10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2019)

Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.

Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!

Daftar isi

Cara memilih popok untuk bayi baru lahir

Poin utama dalam memilih popok untuk bayi baru lahir adalah daya serap, tingkat kelembutan, kelancaran sirkulasi udara, dan daya tampung cairannya. Selain itu, kecocokkan ukuran popok dengan tubuh bayi juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Berikut akan kami ulas secara mendetail.

Pilihlah produk yang nyaman dan tidak menimbulkan masalah kulit

Kulit bayi yang halus dan lebih tipis dari kulit orang dewasa membuatnya rentan terhadap stimulus sekecil apapun. Apalagi jika popok dalam keadaan lembap, kulit bayi akan teriritasi dengan mudah. Di samping itu, bakteri akan mudah masuk dan menyebabkan masalah kulit, seperti ruam.

Kulit bayi yang tipis dan sensitif ini membuat Anda harus memperhatikan hal-hal kecil, khususnya pada pemilihan popoknya. Pertama-tama, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi agar kulitnya yang sensitif, terlindungi dan terhindar dari masalah.

Berdaya serap tinggi agar kulit bayi tetap kering dan lembut

Berdaya serap tinggi agar kulit bayi tetap kering dan lembut

Di dalam popok sekali pakai, terdapat materi penyerap air yang menyerap cairan dan mengubahnya menjadi wujud gel. Kecepatan serapnya sangat penting untuk menghindari terjadinya kebocoran. Selain itu, jika popok tidak mampu menyerap dengan baik, popok akan menjadi lembap dan menyebabkan ruam serta masalah lain pada kulit bayi.

Popok dengan daya serap yang tinggi membuat kulit bayi tetap kering dan lembut. Dengan begitu, masalah kulit seperti ruam maupun gatal tidak akan mudah terjadi. Tidak hanya untuk mencegah kebocoran, pemilihan popok dengan daya serap tinggi juga akan menjaga kulit bayi tetap sehat dan terawat. Daya serap popok berbeda-beda tergantung merek atau produsen. Agar dapat memilih produk yang tepat, membaca review produk dari para ibu lain tentu akan berguna.

Berbahan lembut agar kulit bayi terbebas dari ruam

Berbahan lembut agar kulit bayi terbebas dari ruam

Jika Anda memilih popok berbahan kaku, kemungkinan produk tersebut akan menyakiti kulit bayi semakin besar. Harga popok berbahan lembut mungkin lebih mahal dibandingkan dengan popok lainnya. Meskipun begitu, prioritas utama saat memilih popok bayi yang baru lahir bukanlah harga melainkan kualitas.

Permukaan popok yang lembut dan tidak membuat ruam pada bagian kulit yang tertutup popok sangat penting. Dengan begitu, bayi akan merasa nyaman saat memakainya. Seiring dengan pertumbuhan bayi, kulit akan menjadi lebih tebal dan kuat. Nah, setelah itu Anda baru boleh memilih popok dengan kualitas dan harga yang berimbang.

Bersirkulasi udara baik agar kulit bayi bebas iritasi dan infeksi

Bersirkulasi udara baik agar kulit bayi bebas iritasi dan infeksi

Alangkah baiknya jika Anda segera mengganti popok bayi yang sudah penuh, demi mencegah kulit bayi teriritasi atau terinfeksi. Akan tetapi, ada kalanya Anda tidak dapat mengecek hal tersebut. Misalnya, saat bayi sedang tidur dan saat berada dalam perjalanan. Karena itu, diperlukan popok yang mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga kulit bayi tetap kering dan tidak lembap.

Pilihlah produk yang mudah dikenakan dan dilepas

Bayi yang baru lahir memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya. Hal ini terkadang menjadi kendala tersendiri bagi ibu yang baru memiliki anak pertamanya. Karena itu, pemilihan popok yang benar akan membantu meringankan pekerjaan ibu. Kali ini, kami akan menjelaskan poin dalam memilih popok yang mudah digunakan. Simak terus ulasan berikut!

Perekat yang mudah dibuka agar dapat mengganti popok dengan cepat

Perekat yang mudah dibuka agar dapat mengganti popok dengan cepat

Tidak sedikit ibu yang mengganti popok bayi sebelum menyusui. Karena waktu yang dibutuhkan untuk mengganti popok tidaklah singkat, si kecil biasanya harus menunggu cukup lama dalam keadaan lapar. Pada saat ini, tentu saja si kecil tidak dapat menunggu asupan ASI-nya dengan tenang.

Bayi bisa saja menendang, berteriak, menangis, bahkan melawan saat akan diganti popoknya. Untuk itu, pilihlah popok dengan perekat atau karet pelindung yang mudah dibuka. Selain itu, tipe perekat yang cepat menempel akan memudahkan dalam mempercepat proses penggantian popok.

Lapisan yang tidak mudah bocor supaya pipis dan kotoran bayi tidak menyebar ke mana-mana

Lapisan yang tidak mudah bocor supaya pipis dan kotoran bayi tidak menyebar ke mana-mana

Bayi yang baru lahir sering mengeluarkan kotoran lunak dan bisa merembes ke bagian kaki ataupun pinggang. Tentunya Anda tidak mau menambah pekerjaan dengan harus selalu mencuci seprai atau celana bayi yang terkena kotoran, bukan? Untuk itu, pilihlah popok yang lentur di sekitar pinggang dan kaki, agar bayi merasa nyaman saat memakainya.

Popok yang pas dan tidak terlalu ketat juga penting, agar bayi tidak kesakitan saat memakainya. Selain itu, periksalah keberadaan fitur atau teknologi yang digunakan produsen untuk meningkatkan daya serap popok. Dengan begitu, popok tidak mudah bocor saat bayi buang air kecil maupun besar.

Pilihlah produk yang sesuai ukuran dan bentuk tubuh bayi

Pilihlah produk yang sesuai ukuran dan bentuk tubuh bayi

Produsen popok umumnya memberikan label ukuran NB (newborn) sebagai ukuran popok untuk bayi baru lahir dengan bobot di bawah 5 kg. Meski begitu, ukuran tersebut hanya sebagai ukuran rata-rata atau acuan. Perlu diketahui bahwa desain popok yang berbeda dari setiap produsen berpengaruh juga terhadap ukuran dan besar popok.

Selain itu, besar dan bentuk tubuh setiap bayi berbeda. Ada bayi yang mempunyai paha montok, ada juga bayi yang mempunyai paha ramping. Jangan menilainya dari gambar pada kemasannya saja, penting juga untuk mencoba kemasan ekonomis dari berbagai produk. Dengan begitu, Anda bisa memastikan ukuran dan merek popok yang cocok bagi bayi Anda.

10 Rekomendasi popok terbaik untuk bayi baru lahir

Popok yang baik adalah popok yang mempunyai daya serap yang tinggi, lembut, memiliki sirkulasi udara yang baik, dan tidak mudah bocor. Berikut adalah sepuluh rekomendasi popok terbaik untuk bayi baru lahir dari kami. Semoga bermanfaat.

10. Mamamia Baby Diapers Soft Magic Tape NB-S

10. Mamamia Baby Diapers Soft Magic Tape NB-S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 22.700

Produk lokal berkualitas tinggi, dengan lapisan permukaan selembut kapas

Produsen asli Indonesia yang satu ini menawarkan produk popok bayi berkualitas tinggi. Dengan daya serap super dan lapisan permukaan selembut kapas, popok ini dapat mencegah iritasi pada kulit bayi. Hal ini dibuktikan dengan adanya teknologi faster absorbing. Selain itu, produk ini juga chlorine free sehingga semakin aman bagi kulit bayi.

Popok ini dilengkapi fitur baru, yaitu Velcro Tape yang memungkinkan popok dapat dilepas dan direkatkan berulang kali. Tak hanya itu, perekat popok ini juga didesain lembut untuk kulit bayi. Bagi Anda yang menginginkan popok dengan harga ekonomis dan aman bagi kulit sang buah hati, masukkan produk ini ke dalam list belanja Anda.

Isi 20 lembar
Ukuran NB-S, < 5 kg
Tipe Perekat
Perkiraan harga per lembar ± Rp 1.150

9. Sweety Bronze Comfort Extra Lembut NB-S

9. Sweety Bronze Comfort Extra Lembut NB-S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.000

Efektif cegah kebocoran dari samping dengan teknologi penahan ganda!

Apakah Anda menginginkan popok yang tak mudah bocor serta lembut untuk bayi Anda? Produk ini sangat kami rekomendasikan. Memiliki teknologi penahan ganda dan daya serap 7 kali lebih besar, Anda tidak perlu khawatir popok bocor, terutama saat bayi sering pipis. Bahannya lembut membuat bayi Anda bisa tetap nyaman saat memakainya.

Popok Sweety ini juga dilengkapi perekat pintar yang dapat ditempel berulang kali. Desainnya juga unik dengan gambar karakter lucu yang pas untuk si kecil. Kini, Anda dan si kecil bisa tidur lelap sampai pagi tanpa khawatir harus mengganti popok di malam hari. Dapatkan kenyamanan lebih dengan popok antibocor dari Sweety ini!

Isi 44 lembar
Ukuran NB-S, < 5 kg
Tipe Perekat
Perkiraan harga per lembar ± Rp 1.150

8. Mamypoko X-tra Kering Tipe Perekat NB-S

8. Mamypoko X-tra Kering Tipe Perekat NB-S

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 50.997

Tak perlu pusing ganti ukuran popok! Awet hingga bayi berbobot 8 kg!

Berat badan bayi akan bertambah seiring dengan pertumbuhannya. Tak heran, sebagai seorang ibu, ada saatnya Anda harus mengganti ukuran popoknya agar lebih sesuai. Berbeda dengan popok newborn lain yang hanya dapat digunakan hingga bayi berbobot 5 kg, popok yang satu ini dapat digunakan hingga bayi Anda berbobot 8 kg!

Popok ini juga mempunyai daya serap sampai 10 jam. Jadi, Anda tidak perlu takut apabila popok cepat basah dan kulit bayi menjadi lembap. Pilihan tepat untuk Anda yang tidak ingin bolak-balik mengganti ukuran popok bayi. Meskipun jarang terjadi, popok ini juga menjadi penyelamat para ibu yang bayinya lahir dengan bobot di atas rata-rata.

Isi 44 lembar
Ukuran NB-S, 3 – 8 kg
Tipe Perekat
Perkiraan harga per lembar ± Rp 1.160

7. MamyPoko Extra Soft Tipe Perekat NB

7. MamyPoko Extra Soft Tipe Perekat NB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 143.800

Teknologi Extra Dry Speed Wave jaga kulit si kecil tetap kering dan lembut

Hampir setiap ibu di Indonesia mengenal produk MamyPoko. Selain teksturnya yang lembut, produk ini juga dilengkapi teknologi Extra Dry Speed Wave yang bisa menyerap dan mengeringkan cairan dengan seketika. Tidak hanya itu, permukaan dengan sirkulasi udara yang baik membuat popok tetap kering dan nyaman dipakai.

Perekatnya yang lembut di kulit pinggang bayi, dapat dilepas-pasang hingga beberapa kali sehingga mempermudah Anda saat memakaikannya. Lengkap dengan indikator penanda pipis, Anda bisa tahu kapan Anda harus mengganti popok. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin kulit si kecil tetap kering dan lembut di mana saja dan kapan saja.

Isi 84 lembar
Ukuran NB, ≤ 5 kg
Tipe Perekat
Perkiraan harga per lembar ± Rp 1.800

6. MamyPoko Sensasi Lembut Tape NB

6. MamyPoko Sensasi Lembut Tape NB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 82.900

Stretchy soft fit-nya lebih lentur dan nyaman agar buah hati bebas bergerak

Popok dari MamyPoko ini didesain khusus untuk kulit sensitif bayi karena dilengkapi teknologi stretchy soft fit yang memungkinkan bayi bergerak bebas. Anda juga tidak perlu khawatir menggunakannya karena selain lembut, popok ini juga mampu menyesuaikan bentuk tubuh bayi. Bisa bergerak dengan leluasa tentu akan mengurangi frekuensi bayi rewel.

Selain itu, produk ini juga memiliki lapisan berpori yang memperlancar sirkulasi udara sehingga kulit si kecil bebas iritasi dan ruam. Permukaan popok yang bergelombang juga ampuh menyerap dan mengunci pipis, serta menjaganya agar tetap kering. Produk yang satu ini dijamin akan memberikan rasa nyaman pada bayi yang aktif!

Isi 40 lembar
Ukuran NB, ≤ 5 kg
Tipe Perekat
Perkiraan harga per lembar ± Rp 2.300

5. Nepia Genki Premium Soft Tape NB

5. Nepia Genki Premium Soft Tape NB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 107.500

Jaga kulit bayi yang sensitif tetap sehat berkat teknologi Deep Embossing

Produk buatan Jepang ini memiliki rahasia teknologi Deep Embossing yang menjaga popok tetap kering dan mencegah iritasi pada kulit bayi Anda. Adanya teknologi ini juga membuat permukaan popok lebih lembut dan udara bersirkulasi dengan mudah. Tak cukup sampai di situ, cairan pipis dan kotoran lunak akan terserap seketika berkat teknologi ini.

Popok ini juga memiliki 5 desain lucu yang cocok untuk Anda yang bosan dengan desain popok biasa. Selain itu, popok ini memiliki penanda pipis yang akan berubah warna ketika cairan di dalam popok sudah penuh. Popok Genki yang nyaman digunakan ini cocok untuk perlindungan maksimal bagi kulit sensitif buah hati Anda.

Isi 44 lembar
Ukuran NB, ≤ 5 kg
Tipe Perekat
Perkiraan harga per lembar ± Rp 2.500

4. GOO.N Excellent Dry Tape New Born

4. GOO.N Excellent Dry Tape New Born

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 86.900

Dengan Pee Lock System, tak perlu khawatir tangani bayi yang sering pipis

Frekuensi pipis pada bayi yang baru lahir bisa berulang hingga 6-8 kali setiap harinya. Popok ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghadapi masalah tersebut. Pee Lock System pada popok ini bisa mengunci dan menyerap cairan dengan 5 kali lebih kuat sehingga popok tetap kering. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir jika si kecil sering pipis.

Tak hanya menjaga permukaan popok tetap kering, Pee Lock System-nya juga dapat mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi. Di samping itu, indikator penanda pipis yang terdapat popok ini juga menjadi nilai tambah agar Anda lebih mudah memahami waktu penggantian popok. Pilihan yang tepat untuk bayi yang beser, tanpa khawatir popok akan bocor.

Isi 48 lembar
Ukuran NB, ≤ 5 kg
Tipe Perekat
Perkiraan harga per lembar ± Rp 1.850

3. Sweety Gold Comfort NB

3. Sweety Gold Comfort NB

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 85.000

Teknologi Diamond Layer-nya nyaman dan tidak menekan kulit bayi

Popok ini adalah salah satu produk berstandar internasional andalan para ibu Indonesia. Dilengkapi dengan teknologi Diamond Layer, daya serap popok menjadi jauh lebih meningkat sehingga popok tidak mudah lembap dan tetap kering. Adanya teknologi ini pun akan mengurangi resiko cairan bersentuhan dengan kulit si kecil hingga 50%.

Tak hanya menjaga agar tetap kering dan bebas iritasi, popok ini juga mampu mendistribusikan dan menyerap cairan dengan cepat. Soft Breathable Cotton Care-nya juga membuat udara dalam popok bersirkulasi dengan baik. Cocok menjadi pilihan Anda untuk menjaga kulit bayi tetap halus dan lembut. Wah, pilihan tepat untuk Ibu Indonesia yang cermat, nih!

Isi 52 lembar
Ukuran NB, < 5 kg
Tipe Perekat
Ukuran harga per lembar ± Rp 1.630

2. Merries Tape New Born

2. Merries Tape New Born

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 60.700

3 lapisan bersirkulasi udara yang jaga kulit bayi agar tetap kering dan sehat

Popok ini ideal berkat 3 lapisan bersirkulasi udara yang meningkatkan kenyamanan bayi. Pertama, lapisan permukaan lembut bergelombang yang membuat udara bebas mengalir. Kedua, lapisan penyerap membantu agar kulit bayi terhindar dari pengap. Lalu yang ketiga atau lapisan terluarnya, mampu melepas udara dan menjaga popok agar tetap kering.

Bagian popok di antara kedua paha juga tidak kaku dan mengganjal sehingga bayi yang aktif dapat bergerak dengan leluasa. Desain kelinci yang lucu juga akan menambah manis penampilan si kecil. Lengkap dengan indikator penanda pipis, popok ini cocok untuk Anda yang ingin kulit bayi lebih bebas bernafas, selalu kering, dan sehat.

Isi 24 lembar
Ukuran NB, ≤ 5 kg
Tipe Perekat
Ukuran harga per lembar ± Rp 2.500

1. Pampers Premium Care New Born

1. Pampers Premium Care New Born

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 112.000

Permukaan selembut sutera yang nyaman dan memiliki fitur lengkap

Merek Pampers telah dikenal oleh banyak orang di seluruh dunia. Berbeda dengan seri lainnya, seri Premium Care ini mempunyai permukaan selembut sutra yang diklaim memberikan kenyamanan pada bayi dan bagi siapa saja yang memegangnya. Selain itu, super gel yang berdaya serap tinggi bisa melindungi kulit bayi agar tetap kering selama 12 jam.

All around breathability pada popok ini membuat sirkulasi udara lancar sehingga kulit bayi tidak mudah lembap. Bagian pinggang yang lentur, membuat popok ini super pas dan nyaman digunakan. Lengkap dengan indikator penanda pipis, tidak diragukan lagi produk ini bisa menjadi pilihan pertama dan terpercaya untuk si kecil kesayangan Anda.

Isi 52
Ukuran NB, ≤ 5 kg
Tipe Perekat
Perkiraan harga per lembar ± Rp 2.150

Cara memakaikan popok untuk bayi baru lahir

Mungkin masih banyak ibu yang bingung tentang cara memakaikan popok pada bayinya. Terutama, ibu yang baru memiliki bayi pertamanya. Sebenarnya, bagaimanakah cara yang benar untuk memakaikan popok pada bayi yang baru lahir? Berikut adalah penjelasannya secara rinci.

Cara mengganti popok tipe perekat untuk mencegah kebocoran

Cara mengganti popok tipe perekat untuk mencegah kebocoran

Siapkan popok bersih, kemudian rentangkan bagian samping popok (gather). Letakkan di bawah popok kotor yang sedang dipakai bayi dan usahakan agar letak ujung popok yang baru berada sedikit di atas pusar bayi. Ketika membuka popok yang kotor, bersihkan pantat bayi secara perlahan hingga bersih.

Selanjutnya, angkat kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tarik keluar popok yang kotor secara perlahan. Kemudian, posisikan ujung popok baru supaya simetris dengan perut bayi, sambil memegang bagian perekat. Hati-hati dan tahan bagian samping agar tidak lepas. Terakhir, rapikan bagian samping dan area sekitar kaki, sesuaikan dengan tubuh bayi, dan tempelkan perekat.

Cara membuang popok sekali pakai tipe perekat agar bau tidak menyebar

Cara membuang popok sekali pakai tipe perekat agar bau tidak menyebar

Gulung popok yang sudah dipakai sekecil mungkin ke arah dalam untuk menutupi kotoran. Tempelkan kedua sisi perekat sehingga popok yang sudah dipakai dalam kondisi terbungkus rapi. Jika popok penuh dengan kotoran padat, sebaiknya buanglah terlebih dahulu kotoran tersebut ke dalam toilet untuk mencegah bau menyengat.

Namun, untuk bayi yang baru lahir, kotoran biasanya lebih cair. Karena itu, banyak ibu yang masih membuang kotoran newborn bersama dengan popok dan baru mulai membuang kotoran ke toilet terlebih dahulu, setelah bayi tumbuh agak besar dan kotorannya memadat. Masalah bau menjadi hal yang perlu diperhatikan saat membuang popok. Kami menyarankan untuk membuangnya pada tempat sampah berpenutup.

Meskipun ada juga tempat sampah khusus untuk membuang popok, sebaiknya bungkus popok bekas dengan kantong plastik atau koran sebelum membuangnya ke dalam tempat sampah. Dengan begitu, bau yang ditimbulkan akan berkurang dan tidak menggangu orang-orang sekitarnya.

Kapan saatnya untuk mengganti ukuran popok?

Kapan saatnya untuk mengganti ukuran popok?

Berat badan rata-rata bayi yang baru lahir adalah 2-3 kg. Namun, pada umumnya berat badan bayi akan meningkat hingga mencapai berat sekitar 5 kg dalam kurun waktu 1-2 bulan. Popok bayi yang baru lahir biasanya ditujukan untuk bayi dengan berat sampai 5 kg. Anda sebaiknya mengganti ke ukuran popok yang lebih besar setelah rentang waktu 1-2 bulan.

Sebaiknya, perhatikan juga ukuran pinggang dan pangkal paha bayi. Bila popok terasa terlalu ketat di bagian pinggang dan menimbulkan bekas kemerahan di sekitar pangkal paha bayi, kemungkinan besar sudah saatnya Anda mengganti ukuran popok. Selain itu, bagian pantat bayi yang keluar dari balutan popok dan seringnya kebocoran juga pertanda bahwa ukuran popok sudah terlalu kecil.

Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah memperhatikan ukuran popok yang ditawarkan oleh setiap produsen. Meski memiliki label ukuran sama, bisa saja ukuran popok yang sebenarnya sedikit berbeda satu sama lain. Dengan mencoba popok dari berbagai produsen atau merek, Anda akan menemukan ukuran yang sesuai dan nyaman bagi sang buah hati.

Perbedaan antara popok tipe perekat dan tipe celana

Ada dua jenis popok sekali pakai, yaitu tipe perekat dan tipe celana. Kedua tipe tersebut umumnya tersedia dalam ukuran S sampai dengan L. Bagi ibu yang belum pernah memakaian popok sekali pakai kepada anaknya, mungkin merasa bingung ketika harus memilih tipe yang cocok. Berikut adalah keunggulan dan kekurangan dari masing-masing tipe popok.

Kelebihan dan kekurangan dari popok tipe perekat

Kelebihan dan kekurangan dari popok tipe perekat

Keunggulan utama dari popok tipe celana adalah Anda bisa menyesuaikan kekencangan popok sewaktu pemakaian. Anda bisa menyesuaikan perekat sehingga bisa pas pada tubuh bayi. Harga popok tipe perekat juga lebih murah dibandingkan dengan harga popok tipe celana.

Namun demikian, popok tipe perekat tidak begitu cocok untuk bayi yang bergerak dengan aktif. Selain lebih sulit saat penggantian popok, bagian popok yang direkatkan bisa rusak apabila bayi aktif bergerak. Hal ini yang memungkinkan terjadinya kebocoran.

Kelebihan dan kekurangan dari popok tipe celana

Kelebihan dan kekurangan dari popok tipe celana

Kelebihan popok tipe celana adalah bisa diganti dengan mudah. Anda tinggal merobek bagian samping popok untuk membuang popok yang sudah kotor. Jadi, bayi Anda tidak perlu berbaring dalam posisi telentang sewaktu penggantian popok. Sewaktu pemakaian, Anda tinggal memakaikan seperti layaknya memakaikan celana pada si kecil.

Tak hanya mudah dilepas, popok tipe celana juga tidak mudah geser seperti popok tipe perekat. Kemudahan ini akan meringankan pekerjaan Anda jika si kecil sudah bisa melepas popok tipe celananya sendiri. Selain itu, hal ini akan melatih si kecil untuk menggunakan toilet secara mandiri.

Akan tetapi, Anda tidak bisa menyesuaikan kekencangan popok dikarenakan tidak adanya perekat. Harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan popok tipe perekat. Ada juga produsen popok tipe celana yang tidak memiliki indikator penanda pipis sehingga para ibu harus selalu mengeceknya. Karena itu, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Waktu yang tepat untuk beralih ke popok tipe celana

Waktu yang tepat untuk beralih ke popok tipe celana

Sebenarnya, tidak ada aturan khusus mengenai saat yang tepat untuk beralih dari popok tipe perekat ke popok tipe celana. Ada ibu yang beralih dari popok tipe perekat ke popok tipe celana sewaktu bayi berumur 2-3 bulan. Ada juga Ibu yang memilih tetap menggunakan popok tipe perekat sampai bayi berumur lebih dari 1 tahun.

Sebagian besar para ibu berganti ke popok tipe celana saat bayi sudah mulai banyak bergerak dan dirasa sulit mengganti popok saat bayi sedang tidur. Anda juga bisa mix and match dengan cara memakaikan popok tipe perekat di rumah dan memakaikan popok tipe celana apabila sedang jalan-jalan di luar. Pilihlah tipe popok yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara cermat untuk membeli popok sekali pakai

Bayi yang baru lahir pipis dan mengeluarkan kotoran lunak dengan frekuensi lebih sering. Ini mengakibatkan cepat habisnya stok popok yang tersedia di rumah. Berikut adalah beberapa tips untuk membeli popok sekali pakai dengan cermat.

Belilah dalam kuantitas kecil saja dalam sekali pembelian

Belilah dalam kuantitas kecil saja dalam sekali pembelian

Tentu saja para ibu ingin mengurangi biaya pengeluaran popok setiap harinya. Tak heran banyak ibu membeli popok secara grosir atau dalam jumlah banyak sekaligus. Namun, dalam kurun waktu 1-2 bulan, tubuh bayi akan bertumbuh besar. Di bulan-bulan berikutnya, si kecil akan membutuhkan ukuran popok yang lebih besar seiring dengan pertumbuhannya.

Lebih baik Anda menentukan jangka waktu pembelian popok. Misalnya seminggu sekali, atau dua minggu sekali. Cobalah juga popok dari berbagai merek, supaya Anda tahu merek mana yang paling cocok untuk bayi Anda. Pada intinya, hindarilah pembelian popok dalam jumlah banyak sekaligus untuk mencegah kemubaziran.

Cara menghemat pengeluaran untuk popok

Cara menghemat pengeluaran untuk popok

Banyaknya frekuensi penggantian popok menyebabkan pengeluaran untuk popok menjadi besar. Rata-rata bayi baru lahir menggunakan popok sekali pakai sebanyak 6-7 kali per hari. Apabila dikalkulasikan dengan harga popok sekitar Rp 2.000 per lembar, pengeluaran untuk popok bayi mencapai Rp 360.000-Rp 420.000 per bulan. Cukup besar, bukan?

Untuk itu, cost and performance sangat penting untuk dipertimbangkan sewaktu memilih popok si kecil. Rajinlah mengecek situs belanja online dan dapatkan selebaran saat Anda berbelanja ke supermarket untuk mengetahui program diskon yang ada.

Popok kain sebagai alternatif yang ekonomis

Popok kain sebagai alternatif yang ekonomis

Kepopuleran popok sekali pakai ternyata tidak bisa mengalahkan popok kain yang sudah dipercaya sejak dahulu kala. Popok kain yang lembut untuk kulit bayi ini, jauh lebih ekonomis dan ramah lingkungan dibandingkan dengan popok sekali pakai. Selain itu, komunikasi antara ibu dan bayi juga meningkat karena ibu tentu akan bersentuhan langsung dengan bayi setiap kali mengganti popok kainnya.

Popok kain pun memudahkan ibu untuk mengetahui kapan si kecil pipis atau buang air besar. Dengan begitu, para ibu dapat memahami waktu yang tepat untuk mengganti popok. Desainnya yang variatif dari tahun ke tahun pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para Ibu.

Ada baiknya untuk membagi penggunaan popok kain dan popok sekali pakai. Kami sarankan untuk menggunakan popok kain saat berada di rumah saja. Untuk Anda yang penarasan tentang penggunaan dan pemilihan popok kain secara rinci, Anda bisa merujuknya pada halaman berikut ini!

Ide untuk mendidik anak tanpa popok

Ide untuk mendidik anak tanpa popok

Ada juga ibu yang memiliki pemikiran untuk tidak menggunakan popok pada buah hatinya. Ide untuk mendidik anak tanpa popok ini bertujuan agar ibu dapat memahami waktu saat si kecil ingin buang air dan timing yang tepat untuk membawanya ke toilet. Selain itu, respon sebagai seorang ibu akan meningkat serta komunikasi antara ibu dan anak akan semakin berkembang.

Keuntungan lainnya adalah berkurangnya waktu untuk mencuci popok kain dan sampah dari popok sekali pakai. Pendidikan anak tanpa popok tentu saja berbeda dengan pelatihan penggunaan toilet. Namun, tanpa adanya penggunaan popok, para ibu akan lebih mudah melatih si kecil dalam menggunakan toilet.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan berbagai macam popok sekali pakai terbaik untuk bayi baru lahir. Kami juga telah menjelaskan tentang cara pemakaian, perbandingan antara popok tipe perekat, tipe celana, dan popok kain. Jadi, Ibu bisa dengan cermat memilih popok yang sesuai untuk si kecil.

Baik popok tipe perekat maupun tipe celana, keduanya memiliki keistimewaan masing-masing. Pilihlah popok yang berkualitas tetapi sesuai dengan budget keluarga Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para ibu untuk selalu memberikan yang terbaik pada buah hatinya.