• 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Menambahkah sheet mask pada skincare rutin dapat mengoptimalkan perawatan wajah Anda. Sheet mask memiliki kandungan skincare berkonsentrasi lebih tinggi daripada cream biasa. Saat ini, ada bermacam-macam daily sheet mask dengan bahan aktif untuk beragam masalah kulit. 

Bagaimana cara memilih sheet mask yang bagus? Untuk menjawabnya, kami telah menyiapkan tips memilih sheet mask untuk kulit kering, kulit berjerawat, kulit berminyak, dan lain-lain. Kami juga mengulas merek sheet mask lokal, seperti Emina dan Avoskin, serta sheet mask Korea, Ariul. Penasaran dengan ulasan kami? Langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 September 2022
Daftar isi

Apa saja manfaat rutin memakai sheet mask?

Apa saja manfaat rutin memakai sheet mask?

Siapa yang belum mengenal sheet mask? Setelah populer di Korea Selatan dan Jepang, kini sheet mask juga populer di kalangan skincare junkie Indonesia. Bukan tanpa alasan, sheet mask memang memberikan manfaat perawatan wajah yang optimal. Lalu, apa saja manfaatnya? Bacalah poin-poin berikut ini.


  • Sebagai step skincare, sheet mask tergolong sebagai targeted treatment untuk beragam masalah kulit. Hal ini karena sheet mask mengandung essence dan serum berkonsentrasi tinggi.

  • Jika dibandingkan masker berbentuk krim, clay, dan bubuk, sheet mask terasa jauh lebih melembapkan.

  • Bahan-bahan aktif pada sheet mask dinilai dapat terserap kulit dengan lebih maksimal. Hal ini tidak lepas dari bentuk sheet mask yang berupa tissue atau cotton. Material sheet mask seperti ini dapat mencegah penguapan essence dan serumnya.

  • Berbeda dengan masker konvensional yang butuh proses pengolesan, pemakaian sheet mask lebih praktis. Anda hanya perlu menempelkannya di wajah dan menunggu selama 15–20 menit.

  • Sheet mask yang dikemas per lembar juga sangat travel-friendly. Alhasil, Anda bisa membawa sheet mask kapan saja dan ke mana saja.

Cara memilih sheet mask

Dari berbagai macam produk sheet mask yang beredar, sheet mask manakah yang cocok untuk kulit Anda? Yuk, simak beberapa tips memilih sheet mask yang tepat dari kami di bawah ini!

Gunakan sheet mask sesuai masalah kulit Anda

Formula essence dan serum pada sheet mask dibuat dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Maka dari itu, memilih sheet mask juga harus sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda.

Warna tidak merata dan kusam: Sheet mask dengan kandungan pencerah

Warna tidak merata dan kusam: Sheet mask dengan kandungan pencerah

Penyebab kulit kusam cukup beragam, mulai dari polusi udara, paparan sinar matahari, hingga bergadang. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan sheet mask dengan kandungan pencerah, salah satunya adalah vitamin C. Dengan vitamin C yang cukup, kulit Anda mampu melawan radikal bebas penyebab kulit kusam.


Vitamin ini juga dapat meningkatkan jumlah glutathione yang berfungsi sebagai antioksidan. Hasilnya, kulit Anda akan tampak lebih sehat. Selain dapat memelihara kesehatan kulit, vitamin C bisa mencegah penuaan dan menyamarkan noda gelap pada kulit.

Berjerawat, sheet mask dengan kandungan oil control

Berjerawat, sheet mask dengan kandungan oil control

Banyak masalah kulit berawal dari muka berminyak, salah satunya jerawat. Wajah berminyak disebabkan oleh beberapa hal, seperti hormon, pola makan, faktor genetik, dan stres. Nah, pilihlah produk yang memiliki kandungan oil control, seperti ekstrak lemon dan green tea, untuk mengatasinya.


Lemon mengandung asam sitrat yang bersifat astringen alami. Asam sitrat pada lemon akan mengerutkan jaringan kulit sehingga mengurangi sekresi minyak pada wajah. Sementara itu, green tea memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiperadangan. Green tea juga mengandung polifenol dan tanin yang mengurangi produksi sebum berlebih.

Sensitif: Sheet mask yang minim zat aditif

Sensitif: Sheet mask yang minim zat aditif

Para pemilik kulit sensitif umumnya mudah mengalami iritasi atau breakout. Tak jarang, kulit menjadi kering, bahkan kemerahan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sheet mask yang minim zat aditif.


Pastikan sheet mask pilihan Anda tidak mengandung bahan pemicu iritasi, seperti paraben, fragrance, dan alkohol. Bahan-bahan tersebut berpotensi menyebabkan gatal dan ruam pada kulit sensitif.


Sebaliknya, salah satu kandungan yang dapat Anda pertimbangkan jika memiliki kulit sensitif adalah Centella asiatica. Produk dengan kandungan ini mampu meredakan iritasi kulit dan menenangkan kulit sensitif.

Flek hitam dan kerutan halus: Sheet mask dengan bahan anti-aging

Flek hitam dan kerutan halus: Sheet mask dengan bahan anti-aging

Tanda-tanda penuaan kulit, seperti kerutan halus dan flek hitam, dapat diatasi dengan bahan anti-aging. Salah satu contoh kandungan yang ampuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah retinol. Retinol merupakan turunan vitamin A yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini akibat paparan sinar matahari.


Manfaat retinol adalah meningkatkan produksi kolagen, mempercepat regenerasi kulit, memudarkan flek hitam, dan menghambat produksi melanin. Selain mengatasi tanda penuaan, retinol juga dapat membantu mengatasi jerawat serta membersihkan pori-pori sehingga kulit menjadi bersih.

Kasar dan mengelupas: Sheet mask yang mengandung pelembap

Kasar dan mengelupas: Sheet mask yang mengandung pelembap

Salah satu penyebab utama kulit wajah menjadi kasar dan mengelupas adalah karena kelembapan kulit yang menurun. Maka dari itu, pilihlah sheet mask dengan kandungan yang mampu melembapkan kulit. 


Beberapa kandungan yang dapat Anda pilih adalah Aloe vera, green teahyaluronic acid, dan glycerin. Keempat bahan tersebut terbukti mampu melembapkan secara optimal sehingga kulit akan senantiasa terhidrasi. 

Ketahui bahan pembuat sheet mask

Ketahui bahan pembuat sheet mask

Sheet mask yang banyak beredar saat ini mayoritas terbuat dari paper mask dan cotton mask. Kedua bahan ini punya kelebihan sendiri-sendiri, lho. Simak penjelasan kedua bahan tersebut di bawah ini.


  • Paper mask

Paper mask pada dasarnya adalah tisu basah dengan tekstur yang lebih tebal. Material ini merupakan bahan yang paling populer sejak awal kemunculan sheet mask. Namun, material ini sering dianggap kurang optimal karena tidak dapat menahan essence dan serum dengan baik. Meski begitu, sheet mask berbahan paper mask memiliki harga yang relatif murah.


  • Cotton mask

Karena memiliki ketebalan di atas paper mask, material ini mampu menahan essence dan serum dengan lebih baik. Namun, sheet mask yang terbuat dari bahan ini kurang bisa menempel dengan baik pada wajah. Jadi, Anda perlu berhati-hati dan jangan banyak bergerak saat memakainya, ya.

Agar lebih hemat, pertimbangkan produk yang dijual per paket

Sebagai produk perawatan wajah, sheet mask dianjurkan untuk dipakai secara rutin. Jadi, dengan kemasan yang dibuat satuan, satu sheet mask tentu tidak akan cukup. Harga sheet mask sendiri bervariatif, tergantung dari klaim yang ditawarkan. 


Meski harganya lebih ekonomis dibandingkan skincare jenis lain, sebaiknya tetap utamakan sheet mask yang dijual dalam bentuk paket. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.


Ada produk yang sudah berisi 5–10 sheet mask per kemasannya. Ada juga online shop yang menjual satu paket sheet mask dengan beberapa varian dari merek yang sama. Membeli dalam bentuk paket memang lebih terjangkau. Namun, sebelum membeli, pastikan Anda sudah benar-benar cocok dengan produk tersebut, ya.

10 Rekomendasi sheet mask terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sheet mask terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 28 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, L’Oréal Pro-Youth Mask menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Emina Masquerade Face Mask memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Emina Masquerade Face Mask 1

Emina

2
N'PURE Centella Asiatica Sheet Mask 1

N'PURE

3
Wardah Nature Daily Sheet Mask 1

Wardah

4
BIOAQUA Facial Mask 10X 1

BIOAQUA

5
SENKA Perfect Rich Mask - Luminous Moist Mask 1

SENKA

6
GARNIER Serum Mask Hydra Bomb 1

GARNIER

7
Unilever St. Ives Sheet Mask 1

Unilever

8
Avoskin Beauty Retinol Sheet Mask 1

Avoskin Beauty

9
Ariul 7 Days Mask 1

Ariul

10
Sensatia Botanicals Sheet Mask 1

Sensatia Botanicals

Nama produk

Masquerade Face Mask

Centella Asiatica Sheet Mask

Nature Daily Sheet Mask

Facial Mask 10X

Perfect Rich Mask - Luminous Moist Mask

Serum Mask Hydra Bomb

St. Ives Sheet Mask

Retinol Sheet Mask

7 Days Mask

Sheet Mask

Keunggulan

Bahan maskernya biodegradable dan fleksibel

Diformulasikan khusus untuk atasi jerawat dengan maksimal

Tawarkan Micro Particle Essence yang mudah terserap kulit

Harganya ekonomis dan mampu memberikan efek 10x lipat!

Masker yang melembapkan dan membuat wajah glowing seketika

Menutrisi wajah dengan serum yang melimpah!

Bahan natural yang aman bagi semua jenis kulit

Sheet mask yang pas untuk mengatasi penuaan dini

Rangkaian perawatan wajah dalam 7 hari

Sheet mask yang aman dipakai oleh ibu hamil

Harga mulai dariRp 15.000,00Rp 16.900,00Rp 17.000,00Rp 14.999,00Rp 30.500,00Rp 21.800,00Rp 31.200,00Rp 39.000,00Rp 19.500,00Rp 180.000,00
VarianRice, Pomegranate, Aloe Vera, Tea Tree Oil, Sunflower Seed Oil, Cactus, Blueberry, Grapefruit, CharcoalCicaRose, Vitamin C, Green Tea, Aloe Vera, RiceNew Collagen, New Vitamin C, New Centella, New SqualaneLuminous MoistHydra Bomb Night Serum Mask, Hydra Bomb Green Tea, Hydra Bomb Pomegranate, Hydra Bomb Sakura Glow, Hydra Bomb Lavender, Hydra Bomb Grape Seed, dan lain-lainGlowing Apricot, Revitalizing Acai, Blueberry & Chia Seed Oil, Soothing OatmealxTea Tree + M, Lemon + C, Bamboo + B, Aloe + H, Green Tea + S, Lotus + N, Calendula + PClarifying Cica, Firming Pomegranate, Hydrating Argan, Toning Kakadu Plum
KlaimMemberikan kesegaran, mengencangkan, mengontrol minyak berlebih, mencegah kulit kusam, mencerahkanMengatasi jerawat, mencerahkan, menenangkanMelembapkan, mencerahkan, menyejukkan, menghaluskan, mengencangkanMemperbaiki kulit kusam, antipenuaan, melembapkan, mengecilkan pori-pori, menenangkan dan memperbaiki kulitMeningkatkan kelembapan, menghaluskan, mencerahkanMelembapkan, mencerahkan, menutrisi, mengencangkanMelembapkan, menutrisi, menenangkanMengurangi garis halus, menjaga elastisitas kulit, mencerahkanMenenangkan kulit berjerawat, mencerahkan, menghidrasi, mengontrol produksi sebum, menutrisi, mempercepat regenerasi kulitMembantu mengurangi jerawat, mengencangkan dan menyegarkan, menyamarkan garis halus, melembutkan dan meratakan warna kulit
Paketxxxxxx✔️✔️
Tautan produk
10
VarianClarifying Cica, Firming Pomegranate, Hydrating Argan, Toning Kakadu Plum
KlaimMembantu mengurangi jerawat, mengencangkan dan menyegarkan, menyamarkan garis halus, melembutkan dan meratakan warna kulit
Paket✔️
9
VarianTea Tree + M, Lemon + C, Bamboo + B, Aloe + H, Green Tea + S, Lotus + N, Calendula + P
KlaimMenenangkan kulit berjerawat, mencerahkan, menghidrasi, mengontrol produksi sebum, menutrisi, mempercepat regenerasi kulit
Paket✔️
8

Avoskin BeautyRetinol Sheet Mask

Mulai dari Rp 39.000,00

Varianx
KlaimMengurangi garis halus, menjaga elastisitas kulit, mencerahkan
Paket
7
VarianGlowing Apricot, Revitalizing Acai, Blueberry & Chia Seed Oil, Soothing Oatmeal
KlaimMelembapkan, menutrisi, menenangkan
Paketx
6
VarianHydra Bomb Night Serum Mask, Hydra Bomb Green Tea, Hydra Bomb Pomegranate, Hydra Bomb Sakura Glow, Hydra Bomb Lavender, Hydra Bomb Grape Seed, dan lain-lain
KlaimMelembapkan, mencerahkan, menutrisi, mengencangkan
Paket
5

SENKAPerfect Rich Mask - Luminous Moist Mask

Mulai dari Rp 30.500,00

VarianLuminous Moist
KlaimMeningkatkan kelembapan, menghaluskan, mencerahkan
Paketx
4
VarianNew Collagen, New Vitamin C, New Centella, New Squalane
KlaimMemperbaiki kulit kusam, antipenuaan, melembapkan, mengecilkan pori-pori, menenangkan dan memperbaiki kulit
Paketx
3
VarianRose, Vitamin C, Green Tea, Aloe Vera, Rice
KlaimMelembapkan, mencerahkan, menyejukkan, menghaluskan, mengencangkan
Paketx
2

N'PURECentella Asiatica Sheet Mask

Mulai dari Rp 16.900,00

VarianCica
KlaimMengatasi jerawat, mencerahkan, menenangkan
Paketx
1
VarianRice, Pomegranate, Aloe Vera, Tea Tree Oil, Sunflower Seed Oil, Cactus, Blueberry, Grapefruit, Charcoal
KlaimMemberikan kesegaran, mengencangkan, mengontrol minyak berlebih, mencegah kulit kusam, mencerahkan
Paketx

Perlukah mencuci muka setelah menggunakan sheet mask?

Perlukah mencuci muka setelah menggunakan sheet mask?

Pertanyaan ini sering kali muncul dari para pengguna sheet mask. Apakah perlu mencuci muka setelah memakai sheet mask? Jawabannya adalah tidak. Setelah memakai sheet mask, wajah akan basah karena essence dan serum. 


Apabila Anda tidak merasakan reaksi iritasi setelah sheet mask dilepaskan, Anda tidak perlu membilas wajah. Biarkan sisa essence dan serum masker Anda terserap seluruhnya secara perlahan ke dalam wajah. Untuk mempercepat prosesnya, Anda bisa menepuk atau memijat wajah secara perlahan dengan face roller.

Baca juga rekomendasi produk yang dibutuhkan sebelum memakai sheet mask di sini

Supaya formula dan kandungan sheet mask dapat menyerap dengan baik, Anda perlu memakai serangkaian skincare lainnya. Anda bisa membersihkan wajah menggunakan facial wash serta memakai toner dan serum terlebih dahulu. Nah, temukan produk-produk terbaiknya dengan membaca artikel di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Penggunaan masker saat ini menjadi kebutuhan primer dalam perawatan wajah. Sheet mask memang memiliki formula dengan konsentrasi tinggi yang akan membantu memelihara kesehatan kulit Anda. 


Untuk hasil kulit glowing optimal, Anda bisa menggunakan sheet mask secara rutin dan sesuai anjuran. Pastikan juga Anda memilih sheet mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Selamat me time dengan menggunakan sheet mask pilihan, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare Somethinc Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare Somethinc Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Skincare Somethinc sedang marak diminati oleh beauty enthusiast tanah air. Somethinc adalah merek beauty care lokal yang produknya laris manis di pasaran. Produk skincare Somethinc cukup beragam dan bisa diandalkan untuk berbagai masalah kulit, seperti kulit berjerawat, kusam, kering, dan sebagainya. Kali ini kami akan mengulas tips memilih skincare Somethinc yang bagus untuk permasalahan kulit Anda. Beberapa produk best seller Somethinc, seperti Game Changer, Glow Maker, dan Jelly Cleanser, akan kami ulas untuk Anda. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori