• 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)

Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.

Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ira Guslina DuniaBiza
Caroline Adenan
  • Pembaharuan terakhir: 21 September 2021
  • 302.182 Views
Daftar isi

Apakah popok sekali pakai atau diapers aman untuk bayi baru lahir?

Apakah popok sekali pakai atau diapers aman untuk bayi baru lahir?

Banyak ibu yang ragu memakaikan popok sekali pakai atau yang umum disebut pampers newborn karena faktor keamanannya. Jika Anda salah satunya, Anda tidak perlu ragu lagi karena popok bayi aman asalkan memakai produk yang tepat.


Bayi khususnya yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Supaya terhindar dari risiko ruam popok, pastikan popok yang dipilih terbebas dari bahan-bahan kimia tertentu semisal pemutih dan pewangi. Selain itu, popok yang aman untuk bayi baru lahir tidak boleh terlalu ketat untuk menghindari infeksi jamur.


Saran kami, jika muncul ruam kemerahan atau bayi rewel ketika memakai popok, cobalah beralih menggunakan merek lain. Agar Anda bisa menemukan popok sekali pakai yang tepat untuk si kecil, simak terus artikel ini.

Cara memilih popok untuk bayi baru lahir

Terdapat empat poin yang harus Anda perhatikan saat memilih pampers bayi baru lahir. Di antaranya adalah segi keamanan produk, ukuran, tipe popok, serta daya serapnya. Untuk lebih jelasnya, baca keterangan kami berikut ini .

Cek keamanan produk untuk kulit bayi newborn

Poin utama yang harus diperhatikan adalah memastikan keamanan produk yang Anda beli. Lalu, seperti apa popok yang aman untuk bayi baru lahir? Yuk, langsung disimak!

Pastikan popok berdaya serap tinggi serta memiliki sirkulasi udara baik

Pastikan popok berdaya serap tinggi serta memiliki sirkulasi udara baik

Selain menyusu, bayi baru lahir akan sering buang air besar dan buang air kecil. Bahkan, bayi baru lahir bisa buang air besar sebanyak dua belas kali dalam sehari. Maka itu, agar kulit bayi nyaman dan popok tidak cepat penuh, pilihlah produk yang memiliki daya serap tinggi.


Pastikan juga popok memiliki sirkulasi udara yang baik. Popok bersirkulasi udara baik dapat mencegah kulit bayi lembap yang menyebabkan tumbuhnya jamur. Selain itu, pilih produk dengan permukaan yang lembut. Hal ini agar kulit bayi yang sensitif tersebut tidak terluka saat bergesekan dengan popok.

Carilah popok yang bebas parfum, pemutih, dan pewarna

Carilah popok yang bebas parfum, pemutih, dan pewarna

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, popok bayi baru lahir haruslah bebas bahan kimia, contohnya parfum dan pemutih. Mungkin Anda lebih suka popok yang wangi karena dapat menyamarkan bau. Namun, bahan pewangi bisa memicu alergi pada kulit bayi yang sensitif. Bahan pemutih yang digunakan harus bebas dari klorin yang merupakan pemutih untuk ampas kayu.


Selain itu, sebaiknya popok bayi baru lahir bebas dari bahan pewarna yang menggunakan logam berat. Pastikan diapers newborn ini tidak mengandung pewarna, seperti disperse blue 106, disperse blue 124, disperse yellow 3, dan disperse orange. Anda bisa mencari semua informasi produk ini melalui mesin pencari sebelum membeli.

Sesuaikan ukuran dengan bobot bayi

Seberapa besar ukuran pampers untuk bayi baru lahir? Bobot bayi menjadi acuan Anda untuk mencari ukuran popok bayi baru lahir yang pas. Berikut ini dua pilihan ukuran popok newborn yang bisa Anda pilih.

Ukuran NB, untuk bayi berbobot kurang dari 5 kilogram

Ukuran NB, untuk bayi berbobot kurang dari 5 kilogram

Perlu Anda ingat bahwa bayi memiliki bobot yang berbeda-beda meski usianya sama. Popok bayi baru lahir umumnya dilabeli dengan NB atau newborn. Popok ukuran NB bisa Anda pilih karena biasanya dikhususkan untuk bayi yang berbobot kurang dari 5 kilogram.


Selalu pantau bobot bayi Anda, karena bobot bayi berkembang pesat seiring pertumbuhannya. Segera ganti ukuran popok jika dirasa sudah ketat agar kulit bayi tidak terluka.

Ukuran S, untuk bayi berbobot 4-8 kilogram

Ukuran S, untuk bayi berbobot 4-8 kilogram

Nah, jika bayi Anda mulai bertambah bobotnya, Anda bisa berganti menjadi ukuran S. Bayi baru lahir biasanya mengalami kenaikan berat badan hingga 1 kilogram dalam satu bulan. Ukuran S ini dapat dipakai untuk bayi yang berbobot 4–8 kilogram. Namun, Anda bisa coba membeli dalam jumlah kecil dahulu. Hal ini untuk mencegah popok terlalu longgar yang dapat menyebabkan kebocoran.

Pilih popok yang mudah dikenakan dan dilepas

Terdapat dua tipe popok untuk bayi, yaitu tipe perekat dan tipe celana. Sesuaikanlah dengan pertumbuhan bayi Anda. Pasalnya, pemilihan popok yang benar akan membantu meringankan pekerjaan Anda. 

Tipe perekat, mudah dibuka dan mengganti popok dengan cepat

Tipe perekat, mudah dibuka dan mengganti popok dengan cepat

Pampers paling tepat untuk bayi 1 bulan yang belum bisa menggerakkan tubuhnya sendiri adalah tipe perekat. Tipe ini memudahkan Anda mengganti popok selagi posisi bayi tengah berbaring. Anda dapat mengganti popok dengan cara meletakkan popok baru langsung di bawah pantat bayi. Anda pun tidak perlu khawatir alas tidurnya menjadi kotor.


Kelebihan lain dari tipe ini adalah harganya yang lebih murah dibanding tipe celana. Tipe perekat sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari popok berharga terjangkau terutama untuk bayi yang sering buang air.


Tipe ini memiliki perekat yang kuat dan berada di bagian samping. Anda dapat dengan mudah merekatkan dan membuka perekat tersebut sehingga memudahkan Anda saat mengganti popok. Tipe ini juga memudahkan para ibu yang ingin mengecek popok bayi telah penuh atau belum.

Tipe celana, cocok untuk bayi yang mulai aktif bergerak

Tipe celana, cocok untuk bayi yang mulai aktif bergerak

Seiring perkembangan bayi yang makin aktif, makin sulit bagi ibu untuk mengganti popok. Popok tipe celana adalah pilihan tepat karena Anda tidak perlu merekatkan terlebih dahulu. Tipe ini sangat pas untuk bayi yang sudah mulai aktif bergerak karena Anda bisa cepat mengganti popoknya.


Saat bayi mulai tumbuh adalah saat yang tepat untuk mengganti popok tipe perekat menjadi tipe celana. Jika bayi Anda dapat mengangkat pantatnya sendiri, Anda dapat mengganti popok dengan mudah.


Untuk menggantinya, Anda hanya perlu merobek karet yang berada di bagian pinggang. Jika karet susah robek, dikhawatirkan bayi tidak sabar dan memberontak sehingga membuat lantai atau alas tidurnya kotor. Untuk memudahkan Anda, pilihlah popok tipe celana yang dapat dirobek dengan mudah. 

Pastikan produk tidak mudah bocor

Pastikan produk tidak mudah bocor

Untuk mencegah pipis dan kotoran bayi bocor dari celah-celah, kami menyarankan agar memilih produk yang tidak mudah bocor. Produk yang tidak mudah bocor ditandai dengan elastisitas dan pelindung samping yang baik. Tidak seperti popok tipe perekat yang mudah disesuaikan, Anda harus benar-benar memperhatikan kedua poin ini saat memilih popok tipe celana.


Kini, banyak produsen popok bayi yang berinovasi menggunakan teknologi terkini untuk menghasilkan popok antibocor. Salah satunya adalah adanya pori-pori di atas permukaan popok yang dapat mencegah cairan menyebar agar tidak terjadi kebocoran.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi popok terbaik untuk bayi baru lahir

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk popok terbaik untuk bayi baru lahir yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
Daya serap Tinggi
Sirkulasi udaraBaik
Isi38 lembar
UkuranS (sampai dengan 8 kg)
TipeCelana
KeunggulanDilengkapi runny poo leakguard, poo absorb liner, double leak barrier, breathable outer cover, dan sebagainya
9
Daya serap Tinggi
Sirkulasi udaraBaik
Isi25 lembar
UkuranS (4-6 kg)
TipeCelana
KeunggulanDilengkapi maxi gel, bersifat elastis, tipis
8
Daya serap Tinggi
Sirkulasi udaraBaik
Isi20 lembar
UkuranS (3-6 kg)
TipePerekat
KeunggulanMenggunakan teknologi double pressure, air through technology, wetness indicator
7

ElleairGoo.N Tape Massara Sara

NB42

Mulai dari Rp 116.700,00

Daya serap Tinggi
Sirkulasi udaraTidak ada keterangan
Isi42 lembar
UkuranNB (kurang dari 5 kg)
TipePerekat
KeunggulanDilengkapi fitur fitting legs guard, garis indikator
6

Pokana Pants by SenkaPokana Pants Reguler Bags Size S

S22

Mulai dari Rp 41.200,00

Daya serap Tinggi
Sirkulasi udaraBaik
Isi22 lembar
UkuranS (4-8 kg)
TipeCelana
KeunggulanDesain stylish, lembut, dilengkapi fitur soft slim stylish
5

UnicharmMamyPoko Premiee Care

P-S 26

Mulai dari Rp 76.000,00

Daya serap Tidak ada keterangan
Sirkulasi udaraBaik
Isi26 lembar
UkuranP-S (1–1,5 kg)
TipePerekat
KeunggulanMenggunakan teknologi air silky sheet, ban pinggang berlekuk, indikator penuh
4

P&GPampers Popok Perekat Premium Care

NB26

Mulai dari Rp 92.500,00

Daya serap Tinggi
Sirkulasi udaraBaik
Isi26 lembar
UkuranS (4-8 kg)
TipePerekat
KeunggulanMengandung lotion pelindung kulit, karet pinggang fleksibel
3
Daya serap Tinggi
Sirkulasi udaraBaik
Isi40 lembar
UkuranS (4-8 kg)
TipeCelana
KeunggulanKaret paha menempel pas, lapisan tambahan kanan kiri antibocor, display dua sisi, dan lainnya
2

Oji Group Nepia Genki Premium Soft Tape

NB44

Mulai dari Rp 135.000,00

Daya serap Tinggi
Sirkulasi udaraBaik
Isi44 lembar
UkuranNB (kurang dari 5 kg)
TipePerekat
KeunggulanDeep emboss, dibuat dari bahan non-woven, dilengkapi lapisan samping, indikator penuh, dan lainnya
1
Daya serap Tidak ada keterangan
Sirkulasi udaraBaik
Isi30 lembar
UkuranNB (kurang dari 5 kg)
TipePerekat
KeunggulanMenggunakan teknologi diamond layer, slim comfort, dan lain-lain

Tabel perbandingan produk popok terbaik untuk bayi baru lahir

Gambar produk
1
Sweety Gold Comfort 1

Sweety

2
Oji Group  Nepia Genki Premium Soft Tape 1

Oji Group

3
Kao Merries Pants Good Skin  1

Kao

4
P&G Pampers Popok Perekat Premium Care  1

P&G

5
Unicharm MamyPoko Premiee Care  1

Unicharm

6
Pokana Pants by Senka Pokana Pants Reguler Bags Size S 1

Pokana Pants by Senka

7
Elleair Goo.N Tape Massara Sara 1

Elleair

8
Wings Baby Happy Body Fit 1

Wings

9
Genki Moko Moko Pants 1

Genki Moko Moko

10
Kimberly-Clark Huggies Dry Diapers 1

Kimberly-Clark

Nama produk

Gold Comfort

Nepia Genki Premium Soft Tape

Merries Pants Good Skin

Pampers Popok Perekat Premium Care

MamyPoko Premiee Care

Pokana Pants Reguler Bags Size S

Goo.N Tape Massara Sara

Baby Happy Body Fit

Pants

Huggies Dry Diapers

Keunggulan

Teknologi Diamond Layer-nya nyaman dan tidak menekan kulit bayi

Jaga kulit bayi yang sensitif tetap sehat

Pantat bayi bebas dari cairan yang menggembung di tengah!

Hadirkan senyum si kecil pada pagi hari berkat popok tetap kering

Popok khusus yang ditujukan untuk bayi dengan BBLR

Pilihan desainnya sangat lucu dan beragam!

Dengan perlindungan ganda untuk cegah popok bocor

Dibuat dari bahan yang lembut dan ramah lingkungan

Buat si kecil bebas bergerak dengan popok yang tipis dan elastis

Tidak hanya urine, feses bayi pun akan terserap sempurna

Harga mulai dariRp 76.500,00Rp 135.000,00Rp 54.300,00Rp 92.500,00Rp 76.000,00Rp 41.200,00Rp 116.700,00Rp 75.600,00Rp 36.000,00Rp 78.000,00
Daya serap Tidak ada keteranganTinggiTinggiTinggiTidak ada keteranganTinggiTinggiTinggiTinggiTinggi
Sirkulasi udaraBaikBaikBaikBaikBaikBaikTidak ada keteranganBaikBaikBaik
Isi30 lembar44 lembar40 lembar26 lembar26 lembar22 lembar42 lembar20 lembar25 lembar38 lembar
UkuranNB (kurang dari 5 kg)NB (kurang dari 5 kg)S (4-8 kg)S (4-8 kg)P-S (1–1,5 kg)S (4-8 kg)NB (kurang dari 5 kg)S (3-6 kg)S (4-6 kg)S (sampai dengan 8 kg)
TipePerekatPerekatCelanaPerekatPerekatCelanaPerekatPerekatCelanaCelana
KeunggulanMenggunakan teknologi diamond layer, slim comfort, dan lain-lainDeep emboss, dibuat dari bahan non-woven, dilengkapi lapisan samping, indikator penuh, dan lainnyaKaret paha menempel pas, lapisan tambahan kanan kiri antibocor, display dua sisi, dan lainnyaMengandung lotion pelindung kulit, karet pinggang fleksibelMenggunakan teknologi air silky sheet, ban pinggang berlekuk, indikator penuhDesain stylish, lembut, dilengkapi fitur soft slim stylishDilengkapi fitur fitting legs guard, garis indikatorMenggunakan teknologi double pressure, air through technology, wetness indicatorDilengkapi maxi gel, bersifat elastis, tipisDilengkapi runny poo leakguard, poo absorb liner, double leak barrier, breathable outer cover, dan sebagainya
Tautan produk

Perhatikan hal berikut saat memakai popok sekali pakai untuk newborn

Perhatikan hal berikut saat memakai popok sekali pakai untuk newborn

Bagi seseorang yang baru melahirkan pertama kali, merawat newborn memang terbilang rumit. Soal pemakaian popok sekali pakai pun banyak hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, jika Anda melakukan kesalahan, risiko kulit bayi terkena ruam popok bisa terjadi. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya perhatikan beberapa hal ini. 


Pertama, pastikan tangan Anda selalu bersihGantilah popok sesering mungkin maksimal 2–3 jam sekali. Kemudian, gunakan tisu basah yang tidak mengandung alkohol atau bahan kimia saat mengganti popok bayi.


Pastikan juga tekstur tisu basah lembut agar tidak timbul iritasi. Terakhir, jika pusar bayi belum puput, pakaikan popok bayi di bawah pusar dan jangan merekatkan terlalu ketat.

Baca juga rekomendasi produk popok lainnya di sini

Tidak hanya untuk bayi baru lahir, popok juga digunakan oleh orang dewasa ketika mengalami kondisi tertentu. Selain pokok bayi tipe celana, jenis popok lain seperti popok kain juga bisa menjadi pilihan ibu untuk bayinya. Produk-produk popok tersebut sudah kami ulas pada kesempatan lain. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

Kami telah merekomendasikan berbagai macam popok bayi terbaik untuk Anda. Kami juga telah menjelaskan tentang cara memilihnya. Jadi, apakah Anda sudah menemukan pampers yang bagus untuk bayi baru lahir Anda?


Baik popok tipe perekat maupun tipe celana, keduanya memiliki keistimewaan masing-masing. Pilihlah popok yang berkualitas, tetapi sesuai dengan bujet keluarga Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk selalu memberikan yang terbaik bagi buah hati.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    242.075 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    325.812 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    163.526 Views
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merk populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    182.416 Views
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    75.936 Views
  • 10 Rekomendasi Bantal Guling Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bantal Guling Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bantal guling tak hanya sekadar penghias boks bayi saja. Selain bisa membuat tidur bayi jadi lebih nyenyak dan nyaman, ada beberapa manfaat lain yang juga bisa didapatkan. Hal itu bisa dicapai asalkan Anda memilih bantal guling bayi yang tepat. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan bantal guling yang bagus untuk dibeli. Salah satu merk bantal guling bayi terbaik yang bisa Anda lirik adalah Elegance, Dialogue, atau Omiland. Anda juga akan menemukan bantal guling bayi karakter di sini. Jadi, baca hingga akhir, ya! 
    Perlengkapan & perawatan bayi
    884 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori