10 Rekomendasi Ciput/Inner Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Ciput/Inner Hijab Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Inner hijab atau underscarf umumnya digunakan sebelum para wanita mengenakan hijab. Produk yang saat ini beredar di pasaran pun cukup beragam modelnya dan bisa disesuaikan dengan gaya berhijab Anda. Meskipun dalaman kerudung ini biasanya tertutup hijab dari luar, pemilihan ciput yang tepat akan membuat penampilan Anda lebih menarik.

Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih inner hijab dengan mempertimbangkan bahan serta modelnya. Simak pula ulasan produk-produk rekomendasi pilihan, mulai dari keluaran ZOYA, elzatta, hingga UNIQLO. Jangan lewatkan informasinya agar gaya berhijab Anda selalu up to date!

Daftar isi

Inner hijab tidak sekadar mendukung penggunaan hijab

Inner hijab tidak sekadar mendukung penggunaan hijab

Tidak semua wanita menggunakan inner hijab di bawah hijab mereka. Namun, bagi sebagian wanita, inner hijab tak dapat lepas dari perlengkapan berhijab. Inner hijab umumnya digunakan untuk membantu hijab menutupi aurat di kepala, misalnya ketika bahan hijab yang dikenakan cenderung tipis. Selain itu, inner hijab juga membantu menjaga agar tidak ada rambut yang keluar dari hijab sehingga penampilan terlihat lebih rapi.

Di samping fungsi praktis, inner hijab ternyata juga memiliki fungsi estetika. Misalnya saja, untuk membentuk siluet yang indah saat kepala dibalut oleh hijab. Tampilan pun bisa setingkat lebih cantik dan anggun hanya dengan memilih inner hijab yang tepat. Inner hijab bahkan dinilai dapat mengoreksi bentuk wajah Anda sehingga bisa tampak lebih tirus, lebih muda, atau kesan tampilan lain sesuai dengan keinginan.

Cara memilih ciput/inner hijab

Sebelum membeli inner hijab, tahukah Anda hal-hal yang mesti diperhatikan agar tak salah pilih? Poin-poin yang perlu diperhatikan antara lain adalah bahan dan model inner hijab. Nah, kami akan mengulas informasi selengkapnya di bawah ini.

Pilih bahan inner hijab yang sejuk di kepala

Pilih bahan inner hijab yang sejuk di kepala

Saat digunakan, inner hijab akan menempel langsung pada kepala Anda sehingga memilih bahan yang nyaman adalah poin penting. Selain itu, mengenakan hijab meningkatkan suhu kulit kepala sehingga pemilihan bahan yang menyerap keringat juga perlu dipertimbangkan. Ada banyak bahan inner hijab yang beredar di pasaran, tetapi bahan kaos, rayon, spandex, dan jersey adalah yang paling populer. Ketika dikenakan, bahan-bahan tersebut dikenal sejuk dan mudah menyerap keringat. Sangat ideal untuk dipakai di negara beriklim tropis, seperti Indonesia.

Selain ketiga bahan tersebut, ada pula bahan brokat atau rajutan yang biasanya menjadi bahan inner hijab berkualitas premium. Inner hijab dengan kedua bahan tersebut umumnya memiliki harga yang lebih mahal. Meski begitu, hal tersebut setimpal dengan manfaat estetika yang didapat. Tak ada salahnya memiliki satu atau dua inner hijab berkualitas premium untuk dikenakan di momen-momen istimewa.

Pilih model inner hijab sesuai dengan gaya berhijab

Setiap wanita memiliki gaya berhijabnya sendiri yang konon mencerminkan karakter mereka masing-masing. Gaya berhijab umumnya juga ditentukan berdasarkan keyakinan, bentuk wajah, fashion, dan lainnya. Berbeda gaya berhijab, maka berbeda pula inner hijab yang serasi untuk Anda. Simak ulasannya di bawah ini!

Model bonnet underscarf : semakin mudah melakukan variasi hijab

Model bonnet underscarf : semakin mudah melakukan variasi hijab

Inner hijab model ini digunakan dengan cara memasukkan semua helai rambut ke dalamnya sehingga hijab tampak lebih rapi. Bonnet underscarf umumnya terbuat dari bahan kain stretch, seperti spandex.

Selain dapat menutupi seluruh bagian rambut dan kepala, bagian depannya memiliki bentuk seperti topi. Bagian yang agak kaku ini akan mempermudah Anda yang ingin melakukan layering atau variasi hijab lainnya. Tersedia di pasaran dalam berbagai warna, Anda pun semakin mudah memadu-padankannya dengan warna hijab atau pakaian Anda.

Model tube underscarf : kepala tetap terasa enteng dan nyaman

Model tube underscarf : kepala tetap terasa enteng dan nyaman

Model tube underscarf pada dasarnya mirip dengan bonnet underscarf bila dilihat dari segi pemakaian. Hal yang membedakannya, model ini tidak menutupi kepala seluruhnya. Bentuknya lebih mirip dengan bandana berukuran besar yang berfungsi untuk menahan rambut sehingga terasa enteng dan nyaman dikenakan.

Model ini umumnya terbuat dari bahan kaus, katun, atau bahan lainnya yang tak licin digunakan. Saat mengenakan inner hijab bermodel tube underscarf, pastikan hijab Anda terbuat dari bahan yang tidak transparan.

Model ninja underscarf : menutupi dengan sempurna hingga ke bagian leher

Model ninja underscarf : menutupi dengan sempurna hingga ke bagian leher

Model inner hijab yang fit menutupi dari kepala hingga leher ini barangkali sudah lumrah Anda lihat di pasaran. Karena menutupi secara menyeluruh, umumnya model ini dibuat dari bahan kain stretch yang nyaman di kulit. Karena bodinya yang memanjang, model ini seringkali digunakan oleh hijaber yang berkerudung panjang (kerudung syar’i).

Bagi Anda yang lebih suka mengenakan hijab pendek, ninja underscarf pun ideal digunakan sebagai inner hijab. Dengan begitu, aurat leher tak akan mudah terlihat meskipun Anda bergerak aktif. Tidak hanya menutupi dengan sempurna, Anda pun bisa tampil lebih bergaya dengan berbagai varian desain ninja underscarf yang banyak beredar di pasaran.

Model turban underscarf : kesan elegan untuk meningkatkan penampilan

Model turban underscarf : kesan elegan untuk meningkatkan penampilan

Model turban underscarf banyak digunakan oleh para hijaber modern karena desainnya yang trendi dan cantik. Bila inner hijab lainnya diciptakan untuk disembunyikan di dalam hijab, model ini malah sebaliknya. Turban underscarf lebih cocok dipadukan dengan hijab yang agak menerawang atau pasmina saja.

Dengan memperlihatkan visualnya yang indah, model yang satu ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin tampil elegan. Apalagi, sekarang ini turban underscarf semakin bervariasi, mulai dari variasi kerut hingga payet berkilau di pinggirannya.

Inner hijab karya desainer atau produsen ternama

Inner hijab karya desainer atau produsen ternama

Bagi Anda pencinta fashion, inner hijab tentu bukan hanya sekadar item pelengkap busana muslim Anda. Meskipun inner hijab biasa telah memenuhi manfaat praktis dan estetika, para desainer hijab telah berinovasi dan membawa inner hijab ke level berikutnya.

Sebut saja Haute Hijab, salah satu produsen hijab dan aksesoris hijaber. Produsen asli New York, Amerika ini mencetuskan inner hijab bernama “Barely There Underscarf”. Sesuai namanya, Anda akan lupa bahwa Anda sedang mengenakan inner hijab di bawah hijab Anda. Konon hal ini karena bahannya yang bergitu ringan dan elastis sehingga rambut serta kulit kepala bisa tetap bernafas optimal.

Jika inovasi praktis bukanlah hal yang Anda cari, jangan palingkan wajah Anda dari tokoh-tokoh muda yang menjadi ikon hijab tanah air. Dian Pelangi, Zaskia Mecca, dan sebagainya, merupakan desainer pakaian muslim yang tengah naik daun di Indonesia. Mereka selalu memiliki inovasi gaya terbaru agar tampilan berhijab tak pernah membosankan.

10 Rekomendasi ciput/inner hijab terbaik

Setelah mengetahui langkah-langkah dalam memilih inner hijab, saatnya Anda memilih produk-produk inner hijab untuk Anda kenakan sendiri. Karena ciput seringkali dikenakan sepanjang hari, pilihlah yang sekiranya paling nyaman untuk Anda kenakan!

10. HIjUP Basic Ciput

10. HIjUP Basic Ciput

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 39.900

Inner hijab standar yang mudah pula dikenakan oleh para hijaber pemula

Inner hijab yang satu ini memang sekilas terlihat polos dan biasa saja. Namun, jangan salah! Justru itulah kelebihan produk yang satu ini. Dengan bahan yang lembut dan nyaman, produk ini mudah dikenakan, bahkan bagi hijaber pemula. Bagi Anda yang ingin tampil sederhana dan nyaman, produk ini pilihannya.

Karena modelnya simpel, dipadukan dengan hijab model apapun tetap cocok. Dengan tali fleksibel di bagian belakang, mengencangkan dan mengendurkannya pun semakin gampang. Selain itu, pemilik rambut panjang juga tak akan kerepotan berkat adanya ruang untuk cepol di bagian belakang.

Model Bonnet underscarf
Bahan Kaos

9. Ciput Topi Bonnet

9. Ciput Topi Bonnet

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 23.000

Memudahkan Anda tampil elegan dengan topi bonnet memanjang

Beragam gaya hijab semakin banyak bermunculan, tetapi model topi bonnet ini tak terasa ketinggalan zaman. Bagi Anda yang menyukai gaya yang rapih dan elegan, produk ini adalah pilihan tepat. Dengan bagian topi yang kaku dan sedikit memanjang, membentuk hijab favorit Anda pun tak akan sulit. Karena bahannya dingin dan halus, Anda akan nyaman sepanjang hari.

Model Bonnet underscarf
Bahan Spandex

8. Pearl Velvet Turban

8. Pearl Velvet Turban

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 84.000

Cantik dikenakan dengan hijab, berjodoh juga dengan pasmina

Impak inner hijab pada penampilan Anda tak boleh diremehkan karena setiap produk dapat membawa penampilan ke level yang berbeda, termasuk produk ini. Dengan bahan yang terlihat mewah dan hiasan mutiara berkilau, produk ini memberikan kesan elegan. Cocok bagi Anda yang memilih inner hijab untuk melengkapi baju pesta Anda.

Inner hijab berdetail pernak-pernik sulit dipadu-padankan? Tidak juga, karena sebetulnya bentuk inner hijab ini sangatlah simpel. Dikenakan dengan lapisan hijab di bagian luar atau ditutup dengan pasmina saja pun oke!

Model Turban underscarf
Bahan Velvet beludru premium (stretch)

7. elzatta Ciput Maroko Freesia

7. elzatta Ciput Maroko Freesia

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 40.000

Sebagai inner hijab saat di luar ruangan atau dipakai sehari-hari di rumah

Bagi Anda yang lebih sering mengenakan hijab panjang (hijab syar’i), produk ini dapat menjadi pilihan. Selain menutupi aurat lebih banyak, produk ini diklaim nyaman dan adem saat dikenakan. Panas bukan lagi halangan untuk mengenakan hijab panjang!

Bila Anda juga mengenakan hijab di dalam rumah, produk ini pun bisa menjadi opsi. Bodi inner hijab-nya cukup panjang dan menutupi hingga ke dada. Selain optimal menutupi, produk ini juga diklaim memberikan efek tirus pada wajah. Disertai juga dengan aksen gelung dan tali di bagian belakang, inner hijab semakin fit in di kepala Anda.

Model Ninja underscarf
Bahan Spandex elzatta

6. ZOYA Ciput Face Lift

6. ZOYA Ciput Face Lift

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 24.900

Wajah terlihat lebih muda dan tirus saat mengenakan hijab

Salah satu keluhan yang mungkin dihadapi wanita berhijab adalah merasa dirinya tidak cocok mengenakan hijab dengan gaya kesukaannya. Alasan yang banyak ditemukan adalah bentuk wajah membulat sehingga tampak tembam saat berhijab. Bila Anda mengalami masalah serupa, barangkali produk ini bisa membantu.

Sesuai namanya, inner hijab ini akan sedikit menaikkan wajah Anda saat mengenakannya. Berkat itu, wajah pun bisa tampak lebih kencang. Selain itu, pipi tembam yang membuat Anda resah pun dapat berkurang. Masalah selesai, Anda pun bebas memilih gaya berhijab favorit Anda!

Model Bonnet underscarf
Bahan Lycra

5. Elmina Bandana Elina

5. Elmina Bandana Elina

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 25.000

Simpel dan praktis! Anda pun bisa lebih cepat mengenakan hijab

Sesuai namanya, inner hijab yang satu ini memang lebih mirip bandana sehingga sangat mudah dikenakan. Dapat lebih cepat dipasangkan di kepala tanpa adanya pengencang, produk ini akan mempersingkat waktu Anda saat mengenakan hijab. Dengan fungsinya yang benar-benar konkret tanpa ada mubazir, produk ini pas bagi Anda wanita dinamis yang harus gerak cepat.

Model Tube underscarf
Bahan Rajut premium

4. Ciput Rajut Berlubang Samping

4. Ciput Ninja Berlubang Samping

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 10.000

Daun telinga bebas sakit meskipun hijab berlapis ciput

Mengenakan inner hijab bisa meningkatkan kenyamanan dan tampilan dalam berhijab, tetapi ada pula yang enggan mengenakannya. Salah satu sebabnya adalah daun telinga yang terasa pegal dan sakit karena telinga tertekan kain ciput yang diikat cukup kencang agar stabil.

Bila Anda akrab dengan problem yang satu ini, inner hijab yang berlubang di kedua sisi telinga ini dapat menjadi salah satu solusi. Bagian sampingnya terbuka tanpa menutupi telinga sehingga Anda bisa lebih leluasa mendengar. Meski begitu, produk ini tetap bekerja maksimal sebagai inner hijab yang bisa diandalkan untuk menyempurnakan penampilan Anda.

Model Ninja underscarf 
Bahan Rajut

3. Topi Turban Gaya Retro

3. Topi Turban Gaya Retro

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 103.500

Keren dikenakan, bahkan bagi wanita tak berhijab sekalipun

Tersedia dalam berbagai pilihan pola, inner hijab ini tepat bagi Anda yang tak ingin penampilan berhijab menjadi biasa-biasa saja. Dengan desain yang ramai dan berwarna-warni, produk ini pas untuk digunakan bersama hijab polos. Bagi Anda yang hanya ingin mengenakannya dengan pasmina pun oke-oke saja.

Selain itu, bila Anda ingin mengenakan aksesori kembaran dengan sahabat atau keluarga yang tak berhijab, produk ini pun bisa dipilih. Inner hijab yang satu ini begitu cocok digunakan sebagai pengganti topi agar penampilan semakin keren dengan sentuhan retro.

Model Turban underscarf / bonnet underscarf
Bahan Chiffon / Cotton

2. RHAZA Inner Ninja Diva

2. RHAZA Inner Ninja Diva

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 103.900

Tampilan hijab semakin anggun dengan aksen lapisan kain bersilangan

Produk ini ideal bagi Anda yang mengenakan hijab panjang maupun pendek. Bagian lehernya fit menempel, sedangkan bagian dadanya membungkus tubuh bagian atas dengan pas. Selain itu, produk ini pun akan membuat penampilan semakin anggun dengan aksen lapisan kain yang bersilangan pada ujungnya. Hijab yang terasa terlalu polos pun jadi tak membosankan!

Model Ninja underscarf
Bahan Spandex premium

1. UNIQLO Women AIRism Headband

1. UNIQLO Women AIRism Headband

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 59.000

Inovasi baru agar menutup aurat di kepala terasa semakin nyaman

Bagi Anda yang selama ini lebih mementingkan visual dalam memilih inner hijab, sebaiknya cobalah melirik produk keluaran UNIQLO yang satu ini. Dengan model sederhana yang pas dipadukan dengan berbagai jenis hijab, ternyata produk ini punya kelebihan lain saat digunakan.

Inner hijab rancangan desainer Hana Tajima ini ditanami dengan teknologi AIRism yang menjadikannya adem ketika dikenakan. Tidak berlebihan jika dikatakan sangat ideal bagi wanita negara tropis. Selain lembut dan nyaman di kulit, produk ini juga cepat kering. Anda yang aktif dan sering beraktivitas di luar ruangan pun tak perlu khawatir hijab menjadi bau karena keringat.

Model Tube underscarf
Bahan 61% rayon, 30% polyester, 9% spandex

Baca juga rekomendasi gamis terbaik di sini!

Tak lengkap rasanya bila hijab pilihan Anda tak dikenakan bersama dengan gamis-gamis cantik yang akan melengkapi penampilan Anda. Gamis seperti apakah yang cocok bagi Anda dan sedang tren tahun ini? Baca selengkapnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Dari jajaran produk inner hijab yang telah kami ulas di atas, apakah ada salah satu yang cocok dengan gaya berhijab Anda? Selain menjadikan hijab terlihat lebih rapi, memilih ciput yang tepat dapat mempercantik penampilan Anda.

Karena inner hijab akan menempel langsung di kepala dan dikenakan setiap hari, pastikan Anda memilih bahan yang nyaman di kulit dan rambut. Bila perlu, milikilah juga inner hijab berkualitas premium untuk digunakan di momen-momen istimewa.