick release system. Fitur tersebut wajib ada di helm-helm pembalap.

Perhatikan masa pakai helm untuk keselamatan berkendara

Perhatikan masa pakai helm untuk keselamatan berkendara

Helm motor sebenarnya memiliki batas masa pakai. Meski tidak terlihat oleh mata, styrofoam yang menyerap guncangan dan FRP di bagian luar helm bisa rusak. Kerusakan ini akibat pemakaian yang terlalu lama. Jadi, gantilah helm Anda setelah pemakaian sekitar 3 hingga 5 tahun meskipun masih terlihat bagus.


Selain itu, jangan menggunakan helm yang sudah pernah terkena benturan besar. Meski tampilan luarnya masih terlihat baik, kemampuan helm untuk meredam benturan selanjutnya akan melemah jika styrofoam di dalamnya hancur. Tidak hanya karena kecelakaan, styrofoam helm bisa rusak akibat terjatuh dari tempat tinggi.


Agar dapat digunakan dalam waktu lama, Anda bisa mengganti styrofoam helm secara berkala. Penggantian ini tergantung pada masa pakainya. Jika Anda mulai merasa ada yang tidak beres dengan styrofoam-nya, segera ganti dengan yang baru. Perawatan seperti ini akan lebih hemat daripada harus membeli helm baru.

Baca juga rekomendasi produk aksesori motor lainnya di sini

Anda dapat menambahkan perlengkapan berkendara selain helm motor, seperti sarung tangan, rompi motor, dan tas biker. Ulasan rekomendasi produknya dari kami bisa Anda simak melalui tautan-tautan di bawah ini. Yuk, dibaca semuanya!

Kesimpulan

Memilih helm motor memang gampang-gampang susah. Saat hendak memilih, Anda harus mempertimbangkan aspek kualitas dan kenyamanannya. Selain itu, menggunakan helm dengan desain yang bagus juga memberikan nilai tersendiri.


Cermatilah poin-poin yang telah kami rangkum di atas sebelum Anda membeli helm. Perhatikan juga review helm rekomendasi dari kami. Apakah Anda sudah menemukan helm motor terbaik? Semoga ulasan ini membantu Anda menemukan helm yang sesuai.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer