10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Hand soap seperti sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dapur dan tempat cuci tangan. Bentuk sabun cuci tangan ada yang cair, dan ada juga dalam bentuk busa. Merek ternama seperti Dettol, Sleek dan Biore, mengeluarkan produk terbaik mereka, termasuk produk sabun tangan dengan sensor otomatis!

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan sabun cuci tangan yang bagus, yang bisa Anda temui di drugstore atau toko online. Pada produk yang kami rekomendasikan, bisa jadi terdapat produk baru yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya, lho. Yuk kita simak artikel berikut ini.

Daftar isi

Cara memilih sabun cuci tangan

Sebelum memilih sabun cuci tangan, ada baiknya jika Anda menyimak poin-poin penting apa saja yang harus ketahui ketika memilih sabun cuci tangan. Saat memilih sabun cuci tangan untuk diri sendiri, tentu Anda akan memilih yang sesuai dengan selera Anda. Namun ketika Anda memilih sabun cuci tangan untuk digunakan seluruh anggota keluarga, ada poin-poin penting yang tidak boleh Anda abaikan. Apa saja poin-poin penting tersebut? Mari simak ulasan berikut ini.

Pilih berdasarkan tipe botolnya

Selain sabun cuci tangan cair dan busa yang sering kita jumpai, ada juga botol sabun cuci tangan yang dilengkapi sensor otomatis. Sensor itu mendeteksi ketika tangan kita mendekat ke botol, yang kemudian mengeluarkan sabun secara otomatis. Nah, kali ini kami akan memperkenalkan tiga jenis produk  tersebut.

Pada sabun cuci tangan dari merek yang sama sekalipun, ada produk yang dibuat khusus untuk sabun cuci tangan tipe cair, tipe busa, maupun yang tipe otomatis. Apabila Anda bingung untuk menentukan yang mana, coba untuk bandingkan keunggulan dari masing-masing produk tersebut, dan tentukan mana yang paling cocok untuk Anda gunakan.

Sabun tipe cair cenderung memiliki konsentrasi detergen yang tinggi

Sabun tipe cair cenderung memiliki konsentrasi deterjgen yang tinggi

Sabun cuci tangan tipe cair lebih sering kita jumpai karena lebih banyak digunakan sejak dulu, dan telah melekat di hati banyak orang. Dengan cairan sabun yang lebih kental dibanding sabun cuci tangan tipe busa, secara umum sabun ini mengandung lebih banyak detergen dibanding tipe lainnya. Selain itu, wangi yang dihasilkan juga lebih kuat dan tahan lebih lama, sehingga bagi Anda yang sering memasak ikan atau bahan-bahan berbau tajam lainnya, kami merekomendasikan sabun tipe cair ini untuk selalu ada di dapur Anda.

Sabun tipe busa lebih hemat energi

Sabun tipe busa lebih hemat energi

Keunggulan dari produk tipe busa ini adalah Anda tidak perlu menggosok tangan untuk membuat busa. Dibandingkan dengan tipe cair, sabun jenis ini lebih mudah dibilas dan lebih menghemat waktu Anda. Kami merekomendasikan produk ini untuk digunakan oleh seluruh anggota keluarga Anda, terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil yang masih dalam proses latihan mencuci tangan.

Lebih nyaman dan higienis dengan sensor otomatis

Lebih nyaman dan higienis dengan sensor otomatis

Untuk mengeluarkan sabun cair atau busa dari botol ini, Anda tidak perlu lagi menyentuh atau memencet botolnya. Dibandingkan dengan dua tipe sebelumnya, botol tipe ini perlu pengeluaran ekstra untuk baterai yang harus diganti secara berkala, tetapi jika Anda menghitung dari sabun yang dikeluarkan, sabun tipe otomatis ini lebih hemat, karena menghindarkan Anda dari pemakaian yang berlebihan. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki kebiasaan menekan tutup sabun lebih dari sekali dalam sekali pemakaian.

Semakin banyak detergen, tangan jadi semakin bersih

Semakin banyak detergen, tangan jadi semakin bersih

Dibandingkan anggota tubuh lainnya, tangan lebih banyak menyentuh benda sehingga menjadi mudah kotor, sehingga tangan menjadi sarang untuk kuman yang tidak terlihat mata, dan menjadikannya lebih mudah berkembang biak. Jika mengetahui informasi seperti ini, Anda pasti akan memilih produk terampuh untuk menghilangkan kotoran dan kuman dari tangan Anda, bukan?

Untuk membunuh segala jenis bakteri dan kuman, penting untuk memperhatikan apakah sabun tersebut mengandung disinfektan atau tidak, serta seberapa ampuh disinfektan itu untuk membunuh kuman. Pilihlah sabun cuci tangan yang teruji ampuh untuk membersihkan tangan demi melindungi kesehatan keluarga Anda.

Pilih produk yang aman di kulit

Pilih produk yang aman di kulit

Anak kecil memiliki kulit  yang lebih sensitif dibanding orang dewasa. Bagi Anda yang memiliki anak kecil, penting untuk memilih sabun yang aman untuk kulit anak Anda. Saat ini sudah banyak produk cuci tangan dengan kandungan bahan yang tidak membuat kulit menjadi kasar. Untuk kulit yang cepat kering, memilih produk yang mengandung pelembap juga sangat dianjurkan.

Sabun yang tepat bisa menghemat waktu dan uang Anda

Sabun yang tepat bisa menghemat waktu dan uang Anda

Sabun cuci tangan yang bisa menghasilkan busa yang tidak terlalu banyak dan mudah dibilas, akan menghemat waktu Anda mencuci tangan, dan tentunya juga bisa menghemat air yang digunakan. Selain itu, sabun cuci tangan yang bisa diisi ulang juga bisa membantu menekan pengeluaran, karena Anda tidak harus membeli botol lagi untuk yang kedua kalinya. Produk yang mudah diisi ulang dan lebih hemat pasti lebih disukai, bukan?

Sabun yang wangi membuat Anda ingin cuci tangan terus

Sabun yang wangi membuat Anda ingin cuci tangan terus

Biasanya, wangi sabun cuci tangan dijadikan patokan seseorang ketika memilih sabun cuci tangan. Jika Anda menyukai wangi sabun cuci tangan yang Anda pilih, mencuci tangan menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan. Bagi yang sedang membiasakan anak supaya rajin mencuci tangan, Anda bisa memilih sabun cuci tangan sesuai aroma favorit anak Anda.

Cek instalasi wastafel Anda

Cek instalasi wastafel Anda

Pada suatu ketika, Anda melihat botol cuci tangan dengan desain elegan yang sangat menarik perhatian Anda, sehingga Anda langsung membelinya tanpa pikir panjang. Tenyata, botol tadi tidak muat diletakkan di wastafel Anda! Apakah Anda pernah mengalami kejadian seperti itu? Terlebih jika Anda sering membeli produk impor, selalu mengecek ukuran botol sabun juga menjadi salah satu poin penting yang harus Anda perhatikan, lho.

Sebelum Anda membeli sabun cuci tangan, ada baiknya Anda mengecek terlebih dahulu seberapa luas ruang yang bisa Anda gunakan untuk meletakkan botol sabun cuci tangan. Selain itu, jika sabun cuci tangan yang Anda inginkan memiliki botol yang panjang, penting juga untuk mengecek seberapa tinggi botol supaya tidak membentur rak di atas tempat cuci tangan Anda.

10 Rekomendasi sabun cuci tangan terbaik

Setelah membaca poin-poin penting memilih sabun cuci tangan, kini saatnya kami memperkenalkan 10 rekomendasi sabun cuci tangan terbaik. Dari produk-produk di bawah, kami tidak secara khusus membaginya berdasarkan bentuk botol, wangi, atau sejenisnya. Oleh karena itu, silakan Anda membandingkan satu produk dengan produk lainnya untuk mendapatkan sabun cuci tangan mana yang paling sesuai untuk Anda dan keluarga Anda.

10. Kao Biore Foaming Hand Soap

10. Kao Biore Foaming Hand Soap

Lihat Produk ini di Lazada

Harga : Rp 25.600

Sabun cuci tangan dengan wangi buah yang segar

Jika Anda bosan dengan wangi sabun cuci tangan yang itu-itu saja, tidak ada salahnya mencoba produk dari Biore ini. Dengan aroma buah-buahan yang segar, sabun cuci tangan ini bisa meningkatkan mood baik Anda, sehingga Anda semakin bersemangat menjalankan pekerjan lainnya.

Tidak hanya itu, sabun cuci tangan ini juga tidak mengandung pewarna, sehingga aman digunakan oleh keluarga Anda, terutama anak Anda. Untuk perlindungan terhadap kuman, produk ini tidak perlu diragukan lagi, karena formula antibakterinya mampu menghalau kuman untuk tumbuh. Wangi buahnya yang unik dijamin bisa membuat anak Anda semakin rajin mencuci tangan.

9. Dettol Gold Liquid Hand Wash

9. Dettol Gold Liquid Hand Wash

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 27.900

Sabun cuci tangan anti kuman dengan desain elegan

Di Indonesia, rasanya sudah tidak ada yang bisa meragukan keunggulan Dettol sebagai sabun cuci terbaik dibanding merek lainnya. Dengan desain gold botolnya yang mewah, sabun keluaran Dettol varian Classic Clean ini akan menambah kesan berkelas di tempat cuci tangan Anda.

Selain itu, aroma minyak serainya juga akan memberi kesan segar setelah Anda mencuci tangan. Dengan perlindungan 100% bebas kuman sesuai dengan tagline yang diusung oleh Dettol, sabun ini bisa membunuh kuman dan bakteri, sehingga memberikan rasa aman bagi Anda dan keluarga Anda.

8. Watsons Naturals Hand Wash Gel

8. Watsons Naturals Hand Wash Gel

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 59.900

Sabun cuci tangan organik yang lembut di kulit

Jika Anda sedang mencari sabun berbahan dasar organik dengan harga terjangkau, maka sabun cuci tangan berikut sangat kami rekomendasikan untuk Anda. Produk dari Watsons ini mudah Anda jumpai tidak hanya dari toko online saja, tapi juga berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia.

Sabun cuci tangan cair ini mengandung argan oil dan argan seed extract dari Maroko, yang dipercaya mampu menjaga kelembutan alami tubuh. Selain itu, bahannya yang organik juga membuat sabun ini aman digunakan oleh seluruh anggota keluarga Anda, karena menggunakan lebih sedikit bahan kimia dibanding sabun cuci tangan lainnya.

7. Klinsen Deep Cleansing (Anti Bacteria) Hand Wash

7. Klinsen Deep Cleansing (Anti Bacteria) Hand Wash

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Dengan kandungan ozonic mint yang menyegarkan

Produk dari Klinsen ini mampu melindungi keluarga Anda dari kuman, karena dijamin ampuh membunuh kuman hingga 99.99%. Selain wangi citrus yang menyegarkan, sabun ini juga mengandung mint ozonic yang membuat tangan Anda terasa segar setiap habis mencuci tangan.

Tidak hanya membersihkan tangan Anda dari berbagai kotoran yang menempel, sabun cuci tangan ini juga bisa melembutkan tangan Anda, karena mengandung moisturizer. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi kulit tangan menjadi cepat kering jika Anda menggunakan produk dari Klinsen ini.

6. Kino Sleek Foamy Hand Wash

6. Kino Sleek Foamy Hand Wash

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 28.300

Food grade yang aman untuk anak

Sleek terkenal sebagai produk yang aman digunakan untuk bayi, sehingga bagi Anda yang memiliki bayi, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda. Sabun cuci tangan jenis busa ini termasuk kategori food grade, yaitu dijamin tidak mentransfer zat-zat berbahaya masuk ke dalam tubuh kita, sehingga aman digunakan oleh anak-anak sekalipun.

Selain itu, sabun cuci tangan ini juga mengandung ekstrak madu yang mampu menjaga kelembapan dan kelembutan tangan Anda. Tidak hanya itu, dengan antibakteri alaminya, sabun ini kami rekomendasikan untuk Anda dan keluarga Anda gunakan setiap hari.

5. Babyganics Foaming Hand Soap

5. Babyganics Foaming Hand Soap

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 250.000

Tanpa pewangi tambahan, sehingga aman untuk anak

Apakah Anda termasuk orang tua yang khawatir dengan pewangi tambahan pada sabun cuci tangan yang dipakai anak Anda? Jika iya, maka sabun ini kami rekomendasikan untuk Anda. Jika Anda ingin  anak Anda terhindar dari sabun berbahan kimia tinggi, sabun organik ini bisa Anda jadikan pilihan.

Sudah teruji secara klinis oleh dokter anak dan dokter kulit, sehingga Anda tidak perlu khawatir sabun ini tidak aman digunakan oleh anak Anda. Terbuat dari bahan organik dan non-alergi, produk ini juga tidak memakai pewangi tambahan dan bebas pewarna.

4. Esmeria Organics Gentle Minty Citrus Hand Wash

4. Esmeria Organics Gentle Minty Citrus Hand Wash

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 158.900

Sabun organik untuk segala jenis kulit

Sabun dari Esmeria Organics ini terbuat dari bahan-bahan organik tanpa bahan pengawet, sehingga cocok untuk digunakan seluruh anggota keluarga Anda, terutama anak-anak. Kandungan ekstrak calendula flower dan aloe vera membuat tangan menjadi halus dan ternutrisi. Sabun ini juga ampuh membunuh kuman penyebab penyakit, karena kandungan totarol extract yang ada di dalamnya.

Sabun ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, baik normal, kering, atau sensitif. Meskipun sedikit mahal dibanding sabun cuci tangan lainnya, sabun ini lebih aman digunakan karena telah lolos pengujian Ecocert. Wangi minty citrus yang menyegarkan bisa segera mengembalikan semangat Anda untuk kembali beraktivitas.

3. Bath and Body Works Marshmallow Pumpkin Latte

3. Bath and Body Works Marshmallow Pumpkin Latte

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 155.000

Creamy, dengan wangi pumpkin yang unik

Pernahkah Anda membayangkan aroma minuman favorit Anda sebagai wangi sabun cuci tangan Anda? Hand soap satu ini memiliki aroma sabun yang unik, dan dijamin berbeda dari sabun cuci tangan sejenis. Sabun cuci tangan ini merupakan salah satu produk varian Marshmallow Pumpkin Latte series dari Bath and Body Works.

Dengan sabun tipe busa, sabun cuci tangan ini mampu menghasilkan busa yang creamy dan nyaman digunakan untuk mencuci tangan. Selain itu, kandungan madu asli, aloe vera, dan vitamin E-nya dijamin membuat tangan Anda tetap segar dan tidak kering setelah mencuci tangan.

2. Mrs. Meyer’s Clean Day Hand Soap

2. Mrs. Meyer's Clean Day Hand Soap

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Kandungan Aloe vera yang membuat tangan lembut

Jika Anda merasa tangan Anda menjadi kasar karena salah sabun cuci tangan, ada baiknya Anda mencoba produk dari Mrs. Meyer’s Clean Day ini. Kandungan aloe vera dan minyak zaitun yang ada di dalam sabun ini dijamin tidak akan membuat kulit tangan Anda menjadi kering. Terdapat juga kandungan minyak alami dalam sabun cuci tangan ini.

Selain itu, produk ini 98% terbuat dari bahan organik, sehingga Anda tidak perlu cemas dengan kandungan bahan kimia di dalamnya. Dengan wangi lemon, sabun ini tidak hanya membuat tangan Anda kembali bersih, tapi juga terasa segar untuk melanjutkan aktivitas Anda selanjutnya.

1. Dettol No-Touch Handwash System

1. Dettol No-Touch Handwash System

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 123.900

Makin aman tanpa berbagi kuman

Bagi Anda yang sering menggunakan sabun cuci tangan secara bergantian, mungkin Anda pernah khawatir jika saat Anda mencuci tangan jangan-jangan kuman baru justru berkembang di tangan Anda. Namun mulai sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi karena produk dari Dettol yang satu ini bisa mengeluarkan sabun secara otomatis tanpa perlu disentuh.

Selain meminimalisir penyebaran kuman melalui sabun cuci tangan yang digunakan secara bergantian, produk ini juga lembut di tangan, dan memiliki aroma cucumber yang menyegarkan. Jika sabun mulai habis, Anda hanya cukup mengisi ulang sabun baru tanpa perlu mengganti botolnya. Selain kesehatan keluarga Anda lebih terjaga, kantong Anda juga ikut terjaga, bukan?

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, sabun cuci tangan seperti apa yang akan Anda beli? Semoga rekomendasi pilihan dari kami bisa membantu Anda memutuskan ya. Memilih sabun cuci tangan merupakan hal yang penting, karena dalam sehari Anda bisa menggunakannya hingga berkali-kali, terutama sebelum dan setelah makan. Oleh karena itu, sabun cuci tangan juga sangat penting dalam membantu Anda menjaga dan melindungi kesehatan keluarga Anda.