• 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)

Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.

Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Ira Guslina DuniaBiza
Caroline Adenan
  • Pembaharuan terakhir: 28 April 2020
  • 139.323 Views
Daftar isi

Cara memilih popok untuk bayi baru lahir

Poin utama yang harus diperhatikan saat memilih popok untuk bayi baru lahir adalah kenyamanan untuk bayi dan juga ibu. Kenyamanan meliputi kemudahan pemakaian, tingkat kelembutan, daya serap, dan lain-lain. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Sesuaikan tipe popok yang mudah dikenakan dan dilepas

Terdapat dua tipe popok untuk bayi yaitu tipe perekat dan tipe celana. Sesuaikanlah dengan pertumbuhan bayi Anda. Hal ini karena pemilihan popok yang benar akan membantu meringankan pekerjaan ibu. Perhatikan perbedaan kedua tipe tersebut dan pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda. 

Tipe perekat, mudah dibuka dan mengganti popok dengan cepat

Tipe perekat, mudah dibuka dan mengganti popok dengan cepat

Untuk bayi yang belum bisa menggerakkan tubuhnya sendiri, sebaiknya memilih tipe perekat. Tipe ini memudahkan Anda mengganti popok selagi posisi bayi tengah berbaring. Anda dapat mengganti popok dengan cara meletakkan popok baru langsung di bawah pantat bayi sehingga tidak perlu khawatir alas tidurnya menjadi kotor.


Kelebihan lain dari tipe ini adalah harganya yang lebih murah dibandingkan tipe celana. Tipe perekat sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari popok berharga terjangkau terutama untuk bayi yang sering buang air.


Tipe ini memiliki perekat yang kuat dan berada di bagian samping. Anda dapat dengan mudah merekatkan dan membuka perekat tersebut sehingga memudahkan Anda saat mengganti popok. Tipe ini juga memudahkan para ibu yang ingin mengecek popok bayi apakah telah penuh atau belum.

Tipe celana, cocok untuk bayi yang mulai aktif bergerak

Tipe celana, cocok untuk bayi yang mulai aktif bergerak

Seiring pertumbuhan bayi yang makin aktif, makin sulit bagi ibu untuk mengganti popok. Popok tipe celana adalah pilihan yang tepat karena Anda tidak perlu merekatkan terlebih dahulu. Tipe ini sangat pas untuk bayi yang sudah mulai aktif bergerak karena Anda bisa cepat mengganti popoknya.


Saat bayi mulai tumbuh tersebut adalah saat yang tepat untuk mengganti popok dengan tipe celana. Jika bayi Anda dapat mengangkat pantatnya sendiri, Anda dapat mengganti popok dengan mudah. Cukup memasukkannya saja melalui kaki bayi.


Selanjutnya, Anda hanya perlu merobek karet yang berada di bagian pinggang saat ingin mengganti popok. Jika karet susah robek, dikhawatirkan bayi tidak sabar dan memberontak sehingga membuat lantai atau alas tidurnya kotor. Untuk memudahkan Anda, pilihlah popok tipe celana yang dapat dirobek dengan mudah. 

Pilihlah produk yang tidak mudah bocor

Jika ada celah di antara pinggang, dikhawatirkan kotoran bayi akan bocor dari arah belakang. Untuk mencegah hal tersebut, pilihlah produk dengan ukuran yang pas dengan tubuh bayi. 

Carilah ukuran yang pas dengan bayi Anda

Carilah ukuran yang pas dengan bayi Anda

Penting bagi Anda memilih ukuran popok yang pas. Akan tetapi, Anda tidak diperbolehkan memilih ukuran berdasarkan usia bayi saja. Misalnya, jika bayi berusia enam bulan, berarti ukuran yang sesuai adalah M. Namun, tidak semua ukuran M sesuai untuk setiap bayi karena setiap produsen tentu berbeda.


Karena Anda tidak bisa mencoba popok yang Anda beli untuk bayi, sebaiknya Anda membeli dalam jumlah kecil sebagai percobaan.

Perhatikan elastisitas dan bagian pelindung samping produk

Perhatikan elastisitas dan bagian pelindung samping produk

Untuk mencegah pipis dan kotoran bayi bocor dari celah-celah, kami menyarankan agar memilih produk dengan elastisitas dan pelindung samping yang baik. Tidak seperti popok tipe perekat yang bisa disesuaikan, Anda harus benar-benar memperhatikan kedua poin ini saat memilih popok tipe celana.


Namun, Anda perlu ingat agar tidak memakaikan popok terlalu ketat. Jika Anda mengetahui ada ruam di paha atau pinggang bayi, segeralah mengganti popok dengan merek lain.

Pilih produk yang aman untuk kulit bayi

Pilih produk yang aman untuk kulit bayi

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Jadi, popok dengan permukaan yang kasar dapat melukai pantat bayi. Karena bagian dalam popok akan penuh setelah terkena pipis bayi, penting untuk memperhatikan daya serap serta sirkulasi udara produk yang baik. 


Jika Anda ragu saat akan membeli, cobalah untuk membaca review pembeli sebelumnya. Pilihlah produk yang lembut, memiliki daya serap tinggi, serta bersirkulasi udara yang paling bagus.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi popok terbaik untuk bayi baru lahir

Popok yang baik adalah popok yang mempunyai daya serap yang tinggi, lembut, memiliki sirkulasi udara yang baik, dan tidak mudah bocor. Berikut ini adalah sepuluh rekomendasi popok terbaik untuk bayi baru lahir dari kami. Semoga bermanfaat.

10
Isi20 lembar
UkuranNB-S, < 5 kg
TipePerekat
9
Isi44 lembar
UkuranNB-S, < 5 kg
TipePerekat
8
Isi40 lembar
UkuranS 4 kg - 8 kg
TipeCelana
7
Isi84 lembar
UkuranNB, ≤ 5 kg
TipePerekat
6
Isi40 lembar
UkuranNB, ≤ 5 kg
TipePerekat
5
Isi44 lembar
UkuranNB, ≤ 5 kg
TipePerekat
4
Isi48 lembar
UkuranNB, ≤ 5 kg
TipePerekat
3
Isi36 lembar
UkuranNB, < 6 kg
TipeCelana
2
Isi40 lembar
Ukuran4-8 kg
TipeCelana
1
Isi32 lembar
Ukuran4-8 kg
TipeCelana

Tabel perbandingan produk popok terbaik untuk bayi baru lahir

Gambar produk
1
Pampers  Premium Care Active Baby Pants 1

Pampers

2
Kao Merries Pants Good Skin  1

Kao

3
Sweety Gold Pants 1

Sweety

4
Elleair Goon Premium Tape Jumbo Pack 1

Elleair

5
Oji Group  Nepia Genki Premium Soft  1

Oji Group

6
MamyPoko  Sensasi Lembut 1

MamyPoko

7
MamyPoko  Extra Soft 1

MamyPoko

8
Mamypoko  Pants X-tra Kering 1

Mamypoko

9
Sweety  Bronze Comfort 1

Sweety

10
Mamamia Baby Diapers Soft Magic Tape 1

Mamamia

Nama produk

Premium Care Active Baby Pants

Merries Pants Good Skin

Gold Pants

Goon Premium Tape Jumbo Pack

Nepia Genki Premium Soft

Sensasi Lembut

Extra Soft

Pants X-tra Kering

Bronze Comfort

Baby Diapers Soft Magic Tape

KeunggulanHadirkan senyum si kecil pa...Pantat bayi Anda bebas dari...Teknologi Diamond Layer-nya...Dengan Pee Lock System, bik...Jaga kulit bayi yang sensit...Stretchy soft fit lebih len...Teknologi Extra Dry Speed W...Tak perlu pusing ganti ukur...Dengan penahan ganda! Bikin...Produk lokal berkualitas ti...
HargaRp 89.900,00Rp 59.000,00Rp 67.350,00Rp 86.900,00Rp 107.500,00Rp 82.900,00Rp 117.900,00Rp 56.600,00Rp 50.000,00Rp 23.500,00
Isi32 lembar40 lembar36 lembar48 lembar44 lembar40 lembar84 lembar40 lembar44 lembar20 lembar
Ukuran4-8 kg4-8 kgNB, < 6 kgNB, ≤ 5 kgNB, ≤ 5 kgNB, ≤ 5 kgNB, ≤ 5 kgS 4 kg - 8 kgNB-S, < 5 kgNB-S, < 5 kg
TipeCelanaCelanaCelanaPerekatPerekatPerekatPerekatCelanaPerekatPerekat
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk popok lainnya di sini

Tidak hanya untuk bayi baru lahir, popok juga digunakan oleh orang dewasa ketika mengalami kondisi tertentu sehingga tidak bisa buang air sendiri. Selain pokok bayi tipe celana, jenis popok lain seperti popok kain juga bisa menjadi pilihan ibu untuk bayinya. Produk-produk popok tersebut sudah kami ulas pada kesempatan lain. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini. 

Tips mengatasi popok yang tidak sengaja tercampur di dalam mesin cuci

Banyak ibu baru yang ceroboh hingga tidak sengaja memasukkan popok ke dalam mesin cuci, kemudian tercampur dengan pakaian lainnya. Biasanya, mereka memasukkan langsung pakaian bayi beserta popoknya ke dalam mesin cuci saat memandikan bayi.


Ketika Anda tidak sengaja mencuci popok di dalam mesin cuci, zat polimer akan mengembang dan berbentuk seperti gel. Kemudian, gel tersebut akan tersumbat di dalam mesin cuci dan pakaian yang dapat mengakibatkan kerusakan. Banyak artikel di internet yang menyatakan bahwa garam dapat melarutkan gel tersebut, tetapi ini bukanlah cara yang tepat. Garam memang dapat melarutkan gel, tetapi hal tersebut tetap dapat merusak mesin cuci.


Berikut ini tips yang tepat untuk mengatasinya :

  1. Cek tabung cuci, kemudian lepas bagian jaring penyaring dan bersihkan sisa-sisa kertas popok 
  2. Tambahkan air dan bilas sekali lagi untuk membersihkan zat polimer secara menyeluruh

Namun, karena tiap produk mesin cuci memiliki kondisi yang berbeda-beda, Anda perlu memperhatikan instruksinya.

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan berbagai macam popok sekali pakai terbaik untuk bayi baru lahir. Kami juga telah menjelaskan tentang cara memilihnya. Jadi, Anda bisa dengan cermat memilih popok yang sesuai untuk si kecil.


Baik popok tipe perekat maupun tipe celana, keduanya memiliki keistimewaan masing-masing. Pilihlah popok yang berkualitas, tetapi sesuai dengan bujet keluarga Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu para ibu untuk selalu memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    306.480 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    163.378 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    109.837 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk-produk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Ibu & anak
    100.588 Views
  • 10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bubur Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika makin besar, bayi Anda akan membutuhkan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu). Bubur bayi merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan karena memiliki berbagai rasa, kandungan vitamin dan mineral, dan lain sebagainya. Namun, banyaknya produk yang beredar mungkin membuat Anda bingung untuk memilihnya.Karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak dan sehat, serta memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik untuk bayi Anda. Produk-produk ternama dari Milna, Promina, SUN, dan sebagainya pun tak ketinggalan untuk kami ulas. Yuk, simak ulasan kami!
    Ibu & anak
    88.471 Views
  • 10 Rekomendasi Hair Lotion Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hair Lotion Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu perawatan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah merawat rambut. Akan tetapi, merawat rambut bayi tidak cukup dengan keramas teratur saja. Untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambutnya maka bayi perlu memakai hair lotion.Bayi memerlukan hair lotion khusus bayi karena kandungannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan rambut bayi. Ada beberapa merek hair lotion bayi yang bisa Anda pilih di pasaran, seperti My Baby, Cussons, atau Pigeon. Supaya mendapatkan produk yang tepat, simaklah rekomendasi kami dan temukanlah hair lotion bayi yang sesuai dengan kebutuhan.
    Ibu & anak
    67 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori