10 Rekomendasi Eyelid Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Eyelid Tape Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mata adalah bagian yang paling menarik perhatian setelah dirias. Lalu bagaimana jika Anda memiliki lipatan kelopak mata yang kecil atau bahkan tidak memiliki lipatan sama sekali? Tidak perlu khawatir, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan eyelid tape. Pertanyaannya, eyelid tape jenis apa yang paling bagus? Bagaimana cara menggunakannya?

Saat ini, sudah ada berbagai jenis eyelid tape yang bisa Anda beli di toko-toko kosmetik maupun di berbagai situs online. Untuk menentukan eyelid tape seperti apa yang cocok untuk Anda, kami akan membahas cara memilih eyelid tape yang tepat dan merekomendasikan 10 produk terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Dapatkan penampilan mata yang sempurna dengan eyelid tape terbaik!

Daftar isi

Apakah eyelid tape itu?

Eyelid tape, atau yang juga dikenal dengan sebutan ‘scott mata’ adalah benda berbentuk setengah lingkaran yang ditempelkan pada kelopak mata. Tujuannya untuk membuat irisan atau garis ganda di sekitar mata dan memberikan efek mata besar. Hal ini akan memudahkan Anda saat mengaplikasikan makeup di sekitar mata.

Selain memberikan efek mata besar, eyelid tape juga digunakan untuk menyamarkan mata bengkak. Sebagian besar wanita dari berbagai usia menggunakan produk ini untuk berbagai kegiatan.

Cara memilih eyelid tape

Dalam memilih eyelid tape, Anda harus memperhatikan spesifikasi produk tersebut dan mengidentifikasinya sesuai kebutuhan mata Anda. Apa saja spesifikasi yang perlu Anda perhatikan? Berikut penjelasannya.

Pilih sesuai jenis mata

Eyelid tape terdiri dari beberapa jenis yang masing-masing penggunaannya menyesuaikan dengan bentuk kelopak mata pada umumnya. Kami akan menjelaskan cara pakai dan apa saja keuntungan dari tiap jenis eyelid tape.

Jenis perekat satu sisi untuk kelopak mata tipis

Jenis perekat satu sisi untuk kelopak mata tipis

Jenis yang pertama adalah eyelid tape dengan perekat satu sisi. Dinamakan demikian karena perekatnya hanya berada pada salah satu permukaannya saja. Produk jenis ini baik digunakan oleh seseorang yang memiliki kelopak mata tipis.

Penggunaanya terbilang cukup mudah, Anda tinggal membuka perekatnya lalu tempelkan ke bagian kelopak yang ingin diberi lipatan kelopak mata. Jika tidak sesuai ukuran, Anda bisa menggunting dan menyesuaikannya dengan bentuk kelopak mata. Jenis ini banyak disajikan dengan berbagai warna, ukuran, ketebalan, maupun tingkat transparansinya.

Jenis perekat dua sisi untuk kelopak mata berat atau hanya memiliki satu lipatan

Jenis perekat dua sisi untuk kelopak mata berat atau hanya memiliki satu lipatan

Jenis yang kedua adalah eyelid tape dengan perekat dua sisi. Jenis ini cocok digunakan oleh orang yang memiliki kelopak mata lebar. Biasanya seseorang menggunakan jenis ini karena menginginkan lipatan lebih tegas atau jelas pada kelopak matanya.

Karena bagian perekat pada eyelid tape tipe ini terdapat pada kedua permukaan, pastikan jaraknya tidak terlalu lebar. Jika terjadi maka lipatan yang dihasilkan tersebut akan saling menempel satu sama lain. Efeknya akan terasa saat mata dikedipkan.

Jenis microfiber untuk semua jenis mata

Jenis microfiber untuk semua jenis mata

Jenis yang terakhir adalah jenis microfiber. Berbeda dengan kedua tipe sebelumnya, tipe ini cocok untuk semua jenis mata. Tipe ini membentuk lipatan mata ganda dengan cara menekan kelopak ke dalam dengan menggunakan spatula. Bentangkan eyelid tape yang menyerupai benang kemudian rekatkan ke lipatan tadi. Lipatan yang terbentuk akan terlihat natural seperti tidak menggunakan apapun pada kelopak mata. Produk ini cocok bagi yang ingin mendapat kelopak mata ganda yang terlihat alami.

Namun, pengaplikasianya cukup sulit sehingga diperlukan berkali-kali latihan agar terbiasa dan mendapatkan hasil yang benar-benar natural. Jenis ini dijual dengan berbagai harga mulai dari yang murah hingga cukup mahal.

Pillih produk yang tahan lama

Pillih berdasarkan keunggulannya

Jika Anda menggunakan eyelid tape untuk kegiatan sehari-hari, pilihlah produk yang tahan lama, dan tidak mudah lepas. Selain itu, pastikan produk tersebut mudah untuk mengaplikasikan makeup. Ketika Anda menggunakan eyelid tape sepanjang hari, tentu akan merepotkan jika produk yang Anda gunakan mudah lepas saat harus touch-up makeup. Jangan lupa untuk mengecek review suatu produk sebelum membelinya.

Agar pemakaiannya bisa tahan lama, sebaiknya Anda membersihkan kotoran dan minyak pada kelopak mata sebelum memasang eyelid tape. 

Pilih yang tahan air atau keringat

Pilih yang tahan air atau keringat

Pada dasarnya, eyelid tape memiliki ciri khas lebih tahan terhadap air atau keringat dibandingkan produk untuk membuat lipatan ganda pada kelopak mata yang bentuknya cair. Akan tetapi, akan lebih aman jika Anda memilih produk yang memiliki daya perekat lebih kuat agar tidak mudah lepas, terutama saat Anda banyak beraktivitas.

10 Rekomendasi eyelid tape terbaik

Berikut kami akan memperkenalkan plihan eyelid tape terbaik untuk Anda. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan kelopak mata Anda.

10. VOV Eyelid Stickers

10. VOV Eyelid Stickers

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.000

Eyelid tape kuat dengan harga ekonomis

Merek VOV telah mengeluarkan berbagai jenis kosmetik termasuk eyelid tape sebagai pelengkap riasan mata. Eyelid stickers ini masuk dalam kategori perekat dua sisi sehingga mampu memberikan lipatan tegas pada kelopak mata Anda!

Harga produk ini relatif murah, mudah digunakan, dan tidak cepat rusak. Selain itu, karena eyelid tape merek berwarna hitam, produk ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengaplikasikan makeup bergaya smokey eyes.

9. Etude House My Beauty Tool Double Eyelid Tape

9. Etude House My Beauty Tool Double Eyelid Tape

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.500

Eyelid tape dengan efek Korean look

Produk dari brand ini memang sangat digandrungi oleh wanita! Sebagian besar produk yang dikeluarkan oleh Etude House memberikan efek natural di wajah atau dikenal dengan Korean look. Demikian juga dengan eyelid tape yang dikeluarkan Etude House ini.

Eyelid tape ini masuk dalam kategori perekat dua sisi sehingga jika Anda ingin mendapatkan mata yang tegas, kami rekomendasikan untuk memilih Etude House My Beauty Tool ini. Harganya cukup terjangkau dan tahan lama jika digunakan seharian. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi langsung toko kosmetik Etude House atau membelinya di online shop. 

8. Jacquelle Basic Flow Yellow

8. Jacquelle Basic Flow Yellow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 107.100

Terasa ringan dan lembut di mata

Tekstur eyelid tape merek ini terbilang cukup tipis. Walau demikian, produk ini cukup kuat dan tidak mudah sobek. Produk ini bentuknya menyerupai lengkungan lipatan mata pada umumnya sehingga memudahkan Anda menggunakannya tanpa harus mengguntingnya.

Karena bahannya yang tipis dan terasa ringan, produk ini cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Warna kuning transparan dari eyelid tape Jacquelle ini mampu memberikan efek natural pada mata Anda.

7. Jacquelle Honey Lace

7. Jacquelle Honey Lace

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 107.100

Tahan lama sampai 24 jam

Hampir sama dengan produk keluaran Jacquelle sebelumnya, tekstur eyelid tape ini juga tipis dan mudah digunakan. Selain itu, jika Anda ingin menambahkan eye shadow di atas permukaannya, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan karena eyelid tape ini didesain untuk memudahkan penggunanya mengaplikasikan makeup.

Produk ini bisa tahan hampir 24 jam asalkan tidak terkena air. Karena terbuat dari bahan lace yang transparan, produk ini mudah menyatu dengan kelopak mata dan nyaris tidak terlihat, lembut di kulit, serta mudah dibersihkan.

6. Yizhilian Magic Pusher

6. Yizhilian Magic Pusher

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 23.500

Harga ekonomis dengan isi banyak

Satu kemasan produk Yizhilian berisi 300 pasang eyelid tape dengan harga yang cukup terjangkau. Yizhilian Magic Pusjher ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki mata sipit atau monolid eyes. Dengan menggunakan eyelid tape ini, mata Anda akan terlihat lebih besar dan ekspresif.

Salah satu keunggulan yang dimiliki produk ini adalah mudah digunakan dan hasilnya terlihat natural di mata. Jangan khawatir jika Anda ingin menggunakan eye liner karena produk ini juga cukup mudah menyerap kosmetik yang dioleskan di atasnya.

5. Blink Eyelid Fiber

5. Blink Eyelid Fiber

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 95.000

Eyelid tape yang menjadikan matamu blink

Produk merek Blink ini terbuat dari bahan fiber sehingga cocok untuk semua jenis mata. Walaupun awalnya mungkin agak sulit digunakan, setelah latihan beberapa kali hingga terbiasa menggunakannya, eyelid tape jenis ini akan memberikan hasil yang benar-benar natural.

Salah satu keunggulan produk ini adalah bisa membantu Anda menentukan besaran lipatan yang diinginkan. Sedangkan bagi Anda yang sudah memilki lipatan mata, eyelid tape jenis ini dapat membuat mata Anda terlihat lebih besar.

4. D.U.P Wonder Eyelid Tape

4. D.U.P Wonder Eyelid Tape

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 161.400

Selamat tinggal monolid eyes!

Satu lagi eyelid tape yang bisa menjadi pilihan Anda adalah D.U.P Wonder Eyelid Tape. Produk ini cocok bagi Anda yang memiliki mata kecil. Dengan teksturnya yang kuat dan ekstra panjang, Anda dapat membentuk eyelid tape ini sesuka hati.

Produk ini tahan air dan keringat sehingga tahan lama dan kuat dipakai seharian. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, Anda bisa mendapatkan efek lipatan kelopak mata yang dalam tapi tidak terlihat seperti sedang menggunakan eyelid tape.

3. Bello Eyelid Tape Natural

3. Bello Eyelid Tape Natural

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 80.000

Mata besar natural

Sesuai dengan namanya, mata Anda akan terlihat besar atau “belo” jika menggunakan produk eyelid tape ini. Produk ini memiliki warna seperti kulit yang memberikan kesan natural pada mata Anda. Pengaplikasiannya juga mudah, terutama saat meriaskan makeup di sekitar mata.

Terdapat dua ukuran eyelid tape yaitu ukuran small dan medium. Untuk Anda yang memiliki mata sipit, kami sarankan untuk menggunakan ukuran small. Sedangkan ukuran medium cocok digunakan untuk Anda yang sudah memiliki lipatan mata namun masih terlihat sayu.

2. Kay Beauty 28 pairs Double Sided Eyelid

2. Kay Beauty 28 pairs Double Sided Eyelid

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 44.900

Hasil natural, harga bersahabat

Produk eyelid tape merek ini termasuk jenis perekat dua sisi. Dengan warna yang transparan, eyelid tape ini samar-samar terlihat setelah dipakai. Selain itu, perekat yang dimiliki terbilang kuat sehingga tahan lama ketika dipakai sehari-hari.

Dengan harga yang cukup bersahabat, Anda dapat memiliki eyelid tape jenis ini di berbagai toko online. Dapatkan mata yang besar dan terlihat alami dengan menggunakan produk ini!

1. Starry Light Magic Eye Tape

1. Starry Light Magic Eye Tape

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Lembut, mudah dipakai, dan cocok untuk travelling

Di urutan pertama, eyelid tape yang kami rekomendasikan adalah merek Starry Light yang berbahan halus seperti jaring-jaring sehingga lembut di mata. Jumlah eyelid tape dalam satu kotak adalah 36 pasang dan dilengkapi 1 perekat ukuran kecil yang cocok dibawa saat travelling.

Produk ini sangat praktis digunakan sehari-hari. Harganya pun masih terbilang ramah di kantong. Hanya saja karena bahannya tipis, mungkin awalnya agak sulit untuk memakainya. Jadi, Anda perlu melakukan berkali-kali latihan agar terbiasa.

Cara menggunakan eyelid tape

Berikutnya kami akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara menggunakan eyelid tape untuk masing-masing jenisnya. Kami harap tips ini akan memudahkan Anda dalam pemakaian eyelid tape!

Jenis perekat satu sisi

Jenis perekat satu sisi

Pertama-tama, bersihkan kelopak mata Anda menggunakan kapas. Tujuannya agar eyelid tape mudah untuk dipasang pada kelopak mata Anda. Lakukan bagian ini dengan berhati-hati.

Jika permukaan kelopak mata sudah selesai dibersihkan, tentukan letak garis ganda yang akan dibentuk. Pegang ujung eyelid tape memakai spatula atau pinset. Hindari memegang ujung eyelid tape secara langsung dengan tangan agar lem tidak hilang. Kemudian letakkan eyelid tape di bawah garis yang sudah ditentukan sambil menekannya secara perlahan. Ulangi gerakan menekan-nekan sampai eyelid tape benar-benar menempel pada kelopak mata.

Jenis perekat dua sisi

Jenis perekat dua sisi

Cara menggunakan perekat dua sisi pada dasarnya sama dengan jenis sebelumnya. Pertama-tama, bersihkan permukaan kelopak mata dengan kapas lalu tentukan letak garis ganda yang ingin dibentuk, dengan cara mendorong kulit kelopak mata secara perlahan menggunakan spatula atau pinset.

Setelah menentukan garis tadi, buka eyelid tape pada permukaan yang pertama lalu tempelkan. Lalu buka permukaan lainnya tekan eyelid tape kebagian bawah dan atas. Potong bagian yang tidak diperlukan atau terlalu panjang. Lakukan gerakan menekan-nekan sampai eyelid tape menempel dengan sempurna.

Jenis microfiber

Jenis microfiber

Eyelid tape jenis ini memang berbeda bentuk dengan kedua jenis sebelumnya, tapi cara penggunaannya sama. Pertama-tama bersihkan permukaan kelopak mata menggunakan kapas lalu bentuk garis yang diinginkan dengan mendorong kelopak mata menggunakan alat. Kemudian tarik eyelid tape ke kanan dan kiri untuk merentangkan fiber menjadi seperti benang.

Biarkan eyelid tape dalam kondisi tersebut lalu letakkan pada garis yang Anda inginkan untuk membentuk lipatan di kelopak mata. Diamkan fiber menggantung beberapa saat agar mempertegas garis. Dalam keadaan masih menggantung, potong pada bagian yang tidak diperlukan. Sesuaikan ukuran dengan keinginan Anda. Agar kelopak mata terbiasa, tekan eyelid tape pelan-pelan dengan spatula. Eyelid tape pun selesai dipasang!

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah mengetahui jenis-jenis eyelid tape yang dapat digunakan untuk membentuk lipatan mata ganda. Apakah rekomendasi dari kami dapat membantu Anda menentukan pilihan?

Kenali jenis mata Anda sebelum membeli eyelid tape. Dapatkan lipatan mata ganda alami dengan menggunakan eyelid tape sesuai kebutuhan Anda. Selamat mencoba!