10 Rekomendasi Kado Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kado Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2019)

Salah satu cara untuk menunjukkan rasa sayang dan perhatian kepada anak adalah dengan memberikan hadiah. Tak harus menunggu momen ulang tahun atau kenaikan kelas tiba. Anda juga bisa memberikan hadiah kepada anak kapan pun Anda rasa layak memberikannya.

Memilih hadiah untuk anak, khususnya anak laki-laki itu gampang-gampang susah. Supaya tidak memberikan hadiah yang salah, sebaiknya Anda mencari tahu hal-hal apa yang harus diperhatikan sebelum membeli hadiah bagi anak laki-laki. Artikel ini hadir untuk membantu Anda menemukan kado yang tepat bagi ananda tercinta!

Daftar isi

Cara memilih kado terbaik untuk anak laki-laki

Mencari kado untuk anak sepertinya perkara mudah, tetapi pada kenyataannya kadang tidak sesederhana itu. Agar Anda dapat memilih kado yang tepat dan disukai anak, berikut kami jelaskan poin-poin penting cara memilih kado untuk anak laki-laki.

Pilih barang yang sedang tren di kalangan anak-anak

Pilih barang yang sedang tren di kalangan anak-anak

Tak jauh berbeda dengan dunia orang dewasa, di dunia anak pun mereka mengenal akan tren tertentu. Misalnya saat sedang booming animasi Tayo dan Robocar Poli, nyaris semua anak balita cowok ingin memiliki set mainan tersebut. Atau saat sedang ramai film Transformer, anak-anak usia TK hingga SD akan merengek untuk memiliki benda-benda bernuansa Transformer.

Selain tren yang berhubungan dengan film, tren alat permainan juga kerap terjadi. Saat ada yang memainkan fidget spinner atau rubik, semua berbondong-bondong membelinya dan bermain bersama-sama. Memiliki barang yang sedang tren akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak-anak.

Saat Anda berencana memberi hadiah untuk buah hati tercinta, perhatikan lebih dulu apa yang sedang tren di kalangan anak-anak. Cara mencari tahunya tentu saja dengan mengamati sekitar Anda. Setelah tahu apa yang menjadi tren, belilah barang tersebut untuk anak lelaki Anda. Dia pasti akan menyukainya.

Sesuaikan hadiah dengan momen yang sedang terjadi

Sesuaikan hadiah dengan momen yang sedang terjadi

Memberikan hadiah untuk anak laki-laki memang bisa dilakukan kapan pun tanpa harus menunggu momen ulang tahun. Hadiah sederhana semisal sekotak permen cokelat kesukaannya atau kaos superhero terbaru bisa diberikan kapan saja. Selama Anda memiliki budget untuk membelinya. Namun, saat bertepatan dengan momen-momen khusus, Anda bisa menyesuaikan hadiah dengan momen yang terjadi saat itu.

Misalnya saat anak laki-laki Anda naik kelas, Anda bisa menghadiahinya dengan tas baru atau peralatan sekolah bergambar superhero yang dia idam-idamkan. Hadiah tersebut bisa membuatnya semakin bersemangat menghadapi tahun ajaran baru. Satu set komik juga bisa menjadi hadiah menyenangkan bagi putra Anda yang baru pulang dari rumah sakit. Komik tersebut akan menjadi pengusir bosan saat dia harus banyak istirahat di kamar.

Menyesuaikan hadiah dengan momen yang sedang terjadi akan membuat kebahagiaan anak berlipat ganda. Anda senang karena hadiah yang diberikan tidak mubazir, anak pun senang karena mendapatkan barang yang diperlukannya.

Sesuaikan hadiah dengan usia anak

Sesuaikan hadiah dengan usia anak

Menurut pakar psikologi perkembangan anak, Elizabeth Hurlock, yang disebut anak-anak adalah mereka yang berusia 2 – 12 atau 13 tahun. Dengan rentang usia yang panjang, maka saat Anda ingin memberikan hadiah untuk anak laki-laki, Anda juga harus memperhatikan berapa usia anak yang hendak diberi.

Ketika berkunjung ke toko alat mainan atau toko pakaian, Anda harus menyebutkan dengan spesifik usia anak Anda kepada pegawai toko. Sebab, baju renang untuk anak 5 tahun tentu saja ukurannya berbeda dengan baju untuk anak 10 tahun. Jika Anda hanya menyebutkan “baju renang untuk anak laki-laki” tentu saja pegawai toko akan bingung.

Tak hanya soal ukuran, pilihan hadiah untuk anak usia dini dan anak usia sekolah juga berbeda. Untuk anak-anak pra sekolah, Anda bisa memberikan hadiah yang dapat dimainkan sekaligus mengasah kemampuan motorik maupun kognitifnya. Balok susun warna-warni, puzzle sederhana, mobil-mobilan, atau buku aktivitas adalah pilihan yang bagus.

Sementara untuk anak usia sekolah, Anda bisa memberikan hadiah yang bisa mendukung aktivitasnya sehari-hari. Peralatan sekolah, perlengkapan olahraga, ensiklopedia alam semesta, jam tangan karakter, atau lego. Semuanya bisa menjadi hadiah yang disenangi mereka.

Sesuaikan hadiah dengan kegemaran anak

Selain pemilihan hadiah berdasarkan usia, Anda juga bisa memberikan hadiah sesuai dengan kegemaran atau hobi anak. Semakin spesifik hobi anak, mencarikan hadiah yang tepat untuknya pun semakin mudah. Berikut ini beberapa pilihan hadiah yang bagus untuk anak yang memiliki kegemaran khusus.

Alat lukis dan mewarnai untuk anak yang gemar menggambar

Alat lukis dan mewarnai untuk anak yang gemar menggambar

Menggambar adalah salah satu aktivitas berkesenian yang diajarkan pada anak sejak dini. Bahkan di sekolah TK, alokasi waktu untuk menggambar maupun mewarnai lebih banyak dibandingkan dengan waktu untuk belajar mengenal huruf.

Bagi anak yang gemar menggambar dan mewarnai, satu set krayon, pensil warna, atau cat air pasti sangat menyenangkan hatinya. Selain itu, Anda juga bisa memberinya buku gambar, buku mewarnai, atau meja lukis bagi anak yang benar-benar serius dalam menggambar.

Perlengkapan olahraga untuk anak yang aktif dan gemar bermain di luar ruangan

Perlengkapan olahraga untuk anak yang aktif dan gemar bermain di luar ruangan

Untuk anak-anak yang tidak bisa diam dan gemar beraktivitas di luar ruangan, cobalah Anda memberi hadiah berupa peralatan olahraga. Sebuah bola sepak atau bola basket bisa menjadi hadiah terbaik. Dengan bola tersebut anak laki-laki bisa bermain bersama teman-temannya di lapangan.

Sepeda mini juga bisa dijadikan pilihan. Dengan memiliki sepeda, anak laki-laki Anda akan belajar soal keseimbangan dan koordinasi gerak tubuh. Kado yang bermanfaat, bukan?

Alat musik untuk anak dengan musikalitas yang menonjol

Alat musik untuk anak dengan musikalitas yang menonjol

Bersama-sama dengan menggambar, menyanyi dan bermusik adalah hal yang sebaiknya diajarkan sejak bayi. Pada awalnya pasti anak-anak gemar bernyanyi. Seiring perkembangan usia, biasanya akan terlihat mana yang benar-benar suka bernyanyi dan mana yang asal bernyanyi.

Bagi anak-anak yang memiliki kemampuan musikalitas tinggi, Anda bisa mendukung bakatnya dengan memberi hadiah berupa alat musik atau satu set alat karaoke. Saat ini ada banyak produsen musik yang mengeluarkan seri alat musik untuk anak-anak seperti keyboard, gitar, biola, dan lain-lain.

Buku untuk anak yang gemar membaca atau mendengarkan dongeng

Buku untuk anak yang gemar membaca atau mendengarkan dongeng

Apabila anak laki-laki Anda gemar membaca, berikanlah hadiah berupa buku dengan tema petualangan, komik edukasi, atau ensiklopedia tentang alam semesta. Biarkan dia membangun imajinasi dan mendapatkan informasi pengetahuan dari buku-buku yang dibacanya. Jika anak Anda masih belum bisa membaca tetapi suka mendengarkan dongeng, Anda bisa membelikannya buku cerita bergambar. Anda bisa membacakan dongeng untuknya menjelang tidur.

10 Rekomendasi kado terbaik untuk anak laki-laki

Apakah penjelasan mengenai cara memilih kado untuk anak laki-laki sudah cukup jelas? Kini kami akan memberikan sepuluh rekomendasi hadiah terbaik untuk anak laki-laki berdasarkan tips yang sudah kami ulas. Berikut rekomendasinya!

10. Hot Wheels 3 Cars Pack

10. Hot Wheels 3 Cars Pack

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 56.500

Mobil-mobilan yang awet dan pasti disukai semua anak laki-laki

Saat Anda ingin memberi hadiah untuk anak laki-laki tapi budget yang dimiliki terbatas, belikan Hot Wheels saja! Dengan harga terjangkau, mobil-mobilan yang menyerupai bentuk mobil asli ini sangat awet dan bisa dimainkan hingga bertahun-tahun kemudian. Hadiah ini bisa diberikan kepada anak usia tiga tahun ke atas.

Jenis hadiah Mobil-mobilan
Manfaat Bisa dikoleksi dan membuat anak merasa senang

9. YongJun Speed Edition : 3THREE-LAYER

9. YongJun Speed Edition : 3THREE-LAYER

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 39.000

Hadiah ekonomis yang bisa melatih otak untuk berpikir

Ingin melatih buah hati untuk gampang mengingat dan berkonsentrasi? Berilah ia sebuah rubik. Permainan berbentuk kubus 3x3x3 ini akan menantang kemampuan berpikir putra Anda. Mainan ini didesain untuk anak usia enam tahun ke atas. Saat bermain di dalam gelap, rubik ini bisa menyala.

Jenis hadiah Rubik
Manfaat Melatih konsentrasi dan mengasah kesabaran

8. Robocar Poli Figure

8. Robocar Poli Figure

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 50.000

Mobil karakter yang akan mengasah imajinasi bercerita anak

Inilah kado terbaik untuk anak-anak penggemar serial animasi Robocar Poli. Dalam satu set terdiri dari delapan mobil yang mewakili karakter utama di film tersebut. Ukurannya yang mini dan tidak perlu menggunakan baterai membuat semakin mudah dimainkan. Meski berbahan plastik, mainan ini cukup awet, lho!

Jenis hadiah Mobil-mobilan
Manfaat Membuat anak senang dan mengasah imajinasi saat bermain peran

7. Faber Castell 60 Connector Pen

8. Faber Castell 60 Connector Pen

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 112.000

Selain untuk mewarnai, connector pen ini juga bisa disambung menjadi mainan, lho!

Connector pen ini cocok dijadikan hadiah bagi anak-anak yang suka mewarnai maupun menggambar. Berjumlah enam puluh, pewarna ini bisa menghasilkan komposisi warna yang kaya dan beragam. Saat pewarna terkena baju, ibu tak usah khawatir sebab bisa dicuci dan tidak meninggalkan noda.

Hal menarik lainnya dari connector pen ini adalah bentuk tutupnya yang unik sehingga masing-masing pewarna bisa digabungkan. Anak-anak pun bisa membuat aneka bentuk dari connector pen yang dimiliki.

Jenis hadiah Spidol warna-warni
Manfaat Untuk menggambar dan mewarnai serta bisa dijadikan mainan dengan cara merangkai spidolnya

6. SKMEI 1095 Kids LED Digital Children Cartoon Sports Watch

6. SKMEI 1095 Kids LED Digital Children Cartoon Sports Watch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 35.900

Jam tangan yang bisa berubah menjadi robot

Berikan jam tangan ini kepada putra Anda yang menggemari Transformer. Saat dilepas dari strap-nya, jam tangan ini bisa berubah bentuk menjadi robot Transformer yang bisa berdiri tegak. Penanda waktu digital akan memudahkan anak-anak untuk belajar soal waktu dan jam.

Jenis hadiah Jam tangan
Manfaat Sebagai penunjuk waktu sekaligus bisa dijadikan mainan

5. Ensiklopedia Junior : Luar Angkasa

5. Ensiklopedia Junior : Luar Angkasa

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 110.000

Ensiklopedia dengan ilustrasi menarik yang menjadikan belajar semakin menyenangkan

Berikanlah Ensiklopedia Junior Luang Angkasa ini kepada anak laki-laki yang gemar membaca. Dilengkapi dengan ilustrasi menarik dan berwarna, ensiklopedia ini akan membuat proses transfer ilmu berjalan dengan menyenangkan. Belajar soal tata surya dan luar angkasa pun semakin seru!

Jenis hadiah Ensiklopedia
Manfaat Memberikan informasi dan pengetahuan kepada anak tentang luar angkasa

4. Intex 10ft X 30in Easy Set Pool Set

4. Intex 10ft X 30in Easy Set Pool Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 854.000

Kolam renang portabel yang bisa dipakai seluruh anggota keluarga

Kalau putra Anda suka berenang maupun bermain air, kolam portabel ini adalah hadiah yang cocok untuknya. Anda bisa membentangkan di halaman rumah dan mengisinya dengan air, lantas seluruh keluarga bisa bersenang-senang bersama. Untuk anak-anak dengan usia di bawah enam tahun pastikan bermain dalam pengawasan orangtua.

Jenis hadiah Kolam renang portabel
Manfaat Bisa untuk berenang dan bermain air di rumah bersama keluarga

3. Yamaha CS40

3. Yamaha CS40

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 950.000

Gitar akustik yang akan meningkatkan kemampuan bermusik

Dukung anak untuk meningkatkan kemampuan musikalitasnya dengan memberikan hadiah gitar akustik produksi Yamaha. Dengan senar nilon yang lembut dan bentuk yang padat, gitar ini akan nyaman digunakan berlatih anak. Gitar yang dirancang untuk pemula ini memiliki suara khas gitar nilon.

Jenis hadiah Gitar akustik
Manfaat Meningkatkan kemampuan musikalitas anak dan mengembangkan kemampuan kinerja otak kanan

2. Lego Junior Fire Patrol Suitcase

2. Lego Junior Fire Patrol Suitcase

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 300.000

Permainan yang bisa mengasah kreativitas dan imajinasi anak

Ingin melatih kesabaran sekaligus daya kreativitas buah hati? Berikan saja hadiah Lego Junior. Didesain untuk anak usia 4-7 tahun, Lego Junior Fire Patrol ini akan mudah diselesaikan oleh anak. Lego dikemas dalam kotak menyerupai koper sehingga bisa digunakan untuk menyimpan lego yang telah dibongkar.

Jenis hadiah Permainan Lego
Manfaat Melatih kesabaran, ketelitian, serta membuat anak merasa senang

1. Wimcycle 18″ BMX Reactor

1. Wimcycle 18" BMX Reactor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.170.000

Tunggangan penuh gaya untuk si kecil yang hendak belajar naik sepeda

Sepeda Wimcycle ukuran 18″ ini ditujukan bagi anak usia 7-10 tahun. Bagi anak yang belum bisa naik sepeda tersedia roda samping yang bisa dibongkar pasang. Dengan desain yang menarik dan frame yang kuat, sepeda BMX ini akan menjadi tunggangan penuh gaya sekaligus awet untuk buah hati Anda.

Jenis hadiah Sepeda
Manfaat Melatih keseimbangan anak. Bisa digunakan sebagai alat permainan dan sarana transportasi

Baca juga rekomendasi hadiah untuk anak lainnya di sini!

Selain kado untuk anak laki-laki, mungkin Anda sedang mencari hadiah untuk anak yang sedang ulang tahun atau anak yang hendak masuk SD. Bagi Anda yang sedang membutuhkan informasinya, silakan melihat rekomendasi kami pada artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Dalam artikel ini kami telah merekomendasikan sepuluh hadiah terbaik mulai dari jam karakter, lego, gitar, hingga sepeda BMX. Bagaimana tanggapan Anda? Adakah barang yang menurut Anda cocok untuk hadiah putra tercinta?

Anda tak harus memberikan barang bermerek atau berharga mahal sebagai hadiah kepada buah hati. Sebab yang terpenting dari segala hadiah itu adalah perhatian serta kasih sayang yang tulus. Harga berapa pun, selama orang tua yang memberikannya anak pasti akan senang.