1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Mencuci tangan memakai air saja belum cukup untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Di masa pandemi COVID-19 seperti ini cucilah tangan menggunakan sabun dan jadikan sebagai kebiasaan untuk diri dan keluarga. Namun, apakah Anda sudah tahu sabun mana yang tepat untuk mencuci tangan?

Untuk membantu Anda menemukan produk yang tepat, kali ini kami akan membagikan tips cara memilih sabun cuci tangan yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sabun cuci tangan terbaik untuk Anda. Ada berbagai merek sabun cuci tangan ternama, seperti Dettol, Lifebuoy, dan Biore. Yuk, kita simak artikel berikut ini!
Diperbaharui 06-01-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih sabun cuci tangan

Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin penting mengenai cara memilih sabun cuci tangan. Terdapat empat poin penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih. Simak penjelasan di bawah ini.

① Pilih sabun dengan kandungan yang sesuai jenis kulit

Kandungan yang ada di dalam sabun cuci tangan memengaruhi kemampuannya dalam membersihkan, serta keramahannya terhadap kulit. Tiap sabun cuci tangan memiliki kandungan yang berbeda-beda.


Kandungan dalam sabun biasanya tertera di kemasan produk. Baca terlebih dahulu komposisi kandungan untuk menyesuaikannya dengan jenis kulit Anda. Apabila Anda belum mengetahui perbedaannya, simak penjelasan berikut ini.

Kandungan asam amino dan surfaktan amfoter untuk Anda yang mengutamakan kelembutan

Kandungan asam amino dan surfaktan amfoter untuk Anda yang mengutamakan kelembutan

Untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah, kami merekomendasikan sabun cuci tangan dengan kandungan asam amino dan surfaktan amfoter. Kandungan tersebut juga cocok untuk Anda yang berkulit kering karena sifatnya yang lembut di tangan.


Sabun yang mengandung asam amino dan surfaktan amfoter sangat mild dan ramah di kulit. Anda bisa mengecek label komposisi produk di balik kemasan untuk mengetahui keberadaan kedua kandungan ini. Kandungan asam amino biasanya disertai dengan nama cocoyl dan lauroyl


Contoh kandungan asam amino:

  • Sodium cocoyl glutamate
  • Potassium cocoyl glycinate
  • Sodium lauroyl methylaminopropionate

Contoh kandungan surfaktan amfoter:

  • Cocamidopropyl betaine
  • Sodium lauroamphoacetate

Kandungan pembersih tinggi dan asam karboksilat untuk tangan yang sangat kotor

Kandungan pembersih tinggi dan asam karboksilat untuk tangan yang sangat kotor

Saat beraktivitas di luar rumah seperti berolahraga, tentu tangan akan sering terkena kotoran. Untuk Anda, pilih produk dengan kandungan pembersih yang tinggi atau yang mengandung asam karboksilat.


Contoh kandungan asam karboksilat:

  • Sodium laureth-4 carboxylate
  • Laureth-6 carboxylic acid

Contoh kandungan pembersih tinggi:

  • Potassium soap base
  • Fatty acids (lauric acid, myristic acid, dan lain-lain) + sodium hydroxide

Produk dengan kandungan pembersih juga kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin sabun yang mudah dibilas.

② Pilih sabun dengan kandungan antibakteri untuk digunakan sebelum makan dan memasak

Pilih sabun dengan kandungan antibakteri untuk digunakan sebelum makan dan memasak

Sebelum makan atau memasak, sebaiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu agar terbebas dari kuman dan penyebaran virus corona. Gunakan sabun dengan kandungan antibakteri seperti isopropyl methylphenol dan benzalkonium chloride.


Akan tetapi, ketika menggunakan sabun dengan kandungan aktif antibakteri, fungsi barrier kulit tangan bisa memburuk. Jadi, Anda yang berkulit kering dan sensitif sebaiknya tidak memakainya setiap hari.


Meskipun menggunakan sabun cuci tangan antibakteri, bukan berarti bakteri bisa benar-benar hilang dari tangan Anda. Anda tidak akan mendapatkan hasil yang optimal jika belum mencuci tangan dengan cara yang baik dan benar. Gosokkan sabun hingga benar-benar berbusa dan cuci tangan Anda hingga ke sela-sela jari.

③ Pilih sabun yang ramah di kulit

Dalam sehari, Anda perlu berkali-kali mencuci tangan, contohnya sebelum makan dan setelah bepergian. Karena itu, Anda perlu sabun cuci tangan yang ramah di kulit.

Sabun yang rendah iritasi untuk si kulit sensitif dan anak-anak

Sabun yang rendah iritasi untuk si kulit sensitif dan anak-anak

Jika kulit Anda sensitif atau memiliki anak di rumah, jangan memilih sabun cuci tangan dengan kandungan yang merusak kulit. Kandungan perusak kulit dapat menyebabkan kulit kasar, terutama untuk Anda yang harus sering mencuci tangan. Anda bisa memilih sabun cuci tangan yang rendah iritasi (hypoallergenic) dan tidak mengandung bahan aditif. 


Sabun cuci tangan yang mengandung pewangi dan pengawet dapat membuat kulit sensitif menjadi iritasi. Agar Anda dapat menemukan produk yang tepat, berhati-hatilah terhadap kandungan-kandungan berikut ini.


Kandungan yang perlu dihindari oleh pemilik kulit sensitif:

  • Ethanol/denatured alcohol
  • Pewangi
  • Pewarna
  • Pengawet (paraben※, benzoic acid, dan lain-lain)
  • Kandungan yang dapat membuat kulit mengelupas (salicylic acidglycolic acid, dan lain-lain)
  • Essential oil dan campuran berbagai ekstrak tumbuhan※

Paraben tidak selalu menimbulkan iritasi. Tiap produsen biasanya menetapkan standar formulasi yang ketat pada produk mereka. Berhati-hatilah terhadap kandungan paraben berjumlah tinggi atau yang dicampur dengan bahan antibakteri karena dapat menimbulkan iritasi.


Selain itu, produk yang mengandung campuran beberapa ekstrak tumbuhan dan essential oil dapat menyebabkan iritasi pada beberapa orang. Hal ini tergantung pada kondisi kulit serta campuran bahan lainnya. Apabila kulit Anda sensitif, jangan mudah tergoda dengan klaim organik sebuah produk. Pastikan kandungannya di label komposisi sebelum Anda membelinya.

Sabun yang mengandung pelembap untuk si kulit kering

Sabun yang mengandung pelembap untuk si kulit kering

Untuk si kulit kering, pilihlah sabun cuci tangan yang mengandung bahan pelembap. Bahan ini berfungsi sebagai bantalan yang dapat mengurangi tekanan pada kulit.


Banyak faktor yang membuat kulit kering menjadi makin parah, salah satunya adalah cuaca dingin. Karena itu, periksa kandungan emollient dan bahan pelembap alami yang ada karena kedua kandungan tersebut dapat membuat kulit Anda kembali lembut.


Apabila tangan Anda menjadi kasar karena terlalu sering mencuci tangan, kami sarankan memilih produk berbahan aktif dipotassium glycyrrhizate. Kandungan ini dapat meredakan inflamasi atau peradangan kulit.


Contoh kandungan pelembap alami:

  • Ceramide (ceramide 1, ceramide 2, ceramide 3, ceramide 6 II, dan lain-lain)
  • Sodium PCA
  • Asam amino
  • Sodium lactate

Sodium lactate berbeda dengan lactic acid. Lactic acid merupakan kandungan yang dapat membuat kulit mengelupas.


Contoh kandungan emollient:

  • Squalane
  • Kandungan minyak
  • Kandungan lemak

④ Pilih sabun yang mudah menghasilkan busa

Pilih sabun yang mudah menghasilkan busa

Jika menggunakan sabun yang langsung berbusa (foaming hand soap), anak-anak dapat dengan mudah mencuci tangan. Mereka pun tak perlu bersusah payah menggosok tangan untuk menghasilkan busa sendiri. Selain itu, foaming hand soap umumnya menghasilkan busa yang padat sehingga tidak membuat kulit jadi kasar.


Namun, sabun cuci tangan cair (liquid hand soap) jauh lebih ekonomis. Anda bisa berhemat karena Anda hanya memerlukan sedikit sabun untuk menghasilkan busa. Untuk mengetahui teksturnya secara detail, bacalah review pengguna sebelum membelinya, ya!

10 Rekomendasi sabun cuci tangan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun cucui tangan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Unilever

Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10 200 ml

Unilever Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10 200 ml 1枚目

Kuman mati hanya dalam 10 detik!

2

Saniter

Hand Wash Bottle 250 ml

Saniter Hand Wash Bottle 250 ml 1枚目

Hadir sebagai antibacterial dan antiseptic untuk tangan

3

Watsons

Hand Wash Scented Cream 500 ml

Watsons  Hand Wash Scented Cream 500 ml 1枚目

Dengan aroma buah-buahan yang khas menyegarkan

4

Kao

Biore Guard Foaming Hand Soap Fruity Antibacterial 250ml Bottle

Kao Biore Guard Foaming Hand Soap Fruity Antibacterial 250ml Bottle 1枚目

Dengan Antibacterial Boosting Gel yang mampu membunuh kuman hingga 99,9%!

5

PZ Cussons

Carex Hand Wash Sensitive Pump

PZ Cussons Carex Hand Wash Sensitive Pump 1枚目

Sabun cuci tangan No. 1 di Inggris dan cocok untuk kulit sensitif

6

Yuri

Hand Soap 410 ml

Yuri Hand Soap 410 ml 1枚目

Mengandung Vitamin E yang baik untuk kulit

7

Wardah

Nature Daily Aloe Hydramild Hand Wash

Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Hand Wash 1枚目

Mengandung tea tree oil untuk perlindungan dari kuman dan bau tidak sedap

8

dr soap

Hand Wash Balcony Breeze 500 ml

dr soap Hand Wash Balcony Breeze 500 ml 1枚目

Sabun cuci tangan yang bisa jadi sabun mandi

9

Prima Protect+

Hand Soap 240 ml

Prima Protect+ Hand Soap 240 ml 1枚目

Triple protection dan bebas triclosan

10

Dettol

Sabun Cuci Tangan Anti Bakteri Skincare

Dettol Sabun Cuci Tangan Anti Bakteri Skincare 1枚目

Kulit tangan tetap lembut berkat pH seimbang

Perincian produk
Close
No.1

UnileverLifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10 200 ml

Mulai dari Rp14.900,00

Kuman mati hanya dalam 10 detik!

Lifebuoy Sabun Cuci Tangan Total 10 mengandung formula yang dinamakan ActivSilver Formula. Formula ini memberikan perlindungan terhadap 10 kuman penyebab masalah kesehatan. Selain itu, Lifebuoy Total 10 ini juga sudah teruji mampu membunuh kuman hanya dalam waktu 10 detik saja! Jadi, jika Anda ingin memberikan perlindungan ekstra kepada keluarga dari kuman-kuman penyebab penyakit, pilihlah produk ini untuk sehari-hari.

No.2

SaniterHand Wash Bottle 250 ml

Mulai dari Rp17.000,00

Hadir sebagai antibacterial dan antiseptic untuk tangan

Aktivitas yang panjang membuat tangan rentan terhadap berbagai jenis kuman dan kotoran lainnya. Untuk itu, Anda perlu sabun cuci tangan yang memiliki kemampuan sebagai antibacterial dan antiseptic. Saniter Liquid Hand Wash ini teruji klinis membunuh kuman penyebab diare, alergi, dan infeksi berbahaya lainnya. Teksturnya yang lembut dengan aroma menyegarkan sangat cocok dipakai untuk kebutuhan cuci tangan sehari-hari.

No.3

Watsons Hand Wash Scented Cream 500 ml

Mulai dari Rp39.900,00

Dengan aroma buah-buahan yang khas menyegarkan

Apakah Anda menginginkan sabun cuci tangan dengan aroma yang khas? Jika ya, handwash dari Watsons ini bisa menjadi pilihan tepat. Aroma buahnya segar sekaligus lembut, seperti aroma hand cream.

Konsistensinya yang creamy pun terasa lembut di tangan dan tentu saja ampuh menjaga kelembapan kulit. Tangan Anda akan senantiasa bersih terbebas dari kuman, lembut, serta wangi. Tiga aroma spesialnya bisa Anda pilih sesuai selera.

No.4

KaoBiore Guard Foaming Hand Soap Fruity Antibacterial 250ml Bottle

Mulai dari Rp22.000,00

Dengan Antibacterial Boosting Gel yang mampu membunuh kuman hingga 99,9%!

Saat mencuci tangan dengan produk ini, Antibacterial Boosting Gel-nya akan aktif bekerja membunuh kuman hingga 99,9%. Anda tidak perlu khawatir kulit tangan menjadi kering karena terdapat Mild Formula yang memberikan kelembutan.


Sabun cuci tangan dari Biore ini berbentuk gel yang tidak lengket ketika dibilas. Selain itu, produk ini dilengkapi dengan Eucalyptus scent yang memberikan aroma kesegaran. Jika Anda bosan dengan handwash beraroma buah dan bunga, produk satu ini layak dicoba.

No.5

PZ CussonsCarex Hand Wash Sensitive Pump

Mulai dari Rp19.300,00

Sabun cuci tangan No. 1 di Inggris dan cocok untuk kulit sensitif

Apakah Anda ingin mencoba menggunakan sabun cuci tangan tepercaya nomor satu di Inggris? Kalau begitu, cobalah produk ini. Sabun cuci tangan ini mengandung bahan antibakteri alami nectarol. Selain itu, produk ini juga memiliki aroma wangi yang menenangkan. Namun, Anda tak perlu khawatir karena bahan pewangi yang digunakan bebas alergen. Tangan Anda akan terasa lembut dan halus bebas sensitif walau sering mencuci tangan dengan sabun ini.

No.6

Mengandung Vitamin E yang baik untuk kulit

Anda yang sering bermasalah dengan kulit kering dan kesat setelah mencuci tangan mungkin akan cocok dengan produk ini. Memiliki kandungan vitamin E, sabun ini tak akan membuat kulit tangan Anda kering setelah menggunakannya. 


Bukan hanya itu, kandungan emollient di dalamnya juga membantu melembapkan kulit, lho. Formulanya pun ramah lingkungan. Anda bisa memilih salah satu aroma buah segar, seperti apple, grape, lemon, strawberry, dan orange. Tangan Anda pun lebih bersih, higienis, dan beraroma menyegarkan.

No.7

WardahNature Daily Aloe Hydramild Hand Wash

Mulai dari Rp28.000,00

Mengandung tea tree oil untuk perlindungan dari kuman dan bau tidak sedap

Memang tidak ada sabun cuci tangan yang dapat membunuh kuman hingga 100%. Namun, jika Anda ingin hasil maksimal, produk ini bisa dipilih. Sabun cuci tangan dari Wardah ini mengandung natural tea tree oil yang mampu memberikan proteksi total terhadap kuman.


Selain itu, kandungan tea tree oil-nya juga mampu mengusir aroma tidak sedap yang menempel pada tangan. Terdapat pula kandungan Aloe vera dan green tea yang menyegarkan dan menjaga kulit tetap lembap.

No.8

dr soapHand Wash Balcony Breeze 500 ml

Mulai dari Rp92.000,00

Sabun cuci tangan yang bisa jadi sabun mandi

Inilah produk pilihan bagi Anda yang ingin sabun cuci tangan dengan dua fungsi. Sabun gel antiseptik dengan campuran pelembab ini selain untuk cuci tangan, juga dapat digunakan untuk membersihkan badan. Dengan aroma Balcony Breeze, produk ini mampu membersihkan kuman dengan cepat, bersih, dan segar tanpa membuat kulit dehidrasi. Pakaikan produk ini ke tubuh Anda saat mandi agar semua bagian kulit terbebas dari kuman!

No.9

Prima Protect+Hand Soap 240 ml

Mulai dari Rp22.200,00

Triple protection dan bebas triclosan

Apabila Anda termasuk keluarga yang memiliki anak-anak di rumah, sebaiknya pilihlah produk ini. Sabun cuci tangan ini tidak mengandung triclosan yang dikenal sebagai antibakteri aktif yang cukup keras dan berisiko untuk kesehatan. Selain itu, sabun ini mampu membunuh 99,9% kuman dalam waktu kurang dari 30 detik saja. Tak hanya untuk orang dewasa, produk ini juga aman digunakan oleh anak-anak dan tidak mengandung pewarna pula. Dijamin aman, deh!

No.10

DettolSabun Cuci Tangan Anti Bakteri Skincare

Mulai dari Rp21.900,00

Kulit tangan tetap lembut berkat pH seimbang

Sabun cuci tangan antibakteri merek Dettol ini mampu memberikan perlindungan dari kuman 10 kali lebih efektif daripada sabun biasa. Dengan formula pH-nya yang seimbang, Anda tak perlu lagi khawatir saat harus sering-sering mencuci tangan dengan sabun ini. Kulit tangan Anda akan tetap lembut dan terjaga kelembapannya.

Cara mencuci tangan dengan benar agar terhindar dari virus corona

Sejak pandemi Covid-19, mencuci tangan adalah salah satu bagian dari protokol kesehatan 3M. Mencuci tangan merupakan cara paling sederhana sekaligus efektif untuk mencegah penyebaran corona, varian omicron, dan kuman lainnya. Berikut adalah cara mencuci tangan dengan benar sesuai anjuran Kemenkes.


  1. Cucilah tangan dengan air mengalir.
  2. Gunakan sabun cuci tangan dan gosok ke seluruh tangan selama 20 detik.
  3. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.
  4. Bilas dengan air bersih yang mengalir hingga tak ada sisa sabun.
  5. Keringkan tangan Anda menggunakan tisu, kain kering, atau mesin pengering.

Selain mencuci tangan sesuai anjuran, taatilah protokol kesehatan agar Anda dan keluarga senantiasa terhindar dari penyebaran virus corona. Lengkapi juga gaya hidup sehat Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga teratur, ya.

Baca juga rekomendasi sabun lainnya di sini

Setelah mengetahui cara memilih dan deretan sabun cuci tangan terbaik, Anda mungkin membutuhkan sabun lainnya. Kami memiliki sejumlah artikel tentang sabun yang bisa Anda baca dan jadikan acuan dalam memilih produk. Cek tautan di bawah ini untuk mengetahui detailnya!

Kesimpulan

Pada ulasan di atas, kami telah memperkenalkan sabun cuci tangan terbaik yang dapat digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Hal yang terpenting adalah Anda harus memilih produk yang aman agar tidak menyebabkan iritasi. 


Namun, tidak ada salahnya untuk membeli sesuai aroma yang Anda sukai. Jadikan rekomendasi produk terbaik di atas sebagai acuan dalam memilih sabun cuci tangan sehari-hari. Pasti Anda sudah menentukan pilihan, bukan?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer