10 Rekomendasi Kursi Box/Bench Box Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kursi Box Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Bench box memiliki beberapa istilah, ada yang menyebutnya stool box, bangku penyimpanan, dan kursi box. Pada dasarnya, bench box adalah kursi yang memiliki ruang penyimpanan. Furnitur tersebut memberikan manfaat lebih karena bisa digunakan untuk duduk sekaligus menyimpan barang.

Saat ini, terdapat berbagai jenis bench box. Ada yang bergaya Skandinavia, modern minimalis, dan ada yang berupa ottoman. Mereknya pun beragam mulai dari Livien hingga IKEA. Kami akan menjelaskan berbagai poin penting dalam memilih kursi box dan merekomendasikan produk yang terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih kursi box/bench box

Apabila Anda memilih bench box yang tidak sesuai, Anda akan sulit untuk memanfaatkannya secara maksimal. Sebaliknya, bisa saja Anda akhirnya hanya menggunakan produk tersebut sebagai kursi biasa. Oleh sebab itu, kami akan mengulas aspek-aspek yang perlu diperhatikan agar Anda dapat memilih bench box yang nyaman dan bermanfaat.

Tentukan tujuan pemakaian

Anda dapat menggunakan bench box untuk duduk dan menyimpan barang. Namun, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu menentukan tujuan pemakaian bench box tersebut. Dengan demikian, tidak akan ada fitur yang kelak tidak terpakai oleh Anda.

Apakah Anda mengutamakan kapasitas penyimpanan?

Apakah Anda mengutamakan kapasitas penyimpanan?

Jika Anda akan lebih banyak menggunakan bench box sebagai tempat penyimpanan, pilihlah produk berkapasitas besar. Utamakan fitur penyimpanan dibandingkan fungsi yang lain. Beberapa produk memiliki partisi di ruang penyimpanannya, beberapa lainnya dilengkapi dengan laci.

Akan tetapi, bench box berukuran besar umumnya berbobot berat sehingga sulit untuk dipindahkan. Produk yang demikian akan lebih cocok dijadikan tempat duduk. Selain itu, ingatlah bahwa beberapa furnitur tidak dirancang untuk menyimpan barang yang terlalu berat.

Apabila ingin dijadikan tempat duduk, perhatikan ukurannya!

Apabila ingin dijadikan tempat duduk, perhatikan ukurannya!

Dari segi ukuran, bench box memiliki beberapa tipe mulai dari yang single hingga yang bisa diduduki oleh beberapa orang. Jika Anda hendak memprioritaskan bench box sebagai tempat duduk, pertimbangkan juga jumlah orang yang akan menggunakannya, serta lokasi penempatannya.

Produk berukuran sekitar 40 cm akan cukup untuk digunakan oleh satu orang. Lalu, jika akan diduduki oleh dua orang, pilihlah yang ukurannya kurang lebih 90 cm. Ada juga bench box berukuran 120 cm, tetapi terasa sempit jika digunakan oleh tiga orang dewasa.

Kursi box berukuran single tentu lebih mudah dipindahkan

Kursi box berukuran single tentu lebih mudah dipindahkan

Semakin besar ukuran suatu bench box, tentu bobotnya semakin berat. Untuk dipasangkan dengan meja makan atau meja rias, kami merekomendasikan produk berkapasitas single yang ringan dan mudah digunakan. Jika Anda membutuhkan tempat duduk untuk beberapa orang, Anda bisa juga menyusun beberapa kursi box berukuran single hingga membentuk sofa panjang.

Desain produk yang Anda pilih akan memengaruhi interior ruangan

Desain produk yang Anda pilih akan memengaruhi interior ruangan

Tampilan dari bench box akan memberikan sentuhan yang berbeda di rumah. Oleh karenanya, furnitur yang Anda pilih akan terasa kurang menyatu dengan interior rumah jika desainnya tidak sesuai. Anda sebenarnya bisa mempercantik rumah dengan bench box berdesain indah. Pilihlah produk yang cocok dengan atmosfer ruangan. Beberapa bench box berdesain stylish, beberapa lainnya bergaya Skandinavia. Ada juga yang terbuat dari kayu sehingga terkesan hangat. Jadi, ingatlah untuk turut mempertimbangkan aspek desain saat memilih bench box.

Lebih praktis dengan bench box yang bisa dilipat

Lebih praktis dengan bench box yang bisa dilipat

Agar lebih nyaman, Anda dapat menggunakan bench box yang bisa dilipat. Dengan demikian, Anda akan mudah menyimpannya di lemari ketika sedang tidak digunakan. Jika Anda membeli produk ini di toko online, kemasannya akan lebih ringkas dan pengirimannya juga lebih mudah. Tentunya, bench box tipe ini berbobot ringan dan compact untuk dibawa-bawa.

10 Rekomendasi kursi box/bench box terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Terdapat beragam bench box dengan bentuk dan desain yang berbeda-beda. Untuk itu, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan.

10. Kursi Kotak Penyimpanan Barang 30x30x30 cm

10. Kursi Kotak Penyimpanan Barang 30x30x30 cm

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 135.000

Lebih ringkas karena bisa dilipat

Apakah Anda termasuk tipe orang yang kerap mengubah posisi furnitur di rumah? Jika ya, produk ini layak untuk dicoba. Kursi box ini dapat dilipat sehingga Anda bisa dengan mudah menyimpannya ketika sedang ingin berganti suasana di rumah. Plus, lapisan busanya membuat tempat duduk terasa empuk.

Dimensi produk 30 cm × 30 cm × 30 cm
Bobot 2,5 kg
Material Linen dan busa

9. Krishome Bangku Ottoman Kancing Lipat QS7638 – Hitam

9. Krishome Bangku Ottoman Kancing Lipat QS7638 - Hitam

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 489.900

Dapatkan tampilan rumah yang lebih classy dengan material kulit sintetis

Ottoman produksi Krishome ini terbungkus dalam bahan kulit sintetis berwarna hitam sehingga akan membuat rumah Anda tampak lebih elegan. Di samping itu, ukurannya cukup luas untuk diduduki oleh dua orang. Tidak perlu khawatir lagi jika Anda membutuhkan kursi tambahan untuk menyambut tamu.

Dimensi produk 76 cm × 38 cm × 38 cm
Bobot 9 kg
Material Kulit sintetis

8. IKEA ÄPPLARÖ Bangku penyimpanan, luar ruang, diwarnai cokelat

8. IKEA ÄPPLARÖ Bangku penyimpanan, luar ruang, diwarnai cokelat

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.099.000

Bisa digunakan di area outdoor, loh!

Bagi Anda yang gemar berkebun, bangku penyimpanan ini dapat menjadi pilihan tepat. Produk ini diberi beberapa lapis pewarna kayu sehingga menjadikannya lebih tahan lama dan dapat diletakkan di area outdoor. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menyimpan peralatan berkebun di dalam rumah.

Dimensi produk 80 cm × 41 cm × 44 cm
Bobot 13,37 kg
Material Kayu akasia solid

7. Krishome Ottoman Lipat dengan Laci 161CR – Cokelat

7. Krishome Ottoman Lipat dengan Laci 161CR - Cokelat

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 284.000

Mengakses ruang penyimpanan menjadi lebih mudah dengan adanya laci

Menyimpan dan mengambil barang dari kursi box ini akan lebih mudah karena ruang penyimpanannya berupa laci. Artinya, Anda tetap dapat mengambil barang walaupun ottoman ini sedang diduduki. Anda juga dapat melipat dan menyimpannya di dalam lemari jika sedang tidak dibutuhkan.

Dimensi produk 38 cm × 38 cm ×38 cm
Bobot 4,6 kg
Material Tidak diketahui

6. Pro Design Furniture Melinda Bench

6. Pro Design Furniture Melinda Bench

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.220.000

Menyimpan dan memakai sepatu di satu tempat

Bench box ini ditujukan untuk menyimpan sepatu. Di dalamnya, Anda bisa menyimpan sekitar delapan pasang sepatu. Kemudian, bagian atasnya berupa tempat duduk yang telah diberi busa. Setelah mengambil sepatu, Anda bisa langsung duduk untuk memakainya. Lebih praktis, ya!

Dimensi produk 120 cm × 43.3 cm × 45 cm
Bobot 43 kg
Material Particle board

5. IFurnholic Trunk S – Ivory

5. IFurnholic Trunk S - Ivory

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.590.000

Mengusung konsep Scandinavian design yang minimalis

Desain produk bergaya Skandinavia sedang banyak disukai. Apabila Anda termasuk salah satu penggemarnya, produk ini cocok untuk Anda. Warna putih dan bentuk simpelnya akan memberikan sentuhan dekorasi Skandinavia bagi interior rumah.

Selain itu, pintu untuk ruang penyimpanannya dilengkapi dengan engsel sehingga tidak akan jatuh ketika sedang dibuka. Anda tidak perlu khawatir mengenai risiko tangan terjepit ketika sedang mengambil atau menyimpan barang di dalamnya.

Dimensi produk 88 cm × 46 cm × 47 cm
Bobot 57 kg
Material Kayu mahoni dan MDF

4. Oscar Living OLC Storage Box 

4. Oscar Living OLC Storage Box 

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 189.999

Pilihan warnanya beragam. Jika digabungkan, pasti menarik

Storage stool berukuran single ini dibuat dengan warna-warna cerah. Pilihannya pun cukup bervariasi. Anda dapat memilih warna yang paling disukai dan cocok dengan interior rumah. Namun, jika membutuhkan lebih dari satu, Anda dapat menggabungkan beberapa stool menjadi long chair sehingga terlihat lebih menarik.

Dimensi produk 35 cm × 35 cm × 35 cm
Bobot 2 kg
Material Kain ateja

3. Livien Furniture Sakura Bench Cabinet

3. Livien Furniture Sakura Bench Cabinet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.603.000

Lebih well-organized berkat ruang penyimpanan yang terbagi enam

Beberapa barang sebaiknya disimpan dengan cara dikelompokkan sesuai kriteria tertentu. Dengan begitu, ruang penyimpanan Anda akan lebih rapi, Anda pun lebih mudah dalam mencari barang. Nah, Sakura Bench Cabinet dapat membantu Anda dalam hal tersebut.

Bench ini memiliki ruang penyimpanan yang terbagi menjadi enam bagian. Anda bisa memisahkan tempat untuk buku, kaus kaki, charger ponsel, dan barang lainnya. Ditambah lagi, barang-barang di dalam bench box tidak akan terlihat dari luar. Suasana rumah juga menjadi lebih rapi!

Dimensi produk 100 cm × 45 cm × 50 cm
Bobot 90 kg
Material Kayu solid mahoni dan MDF

2. Ridwan Furniture Bench Shoes Storage Multifungsi

2. Ridwan Furniture Bench Shoes Storage Multifungsi

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.400.000

Rak penyimpanannya ada yang terbuka dan tertutup. Gunakan sesuai kebutuhan!

Dilihat dari nama produk, bench box ini memang ditujukan untuk tempat menyimpan dan memakai sepatu. Namun, sebenarnya Anda dapat meletakkan barang apa pun di dalamnya. Selain ruang penyimpanan yang terlihat, di bawah tempat duduknya terdapat laci yang tidak terlihat.

Dengan produk ini, Anda dapat mengatur penyimpanan barang secara lebih fleksibel. Bagian yang terbuka bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang yang sering diambil, sedangkan laci di bawah tempat duduk dapat diisi dengan barang-barang yang tidak ingin Anda perlihatkan. Sungguh multifungsi!

Dimensi produk 80 cm × 30 cm ×45 cm
Bobot Tidak diketahui
Material Blackboard tebal dan busa

1. Livien Furniture Rattan Bench

1. Livien Furniture Rattan Bench

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.790.000

Motif bunga di laci rotannya akan memberi nuansa vintage di rumah

Secara keseluruhan, warna dan motif produk ini terlihat lembut. Hal tersebut tampak dari tempat duduk berwarna pastel dan laci rotan bermotif floral. Dengan produk ini, Anda akan memiliki suasana ruangan yang lebih vintage dan homey.

Livien memproduksi Rattan Bench dengan dua pilihan warna yaitu pink dan biru. Pilihlah yang paling Anda sukai. Anda juga bisa memilih untuk tidak menggunakan laci rotan jika sedang ingin berganti suasana. Artinya, Anda dapat mengatur pemakaian produk ini sesuai kebutuhan.

Dimensi produk 120 cm × 60 cm × 45 cm
Bobot Tidak diketahui
Material Kayu solid mahoni, MDF, dan rotan

Catatan penting mengenai penggunaan bench box

Di bawah ini, kami akan menjelaskan hal-hal penting yang perlu diperhatikan ketika Anda menggunakan bench box. Akan tetapi, aspek-aspek berikut ini mungkin berbeda untuk setiap produk. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya selalu membaca manual dari produk yang dibeli.

Besarnya kapasitas bench box hanya dimaksudkan untuk duduk dan menyimpan barang

Besarnya kapasitas bench box hanya dimaksudkan untuk duduk dan menyimpan barang

Apabila tertulis keterangan bahwa bench box yang Anda pilih memiliki kapasitas maksimal sebesar 100 kg, berarti produk tersebut dapat menampung barang atau bisa diduduki oleh orang dengan bobot maksimal 100 kg. Bagaimanapun juga, bench box adalah sebuah kursi. Anda tidak dapat melompat di atasnya atau menggunakannya sebagai pijakan untuk ke tempat yang tinggi. Hal tersebut akan berisiko merusak dan membuat kualitas bench box menurun.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati ketika sedang mendudukinya. Jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat menyebabkan cedera, misalnya jika ukuran produk terlalu tinggi atau isinya terlalu banyak.

Perhatikan bobot barang yang ingin Anda simpan di dalam bench box

Perhatikan bobot barang yang ingin Anda simpan di dalam bench box

Beberapa bench box memiliki bagian alas yang tipis sehingga mudah patah jika Anda menyimpan barang yang terlalu berat di dalamnya. Karena itu, ingatlah untuk selalu memeriksa kapasitas maksimal dari ruang penyimpanan tersebut. Apabila manual produk tersebut tidak memberikan keterangan mengenai kapasitas maksimal, kami sarankan Anda melakukan uji coba dalam menyimpan barang dengan bobot tertentu.

Periksalah aroma produk sebelum Anda menyimpan barang di dalamnya

Periksalah aroma produk sebelum Anda menyimpan barang di dalamnya

Biasanya, furnitur memiliki aroma khas yang muncul karena proses pewarnaan. Begitu juga dengan bench box. Aroma cat akan sulit hilang, terlebih pada produk dengan ruang penyimpanan yang tertutup rapat. Jika terdapat bau cat, Anda mungkin keberatan menyimpan pakaian atau barang lain yang mudah menyerap bau.

Sebelum menyimpan barang, periksalah dahulu aroma ruang penyimpanannya. Apabila aromanya cukup kuat, Anda sebaiknya menjemur produk tersebut dan memberikan ventilasi agar baunya dapat berkurang.

Baca juga rekomendasi produk kursi dan bench lainnya di sini!

Pada artikel ini, Anda telah mendapat banyak informasi mengenai bench box. Namun, jika Anda juga membutuhkan informasi mengenai kursi ottoman dan sofa bench, Anda dapat membacanya di sini.

Kesimpulan

Kami telah membahas berbagai poin penting untuk memilih kursi box atau bench box, serta memberi rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Apakah Anda telah menjatuhkan pilihan? Dengan berbagai pilihan desain dan ukuran, kami harap Anda dapat memilih bench box yang dapat memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan gaya interior rumah Anda. Good luck!