• 10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kamera digital compact atau kamera pocket merupakan kamera digital berukuran kecil dan hasil fotonya berkualitas tinggi. Meski kepopulerannya sempat menurun seiring kemunculan smartphone dengan kamera canggih, kamera pocket merek terkenal masih dicari. Bahkan, perusahaan besar seperti SONY, Canon, dan FUJIFILM sekarang mengeluarkan berbagai model kamera yang menarik.


Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai merek kamera pocket dan memberikan tips cara memilihnya. Tentunya, setiap kamera memiliki keunggulan tersendiri. Simak artikel ini untuk mendapatkan kamera pocket yang ideal bagi Anda!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Dendy Selmaeza (@baratdaya_)
  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 22.541 Views
Daftar isi

Cara memilih kamera pocket

Sebelum mengulas rekomendasi produknya, kami akan mengenalkan tips memilih kamera pocket. Simak penjelasannya di bawah ini!

Pilih berdasarkan kualitas gambarnya

Kualitas gambar yang dihasilkan merupakan hal yang harus Anda perhatikan saat memilih kamera pocket. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang menentukan kualitas gambar.

Sensor gambar atau image sensor, lebih penting dibandingkan jumlah pixel

Sensor gambar atau image sensor, lebih penting dibandingkan jumlah pixel

Sebagai contoh, terdapat dua buah kamera dengan pixel yang berbeda, yaitu 24 MP dan 16 MP. Anda mungkin berpikir bahwa jumlah pixel yang lebih besar mempunyai kualitas gambar lebih baik. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, tetapi tidak sepenuhnya salah. Jika Anda lebih mementingkan kualitas gambar, faktor yang lebih penting daripada pixel adalah sensor gambar. Seperti yang tertulis di bawah ini, makin ke kanan, sensor kamera akan makin kecil.


35 mm full frame → APS-C → 4/3 → 1 (1 inch) → 1/1,7 → 1/2,3 → 1/3


Jika Anda memilih sensor gambar tipe 1 (1 inch) ke atas, Anda akan melihat perbedaan gambar yang jelas dibandingkan dengan smartphone. Kamera pocket dengan sensor gambar type 1 (1 inch) ke atas mempunyai harga sekitar 3–4 jutaan. Sensor APS-C ke atas biasanya digunakan pada kamera single-lens reflex (SLR). Meski harganya lebih dari 6 jutaan, kamera pocket dengan sensor APS-C dapat digunakan sebagai kamera utama.

Nilai aperture f1,8–f2,8, memberikan efek bokeh yang lebih baik

Nilai aperture f1,8–f2,8, memberikan efek bokeh yang lebih baik

Jika Anda menginginkan foto indah dengan background bokeh, pilih kamera dengan nilai f yang kecil. Jika nilai f berada di sekitar angka 2, foto yang dihasilkan akan memiliki efek bokeh seperti hasil kamera SLR.


Anda juga bisa mengambil gambar yang jelas meski berada di ruangan yang gelap atau pada malam hari. Pada dasarnya, makin kecil nilai f, makin bagus kualitas gambarnya. Namun, hal tersebut bukan merupakan hal yang pakem. Untuk amannya, pilih kamera pocket dengan aperture antara f1,8–f2,8.

ISO 3200 ke atas, dapat mencegah hasil foto blur

Sensitivitas ISO adalah ukuran tingkat sensitivitas cahaya pada sensor kamera. Makin tinggi ISO-nya, makin baik kemampuan kamera untuk menangkap gambar pada gelap. ISO yang tinggi membuat shutter speed makin cepat sehingga mencegah foto blur.


Angka standar pada ISO adalah 3200. Dengan angka ini, Anda dapat memotret di dalam ruangan atau siang hari tanpa masalah. Namun, jika Anda sering memotret di tempat yang gelap, pilih ISO 6400 atau lebih.


Meski begitu, jika ISO dinaikkan terlalu tinggi, akan tercipta gambar yang noise dan kualitasnya menurun. Jika ukuran sensornya besar, noise akan hilang. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ukuran ISO dan sensor harus seimbang.

Pilih fitur yang mendukung pemotretan

Ketahui juga fitur-fitur yang memudahkan Anda memotret dengan kamera pocket. Akan kami jelaskan berikut ini.

Optical image stabilization, simpel dan powerful untuk kamera pocket

Optical image stabilization, simpel dan powerful untuk kamera pocket

Ada dua tipe image stabilization, yakni electronic dan optical. Untuk kamera pocket, pilih fitur optical image stabilization. Image stabilizer ini lebih simpel dan kuat dalam mengoreksi getaran untuk menjaga kualitas gambar.


Ada juga kamera yang memiliki keduanya. Anda dapat memotret pemandangan pada siang hari tanpa khawatir dengan kestabilan gambar. Jika dana Anda memungkinkan, pilihlah kamera pocket dengan image stabilization yang powerful.

Wi-Fi atau Bluetooth, koneksi ke smartphone lebih praktis

Wi-Fi atau Bluetooth, koneksi ke smartphone lebih praktis

Beberapa kamera pocket memiliki fitur koneksi seperti Wi-Fi atau Bluetooth yang dapat terhubung dengan mudah ke komputer atau smartphone. Tanpa fitur ini, memindahkan foto dari kamera ke smartphone akan merepotkan. Anda harus menghubungkan kamera ke komputer dengan kabel, setelah itu memindahkan foto ke PC. Kemudian, Anda harus menyambungkan komputer ke smartphone guna memindahkan foto.


Dengan Wi-Fi atau Bluetooth, Anda dapat memindahkan foto dari kamera langsung ke smartphone. Jika Anda sering menggunakan social media, fitur ini sangat berguna.

Selfie shutter, untuk Anda yang hobi selfie

Selfie shutter, untuk Anda yang hobi selfie

Jika Anda ingin berswafoto atau selfie menggunakan kamera pocket, pilih kamera dengan fitur khusus. Terdapat beberapa fitur untuk selfie, seperti kamera pocket dengan tombol selfie atau LCD yang dapat dimiringkan.

Sesuaikan jarak fokus (zoom) dengan objek gambar

Pilihlah focal length atau jarak fokus berdasarkan dengan objek yang ingin dipotret. Kami akan menuliskan panduan singkat mengenai jarak fokus dengan objek berikut ini.

Lensa wide-angle ukuran 18–25 mm, lebih leluasa memotret pemandangan

Lensa wide-angle ukuran 18–25 mm, lebih leluasa memotret pemandangan

Jarak fokus berhubungan dengan zoom. Bila jarak fokus 10–100 mm, zoom yang didapatkan adalah 10x. Apabila jarak fokus 5-10 mm, akan didapatkan 5x zoom.


Kamera iPhone merupakan standar jarak fokus pada wide-angle karena menggunakan jarak fokus yang kecil. Sebagai contoh, jarak fokus pada kamera iPhone 11 setara dengan 26 mm. Jadi, Anda tidak perlu khawatir gambar terpotong di sisi kanan dan kirinya saat mengambil foto grup. Untuk pemotretan wide-angle, pilih kamera pocket dengan jarak fokus 18–25 mm.


Meskipun tidak masalah dengan jarak fokus 18 mm, pilih focal length 24 mm. Hal ini karena lensa dengan jarak fokus 24 mm lebih mudah digunakan dan harganya lebih terjangkau. Jika Anda memotret untuk mengambil foto pemandangan atau foto grup, pilih lensa wide-angle daripada lensa tele.

Lensa telephoto 100 mm, cukup untuk penggunaan sehari-hari

Lensa telephoto 100 mm, cukup untuk penggunaan sehari-hari

Jika tujuan Anda bukan untuk memotret burung atau pertandingan olahraga, pilihlah lensa telephoto 100 mm. Lensa tele 100 mm dapat digunakan sehari-hari. Beberapa kamera bisa mencapai jarak fokus hingga 1.400 mm. Untuk mengabadikan momen-momen keseharian, lensa tele 100 mm sudah lebih dari cukup.

Lensa telephoto 300 mm ke atas, pas untuk memotret burung dan pertandingan olahraga

Lensa telephoto 300 mm ke atas, pas untuk memotret burung dan pertandingan olahraga

Jika menggunakan lensa tele 300 mm, Anda dapat memotret burung liar dan pertandingan olahraga. Namun, jika ingin memotret pergerakan yang detail dan objek yang jauh, pilih lensa 500 mm ke atas.


Jenis kamera digital single-lens reflex (DSLR) sangat direkomendasikan untuk lensa telephoto. Selain itu, ia juga bagus untuk mengamati burung liar dan memotret pertandingan olahraga.

Periksa juga berapa sentimeter fungsi makro dapat menangkap gambar

Periksa juga berapa sentimeter fungsi makro dapat menangkap gambar

Bagian ini bukan membicarakan mengenai jarak fokus, tetapi topik yang mendekatinya, yaitu fungsi makro. Jika Anda ingin memotret dalam jarak dekat, seperti bunga, serangga, dan makanan, fungsi makro sangatlah penting. Beberapa model kamera bahkan dapat memotret dengan jarak 1 cm. Jika sering memotret bunga, carilah kamera model tersebut.

Untuk memotret anak-anak dan hewan peliharaan, cek shutter speed-nya

Untuk memotret anak-anak dan hewan peliharaan, cek shutter speed-nya

Jika Anda kerap memotret anak-anak dan hewan peliharaan, periksalah fitur high speed camera (kamera kecepatan tinggi). Periksa juga apakah kamera tersebut mendukung perekaman video. Terdapat beberapa fitur untuk melacak autofokus, shutter speed, dan burst mode.

Pilih yang beratnya di bawah 300 g dan lebih dari 200 bidikan supaya lebih mobile

Pilih yang beratnya di bawah 300 g dan lebih dari 200 bidikan supaya lebih mobile

Jika ingin membawa kamera pocket saat liburan, periksalah berat dan total bidikan yang dapat diambil. Total bidikan di sini adalah berapa banyak foto yang dapat dipotret dengan baterai penuh.


Pilih kamera dengan berat sekitar 300 g. Kamera dengan jendela bidik atau viewfinder biasanya sedikit berat. Pastikan juga kamera mampu menangkap 200 bidikan. Untuk berjaga-jaga, jangan lupa membawa baterai cadangan!

Periksa kinerja monitor LCD dan keberadaan viewfinder

Periksa kinerja monitor LCD dan keberadaan viewfinder

Pada dasarnya, kamera pocket menggunakan monitor LCD untuk mengecek foto dan membidik. Supaya nyaman digunakan, pilihlah monitor LCD dengan layar 3 inci dan mempunyai panel sentuh.


Jika ingin mengambil gambar dengan bidikan penuh, periksa keberadaan viewfinder. Memotret dengan melihat LCD memberikan feeling yang mirip dengan mengoperasikan smartphone. Sementara itu, membidik dengan viewfinder memberikan feeling seperti menggunakan kamera SLR. Membidik gambar dengan viewfinder juga mengukuhkan genggaman pada kamera sehingga mencegah blur akibat kamera bergoyang.

Sesuaikan anggaran dengan kegunaan kamera pocket

Sekarang, kami akan mengenalkan tiga kisaran harga kamera pocket, yaitu di bawah 3 juta rupiah, 3–6 juta rupiah, dan di atas 6 juta rupiah. Poin memilih yang kami tekankan adalah soal kegunaan tiap kamera.

Harga di bawah 3 juta, untuk kamera sebagai pengganti smartphone

Harga di bawah 3 juta, untuk kamera sebagai pengganti smartphone

Saat berwisata, smartphone yang sering dipakai memotret akan mudah low-batt. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa membeli kamera pocket seharga 3 juta ke bawah sebagai pengganti smartphone. Standar ukuran sensornya 1/2,3 dengan aperture f3 ke atas. ISO standar yang digunakan maksimal 3.200, tetapi memiliki beragam rentang zoom, mulai dari 300 mm. Untuk beratnya sekitar 200 g. 

Harga 3–6 jutaan, untuk hasil yang lebih bagus daripada smartphone

Harga 3–6 jutaan, untuk hasil yang lebih bagus daripada smartphone

Anda dapat memilih kamera dengan tipe sensor yang besar seperti sensor 1 inch pada kisaran ini. Anda akan melihat perbedaan gambar dengan jelas antara kamera pocket dengan smartphone. Kamera pocket pada kisaran ini mempunyai keseimbangan fungsi dan harga yang bagus. 


Nilai f yang digunakan f2 ke bawah dan ISO yang dipakai paling tinggi 12.800. Kinerja dasar yang dibutuhkan dari kamera pocket hampir seluruhnya tersedia. Kisaran harga ini disarankan untuk pemula dengan anggaran yang mencukupi.

Harga 6 juta ke atas, jika ingin menjadikan kamera pocket sebagai kamera utama

Harga 6 juta ke atas, jika ingin menjadikan kamera pocket sebagai kamera utama

Pada kisaran 6 juta rupiah, ada kamera pocket yang sudah dilengkapi dengan sensor APS-C. Bahkan, ada juga kamera pocket yang sejajar dengan kamera SLR atau mirrorless. Pilih kamera pocket dengan rentang harga 6 jutaan ke atas jika Anda akan menggunakannya sebagai kamera utama. 


Hasil foto yang diambil seperti hasil foto kamera DSLR yang bisa menghasilkan efek bokeh dan wide-angle. Nilai f dan ISO pun memadai dan ada juga tipe kamera pocket dengan fitur single focus yang mempunyai fixed zoom

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi kamera pocket terbaik

Setelah memahami poin-poin penting di atas, berikut ini kami berikan sepuluh rekomendasi kamera pocket. Setiap kamera memiliki spesifikasi dan performa yang berbeda, pilihlah yang sesuai dengan tujuan dan anggaran Anda.
10

SONYCompact Camera W830 dengan 8x Zoom Optik

DSC-W830

Rp 1.599.000,00

Jumlah pixel20,1 MP
Sensor gambar1/2,3 inch
Nilai ff3.3–f6.3
ISO80–3.200
Image stabilizationOptical
Koneksix
Jarak fokus・Jarak makro35 mm・5 cm
Berat・Total bidikan120 g・210 bidikan
9
Jumlah pixel16,4 MP
Sensor gambar1/2,3 inch
Nilai ff3.9–f4.9
ISO100–12800
Image stabilizationOptical
KoneksiBluetooth
Jarak fokus・Jarak makro25 mm・9 cm
Berat・Total bidikan270 g・240 bidikan
8
Jumlah pixel20,2 MP
Sensor gambar1/2,3
Nilai ff3,2–f18
ISO80–1.600
Image stabilizationLens-shift
KoneksiNFC, Wi-Fi
Jarak fokus・Jarak makro35 mm・1 cm
Berat・Total bidikan182 g・295–405 bidikan
7
Jumlah pixel16,8 MP
Sensor gambar1/2,3 inch
Nilai ff3.4–f6.9
ISO100–6.400
Image stabilizationHybrid VR (Optical and Electronic VR)
KoneksiWi-Fi, Bluetooth
Jarak fokus・Jarak makro35 mm・1 cm
Berat・Total bidikan330 g・250 bidikan
6
Jumlah pixel16 MP
Sensor gambar1/2,3 inch
Nilai ff2.8–f4.9
ISO125–6.400
Image stabilization-
KoneksiWi-Fi
Jarak fokus・Jarak makro35 mm・1 cm
Berat・Total bidikan231 g・280 bidikan
5
Jumlah pixel16,9 MP
Sensor gambarAPS-C
Nilai ff2,8–f16
ISO100–25600
Image stabilization-
KoneksiNFC, Wi-Fi
Jarak fokus・Jarak makro28 mm・10 cm
Berat・Total bidikan251 g・320 bidikan
4
Jumlah pixel20,1 MP
Sensor gambar1 inch
Nilai ff3,3–f6,4
ISO100–25.600
Image stabilizationOptical
KoneksiWi-Fi
Jarak fokus・Jarak makro8,8–132 mm・3 cm
Berat・Total bidikan340 g・250–370 bidikan
3
Jumlah pixel20,1 MP
Sensor gambar1 inch
Nilai ff2–f11
ISO125–12.800
Image stabilizationLens-shift
KoneksiNFC, Wi-Fi, Bluetooth
Jarak fokus・Jarak makro35 mm・5 cm
Berat・Total bidikan206 g・235–315 bidikan
2
Jumlah pixel20,1 MP
Sensor gambarCMOS tipe 1.0
Nilai ff2,8–f4,5
ISO125–12.800
Image stabilizationOptical
KoneksiNFC, Wi-Fi, Bluetooth
Jarak fokus・Jarak makro100 mm・8cm
Berat・Total bidikan301 g・233 bidikan
1
Jumlah pixel24,3 MP
Sensor gambarAPS-C
Nilai ff2–f16
ISO200–12.800
Image stabilizationx
KoneksiWi-Fi
Jarak fokus・Jarak makro35 mm・10 cm
Berat・Total bidikan469 g・-

Tabel perbandingan produk kamera pocket terbaik

Gambar produk
1
FUJIFILM X100F 1

FUJIFILM

2
SONY RX100 VI 1

SONY

3
Canon PowerShot G9 X Mark II 1

Canon

4
Panasonic LUMIX Digital Camera DC-TZ220 1

Panasonic

5
RICOH GR II 1

RICOH

6
Nikon COOLPIX W300 1

Nikon

7
Nikon COOLPIX A1000 1

Nikon

8
Canon PowerShot SX620 HS 1

Canon

9
FUJIFILM FinePix XP140 1

FUJIFILM

10
SONY Compact Camera W830 dengan 8x Zoom Optik 1

SONY

Nama produk

X100F

RX100 VI

PowerShot G9 X Mark II

LUMIX Digital Camera DC-TZ220

GR II

COOLPIX W300

COOLPIX A1000

PowerShot SX620 HS

FinePix XP140

Compact Camera W830 dengan 8x Zoom Optik

Keunggulan

Fitur canggih berpadu dengan desain retro

Kualitas vlog lebih jernih dengan resolusi 4K

Mau indoor atau outdoor, hasil foto tetap terlihat jelas dan terang

Hasil foto masih terlihat jelas bahkan dalam kondisi minim cahaya

Cek preview foto terlebih dahulu sebelum benar-benar memotretnya

Potret biota laut hingga kedalaman 30 meter

Selfie jadi lebih mudah dengan layar LCD yang dapat diputar ke atas dan ke bawah

Hasil foto lebih banyak dengan fitur Eco Mode

Body tangguh dengan harga bersaing

Sempurnakan hasil bidikan dengan fitur Beauty Effect

HargaRp 17.999.000,00Rp 16.999.000,00Rp 7.079.000,00Rp 9.799.000,00Rp 6.999.000,00Rp 5.299.000,00Rp 5.850.000,00Rp 4.232.000,00Rp 3.199.000,00Rp 1.599.000,00
Jumlah pixel24,3 MP20,1 MP20,1 MP20,1 MP16,9 MP16 MP16,8 MP20,2 MP16,4 MP20,1 MP
Sensor gambarAPS-CCMOS tipe 1.01 inch1 inchAPS-C1/2,3 inch1/2,3 inch1/2,31/2,3 inch1/2,3 inch
Nilai ff2–f16f2,8–f4,5f2–f11f3,3–f6,4f2,8–f16f2.8–f4.9f3.4–f6.9f3,2–f18f3.9–f4.9f3.3–f6.3
ISO200–12.800125–12.800125–12.800100–25.600100–25600125–6.400100–6.40080–1.600100–1280080–3.200
Image stabilizationxOpticalLens-shiftOptical--Hybrid VR (Optical and Electronic VR)Lens-shiftOpticalOptical
KoneksiWi-FiNFC, Wi-Fi, BluetoothNFC, Wi-Fi, BluetoothWi-FiNFC, Wi-FiWi-FiWi-Fi, BluetoothNFC, Wi-FiBluetoothx
Jarak fokus・Jarak makro35 mm・10 cm100 mm・8cm35 mm・5 cm8,8–132 mm・3 cm28 mm・10 cm35 mm・1 cm35 mm・1 cm35 mm・1 cm25 mm・9 cm35 mm・5 cm
Berat・Total bidikan469 g・-301 g・233 bidikan206 g・235–315 bidikan340 g・250–370 bidikan251 g・320 bidikan231 g・280 bidikan330 g・250 bidikan182 g・295–405 bidikan270 g・240 bidikan120 g・210 bidikan
Tautan produk

Manakah yang lebih baik, kamera mirrorless atau kamera pocket?

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa lebih baik membeli kamera mirrorless dibandingkan dengan kamera pocket. Namun, ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan saat memilih.

Jumlah lensa

Jumlah lensa

Ketika membeli kamera mirrorless, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah harganya. Anda mungkin berpikir daripada membeli kamera pocket yang harganya tinggi, sekalian saja membeli kamera mirrorless


Namun, Anda juga perlu mengeluarkan dana sendiri untuk membeli lensa kamera mirrorless. Kamera mirrorless lebih cocok jika Anda ingin menikmati efek gambar yang berbeda dengan mengganti-ganti lensa kamera.

Bobot kamera

Bobot kamera

Mau seberapa ringan kamera mirrorless, bobotnya akan lebih berat dibanding kamera pocket, apalagi saat menggunakan lensa tambahan. Bobot body-nya bisa mencapai 500 g belum termasuk lensa. Jika Anda mengutamakan bobot yang ringan saat bepergian, kamera pocket lebih pas untuk Anda.

Kemudahan penggunaan

Kemudahan penggunaan

Bagian terbaik dari kamera pocket adalah pengoperasiannya yang mudah. Saat memotret dengan kamera DSLR atau mirrorless, Anda harus belajar hal teknis seperti nilai f, shutter speed, dan fokus. Dengan memakai kamera pocket, Anda bisa langsung memotret tanpa harus belajar lebih dulu.


Anda juga bisa mendapat gambar sebagus kamera mirrorless dengan kamera pocket high-end. Bagi Anda yang ingin mendalami fotografi, pilihlah kamera mirrorless. Namun, jika ingin memotret dengan praktis dan nyaman, kamera pocket adalah pilihan terbaik.

Baca juga rekomendasi kamera lainnya di sini

Selain kamera pocket, kami juga menulis rekomendasi kamera mirrorless, DSLR, dan kamera digital lainnya. Baca juga, yuk!

Kesimpulan

Kamera pocket yang dikeluarkan berbagai produsen akhir-akhir ini memiliki kualitas layaknya kamera pro. Beragam fitur tambahan yang tersedia juga memudahkan para pengguna untuk mengunggah foto-foto ke sosial media.

Sekarang, apakah Anda sudah memiliki gambaran mengenai kamera seperti apa yang paling cocok? Semoga artikel ini bisa membantu dalam memilih kamera pocket yang tepat untuk Anda! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda fotografer pemula yang sedang mencari kamera digital seharga dua jutaan rupiah? Kamera digital low-end tentunya memiliki perbedaan kualitas dibandingkan kamera digital berharga tinggi. Namun, saat ini telah banyak kamera digital low-end dengan fitur yang tak kalah canggih dibandingkan tipe high-end.Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan tips memilih kamera digital seharga dua jutaan rupiah berikut produk rekomendasinya. Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya memiliki produk kamera low-end dengan spesifikasi unggulan yang bisa dipilih. Mari disimak!
    Kamera digital
    13.397 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Kamera digital
    20.258 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Canon merupakan salah satu produsen kamera yang sudah cukup terkenal dan digemari banyak pengguna. Misalnya saja EOS 8D, PowerShot G7 Mark III, atau EOS 90D yang sudah banyak digunakan para profesional. Namun, bagaimana bagi Anda yang baru memulai hobi fotografi? Tentu saja akan merasa kesulitan dalam memilih kamera terbaik, bukan? Melalui artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon bagi para pemula hingga kebutuhan profesional. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk kamera Canon terbaik di setiap tipe sensornya. Untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Kamera digital
    1.966 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera menjadi perlengkapan yang sangat penting untuk mendokumentasikan kegiatan. Salah satu merek kamera yang cukup terkenal dan memiliki banyak pengguna adalah Lumix. Beberapa seri yang cukup laris di pasaran di antaranya adalah Lumix DC-GF10 dan Lumix DMC-G7K.Namun, bagaimana cara memilih kamera Lumix terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Melalui artikel ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kamera Lumix terbaik untuk Anda. Kami juga akan mengulas tips cara memilih kamera Lumix agar Anda tidak salah pilih. Selamat membaca!
    Kamera digital
    4.696 Views
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!
    Kamera digital
    574 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    9.159 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori