• 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Helm Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pengendara sepeda motor tidak memandang usia dan jenis kelamin. Saat mengendarai motor, peran helm sangat penting supaya kita bisa berkendara dengan aman. Helm juga melindungi kepala kita dari benturan dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Beragam produsen helm seperti NHK, GM, Shoei, ZEUS, dan INK mengeluarkan helm terbaik dan juga stylish. Di artikel ini, kami akan membagikan informasi untuk Anda tentang cara memilih helm yang tepat, berikut rekomendasi sepuluh produk terbaiknya!
  • Pembaharuan terakhir: 23 Januari 2020
  • 66.234 Views
Daftar isi

Cara memilih helm motor

Keselamatan adalah hal yang terpenting. Oleh karena itu, helm sepeda motor yang Anda pilih harus mampu melindungi Anda dalam keadaan darurat.
Lakukan pengecekan standar keselamatan pada helm terlebih dahulu. Beberapa helm dijual seharga jutaan rupiah, tetapi berhati-hatilah karena ada kalanya produk tersebut tidak memenuhi standar keselamatan.

Pilih bentuk helm yang sesuai dengan fungsinya

Bentuk menjadi faktor utama yang Anda pikirkan saat membeli helm. Karena masing-masing bentuk memiliki kelebihan dan kekurangan, pilihlah helm sesuai dengan fungsinya serta tujuan Anda berkendara.

Helm full face untuk perlindungan kepala yang lebih optimal

Helm full face untuk perlindungan kepala yang lebih optimal
Helm full face adalah tipe helm yang menutupi seluruh bagian kepala. Helm tipe ini memberikan perlindungan komplet dalam keadaan darurat. Menggunakan helm ini sangat dianjurkan karena lebih aman dibandingkan helm model lainnya. Terutama jika Anda seorang pembalap sirkuit.
Namun, kekurangan dari helm full face adalah bobot yang berat. Anda juga akan merasa pengap saat memakainya terutama saat cuaca panas. Jika Anda ingin memakai helm full face, pilihlah helm yang dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik sehingga nyaman digunakan pada saat cuaca panas.

Helm half face untuk keamanan dan kenyamanan yang seimbang

Helm half face untuk keamanan dan kenyamanan yang seimbang
Helm half face ditandai dengan kaca pelindung besar. Perbedaannya dengan helm full face adalah bagian wajahnya yang kosong. Karena itu, Anda bisa merasakan sensasi dari angin yang menerpa wajah jika Anda membuka perisai kacanya saat berkendara. Helm ini juga unggul dalam hal keamanan, meski tidak seaman helm full face.
Helm tipe ini cocok dipakai untuk berkendara sehari-hari di jalan raya. Namun, Anda sebaiknya tidak menggunakan helm half face di sirkuit balap karena dapat membahayakan keselamatan.
Selain dari tipe helm full face dan half face yang umum di jual di pasaran Indonesia, ada juga tipe modular helmet. Helm tipe ini adalah perpaduan antara helm tipe full face dan half face. Modular helmet bisa berubah menjadi helm full face maupun half face hanya dengan menekan tuas yang ada di sisinya. Jika Anda bingung untuk menentukan tipe helm yang terbaik, pilih saja helm ini.

Helm shorty atau half cap untuk berkendara santai

Helm shorty atau half cap untuk berkendara santai
Helm ini disebut dengan half cap karena bentuknya yang hanya mencakup sebagian kepala. Keuntungan menggunakan helm ini adalah ada rasa bebas saat Anda berkendara. Namun, dengan bentuknya tersebut, helm ini memiliki tingkat keamanan yang lebih kecil dibanding dengan tipe-tipe helm sebelumnya. Jadi, helm ini lebih cocok digunakan untuk sepeda motor dengan mesin 125 cc atau kurang. Helm ini juga cocok digunakan oleh wanita dan pengendara sepeda.
Dalam beberapa kasus, banyak pengendara motor tipe Amerika seperti Harley-Davidson menggunakan helm shorty meski motornya lebih besar dari kelas 125 cc. Hal ini dikarenakan ada helm shorty yang tidak memiliki batas kelas 125 cc atau kurang. Di Indonesia, jenis helm ini sudah banyak ditinggalkan karena tidak sesuai dengan standardisasi keamanan negara. Jadi, meski Anda ingin bergaya, sebaiknya tetap menggunakan helm yang sesuai anjuran.

Perhatikan standar keamanan helm

Perhatikan standar keamanan helm
Saat Anda membeli helm, pastikan untuk memeriksa tidak hanya desain dan kecocokannya, tetapi juga logo standar keselamatan di bagian belakang helm.
Di Indonesia telah berlaku standar keamanan helm yang disebut SNI (Standar Nasional Indonesia) yang mengacu kepada ketentuan Economic Community of Europe (ECE). Helm yang memenuhi aturan SNI adalah helm model full face dan half face.
Selain SNI, ada juga helm bersertifikasi standar Snell Memorial Foundation yang diakui dan didukung oleh banyak merek helm internasional. Standar lainnya adalah DOT (Departement of Transportation) dari Departemen Transportasi Amerika Serikat dengan uji produk yang dilakukan NHTSA (National Highway Traffic Safety Association). Standar ini merupakan yang terpopuler di Indonesia.

10 Rekomendasi helm motor terbaik

Rekomendasi helm terbaik yang kami pilih memiliki rentang harga mulai dari seratus ribuan hingga jutaan rupiah. Silakan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Kita mulai dari urutan yang kesepuluh.
10
Logo standar keamananSNI
BentukHalf face
9
Logo standar keamananSNI, DOT
BentukHalf face
8
Logo standar keamananSNI, DOT
BentukHalf face
7
Logo standar keamananSNI, DOT
BentukHalf face
6
Logo standar keamananSNI, DOT, ECE, JIS, NBR
BentukFull face
5
Logo standar keamananSNI, ECE, DOT
BentukModular
4
Logo standar keamananDOT
BentukFull face
3
Logo standar keamananDOT, ECE
BentukFull face
2
Logo standar keamananSnellI M2015, JIS, MFJ, SNI
BentukFull face
1
Logo standar keamananSnell M2015, DOT
BentukFull face

Tabel perbandingan produk helm motor terbaik

Gambar produk
1
Shoei X-Fourteen 1

Shoei

2
Arai RX-7X 1

Arai

3
HJC RPHA 11 PRO 1

HJC

4
AGV K-3 SV EE205 Multi Myth 1

AGV

5
INK Modular Aventure 1

INK

6
ZEUS HELMET ZS-811 1

ZEUS HELMET

7
KYT Galaxy Slide 1

KYT

8
GM New Imprezza Solid 1

GM

9
NHK R1 Solid 1

NHK

10
JBX Helmet Bogo Retro 1

JBX

Nama produk

X-Fourteen

RX-7X

RPHA 11 PRO

K-3 SV EE205 Multi Myth

Modular Aventure

ZS-811

Galaxy Slide

New Imprezza Solid

R1 Solid

Helmet Bogo Retro

Keunggulan

Balapan di sirkuit dengan keamanan dan kenyamanan ekstra!

Helm berlisensi banyak yang memberikan keamanan optimal saat berkendara moge

Sekarang busa dicuci, yakin esok kering!

Dry comfort dengan ventilasi efisien agar tidak kegerahan

Modular helmet, helm full face sekaligus half face!

Ingin leher tidak pegal, tetapi kepala tetap aman terlindungi? Pakai helm kuat dan ringan ini!

Pelindung wajah harian dari sinar ultraviolet di jalanan

Dilengkapi fitur antikabut yang memudahkan penglihatan

Mata tidak silau dengan helm half face berlensa pelindung anti-UV

Maksimalkan gaya berkendara motor klasik dengan ragam helm desain retro

HargaRp 8.300.000,00Rp 7.600.000,00Rp 4.200.000,00Rp 3.230.000,00Rp 802.000,00Rp 620.000,00Rp 315.000,00Rp 332.000,00Rp 325.000,00Rp 120.000,00
Logo standar keamananSnell M2015, DOTSnellI M2015, JIS, MFJ, SNIDOT, ECEDOTSNI, ECE, DOTSNI, DOT, ECE, JIS, NBRSNI, DOTSNI, DOTSNI, DOTSNI
BentukFull faceFull faceFull faceFull faceModularFull faceHalf faceHalf faceHalf faceHalf face
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk aksesori motor lainnya di sini!

Selain helm motor yang telah kami bahas kali ini, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli produk aksesori motor lainnya agar berkendara semakin aman dan nyaman. Silakan simak penjelasan lebih lanjut di artikel berikut ini!

Kesimpulan

Kali ini kami telah merekomendasikan sepuluh pilihan helm motor terbaik untuk Anda. Bagaimana menurut Anda. Apakah Anda sudah menemukan helm yang tepat?
Helm adalah barang penting untuk melindungi kepala saat berkendara motor. Pilih dan temukanlah helm pelindung dengan bentuk dan standar yang sempurna untuk Anda sehingga berkendara menjadi lebih aman serta nyaman. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Motor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fungsi oli sangatlah penting bagi motor. Selain untuk mengoptimalkan kinerja mesin, oli juga berfungsi untuk mengurangi gesekan, pendingin, dan mengendalikan kotoran di dalam mesin. Oleh karena itu, oli perlu diganti secara rutin untuk menjaga kualitas dan memperpanjang umur mesin motor.Namun, masih banyak yang kebingungan dalam memilih oli yang tepat untuk motor. Apakah Anda termasuk salah satunya? Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih oli motor yang baik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan oli dari berbagai merek terkenal, seperti Yamalube, Shell, maupun Enduro. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    83.992 Views
  • 10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Oli Mesin Terbaik untuk Mobil (Terbaru Tahun 2020)
    Oli mesin sangatlah penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar. Namun, ternyata banyak sekali jenis oli mesin di pasaran. Manakah oli yang tepat untuk mobil Anda?Maka dari itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek oli mesin terbaik, seperti Shell, Castrol, atau Pertamina, serta menjelaskan bagaimana cara memilih oli mesin sesuai kekentalan, komposisi, hingga kualitasnya. Jadi, jangan lewatkan dan simak baik-baik artikel di bawah ini!
    Mobil & motor
    23.959 Views
  • 10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penghilang Goresan Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Goresan pada mobil dapat terjadi karena benturan, gesekan, atau akibat batu dan pasir yang terlempar mengenai mobil. Untungnya, ada produk penghilang goresan mobil untuk mengatasi hal tersebut. Namun, ada begitu banyak produk berkualitas di pasaran seperti merek Mothers, Meguiar's, dan Turtle Wax. Mungkin Anda jadi sedikit bingung menentukan pilihan, bukan?Untuk itu, kami akan merekomendasikan beberapa produk penghilang goresan mobil berjenis compound, wax, serta touch pen. Sebelumnya, simak cara memilih penghilang goresan mobil agar Anda bisa mendapatkan produk yang paling sesuai. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    50.314 Views
  • 10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Speaker mobil berperan penting dalam menghasilkan suara audio yang jernih di dalam mobil. Selain untuk mengusir kantuk, sebuah kepuasan tersendiri jika Anda dapat menikmati lagu kesayangan dengan kualitas suara terbaik. Dengan adanya berbagai macam produk speaker mobil di luar sana, pastinya membuat Anda kebingungan dalam memilih.Untuk membantu Anda, di bawah ini kami membagikan poin-poin penting dalam hal pemilihan speaker mobil. Simak juga rekomendasi merek mulai dari Pioneer, JBL, Kenwood dan lainnya. Mari temukan speaker mobil yang pas untuk menemani Anda berkendara!
    Mobil & motor
    6.992 Views
  • 10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pengharum Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pengharum mobil bisa membuat suasana di dalam mobil Anda menjadi lebih nyaman. Berbagai produk pengharum mobil seperti Glade, Little Trees, dan Ambi Pur dapat Anda pilih untuk mengharumkan mobil Anda. Tipenya pun beragam, ada tipe padat, cair, gel, gantung, dan tipe yang dipasang pada grille AC.Saking banyaknya tipe pengharum mobil, bisa-bisa Anda bingung dalam memilih yang paling cocok. Karena itu, artikel ini akan membahas mengenai pengharum mobil secara menyeluruh. Mulai dari cara memilih sampai produk rekomendasi, Anda bisa menjadikannya sebagai referensi sebelum membeli. Selamat membaca!
    Mobil & motor
    31.114 Views
  • 10 Rekomendasi Karpet Dashboard Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Karpet Dashboard Mobil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dashboard mobil adalah area yang akan sering Anda lihat saat berada di dalam mobil. Namun, jika tergores atau terlalu sering terpapar sinar matahari, lama-lama dashboard pun akan rusak dan terlihat kurang bagus. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan karpet dashboard. Selain itu, karpet dashboard juga bisa membantu mengurangi silaunya pantulan sinar matahari di kaca depan atau windshield. Kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi karpet dashboard terbaik. Dengan begitu, Anda pun akan semakin mudah menemukan produk yang tepat. Selamat membaca dan memilih produk!
    Mobil & motor
    2.053 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori