9 Rekomendasi Popok Bayi Baru Lahir Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Popok Bayi Baru Lahir Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya yang baru lahir. Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif dan sangat disarankan untuk mencari popok yang lembut dan cocok untuk kulit bayi.

Saat ini terdapat banyak jenis popok untuk bayi baru lahir yang dijual di pasaran. Sebagai orang tua, pastinya Anda ingin memilih popok yang terbaik dari segi kualitas maupun harga. Sebenarnya bagaimana sih cara memilih popok sekali pakai yang cocok untuk bayi yang baru lahir? Yuk, simak penjelasannya.

Daftar isi

Cara memilih popok sekali pakai untuk bayi baru lahir

Supaya bayi bisa dengan nyaman memakai popok, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sewaktu memilih popok, antara lain daya serap, tingkat kelembutan, sirkulasi udara, dan tidak mudah bocor. Selain itu, ukuran popok yang cocok dengan tubuh bayi juga menjadi poin penting yang harus diperhatikan.

Pilihlah popok yang cocok untuk kulit bayi

Kulit bayi sangat lembut dan sensitif karena kulit bayi lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Pemakaian popok yang tidak cocok dengan kulit bayi akan merusak kulit bayi yang tipis tersebut. Apalagi jika popok dalam keadaan lembap, kulit bayi akan dengan mudah iritasi.

Untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit bayi, terutama pada kulit bayi yang baru lahir, tentunya Anda harus memilih popok dengan cermat. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.

Pilih yang berdaya serap tinggi

Pilih yang berdaya serap tinggi
Di dalam popok sekali pakai, terdapat materi penyerap air yang menyerap cairan dan mengubahnya ke dalam bentuk gel. Kecepatan menyerap air sangat penting untuk menghindari terjadinya kebocoran. Daya serap air yang tinggi juga diperlukan agar popok senantiasa dalam keadaan kering.

Popok yang lembap bisa menyebabkan ruam popok pada kulit bayi. Oleh karena itu, pilihlah popok dengan daya serap air yang tinggi supaya kulit bayi tetap kering dan lembut.

Pilih yang berbahan lembut

Pilih yang berbahan lembut
Kulit bayi yang baru lahir sangat tipis dan lembut. Oleh karena itu, pilihlah popok yang berbahan lembut. Harga popok berbahan lembut mungkin lebih mahal dibandingkan dengan popok biasa lainnya. Namun demikian, prioritas utama yang perlu diperhatikan sewaktu memilih popok bayi baru lahir adalah kualitas. Permukaan popok yang lembut dan tidak keras sangat penting supaya bayi bisa merasa nyaman sewaktu pemakaian.

Seiring dengan pertumbuhan bayi, kulit akan menjadi lebih tebal dan kuat. Setelah itu baru pilihlah popok dengan kualitas dan harga yang berimbang.

Pilih yang sirkulasi udaranya baik

Pilih yang sirkulasi udaranya baik
Setelah popok berisi cairan, alangkah baiknya jika langsung diganti dengan popok yang baru. Akan tetapi, ada kalanya Anda tidak sempat mengecek basah atau tidaknya popok, apalagi sewaktu bayi tidur. Untuk itu, diperlukan popok yang mempunyai sirkulasi udara yang baik supaya popok tetap dalam keadaan kering meski telah terkena cairan.

Kepraktisan untuk Ibu itu penting

Membesarkan anak adalah hal yang tidak mudah. Dengan lahirnya seorang bayi, seorang ibu tidak akan terlepas dari kesibukan mengurus keperluan anak setiap hari. Oleh karena itu, kepraktisan dalam pemakaian popok sangat penting untuk paling tidak sedikit mempermudah pekerjaan ibu.

Pilih yang gampang dibuka

Pilih yang gampang dibuka
Bayi yang baru lahir biasanya cepat lapar. Asupan ASI yang sering diberikan berpengaruh terhadap metabolisme bayi sehingga lebih sering buang air kecil atau besar. Dengan begitu popok menjadi cepat penuh dan perlu cepat diganti. Bayi baru lahir juga tidak bisa dengan diam menunggu sewaktu penggantian popok. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Bunda memilih popok yang gampang dibuka.

Pilihlah popok dengan tape (karet pelindung) yang gampang dibuka. Selain itu, tape yang cepat merekat juga memudahkan dan mempercepat proses penggantian popok.

Pilih yang tidak mudah bocor

Pilih yang tidak mudah bocor
Bayi baru lahir sering mengeluarkan kotoran lunak dan bisa merembes ke bagian kaki ataupun pinggang. Tentunya Anda tidak mau menambah pekerjaan dengan harus selalu mencuci seprai atau celana bayi yang terkena kotoran, bukan? Oleh sebab itu, popok yang tidak mudah bocor itu penting. Pilihlah popok yang tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu ketat supaya bayi merasa nyaman sewaktu pemakaian.

Pilih yang sesuai dengan ukuran tubuh bayi Anda

Pilih yang sesuai dengan ukuran tubuh bayi Anda
Perusahaan popok telah melabel ukuran NB (New Born) sebagai ukuran untuk bayi baru lahir di bawah 5 kg. Meski demikian, ukuran tersebut hanya sebagai ukuran rata-rata atau acuan. Perlu diketahui bahwa desain popok yang berbeda dari setiap perusahaan berpengaruh terhadap ukuran dan besar popok juga.

Selain itu, besar dan bentuk tubuh setiap bayi berbeda. Ada bayi yang mempunyai paha yang besar, tetapi ada juga bayi yang berpaha kecil. Mencoba sampel dari berbagai produk itu penting untuk memastikan ukuran dan merek popok yang cocok bagi bayi Anda.

9 Rekomendasi popok terbaik untuk bayi baru lahir

Popok yang baik adalah popok yang mempunyai daya serap yang tinggi, lembut, bersirkulasi udara, dan tidak mudah bocor. Berikut adalah sembilan rekomendasi popok terbaik untuk bayi baru lahir dari kami. Semoga bermanfaat.

9. Sweety Bronze Comfort NB-S (44 pcs)

9. Sweety Bronze Comfort NB-S

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 46.999

Lembut, aman, dan ekonomis

Anda ingin produk dengan harga terjangkau akan tetapi tetap aman dan lembut untuk bayi? Produk ini cocok untuk Anda. Popok ini mempunyai daya serap sampai 7 kali, sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila bayi sering pipis. Selain itu, lapisan pelindung dengan penahan ganda menjadikan popok ini tidak mudah bocor.

Popok ini juga terbuat dari bahan yang lembut, sehingga bayi bisa tetap nyaman sewaktu pemakaian Dengan perekat yang lembut, popok ini adalah pilihan tepat untuk Anda yang tidak ingin membuat kantong bolong. Tunggu apalagi? Dapatkan popok bayi yang lembut, aman dan ekonomis dengan membeli Sweety Bronze Comfort NB-S.

8. Mamypoko Tipe Perekat Standar NB-S (24 pcs)

8 Mamypoko Tipe Perekat Standar NB-S

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 36.000

Popok standar Mamypoko yang hemat

Anda ingin membeli popok dengan standar Mamypoko yang hemat tetapi sudah dijamin kualitasnya? Ini adalah produk yang tepat untuk Anda. Selain harganya yang terjangkau, popok ini juga mempunyai daya serap sampai 10 jam. Jadi, Anda tidak perlu takut apabila popok cepat basah dan kulit bayi menjadi lembap.

Terbuat dari materi yang lembut dan perekat yang lebar, si kecil juga bisa nyaman sewaktu pemakaian. Penahan ganda pada bagian samping juga membuat popok ini tidak mudah bocor. Pilihan tepat untuk Anda yang ingin hemat.

7. MamyPoko Extra Dry Newborn (14 pcs)

7. MamyPoko Extra Dry Newborn

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 40.000

Extra dry speed wave untuk kulit bayi tetap kering

Hampir setiap Ibu di Indonesia pernah memakai produk Mamypoko. Selain harganya terjangkau, popok dengan Extra dry speed wave ini bisa menyerap dan mengeringkan cairan dengan seketika. Tidak hanya itu, lapisan bersirkulasi yang lembut pun membuat popok tetap kering dan nyaman dipakai.

Tipe perekat yang lembut pada pinggang bisa dipasang beberapa kali pada popok dan membantu mempermudah Anda sewaktu pemakaian. Lengkap dengan indikator penanda pipis, Anda bisa tahu kapan Anda harus mengganti popok. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin kulit si kecil tetap kering.

6. Huggies Dry for Newborns (64 pcs)

6. Huggies Dry for Newborns (64 pcs)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 655.000

Menyerap cepat agar kulit bayi terjamin tetap kering dan nyaman

Popok dari Huggies yang didesain khusus untuk kulit sensitif bayi ini dilengkapi teknologi 1000 lubang mikro yang memungkinkan penyerapan yang cepat agar bayi tetap merasa kering. Anda juga tidak perlu khawatir menggunakannya sepanjang hari karena produk ini telah terbukti secara klinis mampu mencegah terjadinya ruam akibat popok pada kulit bayi maupun risiko dermatitis.

Selain itu, produk ini juga memiliki kantong khusus di bagian punggung dan pelindung ganda di bagian lipatan paha guna mencegah agar tidak terjadi kebocoran. Dengan seluruh permukaan yang lembut dan breathable, produk yang satu ini dijamin akan memberikan rasa nyaman pada bayi Anda yang baru lahir!

5. Nepia Genki Premium Soft Tape NB (44 pcs)

5. Nepia Genki Premium Soft Tape NB

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 96.900

Popok lembut untuk kulit sensitif

Produk buatan Jepang ini terbuat dari bahan premium yang sangat lembut, sehingga aman digunakan untuk kulit bayi yang sensitif. Permukaan popok yang lembut dan berpori membuat sirkulasi udara lancar, dan membuat bayi nyaman sewaktu pemakaian.

Daya serap yang tinggi membuat popok tetap kering, dan bisa mencegah terjadinya ruam popok. Selain itu, desain tape yang lebar pada bagian samping popok membuat popok ini tidak mudah bocor. Lengkap dengan indikator penanda pipis, popok selembut kain ini cocok untuk kulit bayi baru lahir yang sensitif.

4. GOO.N Premium Tape Excellent Dry NB (48 pcs)

4. GOO.N Premium Tape Excellent Dry NB

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 80.300

Pee lock system untuk bayi yang sering pipis

Pee lock system pada popok ini bisa mengunci dan menyerap cairan dengan cepat, meski dalam jumlah yang banyak. Lapisan bergelombang pada permukaan popok dan backsheet yang bersirkulasi udara bisa menjaga agar kulit bayi tetap kering.

Selain terbuat dari materi yang lembut, bagian pinggang yang fleksibel dan elastis pun membuat bayi tetap nyaman sewaktu pemakaian. Indikator penanda pipis yang terdapat popok ini juga menjadi nilai tambah yang bisa mempermudah Anda. Pilihan yang tepat untuk bayi yang sering pipis.

3. Sweety Gold Comfort NB (52 pcs)

3. Sweety Gold Comfort NB (52 pcs)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 73.999

Popok made in Indonesia dengan standar internasional

Popok ini adalah produk andalan Indonesia dengan standar internasional. Dilengkapi dengan teknologi diamond layer dengan daya serap yang cepat, popok ini tidak mudah lembab dan tetap kering. Selain itu, soft breathable cottony care pada produk ini bisa membuat bayi selalu nyaman sewaktu pemakaian. Sirkulasi udara yang baik pada popok ini juga mencegah terjadinya ruam popok.

Desain popok yang tipis membuat bayi bisa bergerak dengan bebas. Soft magic tape pada popok ini juga bisa merekat dengan cepat dan berulang kali. Ditambah dengan soft stretchable waistband dan 360°leak guard protection, Anda tidak perlu takut mudah bocor. Wah, pilihan tepat untuk Ibu Indonesia yang cermat, nih!

2. Merries Tape New Born (24 pcs)

2. Merries Tape New Born (24 pcs)

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 65.600

Popok dengan sirkulasi udara yang baik

Keunggulan utama dari popok Merries ini adalah 3 lapisan bersirkulasi udaranya. Terdiri dari permukaan yang lembut bergelombang, lapisan penyerap yang dapat dilalui udara, serta lapisan terluar yang melepas dan tidak menyimpan kelembaban, popok ini didesain supaya kulit bayi Anda tetap kering dan nyaman.

Permukaan bergelombang juga berfungsi untuk menahan kotoran lunak agar tidak menyebar dan tidak mudah bocor. Tidak hanya itu, popok ini juga mempunyai daya serap yang tinggi, sehingga Anda tidak perlu takut popok menjadi lembap. Lengkap dengan indikator penanda pipis, popok ini cocok untuk Anda yang ingin kulit bayi Anda selalu kering.

1. Pampers Premium Care – New Baby (48 pcs)

1. Pampers Premium Care - New Baby

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 59.900

Popok dengan perlindungan kulit bintang 5

Merek Pampers telah dikenal oleh orang banyak di seluruh dunia. Popok Pampers Premium Care – New Baby ini mempunyai permukaan lembut yang dilapisi dengan lotion perlindungan kulit, sehingga kulit bayi tetap nyaman dan tidak cepat gatal. Selain itu, Super gel yang berdaya serap tinggi bisa melindungi kulit bayi agar tetap kering selama 12 jam.

All around breathability pada popok ini membuat sirkulasi udara yang baik, sehingga kulit bayi tidak mudah lembap. Ditambah dengan All Around Cottony Softness dan desain bagian pinggang yang lentur, popok ini lembut dan nyaman untuk kulit bayi. Lengkap dengan indikator penanda pipis, tidak diragukan lagi produk ini bisa menjadi pilihan pertama dan terpercaya untuk bayi tercinta Anda.

Cara memakaikan popok sekali pakai pada bayi

Mungkin banyak Ibu yang bingung tentang cara pemakaian popok sekali pakai pada anak pertamanya. Sebenarnya bagaimana sih cara memakai popok pada bayi? Berikut adalah penjelasannya.

Cara mengganti popok sekali pakai tipe tape

Cara mengganti popok sekali pakai tipe tape

Siapkan popok yang baru dan rentangkan bagian samping popok (gather). Letakkan di bawah popok kotor yang sedang dipakai bayi dan ingin diganti. Usahakan agar letak ujung popok yang baru berada sedikit di atas pusar bayi.

Ketika membuka popok yang kotor, lap pantat bayi dengan bersih. Setelah itu, angkatlah kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tariklah keluar popok yang kotor secara perlahan. Kemudian, posisikan ujung popok baru supaya simetris dengan perut bayi, sambil memegang bagian perekat popok (tape).

Setelah itu, pasanglah popok dan rekatkan tape pada tempatnya. Pastikan agar rekatan tape kencang dengan kedua sisi sama rata. Jangan lupa juga untuk memastikan agar tidak ada bagian yang terlipat ke dalam, untuk menghindari terjadinya kebocoran.

Cara membuang popok sekali pakai tipe tape

Cara membuang popok sekali pakai tipe tape

Buanglah kotoran padat ke toilet. Setelah itu, gulunglah popok dengan bagian kotor pada bagian dalam. Kemudian rekatkan kedua sisi tape sehingga dalam posisi terbungkus rapi. Usahakan agar popok kotor tergulung sekecil mungkin sehingga bisa mempermudah sewaktu pembuangan.

Kapan saatnya untuk mengganti ukuran popok?

Kapan saatnya untuk mengganti ukuran popok?

Sewaktu dilahirkan, berat rata-rata bayi baru lahir adalah sekitar 2-3 kg. Dalam kurun waktu 1-2 bulan, biasanya berat bayi sudah mencapai 5 kg. Dikarenakan popok bayi baru lahir biasanya hanya dianjurkan untuk berat bayi di bawah 5 kg, Anda sebaiknya mengganti ke ukuran popok yang lebih besar setelah rentang waktu 1-2 bulan.

Selain dari berat badan, Anda juga bisa memperhatikan dari cukup atau tidaknya panjang tape untuk merekat. Apabila sudah tidak cukup dan berbekas di pinggang, kemungkinan besar sudah saatnya Anda untuk mengganti ke ukuran popok yang lebih besar.

Perbedaan antara popok tipe tape dan tipe pants (celana)

Kebanyakan popok tipe pants yang tersedia mempunyai ukuran di atas ukuran S. Bagi Ibu yang belum pernah memakaikan popok tipe pants kepada anaknya, mungkin Anda bingung harus memilih tipe popok yang cocok. Berikut adalah keunggulan dan kekurangan dari masing-masing tipe popok.

Keunggulan dan kekurangan dari popok tipe tape

Keunggulan dan kekurangan dari popok tipe tape

Keunggulan utama dari popok tipe tape adalah Anda bisa menyesuaikan kekencangan popok sewaktu pemakaian. Anda bisa menyesuaikan perekat sehingga bisa pas pada tubuh bayi. Harga popok tipe tape juga lebih murah dibandingkan dengan harga popok tipe pants.

Namun demikian, popok tipe tape tidak begitu cocok untuk bayi yang bergerak dengan aktif. Selain lebih sulit sewaktu penggantian popok, bagian perekat pada popok pun bisa berpindah apabila bayi aktif bergerak. Hal ini yang memungkinkan terjadinya kebocoran pada popok tipe tape.

Keunggulan dan kekurangan dari popok tipe pants

Keunggulan dan kekurangan dari popok tipe pants

Popok tipe pants bisa diganti dengan mudah. Anda tinggal merobek bagian samping popok untuk membuang popok yang sudah kotor. Jadi, bayi Anda tidak perlu dalam posisi telentang sewaktu penggantian popok. Sewaktu pemakaian, Anda tinggal memakaikan seperti layaknya memakaikan celana pada si kecil.

Akan tetapi, Anda tidak bisa menyesuaikan kekencangan popok dikarenakan tidak adanya perekat. Harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan popok tipe tape. Oleh karena itu, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kapan saatnya untuk ganti ke popok tipe pants

Kapan saatnya untuk ganti ke popok tipe pants

Sebenarnya, tidak ada aturan atau saat yang tepat untuk ganti ke popok tipe pants. Ada Ibu yang mengganti dari popok tipe tape ke popok tipe pants sewaktu bayi berumur 2-3 bulan. Ada juga Ibu yang memilih tetap menggunakan popok tipe tape sampai bayi berumur lebih dari 1 tahun.

Anda bisa mengganti ke popok tipe pants apabila dibutuhkan. Anda juga bisa mix and match dengan cara memakaikan popok tipe tape di rumah dan memakaikan popok tipe pants apabila sedang jalan-jalan di luar. Pilihlah tipe popok yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara cermat untuk membeli popok

Bayi baru lahir sering pipis dan mengeluarkan kotoran lunak. Ini mengakibatkan cepat habisnya stok popok yang tersedia di rumah. Berikut adalah beberapa tips untuk membeli popok sekali pakai dengan cermat.

Jangan membeli popok secara borongan

Jangan membeli popok secara borongan
Bayi tumbuh dengan sangat cepat. Oleh karena itu, kami menganjurkan untuk tidak membeli popok secara borongan. Dalam kurun waktu 1-2 bulan, bayi Anda kemungkinan sudah kesempitan memakai ukuran NB dan harus memakai ukuran S. Demikian juga di bulan-bulan berikutnya, si kecil mungkin sudah saatnya harus mengganti ukuran ke M, L, dan seterusnya.

Lebih baik Anda menentukan jangka waktu pembelian popok. Misalnya seminggu sekali, atau dua minggu sekali. Anda juga boleh mencoba popok dari berbagai merek, supaya Anda tahu merek mana yang paling cocok untuk bayi Anda.

Cara menghemat pengeluaran untuk popok

Cara menghemat pengeluaran untuk popok
Banyaknya frekuensi penggantian popok menyebabkan pengeluaran untuk popok menjadi besar. Rata-rata bayi baru lahir menggunakan popok sekali pakai sebanyak 6-7 kali per hari. Apabila dikalkulasikan dengan harga popok sekitar Rp 2.000 per lembar, maka pengeluaran untuk popok bayi mencapai Rp 360.000-Rp 420.000 per bulan. Cukup besar, bukan?

Untuk itu, cost and performance sangat penting untuk dipertimbangkan sewaktu memilih popok si kecil. Anda bisa membeli popok dengan harga lebih murah sewaktu terdapat diskon di supermarket atau toko online yang terpercaya.

Popok kain

Popok kain

Mungkin banyak yang berpendapat bahwa penggunaan popok kain lebih baik daripada popok sekali pakai (popok kertas). Popok kain harus diganti setiap kali bayi buang air kecil atau mengeluarkan kotoran, yang membuat frekuensi penggantian popok menjadi banyak. Seringnya penggantian popok pun membuat kulit bayi tidak mudah iritasi.

Selain itu, popok kain setiap kali dicuci dan digunakan berulang kali, sehingga Anda pun bisa menghemat pengeluaran Anda. Desainnya yang variatif pun menjadi daya tarik bagi para Ibu. Namun demikian, banyak Ibu yang merasa tidak praktis dengan pemakaian popok kain. Oleh karena itu, pilihlah popok yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan berbagai macam popok bayi baru lahir terbaik yang dijual di Indonesia. Kami juga telah menjelaskan tentang cara pemakaian, perbandingan antara popok tipe tape, pants, dan popok kain. Jadi, Ibu bisa dengan cermat membandingkan popok mana yang cocok untuk si kecil.

Pilihlah popok yang berkualitas akan tetapi sesuai dengan budget keluarga kita. Bagaimana pendapat Anda? Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para Ibu yang selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya.