• 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sheet Mask Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Menambahkah sheet mask pada step skincare rutin dapat mengoptimalkan perawatan wajah Anda. Sheet mask memiliki kandungan skincare berkonsentrasi lebih tinggi daripada cream biasa. Saat ini, ada bermacam-macam daily sheet mask dengan bahan aktif untuk beragam masalah kulit. 

Bagaimana cara memilih sheet mask yang bagus? Untuk menjawabnya, kami telah menyiapkan tips memilih sheet mask untuk kulit kering, kulit berjerawat, kulit berminyak, dan lain-lain. Kami juga mengulas produk sheet mask lokal seperti Emina dan Wardah, serta sheet mask Korea seperti Nature Republic. Penasaran dengan ulasan kami? Langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Melisa Carollina
Rizky Ashyanita
Della Delila
  • Pembaharuan terakhir: 11 April 2022
Daftar isi

Apa saja manfaat rutin memakai sheet mask?

Apa saja manfaat rutin memakai sheet mask?

Siapa yang belum mengenal sheet mask? Setelah populer di Korea Selatan dan Jepang, kini sheet mask juga populer di kalangan skincare junkie Indonesia. Bukan tanpa alasan, sheet mask memang memberikan manfaat perawatan wajah yang optimal.


Sebagai step skincare, sheet mask tergolong sebagai targeted treatment untuk beragam masalah kulit. Hal ini karena sheet mask mengandung essence dan serum berkonsentrasi tinggi. 


Jika dibandingkan dengan masker berbentuk krim, clay, dan bubuk, sheet mask terasa jauh lebih melembapkan. Bahan-bahan aktif pada sheet mask juga dinilai dapat terserap kulit dengan lebih maksimal. Hal ini tidak lepas dari bentuk sheet mask yang berupa tissue atau cotton. Material sheet mask seperti ini dapat mencegah penguapan essence dan serumnya.


Sheet mask juga populer karena penggunaannya yang dinilai sangat praktis. Berbeda dengan masker konvensional yang butuh proses pengolesan, sheet mask hanya perlu ditempelkan di wajah saja. Tunggu selama 15–20 menit dan Anda bisa langsung merasakan hasil perawatan Anda. 


Selain itu, sheet mask yang dikemas per lembar juga sangat travel-friendly. Dengan begitu, Anda bisa membawa sheet mask kapan saja dan ke mana saja.

Cara memilih sheet mask

Dari beragam produk sheet mask yang beredar, mana yang cocok untuk kulit Anda? Yuk, ikuti tips memilih sheet mask berikut ini.

Gunakan sheet mask sesuai masalah kulit

Formula essence dan serum dibuat dengan konsentrasi bahan aktif yang tinggi. Maka dari itu, memilih sheet mask juga harus sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda.

Kulit kering, hidrasi dengan sheet mask Aloe vera

Kulit kering, hidrasi dengan sheet mask Aloe vera

Kulit kering membutuhkan pelembap yang dapat mengidrasi sekaligus mengunci kadar kelembapan kulit. Untuk itu, pilihlah sheet mask yang mengandung pelembap, seperti Aloe vera, hyaluronic acid, dan glycerin.


Manfaat Aloe vera untuk wajah adalah menutrisi dan melembapkan kulit. Aloe vera memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi, menghaluskan, dan menenangkan kulit yang terbakar matahari.


Sementara itu, hyaluronic acid dan glycerin merupakan pelembap yang bersifat humektan dengan fungsi mengunci kelembapan pada kulit. Manfaat hyaluronic dan glycerin adalah mencegah kadar air dalam kulit menguap ke luar. Disamping itu, kedua bahan ini juga dapat menarik air dari udara agar terserap kulit.

Kulit berminyak, kontrol minyak berlebih dengan sheet mask lemon dan green tea

Kulit berminyak, kontrol minyak berlebih dengan sheet mask lemon dan green tea

Banyak masalah kulit berawal dari muka berminyak. Wajah berminyak disebabkan oleh beberapa hal, seperti hormon, pola makan, faktor genetik, hingga stres. Cara mengatasi wajah berminyak adalah dengan menggunakan skincare yang dapat mengontrol produksi sebum pada wajah Anda.


Salah satu bahan skincare yang dapat membantu Anda mengontrol minyak berlebih adalah ekstrak lemon dan green tea. Lemon mengandung asam sitrat yang bersifat astringent alami. Asam sitrat pada lemon akan mengerutkan jaringan kulit sehingga mengurangi sekresi minyak pada wajah Anda.


Sementara itu, manfaat masker green tea untuk kulit berminyak juga tidak jauh berbeda. Secara umum, green tea memiliki sifat antioksidan, antimikroba, dan antiperadangan. Green tea mengandung polifenol dan tanin yang mengurangi produksi sebum berlebih.

Kulit berjerawat, atasi dengan sheet mask tea tree dan centella asiatica

Kulit berjerawat, atasi dengan sheet mask tea tree dan centella asiatica

Manfaat centella asiatica dan tea tree untuk kulit berjerawat pasti tidak sing di telinga Anda. Menggunakan sheet mask centella asiatica dan tea tree adalah salah satu cara mengatasi jerawat yang ampuh.


Manfaat centella asiatica untuk muka berjerawat di antaranya meredakan iritasi dan peradangan dengan menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab radang. Centella asiatica bersifat antioksidan, dapat menenangkan kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan menstimulasi pembentukan kolagen. Kolagen ini nantinya akan menyamarkan noda bekas jerawat sehingga kulit halus kembali.


Sementara itu, tea tree juga memiliki kandungan yang sama seperti obat jerawat. Manfaat tea tree pada wajah berjerawat adalah sebagai antiradang dan antimikroba. Selain sebagai obat jerawat, tea tree juga bisa mencegah serta menyamarkan bekas jerawat.

Kerutan halus, perbaiki dengan sheet mask retinol dan bahan antiaging

Kerutan halus, perbaiki dengan sheet mask retinol dan bahan antiaging

Tanda-tanda penuaan kulit, seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam dapat diatasi dengan retinol. Retinol merupakan turunan vitamin A yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini akibat paparan sinar matahari.


Manfaat retinol adalah meningkatkan produksi kolagen, mempercepat regenerasi kulit, memudarkan flek hitam, dan menghambat produksi melanin. Selain mengatasi tanda penuaan, retinol juga mengandung antioksidan dan mengobati jerawat meradang. Retinol juga dapat membantu mengatasi jerawat serta membersihkan pori-pori sehingga kulit menjadi bersih. Jika Anda concern dengan masalah tersebut, silakan pilih sheet mask dengan retinol, ya. 

Kulit kusam, cerahkan dengan sheet mask vitamin C

Kulit kusam, cerahkan dengan sheet mask vitamin C

Sudah sejak lama vitamin C dikenal sebagai nutrisi yang dapat membantu mencerahkan kulit. Selain bagus untuk memelihara imun tubuh, vitamin C dapat mencegah penuaan dan menyamarkan noda gelap pada kulit.


Vitamin C juga dapat mengurangi produksi melanin dan mencegah penodaan pada melanin. Dengan vitamin C yang cukup, kulit Anda juga mampu melawan radikal bebas penyebab kulit kusam dengan baik. Vitamin ini dapat meningkatkan jumlah glutathione dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Hasilnya, kulit Anda akan tampak sehat dan lebih cerah.

Cermati bahan yang dapat memicu iritasi

Cermati bahan yang dapat memicu iritasi

Selain mencermati bahan-bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit, jangan lupa untuk mencermati bahan yang memicu iritasi. Setiap kulit memiliki kondisi yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting untuk selalu mencermati bahan-bahan dalam skincare Anda, ya.


Bahan-bahan dalam skincare yang berpotensi memicu iritasi, di antaranya ada parfum, alkohol, paraben, dan sulfat. Setiap produk sheet mask juga dibuat dengan komposisi yang berbeda-beda. Bila kulit Anda memiliki ketahanan yang kuat, sedikit parfum dalam sheet mask mungkin tidak akan masalah.


Namun, bila kulit Anda tergolong sangat sensitif, sebaiknya hindari bahan-bahan tersebut, ya. Terlebih lagi, jika Anda adalah ibu hamil dan menyusui, ada baiknya Anda lebih berhati-hati dengan kandungan tertentu. Akan lebih baik jika Anda mengutamakan produk yang berlabel organik atau aman bagi ibu hamil dan menyusui.

Beli satu paket agar lebih hemat

Sebagai produk perawatan wajah, sheet mask dianjurkan untuk dipakai secara rutin. Maka dari itu, dengan kemasan yang dibuat satuan, satu sheet mask tidak akan cukup.


Harga sheet mask sendiri bervariatif tergantung dari klaim yang ditawarkan. Meski terbilang murah jika dibandingkan skincare lainnya, sebaiknya temukanlah sheet mask yang dijual dalam bentuk paket. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran. 


Sheet mask yang dijual per paket ini bisa Anda jumpai di e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Biasanya, ada online shop yang menawarkan varian sheet mask dengan paket bundling berisi 5–10 pcs. Anda juga bisa menemukan online shop yang menjual satu paket varian sheet mask dengan merek yang sama. 


Membeli dalam bentuk paket memang lebih murah. Akan tetapi, sebelum membelinya pastikan Anda sudah benar-benar cocok dengan produk tersebut, ya.

Ketahui bahan pembuat sheet mask Anda

Ketahui bahan pembuat sheet mask Anda

Sheet mask yang banyak beredar saat ini mayoritas terbuat dari paper mask dan cotton mask. Kedua bahan ini punya kelebihan sendiri-sendiri, lho. 


Paper mask pada dasarnya adalah tissue basah dengan ketebalan yang lebih tinggi. Material ini merupakan bahan yang paling populer sejak awal kemunculan sheet mask


Namun, material ini sering dianggap kurang optimal karena tidak dapat menahan essence dan serum dengan baik. Meski begitu, sheet mask berbahan paper mask memiliki harga yang relatif murah.


Selanjutnya adalah cotton mask yang memiliki ketebalan di atas paper mask. Material ini mampu menahan essence dan serum lebih baik dari paper mask. Namun, sheet mask berbahan ini kurang bisa menempel dengan baik pada wajah. Jadi, Anda perlu berhati-hati dan jangan banyak bergerak saat memakainya, ya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

InnisfreeMy Real Squeeze Mask EX [Tea Tree]

Mulai dari Rp 19.000,00

Spesialis
mybest

SenkaPerfect Aqua Rich Luminous Moist Mask

Mulai dari Rp 25.500,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sheet mask terbaik

Kini, tiba saatnya Anda memilih sheet mask yang cocok untuk Anda. Setelah mengetahui cara memilih sheet mask yang bagus, kami punya sepuluh rekomendasi sheet mask untuk Anda.

10
VarianTea Tree, Lemon, Bamboo Water, Aloe, Green Tea, Pomegranate, Avocado
KlaimMenenangkan kulit berjerawat, mencerahkan, menghidrasi, mengontrol produksi sebum, menutrisi, mempercepat regenerasi kulit
9

NATURE REPUBLIC Real Comforting Mask Sheet

Mulai dari Rp 28.000,00

VarianTea Tree, Vitamin C, Vitamin E, AHA/BHA, Allantoin, Ceramide, Collagen, Hyaluronic Acid, Madecassoside, Panthenol
KlaimMelembapkan, menenangkan, menutrisi, mencerahkan, menghidrasi, mengontrol minyak, melembutkan
8
VarianHydra Bomb Green Tea, Hydra Bomb Lavender, Hydra Bomb Pomegranate, Hydra Bomb Night, Light Complete, Light Complete Bright Up, Black Serum Mask, Pure Charcoal Black Rice, Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae, Ageless white Grape Seed, Water Glow, Sakura White
KlaimMelembapkan, mencerahkan, menutrisi, mengencangkan
7
Varian-
KlaimMencerahkan, glowing, melembutkan
6
VarianRose, Vitamin C, Green Tea, Aloe Vera, Rice
KlaimMelembapkan, mencerahkan, menyejukkan, menghaluskan, mengencangkan
5
VarianGlowing Apricot, Revitalizing Acai, Blueberry & Chia Seed Oil, Soothing Oatmeal
KlaimMelembapkan, menutrisi, menenangkan
4
VarianClarifying Cica, Firming Pomegranate, Hydrating Argan, Toning Kakadu Plum
KlaimMembantu mengurangi jerawat, mengencangkan dan menyegarkan, menyemarkan garis halus, melembutkan dan meratakan warna kulit
3

Avoskin BeautyMiraculous Sheet Mask

Mulai dari Rp 35.000,00

VarianRetinol, Refining AHA-BHA-PHA
KlaimMenstimulasi regenerasi sel kulit, mengeksfoliasi
2
Varian-
KlaimMengatasi jerawat, mencerahkan, menenangkan
1
VarianPro-Youth Mask Brightening, Pro-Youth Mask Plumping, Pro-Youth Mask Lifting Essence
KlaimMencerahkan, mengencangkan, kulit terasa kencang

Tabel perbandingan produk sheet mask terbaik

Gambar produk
1
 L’Oréal  Pro-Youth Mask 1

L’Oréal

2
N'Pure Centella Asiatica Sheet Mask 1

N'Pure

3
Avoskin Beauty Miraculous Sheet Mask 1

Avoskin Beauty

4
Sensatia Botanicals Sheet Mask 1

Sensatia Botanicals

5
Unilever St. Ives Sheet Mask 1

Unilever

6
Wardah Nature Daily Sheet Mask 1

Wardah

7
Emina Bright Stuff Essence Sheet Mask 1

Emina

8
Garnier Serum Mask Hydra Bomb 1

Garnier

9
NATURE REPUBLIC  Real Comforting Mask Sheet 1

NATURE REPUBLIC

10
Ariul 7 Days Mask 1

Ariul

Nama produk

Pro-Youth Mask

Centella Asiatica Sheet Mask

Miraculous Sheet Mask

Sheet Mask

St. Ives Sheet Mask

Nature Daily Sheet Mask

Bright Stuff Essence Sheet Mask

Serum Mask Hydra Bomb

Real Comforting Mask Sheet

7 Days Mask

Keunggulan

Nutrisi intens untuk lawan tanda penuaan

Komposisi minimal untuk atasi jerawat dengan maksimal

Sheet mask untuk mengatasi penuaan dini

Sheet mask yang aman untuk kulit dan aman untuk alam

Bahan natural yang aman bagi kulit

Micro particle yang mudah terserap kulit

Wajah glowing dan cerah seketika dengan rangkaian skincare lengkap

Menutrisi wajah dengan satu minggu serum!

Beri nutrisi lebih intens dengan ampoule mask

Rangkaian perawatan wajah dalam tujuh hari

Harga mulai dariRp 29.000,00Rp 16.900,00Rp 35.000,00Rp 180.000,00Rp 31.000,00Rp 16.700,00Rp 14.500,00Rp 20.900,00Rp 28.000,00Rp 4.800,00
VarianPro-Youth Mask Brightening, Pro-Youth Mask Plumping, Pro-Youth Mask Lifting Essence-Retinol, Refining AHA-BHA-PHAClarifying Cica, Firming Pomegranate, Hydrating Argan, Toning Kakadu PlumGlowing Apricot, Revitalizing Acai, Blueberry & Chia Seed Oil, Soothing OatmealRose, Vitamin C, Green Tea, Aloe Vera, Rice-Hydra Bomb Green Tea, Hydra Bomb Lavender, Hydra Bomb Pomegranate, Hydra Bomb Night, Light Complete, Light Complete Bright Up, Black Serum Mask, Pure Charcoal Black Rice, Black Serum Mask Pure Charcoal Black Algae, Ageless white Grape Seed, Water Glow, Sakura WhiteTea Tree, Vitamin C, Vitamin E, AHA/BHA, Allantoin, Ceramide, Collagen, Hyaluronic Acid, Madecassoside, PanthenolTea Tree, Lemon, Bamboo Water, Aloe, Green Tea, Pomegranate, Avocado
KlaimMencerahkan, mengencangkan, kulit terasa kencangMengatasi jerawat, mencerahkan, menenangkanMenstimulasi regenerasi sel kulit, mengeksfoliasiMembantu mengurangi jerawat, mengencangkan dan menyegarkan, menyemarkan garis halus, melembutkan dan meratakan warna kulitMelembapkan, menutrisi, menenangkanMelembapkan, mencerahkan, menyejukkan, menghaluskan, mengencangkanMencerahkan, glowing, melembutkanMelembapkan, mencerahkan, menutrisi, mengencangkanMelembapkan, menenangkan, menutrisi, mencerahkan, menghidrasi, mengontrol minyak, melembutkanMenenangkan kulit berjerawat, mencerahkan, menghidrasi, mengontrol produksi sebum, menutrisi, mempercepat regenerasi kulit
Tautan produk

Perlukah mencuci muka setelah menggunakan sheet mask?

Perlukah mencuci muka setelah menggunakan sheet mask?

Pertanyaan ini sering kali muncul dari para pengguna sheet mask. Apakah perlu mencuci muka setelah memakai sheet mask? Jawabannya adalah tidak.


Setelah memakai sheet mask, wajah akan basah karena essence dan serum. Bila Anda tidak merasakan reaksi iritasi setelah sheet mask dilepaskan, Anda tidak perlu membilas wajah.


Biarkan sisa essence dan serum masker Anda terserap seluruhnya secara perlahan ke dalam wajah. Untuk mempercepat prosesnya, Anda bisa menepuk atau memijat wajah secara perlahan dengan face roller.

Baca juga rekomendasi produk masker lainnya di sini!

Selain produk sheet mask, kami juga masih punya ulasan masker lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan. Silakan klik link di bawah ini untuk rekomendasi masker terbaik lainnya, ya!

Kesimpulan

Penggunaan masker saat ini menjadi kebutuhan primer dalam perawatan wajah. Sheet mask memang memiliki formula dengan konsentrasi tinggi yang akan membantu memelihara kesehatan kulit Anda. Untuk hasil kulit glowing optimal, gunakan sheet mask secara rutin dan sesuai anjuran.


Pilih sheet mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Ikuti tips dan temukan produk-produk masker serta perawatan wajah terbaik lainnya bersama kami, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Skincare AHA BHA direkomendasikan untuk eksfoliasi kulit. Kedua senyawa asam tersebut dikenal sebagai chemical exfoliator yang mampu mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Untuk Anda yang penasaran, kali ini kami akan membahas skincare AHA, BHA, dan PHA yang bagus.Tidak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk yang cocok untuk remaja ataupun dewasa. Rekomendasi produk, dari skincare lokal Avoskin dan Somethinc sampai merek internasional COSRX juga ada. Agar makin lengkap, dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, juga akan memberikan informasi tambahan. 
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori