• 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Obat Sakit Perut - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)

Obat sakit perut dikonsumsi untuk meredakan gangguan perut, seperti mules, nyeri, perut melilit, diare, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, banyak masyarakat memilih membeli obat herbal atau obat sakit perut di apotek. Tidak hanya orang dewasa saja, banyak juga anak-anak yang membutuhkan obat sakit perut khusus anak.

Anda tentu saja tidak boleh sembarangan memilih obat sakit perut. Bersama dengan dokter umum, Annisa, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih obat sakit perut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek obat sakit perut yang bagus, seperti Mylanta, Tay Pin San, dan Polysilane.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Annisa
  • Pembaharuan terakhir: 31 Oktober 2021
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, Annisa

Profil pakar: Dokter umum, Annisa

Annisa merupakan seorang dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Selain bekerja sebagai dokter di RSUD Pondok Gede Bekasi, Dokter Annisa juga menangani pasien di salah satu klinik di Jakarta. Wanita yang aktif mengikuti kegiatan pelatihan di bidangnya ini juga sering melakukan edukasi mengenai kesehatan lewat media sosialnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih obat sakit perut

Banyaknya obat sakit perut di pasaran membuat Anda harus memilihnya dengan saksama. Berikut ini akan kami paparkan beberapa poin penting yang Anda perlu ketahui saat memilih obat sakit perut.

Pilihlah sesuai dengan gejala yang dialami dan tujuan pengobatan

Ada banyak obat yang beredar di pasaran dengan kandungan bahan yang berbeda. Cara paling tepat adalah membeli obat sesuai dengan gejala yang Anda rasakan.

Jenis antasida untuk menetralkan asam lambung

Jenis antasida untuk menetralkan asam lambung
Antasida adalah obat yang berperan untuk menetralkan asam di lambung. Dari asal katanya sendiri, antasida terdiri dari kata anti (lawan) dan acid (asam). Bisa diartikan bahwa antasida adalah jenis obat yang bersifat berlawanan dengan asam, yakni basa. Obat ini umumnya mengandung kalsium karbonat, magnesium karbonat, aluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan lainnya.

Asam lambung sendiri berfungsi membantu proses percernaan protein oleh enzim agar bisa diserap oleh tubuh. Namun, ketika produksinya berlebihan, asam lambung bisa mengakibatkan perih di lambung dan terasa seperti terbakar. Oleh karena itu, obat antasida yang bersifat basa bertugas untuk menetralkan kondisi di saluran pencernaan. Obat jenis ini biasanya dikonsumsi secara oral dan boleh dikunyah.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Pengobatan dispepsia atau nyeri lambung umumnya dilakukan dengan sejumlah obat yang bekerja simtomatis. Hal ini dimaksudkan untuk meringankan gejala sakit perut dengan menurunkan keasaman isi lambung. 


Contoh obat-obat ini adalah antasida, H2 blockers, penghambat pompa proton, dan antikolinergik. Antasida sendiri adalah obat yang dapat menetralkan asam lambung sehingga berguna untuk menghilangkan nyeri tukak lambung yang ringan.

Jenis antagonis reseptor H2 untuk menangani asam lambung berlebih

Jenis antagonis reseptor H2 untuk menangani asam lambung berlebih
Salah satu obat untuk mengatasi naiknya asam lambung adalah jenis antagonis reseptor H2 (H2 receptor blocker) yang mengandung famotidine dalam jumlah tinggi. Bahan ini dapat membantu mengurangi asam lambung dan efektif mengatasi rasa nyeri akibat asam lambung berlebih. Oleh karena itu, obat ini sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami nyeri lambung.

Reseptor histamine-2 pada dinding sel mukosa lambung cenderung akan meningkatkan sekresi asam lambung ketika mendapat stimulasi. Antagonis reseptor H2 dapat memblokir stimulasi tersebut dan menekan gejala naiknya sekresi asam lambung. Jadi, untuk Anda yang mengalami gejala asam lambung naik, seperti heartburn, pilihlah obat jenis ini.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Antagonis reseptor H2 adalah jenis obat yang dikonsumsi untuk mengatasi gejala asam lambung. Mekanisme kerja dari antagonis reseptor H2 adalah dengan menempati reseptor H2 secara selektif di permukaan sel-sel parietal. Dengan begitu, pengeluaran asam lambung pun bisa berkurang

Obat tradisional untuk mengatasi hilangnya selera makan

Obat tradisional untuk mengatasi hilangnya selera makan
Hilangnya selera makan bisa dipicu oleh masalah hidup atau stres yang berkepanjangan. Karena selera makan menurun, penderita bisa menjadi lemas atau badannya mungkin mengurus. 

Untuk mengatasi masalah hilangnya nafsu makan, cobalah obat tradisional, misalnya obat Cina atau kampo Jepang yang ringan di lambung. Obat jenis ini disebut-sebut efektif dalam meningkatkan aliran darah di lambung dan dapat memperbaiki fungsi pencernaan.


Selain ringan di perut, obat dengan bahan-bahan tradisional juga bisa membantu meningkatkan kesehatan perut tanpa membebaninya. Obat semacam ini merupakan pilihan paling tepat untuk mengatasi masalah turunnya nafsu makan. Namun, kondisinya bisa berbeda jika Anda kehilangan nafsu makan karena penyakit.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Hilangnya selera makan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyakit, efek samping obat, atau faktor psikologis. Untuk meningkatkan selera makan, Anda dapat mengonsumsi vitamin-vitamin ataupun beberapa obat herbal. Carilah obat-obatan herbal yang mengandung kunyit (curcuma longa), temulawak (curcuma zanthorrhiza), dan sambiloto.

Jenis digestiva yang membantu fungsi sistem pencernaan

Jenis digestiva yang membantu fungsi sistem pencernaan
Sistem pencernaan berfungsi untuk memecah makanan yang Anda konsumsi menjadi nutrisi yang baik untuk tubuh. Jika sistem ini terganggu, nutrisi dalam tubuh juga akan terganggu. Obat jenis digestiva bekerja dengan membantu fungsi sistem pencernaan seraya menyehatkannya. 

Oleh karena itu, sebagian besar obat tipe ini biasanya mengandung enzim yang dapat membantu pencernaan. Dengan begitu, nutrisi makanan bisa diserap oleh tubuh dengan lebih baik.


Obat tipe digestiva direkomendasikan bagi Anda yang mengalami penurunan fungsi sekresi asam lambung. Hal ini bisa karena faktor usia atau kebiasaan makan yang kurang baik. Jadi, pilihlah obat tipe ini saat mengalami gangguan pencernaan agar Anda bisa kembali makan dengan nikmat.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Obat jenis digestiva adalah obat yang mengandung enzim-enzim pencernaan, seperti pancreatin, lactase, dan amilase. Obat-obat ini mampu membantu proses pencernaan lambung, terutama pada keadaan defisiensi zat.


Jenis obat-obatan digestiva ini dapat mengurangi gejala-gejala tidak nyaman. Obat ini bisa membantu Anda yang mengalami rasa kembung, banyak buang angin, dispepsia, ataupun rasa penuh di perut.

Obat antidiare untuk mengatasi diare karena virus atau bakteri

Obat antidiare untuk mengatasi diare karena virus atau bakteri

Diare bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya salah makan, stres, alergi, atau udara dingin. Namun, ada juga diare akut yang disebabkan oleh virus dan bakteri jahat. Untuk mengatasi diare yang tidak terlalu parah, obat generik sudah dapat mengatasinya. Sementara itu, untuk diare yang disebabkan oleh bakteri atau virus, sebaiknya Anda menggunakan obat khusus antidiare.


Diare akut biasanya ditandai dengan buang air besar dalam frekuensi yang tidak wajar, feses bercampur darah, hingga disertai demam. Jika Anda sudah mengonsumsi obat antidiare, tetapi gejalanya tidak juga sembuh, kami sarankan untuk konsultasi ke dokter.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Pengobatan diare umumnya terdiri atas rehidrasi sebagai prioritas utama pengobatan. Selain itu, diare juga bisa diatasi dengan memberikan terapi simtomatik dan terapi definitif. Pemberian antibiotik dapat diberikan pada pasien dengan gejala atau tanda diare dengan infeksi. Infeksi ini bisa dideteksi apabila timbul gejala, seperti demam, feses berdarah, feses berlendir, dan jika ditemukannya bakteri pada feses.

Periksalah kandungan bahan aktifnya untuk mengatasi gastritis karena stres

Periksalah kandungan bahan aktifnya untuk mengatasi gastritis karena stres
Untuk mengatasi gastritis yang diakibatkan stres, Anda dapat mencoba obat herbal, misalnya yang menggunakan resep traditional Chinese medicine (TCM). Obat herbal semacam ini mengandung berbagai bahan aktif yang sudah terkenal khasiatnya. 

Obat jenis ini khususnya bermanfaat untuk menstabilkan pikiran, meredakan rasa cemas, dan mengurangi sakit perut. Di sisi lain, obat ini juga bisa mengatasi masalah perut akibat makan atau minum yang berlebihan.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Beberapa gejala nyeri perut memang berkaitan dengan stres atau depresi. Pengobatan dini pertama yang diberikan untuk meringankan gejala nyeri bertujuan untuk menekan asam lambung. Hal ini bisa dilakukan dengan pemberian obat berjenis H2 blocker dan PPI.


Selain itu, Anda juga disarankan menghindari faktor pemicunya seperti mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Mulailah dengan mengatur pola makan dengan porsi lebih sedikit dan hindarilah makanan pemicu.

Pilihlah obat jenis kunyah yang bisa diminum tanpa air

Pilihlah obat jenis kunyah yang bisa diminum tanpa air
Anda tidak pernah tahu kapan akan mengalami sakit perut. Oleh karena itu, sebaiknya selalu bawa obat sakit perut jenis kunyah yang bisa diminum tanpa air saat Anda bepergian. Tidak seperti obat perut biasa, obat ini bisa diminum di mana saja. Cukup dimasukkan ke dalam mulut seperti saat makan permen atau mengonsumsi troche.

Untuk berjaga-jaga, Anda bisa meletakkan obat ini di dalam tas atau menyimpannya di meja kerja Anda. Jadi, ketika Anda tiba-tiba mengalami sakit perut, Anda bisa segera mengonsumsinya.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Pada keadaan terdesak, Anda dapat mengonsumsi obat yang bisa diminum tanpa air seperti antasida. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa langsung mengunyahnya. Penggunaan obat kunyah ditujukan untuk meningkatkan serta mempercepat kerja obat dalam menurunkan asam lambung. Obat-obat seperti ini sebaiknya digunakan pada saat perut kosong.

Pilih obat yang juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak untuk stok di rumah

Pilih obat yang juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak untuk stok di rumah
Jika Anda ingin menstok obat sakit perut, sebisa mungkin pilihlah obat yang bisa dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Beberapa obat sakit perut dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia tiga tahun ke atas sehingga seluruh keluarga bisa mengonsumsinya. Hal ini akan menjadi pilihan yang baik bagi Anda dan anak Anda.

Memilih obat sakit perut yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga tentunya sangat baik. Namun, jika Anda ingin kotak obat lebih rapi sekaligus menghemat biaya obat, ada baiknya memilih produk yang bisa dikonsumsi anak-anak. Perhatikanlah keterangan batas usia minimum yang boleh mengonsumsi obat tersebut sesuai dengan yang disertakan pada kemasan.

dr. Annisa
Dokter umum
dr. Annisa

Ketika anak ataupun Anda sendiri mengalami nyeri perut ringan tanpa diiringi gejala lain, minumlah obat sesuai gejala dan usia. Jangan lupa untuk memperhatikan anjuran dosis yang tertulis. Namun, apabila nyeri perut tidak menghilang dalam waktu 24 jam, segera periksakan diri ke dokter. Anda juga harus segera ke dokter apabila mengalami gejala seperti muntah-muntah berlebih ataupun demam tinggi.

10 Rekomendasi obat sakit perut

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk obat sakit perut yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa.

10
IsiBoks isi 5 strip x 6 tablet
BentukTablet
KandunganFamotidine
JenisAntagonis reseptor H2
Target usiaDewasa
KegunaanMengobati GERD, ulkus duodenum (luka pada saluran pencernaan), nyeri di bagian atas perut, sindrom Zollinger-Ellison
9
IsiBotol isi 100 ml
BentukSirup
KandunganMagaldrate anhydrous dan simethicone
JenisAntasida
Target usiaAnak-anak usia 6 tahun ke atas dan dewasa
KegunaanMengatasi kembung, perut bergas, dan asam lambung
8
Isi12 saset x @2 g
BentukBubuk
KandunganViticis cannabifolia, Menthae herba, Coptidis rhizoma, Elsholtziae herba
JenisObat tradisional Cina
Target usiaAnak-anak dan dewasa
KegunaanMengatasi diare, kembung, mual
7
IsiBoks isi 10 strip x @10 tablet
BentukTablet
KandunganAmilase, protease, lipase, asam desoksikolat, dimetilpolisiloksan, vitamin B kompleks
JenisDigestiva
Target usiaAnak-anak dan orang dewasa
KegunaanMeningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki kondisi lingkungan saluran pencernaan
6

Li Chung Shing Tong (Mandjur)Po Chai Pills

Mulai dari Rp 62.500,00

Isi10 botol kecil x @1,89 g
BentukPil kecil
KandunganPoria, Cortex magnoliae offticinalis, Radix puerariae lobatae, Herba methae, Rhizoma atractylodis, dll
JenisObat tradisional Cina
Target usiaAnak-anak dan dewasa
KegunaanMeredakan mulas, diare, mual, keracunan makanan, dan demam
5
IsiBotol isi 60 ml
BentukSirup
KandunganKaolin, pektin
JenisAntidiare
Target usiaAnak-anak usia 3 tahun ke atas dan dewasa
KegunaanMengatasi diare
4
Isi12 saset x @25 gr
BentukBubuk
KandunganAgastache herba, Lysimachia herba, citrus peel, cinnamon bark, Chinese mint (Mentha arvensis), Sichuan lovage rhizome, licorice root, Clove flower, Aquillaria agallocha, Angelica anomalla rhizome dan menthol.
JenisObat tradisional Cina
Target usiaAnak-anak dan dewasa
KegunaanMengatasi mual, diare, muntah, keracunan makanan, flu
3
IsiStrip isi 10 tablet
BentukTablet
KandunganAluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikon
JenisAntasida
Target usiaAnak-anak 6 tahun ke atas dan dewasa
KegunaanMeredakan gejala mag
2
Isi6 saset x @10 ml
BentukCair
KandunganJahe merah, adas, kunyit, akar manis, peppermint, nanas, madu, dan royal jelly
JenisObat herbal
Target usiaAnak-anak dan dewasa
KegunaanMeredakan kembung, mual, begah, dan menjaga asam lambung
1
IsiBotol isi 100 ml
BentukCair
KandunganDimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida
JenisAntasida
Target usiaAnak-anak di atas 6 tahun dan dewasa
KegunaanMeredakan gejala mag

Tabel perbandingan produk obat sakit perut

Gambar produk
1
Pharos Polysilane Suspensi 1

Pharos

2
Kalbe Promag Herbal Gazero 1

Kalbe

3
Johnson & Johnson Mylanta 1

Johnson & Johnson

4
Universal Puyer Cap Lima Pagoda 1

Universal

5
Itrasal Guanistrep 1

Itrasal

6
Li Chung Shing Tong (Mandjur) Po Chai Pills 1

Li Chung Shing Tong (Mandjur)

7
Kalbe Vitazym 1

Kalbe

8
Bintang Kupu Kupu Tay Pin San 1

Bintang Kupu Kupu

9
Ferron Par Pharmaceuticals Magalat  1

Ferron Par Pharmaceuticals

10
SANBE Famocid 1

SANBE

Nama produk

Polysilane Suspensi

Promag Herbal Gazero

Mylanta

Puyer Cap Lima Pagoda

Guanistrep

Po Chai Pills

Vitazym

Tay Pin San

Magalat

Famocid

Keunggulan

Mengandung trio zat aktif yang ampuh meredakan gejala maag

Kembung reda, perut pun jadi hangat!

Segar di mulut, segar juga di lambung

Mengatasi berbagai jenis penyakit tanpa efek samping

Basmi racun dan bakteri jahat di saluran pencernaan

Kecil pilnya, besar khasiatnya!

Kombinasi enzim dan vitamin untuk metabolisme yang lebih baik

Stop diare dan nyeri perut dengan bahan alami

Gas berlebih di lambung teratasi, aktivitas jadi lebih lancar

Atasi masalah lambung kronis dengan ahlinya!

Harga mulai dariRp 39.700,00Rp 14.000,00Rp 8.500,00Rp 23.300,00Rp 5.800,00Rp 62.500,00Rp 16.500,00Rp 40.500,00Rp 37.000,00Rp 28.500,00
IsiBotol isi 100 ml6 saset x @10 mlStrip isi 10 tablet12 saset x @25 grBotol isi 60 ml10 botol kecil x @1,89 gBoks isi 10 strip x @10 tablet12 saset x @2 gBotol isi 100 mlBoks isi 5 strip x 6 tablet
BentukCairCairTabletBubukSirupPil kecilTabletBubukSirupTablet
KandunganDimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksidaJahe merah, adas, kunyit, akar manis, peppermint, nanas, madu, dan royal jellyAluminium hidroksida, magnesium hidroksida, dan simetikonAgastache herba, Lysimachia herba, citrus peel, cinnamon bark, Chinese mint (Mentha arvensis), Sichuan lovage rhizome, licorice root, Clove flower, Aquillaria agallocha, Angelica anomalla rhizome dan menthol.Kaolin, pektinPoria, Cortex magnoliae offticinalis, Radix puerariae lobatae, Herba methae, Rhizoma atractylodis, dllAmilase, protease, lipase, asam desoksikolat, dimetilpolisiloksan, vitamin B kompleksViticis cannabifolia, Menthae herba, Coptidis rhizoma, Elsholtziae herbaMagaldrate anhydrous dan simethiconeFamotidine
JenisAntasidaObat herbalAntasidaObat tradisional CinaAntidiareObat tradisional CinaDigestivaObat tradisional CinaAntasidaAntagonis reseptor H2
Target usiaAnak-anak di atas 6 tahun dan dewasaAnak-anak dan dewasaAnak-anak 6 tahun ke atas dan dewasaAnak-anak dan dewasaAnak-anak usia 3 tahun ke atas dan dewasaAnak-anak dan dewasaAnak-anak dan orang dewasaAnak-anak dan dewasaAnak-anak usia 6 tahun ke atas dan dewasaDewasa
KegunaanMeredakan gejala magMeredakan kembung, mual, begah, dan menjaga asam lambungMeredakan gejala magMengatasi mual, diare, muntah, keracunan makanan, fluMengatasi diareMeredakan mulas, diare, mual, keracunan makanan, dan demamMeningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki kondisi lingkungan saluran pencernaanMengatasi diare, kembung, mualMengatasi kembung, perut bergas, dan asam lambungMengobati GERD, ulkus duodenum (luka pada saluran pencernaan), nyeri di bagian atas perut, sindrom Zollinger-Ellison
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar obat sakit perut

Sakit perut adalah penyakit yang pernah dialami semua orang. Jika Anda masih menyimpan pertanyaan seputar sakit perut, berikut ini kami telah merangkum pertanyaan tersebut dan menjawabnya.

Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit perut?

  • Susu dan produk olahannya karena tinggi kandungan lemak yang sulit dicerna sehingga justru menyebabkan gangguan pencernaan. Bagi sebagian orang dengan intoleransi laktosa, minum susu justru membuat perut jadi sakit.
  • Soda atau minuman berkarbonasi karena dapat menyebabkan penumpukan gas di perut sehingga perut terasa tidak nyaman.
  • Kacang-kacangan karena mengandung serat yang tinggi sehingga justru bisa menghasilkan produksi gas berlebih.
  • Makanan pedas karena bisa memicu iritasi usus, kemudian muncul diare, mual, dan muntah.
  • Buah-buahan citrus karena bisa menyebabkan peningkatan produksi asam dalam lambung sehingga perut akan terasa nyeri.  

Apa saja makanan dan buah yang bisa mengatasi sakit perut

  • Pepaya. Buah ini memiliki enzim papain yang kuat. Enzim ini bekerja memecah protein pada makanan supaya mudah dicerna. Jadi, mengonsumsi pepaya bisa mengatasi sembelit dan kembung.
  • Pisang. Buah ini terasa lembut dicerna oleh lambung sehingga aman untuk perut. Selain itu, pisang juga bisa menggantikan produksi kalium dan elektrolit yang hilang setelah diare atau muntah.
  • Makanan dengan probiotik. Makanan ini bisa menyeimbangkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan. 
  • Jahe. Sifatnya yang anti-inflamasi dapat meredakan sakit perut, radang usus, dan rasa mual.

Apakah susu bisa menyembuhkan sakit perut?

Susu memang mengandung gizi yang lengkap, tetapi minum susu saat sakit perut justru membuat perut makin sakit. Pasalnya, susu mengandung gula atau laktosa yang sulit dicerna oleh usus. Alih-alih perut menjadi tenang, Anda justru bisa diare.

 
Selain itu, kandungan lemak dalam susu juga justru memicu kenaikan asam lambung sehingga perut terasa nyeri. Jenis susu yang relatif aman dikonsumsi saat sakit perut adalah susu rendah lemak dan susu skim. Susu nabati, seperti susu almon dan susu kedelai juga bisa dijadikan pilihan.

Baca juga rekomendasi obat untuk mengatasi masalah perut lainnya di sini

Selain masalah perut yang sudah kami bahas di artikel ini, ada juga beberapa artikel yang membahasnya secara lebih khusus. Anda bisa mendapat rekomendasi produk yang lebih spesifik sesuai gelaja yang Anda alami, seperti obat untuk sembelit dan diare. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca artikelnya di sini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Sudahkah Anda menemukan obat yang tepat untuk masalah perut Anda? Untuk mendapatkan obat yang paling tepat, Anda harus menyesuaikan manfaat yang diharapkan dengan gejala yang Anda alami.

Selain itu, perhatikan juga cara penggunaan serta efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh obat tersebut. Pilihlah obat yang aman dan sesuai dengan usia Anda. Semoga Anda terbantu setelah membaca artikel ini.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Flu - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mengalami bersin-bersin, hidung tersumbat, atau meriang? Jika ya, mungkin Anda sedang terkena flu. Anda perlu segera mengonsumsi obat flu yang bagus. Anda bisa menemukan beragam obat flu di pasaran. Ada jenis obat flu biasa, obat flu dan batuk, hingga obat flu yang tidak menyebabkan kantuk.Kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli obat flu. Anda juga dapat menyimak rekomendasi obat flu, mulai dari produk dari merek Panadol, Bodrex, Procold, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    10 Obat Pilek untuk Anak - Ditinjau oleh Dokter Spesialis THT-KL (Terbaru Tahun 2021)
    Anak-anak bisa lebih sering mengalami pilek. Pilek biasanya menjadi alasan utama anak berobat ke dokter atau tidak masuk sekolah. Sebagai orang tua, penting sekali bagi Anda mengenali pilihan obat pilek untuk anak.Di pasaran tersedia berbagai merek obat pilek, antara lain Rhinos Junior, Proris, serta Purekids. Supaya memudahkan Anda memilih obat pilek untuk anak, berikut ini kami berikan tips memilihnya. Simak sampai akhir karena kami juga akan memberikan rekomendasi obat pilek yang dapat Anda pilih. Selain itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter spesialis THT-KL kami, dr. Agustinus Purba.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mata Lelah (Terbaru Tahun 2021)
    Pernahkah Anda merasa mata memerah, kering, serta penglihatan menjadi kabur? Munculnya gejala-gejala tersebut bisa jadi karena Anda mengalami mata lelah. Mata lelah bisa diakibatkan terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone. Untuk itu, gunakanlah obat tetes mata yang efektif mengatasi mata lelah.Namun, banyaknya obat tetes mata yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih obat tetes mata untuk mata lelah sekaligus merekomendasikan produk pilihan. Produk-produk dari merk ternama, seperti Insto, Rohto, serta Visine pun tak luput kami ulas.
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot (Terbaru Tahun 2021)
    Nyeri otot dan sendi, pegal linu, serta otot kaku merupakan kondisi umum yang bisa menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, kondisi ini bisa diobati dengan terapi atau dengan obat pegal linu di apotik. Namun, apakah Anda tahu cara memilih obat penghilang nyeri otot yang tepat?Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk dari berbagai merk, seperti Counterpain, Panadol, dan Salonpas. Temukan juga tips tambahan dari dokter spesialis kedokteran dan olahraga, dr. Andhika Raspati. Baca juga cara memilih obat pereda nyeri otot yang sesuai dengan kondisi Anda. Silakan disimak!
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Tetes Mata untuk Mengatasi Mata Gatal (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika musim kemarau tiba, tak jarang kondisi lingkungan menjadi kering serta berdebu sehingga menyebabkan mata gatal dan berair. Pada saat seperti ini, obat tetes mata untuk mata gatal bisa menjadi penyelamat. Namun, karena penyebab mata gatal sebenarnya bermacam-macam, mungkin akan membingungkan untuk memilih obat tetes mata yang tepat.Untuk itu, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mata gatal, kandungan obat tetes mata yang tepat untuk mengobatinya, dan memberikan rekomendasi produknya. Ada obat tetes mata yang bagus, seperti dari merk Visine, Insto, Rohto, dan lainnya. Simak pembahasannya berikut ini!
    Obat-obatan
  • 10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Cairan Pembersih Luka - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan pembersih luka adalah cairan untuk mensterilkan serta membersihkan kotoran dari area luka. Cairan ini penting karena dapat membantu pemulihan luka Anda. Anda bisa menemukan berbagai produk cairan pembersih luka di pasaran. Namun, beberapa di antaranya justru bisa membuat luka Anda makin parah, lho!Agar Anda mendapatkan cairan pembersih luka yang bagus dan aman, simak cara memilihnya di bawah ini. Kami juga akan membahas sepuluh cairan pembersih luka dari berbagai merek, seperti Hansaplast, Betadine, Killbac, dan lainnya. Tentunya, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Obat-obatan
  • 10 Rekomendasi Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Sariawan yang Ampuh Mengatasi Sariawan (Terbaru Tahun 2021)
    Siapa pun pasti merasa terganggu dengan stomatitis atau yang akrab dikenal sebagai sariawan. Sariawan biasanya muncul di bibir, gusi, langit-langit mulut, bahkan tenggorokan. Tidak hanya orang dewasa, sariawan bahkan juga bisa menyerang anak kecil. Salah satu solusi menghadapi sariawan adalah menyembuhkannya dengan obat. Akan tetapi, banyaknya pilihan obat sariawan di apotik tentu membuat Anda bingung dalam memilih. Nah, di sini kami akan menjelaskan cara memilih obat sariawan dan membagikan rekomendasi obat sariawan yang paling ampuh. Ada berbagai jenis obat sariawan dari merk tepercaya, seperti Kuldon, Enkasari, BETADINE, dan lainnya. 
    Obat-obatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori