10 Rekomendasi Obat Sakit Perut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Obat Sakit Perut Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan berbagai gejala, seperti gangguan pencernaan, susah makan, nyeri akibat makan dan minum berlebihan, sakit perut akibat stres, dan sebagainya. Di antara obat sakit perut yang efektif dan sudah dikenal masyarakat adalah obat farmasi dan obat tradisional.

Tentu saja Anda tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Kali ini akan kami menjelaskan cara memilih obat yang tepat dan merekomendasikan produk terbaik dari merek-merek ternama, seperti Mylanta, Tay Pin San, atau Polysilane. Selamat membaca dan temukan obat yang tepat untuk masalah Anda!

Daftar isi

Cara memilih obat sakit perut

Di pasaran, Anda bisa menjumpai beragam jenis obat sakit perut. Oleh karena itu, Anda perlu memilihnya dengan saksama. Berikut ini akan kami paparkan beberapa poin penting yang Anda perlu ketahui saat memilih obat sakit perut.

Pilihlah sesuai dengan gejala yang dialami dan tujuan pengobatan

Ada banyak obat yang beredar di pasaran dengan kandungan bahan yang berbeda. Cara paling tepat adalah membeli obat sesuai dengan gejala yang Anda rasakan.

Jenis antasida untuk menetralkan asam lambung

Jenis antasida untuk menetralkan asam lambung

Antasida adalah obat yang berperan untuk menetralkan asam di lambung. Dari asal katanya sendiri, antasida terdiri dari kata anti (lawan) dan acid (asam). Bisa diartikan bahwa antasida adalah jenis obat yang bersifat berlawanan dengan asam, yakni basa. Obat ini umumnya mengandung kalsium karbonat, magnesium karbonat, aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan lainnya.

Asam lambung sendiri berfungsi membantu proses percernaan protein oleh enzim agar bisa diserap oleh tubuh. Namun, ketika produksinya berlebihan, asam lambung bisa mengakibatkan perih di lambung dan seperti terasa terbakar. Oleh karena itu, obat antasida yang bersifat basa bertugas untuk menetralkan kondisi di saluran pencernaan. Obat jenis ini biasanya dikonsumsi secara oral dan boleh dikunyah.

Jenis antagonis reseptor H2 untuk menangani asam lambung berlebih

Jenis antagonis reseptor H2 untuk menangani asam lambung berlebih

Salah satu obat untuk mengatasi naiknya asam lambung adalah jenis antagonis reseptor H2 (H2 receptor blocker) yang mengandung famotidine dalam jumlah tinggi. Bahan ini dapat membantu mengurangi asam lambung dan efektif mengatasi rasa nyeri akibat asam lambung berlebih. Oleh karena itu, obat ini sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami nyeri lambung.

Reseptor histamine-2 (H2) pada dinding sel mukosa lambung cenderung akan meningkatkan sekresi asam lambung ketika mendapat stimulasi. Antagonis reseptor H2 dapat memblokir stimulasi tersebut dan menekan gejala naiknya sekresi asam lambung. Jadi, untuk Anda yang mengalami gejala asam lambung naik, seperti heartburn, pilihlah obat jenis ini.

Obat tradisional untuk mengatasi hilangnya selera makan

Obat tradisional untuk mengatasi hilangnya selera makan

Hilangnya selera makan bisa dipicu oleh masalah hidup atau stres yang berkepanjangan. Karena selera makan menurun, penderita bisa menjadi lemas atau badannya mungkin mengurus. Untuk mengatasi masalah hilangnya nafsu makan, kami sarankan Anda menggunakan jenis obat tradisional, misalnya obat Cina atau kampo Jepang yang ringan di lambung. Obat jenis ini disebut-sebut efektif dalam meningkatkan aliran darah di lambung dan dapat memperbaiki fungsi pencernaan.

Selain ringan di perut, obat dengan bahan-bahan tradisional juga bisa membantu meningkatkan kesehatan perut tanpa membebaninya. Meskipun kondisinya bisa berbeda jika Anda kehilangan nafsu makan karena penyakit, obat semacam ini merupakan pilihan paling tepat untuk mengatasi masalah turunnya nafsu makan.

Jenis digestiva yang membantu fungsi sistem pencernaan

Jenis digestiva yang membantu fungsi sistem pencernaan

Sistem pencernaan berfungsi untuk memecah makanan yang Anda konsumsi menjadi nutrisi yang baik untuk tubuh. Jika sistem ini terganggu, nutrisi dalam tubuh juga akan terganggu. Obat jenis digestiva bekerja dengan membantu fungsi sistem pencernaan seraya menyehatkannya. Oleh karena itu, sebagian besar obat tipe ini biasanya mengandung enzim yang dapat membantu pencernaan. Dengan begitu, nutrisi makanan bisa diserap oleh tubuh dengan lebih baik.

Obat tipe digestiva direkomendasikan bagi Anda yang mengalami penurunan fungsi sekresi asam lambung karena faktor usia atau kebiasaan makan yang kurang baik. Jadi, pilihlah obat tipe ini jika Anda mengalami gangguan pencernaan agar Anda bisa kembali makan dengan nikmat.

Obat antidiare untuk mengatasi diare karena virus atau bakteri

Obat antidiare untuk mengatasi diare karena virus atau bakteri

Diare bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya salah makan, stres, alergi, atau udara dingin. Namun, ada juga diare akut yang disebabkan oleh virus dan bakteri jahat. Untuk mengatasi diare yang tidak terlalu parah, obat generik sudah dapat mengatasinya. Sementara, untuk diare yang disebabkan oleh bakteri atau virus, sebaiknya Anda menggunakan obat khusus antidiare.

Diare yang akut biasanya ditandai dengan buang air besar dalam frekuensi yang tidak wajar, feses bercampur darah, hingga disertai demam. Jika Anda sudah mengonsumsi obat antidiare, tetapi gejalanya tidak juga sembuh, kami sarankan untuk konsultasi ke dokter.

Periksalah kandungan bahan aktifnya untuk mengatasi gastritis karena stres

Periksalah kandungan bahan aktifnya untuk mengatasi gastritis karena stres

Untuk mengatasi gastritis yang diakibatkan stres, Anda dapat mencoba obat herbal, misalnya yang menggunakan resep traditional Chinese medicine (TCM). Obat herbal semacam ini mengandung berbagai bahan aktif yang sudah terkenal khasiatnya. Obat jenis ini khususnya bermanfaat untuk menstabilkan pikiran, meredakan rasa cemas, dan mengurangi sakit perut. Di sisi lain, obat ini juga bisa mengatasi masalah perut akibat makan atau minum yang berlebihan.

Pilihlah obat jenis kunyah yang bisa diminum tanpa air

Pilihlah obat jenis kunyah yang bisa diminum tanpa air

Anda tidak pernah tahu kapan akan mengalami sakit perut. Oleh karena itu, sebaiknya selalu bawa obat sakit perut jenis kunyah yang bisa diminum tanpa air saat Anda bepergian. Tidak seperti obat perut biasa, obat ini bisa diminum di mana saja. Cukup dimasukan ke dalam mulut seperti saat makan permen atau mengonsumsi troche.

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa meletakkan obat ini di dalam tas atau menyimpannya di meja kerja Anda. Jadi, ketika Anda tiba-tiba mengalami sakit perut, Anda bisa segera mengonsumsinya.

Pilih obat yang juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak untuk stok di rumah

Pilih obat yang juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak untuk stok di rumah

Jika Anda ingin menstok obat sakit perut di kotak obat di rumah, sebisa mungkin pilihlah obat yang bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Beberapa obat sakit perut dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia tiga tahun ke atas sehingga seluruh keluarga bisa mengonsumsinya. Hal ini akan menjadi pilihan yang baik bagi Anda dan anak Anda.

Memilih obat sakit perut yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga tentunya sangat baik. Namun, jika Anda ingin kotak obat lepih rapi sekaligus menghemat biaya obat, ada baiknya memilih produk yang bisa dikonsumsi anak-anak. Perhatikanlah keterangan batas usia minimum yang boleh mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan yang disertakan pada kemasan.

10 Rekomendasi obat sakit perut terbaik

Berikut ini akan kami perkenalkan sepuluh macam obat yang bisa Anda jadikan referensi. Namun, perhatikan baik-baik kegunaannya dan sesuaikan dengan keluhan yang Anda miliki.

10. Kalbe Promag Gazero

10. Kalbe Promag Gazero

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 12.000

Kembung reda, perut pun jadi hangat!

Kembung bisa datang mendadak dan akan sangat mengganggu kenyamanan Anda saat beraktivitas. Untuk meredakannya, Kalbe Promag Gazero berbentuk saset ini bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan delapan kandungan bahan herbal berkhasiat, seperti jahe merah, peppermint, madu, dan royal jelly, kembung pun reda dan perut terasa hangat!

Isi 6 Saset
Bentuk Cair
Kandungan Jahe merah, adas, kunyit, akar manis, peppermint, nanas, madu, dan royal jelly
Jenis Obat herbal
Target usia Anak-anak dan dewasa
Kegunaan Meredakan kembung, mual, begah, dan menjaga asam lambung

9. Johnson & Johnson Mylanta Tablet

9. Johnson & Johnson Mylanta Tablet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 6.500

Segar di mulut, segar juga di lambung

Obat dengan cita rasa mint yang enak dan segar di mulut ini memiliki kandungan yang efektif membantu menurunkan asam lambung dengan cepat. Anda juga bisa mengonsumsinya dengan mudah, cukup dikunyah dan tidak membutuhkan air. Sangat praktis, bukan? Untuk Anda yang punya riwayat sakit maag, Mylanta Tablet ini wajib untuk dibawa ke mana-mana.

Isi Strip isi 10 tablet
Bentuk Tablet
Kandungan Aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon
Jenis Antasida
Target usia Anak-anak 6 tahun ke atas dan dewasa
Kegunaan Meredakan gejala maag

8. BKK Tay Pin San

8. BKK Tay Pin San

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 24.800

Stop diare dan nyeri perut dengan bahan alami

Layaknya obat tradisional Cina pada umumnya, produk ini merupakan obat seduh yang harus dilarutkan dengan 100 ml air hangat. Untuk Anda yang ingin mengatasi diare atau nyeri perut dengan manfaat bahan alami, produk ini bisa jadi salah satu pilihan. Khasiatnya sudah terbukti dan terkenal sejak zaman dahulu dan masih jadi andalan hingga kini.

Kandungan alami Coptidis rhizoma-nya telah teruji klinis sebagai bahan herbal yang dapat membunuh bakteri penyebab diare. Setelah mengalami dehidrasi akibat diare, badan Anda akan lebih segar saat meminum obat ini berkat kandungan Menthae herba di dalamnya. Selain itu, produk ini juga efektif mengatasi gangguan pencernaan lainnya, seperti kembung atau mual.

Isi 12 Saset
Bentuk Bubuk
Kandungan Viticis cannabifolia, Menthae herba, Coptidis rhizoma, Elsholtziae herba
Jenis Obat tradisional Cina
Target usia Anak-anak dan dewasa
Kegunaan Mengatasi diare, kembung, mual

7. Puyer Cap Lima Pagoda

7. Puyer Cap Lima Pagoda

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 20.000

Mengatasi berbagai jenis penyakit tanpa efek samping

Obat tradisional Cina yang berasal dari Thailand ini dikenal juga dengan nama Ya-Hom powder. Obat ini memiliki manfaat mengobati berbagai jenis penyakit ringan, mulai dari masuk angin, diare, hingga keracunan makanan. Hebatnya lagi, obat ini tidak memiliki efek samping karena murni berbahan herbal. Cocok untuk persediaan obat keluarga!

Isi 12 Saset
Bentuk Bubuk
Kandungan Agastache herba, Lysimachia herba, citrus peel, cinnamon bark, Chinese mint (Mentha arvensis), Sichuan lovage rhizome, licorice root, Clove flower, Aquillaria agallocha, Angelica anomalla rhizome dan menthol.
Jenis Obat tradisional Cina
Target usia Anak-anak dan dewasa
Kegunaan Mengatasi mual, diare, muntah, keracunan makanan, flu

6. Sanbe Farma Famocid

6. Sanbe Farma Famocid

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 65.000

Atasi masalah lambung kronis dengan ahlinya!

Untuk Anda yang menderita atau mulai merasakan gejala gastroesophageal reflux disease (GERD), jangan anggap remeh! Penyakit asam lambung bisa berbahaya jika tidak diatasi dengan baik. Bagi Anda yang punya riwayat GERD, sebaiknya sedia obat satu ini. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dan mendapatkan resepnya.

Obat ini mengandung famotidine yang terkenal sebagai obat H2 blocker receptor mujarab. Famotidine bekerja dengan mengurangi asam lambung sehingga tidak menyebabkan heartburn, reflux, atau kembung. Karena obat ini termasuk golongan obat keras, Anda perlu berhati-hati dan jangan lupa baca efek sampingnya, ya!

Isi Boks isi 5 strip × 6 tablet
Bentuk Tablet
Kandungan Famotidine
Jenis Antagonis reseptor H2
Target usia Dewasa
Kegunaan Mengobati GERD, ulkus duodenum (luka pada saluran pencernaan), nyeri di bagian atas perut, sindrom Zollinger-Ellison

5. Sanbe Farma Neo Kaolana

5. Sanbe Farma Neo Kaolana

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 19.000

Basmi racun dan bakteri jahat di saluran pencernaan

Produk ini mengandung kaolin dan pektin yang mujarab membantu Anda mengatasi diare. Kedua bahan ini memiliki fungsi untuk memadatkan feses, menyerap racun, dan membasmi bakteri jahat di saluran pencernaan. Karena berbentuk sirup, produk ini memberikan reaksi lebih cepat dan bisa menjadi solusi jika anak-anak Anda yang berusia enam tahun ke atas mengalami diare.

Isi Botol isi 120 ml
Bentuk Sirup
Kandungan Kaolin, pektin
Jenis Antidiare
Target usia Anak-anak usia 6 tahun ke atas dan dewasa
Kegunaan Mengatasi diare

4. Ferron Magalat Sirup

4. Ferron Magalat Sirup

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 31.000

Gas berlebih di lambung teratasi, aktivitas jadi lebih lancar

Bagi Anda yang tidak bisa minum obat tablet, tetapi sering mengalami perut kembung atau sendawa berlebihan, produk ini bisa menjadi pilihan. Magalat Sirup mengandung dua bahan aktif, yakni magaldrat dan simetichone yang mampu mengurangi gas berlebih di saluran cerna serta menetralkan asam lambung. Bebas kembung dan sendawa, aktivitas jadi lancar jaya!

Isi Botol isi 100 ml
Bentuk Sirup
Kandungan Magaldrate anhydrous dan simethicone
Jenis Antasida
Target usia Anak-anak usia 6 tahun ke atas dan dewasa
Kegunaan Mengatasi kembung, perut bergas, dan asam lambung

3. Shing Tong Po Chai Pills

3. Shing Tong Po Chai Pills

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 55.000

Kecil pilnya, besar khasiatnya!

Po Chai Pills sudah sangat terkenal di daratan Cina sejak ratusan tahun lalu. Ramuan herbal ini berbentuk pil-pil kecil dalam satu botol untuk dosis sekali minum. Produk ini bisa Anda gunakan saat melakukan perjalanan jarak jauh agar tidak mabuk di jalan. Selain mengatasi mabuk perjalanan, obat ini juga ampuh juga diare dan meredakan asam lambung.

Isi 10 Tabung
Bentuk Pil kecil
Kandungan Poria, Cortex magnoliae offticinalis, Radix puerariae lobatae, Herba methae, Rhizoma atractylodis, dll
Jenis Obat tradisional Cina
Target usia Anak-anak dan dewasa
Kegunaan Meredakan mulas, diare, mual, keracunan makanan, dan demam

2. Kalbe Vitazym

2. Kalbe Vitazym

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 270.000

Kombinasi enzim dan vitamin untuk metabolisme yang lebih baik

Gejala seperti nafsu makan menurun, perut kembung, dan susah buang air besar dapat memengaruhi metabolisme Anda. Hal ini bisa menyebabkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi tidak terserap dengan baik. Untuk mengatasi gejala masalah pencernaan tersebut, kami merekomendasikan Vitazym dari Kalbe ini.

Produk ini mengandung enzim dan vitamin yang bekerja sama memperbaiki metabolisme dan saluran pencernaan. Enzim amilase, protease, dan lipase di dalamnya membantu pemecahan karbohidrat, protein, dan lipid dari makanan. Sementara vitamin B kompleks baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hasilnya, pencernaan Anda kembali sehat!

Isi Boks isi 10 strip @10 tablet
Bentuk Tablet
Kandungan Amilase, protease, lipase, asam desoksikolat, dimetilpolisiloksan, vitamin B kompleks
Jenis Digestiva
Target usia Anak-anak dan orang dewasa
Kegunaan Meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki kondisi lingkungan saluran pencernaan

1. Pharos Polysilane Cair

1. Pharos Polysilane Cair

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 24.000

Mengandung trio zat aktif yang ampuh meredakan gejala maag

Polysilane Cair menjadi salah satu primadona di kalangan obat maag. Selain karena enak diminum, efeknya juga ampuh dan cukup cepat dirasakan. Produk ini hadir dengan tiga zat aktif, yakni dimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida. Ketiganya bekerja sama untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi gas di saluran pencernaan.

Efek yang bisa dirasakan setelah Anda minum obat ini adalah perut kembung mereda dan sakit karena maag bisa diatasi. Bagi Anda yang merasakan kembung, nyeri di ulu hati, dan sendawa berlebihan, segeralah minum Polysilane Sirup ini. Sebaiknya obat ini dikonsumsi ketika perut sedang kosong atau sekitar 1-2 jam sebelum makan.

Isi Botol isi 100 ml
Bentuk Cair
Kandungan Dimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida
Jenis Antasida
Target usia Anak-anak di atas 6 tahun dan dewasa
Kegunaan Meredakan gejala maag

Baca juga rekomendasi obat untuk mengatasi masalah perut lainnya di sini!

Selain masalah perut yang sudah kami bahas di artikel ini, ada juga beberapa artikel yang membahasnya secara lebih khusus. Anda bisa mendapat rekomendasi produk yang lebih spesifik sesuai gelaja yang Anda alami. Ada artikel mengenai obat untuk sembelit dan diare. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sudahkah Anda menemukan obat yang tepat untuk masalah perut Anda? Untuk mendapatkan obat yang paling tepat, Anda harus menyesuaikan manfaat yang diharapkan dengan gejala yang Anda alami.

Selain itu, perhatikan juga cara penggunaan serta efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh obat tersebut. Pilihlah obat yang aman dan sesuai dengan usia Anda. Semoga Anda terbantu setelah membaca artikel ini.