• 10 Rekomendasi Maskara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Maskara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Maskara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Maskara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Maskara Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Maskara Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Dewasa ini, maskara menjadi item kosmetik esensial untuk menciptakan penampilan mata yang memikat. Maskara membuat bulu mata lebih panjang, lentik, dan tampak tebal. Karakteristik maskara di pasaran pun beragam, mulai dari yang waterproof hingga yang bisa dihapus dengan air hangat. 

Untuk mendampingi Anda menemukan maskara yang bagus, kami akan membahas cara memilihnya. Selain itu, kami juga akan menawarkan rekomendasi dan review maskara terbaik dari Maybelline, Wardah, hingga PIXY. Mari temukan maskara terbagus agar semua mata tertuju pada Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih maskara

Saat ini, terdapat berbagai produk maskara yang bisa kita temui di pasaran. Supaya Anda menemukan produk yang sesuai, mari kita bahas tips memilihnya.

Pilih tipe maskara berdasarkan hasil akhir yang diinginkan

Maskara terbagi atas beberapa jenis berdasarkan klaim hasil akhirnya. Maskara dapat memanjangkan, membuat terlihat tebal, dan melentikkan. Di bawah ini, kami akan memperkenalkan tiap-tiap tipe maskara.

Lengthening mascara, menghasilkan bulu mata panjang yang halus

Lengthening mascara, menghasilkan bulu mata panjang yang halus
Seperti namanya, lengthening mascara adalah jenis maskara yang membuat bulu mata terlihat lebih panjang. Tipe ini bisa dipilih jika Anda merasa memiliki bulu mata yang pendek. Dengan maskara ini pula, Anda dapat menciptakan kesan tajam yang alami di ujung mata.

Beberapa orang menginginkan produk maskara gabungan lengthening dan fiber mascara (mengandung serat). Namun, para pemula disarankan untuk menghindari maskara yang ada fibernya karena membutuhkan cara khusus dalam menggunakannya. Hal ini akan dijelaskan lebih lanjut pada pembahasan tips memilih yang terakhir.

Volumizing mascara, agar bulu mata terlihat lebih tebal

Volumizing mascara, agar bulu mata terlihat lebih tebal
Volumizing mascara memang sesuai juga dengan namanya. Jenis maskara ini diklaim dapat membuat bulu mata tampak lebih tebal dan banyak. Dengan begitu, maskara penambah volume tentu cocok bagi Anda yang memiliki sedikit bulu mata.

Tak hanya membuat terlihat tebal, maskara volumizing juga dapat menonjolkan bola mata. Namun, tipe ini juga mudah menimbulkan gumpalan-gumpalan. Oleh karena itu, Anda perlu merapikannya lagi menggunakan sisir bulu mata.

Curling mascara, membuat bulu mata lebih lentik dan terangkat

Curling mascara, membuat bulu mata lebih lentik dan terangkat

Maskara tipe curling diklaim dapat menciptakan tampilan bulu mata yang lebih lentik. Maskara ini bekerja layaknya mousse untuk menahan bulu mata dan membuatnya tetap tegak. Biasanya, kuas untuk maskara ini memiliki lekukan agar bisa menjangkau banyak bulu mata.

Temukan maskara berdasarkan karakteristiknya saat terkena air

Berdasarkan karakteristiknya saat terkena air, maskara dapat dibagi menjadi dua jenis. Maskara yang mudah dihapus disebut dengan maskara film. Sementara itu, maskara waterproof bersifat tahan air, tetapi lebih sulit dibersihkan.

Maskara tipe film, mudah dihapus dengan air hangat

Tipe ini direkomendasikan untuk Anda yang ingin menghapus maskara dengan mudah. Biasanya, maskara film bisa hilang setelah dibasuh menggunakan air hangat. Namun, beberapa maskara film ternyata dapat terhapus dengan air bersuhu 38 °C atau kurang. Jika hendak membasuh muka, Anda harus tetap berhati-hati agar maskara tidak luntur.

Maskara tipe waterproof, tahan lama dan tidak mudah terhapus

Seperti namanya, maskara tipe waterproof bersifat tahan terhadap air dan tidak mudah terhapus. Dengan begitu, tipe ini bisa dipilih jika Anda menjalani aktivitas yang dekat dengan air atau mudah berkeringat.

Hanya saja, beberapa maskara waterproof tidak kompatibel dengan sebum kulit. Akibatnya, sebagian produk berisiko luntur ketika bertemu dengan sebum. Untuk mengatasinya, pertimbangkanlah produk maskara smudgeproof yang tidak mudah rusak oleh sebum kulit.

Maskara dengan klaim waterproof sangat banyak di pasaran. Agar Anda tidak salah pilih, simaklah ulasan kami pada artikel berikut. 

Periksa bentuk kuas atau aplikatornya

Pemilihan kuas atau aplikator maskara juga penting untuk mendapatkan bulu mata yang ideal. Kami akan perkenalkan beberapa bentuk kuas yang populer.

Melengkung, membuat bulu mata lebih lentik

Melengkung, membuat bulu mata lebih lentik

Kuas melengkung (curved wands) menjadi bentuk kuas yang populer dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula. Jika ingin membuat bulu mata lebih lentik, kuas maskara ini bisa dipilih.


Bentuk melengkung maskara ini sesuai dengan bentuk mata. Dengan begitu, cairan maskara dapat menyebar ke seluruh bagian bulu mata, bahkan hanya dengan satu sapuan. Jenis ini juga dikatakan mudah diaplikasikan dari akar bulu mata.

Kerucut, mudah diaplikasikan di bagian yang sempit sekalipun

Kerucut, mudah diaplikasikan di bagian yang sempit sekalipun
Aplikator berbentuk kerucut (tapered wands) sangat ideal untuk membuat bulu mata terlihat tebal. Jenis maskara ini ditandai dengan bentuknya yang makin tipis ke arah ujung. Anda dapat menggunakan bagian tengah kuas untuk memberi volume pada bulu mata. Selanjutnya, gunakan bagian ujungnya pada bulu mata bagian bawah maupun sudut mata.

Sisir, efektif untuk memisahkan tiap helaian bulu mata

Sisir, efektif untuk memisahkan tiap helaian bulu mata
Kuas berbentuk sisir dapat menjangkau satu demi satu bulu mata sehingga tidak menimbulkan gumpalan. Tipe ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki bulu mata terlihat lentik, halus, dan panjang. Selain itu, bentuk kuas ini membuat bulu mata makin terbuka dan menjadikan mata terlihat tajam.

Spiral, bulu mata lebih lentik dan tebal bersamaan

Spiral, bulu mata lebih lentik dan tebal bersamaan

Kuas bentuk spiral memiliki cekungan di bagian tengah. Dengan bentuknya tersebut, tipe kuas ini cocok untuk membuat bulu mata terlihat lentik dan terangkat. Tak sampai di situ saja. Jika mengaplikasikan maskara dengan benar, bulu mata juga akan terlihat lebih tebal dan berisi.

Gunakan maskara bening untuk hasil yang lebih natural

Selain maskara hitam dan cokelat, Anda juga bisa menemukan produk maskara bening atau transparan (clear mascara). Maskara bening bermanfaat untuk menghasilkan bulu mata yang cantik, tetapi terlihat natural. 


Beberapa produk maskara bening digunakan bersamaan dengan maskara biasa berwarna. Biasanya, produk bening ini diaplikasikan sebagai base atau fixer maskara biasa. Sebagai base, maskara tipe ini akan mempersiapkan kondisi bulu mata sebelum diaplikasikan maskara berwarna.

Ada beberapa produk maskara bening yang bagus di pasaran. Apa saja pilihannya? Mari simak rekomendasi kami pada artikel ini.

Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya hindari jenis fiber mascara

Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya hindari jenis fiber mascara
Sebelum membeli, periksalah ada tidaknya serat dalam cairan maskara. Serat pada maskara sebenarnya bermanfaat untuk menghasilkan volume pada bulu mata sehingga terlihat lebih tebal. Namun, beberapa pemula biasanya sedikit kesulitan mengaplikasikan maskara dengan serat ini. Jika tidak hati-hati menggunakannya, maskara ini kerap meninggalkan gumpalan pada bulu mata.

Pertimbangkan maskara yang menawarkan nutrisi tambahan

Pertimbangkan maskara yang menawarkan nutrisi tambahan

Saat ini, sebagian merek memperkaya produk maskara dengan berbagai nutrisi tambahan. Beberapa kelompok nutrisi yang sering dimasukkan yakni antioksidan dan pelembap. Ada pula produk yang diperkaya dengan kolagen dan ekstrak tumbuh-tumbuhan. Tambahan nutrisi dan kandungan tersebut tentu menarik dipertimbangkan untuk merawat bulu mata Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

L'Oreal Paris Voluminous Lash Paradise™ Washable Mascara

Mulai dari Rp 94.200,00

10 Rekomendasi maskara terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan maskara terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

EtudeDr. Mascara Fixer For Perfect Lash #01

Mulai dari Rp 111.000,00

Tipe klaim maskaraFixer
KarakteristikWaterproof
Bentuk kuasKerucut
Nutrisi tambahanEkstrak kacang hitam dan wijen hitam
Fiber mascaraX
Isi6 ml
WarnaBening
9

Alliance CosmeticSilkygirl Big Eye Collagen Waterproof Mascara

Mulai dari Rp 62.000,00

Tipe klaim maskaraLengthening dan curling
KarakteristikWaterproof dan film
Bentuk kuasKerucut
Nutrisi tambahanKolagen
Fiber mascaraX
Isi5 ml
WarnaHitam
8

IsehanHeroine Make Long & Curl Mascara Advanced Film

490143303696

Mulai dari Rp 156.800,00

Tipe klaim maskaraLengthening, curling, dan volumizing
KarakteristikFilm dan waterproof
Bentuk kuasMelengkung
Nutrisi tambahanCamellia oil, royal jelly extract, argan oil, dan wild rose oil
Fiber mascara
Isi6 ml
WarnaJet black, brown, dan pinkish brown
7
Tipe klaim maskaraLengthening, volumizing, dan curling
KarakteristikTidak disebutkan
Bentuk kuasKerucut
Nutrisi tambahanTidak disebutkan
Fiber mascara✔ (base coat)
Isi12 ml
WarnaBening (base coat) dan hitam (top coat)
6

QL CosmeticWaterproof & Curling Mascara

Mulai dari Rp 42.000,00

Tipe klaim maskaraCurling
KarakteristikWaterproof
Bentuk kuasSpiral
Nutrisi tambahan-
Fiber mascaraX
Isi8 ml
WarnaHitam
5

FocallureElastic Stretch Volumizing Mascara

Mulai dari Rp 172.311,00

Tipe klaim maskaraVolumizing
KarakteristikWaterproof
Bentuk kuasKerucut
Nutrisi tambahanShea butter, vitamin E, jojoba oil, dan meadowfoam seed oil
Fiber mascaraX
IsiTidak disebutkan
WarnaHitam
4

Madame GieMascara Netizen - Make Up Maskara Waterproof

Mulai dari Rp 30.000,00

Tipe klaim maskaraCurling
KarakteristikWaterproof
Bentuk kuasSisir
Nutrisi tambahanBiotin (vitamin B7) dan peptida
Fiber mascara
Isi10 ml
WarnaBening dan hitam
3

Aulia CosmeticESENSES Waterproof Volume Mascara

Mulai dari Rp 24.250,00

Tipe klaim maskaraVolumizing
KarakteristikWaterproof
Bentuk kuasSisir
Nutrisi tambahanVitamin E
Fiber mascaraX
Isi8 ml
WarnaHitam
2

WardahEyeXpert Perfect Curl Mascara

Mulai dari Rp 66.000,00

Tipe klaim maskaraLengthening
KarakteristikWaterproof
Bentuk kuasMelengkung
Nutrisi tambahanMinyak argan
Fiber mascaraX
Isi7 g
WarnaHitam
1

MaybellineFalsies Lash Lift Mascara

Mulai dari Rp 139.000,00

Tipe klaim maskaraLengthening
KarakteristikWaterproof
Bentuk kuasJam pasir
Nutrisi tambahanPanthenol
Fiber mascaraX
Isi8,6 ml
WarnaHitam

Tabel perbandingan produk maskara terbaik

Gambar produk
1
Maybelline Falsies Lash Lift Mascara 1

Maybelline

2
Wardah EyeXpert Perfect Curl Mascara 1

Wardah

3
Aulia Cosmetic ESENSES Waterproof Volume Mascara 1

Aulia Cosmetic

4
Madame Gie Mascara Netizen - Make Up Maskara Waterproof 1

Madame Gie

5
Focallure Elastic Stretch Volumizing Mascara 1

Focallure

6
QL Cosmetic Waterproof & Curling Mascara 1

QL Cosmetic

7
PIXY Lash Fantasy Mascara 1

PIXY

8
Isehan Heroine Make Long & Curl Mascara Advanced Film 1

Isehan

9
Alliance Cosmetic Silkygirl Big Eye Collagen Waterproof Mascara 1

Alliance Cosmetic

10
Etude Dr. Mascara Fixer For Perfect Lash #01 1

Etude

Nama produk

Falsies Lash Lift Mascara

EyeXpert Perfect Curl Mascara

ESENSES Waterproof Volume Mascara

Mascara Netizen - Make Up Maskara Waterproof

Elastic Stretch Volumizing Mascara

Waterproof & Curling Mascara

Lash Fantasy Mascara

Heroine Make Long & Curl Mascara Advanced Film

Silkygirl Big Eye Collagen Waterproof Mascara

Dr. Mascara Fixer For Perfect Lash #01

Keunggulan

Bulu mata terangkat maksimal dalam waktu yang lama

Pilihan pas untuk bumil yang ingin tampil cantik

Harganya terjangkau! Cocok untuk remaja yang belajar memakai makeup

Kaya akan serat, cocok untuk ladies yang ahli menggunakan maskara

Menawarkan beragam kandungan alami untuk menutrisi bulu mata

Mudah dibersihkan hanya dengan air biasa!

Satu maskara untuk dua kegunaan

Tahan air dan minyak, tetapi mudah dibersihkan

Kuasnya dirancang untuk mempercantik setiap helaian bulu mata

Maskara fixer agar look lebih maksimal pada berbagai kondisi

Harga mulai dariRp 139.000,00Rp 66.000,00Rp 24.250,00Rp 30.000,00Rp 172.311,00Rp 42.000,00Rp 60.000,00Rp 156.800,00Rp 62.000,00Rp 111.000,00
Tipe klaim maskaraLengtheningLengtheningVolumizingCurlingVolumizingCurlingLengthening, volumizing, dan curlingLengthening, curling, dan volumizingLengthening dan curlingFixer
KarakteristikWaterproof WaterproofWaterproofWaterproofWaterproofWaterproofTidak disebutkanFilm dan waterproofWaterproof dan filmWaterproof
Bentuk kuasJam pasirMelengkungSisirSisirKerucutSpiralKerucutMelengkungKerucutKerucut
Nutrisi tambahanPanthenolMinyak arganVitamin EBiotin (vitamin B7) dan peptidaShea butter, vitamin E, jojoba oil, dan meadowfoam seed oil-Tidak disebutkanCamellia oil, royal jelly extract, argan oil, dan wild rose oilKolagenEkstrak kacang hitam dan wijen hitam
Fiber mascaraXXXXX✔ (base coat)XX
Isi8,6 ml7 g8 ml10 mlTidak disebutkan8 ml12 ml6 ml5 ml6 ml
WarnaHitamHitamHitamBening dan hitamHitamHitamBening (base coat) dan hitam (top coat)Jet black, brown, dan pinkish brownHitamBening
Tautan produk

Cara mengaplikasikan maskara

Hasil akhir pada bulu mata sangat tergantung pada cara Anda mengaplikasikan maskara. Berikut adalah beberapa tips menggunakan maskara yang baik.

Membersihkan kelebihan cairan pada kuas maskara dengan tisu

Membersihkan kelebihan cairan pada kuas maskara dengan tisu
Jika terdapat terlalu banyak cairan maskara di ujung kuas, cobalah untuk menyekanya terlebih dahulu dengan tisu. Meski terlihat sepele, cara ini perlu dilakukan untuk mencegah penggumpalan cairan maskara. Selain itu, kesan tebal akan berkurang karena maskara beradaptasi secara alami dengan bulu mata.

Mengubah arah sapuan dan sudut kuas sesuai bagian-bagian bulu mata

Mengubah arah sapuan dan sudut kuas sesuai bagian-bagian bulu mata
Mengaplikasikan maskara dengan arah yang sama tidak akan membuat bulu mata mengembang. Sebaliknya, mengubah arah sapuan kuas berdasarkan bagian-bagian bulu mata akan menghasilkan bulu mata yang indah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, aplikasikan maskara pada bulu mata yang berada di atas pupil dengan cara melengkung ke arah atas 
  • Untuk sudut mata, oleskan maskara secara melengkung dan sedikit dimiringkan
  • Pada saat itu juga, Anda dapat menahan bulu mata melengkung lebih lama dengan menyapunya dari bawah
  • Untuk di bagian bawah mata, Anda dapat menggunakan aplikator secara vertikal

Sebagai tambahan informasi, memulas bulu mata mulai dari akarnya bisa membuat maskara belepotan. Sebagai solusinya, maskara bisa diaplikasikan mulai dari bagian tengah. Sementara itu, bagian akarnya bisa dilapisi dengan top coat transparan.

Gunakan sisir bulu mata bergantian saat aplikasi maskara berlebihan

Gunakan sisir bulu mata bergantian saat aplikasi maskara berlebihan

Kita terkadang mengaplikasikan maskara hingga beberapa kali agar bulu mata panjang dan bervolume. Saat melakukan ini, Anda dapat mencegah gumpalan pada bulu mata menggunakan sisir maskara secara bergantian.


Sisir maskara adalah item penting, terutama untuk maskara penambah volume atau yang mengandung fiber. Sisir maskara juga memiliki fungsi untuk memisahkan bulu mata. Dengan begitu, riasan mata yang lebih alami akan didapatkan.


Jika menggunakan sisir bulu mata dengan tepat, bulu mata akan tampak lebih cantik alami. Jika Anda merasa kesulitan, pertimbangkanlah maskara dengan kuas berbentuk sisir.

Cara menghapus maskara tanpa merusak bulu mata

Cara menghapus maskara tanpa merusak bulu mata
Untuk maskara tipe film, Anda dapat langsung menghapusnya dengan air hangat. Namun, maskara lain umumnya memerlukan cairan pembersih (cleanser) yang digosokkan berkali-kali untuk menghapusnya. Jika dilakukan setiap hari, bulu mata dikhawatirkan ikut tercabut dan menjadi jarang-jarang. 

Nah, agar tidak merusak bulu mata, gunakan penghapus riasan mata untuk menghapus maskara. Berikut langkah-langkah menghapus maskara dari kami:


  • Celupkan kapas ke dalam cairan penghapus riasan mata 
  • Letakkan kapas di atas bulu mata dan biarkan meresap selama sekitar 30 detik
  • Tekan seluruh bulu mata dengan kapas dan usap dengan lembut
  • Celupkan cotton bud ke dalam cairan penghapus riasan mata
  • Letakkan kapas yang sudah dilipat dua pada kelopak mata bawah
  • Pejamkan mata Anda dan usapkan cotton bud dari akar ke ujung rambut
  • Cuci bersih dengan air hangat

Baca juga rekomendasi maskara lainnya di sini

Ada berbagai produk maskara yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kami telah memberikan review produk maskara yang tahan lama, berwarna, serta untuk remaja. Yuk, simak selengkapnya dengan mengeklik tautan berikut!

Kesimpulan

Kami telah mengulas beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan ketika memilih maskara. Review produk maskara terbagus juga sudah kami berikan. Sudahkah Anda menemukan maskara yang sekiranya cocok dengan kebutuhan?


Dalam memilih maskara, cek selalu klaimnya, karakteristiknya, serta bentuk kuasnya. Anda juga bisa mempertimbangkan maskara yang menawarkan banyak kandungan bernutrisi. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam memilih maskara yang tepat, ya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eyeliner Waterproof Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Eyeliner merupakan salah satu makeup yang dapat memperkuat riasan wajah. Eyeliner waterproof yang tahan lama tentunya baik untuk dipilih. Namun, apakah Anda tahu cara memilih waterproof eyeliner yang pas untuk Anda? Kali ini, kami akan membagikan cara memilih waterproof eyeliner yang bagus.Kami juga merangkum rekomendasi waterproof eyeliner terbaik yang dapat dibeli secara online. Waterproof eyeliner, baik merek lokal maupun Korean brand, seperti Wardah, Maybelline, HOLIKA HOLIKA, hingga Y.O.U juga ada. Baca juga informasi tambahan dari makeup artist, Fithrah Al Insani Javanica dan temukan eyeliner recommended untuk Anda!
    Makeup mata
  • 10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Maskara Terbaik yang Tahan Lama - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan maskara dinilai dapat membuat riasan mata menjadi lebih hidup. Namun, saat menggunakan maskara mungkin Anda khawatir maskara tersebut akan luntur terkena air atau keringat. Untuk itu, kami akan membahas produk maskara bagus dan tahan lama beserta tips memilihnya.Rekomendasi merek maskara terbaik, seperti L’Oreal, Make Over, dan Maybelline dapat Anda temukan di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty content creator sekaligus makeup artist kami, Luella Artistry. Yuk, langsung saja kita bahas cara memilih maskara yang bagus. 
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Maskara Waterproof Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maskara Waterproof Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Maskara waterproof adalah maskara antiair yang tidak akan luntur meskipun Anda berkeringat atau menangis. Maskara ini dapat menjaga riasan bulu mata Anda tetap cantik dan ideal untuk pemakaian harian. Merek-merek makeup ternama, seperti Maybelline, Wardah, dan Too Faced mengeluarkan maskara waterproof yang bagus dan tahan lama.Kali ini kami akan memberikan tips cara memilih dan rekomendasi produk-produk terbaiknya. Ada maskara waterproof murah yang harganya di bawah 20 ribu juga, lho! Bookmark artikel ini dan temukan maskara waterproof terbaik untuk riasan bulu mata yang sempurna.
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Maskara Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maskara Bening Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Maskara bening adalah pilihan tepat bagi para penyuka makeup natural. Produk ini banyak dicari karena bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti menjaga kelentikan bulu mata serta sebagai base atau top coat maskara biasa. Beberapa di antaranya juga mengandung bahan kecantikan yang bermanfaat bagi bulu mata.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih maskara bening serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Kami juga merekomendasikan maskara transparan yang bagus dari merek terkenal, seperti Etude House, Maybelline, dan Madame Gie. Ada juga maskara bening murah yang bisa Anda pertimbangkan.
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Maskara Murah yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Maskara Murah yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tampil menawan dengan maskara tak harus mahal. Untuk Anda yang sedang berhemat, terdapat banyak maskara murah di pasaran. Merek kosmetik terkenal, seperti Wardah, Madame Gie, hingga Esenses menawarkan koleksi maskara murah, tetapi bagus yang bisa Anda pilih.Agar Anda menemukan maskara murah yang bagus, kami akan membahas tips memilihnya. Rekomendasi dan review maskara murah dengan kualitas oke juga akan kami sajikan. Merek yang akan kami rekomendasikan sudah terdaftar di BPOM, lho. Jadi, Anda tak perlu khawatir soal keamanannya. Yuk, simak pembahasan lengkapnya!
    Makeup mata
  • 10 Rekomendasi Eyeshadow Palette Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Eyeshadow Palette Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Eyeshadow palette bila digunakan bersama pensil alis dan maskara akan menjadi paduan luar biasa untuk memperindah mata Anda. Eyeshadow palette dari berbagai merek, seperti PINKFLASH, ESQA, dan Focallure, banyak dijual di pasaran. Warna yang ditawarkan pun begitu melimpah ragamnya.Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi eyeshadow palette terbaik untuk Anda. Kami juga akan menjelaskan tips penggunaan eyeshadow yang bagus di akhir artikel. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Ikuti terus dan dapatkan warna yang cantik untuk mata Anda!
    Makeup mata
  • 10 Eyeliner Gel Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eyeliner Gel Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan eyeliner adalah salah satu tahap penting saat makeup karena dapat mengubah tampilan wajah dalam seketika. Anda pasti ingin riasan Anda tahan lama dan tidak luntur, bukan? Untuk itu, Anda akan memerlukan eyeliner gel yang dapat memberi hasil tegas, smudgeproof, dan waterproof. Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih eyeliner gel yang bagus dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Beberapa di antaranya adalah merek ternama, semisal Wardah, Maybelline, dan Silkygirl. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Makeup mata
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori