• 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Bintik di Wajah - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Bintik di Wajah - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Bintik di Wajah - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Bintik di Wajah - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Bintik di Wajah - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Concealer Terbaik untuk Menutupi Bintik di Wajah - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Seiring dengan bertambahnya usia, bintik atau flek di wajah kerap muncul, entah berupa freckles atau bekas jerawat. Untuk menutupi bintik-bintik tersebut, Anda membutuhkan concealer wajah. Produk dan warna concealer yang tepat dapat menyamarkan dark spots Anda.

Dalam artikel ini, kami membagikan cara memilih concealer yang bagus untuk menutupi bintik di wajah sesuai kebutuhan. Kini sudah banyak concealer yang full coverage walaupun berasal dari merek lokal atau drugstore. Mulai dari PIXY, Make Over, L'Oréal, hingga The Saem, semua ada! Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dini Indriyani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 14 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Makeup artist, Dini Indriyani

Profil pakar: Makeup artist, Dini Indriyani
Dini Indriyani
Makeup artist
Dini Indriyani

Sering disapa Teh Dini, makeup artist yang berfokus pada wedding makeup ini memulai perjalanan profesionalnya sejak 2011 di Bandung. Dini kemudian melanjutkan kariernya di Jakarta sejak 2013.


Meskipun memiliki spesialisasi di bidang airbrush makeup, Dini juga menguasai genre makeup yang lain. Karena itu, sejak 2016 Dini aktif memberikan workshop serta private class di berbagai kota. Dini juga pernah menjadi mentor di Sanggar Liza Beauty Course sampai tahun 2019.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih concealer untuk menutupi bintik di wajah

Anda tentu ingin concealer terbaik untuk menutupi bintik di wajah, bukan? Dalam memilih concealer untuk menutupi bintik wajah, terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan. Baca dengan saksama empat poin di bawah ini agar Anda tidak salah memilih!

Kenali jenis concealer berdasarkan teksturnya

Secara umum, concealer terbagi menjadi lima jenis menurut teksturnya. Berikut ini kami jabarkan jenis-jenis concealer yang dapat Anda gunakan untuk menutupi bintik hitam di wajah.

Pencil: Untuk bintik-bintik halus (freckles) dan flek tipis

Pencil: Untuk bintik-bintik halus (freckles) dan flek tipis

Concealer pensil merupakan jenis terbaik untuk menyamarkan bintik-bintik kecil atau freckles. Berkat ujungnya yang runcing, Anda dapat mengaplikasikannya dengan mudah dan praktis. Sayangnya, concealer pensil tidak memiliki banyak pilihan warna. Padahal, warna yang paling cocok untuk menutupi flek hitam adalah warna oranye atau peach.


Perlu diingat, karena teksturnya keras, hindari penggunaan concealer jenis ini pada kulit wajah yang tipis, misalnya area mata. Hindari juga penggunaan pencil concealer ketika kulit Anda sedang sensitif.

Stick atau cream: Untuk bintik hitam

Stick atau cream: Untuk bintik hitam

Karakteristik dari concealer jenis stick adalah memiliki coverage yang tinggi dan dapat menempel dengan baik di kulit. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati agar tidak mengaplikasikannya terlalu banyak. Jika terlalu banyak, kulit akan terasa berat, tebal, dan tidak nyaman saat memakainya.


Sementara itu, jenis cream mempunyai hasil akhir yang lebih natural dan daya coverage yang tinggi. Salah satu keunggulan concealer jenis cream adalah dapat digunakan untuk berbagai jenis bintik di wajah, termasuk bintik yang tipis. Untuk mengaplikasikannya, Anda harus menggunakan jari atau brush. Hal tersebut mungkin dirasa cukup merepotkan bagi beberapa orang.


Baik menggunakan concealer jenis stick maupun cream, Anda disarankan memilih warna yang mendekati warna kulit Anda. Jangan sampai salah pilih, ya!

Liquid atau powder: Untuk bintik-bintik tipis, menyebar, atau hitam

Liquid atau powder: Untuk bintik-bintik tipis, menyebar, atau hitam

Concealer jenis liquid dan powder cocok untuk menyamarkan bintik-bintik tipis atau freckles yang menyebar. Jenis ini mempunyai tekstur yang mudah menyebar sehingga bagus untuk menutupi area yang lebar. Karena itu, kedua jenis concealer ini sering kali digunakan sebagai alas bedak karena dapat membaur secara alami.


Dari segi kekuatan coverage, jenis cair dan bubuk memiliki coverage yang beragam, dari yang ringan hingga tebal. Jadi, selain bisa untuk freckles yang tipis, banyak juga produk yang mampu menutup bintik hitam yang lebih gelap.

Pastikan concealer memiliki daya coverage yang tinggi

Pastikan concealer memiliki daya coverage yang tinggi

Daya coverage concealer yang Anda butuhkan tergantung pada tingkat pigmentasi dari bintik di wajah Anda. Jika Anda memiliki bintik hitam karena bekas jerawat, Anda butuh concealer dengan coverage tinggi. Sebaliknya, jika Anda memiliki bintik-bintik yang samar, produk dengan coverage sedang atau medium biasanya lebih cocok.


Untuk memastikan daya coverage produk, selalu periksa ulasannya terlebih dahulu. Jangan sampai produk yang dibeli tidak dapat menyamarkan noda di wajah dengan baik.


Salah satu penyebab ketidaksempurnaan di wajah adalah jerawat dan bekas jerawat. Jika Anda mencari concealer untuk menutupi jerawat, silakan kunjungi artikel berikut.

Pilih warna concealer yang sesuai dengan warna bintik di wajah Anda

Terdapat bermacam-macam jenis bintik, ada yang kecil dan ada yang besar. Warna bintik-bintik pada setiap kulit pun berbeda-beda. Mari pilih warna concealer yang cocok untuk menyembunyikan bintik di wajah Anda.

Warna satu tone lebih gelap untuk bintik hitam

Warna satu tone lebih gelap untuk bintik hitam

Secara umum, pilihlah warna yang sama atau satu tone lebih gelap dari kulit wajah untuk menyembunyikan bintik atau flek. Jadikan warna foundation sebagai acuan untuk mempermudah Anda memilih. 


Warna yang sedikit lebih gelap dari kulit dapat menyamarkan bintik berwarna cokelat. Sebaliknya, warna concealer yang terlalu terang dikhawatirkan akan sulit menyatu dengan foundation dan malah terlihat menonjol.

Concealer palettes untuk masalah kulit yang kompleks

Concealer palettes untuk masalah kulit yang kompleks

Concealer palettes mempunyai beberapa set warna di dalamnya. Concealer ini cocok untuk Anda yang memiliki permasalahan bintik yang cukup kompleks. Salah satu permasalahan kulit yang membutuhkan concealer palettes adalah ukuran dan warna bintik yang cukup beragam. 


Di samping itu, produk ini cocok untuk Anda yang kesulitan menemukan warna concealer yang cocok. Dengan menggunakan concealer palettes, Anda dapat mencampur warna concealer agar mendapatkan tone yang diinginkan. Jika Anda sudah mahir melakukan pencampuran warna, makeup Anda akan terlihat makin bagus.


Untuk memudahkan Anda, kami akan menyampaikan beberapa warna concealer yang kerap digunakan, lengkap dengan fungsinya.

  • Warna peach atau oranye cocok untuk menutupi lingkar bawah mata yang menghitam.
  • Warna hijau dapat menetralkan kemerahan pada wajah.
  • Warna ungu cocok untuk mengoreksi warna kuning pada wajah.
  • Warna cream atau netral dapat dipakai untuk menutupi bekas jerawat, noda hitam, dan mata panda. Selain itu, warna netral bisa dijadikan sebagai highlight untuk di bawah mata.

Sesuaikan hasil akhir dengan jenis kulit agar tidak mudah luntur

Sesuaikan hasil akhir dengan jenis kulit agar tidak mudah luntur

Hasil akhir concealer adalah faktor lain yang juga penting untuk diperhatikan. Hal ini karena tekstur dan hasil akhir concealer akan menghasilkan tampilan berbeda-beda pada tiap jenis kulit. Untuk jenis kulit berminyak, sebaiknya pilih concealer dengan finish yang matte. Sementara untuk kulit yang cenderung kering, Anda dapat mencoba concealer dengan hasil dewy atau satin.


Selain itu, hasil akhir juga perlu disesuaikan agar riasan tidak mudah luntur atau retak. Bagi kulit berminyak, produk yang matte diperlukan untuk mencegah riasan cepat luntur dengan membantu menahan produksi minyak berlebih. Sementara itu, bagi kulit kering, riasan biasanya cenderung mudah retak atau crack sehingga membutuhkan produk yang melembapkan.


Anda khawatir riasan mudah luntur akibat keringat? Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan bedak powder secara tipis setelah mengaplikasikan concealer.

10 Rekomendasi concealer terbaik untuk menutupi bintik di wajah

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk concealer terbaik untuk menutupi bintik di wajah yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dini Indriyani.

10

ShiseidoShiseido Men Targeted Pencil Concealer

Mulai dari Rp 556.000,00

JenisPencil
CoverageTidak disebutkan
Varian warna3 warna
Hasil akhirMatte
9

NARSSoft Matte Complete Concealer

Mulai dari Rp 475.000,00

JenisCream
CoverageHigh
Varian warna30 warna
Hasil akhirMatte
8

BIOAQUAPressed Powder Concealer Makeup Beauty Face Concealer

BQY9964

Mulai dari Rp 20.000,00

JenisPowder
CoverageTidak disebutkan
Varian warna3 warna
Hasil akhirTidak disebutkan
7
JenisLiquid
CoverageHigh
Varian warna35 warna
Hasil akhirMatte
6
JenisCream
CoverageHigh
Varian warna5 warna
Hasil akhirMatte
5
JenisCream (palettes)
CoverageMedium
Varian warna1 varian yang berisi 5 warna
Hasil akhirTidak disebutkan
4

L'Oréal ParisInfallible More Than Concealer

Mulai dari Rp 179.000,00

JenisLiquid
CoverageHigh
Varian warna6 warna
Hasil akhirMatte
3

PIXY CosmeticsUVW Concealing Base

Mulai dari Rp 39.000,00

JenisStick
CoverageMedium
Varian warna4 warna
Hasil akhirTidak disebutkan
2

ESQA CosmeticsFlawless Liquid Concealer

Mulai dari Rp 165.000,00

JenisLiquid
CoverageHigh
Varian warna10 warna
Hasil akhirMatte
1

The SAEMCover Perfection Tip Concealer

Mulai dari Rp 119.000,00

JenisLiquid
CoverageMedium to high
Varian warna8 warna
Hasil akhirMatte

Tabel perbandingan produk concealer terbaik untuk menutupi bintik di wajah

Gambar produk
1
The SAEM Cover Perfection Tip Concealer 1

The SAEM

2
ESQA Cosmetics Flawless Liquid Concealer 1

ESQA Cosmetics

3
PIXY Cosmetics UVW Concealing Base 1

PIXY Cosmetics

4
L'Oréal Paris Infallible More Than Concealer 1

L'Oréal Paris

5
Make Over Camouflage Cream Face Concealer 1

Make Over

6
Inez Cosmetics Correcting Cream 1

Inez Cosmetics

7
Tarte Shape Tape Concealer 1

Tarte

8
BIOAQUA Pressed Powder Concealer Makeup Beauty Face Concealer 1

BIOAQUA

9
NARS Soft Matte Complete Concealer 1

NARS

10
Shiseido Shiseido Men Targeted Pencil Concealer 1

Shiseido

Nama produk

Cover Perfection Tip Concealer

Flawless Liquid Concealer

UVW Concealing Base

Infallible More Than Concealer

Camouflage Cream Face Concealer

Correcting Cream

Shape Tape Concealer

Pressed Powder Concealer Makeup Beauty Face Concealer

Soft Matte Complete Concealer

Shiseido Men Targeted Pencil Concealer

Keunggulan

Cocok dijadikan spot concealer berkat ujung aplikator yang kecil

Tidak cepat kering! Memulas concealer pun tak perlu terburu-buru

Praktis untuk mempermudah rutinitas pagi yang padat

Bisa dipakai sebagai pengganti foundation

Ratakan warna kulit wajah Anda dengan kelima warnanya

Tampil flawless dengan budget terjangkau

Memberikan hasil yang tebal untuk menutupi kekurangan secara sempurna

Pilihan pas bagi para pemula

Menutupi masalah wajah sekaligus menutrisinya

Cocok untuk bintik-bintik ringan dan 'no-makeup' makeup look

Harga mulai dariRp 119.000,00Rp 165.000,00Rp 39.000,00Rp 179.000,00Rp 152.000,00Rp 63.000,00Rp 500.000,00Rp 20.000,00Rp 475.000,00Rp 556.000,00
JenisLiquidLiquidStickLiquidCream (palettes)CreamLiquidPowderCreamPencil
CoverageMedium to highHighMediumHighMediumHighHighTidak disebutkanHighTidak disebutkan
Varian warna8 warna10 warna4 warna6 warna1 varian yang berisi 5 warna5 warna35 warna3 warna30 warna3 warna
Hasil akhirMatteMatteTidak disebutkanMatteTidak disebutkanMatteMatteTidak disebutkanMatteMatte
Tautan produk

Tips untuk mengaplikasikan concealer

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk menutupi bintik di wajah, simak tips dalam mengaplikasikan concealer berikut ini!

Urutan pemakaian concealer dan foundation sebaiknya disesuaikan dengan jenis foundation

Urutan pemakaian concealer dan foundation sebaiknya disesuaikan dengan jenis foundation

Hal penting yang harus Anda perhatikan saat menggunakan concealer adalah urutan pemakaiannya. Sebenarnya, urutan pemakaian yang tepat dipengaruhi oleh jenis foundation Anda. Jika menggunakannya dengan benar, Anda dapat menambah daya tahan makeup Anda.


Untuk foundation jenis liquid, gunakan concealer setelah foundation. Sementara itu, untuk foundation jenis powder, gunakan concealer sebelum foundation. Anda juga dapat menggunakan face powder sebagai sentuhan akhir agar makeup tidak mudah luntur.

Ubah cara pengaplikasian sesuai dengan lebarnya bintik

Ubah cara pengaplikasian sesuai dengan lebarnya bintik

Untuk menyembunyikan bintik atau flek berukuran kecil, gunakan concealer jenis pencil yang memiliki daya lekat tinggi. Aplikasikan satu per satu pada bintik, kemudian bintik berukuran kecil pun dapat disembunyikan dengan mudah.


Ketika menggunakan concealer jenis cream, disarankan untuk menggunakan brush yang tipis, lalu tekan ke atas bintik hitam. Jika menggunakan jenis liquid, oleskan di punggung tangan terlebih dahulu, baru kemudian aplikasikan dengan menggunakan brush.


Ratakan concealer menggunakan sponge atau brush tebal untuk menutupi bintik berukuran besar. Baurkan lebih lebar daripada area bintik agar terlihat lebih menyatu. Dengan demikian, hasil akhirnya jadi lebih natural.

Cara menutupi bintik atau flek hitam

Cara menutupi bintik atau flek hitam

Pertama-tama, tutupi bintik atau flek hitam terlebih dahulu, kemudian tutuplah bintik yang lebih tipis secara bertahap. Anda akan mampu mengubah impresi wajah hanya dengan menyembunyikan bintik-bintik hitam.


Ketika menggunakan concealer palettes, disarankan untuk menggunakan warna gelap terlebih dahulu. Setelah itu, tambahkan warna yang lebih terang sedikit demi sedikit. Dengan melakukan trik ini, Anda dapat dengan mudah mengatur tingkat kecerahan sesuai dengan foundation Anda.

Cara mudah dan rapi untuk memperbaiki concealer

Cara mudah dan rapi untuk memperbaiki concealer

Riasan biasanya akan pudar setelah beberapa jam atau saat malam hari. Untuk mencegahnya, Anda sebaiknya tidak langsung touch up pada kulit yang sudah penuh sebum. Gunakan kertas minyak untuk menghilangkan sebum di wajah terlebih dahulu.


Setelah tidak ada lagi minyak di wajah, ambil concealer dan letakkan produk di punggung tangan Anda. Selanjutnya, aplikasikan di wajah dengan brush atau sponge terpisah. Hal ini untuk menghindari bakteri pada wajah menempel di aplikator concealer.


Anda juga dapat menghapus makeup yang luntur dengan menggunakan milk cleanser atau micellar water. Bersihkan semua kotoran yang menempel, kemudian aplikasikan kembali makeup Anda. Selalu bawa pembersih, kapas, dan concealer di dalam pouch agar Anda dapat touch up dengan mudah kapan saja.

Baca juga rekomendasi concealer lainnya di sini

Artikel ini secara khusus membahas tentang concealer untuk mengatasi masalah bintik atau flek pada wajah. Bila Anda membutuhkan informasi mengenai concealer lainnya, Anda dapat membacanya di tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda telah menemukan concealer yang paling pas untuk menutupi bintik di wajah? Agar tidak salah memilih, jangan lupa memperhatikan tips cara memilih di atas, ya.


Memilih concealer memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda harus mempertimbangkan kualitas produk dan kondisi kulit. Selain itu, warna, jenis, serta daya tutup concealer juga penting. Selamat memilih dan tampil menawan sepanjang hari!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Karena itu, kami akan bagikan tips memilih bedak tabur yang bagus beserta produk-produk terbaiknya. Terdapat sepuluh bedak tabur dari berbagai merek, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Focallure. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda pemilik kulit berminyak, harus jeli dalam memilih bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak untuk kulit berminyak? Tenang, Anda akan menemukan bedak yang cocok untuk kulit berminyak di artikel ini.  Kami akan memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Selain itu, ada juga rekomendasi bedak untuk kulit berminyak dari berbagai merek, seperti Make Over, Wardah, hingga Focallure. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola. Yuk, temukan bedak terbaik Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi BB Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, BB cushion menjadi salah satu produk yang populer di kalangan penggemar makeup. Hasilnya yang natural saat digunakan sangat pas untuk memberikan tampilan cantik alami. Selain itu, BB cushion banyak dipilih dengan alasan praktis karena sudah dilengkapi aplikator. Banyaknya merek BB cushion yang bagus mungkin membuat Anda bingung.Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih BB cushion terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa rekomendasi merek cushion terbaik juga dapat Anda temukan, seperti Wardah, Make Over, SOMETHINC, dan Luxcrime. Selamat membaca!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Foundation Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Powder foundation (bedak foundation) adalah salah satu complexion yang banyak disukai saat ini. Umumnya, powder foundation memiliki hasil akhir matte. Namun, saat ini sudah banyak powder foundation yang dilengkapi moisturizer agar kulit wajah tidak kering.Banyak brand kecantikan mengeluarkan bedak foundation yang bagus, seperti Maybelline, Revlon, dan Y.O.U. Beauty product lokal, seperti Wardah, Make Over, dan ESQA juga tak ketinggalan. K ali ini, kami akan me-review produk powder foundation terbaik beserta tips cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Renata Aprianti. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Rekomendasi CC Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi CC Cushion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Istilah cushion saat ini makin santer terdengar di tengah kepopuleran tren makeup ala Korea. Beragam produk makeup kini banyak mengadopsi kemasan built-in spons yang compact dan praktis ini. Salah satu produk makeup yang dikemas dalam bentuk cushion adalah CC cushion.Pada kesempatan ini kami akan menyajikan cara memilih CC cushion dan rekomendasi produknya yang bagus. Anda bisa memilih merek lokal, seperti Vienna dan Natasha, atau merek internasional, seperti The Face Shop dan Secret Nature. Mari temukan CC cushion terbaik Anda di sini!
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori