• 10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)

Kamera digital compact atau kamera pocket adalah kamera yang memiliki ukuran kecil. Meskipun demikian, hasil kamera ini mampu bersaing dengan jenis kamera lain seperti mirrorless dan DSLR. Saat ini, ada perusahaan besar, seperti SONY, Canon, Fujifilm, dan Nikon memproduksi beragam kamera pocket yang bagus.


Kamera pocket tersebut didesain khusus sesuai dengan kebutuhan. Ada kamera profesional, ada juga kamera traveling. Harganya juga bervariasi, ada yang murah, ada pula yang mahal. Hal ini dipengaruhi dengan merek, fitur, dan perusahaan pembuat kamera pocket. Jika Anda sedang mencari kamera pocket terbaik, bacalah artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Beawiharta
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Photographer, Beawiharta

Profil pakar: Photographer, Beawiharta

Beawiharta adalah seorang freelance photographer yang menyenangi fotografi dan sering berbagi cerita lewat foto-fotonya. Belajar fotografi pada era film seluloid, ia kemudian memulai kariernya sebagai fotografer komersial.

Dengan pengalamannya menjadi wartawan foto selama 25 tahun untuk kawasan Asia, Beawiharta pernah memakai Nikon, Canon, dan Fujifilm mirrorless yang kini menjadi favoritnya. Beawiharta selalu menyukai foto dokumenter yang bercerita tentang orang-orang yang dijumpainya di mana pun. Beawiharta bisa Anda jumpai melalui akun Instagramnya, @beawiharta.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kamera pocket

Sebelum mengulas rekomendasi produknya, kami akan mengenalkan tips memilih kamera pocket. Ini menjadi hal penting untuk Anda ketahui agar tidak salah memilih saat membeli. Simak penjelasannya di bawah ini!

Cek faktor penting yang memengaruhi kualitas gambar

Kualitas gambar yang dihasilkan merupakan hal yang harus Anda perhatikan saat memilih kamera pocket. Berikut ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang menentukan kualitas gambar.

Piksel dan image sensor, membuat hasil potret lebih halus

Ada dua hal yang memengaruhi kualitas dasar dari gambar yang ditangkap kamera yaitu ukuran pixel dan image sensor. Berikut penjelasan singkatnya.


  • Ukuran piksel atau pixel menunjukkan kerapatan piksel pada gambar. Misalnya, kamera 13 MP berarti hasil foto yang dipotret memiliki 13 juta piksel. Makin besar ukuran piksel kamera, maka gambar yang dihasilkan makin halus. 

  • Image sensor memengaruhi seberapa baik gambar atau foto yang akan diproses. Gambaran umumnya, makin besar ukuran sensor pada kamera, maka makin bagus kualitas gambar yang dihasilkan. Ada dua jenis sensor kamera yaitu CMOS dan CCD. Kamera dengan sensor CMOS biasanya memiliki harga lebih terjangkau. Sementara itu, sensor CCD lebih peka terhadap cahaya sehingga mampu menangkap objek dengan baik, sekalipun minim cahaya.

Aperture, memberikan efek bokeh yang lebih baik pada foto

Aperture, memberikan efek bokeh yang lebih baik pada foto

Aperture adalah ukuran seberapa besar lubang lensa terbuka saat memotret. Aperture biasanya dinyatakan dalam satuan f. Jika nilai f besar, bukaan lensa kecil dan cahaya yang masuk juga kecil, sementara fokus kamera luas. Aperture besar digunakan untuk memotret dengan jelas objek yang ada di dalam frame


Apabila f-nya kecil, bukaan lensa dan cahaya yang masuk besar, lalu daerah fokus kamera menjadi sempit. Aperture yang kecil digunakan untuk memberi efek bokeh pada gambar. Pada dasarnya, makin kecil nilai f, maka makin bagus kualitas gambarnya. Namun, hal tersebut bukan merupakan hal yang pakem. Untuk amannya, pilih kamera pocket dengan aperture f/1.8–f/2.8.

ISO, memengaruhi tingkat sensitivitas cahaya yang masuk

ISO adalah ukuran tingkat sensitivitas cahaya pada sensor kamera. Makin tinggi ISO, maka makin baik kemampuan kamera untuk menangkap gambar dalam keadaan gelap. ISO yang tinggi membuat shutter speed makin cepat sehingga mencegah foto blur. Namun, jika ISO dinaikkan terlalu tinggi, akan tercipta gambar yang noise dan kualitasnya menurun.


Angka standar pada ISO adalah 3200. Dengan angka ini, Anda dapat memotret di dalam ruangan atau siang hari tanpa masalah. Namun, jika Anda sering memotret di tempat yang gelap, pilih ISO 6400 atau lebih. Meskipun demikian, Anda perlu pintar-pintar menyeimbangkan ISO dengan aperture dan shutter speed.

Shutter speed, tidak ribet saat memotret dengan cepat

Shutter speed, tidak ribet saat memotret dengan cepat

Shutter speed adalah acuan waktu yang dibutuhkan rana kamera terbuka sehingga memengaruhi intensitas cahaya yang masuk. Shutter speed rendah menghasilkan efek pudar atau blurry dan menunjukkan gerakan objek. Sementara itu, shutter speed tinggi digunakan untuk memotret objek bergerak. 


Biasanya, shutter speed menggunakan acuan detik atau sepersekian detik. Contohnya, shutter speed 1/100 berarti rana akan tertutup dalam waktu 1/100 detik. Makin tinggi shutter speed-nya, maka makin mudah untuk memotret objek yang bergerak. Namun, cahaya yang masuk ke sensor juga akan makin sedikit. Karena itu, Anda juga perlu menyesuaikan ISO dan aperture yang digunakan.

Pilihlah kamera dengan jenis tangkapan lensa yang sesuai kebutuhan

Pilihlah kamera dengan jenis tangkapan lensa yang sesuai kebutuhan

Jenis tangkapan lensa pada kamera dipengaruhi jarak fokus atau focal length. Secara teknis, hal ini cukup rumit dipahami. Namun, ada cara mudah mengetahui jenis tangkapan lensa, apakah itu lensa wide-angle, telephoto, atau macro.

 

  • Lensa wide atau wide-angle mampu menangkap objek dalam frame yang luas. Anda pun tidak perlu khawatir bagian sisi kiri, kanan, atas, dan bawah gambar akan terpotong saat memotret. Tipe lensa ini cocok untuk memotret pemandangan dan foto grup.

  • Lensa telephoto memungkinkan Anda memotret dan merekam objek yang jauh dengan minim blurry. Jika mencari kamera dengan kemampuan telephoto, perhatikan jarak maksimum yang mampu ditangkap lensa agar hasilnya tidak buram, ya.

  • Lensa macro akan membantu Anda dalam memotret objek yang superdekat. Fitur ini biasanya digunakan untuk memotret bunga, serangga, dan makanan dari jarak yang sangat dekat. Beberapa model kamera bahkan dapat memotret dengan jarak 1 cm dan mampu menghasilkan detail gambar yang bagus.

Cek kinerja monitor LCD dan keberadaan viewfinder

Pada dasarnya, kamera pocket menggunakan monitor LCD yang berfungsi untuk mengecek foto dan membidik. Kami merekomendasikan kamera dengan monitor LCD berukuran 3 inci dan mempunyai panel sentuh. 


Periksa juga keberadaan viewfinder pada kamera pocket. Memotret dengan viewfinder memberikan feeling seperti menggunakan kamera SLR.  Selain itu, membidik gambar dengan viewfinder juga mengukuhkan genggaman pada kamera sehingga hasil gambar tidak blurry.

Lihat fitur lain kamera yang mendukung pemotretan

Masih ada juga fitur lain yang disediakan oleh kamera pocket untuk memudahkan Anda saat memotret. Hal tersebut akan kami jabarkan di poin berikut ini.

Image stabilization, menghasilkan video rekaman lebih halus

Image stabilization meminimalkan guncangan pada video yang direkam. Ada dua jenis image stabilization pada kamera yakni OIS (optical image stabilization) dan EIS (electronic image stabilization). OIS bekerja menggunakan sistem mikro-elektromekanis di dalam lensa kamera. Sementara itu, EIS menggunakan software yang memperbaiki gambar agar tidak goyang.


Untuk kamera pocket, kami menyarankan OIS. Image stabilizer ini lebih simpel dan kuat dalam mengoreksi getaran untuk menjaga kualitas gambar. Ada juga kamera yang memiliki kedua jenis image stabilization. Jika dana Anda memungkinkan, pilihlah kamera pocket dengan image stabilization yang powerful.

Sistem koneksi, makin mudah terhubung ke PC dan smartphone

Beberapa kamera pocket memiliki fitur koneksi, seperti Wi-Fi atau Bluetooth. Dengan begitu, Anda dapat menghubungkan kamera ke komputer atau smartphone tanpa harus menggunakan kabel atau card reader. Berkat fitur ini, Anda dapat memindahkan dan mengedit foto atau video yang Anda tangkap dengan mudah. Terlebih jika Anda sering menggunakan social media, fitur ini sangat berguna.

Self shot, melakukan swafoto jadi makin menyenangkan

Self shot, melakukan swafoto jadi makin menyenangkan

Seiring meningkatnya tren swafoto, beberapa produsen kamera melengkapi kamera pocket dengan fitur self shot. Fitur tersebut membuat Anda dapat melakukan swafoto dengan mudah. Beberapa fitur tersebut, mulai dari self timer, shutter button, hingga layar display yang bisa diputar. Jika Anda senang melakukan selfie, jangan lupa memeriksa ketersediaan fitur-fitur ini juga, ya.

Periksa fleksibilitas kamera agar nyaman digunakan di luar ruangan

Karena sering digunakan saat bepergian, penting untuk mengecek fleksibilitas kamera. Setidaknya, periksalah berat dan ukuran kamera serta kemampuan baterainya.


  • Berat dan ukuran

Meskipun masuk dalam jenis kamera ringan, penting mengetahui ukuran serta berat kamera pocket. Kami menyarankan Anda memilih kamera dengan berat sekitar 300 gram. Itu adalah bobot yang ringan sehingga memungkinkan kamera untuk dibawa ke mana-mana.


  • Kapasitas baterai

Kapasitas baterai menunjukkan jumlah foto yang mampu dipotret atau lama perekaman video dengan baterai penuh. Biasanya hal ini dicantumkan di tabel spesifikasi kamera pocket. Pastikanlah, kamera mampu menangkap setidaknya 200 bidikan atau rekaman selama 120 menit. Untuk berjaga-jaga, jangan lupa membawa baterai cadangan!

Lihat juga karakteristik kamera berdasarkan harganya

Lihat juga karakteristik kamera berdasarkan harganya

Sekarang, kami akan mengenalkan tiga kisaran harga kamera pocket, yaitu di bawah 3 juta rupiah, 3–6 juta rupiah, dan di atas 6 juta rupiah. Poin memilih yang kami tekankan adalah soal kegunaan tiap kamera.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Jika bujet kalian terbatas, belilah kamera pocket di jajaran produk yang harganya paling ekonomis. Bandingkan satu sama lain dan pilihlah kamera yang menurut kalian terbaik di antara yang harganya paling terjangkau tersebut. 


Bila bujet kalian cukup banyak, pilihlah kamera pocket di jajaran produk yang harganya paling tinggi. Kamera pocket diciptakan agar tidak merepotkan saat dibawa travelling. Kamera ini didesain supaya dapat mudah dimasukkan ke kantong jaket, tas pinggang, atau tas selempang. 

  • Harga di bawah 3 juta

Kamera pocket seharga 3 juta ke bawah cocok sebagai pengganti smartphone untuk dokumentasi. Kualitas foto dan video yang dihasilkan kamera ini sudah cukup baik. Selain itu, kamera ini juga memiliki bobot yang ringan sehingga praktis dibawa.


  • Harga 3–6 jutaan

Kamera dengan kisaran harga 3–6 jutaan memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan dengan kamera smartphone. Kamera ini cocok untuk para pemula. Selain harganya yang terjangkau, kinerja dasar dari kamera profesional sudah tersedia pada kamera ini.


  • Harga 6 juta ke atas

Pada kisaran 6 juta rupiah, ada kamera pocket yang sudah dilengkapi dengan sensor APS-C dan fitur yang lebih pro dan canggih. Bahkan, ada juga kamera pocket yang sejajar dengan kamera SLR atau mirrorless. Jenis ini direkomendasikan menjadi kamera utama Anda.

10 Rekomendasi kamera pocket terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamera pocket terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Beawiharta.

Gambar produk
1
Fujifilm  Instax Mini LiPlay 1

Fujifilm

2
SBOX  S8 Kamera Pocket  1

SBOX

3
Sony  Kamera Digital ZV-1 1

Sony

4
Canon PowerShot G7 X Mark III 1

Canon

5
Nikon  Coolpix W300  1

Nikon

6
Olympus  Tough TG-6 1

Olympus

7
Ricoh  GR III Digital Camera 1

Ricoh

8
SJCAM  FunCam Kids 1

SJCAM

9
Panasonic LUMIX® Digital Camera DC-TZ90 1

Panasonic

10
Gudsen Moza Moin Camera 1

Gudsen

Nama produk

Instax Mini LiPlay

S8 Kamera Pocket

Kamera Digital ZV-1

PowerShot G7 X Mark III

Coolpix W300

Tough TG-6

GR III Digital Camera

FunCam Kids

LUMIX® Digital Camera DC-TZ90

Moza Moin Camera

Keunggulan

Buat ruangan makin indah dengan hasil jepretan Anda

Harga terjangkau untuk jadi kamera cadangan

Rekam video dengan kualitas pro pun makin mudah!

Hasilkan foto yang jelas bahkan dalam kondisi minim cahaya

Taklukan beragam kondisi ekstrem di mana pun dan kapan pun

Tangkap keindahan bawah laut dengan beragam mode menarik

Desain ergonomis yang friendly dalam genggaman

Bentuk menarik untuk si kecil yang belajar vlogging

Potret dan rekam momen-momen menyenangkan saat perjalanan

Praktis dan fleksibel untuk vlogging

Harga mulai dariRp 2.449.000,00Rp 545.000,00Rp 9.999.000,00Rp 9.999.000,00Rp 5.299.000,00Rp 7.299.000,00Rp 15.220.000,00Rp 760.000,00Rp 5.320.000,00Rp 3.999.000,00
Resolusi kameraTidak disebutkan21 MP20,1 MP20,1 MP16,05 MP12 MP 24,24 MP5 MP 20,3 MP12 MP
Sensor gambar1/5″ CMOS CCD1″ CMOS Exmor RS1″ CMOS 1/2.3″ CMOS 1/2,3" CMOSAPS-C CMOS SensorTidak disebutkan1/2,3 MOS1/2,3" Sensor
Aperturef/2.0 Tidak disebutkanf/1.8 to f/2.8f/1.8 to f/2.8f/2.8 to 4.9f/2.0 (wide-end) to f/4.9 (tele-end)f/2.8 to f/16Tidak disebutkanf/3.3 to f/6.4 f/2.2
ISO100–1.60050–1.600100–12.800125–12.800 125–6.400 100–12.800 100–102.400Tidak disebutkan80–6.400 100–3.200
Shutter speed1/4–1/8.000Tidak disebutkan30–1/32.00030–1/25.60025–1–1/4.000 1/2–1/2.000 30–1/4.000Tidak disebutkan4–1/2.000 (still image), 1/25–1/16.000 (motion picture)60–1/8.000
Jenis lensaTidak disebutkanTidak disebutkanWide, telephotoWide, telephoto, macroWide, telephoto, macroWide, telephoto, macroMacroTidak disebutkanWide, telephoto, macroWide
Image stabilizationTidak disebutkanTidak disebutkanAda (SteadyShot™)Ada (OIS)Ada (OIS)Ada (EIS)Ada (IBIS)Tidak disebutkanAda (OIS)Ada
KonektivitasBluetoothTidak disebutkanWi-Fi, BluetoothWi-Fi, BluetoothWi-Fi, Bluetooth Wi-FiWi-Fi, BluetoothTidak disebutkanWi-FiWi-Fi, Bluetooth
Self shot Selfie mirrorSelf timerFlip displaySelf timerSelf timerSelf timerShutter release buttonTidak disebutkanShutter button, flip displayFlip display
Kapasitas baterai± 10 pak filmTidak disebutkan410 (foto), 205 menit (video)320 (foto)280 (foto), 60 menit (video)340 (foto), 110 menit (video)200 (foto), 180 menit (video)Tidak disebutkan380 (foto)145 menit (video)
Ukuran・Berat82,5 mm × 122,9 mm × 36,7 mm ・ 255 gramTidak disebutkan105,5 mm x 60 mm x 43,5 mm・294 gram105 mm x 60,9 mm x 41,4 mm・304 gram111,5 mm x 66 mm x 29 mm・231 gram113 mm x 66 mm x 32,4 mm・253 gram109,4 mm x 61,9 mm x 33,2 mm ・257 gramTidak disebutkan112 mm x 67,3 mm x 41,2 mm・322 gram129 mm × 37,8 mm × 32 mm ・176 gram
Tautan produk
10
Resolusi kamera12 MP
Sensor gambar1/2,3" Sensor
Aperturef/2.2
ISO100–3.200
Shutter speed60–1/8.000
Jenis lensaWide
Image stabilizationAda
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
Self shotFlip display
Kapasitas baterai145 menit (video)
Ukuran・Berat129 mm × 37,8 mm × 32 mm ・176 gram
9

PanasonicLUMIX® Digital Camera DC-TZ90

Mulai dari Rp 5.320.000,00

Resolusi kamera 20,3 MP
Sensor gambar1/2,3 MOS
Aperturef/3.3 to f/6.4
ISO80–6.400
Shutter speed4–1/2.000 (still image), 1/25–1/16.000 (motion picture)
Jenis lensaWide, telephoto, macro
Image stabilizationAda (OIS)
KonektivitasWi-Fi
Self shotShutter button, flip display
Kapasitas baterai380 (foto)
Ukuran・Berat112 mm x 67,3 mm x 41,2 mm・322 gram
8
Resolusi kamera5 MP
Sensor gambarTidak disebutkan
ApertureTidak disebutkan
ISOTidak disebutkan
Shutter speedTidak disebutkan
Jenis lensaTidak disebutkan
Image stabilizationTidak disebutkan
KonektivitasTidak disebutkan
Self shotTidak disebutkan
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Ukuran・BeratTidak disebutkan
7
Resolusi kamera24,24 MP
Sensor gambarAPS-C CMOS Sensor
Aperturef/2.8 to f/16
ISO100–102.400
Shutter speed30–1/4.000
Jenis lensaMacro
Image stabilizationAda (IBIS)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
Self shotShutter release button
Kapasitas baterai200 (foto), 180 menit (video)
Ukuran・Berat109,4 mm x 61,9 mm x 33,2 mm ・257 gram
6
Resolusi kamera12 MP
Sensor gambar1/2,3" CMOS
Aperturef/2.0 (wide-end) to f/4.9 (tele-end)
ISO100–12.800
Shutter speed1/2–1/2.000
Jenis lensaWide, telephoto, macro
Image stabilizationAda (EIS)
KonektivitasWi-Fi
Self shotSelf timer
Kapasitas baterai340 (foto), 110 menit (video)
Ukuran・Berat113 mm x 66 mm x 32,4 mm・253 gram
5
Resolusi kamera16,05 MP
Sensor gambar1/2.3″ CMOS
Aperturef/2.8 to 4.9
ISO125–6.400
Shutter speed25–1–1/4.000
Jenis lensaWide, telephoto, macro
Image stabilizationAda (OIS)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
Self shotSelf timer
Kapasitas baterai280 (foto), 60 menit (video)
Ukuran・Berat111,5 mm x 66 mm x 29 mm・231 gram
4

CanonPowerShot G7 X Mark III

Mulai dari Rp 9.999.000,00

Resolusi kamera20,1 MP
Sensor gambar1″ CMOS
Aperturef/1.8 to f/2.8
ISO125–12.800
Shutter speed30–1/25.600
Jenis lensaWide, telephoto, macro
Image stabilizationAda (OIS)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
Self shotSelf timer
Kapasitas baterai320 (foto)
Ukuran・Berat105 mm x 60,9 mm x 41,4 mm・304 gram
3
Resolusi kamera20,1 MP
Sensor gambar1″ CMOS Exmor RS
Aperturef/1.8 to f/2.8
ISO100–12.800
Shutter speed30–1/32.000
Jenis lensaWide, telephoto
Image stabilizationAda (SteadyShot™)
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth
Self shotFlip display
Kapasitas baterai410 (foto), 205 menit (video)
Ukuran・Berat105,5 mm x 60 mm x 43,5 mm・294 gram
2
Resolusi kamera21 MP
Sensor gambarCCD
ApertureTidak disebutkan
ISO50–1.600
Shutter speedTidak disebutkan
Jenis lensaTidak disebutkan
Image stabilizationTidak disebutkan
KonektivitasTidak disebutkan
Self shotSelf timer
Kapasitas bateraiTidak disebutkan
Ukuran・BeratTidak disebutkan
1
Resolusi kameraTidak disebutkan
Sensor gambar1/5″ CMOS
Aperturef/2.0
ISO100–1.600
Shutter speed1/4–1/8.000
Jenis lensaTidak disebutkan
Image stabilizationTidak disebutkan
KonektivitasBluetooth
Self shot Selfie mirror
Kapasitas baterai± 10 pak film
Ukuran・Berat82,5 mm × 122,9 mm × 36,7 mm ・ 255 gram

Manakah yang lebih baik, kamera mirrorless atau kamera pocket?

Manakah yang lebih baik, kamera mirrorless atau kamera pocket?

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa lebih baik membeli kamera mirrorless dibandingkan dengan kamera pocket. Namun, ada beberapa poin dan perbedaan yang harus Anda pertimbangkan saat memilih.


Kamera pocket memiliki harga yang lebih terjangkau dari kamera mirrorless. Dari sisi lensanya, kamera pocket memiliki lensa tetap yang tidak bisa diganti. Sementara itu, pada mirrorless, Anda dapat berganti jenis lensa sesuai dengan kebutuhan gambar.

 
Bobot kamera pocket lebih ringan dari mirrorless sehingga memudahkan mobilitas. Kemudian, kamera pocket memiliki pengoperasian yang lebih mudah dari mirrorless. Walaupun begitu, ada beberapa kamera pocket seri high-end dengan pengaturan yang rumit seperti mirrorless.

Beawiharta
Photographer & visual storyteller
Beawiharta

Selain kamera pocket, belilah kamera mirrorless yang compact. Kamera ini secara umum dilengkapi teknologi terkini untuk kebutuhan komunikasi masa kini, terutama media sosial. Anak zaman sekarang tumbuh bersama media sosial dan kamera mirrorless memenuhi kebutuhan itu. Kamera zaman sekarang tidak hanya untuk memotret saja, tetapi dibutuhkan untuk video juga.


Selain itu, kalian tentu membutuhkan kamera yang dapat terkoneksi dengan internet atau smartphone untuk berbagi dengan siapa saja. Semua itu dapat dipenuhi oleh kamera ini. Hal yang harus kalian ingat ketika membeli kamera pocket adalah lamanya kamera itu bisa tetap beradaptasi dengan kemajuan zaman.


Kamera mirrorless compact dengan harga yang tinggi tetap ada dan dibutuhkan. Para produsen biasanya memasukkan mesin-mesin dan chip dari kamera termahal miliknya dan memasukkannya ke dalam badan kamera pocket.


Kemudian, produsen akan menjualnya sebagai kamera mirrorless compact. Kenapa begitu? Hal ini karena banyak orang ingin memiliki kamera dengan kualitas terbaik, tetapi bodinya kecil sehingga tidak merepotkan ketika dibawa. 

Baca juga rekomendasi kamera lainnya di sini

Selain kamera pocket, kami juga menulis rekomendasi jenis kamera lainnya, seperti, DSLR, kamera digital, dan action cam. Jika Anda juga sedang mencari jenis kamera tersebut, bacalah ulasannya dengan membuka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Akhir-akhir ini, banyak jenis kamera pocket berkualitas tersedia di pasaran. Bahkan, ada juga yang telah mengimbangi kamera pro. Dipadukan dengan bentuknya yang kecil, kamera pocket patut Anda pertimbangkan untuk Anda miliki.

Apakah Anda menemukan produk yang sesuai? Banyaknya varian kamera pocket dengan fitur dan keunggulan yang berbeda, penting untuk memilih produk yang tepat. Semoga artikel ini bisa membantu dalam memilih kamera pocket yang Anda inginkan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera 2 jutaan tentu memiliki perbedaan kualitas dengan kamera yang harganya tinggi. Namun, saat ini sudah banyak beredar produk yang fiturnya tak kalah canggih dari tipe high-end. Hanya saja memilih kamera digital low-end yang bagus bukanlah hal yang mudah.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih kamera digital terbaik harga 2 jutaan. Khusus untuk Anda, Kami juga akan berbagi rekomendasi produk Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya. Jenisnya pun beragam. Dari kamera mirrorless sampai prosumer, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Mari disimak!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Canon adalah salah satu merek kamera terkenal dan banyak digemari oleh pengguna. Fitur-fitur canggih dan spesifikasi yang lengkap membuat kamera Canon banyak dicari, baik oleh pemula maupun profesional. Ada berbagai jenis kamera Canon yang tersedia di pasaran. Namun, tipe kamera Canon seperti apa yang harus dipilih? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh kamera Canon terbaik, mulai dari IXUS 285 HS, Canon EOS 1500D, Canon EOS R, dan lainnya. Yuk, baca terus artikel ini selengkapnya!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Panasonic merupakan salah satu produsen kamera yang sudah meluncurkan banyak seri kamera dengan merek LUMIX. Beberapa seri kamera LUMIX yang bagus dan laris di antaranya adalah LUMIX DC-GF9K, LUMIX DMC-LX10, dan LUMIX DC-S1R. Bagaimana cara memilih kamera LUMIX terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Lewat artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera LUMIX terbaik sesuai kebutuhan. Kamera LUMIX harganya beragam, Anda juga akan memperoleh gambaran terkait hal tersebut dalam artikel ini.
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    YI Technology merupakan merk dari anak perusahaan Xiaomi yang memproduksi beragam kamera terbaru. Ada beberapa produk terbaik kamera YI, seperti YI Action Camera, YI Home, YI Discovery, 360 VR, hingga YI-M1 Mirrorless. Penggunaan kamera ini pun beragam, mulai dari sport camera hingga security camera yang bagus untuk memantau rumah Anda. Jika Anda tertarik dengan YI camera, silakan baca ulasan lengkap di sini. Kami akan membahas cara memilih kamera YI yang bagus beserta spesifikasi dan bocoran harga-harganya yang terjangkau. Bacalah review kamera YI dan temukan produk yang Anda butuhkan di sini!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!
    Kamera digital
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori