• 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)

Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
  • Pembaharuan terakhir: 13 Mei 2020
  • 62.644 Views
Daftar isi

Apakah ada tepung terigu khusus untuk roti?

Apakah ada tepung terigu khusus untuk roti?
Ketika mendengar kata tepung terigu, sebagian besar orang langsung mengasosiasikannya dengan tepung terigu protein rendah. Pada dasarnya, tepung terigu protein rendah banyak digunakan untuk membuat camilan manis seperti kue dan kue kering, serta makanan seperti gorengan dan tempura. Akan tetapi, untuk membuat roti, Anda membutuhkan tepung terigu semikuat, seperti yang banyak digunakan untuk roti Prancis.
Jenis tepung terigu dibedakan berdasarkan kandungan protein di dalamnya. Tepung terigu serbaguna dan tepung terigu protein tinggi akan cocok digunakan untuk membuat roti. Jika Anda ingin membuat roti yang lembut, pilihlah tepung terigu yang banyak mengandung gluten. Kandungan protein yang ada di tepung terigu akan terikat bersama dengan air untuk membentuk gluten. Gluten tersebut akan membuat kue mengembang dengan cara menutup karbon dioksida yang dikeluarkan oleh ragi.
Jadi, ada tepung terigu yang lebih cocok untuk membuat masakan, ada juga yang ditujukan untuk membuat roti. Tepung terigu yang digunakan untuk membuat roti pun memiliki beragam variasi. Roti buatan Anda akan semakin lezat jika Anda memilih jenis tepung terigu yang tepat.

Cara memilih tepung terigu untuk membuat roti

Sekarang, kami akan mengulas poin-poin penting dalam memilih tepung terigu yang cocok untuk membuat roti. Agar dapat menghasilkan roti dengan rasa dan tekstur yang sesuai, Anda sebaiknya memperhatikan setiap aspek di bawah ini dengan baik.

Perhatikan kandungan gluten atau protein di dalamnya!

Perhatikan kandungan gluten atau protein di dalamnya!
Seperti yang telah kami sampaikan, kandungan gluten dari tepung terigu akan memengaruhi pengembangan adonan roti. Semakin tinggi kandungan gluten, adonan pun akan semakin mengembang. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda memahami perbedaan kandungan gluten dari masing-masing tipe tepung terigu.
Tepung terigu protein rendah memiliki kandungan gluten sebesar 6,5% hingga 8,5% dan kurang cocok untuk membuat roti. Di sisi lain, tepung terigu protein tinggi mengandung 11,5% hingga 13,5% gluten, serta memiliki butiran lebih kasar dan tingkat viskositas yang lebih tinggi. Tipe ini sesuai untuk membuat segala jenis roti, kecuali roti keras.
Selanjutnya, tepung terigu protein sedang memiliki kandungan gluten sebesar 8% hingga 12%, serta memiliki karakteristik antara tepung terigu protein rendah dan tepung terigu protein kuat. Untuk dapat disebut sebagai tepung terigu semikuat, kandungan glutennya sebaiknya memiliki kadar 10% hingga 12%. Tepung terigu tipe ini sering digunakan untuk membuat roti Prancis.

Pilih berdasarkan jenis roti yang ingin dibuat

Pilih berdasarkan jenis roti yang ingin dibuat
Sebelum memilih tepung terigu, Anda sebaiknya terlebih dahulu menentukan jenis roti yang ingin dibuat. Jika tepung pilihan Anda memiliki rasa dan aroma yang baik, Anda bisa menggunakannya untuk membuat roti Inggris atau roti tawar. Jika Anda ingin menambahkan bahan lain seperti kacang dan chocolate chips ke dalam adonan (terutama saat dipanggang di oven), atau untuk membuat roti dengan tekstur renyah seperti danish, Anda bisa menggunakan jenis terigu protein sedang.
Berdasarkan kuantitas dan kualitas gluten, tepung terigu terbagi menjadi tiga. Biasanya, tepung terigu protein sedang cocok untuk membuat roti keras. Namun, setiap produk memiliki karakter yang berbeda. Produk yang sama mungkin saja memiliki kandungan gluten yang berbeda di dalamnya. Rasa, aroma, dan hal-hal detail lainnya juga bervariasi. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda dapat melakukan uji coba terlebih dahulu.

Tepung terigu lokal atau impor? Kenali karakteristiknya

Ada anggapan bahwa tepung terigu lokal umumnya terlalu halus dan tidak cocok untuk dibuat roti. Namun, hal tersebut mulai berubah. Tepung terigu produksi lokal telah mengalami kemajuan dan perubahan. Jika Anda bisa memahami karakteristik dari setiap produk, Anda bisa menghasilkan roti yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Tepung terigu lokal, berkualitas baik dengan harga yang terjangkau

Tepung terigu lokal, berkualitas baik dengan harga yang terjangkau
Di Indonesia, tepung terigu lokal sudah berkembang dengan baik dan diminati oleh beberapa negara asing. Harganya pun relatif lebih murah dibanding dengan tepung terigu impor. Di samping itu, produk lokal juga tidak membutuhkan waktu lama untuk didistribusikan sehingga kesegarannya akan lebih terjamin. Kami merekomendasikan tepung terigu lokal bagi Anda yang menginginkan produk dengan harga lebih ekonomis, tetapi kualitasnya tetap tepercaya.

Tepung terigu impor, sesuai untuk orang yang baru belajar membuat roti

Tepung terigu impor, sesuai untuk orang yang baru belajar membuat roti
Tepung terigu impor memiliki banyak kandungan gluten sehingga lebih mudah digunakan dan membuat adonan mudah mengembang. Di samping itu, tepung terigu lokal memiliki kemampuan menyerap air yang berbeda-beda. Beberapa produk memiliki daya serap air yang tergolong rendah sehingga berisiko membuat adonan menjadi lengket. Karena itu, kami menyarankan penggunaan tepung terigu impor bagi para pemula baking.
Terdapat beberapa negara yang banyak memproduksi tepung terigu, antara lain Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Prancis. Produk yang paling banyak diimpor adalah yang berasal dari Amerika Serikat dan Kanada. Tepung terigu dari Jepang juga memiliki kualitas dan kuantitas yang baik dari segi kandungan gluten. Selain itu, proses pengolahannya berbeda dengan yang dilakukan di Amerika Serikat. Klasifikasi kandungan kadar abunya pun berbeda dengan di negara Prancis. Jadi, ingatlah untuk memperhatikan hal tersebut saat memilih.

Agar lebih sehat, pilih tepung terigu yang terbuat dari gandum utuh dan kulit gandum yang low sugar

Agar lebih sehat, pilih tepung terigu yang terbuat dari gandum utuh dan kulit gandum yang low sugar
Akhir-akhir ini, orang lebih peduli terhadap kesehatan sehingga roti gandum menjadi semakin populer. Pembuatannya memang lebih sulit dibandingkan roti biasa, tetapi Anda dapat mencobanya jika tertarik.
Gandum terdiri dari lapisan terluar, lembaga atau germ, dan endosperma. Di sisi lain, tepung terigu yang biasanya digunakan hanya mengandung endosperma. Artinya, produk tersebut hanya menggunakan 83% bagian dari gandum. Padahal, bagian lembaga gandum yang hanya 2% dari seluruh gandum tersebut mengandung banyak nutrisi penting seperti asam lemak esensial, lipid, vitamin, dan mineral. Anda tentu ingin seutuhnya mengonsumsi seluruh bagian dari gandum.
Bukan itu saja, tepung terigu gandum utuh juga kaya akan serat dan memiliki kandungan gula yang rendah (di bagian kulit) yang cukup diminati. Jika Anda ingin membuat roti rumahan yang sehat, cobalah tepung terigu jenis ini.

10 Rekomendasi tepung terigu terbaik untuk membuat roti

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi tepung terigu terbaik bagi Anda. Ingatlah untuk selalu memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
10
TipeTepung terigu protein sedang, semikuat
Jenis roti yang sesuaiRoti dan aneka kue
Kandungan gluten/protein11% – 12,5%
Asal negaraIndonesia
9
TipeTepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuaiRoti gandum, kue gandum, cookies berserat tinggi
Kandungan gluten/protein12,5%
Asal negaraIndonesia
8

General Mills Gold Medal Whole Wheat Flour

Rp 93.750,00

TipeTidak diketahui
Jenis roti yang sesuaiRoti, muffin, pancake
Kandungan gluten/proteinTidak diketahui
Asal negaraAmerika Serikat
7
TipeTepung terigu protein sedang, semikuat
Jenis roti yang sesuaiRoti, kue, donat
Kandungan gluten/protein11,4%
Asal negaraIndonesia
6
TipeTepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuaiRoti, donat
Kandungan gluten/protein13% – 14%
Asal negaraJepang
5
TipeTepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuaiRoti
Kandungan gluten/protein13%
Asal negaraIndonesia
4
TipeTepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuaiRoti Eropa, roti tungku, croissants, baguettes, pizza crust
Kandungan gluten/protein12,5% – 13,5%
Asal negaraIndonesia
3
TipeTepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuaiRoti
Kandungan gluten/protein13,5%
Asal negaraIndonesia
2

Bob’s Red MillNatural Foods Organic Whole Wheat Flour

Rp 165.000,00

TipeTepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuaiRoti, muffin, cookies, pancake, brownies, pizza crust
Kandungan gluten/protein13% – 15%
Asal negaraAmerika Serikat
1
TipeTepung terigu protein tinggi, kuat
Jenis roti yang sesuaiRoti
Kandungan gluten/protein13%
Asal negaraIndonesia

Tabel perbandingan produk tepung terigu terbaik untuk membuat roti

Gambar produk
1
Bungasari Golden Eagle 1

Bungasari

2
Bob’s Red Mill Natural Foods Organic Whole Wheat Flour 1

Bob’s Red Mill

3
Bungasari Kabuki Gold 1

Bungasari

4
Sriboga Flour Mills Hime 1

Sriboga

5
Indofood Bogasari Cakra Kembar 1

Indofood

6
Nippon Flour Mills Nippon Komachi 1

Nippon Flour

7
Sriboga Flour Mills Tali Emas 1

Sriboga

8
General Mills Gold Medal  Whole Wheat Flour 1

General Mills Gold Medal

9
Indofood Bogasari Taj Mahal 1

Indofood

10
Indofood  Bogasari Segitiga Biru 1

Indofood

Nama produk

Golden Eagle

Natural Foods Organic Whole Wheat Flour

Kabuki Gold

Flour Mills Hime

Bogasari Cakra Kembar

Mills Nippon Komachi

Flour Mills Tali Emas

Whole Wheat Flour

Bogasari Taj Mahal

Bogasari Segitiga Biru

KeunggulanMembuat adonan jadi lebih m...Menggunakan gandum utuh org...Menghadirkan roti yang sele...Sempurnakan tea time Anda d...Pilih ukuran yang sesuai. B...Donat buatan Anda akan seen...Hasilkan roti dengan pori-p...Teksturnya dijamin memanjak...Roti gandum buatan Anda jad...Siap untuk berbagai jenis m...
HargaRp 10.000,00Rp 165.000,00Rp 27.000,00Rp 11.500,00Rp 11.000,00Rp 16.000,00Rp 9.000,00Rp 93.750,00Rp 26.000,00Rp 9.801,00
TipeTepung terigu protein tinggi, kuatTepung terigu protein tinggi, kuatTepung terigu protein tinggi, kuatTepung terigu protein tinggi, kuatTepung terigu protein tinggi, kuatTepung terigu protein tinggi, kuatTepung terigu protein sedang, semikuatTidak diketahuiTepung terigu protein tinggi, kuatTepung terigu protein sedang, semikuat
Jenis roti yang sesuaiRotiRoti, muffin, cookies, pancake, brownies, pizza crustRotiRoti Eropa, roti tungku, croissants, baguettes, pizza crustRotiRoti, donatRoti, kue, donatRoti, muffin, pancakeRoti gandum, kue gandum, cookies berserat tinggiRoti dan aneka kue
Kandungan gluten/protein13%13% – 15%13,5%12,5% – 13,5%13%13% – 14%11,4%Tidak diketahui12,5%11% – 12,5%
Asal negaraIndonesiaAmerika SerikatIndonesiaIndonesiaIndonesiaJepangIndonesiaAmerika SerikatIndonesiaIndonesia
Tautan produk

Baca juga rekomendasi bahan pembuat roti lainnya di sini!

Tepung terigu yang tepat adalah hal krusial dalam membuat roti. Namun, jika Anda dapat memilih produk yang tepat untuk bahan baku lainnya, roti buatan Anda akan semakin lezat. Apabila Anda membutuhkan rekomendasi bahan lain untuk membuat roti seperti misalnya mentega dan gula, Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Bagaimana? Setelah membaca artikel kami, apakah Anda telah menjatuhkan pilihan pada suatu produk? Ingatlah untuk selalu memilih tepung terigu yang sesuai dengan jenis roti yang ingin dibuat. Jika memungkinkan, Anda dapat mencoba beberapa produk agar bisa menentukan tepung terigu yang hasilnya paling sesuai dengan selera. Selamat menikmati roti buatan sendiri!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    39.547 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Mineral water atau air mineral sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Tahukah Anda, air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat untuk kesehatan? Ya, selain dapat menghidrasi tubuh, mineral water dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Jika dilihat dari kandungannya, mineral water dapat ditemui dalam berbagai jenis.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan mengulas cara memilih mineral water yang tepat. Merek mineral water, seperti Aqua, Le Minerale, hingga Eternal Plus juga akan dibahas di rekomendasi produknya. Simak selengkapnya dan temukan mineral water untuk melengkapi aktivitas Anda!
    Makanan & minuman
    91.106 Views
  • 10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anak sehat dan berbadan kuat adalah dambaan setiap orang tua. Itu sebabnya saat melihat anaknya kurus dan berat badannya di bawah rata-rata, orang tua akan berusaha menaikkan berat badan anak. Salah satu cara yang dilakukan adalah memberikan susu penambah berat badan.Ada banyak susu penambah berat badan anak yang beredar di pasaran seperti Dancow, Pediasure, atau Curcuma Plus. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih susu penambah berat badan untuk anak serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    23.840 Views
  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Makanan & minuman
    63.319 Views
  • 10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu UHT Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Susu UHT (Ultra High Temperature) merupakan susu yang cukup populer dan mudah dijumpai, baik di toko online maupun offline. Kemasannya yang praktis mudah untuk dibawa ke mana-mana dan diminum kapan saja. Susu jenis ini juga tersedia dalam beragam rasa sehingga banyak disukai anak-anak.Banyaknya susu UHT yang beredar di pasaran kerap membuat bingung, produk mana yang paling baik? Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi susu UHT terbaik seperti Ultra Milk, Frisian Flag, hingga Greenfield. Selain itu, kami akan menginformasikan cara memilih susu UHT yang sesuai. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    34.200 Views
  • 10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kurma Terbaik sebagai Hidangan Buka Puasa (Terbaru Tahun 2020)
    Kurma adalah buah yang tumbuh di wilayah gurun, seperti Timur Tengah, Benua Afrika, dan beberapa wilayah di Amerika. Buah ini juga merupakan menu berbuka wajib bagi sebagian orang di Indonesia. Kurma biasa menjadi santapan berbuka bersama secangkir teh panas sebelum kita menjalankan salat Magrib.Menjelang Bulan Ramadan, banyak toko-toko maupun usaha perorangan yang mulai menjual kurma. Ada banyak pilihan yang mungkin membuat Anda bingung, seperti kurma Ajwa, Sukkari, atau Medjool. Pada kesempatan kali ini, kami akan menjabarkan beberapa cara memilih kurma terbaik serta beberapa rekomendasi produk kurma kepada Anda.
    Makanan & minuman
    515 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori