10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Produk Pengusir Nyamuk Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Anda sering terganggu oleh suara atau gigitan nyamuk saat sedang tidur? Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk pengusir nyamuk. Merek-merek terkenal seperti Baygon, Hit, dan X-mos sudah mengeluarkan berbagai jenis produk pengusir nyamuk, misalnya obat nyamuk bakar dan spray antinyamuk.

Ada banyak jenis produk pengusir nyamuk dengan keunggulannya masing-masing. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk pengusir nyamuk dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Jadikanlah artikel ini sebagai acuan untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Daftar isi

Cara memilih produk pengusir nyamuk

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, kami akan menjelaskan dulu mengenai jenis-jenis produk pengusir nyamuk. Kami juga akan membahas tentang kandungan yang ampuh membasmi nyamuk. Simak dengan saksama, ya!

Kenali bahan-bahan yang efektif mencegah atau mengusir nyamuk

Saat memilih produk pengusir nyamuk, hal yang perlu diperhatikan adalah bahan kandungannya. Bahan utama yang digunakan untuk obat nyamuk tipe elektrik dan aerosol spray adalah insektisida jenis pyrethroid. Di sisi lain, produk pengusir nyamuk lain biasanya menggunakan DEET dan icaridin.

Banyak orang khawatir tentang efek samping dari bahan kimia yang terkandung dalam produk pengusir nyamuk terhadap tubuh. Padahal, biasanya obat pengusir nyamuk hanya mengandung 2-3 mg bahan insektisida. Bobot tubuh nyamuk cukup ringan sehingga tidak diperlukan insektisida dalam jumlah banyak. Dengan begitu, sebenarnya produk pengusir nyamuk aman untuk manusia.

Meskipun demikian, sebaiknya jangan gunakan spray antinyamuk yang mengandung DEET di dekat bayi usia enam bulan ke bawah. Sebab dikhawatirkan dapat menimbulkan gangguan neuropati.

Agar lebih efektif, pilih produk yang kegunaannya sesuai dengan kebutuhan Anda

Agar lebih efektif, pilih produk yang kegunaannya sesuai dengan kebutuhan Anda

Penting untuk memperhatikan kegunaan dari produk pengusir nyamuk. Ada produk yang berguna untuk mencegah nyamuk datang dan ada juga yang berguna untuk membasmi nyamuk. Pilihlah produk berbahan pyrethroid jika Anda ingin mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. Sementara, jika Anda ingin membasmi nyamuk di dalam rumah, pilih yang berbahan DEET atau icaridin. 

Anda perlu juga memperhatikan untuk hama apa saja produk tersebut dapat digunakan. Ada produk yang memang khusus diformulasikan untuk mengatasi nyamuk dan hama lainnya seperti lalat atau kecoa. Selain itu, ada juga produk pengusir hama dengan kandungan zat kimia yang tinggi. Jadi, sebaiknya Anda berhati-hati saat memilih.

Jenis-jenis produk untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan

Untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan, ada beberapa produk yang bisa Anda gunakan. Misalnya tipe one push dan obat nyamuk bakar. Selain kedua produk tersebut, ada banyak sekali produk untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam ruangan. Mari kita bahas satu per satu!

Untuk efek jangkuan yang luas, gunakan obat nyamuk bakar

Untuk efek jangkuan yang luas, gunakan obat nyamuk bakar

Asap yang dihasilkan oleh obat nyamuk bakar ini dapat meng-cover area yang luas sehingga cocok untuk menghalau nyamuk. Anda bisa meletakkannya di dekat pintu masuk, jendela, atau beranda. Supaya lebih nyaman lagi, Anda bisa memilih obat nyamuk bakar yang memiliki aromaterapi sehinga lebih menenangkan. Namun, biasanya harganya lebih tinggi.

Untuk Anda yang tidak terlalu suka wewangian, mungkin beranggapan lebih baik memilih tipe cair atau tipe mat. Namun, banyak yang mengatakan bahwa kandungan alami pyrethroid, yakni pyrethrin, pada obat nyamuk bakar lebih baik.

Obat nyamuk bakar biasanya digunakan di dalam ruangan. Meskipun begitu, banyak orang-orang tua menggunakannya saat berada di halaman rumah atau saat sedang bekerja di kebun.

Untuk kenyamanan anak-anak dan lansia, pilih tipe elektrik

Untuk kenyamanan anak-anak dan lansia, pilih tipe elektrik

Produk pengusir nyamuk tipe elektrik tidak memerlukan api agar dapat menyala sehingga aman bagi Anda yang tinggal dengan anak kecil atau lansia. Adapun obat nyamuk tipe ini bekerja dengan cara menguapkan zat pyrethroid pada suhu tertentu. Efeknya tetap bertahan meskipun jendela dalam keadaan terbuka.

Obat nyamuk tipe ini beroperasi dengan bantuan batu baterai atau kabel colokan yang biasanya dapat digunakan selama 90 sampai 120 hari. Tipe yang menggunakan batu baterai cenderung lebih praktis dan dapat dibawa ke mana-mana.

Untuk efek yang stabil, gunakan pengusir nyamuk tipe mat

Untuk efek yang stabil, gunakan pengusir nyamuk tipe mat

Obat nyamuk tipe ini bekerja dengan menggunakan mat (busa tipis) berisi zat pyrethroid yang dipanaskan pada temperatur yang konstan. Produk mat sekali pakai biasanya bertahan hingga 12 jam pemakaian. Tipe ini pas untuk Anda yang menginginkan efek yang konstan selama penggunaan.

Saat ini, sudah terdapat berbagai macam variasi dari obat nyamuk mat ini. Bahkan, ada juga yang dapat dicolokkan ke USB port. Tentunya hal tersebut membuat obat nyamuk tipe ini sangat populer karena dapat juga digunakan di kantor.

Untuk diletakkan di area teras atau pintu masuk rumah, gunakan tipe gantung

Untuk diletakkan di area teras atau pintu masuk rumah, gunakan tipe gantung

Produk pengusir nyamuk tipe gantung ini banyak diminati karena dapat digunakan di luar ruangan seperti di pintu masuk atau teras. Dengan kandungan zat pyrethroid yang ada di dalamnya, produk ini ampuh untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah Anda.

Produk pengusir nyamuk tipe gantung ini efektifitasnya bisa bertahan cukup lama, bahkan hingga satu tahun. Namun, jika Anda meletakkan produk ini di tempat yang banyak angin, efeknya akan berkurang. Jadi, perhatikan tempat pemasangannya juga.

Untuk produk yang praktis dan mudah digunakan, pilih produk tipe one push

Untuk produk yang praktis dan mudah digunakan, pilih produk tipe one push

Hanya dengan sekali tekan, produk ini akan menyemprotkan obat pengusir nyamuk yang dapat menjangkau seluruh ruangan. Saat menyemprotkan produk ini, nyamuk yang bertahan biasanya tidak dapat terbang lagi dan menempel di tembok atau langit-langit. Anda jadi lebih mudah untuk mengusirnya.

Keunggulan produk ini adalah memiliki kandungan zat pyrethroid yang efek kerjanya dapat bertahan cukup lama. Produk ini juga saat ini telah menjadi standar produk pengusir nyamuk yang tidak memerlukan listrik dan efeknya ampuh. Meskipun umumnya produk dengan kemasan sekali semprot ini mengandung zat pyrethroid, tetapi ada juga yang mengandung bahan herbal.

Untuk usir nyamuk secara kilat, pilih tipe aerosol spray

Untuk usir nyamuk secara kilat, pilih tipe aerosol spray

Tipe aerosol spray ini sangat ampuh dalam membunuh nyamuk dengan cepat. Berbeda dengan produk jenis lain yang tetap mengeluarkan obat meskipun sudah tidak ada nyamuk, produk ini mengeluarkan obat jika hanya dibutuhkan saja. Selain dapat membasmi nyamuk, produk ini juga berguna untuk membasmi lalat.

Saat ini, ada juga produk tipe aerosol spray yang penggunaannya dengan cara menyemprotkan pada jendela. Sebaiknya, untuk menghindari nyamuk kabur melalui ventilasi atau jendela, ada baiknya menyemprotkan produk ini ke area tersebut.

Jenis produk pengusir nyamuk yang nyaman untuk dibawa bepergian

Nyamuk ada di mana-mana dan tidak mengenal musim, bahkan Anda dapat digigit nyamuk saat musim panas. Untuk Anda yang senang jalan-jalan, Ada banyak obat antinyamuk portable yang saat ini ada di pasaran. Mulai dari produk standar hingga produk yang inovatif. Mari temukan satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika tidak ingin lengket di kulit, pilih tipe spray

Jika tidak ingin lengket di kulit, pilih tipe spray

Ada dua jenis spray antinyamuk yaitu tipe aerosol dan tipe mist. Keduanya memiliki bahan dasar yang sama yaitu DEET dan icaridin. Tipe aerosol spray tidak berbekas, tidak lengket, dan ada yang mengandung bedak untuk menghaluskan kulit. Tipe mist saat disemprot dapat diratakan dengan tangan ke bagian lain sehingga proteksinya lebih optimal.

Ada juga spray antinyamuk berbahan dasar picaridin yang aman untuk bayi. Selain itu, ada spray antinyamuk berbahan dasar DEET yang dapat digunakan untuk mengusir serangga lainnya. Jadi, sebelum membeli produk ini, ada baiknya mengecek bahan dasarnya dan tempat penggunaannya.

Jika ingin kulit halus, pilih tipe lotion

Jika ingin kulit halus, pilih tipe lotion

Produk yang satu ini biasanya mengandung pelembap yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir untuk membawanya bepergian karena produk ini tidak rentan tumpah atau bocor seperti produk antinyamuk cair dan spray. Jadi, untuk Anda yang hobi travelling, pilihlah produk jenis ini.

Produk ini hadir dalam berbagai varian, mulai dari yang khusus untuk orang dewasa hingga yang dapat digunakan oleh bayi. Karena berbahan dasar organik, tidak heran jika produk ini memiliki aroma herbal. Selain itu, produk jenis ini diformulasikan untuk menghindarkan kita dari kontak langsung terhadap bahan kimia seperti DEET.

Jika tidak ingin repot, pilih tipe tissue basah

Jika tidak ingin repot, pilih tipe tissue basah

Dengan mengusapkan tissue basah ini, Anda dapat terhindar dari gangguan nyamuk kapan saja dan di mana saja. Anda dapat menggunakannya dengan praktis sebelum keluar rumah. Selain itu, Anda bisa menggunakannya untuk menambal efek dari spray antinyamuk yang pudar karena keringat.

Meskipun produk ini mengandung bahan kimia DEET, Anda tidak perlu khawatir. Hal itu karena risiko bahan kimia tersebut terhirup sangat kecil jika dibandingkan jenis spray antinyamuk. Jadi, produk ini aman untuk digunakan sehari-hari.

Jika memiliki kulit yang sensitif, pilih tipe plester (seal)

Jika memiliki kulit yang sensitif, pilih tipe plester (seal)

Produk tipe seal sangat cocok untuk bayi yang biasanya sensitif terhadap bahan kimia. Tanpa perlu mengoleskan ke kulit, produk ini dapat mengusir nyamuk dengan aroma herbal yang dihasilkannya. Jadi, tempelkan saja produk ini di pakaian atau kereta dorong untuk menghindarkan bayi dari kontak langsung terhadap bahan kimia.

Saat menempelkan produk ini di pakaian, usahakan menempelkannya di dekat area tubuh yang terbuka. Durasi efek dari produk ini dapat berbeda-beda tergantung pada lingkungan dan angin. Namun, biasanya efek dari produk ini dapat bertahan sekitar 5 hingga 10 jam.

Jika ingin terhindar dari nyamuk sekaligus terlihat fashionable, pilih tipe gelang

Jika ingin terhindar dari nyamuk sekaligus terlihat fashionable, pilih tipe gelang

Produk gelang antinyamuk ini cukup populer karena sangat praktis digunakan, yaitu hanya dengan memakainya di tangan saja. Aroma herbal yang dihasilkan gelang ini tidak disukai nyamuk sehingga nyamuk tidak akan menghampiri Anda. Selain itu, gelang antinyamuk ini memiliki banyak desain yang fashionable dan bisa dipakai sebagai aksesori.

Karena hanya dapat digunakan di area tangan saja, gelang antinyamuk ini hanya cocok untuk jalan-jalan santai atau saat bepergian sebentar ke luar rumah. Namun, karena mudah digunakan, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya.

Jenis produk pengusir nyamuk untuk kegiatan outdoor

Saat ini ada juga produk pengusir nyamuk yang tidak hanya dapat digunakan di dalam ruangan, tetapi juga dapat digunakan saat berkebun, camping, atau memasak BBQ. Mari simak beberapa produk pengusir nyamuk untuk aktivitas outdoor berjam-jam.

Untuk mengusir nyamuk sekaligus mendapatkan efek relaksasi, pilih tipe lilin aromaterapi

Untuk mengusir nyamuk sekaligus mendapatkan efek relaksasi, pilih tipe lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi yang juga dapat membawa kesan elegan ini banyak diminati untuk mengusir nyamuk. Saat dinyalakan, lilin ini akan mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk. Selain itu, lilin ini biasanya memiliki aroma yang wangi dan dapat memberikan efek relaksasi bagi penggunanya.

10 Rekomendasi produk pengusir nyamuk terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan kepada Anda sepuluh produk pengusir nyamuk terbaik yang sudah kami seleksi. Temukan produk yang paling sesuai untuk Anda berdasarkan kebutuhan, jenis, merek, atau harganya.

10. Baygon Bakar Max Jumbo Lavender

10. Baygon Bakar Max Jumbo Lavender

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 3.600

Basmi nyamuk hingga radius yang luas

Jika Anda senang melakukan kegiatan outdoor atau senang duduk bersantai di luar teras atau kebun, produk yang satu ini patut dicoba. Asap yang dihasilkan dari produk ini dapat menyebar ke udara dan menyelimuti area yang cukup luas. Efeknya, nyamuk tidak akan berani mendekati Anda dan suasana pun jadi lebih nyaman tanpa nyamuk.

Sebenarnya, produk ini juga dapat digunakan di dalam ruangan, tetapi Anda harus berhati-hati karena produk ini bekerja dengan cara dibakar. Selain itu, produk ini juga memiliki aroma lavender yang dibenci oleh nyamuk. Aroma lavender yang dihasilkan harum dan tidak begitu menyengat.

Jenis Bakar
Isi ulang X
Varian Natural, Lavender, Fresh Scent
Durasi efek 10 Jam

9. Bugs Away Soy Candle Citronella & Lemongrass

9. Bugs Away Soy Candle Citronella & Lemongrass
Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 60.000

Memberikan efek relaksasi yang menenangkan jiwa raga

Kandungan bahan citronella dan lemongrass pada lilin ini ampuh untuk mengusir nyamuk. Kedua aroma ini sangat dibenci oleh nyamuk. Meskipun demikian, bukan berarti aromanya tidak enak untuk Anda. Aroma yang dihasilkan dari lilin ini sangat lembut sehingga dapat memberikan efek relaksasi yang dapat menenangkan pikiran.

Lilin ini terbuat dari bahan alami sehingga aman digunakan untuk segala usia, serta ramah lingkungan. Anda juga bisa menjadikan lilin ini sebagai ornamen dekorasi rumah yang dapat membawa kesan elegan dan romantis.

Jenis Lilin
Isi ulang X
Varian Citronella & Lemongrass, Citronella & Lavender
Durasi efek Tidak ada keterangan

8. Godrej HIT Anti Nyamuk Elektrik Mat

8. Godrej HIT Anti Nyamuk Elektrik Mat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 11.500

Nyamuk hilang tanpa mengganggu pernapasan

Obat nyamuk bakar jika digunakan di dalam ruangan tertutup asapnya akan memenuhi ruangan dan terkadang membuat kurang nyaman. Namun, hal itu tidak akan terjadi dengan produk tipe mat karena bekerja dengan bantuan alat pemanas elektrik. Produk ini juga tidak mengeluarkan asap sehingga lebih nyaman untuk pernapasan Anda.

Produk ini bekerja dengan memanaskan mat yang di dalamnya berisi zat antinyamuk. Selain itu, sangat mudah untuk mengisi ulang mat tesebut setelah habis. Anda hanya tinggal menyelipkan mat yang baru ke alat pemanasnya. Untuk digunakan sehari-hari seperti di kamar kos, ruang kantor, atau di ruangan yang sempit, produk ini cukup sempurna.

Jenis Elektrik
Isi ulang Mat 
Varian Classic, Floral, Green tea
Durasi efek 8 Jam

7. US BABY Mosquito Patch

7. US BABY Mosquito Patch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 60.000

Sticker ajaib untuk lindungi bayi Anda dari nyamuk

Apakah bayi Anda sering digigit nyamuk? Jika iya, produk ini dapat menjadi solusi pintar. Hanya dengan menempelkan produk ini di baju atau di area dekat bayi, produk ini akan melindungi bayi Anda dari gigitan nyamuk seharian.

Produk ini terbuat dari bahan Citronella yang merupakan 100% bahan alami dan tidak mengandung DEET. Aroma natural lemongrass-nya sangat harum dan aman bagi manusia, tetapi tidak disukai nyamuk. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan. Dengan produk ini, bayi tetap aman, orang tua pun tenang.

Jenis Plester
Isi ulang X
Varian X
Durasi efek 24 Jam

6. Autan Floral & Protect Losion Anti Nyamuk

6. Autan Floral & Protect Losion Anti Nyamuk

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 9.500

Kulit halus bebas nyamuk!

Produk ini memiliki fungsi ganda. Selain untuk menangkal nyamuk, produk ini juga mengandung moisturizer yang dapat menjaga kelembapan kulit sehingga kulit terasa lebih halus. Cara penggunaannya pun mudah, seperti memakai lotion badan. Anda tinggal tuang dan usap ke area yang ingin terlindung dari nyamuk.

Tidak hanya itu, produk ini memiliki aroma seperti parfum yang harum sehingga membuat Anda lebih percaya diri saat memakainya. Untuk jalan-jalan santai ke luar rumah atau acara camping sekalipun, produk ini bisa Anda andalkan. Kemasannya yang berbentuk tube membuat produk ini sangat praktis dan tidak mudah tumpah.

Jenis Krim
Isi ulang Tidak ada
Varian Floral & protect kemasan tube atau sachet
Durasi efek 6-8 Jam

5. Babygo PU Leather Mosquito Repellent Bracelet

5. Babygo PU Leather Mosquito Repellent Bracelet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 35.000

Tampil stylish dengan gelang antinyamuk yang keren

Siapa bilang produk pengusir nyamuk tidak dapat menunjang penampilan kita? Ya, dengan gelang antinyamuk ini, Anda tidak hanya dapat terhindar dari gigitan nyamuk, tetapi juga terlihat stylish. Selain itu, desain dari gelang ini yang terlihat kasual dan tidak terlalu mencolok, tentunya membuat Anda percaya diri saat memakainya.

Gelang ini terbuat dari 100% ekstrak essential oil dari berbagai jenis tanaman sehingga sangat aman digunakan. Bahkan bayi maupun ibu hamil juga bisa memakainya. Untuk aktivitas outdoor seperti hiking, gelang ini sangat kami rekomendasikan karena praktis dan tidak merusak alam.

Jenis Aksesori (gelang)
Isi ulang Tidak ada
Varian Warna cokelat, merah, oranye
Durasi efek 10 Hari

4. ForceMagic Spray

4. ForceMagic Spray

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 27.900

Aroma yang menyegarkan dan ramah lingkungan

Saat mencium aroma produk ini, mungkin orang tidak akan mengira bahwa produk ini adalah produk pengusir nyamuk. Ya, produk ini memiliki aroma yang menyegarkan seperti pengharum ruangan. Jadi, saat menggunakannya Anda tidak perlu khawatir ruangan Anda menjadi beraroma seperti bahan kimia yang menyengat.

Jika Anda mencari produk untuk mengusir nyamuk dengan cepat dan aman, produk ini merupakan pilihan yang tepat. Karena, bahan aktif synthetic pyrethroid pada produk ini efektif untuk membunuh nyamuk, tetapi tetap aman dihirup oleh manusia dan mamalia lainnya.

Jenis Aerosol
Isi ulang X
Varian Lemon, Blue
Durasi efek Tidak ada keterangan

3. Godrej HIT Non Stop

3. Godrej HIT Non Stop

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 20.600

Memberi perlindungan non-stop terhadap nyamuk

Jika Anda tinggal di daerah yang sering muncul nyamuk, Anda wajib memiliki produk ini di rumah. Cukup dengan mencolokkan kabelnya dan meletakkannya di meja atau sudut ruangan, Anda akan terlindung dari nyamuk hingga satu bulan non-stop. Setelah satu bulan, Anda dapat mengisi ulang cairan antinyamuk di dalamnya.

Produk ini memiliki kabel yang cukup panjang yaitu 1,2 meter sehingga Anda dapat lebih leluasa untuk meletakkannya. Selain itu, jangkauan efek dari produk ini juga cukup luas, yaitu hingga ruangan dengan lebar ± 40 meter kubik. Saat malam hari tiba, Anda bisa menggunakannya sekaligus sebagai lampu tidur.

Jenis Elektrik
Isi ulang Cair
Varian Classic, Fresh, Green tea
Durasi efek 45 Hari

2. Fumakilla One Push Vape

2. Fumakilla One Push Vape

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 21.500

Cukup sekali semprot, nyamuk hilang!

Produk ini diformulasikan khusus agar dapat menyebar secara cepat ke seluruh ruangan dalam sekali semprot saja. Tidak hanya itu, ruangan Anda juga akan terlindung dari nyamuk hingga 10 jam. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menyemprotkannya secara berulang-ulang.

Anda dapat digunakan hingga tiga puluh kali semprotan. Namun, karena dapat berfungsi optimal hanya dengan sekali semprot saja, tentunya tidak akan cepat habis. Untuk pemakaian sehari-hari di dalam ruangan, produk ini dapat dikatakan yang terbaik.

Jenis Aerosol
Isi ulang X
Varian Green Tea, Orange, Sakura Blossom
Durasi efek 10 Jam

1. X-mos Aura Protection AM2

1. X-mos Aura Protection AM2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Segudang manfaat dalam satu produk!

Tidak hanya ampuh mengusir nyamuk, produk berbentuk mist spray ini juga ampuh untuk mengusir tungau, semut, dan serangga lainnya. Bahkan, produk ini juga dapat digunakan untuk membunuh bakteri. Karena mengandung bahan non-toxic, produk ini aman disemprotkan ke tangan, pakaian, maupun udara.

Kandungan permethrin pada produk ini terbukti efektif sebagai pengusir nyamuk yang biasanya digunakan pada pakaian. Jadi, jika Anda menyemprotkan produk ini ke pakaian yang Anda pakai, Anda akan terhindar dari nyamuk di mana pun Anda berada.

Jenis Mist spray
Isi ulang X
Varian X
Durasi efek Tidak ada keterangan

Baca juga rekomendasi produk lain untuk mengusir nyamuk dan serangga di sini

Jika Anda kurang menyukai produk pengusir nyamuk dengan kandungan zat kimia, cara mengusir nyamuk dengan bahan organik atau herbal dapat menjadi pilihan yang tepat. Cara tersebut tentunya lebih aman untuk keluarga dan lingkungan karena bersifat non-toxic. Untuk mengetahui infonya lebih lanjut silakan buka artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi produk pengusir nyamuk terbaik yang dapat Anda coba. Apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda cari?

Memang, saat ini ada berbagai macam produk antinyamuk yang ampuh. Namun, penting juga untuk melakukan langkah pencegahan. Jangan menimbun barang bekas di rumah karena dapat menjadi tempat persembunyian nyamuk. Selain itu, Anda juga harus rajin menguras bak mandi agar tetap higienis dan terhindar dari nyamuk.