10 Rekomendasi Maskara Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Maskara Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Maskara sangat penting untuk membuat bulu mata lebih panjang dan bervolume. Ada berbagai merek maskara yang sering kita temui. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang waterproof hingga yang bisa dihapus dengan air hangat. Oleh sebab itu, Anda mungkin bingung harus memilih yang mana.

Untuk membantu Anda, kami akan membahas cara memilih maskara beserta cara mengaplikasikan dan menghapusnya. Selain itu, kami juga akan memberi rekomendasi maskara terbaik. Anda dapat memilih maskara dari Lancôme, Maybelline, Can Make, Wardah, dan berbagai merek lainnya. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih maskara

Saat ini terdapat berbagai produk maskara yang bisa kita temui di pasaran. Supaya Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, mari kita bahas poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan.

Pilihlah maskara berdasarkan hasil akhir yang diinginkan

Secara umum, maskara terbagi menjadi dua tipe, yaitu lengthening mascara dan volumizing mascara. Hasil akhir dan kesan yang ditimbulkan akan tergantung pada jenis yang Anda pilih. Di bawah ini, kami akan memperkenalkan keunikan dari masing-masing tipe tersebut.

Lengthening mascara, menghasilkan bulu mata panjang yang halus

Lengthening mascara, menghasilkan bulu mata panjang yang halus

Seperti namanya, lengthening mascara adalah jenis maskara yang dapat memanjangkan bulu mata. Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin bulu matanya kelihatan lebih panjang. Anda juga dapat menciptakan kesan tajam yang alami di ujung mata dengan maskara tipe ini.

Beberapa orang menginginkan produk maskara yang merupakan gabungan antara lengthening mascara dan fiber mascara yang mengandung serat. Namun, disarankan bagi pemula untuk menghindari fiber mascara karena membutuhkan tips khusus dalam penggunaannya. Mengenai hal ini, akan dijelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

Volumizing mascara, untuk mendapatkan mata yang tajam dan berkesan

Volumizing mascara, untuk mendapatkan mata yang tajam dan berkesan

Volumizing mascara adalah jenis maskara yang dapat membuat bulu mata tampak lebih tebal dan banyak. Jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang memiliki sedikit bulu mata.

Selain itu, jenis maskara ini juga dapat menonjolkan bola mata hitam Anda sehingga sangat cocok untuk Anda yang menginginkan kesan yang mendalam pada ujung mata. Namun, jenis maskara ini juga mudah menimbulkan gumpalan-gumpalan sehingga perlu dirapikan lagi dengan menggunakan sisir bulu mata.

Pilihlah maskara berdasarkan karakteristiknya

Beberapa maskara memiliki karakteristik khusus selain memberi efek bulu mata lebih panjang dan bervolume. Untuk itu, tentukanlah dahulu mengenai karakteristik yang Anda prioritaskan dari suatu maskara. Berikut ini, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan maskara berdasarkan karakteristiknya.

Maskara tipe film, mudah dihapus dengan air hangat

Maskara tipe film, mudah dihapus dengan air hangat

Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menghapus maskara dengan mudah, hanya dengan dibasuh air hangat. Namun, beberapa maskara tipe film ternyata dapat terhapus dengan air bersuhu 38°C atau kurang. Oleh karena itu, untuk Anda yang hendak wudu berhati-hatilah ketika menggunakannya agar tidak belepotan.

Maskara tipe waterproof, tahan lama dan tidak mudah terhapus

Maskara tipe waterproof, tahan lama dan tidak mudah terhapus

Seperti namanya, maskara tipe waterproof tahan terhadap air dan lebih tidak mudah terhapus dibandingkan dengan tipe film. Jika Anda ingin tetap mempertahankan maskara Anda ketika berenang di laut atau di kolam renang, tipe ini adalah pilihan terbaik.

Hanya saja, tipe waterproof memiliki kelemahan karena tidak kompatibel dengan sebum kulit. Akibatnya, beberapa produk berisiko memunculkan terjadinya mata panda pada orang-orang yang area matanya mudah mengeluarkan sebum. Noda hitam dapat muncul akibat warna maskara yang luntur ketika bertemu dengan sebum. Akan tetapi, sekarang ini sudah tersedia produk maskara smudgeproof yang tidak mudah rusak oleh sebum kulit.

Pilihlah maskara berdasarkan jenis kuas dan kegunaannya

Pemilihan kuas maskara juga penting untuk mendapatkan bulu mata yang ideal. Berikut ini kami akan memperkenalkan empat jenis kuas utama. Silakan Anda memilih yang sesuai dengan kemudahan pengaplikasian dan hasil akhir ideal yang Anda inginkan!

Kuas dengan ujung melengkung, untuk menambah volume

Kuas dengan ujung melengkung, untuk menambah volume

Yang paling umum dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula adalah maskara dengan kuas melengkung (curved wands). Jenis maskara ini direkomendasikan bagi mereka yang ingin menambah volume bulu mata atau membuat bulu mata melengkung.

Keunikan maskara ini adalah bentuknya yang melengkung sesuai dengan bentuk mata sehingga cairan maskara dapat menyebar ke seluruh bagian bulu mata, bahkan hanya dengan satu sapuan. Selain itu, jenis ini juga mudah diaplikasikan dari akar bulu mata.

Kuas berbentuk kerucut, mudah diaplikasikan di bagian yang sempit sekalipun

Kuas berbentuk kerucut, mudah diaplikasikan di bagian yang sempit sekalipun

Kuas berbentuk kerucut (tapered wands) sangat ideal bagi Anda yang ingin menambah volume bulu mata sekaligus mengaplikasikannya secara detail hanya dengan satu maskara. Jenis maskara ini ditandai dengan bentuknya yang semakin tipis ke arah ujung. Anda dapat menggunakan bagian tengah untuk menambahkan volume pada seluruh bulu mata, lalu menggunakan bagian ujungnya untuk aplikasi maskara di bulu mata bagian bawah maupun sudut mata.

Kuas berbentuk sisir, untuk memisahkan bulu mata

Kuas berbentuk sisir, untuk memisahkan bulu mata

Kuas maskara berbentuk sisir dapat menjangkau satu-persatu bulu mata sehingga tidak menimbulkan gumpalan. Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki bulu mata lentik, halus, dan panjang. Maskara ini membuat bulu mata semakin terbuka ketika diaplikasikan sehingga akan menjadikan mata Anda semakin tajam.

Kuas berbentuk spiral, menghasilkan efek berbeda

Kuas berbentuk spiral, menghasilkan efek berbeda

Maskara dengan kuas bentuk spiral ini memiliki cekungan di bagian tengah sehingga akan memberikan hasil yang berbeda ketika maskara diaplikasikan dalam sekali sapuan. Keuntungannya, hal ini memudahkan untuk menyesuaikan volume dan panjang bulu mata yang diinginkan.

Keuntungan lainnya adalah memudahkan Anda untuk menjangkau bagian-bagian kecil jika Anda hanya menggunakan ujungnya. Apabila Anda menguasai cara penggunaannya, Anda bisa mendapatkan berbagai efek bulu mata yang berbeda.

Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya hindari jenis fiber mascara

Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya hindari jenis fiber mascara

Sebelum membeli, sebaiknya Anda memeriksa ada tidaknya serat dalam cairan maskara. Khususnya bagi Anda yang belum mahir mengaplikasikan maskara atau belum terbiasa. Fiber mascara merupakan jenis maskara mengandung serat yang agak sulit digunakan.

Manfaat dari fiber mascara ini adalah mampu menghasilkan volume dengan bulu mata panjang dan ketebalan yang cukup. Di sisi lain, ada banyak produk yang memiliki serat dengan ketebalan berbeda sehingga dapat menimbulkan gumpalan. Saat mengaplikasikan maskara, disarankan untuk lebih berhati-hati sambil menggunakan sisir bulu mata.

10 Rekomendasi maskara terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi maskara terbaik untuk Anda. Ingatlah untuk tetap mengacu pada cara memilih yang telah dibahas sebelumnya, ya. Mari kita mulai!

10. Wardah Volume Expert Mascara

10. Wardah Volume Expert Mascara

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 57.300

Mengandung minyak Argan untuk merawat bulu mata

Volume Expert Mascara merupakan salah satu jenis produk unggulan Wardah. Di dalam formulanya terdapat kandungan minyak Argan yang berfungsi merawat helai demi helai bulu mata Anda. Dengan harga yang relatif lebih murah, Anda akan mendapat maskara halal yang bisa menambah pesona mata Anda.

Tipe Volumizing, waterproof
Jenis kuas Kerucut
Hasil akhir Bulu mata tebal dan lentik

9. Clinique Lash Power™ Mascara Long-Wearing Formula

9. Clinique Lash Power™ Mascara Long-Wearing Formula

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 275.000

Formula tanpa paraben untuk kesehatan kulit Anda

Produk dari Clinique ini tidak mengandung paraben, phthalates, dan fragrance sehingga aman bagi kulit Anda. Jadi, bagi Anda yang ingin tampil cantik tanpa mengorbankan kesehatan kulit, produk ini layak dicoba. Selain itu, kuas uniknya bisa menjangkau hingga ke bulu mata yang pendek.

Tipe Lengthening, film, tanpa serat
Jenis kuas Spiral
Hasil akhir Helai bulu mata terpisah dan panjang

8. Flowfushi Mote Mascara Impact 2

8. Flowfushi Mote Mascara Impact 2

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 266.000

Tipe waterproof, tetapi bisa dihapus dengan air hangat

Kandungan mineral alami yang ada di produk ini bermanfaat sebagai formula perawatan mata. Mata Anda pun akan menjadi indah dan sehat dengan produk all-in-one ini. Selain itu, maskara tipe waterproof ini tetap bisa dihapus dengan air hangat. Pilihan praktis bagi Anda yang tidak ingin repot!

Tipe Volumizing, paduan waterproof dan film
Jenis kuas Sisir
Hasil akhir Lentik, halus, panjang

7. DeJavu Fiberwig Ultra Long Mascara

7. DeJavu Fiberwig Ultra Long Mascara

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 310.200

Dapatkan hasil maksimal dengan maskara berserat yang kuasnya ultra panjang

Produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan bulu mata yang nampak panjang alami. Kuas berserat yang melengkung di bagian ujungnya akan membuat bulu mata Anda semakin panjang. Namun, hal ini tidak akan menimbulkan gumpalan maskara di bulu mata.

Selain tampak panjang, bulu mata Anda pun akan terlihat lebih lentik dan tahan lama. Maskara ini termasuk tipe film sehingga mudah dibersihkan dengan air hangat. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena formula khususnya juga mencegah terbentuknya mata panda.

Tipe Film
Jenis kuas Ujung melengkung
Hasil akhir Panjang dan lentik lebih lama

6. Shiseido Majolica Majorca Lash Expander Long Long Long

6. Shiseido Majolica Majorca Lash Expander Long Long Long

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 378.000

Membuat mata Anda semakin tajam dan lentik

Maskara produksi lini perusahaan Shiseido ini memiliki keunikan tersendiri pada sisir kuasnya yang ada dua jenis. Sisir kuas utama ditujukan untuk memisahkan helai bulu mata dan memanjangkannya. Sementara itu, sisir kuas yang lebih kecil digunakan untuk mencapai bulu di sudut mata dan bagian bawah mata.

Produk ini mampu menjadikan bulu mata pendek menjadi lebih panjang dan lentik sehingga mata Anda pun akan kelihatan lebih besar. Jika Anda menggemari riasan yang menonjolkan bagian mata, gunakanlah maskara ini. Mata Anda akan tampak sangat memikat.

Tipe Lengthening, waterproof, fiber
Jenis kuas Sisir
Hasil akhir Bulu mata panjang dan lentik, mata nampak besar

5. Maybelline Magnum Big Shot

5. Maybelline Magnum Big Shot

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 119.000

Menciptakan efek bulu mata tebal yang dramatis

Untuk merawat bulu mata Anda, produk ini dilengkapi dengan formula collagen. Selain itu, hanya dengan satu sapuan maskara, bulu mata Anda akan tampak tebal dan dramatis. Hal ini berkat kuas big shot tipe fiber yang membuat Anda bagaikan memakai eyelash extension.

Meski demikian, maskara ini terasa sangat ringan di mata dan tidak menggumpal. Mata juga tidak akan terasa gatal seperti ketika memakai maskara yang memiliki serat. Jadi, jika Anda memiliki mata yang sensitif, produk ini mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Tipe Volumizing
Jenis kuas Kerucut
Hasil akhir Bulu mata tebal dan lentik

4. Isehan Kiss Me Heroine Make Long & Curl Mascara Advanced Film

4. Isehan Kiss Me Heroine Make Long & Curl Mascara Advanced Film

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 281.000

Maskara tipe film yang tetap waterproof 

Salah satu keunggulan produk Heroine Make adalah kekuatan waterproof yang andal. Ketika Anda berurai air mata, maskara ini akan tetap menempel tanpa menimbulkan mata panda. Maskara ini akan tetap terjaga sepanjang hari sehingga dapat menjadi andalan para wanita dengan banyak kesibukan.

Untuk menghapus maskara ini pun, Anda hanya memerlukan air hangat dan sabun pembersih wajah. Hanya saja, kuasnya yang berserat kadang meninggalkan gumpalan maskara di bulu mata. Anda bisa merapikannya dengan sisir bulu mata agar memperoleh hasil akhir yang memuaskan.

Tipe Lengthening, film, waterproof
Jenis kuas Ujung melengkung
Hasil akhir Tebal dan lentik sepanjang hari

3. Lancôme Hypnôse Star Waterproof Mascara

3. Lancôme Hypnôse Star Waterproof Mascara

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 450.000

Riasan bulu mata glamor bak bintang

Anda menginginkan bulu mata tebal, lentik, dan bervolume dengan kesan glamor seperti bintang? Produk ini mungkin cocok untuk Anda. Anda akan mendapatkan kesan glamor hanya dengan satu sapuan kuas. Selain itu, formula khususnya mampu menjaga riasan glamor tersebut selama 24 jam.

Kuasnya memiliki dua sisi dengan panjang bulu yang berbeda. Hal ini membuat Anda bisa menjangkau bulu-bulu kecil di sudut dan bawah mata. Agar tidak menggumpal, perhatikan cara mengaplikasikan kuas yang baik seperti yang akan kami bahas di bagian selanjutnya.

Tipe Volumizing, waterproof
Jenis kuas Kerucut dengan dua sisi
Hasil akhir Tebal, lentik

2. Rimmel London Lash Accelerator Mascara

2. Rimmel London Lash Accelerator Mascara

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 139.000

Tidak hanya memanjangkan, tetapi juga menyuburkan bulu mata

Apakah Anda mendambakan bulu mata yang panjang alami? Produk inilah yang bisa menjadi solusinya. Bulu mata Anda akan menjadi lebih panjang dan kuat. Selain itu, dengan pemakaian teratur, produk ini juga bisa menyuburkan bulu mata Anda.

Kuasnya berbentuk skinny di bagian dasar untuk menjangkau bulu-bulu mata yang pendek. Produk ini tidak hanya menjanjikan bulu mata Anda bertambah panjang dan kuat. Dengan formula khususnya, bulu mata tetap nampak lembut dan tidak kaku.

Tipe Lengthening
Jenis kuas Spiral
Hasil akhir Bulu mata panjang alami, kuat, lentik, lembut

1. Kose Fasio Powerful Curl Mascara EX

1. Kose Fasio Powerful Curl Mascara EX

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 200.000

Spesialis bulu mata pendek

Bagi Anda yang memiliki bulu mata pendek, kini tidak perlu khawatir lagi mencari maskara yang sesuai. Produk dari Kose ini dapat memanjangkan bulu mata Anda yang pendek. Kuas extra fine skinny-nya dapat menjangkau bulu mata yang sangat pendek sekalipun.

Produk ini mengandung empat jenis serat yang dibungkus dengan powerful curl polymer. Hal ini menjadikan maskara Anda tidak belepotan meski digunakan sepanjang hari. Tingkat kelentikan bulu mata Anda pun akan tetap terjaga.

Tipe Lengthening, waterproof, sebumproof
Jenis kuas Sisir
Hasil akhir Bulu mata lebih panjang, lentik

Cara mengaplikasikan maskara

Hasil akhir dan kesan yang ditimbulkan akan sangat tergantung pada bagaimana cara Anda mengaplikasikan maskara. Kita perlu menguasai hal ini dengan baik agar tidak membuat kesalahan, misalnya maskara yang menggumpal di bulu mata. Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana cara menggunakan maskara yang baik.

Membersihkan kelebihan cairan pada kuas maskara dengan tisu

Membersihkan kelebihan cairan pada kuas maskara dengan tisu

Jika terdapat terlalu banyak cairan di ujung kuas, pastikan untuk menyekanya dengan tisu sebelum digunakan. Beberapa orang mungkin menganggap sepele hal ini, tetapi ini adalah proses yang perlu dilakukan untuk mencegah cairan tersebut menggumpal. Selain itu, kesan tebal juga akan berkurang karena maskara beradaptasi secara alami dengan bulu mata.

Anda juga sebaiknya membersihkan bagian antara sikat bulu mata dan penutup maskara dengan tisu.  Hal ini untuk mencegah maskara belepotan dan mengenai kelopak mata Anda.

Mengubah arah sapuan dan sudut kuas sesuai bagian-bagian bulu mata

Mengubah arah sapuan dan sudut kuas sesuai bagian-bagian bulu mata

Saat menggunakan maskara, apakah Anda mengaplikasikannya dengan arah yang sama? Cara aplikasi seperti ini tidak akan membuat bulu mata mengembang. Mengubah arah sapuan kuas sesuai dengan bagian-bagian bulu mata adalah kunci untuk menghasilkan bulu mata yang indah!

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Pertama-tama, aplikasikan maskara pada bulu mata yang berada di atas pupil dengan cara melengkung ke arah atas. Selanjutnya, untuk bagian sudut mata, maskara diaplikasikan dengan cara melengkung dan sedikit dimiringkan. Pada saat itu, Anda dapat membuat bulu mata Anda melengkung lebih lama dengan menyapunya dari bawah. Untuk bulu mata di bagian bawah mata, Anda dapat mengaplikasikan maskara dengan menggunakan sikat maskara secara vertikal.

Sebagai tambahan informasi, memulas bulu mata mulai dari akarnya bisa membuat maskara belepotan. Sebagai solusinya, maskara bisa diaplikasikan mulai dari bagian tengah, sedangkan di bagian akarnya bisa dilapisi dengan top coat transparan.

Gunakan sisir bulu mata bergantian saat aplikasi maskara berlebihan

Gunakan sisir bulu mata bergantian saat aplikasi maskara berlebihan

Kita terkadang mengaplikasikan maskara beberapa kali ketika ingin menghasilkan bulu mata panjang dan bervolume. Saat melakukan hal ini, Anda dapat mencegah timbulnya gumpalan di bulu mata dengan menggunakan sisir maskara secara bergantian.

Sisir maskara adalah barang yang harus dimiliki, terutama pada saat menggunakan maskara tipe volume atau tipe fiber yang gampang menimbulkan gumpalan. Sisir maskara juga memiliki efek memisahkan bulu mata sehingga akan menghasilkan riasan mata yang lebih alami.

Dengan penggunaan sisir bulu mata yang tepat, bulu mata Anda akan tampak lebih cantik alami. Akan tetapi, jika Anda merasa kesulitan, Anda sebaiknya menggunakan maskara yang kuasnya berbentuk sisir.

Cara menghapus maskara tanpa merusak bulu mata

Cara menghapus maskara tanpa merusak bulu mata

Untuk maskara tipe film, Anda dapat langsung menghapusnya dengan air hangat. Namun, maskara yang digunakan umumnya memerlukan cairan pembersih (cleanser) yang digosokkan berkali-kali di bulu mata untuk menghapusnya. Jika hal ini dilakukan setiap hari, dikhawatirkan bulu mata akan ikut tercabut dan menjadi jarang-jarang. Agar tidak merusak bulu mata, gunakan penghapus riasan mata untuk menghapus maskara dengan hati-hati.

Langkah-langkah menghapus maskara:

1. Celupkan kapas ke dalam cairan penghapus riasan mata

2. Letakkan kapas di atas bulu mata dan biarkan meresap selama sekitar 30 detik

3. Tekan seluruh bulu mata dengan kapas dan usap dengan lembut

4. Celupkan cotton bud ke dalam cairan penghapus riasan mata

5. Letakkan kapas yang sudah dilipat dua pada kelopak mata bawah

6. Pejamkan mata Anda dan usapkan cotton bud dari akar ke ujung rambut

7. Cuci bersih dengan air hangat

Baca juga rekomendasi produk maskara dan makeup alis terbaik lainnya di sini!

Ada berbagai produk maskara yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kami telah memperkenalkan beberapa rekomendasi produk maskara yang tahan lama, waterproof, berwarna, maupun yang bening untuk Anda. Selain itu, ada juga rekomendasi untuk riasan alis dan bulu mata. Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih maskara, serta memberi tips untuk mengaplikasikan dan menghapusnya. Semoga artikel dan rekomendasi produk yang kami sampaikan dapat menjadi referensi Anda dalam memilih maskara yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Selamat memilih maskara dan bereksperimen dengan riasan mata pilihan Anda!