• 10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menutupi Flek/Bintik di Wajah (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menutupi Flek/Bintik di Wajah (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menutupi Flek/Bintik di Wajah (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menutupi Flek/Bintik di Wajah (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menutupi Flek/Bintik di Wajah (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Concealer Terbaik untuk Menutupi Flek/Bintik di Wajah (Terbaru Tahun 2020)

Seiring dengan bertambahnya usia, flek/bintik di wajah kerap muncul dan bisa merusak kepercayaan diri. Untuk menutupinya, Anda bisa menggunakan concealer. Karena memiliki tekstur yang lebih tebal dan padat, concealer amat tepat untuk menutupi flek/bintik yang tidak bisa ditutupi oleh foundation

Kali ini, kami akan memperkenalkan sepuluh produk concealer terbaik untuk menutupi flek/bintik di wajah, mulai dari merek Wardah, the SAEM, NARS, dan  lainnya. Sebelumnya, mari cari tahu dahulu, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih concealer untuk menutupi flek/bintik di wajah. Simak sampai akhir, ya!
  • Pembaharuan terakhir: 12 Mei 2020
  • 11.930 Views
Daftar isi

Cara memilih concealer untuk menutupi flek/bintik di wajah

Anda tentu tidak bisa asal-asalan dalam memilih concealer untuk menutupi flek di wajah. Terdapat dua poin yang harus diperhatikan saat memilih concealer untuk menutupi flek/bintik wajah. Baca dengan saksama kedua poin di bawah ini agar tidak salah memilih!

Pertama, pilih berdasarkan hasil akhir dan daya coverage-nya

Secara umum, concealer terbagi menjadi lima jenis. Berikut ini jenis-jenis concealer yang dapat menutupi flek/bintik wajah dengan baik.

Jenis pensil, untuk flek tipis dan bintik-bintik halus (freckles)

Jenis pensil, untuk flek tipis dan bintik-bintik halus (freckles)

Concealer pensil merupakan jenis terbaik untuk menyamarkan flek-flek kecil atau freckles. Karena ujungnya runcing, Anda dapat mengaplikasikannya dengan mudah pada setiap flek yang tersebar di wajah. Namun, karena teksturnya keras, hindari penggunaan concealer jenis ini pada kulit wajah yang tipis, seperti misalnya area mata.

Jenis stick atau cream, untuk flek hitam

Jenis stick atau cream, untuk flek hitam

Karakteristik dari concealer jenis stick adalah memiliki coverage yang tinggi dan dapat menempel dengan baik di kulit. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati agar tidak mengaplikasikan terlalu banyak. Jika terlalu banyak, kulit akan terasa berat, tebal, dan tidak nyaman saat memakainya.


Sementara itu, jenis cream mempunyai hasil akhir yang lebih natural dan daya coverage yang tinggi. Salah satu keunggulan dari concealer jenis cream adalah dapat digunakan untuk berbagai jenis flek, termasuk flek yang tipis. Untuk mengaplikasikannya, Anda harus menggunakan jari atau brush. Hal tersebut mungkin dirasa cukup merepotkan bagi beberapa orang.

Jenis cair atau bubuk, untuk flek tipis atau freckles yang menyebar

Jenis cair atau bubuk, untuk flek tipis atau freckles yang menyebar

Concealer jenis cair dan bubuk disarankan untuk menyamarkan flek tipis atau freckles yang menyebar. Jenis ini mempunyai tekstur yang mudah menyebar sehingga bagus untuk menutupi area yang lebar. Karena memiliki kekuatan coverage yang ringan, concealer cair dan bubuk disarankan untuk Anda yang menyukai hasil akhir natural.

Agar makeup tidak luntur, pilih concealer sesuai dengan jenis kulit

Agar makeup tidak luntur, pilih concealer sesuai dengan jenis kulit

Untuk mencegah lunturnya makeup, gunakanlah concealer yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit cenderung kering, Anda sebaiknya memilih concealer jenis cair yang lembut. Sementara untuk Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak, pilihlah concealer jenis cream yang padat. Concealer yang lebih padat umumnya lebih sulit luntur, termasuk jika terkena sebum.


Jika Anda berencana untuk menggunakan makeup dalam waktu yang lama, nantinya sebum bisa saja muncul ke permukaan wajah. Karena itu, Anda sebaiknya membawa concealer jenis pensil atau stick untuk mempermudah touch-up.

Kedua, pilihlah warna concealer yang sesuai dengan warna flek/bintik Anda

Terdapat bermacam-macam jenis flek, ada yang kecil dan ada yang besar. Warna flek pada setiap kulit pun berbeda-beda. Mari pilih warna concealer yang cocok untuk menyembunyikan flek/bintik di wajah Anda.

Untuk flek hitam, pilihlah warna yang satu tone lebih gelap

Untuk flek hitam, pilihlah warna yang satu tone lebih gelap

Pada dasarnya, pilihlah warna yang sama atau satu tone lebih gelap dari kulit wajah untuk menyembunyikan flek/bintik. Warna yang lebih gelap terutama mampu menyamarkan flek/bintik yang berwarna cokelat. Jika Anda memilih warna yang lebih terang, dikhawatirkan warnanya tidak menyatu dengan foundation dan malah jadi terlihat menonjol. Namun, jika Anda menginginkan daya coverage yang tinggi, warna kuning akan lebih tepat. 


Agar lebih mudah, Anda dapat menjadikan warna foundation Anda sebagai acuan untuk memilih warna concealer yang tepat.

Gunakan concealer palet untuk masalah kulit yang kompleks

Gunakan concealer palet untuk masalah kulit yang kompleks

Concealer palet mempunyai beberapa set warna di dalamnya. Concealer ini cocok bagi Anda yang memiliki permasalahan flek yang cukup kompleks, misalnya ukuran dan warna flek Anda cukup beragam. Di samping itu, cocok juga untuk Anda yang kesulitan menemukan warna concealer yang cocok. Dengan menggunakan concealer palet, Anda dapat mencampur warna concealer agar mendapatkan tone yang diinginkan. Jika Anda sudah mahir melakukan percampuran warna, makeup Anda akan terlihat makin bagus.

10 Rekomendasi concealer terbaik untuk menutupi flek/bintik di wajah

Berikutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh concealer terbaik yang cocok untuk menutupi flek dan bintik di wajah. Jadikanlah sebagai referensi dalam memilih concealer yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
10

MAKE UP FOR EVERFull Cover Extreme Camouflage Cream

Rp 485.000,00

JenisCream concealer
Varian warna12 warna
9
JenisStick concealer
Varian warna2 warna
8

WardahInstaperfect QUICK FIX Cover Correct Concealer

Rp 70.400,00

JenisCream concealer
Varian warna2 warna
7
JenisCream concealer
Varian warna3 warna
6

the SAEMCover Perfection Ideal Concealer Duo

Rp 90.000,00

JenisStick dan liquid concealer
Varian warna3 warna
5
JenisPalette concealer
Varian warna1 varian yang berisi 5 warna
4
JenisPalette concealer
Varian warna4 varian, masing-masing berisi 3 warna
3
JenisCream concealer
Varian warna15 warna
2

NYX Professional MakeupCan't Stop Won't Stop Contour Concealer

Rp 70.000,00

JenisLiquid concealer
Varian warna24 warna
1
JenisCream concealer
Varian warna16 warna

Tabel perbandingan produk concealer terbaik untuk menutupi flek/bintik di wajah

Gambar produk
1
NARS Soft Matte Complete Concealer 1

NARS

2
NYX Professional Makeup Can't Stop Won't Stop Contour Concealer 1

NYX Professional Makeup

3
BOBBI BROWN Creamy Concealer Kit 1

BOBBI BROWN

4
CANMAKE TOKYO Color Mixing Concealer 1

CANMAKE TOKYO

5
MAKEOVER Camouflage Cream Face Concealer 1

MAKEOVER

6
the SAEM Cover Perfection Ideal Concealer Duo 1

the SAEM

7
CATRICE Cosmetics  Camouflage Cream 1

CATRICE Cosmetics

8
Wardah Instaperfect QUICK FIX Cover Correct Concealer 1

Wardah

9
My Beauty Story Undercover CCC Concealer 1

My Beauty Story

10
MAKE UP FOR EVER Full Cover Extreme Camouflage Cream 1

MAKE UP FOR EVER

Nama produk

Soft Matte Complete Concealer

Can't Stop Won't Stop Contour Concealer

Creamy Concealer Kit

Color Mixing Concealer

Camouflage Cream Face Concealer

Cover Perfection Ideal Concealer Duo

Camouflage Cream

Instaperfect QUICK FIX Cover Correct Concealer

Undercover CCC Concealer

Full Cover Extreme Camouflage Cream

KeunggulanMenutupi masalah pada wajah...Dapat digunakan untuk conto...Concealer dan bedak dalam k...Dilengkapi kandungan pelembapRatakan warna kulit wajah A...Duo concealer dalam satu ke...Dapat menyatu dengan kulit ...Retouch lebih cepat dengan ...Kemasan imut dengan formula...Bukan hanya noda-noda di wa...
HargaRp 400.000,00Rp 70.000,00Rp 400.000,00Rp 50.000,00Rp 90.000,00Rp 90.000,00Rp 40.500,00Rp 70.400,00Rp 30.000,00Rp 485.000,00
JenisCream concealerLiquid concealerCream concealerPalette concealerPalette concealerStick dan liquid concealerCream concealerCream concealerStick concealerCream concealer
Varian warna16 warna24 warna15 warna4 varian, masing-masing berisi 3 warna1 varian yang berisi 5 warna3 warna3 warna2 warna2 warna12 warna
Tautan produk

Tips untuk mengaplikasikan concealer

Urutan pemakaian concealer dan foundation sebaiknya disesuaikan dengan jenis foundation

Urutan pemakaian concealer dan foundation sebaiknya disesuaikan dengan jenis foundation

Hal penting yang harus Anda perhatikan saat menggunakan concealer adalah urutan pemakaiannya. Sebenarnya, urutan pemakaian yang tepat dipengaruhi oleh jenis foundation Anda. Jika menggunakannya dengan benar, Anda dapat menambah daya tahan makeup Anda.


Untuk foundation jenis cair, gunakan concealer setelah foundation. Sementara untuk foundation jenis bubuk, gunakan concealer sebelum foundation. Anda juga dapat menggunakan face powder sebagai sentuhan akhir agar makeup tidak mudah luntur.

Ubah cara pengaplikasian sesuai dengan lebarnya flek

Ubah cara pengaplikasian sesuai dengan lebarnya flek

Untuk menyembunyikan flek berukuran kecil, gunakan concealer jenis pensil yang memiliki daya lekat tinggi. Aplikasikan satu per satu pada flek, kemudian flek berukuran kecil pun dapat disembunyikan dengan mudah.


Ketika menggunakan concealer jenis cream, disarankan untuk menggunakan brush yang tipis, lalu tekan ke atas flek hitam. Jika menggunakan jenis cair, oleskan di punggung tangan terlebih dahulu, baru kemudian aplikasikan dengan menggunakan brush.


Ratakan concealer menggunakan sponge atau brush tebal untuk menutupi flek berukuran besar. Baurkan lebih lebar daripada area flek agar terlihat lebih menyatu. Dengan demikian, hasil akhirnya jadi lebih indah.

Cara menutupi flek/bintik hitam

Cara menutupi flek/bintik hitam

Pertama-tama tutupi flek hitam terlebih dahulu, kemudian tutuplah  flek yang lebih tipis secara bertahap. Anda akan mampu mengubah impresi wajah hanya dengan menyembunyikan flek hitam.


Ketika menggunakan concealer palet, disarankan untuk menggunakan warna gelap terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan warna yang lebih terang. Dengan melakukan trik ini, Anda dapat dengan mudah mengatur tingkat kecerahan sesuai dengan foundation Anda.

Cara mudah dan rapi untuk memperbaiki concealer

Cara mudah dan rapi untuk memperbaiki concealer

Mungkin makeup Anda terlihat indah dan sempurna pada pagi hari. Akan tetapi, perlahan-lahan makeup akan pudar dan tidak merata, bahkan untuk produk yang memiliki coverage tinggi. Hal ini terutama kerap terjadi pada malam hari. Untuk mencegah hal itu, Anda sebaiknya tidak memberi lapisan tambahan pada kulit yang sudah terdapat banyak sebum.


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghapus makeup yang luntur dengan menggunakan milk cleanser atau hand cream. Bersihkan semua kotoran yang menempel, kemudian aplikasikan kembali makeup Anda. Selalu bawa cotton bud dan hand cream di dalam pouch agar Anda dapat touch-up dengan mudah kapan saja!

Baca juga rekomendasi concealer terbaik lainnya di sini

Artikel ini secara khusus membahas tentang concealer untuk mengatasi masalah flek/bintik pada wajah. Bila Anda membutuhkan informasi mengenai concealer lainnya, Anda dapat membacanya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda telah menemukan concealer yang paling pas untuk menutupi flek/bintik di wajah Anda? Agar tidak salah memilih, jangan lupa memperhatikan tips cara memilih di atas, ya.


Memilih kosmetik memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda harus mempertimbangkan kualitas produk dan kondisi kulit. Pilih juga warna dan jenis concealer yang pas untuk Anda. Selamat memilih dan tampil menawan sepanjang hari!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bulu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit mulus adalah idaman semua orang. Untuk mendapatkannya, banyak orang yang menggunakan krim penghilang bulu yang bisa dibeli di toko obat atau supermarket. Di antaranya ada Veet, Etude House, dan The Body Shop. Namun, di pasaran masih banyak sekali krim penghilang bulu lainnya. Lalu, manakah yang tepat untuk Anda?Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih krim penghilang bulu serta memperkenalkan beberapa rekomendasi produk. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi untuk menemukan krim penghilang bulu yang efektif untuk mendapatkan kulit yang mulus! Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    37.061 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Hair Treatment Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Hair Treatment Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Hair treatment umumnya dilakukan untuk memulihkan kondisi rambut pasca proses styling. Berbagai macam produk yang dijual di pasaran dapat mengatasi dan mencegah kerusakan rambut, seperti rambut kusam atau bercabang. Cara pakainya pun beragam, dari yang perlu dibilas hingga yang tak perlu dibilas.Saat ini tersedia beragam produk hair treatment dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan mulai dari merek Ellips, Makarizo, The Body Shop, dan beberapa merek terkenal lainnya. Kami akan membahas cara memilih produk hair treatment secara rinci sekaligus memperkenalkan jajaran produk terbaik. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    42.006 Views
  • 10 Rekomendasi Blush On Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Blush On Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Blush on/blusher atau perona pipi dapat menambah kecantikan dan mempertegas bentuk wajah sehingga bisa dikatakan memegang peranan yang sangat penting dalam makeup. Saat ini di pasaran sudah tersedia berbagai merek, seperti dari Canmake, MAC, Revlon, Maybelline, Wardah, dan lainnya, yang menawarkan berbagai varian produk blush on.Kali ini kami akan memperkenalkan produk blush on yang populer di antara sekian banyak produk yang bisa dibeli secara online. Namun, sebelum itu, kami akan memaparkan cara memilih blush on yang tepat agar Anda bisa menemukan produk yang pas untuk mendapatkan hasil makeup terbaik!
    Kosmetik & kesehatan
    47.102 Views
  • 10 Rekomendasi Powder Foundations Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Powder Foundations Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Powder foundation lebih mudah digunakan untuk touch up ketimbang foundation cair. Selain itu, sudah banyak produk powder foundation yang dilengkapi kandungan pelembap untuk mencegah wajah kulit kering. Oleh karena kepraktisannya, powder foundation memiliki jumlah penggemar yang tidak sedikit.Berbagai produsen kecantikan berlomba untuk mengeluarkan produk terbaiknya, misalnya L’Oreal, Chanel, dan Make Over. Bingung pilih yang mana? Kami akan membantu dengan memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik beserta cara memilihnya untuk memudahkan Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    4.720 Views
  • 10 Rekomendasi Bedak Muka (Face Powder) Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bedak Muka (Face Powder) Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Sesudah menggunakan foundation cair maupun krim, Anda memerlukan bedak untuk finishing agar tampilan kulit Anda semakin memukau. Bedak memiliki dua jenis bentuk, yaitu bedak padat dan bedak tabur. Dengan satu sentuhan akhir saja, dapat memberikan hasil yang berbeda pada makeup Anda.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih bedak. Setelah itu, kami akan memberikan rekomendasi produk bedak berkualitas bagus dengan harga terjangkau. Mulai dari Maybelline, Make Over, Wardah, Pixy, dan sebagainya, akan kami hadirkan di sini. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    20.942 Views
  • 10 Rekomendasi Maskara Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Maskara Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Maskara bening adalah pilihan tepat bagi anak sekolah dan para penyuka makeup natural. Produk ini populer karena bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Misalnya, untuk menjaga dan merawat kelentikan bulu mata, serta menjadikannya base sebelum menggunakan maskara biasa.Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk maskara bening serta cara pemilihannya. Berbagai produk dari merek-merek terkenal, seperti Maybelline, NYX, Etude House, L’Oreal, dan sebagainya akan kami ulas di sini. Di bagian akhir artikel kami juga akan memaparkan tentang cara pemakaian maskara bening yang efektif.
    Kosmetik & kesehatan
    30.670 Views
  • 10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Melembapkan Rambut (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Shampo Terbaik untuk Melembapkan Rambut (Terbaru Tahun 2020)
    Rambut kering bisa diakibatkan oleh banyak faktor, di antaranya pewarnaan rambut, styling, ataupun kondisi cuaca. Untuk itu, banyak orang mulai mencari sampo dengan kandungan pelembap atau biasa dikenal dengan moisturizing shampoo. Di pasaran, ada berbagai merek moisturizing shampoo, seperti Pantene, Dove, dan Herbal Essences.Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai moisturizing shampoo, kami akan mengulasnya secara lengkap di artikel ini. Tak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan referensi. Selamat menemukan sampo yang cocok untuk Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    8.145 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori