1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)

Popok bayi sangatlah beragam. Ada popok kain, diaper, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi yang bagus.

Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus mengulas pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
Diperbaharui 01-04-2023
dr. Andri Welly
Pakar
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan. dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Profil dr. Andri Welly
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apakah popok sekali pakai atau diaper aman untuk bayi baru lahir?

Apakah popok sekali pakai atau diaper aman untuk bayi baru lahir?

Banyak ibu yang ragu memakaikan popok sekali pakai atau yang umum disebut pampers newborn karena faktor keamanannya. Jika Anda salah satunya, Anda tidak perlu ragu lagi karena popok bayi aman asalkan memakai produk yang tepat.


Bayi, khususnya yang baru lahir, memiliki kulit yang sangat sensitif. Supaya terhindar dari risiko ruam popok, pastikan popok yang dipilih terbebas dari bahan-bahan kimia tertentu, misalnya pemutih dan pewangi. Selain itu, popok yang aman untuk bayi baru lahir tidak boleh terlalu ketat untuk menghindari infeksi jamur.


Saran kami, jika muncul ruam kemerahan atau bayi rewel ketika memakai popok, cobalah beralih menggunakan merek lain. Agar Anda bisa menemukan popok sekali pakai yang tepat untuk si kecil, simak terus artikel ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih popok untuk bayi baru lahir

Keamanan, ukuran, tipe popok, serta daya serap adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih pampers bayi baru lahir. Agar lebih jelas, langsung saja baca pembahasan kami berikut ini.

① Cek keamanan produk untuk kulit bayi newborn

Poin utama yang harus diperhatikan adalah memastikan keamanan produk yang Anda beli. Lalu, seperti apa popok yang aman untuk bayi baru lahir? Yuk, disimak!

Popok berdaya serap tinggi dan breathable: Membuat kulit bayi nyaman dan tidak lembap

Popok berdaya serap tinggi dan breathable: Membuat kulit bayi nyaman dan tidak lembap

Selain menyusu, bayi baru lahir akan sering buang air besar dan buang air kecil. Bahkan, bayi baru lahir bisa buang air besar sebanyak dua belas kali dalam sehari. Maka dari itu, pilihlah produk yang memiliki daya serap tinggi agar kulit bayi nyaman dan popok tidak cepat penuh.


Pastikan juga popok memiliki sirkulasi udara yang baik (breathable). Popok bersirkulasi udara baik dapat mencegah kulit bayi lembap yang menyebabkan tumbuhnya jamur. Selain itu, pilih produk dengan permukaan yang lembut. Hal ini agar kulit bayi yang sensitif tidak terluka saat bergesekan dengan popok.

Popok bebas parfum, pemutih, dan pewarna: Menghindarkan kulit bayi dari risiko alergi

Popok bebas parfum, pemutih, dan pewarna: Menghindarkan kulit bayi dari risiko alergi

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, popok bayi baru lahir haruslah bebas bahan kimia, contohnya parfum dan pemutih. Mungkin Anda lebih suka popok yang wangi karena dapat menyamarkan bau. Namun, bahan pewangi bisa memicu alergi pada kulit bayi yang sensitif. Bahan pemutih yang digunakan harus bebas dari klorin yang merupakan pemutih untuk ampas kayu.


Selain itu, sebaiknya popok bayi baru lahir bebas dari bahan pewarna yang menggunakan logam berat. Pastikan diapers newborn tidak mengandung pewarna, seperti disperse blue 106, disperse blue 124, disperse yellow 3, dan disperse orange. Anda bisa mencari semua informasi produk ini melalui mesin pencari sebelum membeli.

② Sesuaikan ukuran dengan bobot bayi

Seberapa besar ukuran pampers untuk bayi baru lahir? Bobot bayi dapat dijadikan acuan Anda untuk mencari ukuran yang pas. Berikut ini dua pilihan ukuran popok newborn yang bisa Anda pilih.

Ukuran NB, untuk bayi berbobot kurang dari 5 kilogram

Ukuran NB, untuk bayi berbobot kurang dari 5 kilogram

Perlu Anda ingat bahwa bayi memiliki bobot yang berbeda-beda meski usianya sama. Popok bayi baru lahir umumnya dilabeli dengan NB atau newborn. Popok ukuran NB bisa Anda pilih karena biasanya dikhususkan untuk bayi yang berbobot kurang dari 5 kilogram.


Selalu pantau bobot bayi Anda karena bobot bayi berkembang pesat seiring pertumbuhannya. Segera ganti ukuran popok jika dirasa sudah ketat agar kulit bayi tidak terluka.

Ukuran S, untuk bayi berbobot 4-8 kilogram

Ukuran S, untuk bayi berbobot 4-8 kilogram

Nah, jika bayi Anda mulai bertambah bobotnya, Anda bisa berganti ke pampers berukuran S. Bayi baru lahir biasanya mengalami kenaikan berat badan hingga 1 kilogram dalam satu bulan. Ukuran S ini dapat dipakai untuk bayi yang berbobot 4–8 kilogram.


Namun, Anda bisa coba membeli dalam jumlah kecil dahulu. Hal ini untuk mengetes kecocokan popok pada bayi Anda. Anda tidak perlu meneruskan membeli produk yang bersangkutan jika ternyata popok bocor karena terlalu longgar.

③ Pilih popok yang mudah dikenakan dan dilepas

Terdapat dua tipe popok untuk bayi, yaitu tipe perekat dan tipe celana. Sesuaikanlah dengan pertumbuhan bayi Anda. Pemilihan popok yang benar akan membantu meringankan pekerjaan Anda.

Tipe perekat, memudahkan Anda mengganti popok selagi posisi bayi berbaring

Tipe perekat, memudahkan Anda mengganti popok selagi posisi bayi berbaring

Pampers paling tepat untuk bayi 1 bulan yang belum bisa menggerakkan tubuhnya sendiri adalah tipe perekat. Berikut beberapa kelebihan pampers tipe perekat:


  • Memudahkan Anda mengganti popok selagi posisi bayi tengah berbaring. Anda dapat mengganti popok dengan cara meletakkan popok baru langsung di bawah pantat bayi. Anda pun tidak perlu khawatir alas tidurnya menjadi kotor.
  • Harganya yang lebih murah dibandingkan tipe celana. Tipe perekat sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari popok berharga terjangkau, terutama untuk bayi yang sering buang air.
  • Memiliki perekat kuat yang berada di bagian samping. Anda dapat dengan mudah merekatkan dan membuka perekat tersebut sehingga memudahkan Anda saat mengganti popok. Tipe perekat juga memudahkan para ibu yang ingin mengecek popok bayi telah penuh atau belum.

Tipe celana, cocok untuk bayi yang mulai aktif bergerak

Tipe celana, cocok untuk bayi yang mulai aktif bergerak

Seiring perkembangan bayi yang makin aktif, makin sulit bagi ibu untuk mengganti popok. Popok tipe celana adalah pilihan tepat karena Anda tidak perlu merekatkannya terlebih dahulu. Tipe ini sangat pas untuk bayi yang sudah mulai aktif bergerak karena Anda bisa cepat mengganti popoknya.


Saat bayi mulai tumbuh adalah waktu yang tepat untuk mengganti popok tipe perekat menjadi tipe celana. Jika bayi Anda dapat mengangkat pantatnya sendiri, Anda dapat mengganti popok dengan mudah.


Untuk menggantinya, Anda hanya perlu merobek karet yang berada di bagian pinggang. Jika karet susah robek, dikhawatirkan bayi tidak sabar dan memberontak sehingga membuat lantai atau alas tidurnya kotor. Untuk memudahkan Anda, pilihlah popok tipe celana yang dapat dirobek dengan mudah.

④ Pastikan produk tidak mudah bocor

Pastikan produk tidak mudah bocor

Untuk mencegah pipis dan kotoran bayi bocor dari celah-celah, kami menyarankan Anda memilih produk yang tidak mudah bocor. Produk yang tidak mudah bocor ditandai dengan elastisitas dan pelindung samping yang baik. Tidak seperti popok tipe perekat yang mudah disesuaikan, Anda harus benar-benar memperhatikan poin ini saat memilih popok tipe celana.


Kini banyak produsen popok bayi yang berinovasi menggunakan teknologi terkini untuk menghasilkan popok antibocor. Salah satunya adalah adanya pori-pori di atas permukaan popok yang dapat mencegah cairan menyebar agar tidak terjadi kebocoran.

10 Rekomendasi popok terbaik untuk bayi baru lahir

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk popok terbaik untuk bayi baru lahir yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andri Welly, SpOG.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kimberly-Clark Softex

Sweety Gold Comfort

Kimberly-Clark Softex Sweety Gold Comfort  1枚目

Perekatnya kuat dan bisa merekat berulang kali

2

Unicharm

MamyPoko Pants Royal Soft Organic Cotton

Unicharm  MamyPoko Pants Royal Soft Organic Cotton  1枚目

Dibuat dari 100% katun organik, sangat halus dan tidak menimbulkan iritasi

3

Kao

Merries Pants Good Skin

Kao Merries Pants Good Skin  1枚目

Dua kali lebih lembut dan bebas dari cairan yang menggembung di tengah

4

Nepia Genki

Tape

Nepia Genki Tape 1枚目

Lindungi kulit bayi newborn yang sensitif agar tetap lembut dan sehat

5

Einmilk

Ultrathin Diapers

Einmilk Ultrathin Diapers 1枚目

Ultratipis, tetapi mampu mengunci cairan hingga 700 ml!

6

AIM Indonesia

Mamamia Pants Type Baby Diapers

AIM Indonesia Mamamia Pants Type Baby Diapers 1枚目

Popok celana bayi yang harganya bersahabat dengan dompet

7

Pokana

Surprise Design

Pokana Surprise Design 1枚目

Desainnya beragam dan penuh warna

8

Makuku

SAP Diapers Pro Care

Makuku SAP Diapers Pro Care 1枚目

Antiruam, ringan, dan tidak menggumpal

9

Procter & Gamble

Pampers Premium Care

Procter & Gamble Pampers Premium Care 1枚目

Permukaan popok tetap kering hingga 12 jam

10

Pookio

Tape

Pookio Tape 1枚目

Dengan teknologi Crystal Lock, daya serap cepat menyeluruh dan antibocor

Perincian produk
Close
No.1

Kimberly-Clark SoftexSweety Gold Comfort

Mulai dari Rp119.600,00

Perekatnya kuat dan bisa merekat berulang kali

Kelebihan:
  • Mampu mendistribusikan dan menyerap cairan ekstracepat 
  • Dengan Diamond Layer Technology yang mengurangi risiko cairan bersentuhan dengan kulit bayi

Kekurangan:

  • Popok terlihat lebih gembung saat sudah terisi cairan, kurang cocok bagi Anda yang menginginkan popok yang lebih tipis

Popok Sweety untuk bayi baru lahir ini dilengkapi dengan teknologi Diamond Layer (lapisan bermotif berlian). Hal ini menjadikannya mampu mengurangi risiko cairan bersentuhan dengan kulit bayi hingga 50%. Perekat produk ini juga lembut, fleksibel, dan dapat merekat berulang kali. Karena itu, produk ini cocok bagi Anda yang membutuhkan popok bayi newborn yang aman dengan daya rekat kuat.

No.2

Unicharm MamyPoko Pants Royal Soft Organic Cotton

Mulai dari Rp184.600,00

Dibuat dari 100% katun organik, sangat halus dan tidak menimbulkan iritasi

Kelebihan:

  • Terbuat dari 100% kapas organik, lebih lembut di kulit bayi
  • Ban pinggangnya lembut dan tidak meninggalkan bekas kemerahan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, produk bisa menggembung jika sudah banyak cairan yang ditampungnya, dapat menjadikan bayi kurang nyaman

Produk seri premium MamyPoko ini terbuat dari 100% katun organik sehingga lembut dan nyaman dipakai sang buah hati. Bagian pinggangnya pun lebih lembut dan fleksibel sehingga tidak meninggalkan bekas kemerahan saat popok dilepas. Anda bisa beralih ke produk ini untuk mengurangi kemerahan pada kulit bayi Anda dan mencegahnya datang kembali.

No.3

KaoMerries Pants Good Skin

Mulai dari Rp66.700,00

Dua kali lebih lembut dan bebas dari cairan yang menggembung di tengah

Kelebihan:

  • Bahan permukaan popok dua kali lebih lembut
  • Popok tidak menggembung di tengah

Kekurangan:

  • Desainnya cukup bulky

Popok yang menggembung di tengah akibat cairan menumpuk di satu titik bisa membebani bayi Anda dalam bergerak. Bagi Anda yang sangat mengutamakan kenyamanan si kecil, silakan untuk beralih ke produk Merries ini.


Produk ini memiliki teknologi tiga garis di bagian dalam diaper. Fungsinya adalah untuk menyebarkan cairan sehingga cairan tidak berkumpul di satu titik. Alhasil, popok pun tidak akan menggembung di tengah.

No.4

Lindungi kulit bayi newborn yang sensitif agar tetap lembut dan sehat

Kelebihan:
  • Daya serapnya tinggi
  • Sisi penahannya lebar sehingga optimal dalam mencegah bocor

Kekurangan:

  • Bagian tengah popok rawan menggumpal jika sudah terisi cukup banyak cairan

Kulit bayi baru lahir yang sangat sensitif lebih rawan terkena iritasi dan ruam jika popok yang digunakannya kurang lembut. Perihal melindungi kulit sensitif buah hati Anda dengan maksimal, diaper newborn ini layak Anda pilih.


Apalagi, popok yang bagus untuk bayi baru lahir ini sudah dilengkapi fitur indikator urine (wetness indicator). Jika garis penanda di bagian luar popok berubah warna dari kuning ke biru, ini menandakan popok sudah penuh cairan. Anda pun bisa lekas menggantinya.

No.5

EinmilkUltrathin Diapers

Mulai dari Rp29.900,00

Ultratipis, tetapi mampu mengunci cairan hingga 700 ml!

Kelebihan:

  • Ketebalannya hanya 0,15 cm, sangat tipis dan sangat nyaman digunakan
  • Dapat menyerap dan mengunci cairan hingga 700 ml

Kekurangan:

  • Harga kemasan uji cobanya cukup pricey

Kalau buah hati Anda sering rewel setiap kali memakai diaper, bisa jadi ia tidak nyaman karena ketebalannya cukup mengganggu. Sebagai solusinya, cobalah Anda pakaikan popok bayi supertipis dari Einmilk ini. Karena sangat tipis, bayi Anda akan nyaman dan bebas bergerak seperti tidak mengenakan diaper. Meski begitu, produk ultralembut ini bisa menampung cairan hingga 700 ml, lho!

No.6

AIM IndonesiaMamamia Pants Type Baby Diapers

Mulai dari Rp26.200,00

Popok celana bayi yang harganya bersahabat dengan dompet

Kelebihan:

  • Permukaan popok senantiasa kering berkat penggunaan teknologi Magic Layer


Kekurangan:

  • Menurut sejumlah pengulas, daya serapnya kurang bagus

Dibandingkan kebanyakan diaper tipe celana yang ada di pasaran, harga produk ini relatif lebih murah. Mamamia Pants Type Baby Diapers layak dicoba jika Anda membutuhkan diaper yang sudah mencukupi untuk penggunaan sebentar-sebentar saja.


Popok ini memang tidak lembap, tetapi kurang mumpuni untuk menampung banyak cairan. Meski begitu, bagian karet pada diaper ini mudah dirobek sehingga memudahkan Anda saat melepasnya.

No.7

Desainnya beragam dan penuh warna

Kelebihan:

  • Memiliki desain yang beragam dan lucu

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan produk cenderung mudah bocor saat digunakan

Diaper bayi ini hadir dengan beragam desain yang penuh warna dan menggemaskan. Buah hati Anda dijamin akan terlihat lebih lucu saat mengenakan popok celana ini. Bagi Anda yang menginginkan desain kejutan supaya makin semangat saat mengganti popok si kecil, produk ini cocok untuk dipilih. Memanfaatkan teknologi Korea dalam pembuatannya, popok ini aman untuk kulit sensitif bayi Anda.

No.8

MakukuSAP Diapers Pro Care

Mulai dari Rp117.900,00

Antiruam, ringan, dan tidak menggumpal

Kelebihan:

  • Bagian depan atas popok didesain berbentuk U, pusar bayi aman dari potensi tergesek popok
  • Memiliki empat lapisan inti super absorbent polymer (SAP), membuat popok tetap terasa kering, ringan, dan tidak menggumpal

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan daya rekatnya berkurang jika popok beberapa kali dilepas dan direkatkan kembali

Produk terbaru dari Makuku ini ditujukan untuk Anda yang membutuhkan popok bayi antiruam terbaik. Diaper ini memiliki empat lapisan inti SAP yang dapat mengunci cairan hingga 700 ml tanpa menimbulkan osmosis balik.


Dengan begitu, permukaannya yang tetap kering dan lembut akan menghindarkan bayi dari ruam merah. Adanya SAP pada pampers NB yang bagus ini ini juga akan mencegah popok menggumpal dan mengalami kebocoran.

No.9

Procter & GamblePampers Premium Care

Mulai dari Rp439.900,00

Permukaan popok tetap kering hingga 12 jam

Kelebihan:

  • Menjaga popok tetap kering hingga 12 jam
  • Memiliki sirkulasi udara 360° sehingga kulit bayi tetap bebas bernapas

Kekurangan:

  • Harga terbilang mahal untuk ukuran isi 48 lembar

Produk ini merupakan generasi popok bayi terkering dari Pampers. Dengan inovasi DryMax, popok mampu menyerap cairan sekaligus melindungi kulit bayi Anda secara total. Bahkan, diaper satu ini diklaim dapat menjaga popok tetap kering hingga 12 jam! Produk ini ideal bagi Anda yang mencari popok bayi yang tetap kering meski dipakai semalaman.

No.10

Dengan teknologi Crystal Lock, daya serap cepat menyeluruh dan antibocor

Kelebihan:

  • Mampu menampung dan mengunci cairan hingga menyeluruh 
  • Ketebalannya hanya 2 mm, tetapi mampu menyerap dan menampung urine dengan baik

Kekurangan:

  • Tidak ada kemasan trial

Anda butuh rekomendasi pampers untuk bayi newborn yang berkualitas premium, tetapi harganya masih aman di kantong? Kalau begitu, popok bayi merek Pookio ini layak Anda pertimbangkan. Meskipun tipis, Anda tidak perlu khawatir popok akan lembap dan bocor. Produk ini didesain mampu menyerap cairan secara menyeluruh dengan daya serap yang tinggi dan cepat.

Perhatikan hal berikut saat memakai popok sekali pakai untuk newborn

Perhatikan hal berikut saat memakai popok sekali pakai untuk newborn

Bagi seseorang yang baru melahirkan pertama kali, merawat bayi newborn memang terbilang rumit. Soal pemakaian popok sekali pakai pun banyak hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, jika Anda melakukan kesalahan, risiko kulit bayi terkena ruam popok bisa terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini.


  • Pertama, pastikan tangan Anda selalu bersih sebelum menyentuh bayi. Kemudian, gantilah popok sesering mungkin, maksimal 2–3 jam sekali.
  • Pastikan tisu basah bertekstur lembut agar tidak timbul iritasi pada kulit bayi. Pilih tisu basah berbahan dasar air serta tidak mengandung alkohol dan pewangi.
  • Terakhir, jika pusar bayi belum puput, pakaikan popok di bawah pusar dan jangan menempelkan perekat terlalu ketat.

Baca juga rekomendasi popok lainnya di sini

Tidak hanya untuk bayi baru lahir, popok juga digunakan oleh orang dewasa ketika mengalami kondisi tertentu. Jenis popok lain, misalnya popok kain, juga menjadi pilihan ibu untuk bayinya. Produk-produk popok tersebut sudah kami ulas juga di artikel lain. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan berbagai macam popok bayi terbaik untuk Anda. Kami juga telah menjelaskan cara memilihnya. Jadi, apakah Anda sudah menemukan pampers yang bagus untuk bayi baru lahir Anda?


Baik popok tipe perekat maupun tipe celana, keduanya memiliki keistimewaan masing-masing. Pilihlah popok yang berkualitas, tetapi sesuai dengan budget keluarga Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk selalu memberikan yang terbaik bagi buah hati.

5 Rekomendasi Popok untuk Bayi Baru Lahir terbaik

No. 1Kimberly-Clark SoftexSweety Gold Comfort

No. 2Unicharm MamyPoko Pants Royal Soft Organic Cotton

No. 3KaoMerries Pants Good Skin

No. 4Nepia GenkiTape

No. 5EinmilkUltrathin Diapers

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer