10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2019)

Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!

Daftar isi

Apakah ada tepung terigu khusus untuk roti?

Apakah ada tepung terigu khusus untuk roti?

Ketika mendengar kata tepung terigu, sebagian besar orang langsung mengasosiasikannya dengan tepung terigu protein rendah. Pada dasarnya, tepung terigu protein rendah banyak digunakan untuk membuat camilan manis seperti kue dan kue kering, serta makanan seperti gorengan dan tempura. Akan tetapi, untuk membuat roti, Anda membutuhkan tepung terigu semikuat, seperti yang banyak digunakan untuk roti Prancis.

Jenis tepung terigu dibedakan berdasarkan kandungan protein di dalamnya. Tepung terigu serbaguna dan tepung terigu protein tinggi akan cocok digunakan untuk membuat roti. Jika Anda ingin membuat roti yang lembut, pilihlah tepung terigu yang banyak mengandung gluten. Kandungan protein yang ada di tepung terigu akan terikat bersama dengan air untuk membentuk gluten. Gluten tersebut akan membuat kue mengembang dengan cara menutup karbon dioksida yang dikeluarkan oleh ragi.

Jadi, ada tepung terigu yang lebih cocok untuk membuat masakan, ada juga yang ditujukan untuk membuat roti. Tepung terigu yang digunakan untuk membuat roti pun memiliki beragam variasi. Roti buatan Anda akan semakin lezat jika Anda memilih jenis tepung terigu yang tepat.

Cara memilih tepung terigu untuk membuat roti

Sekarang, kami akan mengulas poin-poin penting dalam memilih tepung terigu yang cocok untuk membuat roti. Agar dapat menghasilkan roti dengan rasa dan tekstur yang sesuai, Anda sebaiknya memperhatikan setiap aspek di bawah ini dengan baik.

Perhatikan kandungan gluten atau protein di dalamnya!

Perhatikan kandungan gluten atau protein di dalamnya!

Seperti yang telah kami sampaikan, kandungan gluten dari tepung terigu akan memengaruhi pengembangan adonan roti. Semakin tinggi kandungan gluten, adonan pun akan semakin mengembang. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memahami perbedaan kandungan gluten dari masing-masing tipe tepung terigu.

Tepung terigu protein rendah memiliki kandungan gluten sebesar 6,5% hingga 8,5% dan kurang cocok untuk membuat roti. Di sisi lain, tepung terigu protein tinggi mengandung 11,5% hingga 13,5% gluten, serta memiliki butiran lebih kasar dan tingkat viskositas yang lebih tinggi. Tipe ini sesuai untuk membuat segala jenis roti, kecuali roti keras.

Selanjutnya, tepung terigu protein sedang memiliki kandungan gluten sebesar 8% hingga 12%, serta memiliki karakteristik antara tepung terigu protein rendah dan tepung terigu protein kuat. Untuk dapat disebut sebagai tepung terigu semikuat, kandungan glutennya sebaiknya memiliki kadar 10% hingga 12%. Tepung terigu tipe ini sering digunakan untuk membuat roti Prancis.

Pilih berdasarkan jenis roti yang ingin dibuat

Pilih berdasarkan jenis roti yang ingin dibuat

Sebelum memilih tepung terigu, Anda sebaiknya terlebih dahulu menentukan jenis roti yang ingin dibuat. Jika tepung pilihan Anda memiliki rasa dan aroma yang baik, Anda bisa menggunakannya untuk membuat roti Inggris atau roti tawar. Jika Anda ingin menambahkan bahan lain seperti kacang dan chocolate chips ke dalam adonan (terutama saat dipanggang di oven), atau untuk membuat roti dengan tekstur renyah seperti danish, Anda bisa menggunakan jenis terigu protein sedang.

Berdasarkan kuantitas dan kualitas gluten, tepung terigu terbagi menjadi tiga. Biasanya, tepung terigu protein sedang cocok untuk membuat roti keras. Namun, setiap produk memiliki karakter yang berbeda. Produk yang sama mungkin saja memiliki kandungan gluten yang berbeda di dalamnya. Rasa, aroma, dan hal-hal detail lainnya juga bervariasi. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda dapat melakukan uji coba terlebih dahulu.

Tepung terigu lokal atau impor? Kenali karakteristiknya

Ada anggapan bahwa tepung terigu lokal umumnya terlalu halus dan tidak cocok untuk dibuat roti. Namun, hal tersebut mulai berubah. Tepung terigu produksi lokal telah mengalami kemajuan dan perubahan. Jika Anda bisa memahami karakteristik dari setiap produk, Anda bisa menghasilkan roti yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Tepung terigu lokal, berkualitas baik dengan harga yang terjangkau

Tepung terigu lokal, berkualitas baik dengan harga yang terjangkau

Di Indonesia, tepung terigu lokal sudah berkembang dengan baik dan diminati oleh beberapa negara asing. Harganya pun relatif lebih murah dibanding dengan tepung terigu impor. Di samping itu, produk lokal juga tidak membutuhkan waktu lama untuk didistribusikan sehingga kesegarannya akan lebih terjamin. Kami merekomendasikan tepung terigu lokal bagi Anda yang menginginkan produk dengan harga lebih ekonomis, tetapi kualitasnya tetap tepercaya.

Tepung terigu impor, sesuai untuk orang yang baru belajar membuat roti

Tepung terigu impor, sesuai untuk orang yang baru belajar membuat roti

Tepung terigu impor memiliki banyak kandungan gluten sehingga lebih mudah digunakan dan membuat adonan mudah mengembang. Di samping itu, tepung terigu lokal memiliki kemampuan menyerap air yang berbeda-beda. Beberapa produk memiliki daya serap air yang tergolong rendah sehingga berisiko membuat adonan menjadi lengket. Karena itu, kami menyarankan penggunaan tepung terigu impor bagi para pemula baking.

Terdapat beberapa negara yang banyak memproduksi tepung terigu, antara lain Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Prancis. Produk yang paling banyak diimpor adalah yang berasal dari Amerika Serikat dan Kanada. Tepung terigu dari Jepang juga memiliki kualitas dan kuantitas yang baik dari segi kandungan gluten. Selain itu, proses pengolahannya berbeda dengan yang dilakukan di Amerika Serikat. Klasifikasi kandungan kadar abunya pun berbeda dengan di negara Prancis. Jadi, ingatlah untuk memperhatikan hal tersebut saat memilih.

Agar lebih sehat, pilih tepung terigu yang terbuat dari gandum utuh dan kulit gandum yang low sugar

Agar lebih sehat, pilih tepung terigu yang terbuat dari gandum utuh dan kulit gandum yang low sugar

Akhir-akhir ini, orang lebih peduli terhadap kesehatan sehingga roti gandum menjadi semakin populer. Pembuatannya memang lebih sulit dibandingkan roti biasa, tetapi Anda dapat mencobanya jika tertarik.

Gandum terdiri dari lapisan terluar, lembaga atau germ, dan endosperma. Di sisi lain, tepung terigu yang biasanya digunakan hanya mengandung endosperma. Artinya, produk tersebut hanya menggunakan 83% bagian dari gandum. Padahal, bagian lembaga gandum yang hanya 2% dari seluruh gandum tersebut mengandung banyak nutrisi penting seperti asam lemak esensial, lipid, vitamin, dan mineral. Anda tentu ingin seutuhnya mengonsumsi seluruh bagian dari gandum.

Bukan itu saja, tepung terigu gandum utuh juga kaya akan serat dan memiliki kandungan gula yang rendah (di bagian kulit) yang cukup diminati. Jika Anda ingin membuat roti rumahan yang sehat, cobalah tepung terigu jenis ini.

10 Rekomendasi tepung terigu terbaik untuk membuat roti

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi tepung terigu terbaik bagi Anda. Ingatlah untuk selalu memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Indofood Bogasari Segitiga Biru

10. Indofood Bogasari Segitiga Biru

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 10.000

Siap untuk berbagai jenis makanan! Pilihan oke untuk dijadikan stok di rumah

Sebagian orang terbiasa memiliki stok makanan di rumah sehingga tidak perlu repot berbelanja ketika hendak membuat suatu makanan. Jika Anda termasuk di dalamnya, Segitiga Biru Premium dapat menjadi pilihan tepat. Kandungannya cocok untuk diolah menjadi aneka jenis makanan, termasuk roti keras.

Tipe Tepung terigu protein sedang, semikuat
Jenis roti yang sesuai Roti dan aneka kue
Kandungan gluten/protein 11% – 12,5%
Asal negara Indonesia

9. Indofood Bogasari Taj Mahal

9. Indofood Bogasari Taj Mahal

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 18.000

Roti gandum buatan Anda jadi lebih terjaga aromanya

Selanjutnya adalah tepung terigu dari gandum utuh. Proses pembuatannya dirancang dengan cermat agar tidak merusak aroma dan kandungan gizi, terutama serat, yang ada pada gandum. Roti gandum Anda tidak hanya lezat, tetapi juga sehat. Produk ini juga cocok untuk membuat makanan India dan Timur Tengah, loh!

Tipe Tepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuai Roti gandum, kue gandum, cookies berserat tinggi
Kandungan gluten/protein 12,5%
Asal negara Indonesia

8. General Mills Gold Medal Whole Wheat Flour

8. General Mills Gold Medal Whole Wheat Flour

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 93.750

Teksturnya dijamin memanjakan lidah

Pilihlah produk ini apabila Anda lebih menyukai roti dengan sedikit tekstur. Karakter dan tekstur yang dihasilkan oleh tepung terigu ini akan membuat rasa roti atau kue panekuk Anda menjadi lebih menarik. Di samping itu, kandungan gandum utuhnya akan mendukung gaya hidup sehat Anda.

Tipe Tidak diketahui
Jenis roti yang sesuai Roti, muffin, pancake
Kandungan gluten/protein Tidak diketahui
Asal negara Amerika Serikat

7. Sriboga Flour Mills Tali Emas

7. Sriboga Flour Mills Tali Emas

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 15.500

Hasilkan roti dengan pori-pori yang konsisten

Roti dengan pori-pori yang indah tentu terlihat sangat lembut dan menggoda. Tepung terigu Tali Emas dapat membantu Anda mewujudkan hal tersebut. Dengan produk ini, roti buatan Anda akan mengembang dengan baik dan lezat. Warnanya pun putih cerah.

Tipe Tepung terigu protein sedang, semikuat
Jenis roti yang sesuai Roti, kue, donat
Kandungan gluten/protein 11,4%
Asal negara Indonesia

6. Nippon Flour Mills Nippon Komachi

6. Nippon Flour Mills Nippon Komachi

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Donat buatan Anda akan seenak di bakery

Dengan kandungan protein yang cukup tinggi, tepung terigu Komachi dapat menghasilkan roti yang empuk dan halus. Jika diolah dengan tepat, roti dan donat yang Anda buat akan memiliki kualitas seperti di toko roti. Hasilnya tentu yummy dan lebih ekonomis dibandingkan Anda membeli di toko roti.

Tipe Tepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuai Roti, donat
Kandungan gluten/protein 13% – 14%
Asal negara Jepang

5. Indofood Bogasari Cakra Kembar

5. Indofood Bogasari Cakra Kembar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.000

Pilih ukuran yang sesuai. Bisa untuk berbisnis, bisa untuk kebutuhan pribadi

Cakra Kembar dapat Anda andalkan untuk membuat roti yang lembut dan mi yang kenyal. Untuk menjawab kebutuhan pasar, Bogasari memproduksi tepung terigu ini dalam kemasan 1 kg dan 25 kg! Jadi, produk ini fleksibel digunakan baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk usaha rumahan.

Tipe Tepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuai Roti
Kandungan gluten/protein 13%
Asal negara Indonesia

4. Sriboga Flour Mills Hime

4. Sriboga Flour Mills Hime

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 13.619

Sempurnakan tea time Anda dengan roti Eropa yang lezat

Rasanya tentu menyenangkan jika Anda dapat bersantai sambil menikmati croissants atau roti Eropa buatan sendiri. Nah, tepung terigu ini dapat menjadi salah satu bahan baku yang ideal. Hime akan menghasilkan tekstur dan karakteristik roti yang sama seperti roti Eropa. Jadi tidak sabar untuk mencoba, ya!

Tipe Tepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuai Roti Eropa, roti tungku, croissants, baguettes, pizza crust
Kandungan gluten/protein 12,5% – 13,5%
Asal negara Indonesia

3. Bungasari Kabuki Gold

3. Bungasari Kabuki Gold

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.000

Menghadirkan roti yang selembut roti Jepang

Kelembutan roti asal Jepang kian digemari. Teksturnya begitu halus, tetapi tidak mudah hancur. Hal tersebut bisa diperoleh jika Anda menggunakan produk ini. Baik roti manis maupun tawar akan cocok dibuat dengan Kabuki. Roti Jepang ala Anda pasti menjadi buah tangan yang lezat ketika sedang berkunjung ke rumah kerabat.

Tipe Tepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuai Roti
Kandungan gluten/protein 13,5%
Asal negara Indonesia

2. Bob’s Red Mill Natural Foods Organic Whole Wheat Flour

2. Bob’s Red Mill Natural Foods Organic Whole Wheat Flour

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Menggunakan gandum utuh organik yang aman bagi tubuh

Produk ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang lebih mengutamakan produk berbahan organik. Gandum utuh organik yang terkandung di dalamnya akan memberi banyak asupan nutrisi dan aman bagi tubuh Anda. Tekstur roti homemade yang Anda hasilkan pun ringan dan tampak indah!

Tipe Tepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuai Roti, muffin, cookies, pancake, brownies, pizza crust
Kandungan gluten/protein 13% – 15%
Asal negara Amerika Serikat

1. Bungasari Golden Eagle

1. Bungasari Golden Eagle

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 11.500

Membuat adonan jadi lebih mudah dan hasilnya pun lembut

Produk ini memiliki kandungan gluten yang tinggi dan membuat roti Anda mengembang dengan baik. Selain itu, adonan roti juga tidak akan lengket berkat daya serap air yang tinggi. Bungasari Golden Eagle mampu memberikan roti kualitas premium sehingga cocok disajikan ketika Anda sedang mengadakan acara di rumah.

Tipe Tepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuai Roti
Kandungan gluten/protein 13%
Asal negara Indonesia

Baca juga rekomendasi bahan pembuat roti lainnya di sini!

Tepung terigu yang tepat adalah hal krusial dalam membuat roti. Namun, jika Anda dapat memilih produk yang tepat untuk bahan baku lainnya, roti buatan Anda akan semakin lezat. Apabila Anda membutuhkan rekomendasi bahan lain untuk membuat roti seperti misalnya mentega dan gula, Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Bagaimana? Setelah membaca artikel kami, apakah Anda telah menjatuhkan pilihan pada suatu produk? Ingatlah untuk selalu memilih tepung terigu yang sesuai dengan jenis roti yang ingin dibuat. Jika memungkinkan, Anda dapat mencoba beberapa produk agar bisa menentukan tepung terigu yang hasilnya paling sesuai dengan selera. Selamat menikmati roti buatan sendiri!