10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teko Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2017)

Teko listrik sering digunakan untuk memanaskan air dalam jumlah sedikit. Misalnya, untuk membuat kopi, teh, dan makanan instan. Teko jenis ini menggunakan listrik sebagai sumber energi sehingga menjadikannya lebih mudah digunakan dan cenderung lebih aman dibanding menggunakan gas.

Bukan hanya sekadar memanaskan air, sekarang ini teko listrik juga memiliki fitur-fitur tambahan dan desain yang menarik. Banyaknya pilihan seringkali membuat kita bingung ketika memilih teko listrik. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih teko listrik dan merekomendasikan teko listrik terbaik pada Anda. Nah, ayo temukan teko listrik yang terbaik untuk Anda!

Daftar isi

Cara memilih teko listrik

Teko listrik adalah alat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memilih teko listrik yang tepat sangatlah penting. Berikut ini akan kami jelaskan hal-hal penting dalam memilih teko listrik. Kami harap artikel ini dapat menjadi referensi untuk Anda.

Perkirakan banyaknya air yang dibutuhkan

Perkirakan banyaknya air yang dibutuhkan

Pertama, Anda perlu menentukan seberapa banyak air yang Anda butuhkan. Sebagai patokan, segelas kopi membutuhkan sekitar 140 ml air dan 1 bungkus mi instan membutuhkan 300-500 ml air. Ditambah kebutuhan lainnya, maka kemungkinan Anda membutuhkan sekitar 1 liter air panas.

Agar tidak perlu repot-repot memanaskan air berulang-ulang, disarankan memakai teko dengan ukuran yang sesuai kebutuhan. Sebagai informasi, ukuran teko listrik biasanya berkisar antara 500-1500 ml. Jika ingin kapasitas lebih besar, lebih dari 2 liter misalkan, akan lebih baik menggunakan termos listrik saja.

Memperhatikan keamanannya

Untuk Anda yang tinggal dengan anak kecil, keamanan menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, kami akan membahas lebih lanjut mengenai keamanan teko listrik.

Suhu teko dan teko yang steamless

Suhu teko dan teko yang steamless

Tidak seperti teko yang dipanaskan di kompor, teko listrik seringkali digunakan di atas meja. Suhu teko dan uap panas yang keluar dapat melukai Anda sehingga Anda pun harus berhati-hati.

Untuk itu, pilihlah produk yang memiliki lapisan ganda, di mana panas menjadi lebih sulit ditransmisikan ke luar teko. Sebaiknya Anda juga memilih teko listrik yang tidak mengeluarkan uap atau steamless.

Sebagai tambahan, teko listrik dengan bahan PP atau polipropilena lebih sulit menghantarkan panas, sedangkan teko dengan bahan stainless steel lebih cepat menghantarkan panas.

Mencegah air tumpah meskipun jatuh

Mencegah air tumpah meskipun jatuh

Akan sangat menenangkan jika teko listrik kita memiliki fungsi pengaman yang bisa mencegah air tumpah. Khususnya kalau di rumah ada anak kecil, karena mereka seringkali bermain tanpa memperhatikan sekitarnya.

Terkena air panas bisa menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan sehingga teko listrik dengan fitur anti tumpah ini dibutuhkan. Biasanya teko listrik ini memiliki tombol safety lock yang harus dilepaskan ketika ingin menuangkan air.

Menghindari pemanasan yang tidak diinginkan

Menghindari pemanasan yang tidak diinginkan

Ketika memanaskan air dengan teko listrik, ada kemungkinan kita lupa memasukkan air ke dalam teko, hal ini dapat menyebabkan kebakaran apabila dibiarkan. Keberadaan fitur anti pemanasan berlebihan dapat membantu kita menghindari hal ini.

Kecepatan memanaskan air

Kecepatan memanaskan air

Teko listrik memanaskan air menggunakan energi listrik. Kecepatan merebus bergantung pada konsumsi daya listrik, meskipun tidak terlalu berbeda dalam praktisnya. Selain itu, jumlah air juga berpengaruh. Semakin banyak air, maka akan semakin lama mendidih.

Jika menginginkan teko listrik yang memanaskan air dengan cepat, pilihlah teko dengan daya konsumsi energi yang besar. Namun, pertimbangkanlah biaya listrik yang harus Anda keluarkan.

Kemampuan menyimpan panas

Kemampuan menyimpan panas

Memanaskan air dengan teko listrik sangatlah praktis dan lebih hemat energi, namun akan sangat merepotkan jika air yang kita panaskan menjadi dingin dan harus dipanaskan ulang. Selain membuang waktu, Anda pun jadi boros energi.

Oleh karena itu, pilihlah teko listrik yang mampu mempertahankan suhu air sehingga tidak perlu berkali-kali memanaskan air.

Ada fitur pengatur suhu

Ada fitur pengatur suhu

Ketika memanaskan air matang untuk susu bayi, kita tidak membutuhkan air mendidih hingga bersuhu 100°C. Repot jika harus menunggu hingga suhu menurun dulu. Untuk itu, lebih praktis jika kita bisa mengatur suhu air yang diinginkan.

Pada beberapa teko listrik, suhu yang diinginkan bisa diatur seperti 60°, 80°, dan 100°C sehingga jelas lebih memudahkan Anda dalam berbagai macam penggunaan.

Perhatikan bentuk mulut teko

Setiap bentuk mulut teko memiliki fungsinya masing-masing, tergantung pada tingkat keamanan dan tujuan yang diinginkan.

Bentuk segitiga yang mengutamakan keamanan

Bentuk segitiga yang mengutamakan keamanan

Bentuk mulut teko yang paling umum adalah segitiga, di mana mulut teko ini berada di bagian atas. Meskipun bentuk seperti ini membuat repot karena teko harus diangkat dengan tinggi saat menuang air, tapi bentuk ini memprioritaskan keamanan.

Dengan berada pada posisi ini, air lebih sulit tumpah meskipun tidak sengaja terjatuh. Sebagai tambahan, bentuk seperti ini tidak memerlukan banyak ruang di tempat penyimpanan Anda.

Bentuk leher angsa untuk kopi

Bentuk leher angsa untuk kopi

Untuk membuat kopi yang enak, sangat penting untuk menuangkan air panas sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, apabila tujuan utama Anda adalah membuat kopi, disarankan menggunakan teko listrik dengan mulut teko berbentuk kepala angsa.

Teko tipe ini juga banyak tersedia dengan desain yang cantik sehingga cocok menemani waktu coffee break Anda.

Kenyamanan saat digunakan

Kenyamanan saat digunakan

Meskipun seringkali dilupakan, periksalah panjang kabel yang tersedia. Jika panjang kabel terlalu pendek atau terlalu panjang, hal itu mungkin akan merepotkan Anda. Selain itu perhatikan juga kualitas dari kabel.

Beberapa produk memiliki penempatan kabel yang kurang baik sehingga teko sulit diletakkan dengan stabil. Untuk mengantisipasinya, kami menyarankan Anda untuk memperhatikan deskripsi produk dan review produk sebelum membeli.

10 Rekomendasi teko listrik terbaik

Berikut adalah 10 rekomendasi teko listrik yang kami rekomendasikan untuk Anda.

10. Sunday Teko Listrik

10. Sunday Teko Listrik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 130.500

Teko listrik plastik dengan kapasitas besar

Teko listrik yang satu ini terbuat dari bahan plastik propilena sehingga tidak panas ketika disentuh. Teko ini dilengkapi juga dengan fitur multi proteksi dan fitur mati otomatis ketika panas sudah mencapai titik tertentu sehingga aman digunakan.

Teko listrik ini memiliki kapasitas mencapai 1,8 liter dan tersedia dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi untuk Anda yang menginginkan teko listrik sederhana dengan fitur keamanan yang lengkap, teko ini dapat menjadi pilihan.

9. Russel Hobbs Chester Teko Listrik

9. Russel Hobbs Chester Teko Listrik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.540.900

Teko listrik minimalis yang hemat energi

Untuk Anda yang hanya membutuhkan satu atau dua gelas air panas saja, teko ini dapat menjadi pilihan. Teko berkapasitas 1 liter ini dilengkapi dengan indikator kapasitas air 1,2, dan 3 cup. Anda pun dapat menghemat energi hingga 66%!

Teko ini mampu memanaskan 1 cup air (235 ml air) hanya dalam 55 detik saja dan nyaman digunakan, karena dilengkapi dengan gagang yang ergonomis. Pada bagian mulut teko juga didesain berbentuk segitiga yang membuat proses penuangan air menjadi lebih mudah.

8. Delonghi KBOV 2001.GR Icona Electric Kettle

8. Delonghi KBOV 2001.GR Icona Electric Kettle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.575.000

Desain retro yang cocok untuk interior ruangan

Produk ini dibuat dengan desain yang cantik dan sederhana. Kapasitasnya sebesar 1,7 liter dengan berat teko keseluruhan hanya 1,3 kg. Terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan konsumsi daya listrik sebesar 2.000 watt yang membuat air menjadi panas lebih cepat.

Produk ini didesain dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan, karena dilengkapi fitur mati otomatis, tatakan anti selip, dan penyaring di dalam teko. Teko listrik yang didesain retro ini, cocok digunakan untuk menemani waktu santai Anda yang berharga.

7. Russell Hobbs Legacy Teko Listrik

7. Russell Hobbs Legacy Teko Listrik

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : 2.635.000

Kapasitas besar dan fashionable

Teko listrik keluaran Russell Hobbs ini memiliki 2 varian warna, yaitu silver dan merah. Teko ini memiliki berat mencapai 2 kg. Meskipun cukup berat, bagian bawah teko ini dibuat lebar sehingga lebih stabil ketika diletakkan di atas meja. Teko ini menggunakan daya listrik sebesar 2.400 watt sehingga mampu memanaskan air dengan cepat.

Daya tarik utama pada teko ini terdapat pada gagangnya yang berbeda dari yang lain. Gagang teko didesain sedemikian rupa agar nyaman dipegang dan terlihat cantik. Bagi Anda yang suka dengan interior rumah yang unik, teko ini bisa menjadi pilihan.

6. Lookyami Electric Kettle

6. Lookyami Electric Kettle

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.500.000

Teko listrik berteknologi tinggi yang bisa mengatur suhu

Teko listrik keluaran Lookyami ini terbuat dari bahan stainless steel yang tersedia dalam warna silver dan silver gold. Mulut teko ini berbentuk leher kepala angsa yang dibekali dengan kapasitas sebesar 1 liter air dan membutuhkan daya listrik sebesar 1.350 watt.

Produk ini juga memiliki fitur menarik, seperti tombol pengaturan suhu 60, 80, 90, 100°C, dan termometer digital yang terintegrasi pada mesinnya. Anda pun bisa memanaskan air sampai suhu yang diinginkan. Cocok untuk Anda yang tidak suka repot dan menginginkan air panas dengan suhu yang sesuai.

5. Breville USA RM-BKE595XL The Crystal Clear Electric Kettle

5. Breville USA RM-BKE595XL The Crystal Clear Electric Kettle

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.133.000

Teko listrik berbahan kaca yang cantik

Teko listrik Breville adalah teko berbahan kaca dengan kapasitas 1 liter yang akan terlihat cantik ketika diletakkan sebagai interior ruangan. Produk ini membutuhkan daya listrik sebesar 1.800 watt sehingga dapat memanaskan air dengan cepat. Untuk keamanan, produk ini dilengkapi juga dengan fitur mati otomatis.

Daya tarik utama dari produk ini adalah badan tekonya yang terbuat dari bahan kaca sehingga Anda dapat melihat langsung bagian dalam termos. Mungkin Anda akan betah melihat air yang mendidih di dalamnya. Teko ini cocok dipakai ketika makan bersama keluarga Anda.

4. Bunn Seamless Thermal Carafe 51746.0001

4. Bunn Seamless Thermal Carafe 51746.0001

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.752.000

Menemani waktu berkumpul dengan keluarga

Teko listrik ini terbuat dari dua lapisan stainless steel ini tidak akan terasa panas bagian luarnya ketika digunakan, sehingga aman bila tidak sengaja tersentuh. Produk ini juga memiliki kapasitas yang terbilang besar, yaitu 1,9 liter.

Fitur menarik pada produk ini adalah sistem vakum yang mampu menjaga agar suhu tetap stabil hingga berjam-jam. Karena kapasitasnya yang besar dan kemampuannya dalam mempertahankan suhu, produk ini cocok untuk menemani Anda sewaktu berkumpul dengan keluarga.

3. Kenwood Electric Kettle Jug Mini

3. Kenwood Electric Kettle Jug Mini

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 700.000

Untuk Anda yang suka travelling

Teko listrik buatan Kenwood ini memiliki ukuran yang kecil, yaitu 500 ml. Ukurannya yang mungil membuatnya tidak repot dan ringan saat dibawa bepergian. Teko ini juga cocok dipakai di rumah jika Anda tidak ingin teko yang terlalu besar dan tidak perlu merebus air terlalu banyak.

Produk ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan membutuhkan daya listrik sebesar 800 watt. Produk ini juga kami rekomendasikan untuk Anda yang hobi jalan-jalan karena tidak akan banyak makan space di tas Anda.

2. Mijia Bluetooth Electric Kettle Supports

2. Mijia Bluetooth Electric Kettle Supports

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.500.000

Teko listrik kekinian

Teko listrik satu ini sangat unik, karena memanfaatkan smartphone untuk pengoperasiannya. Anda cukup mengunduh aplikasi tertentu dan menghidupkan bluetooth dari ponsel. Anda pun siap mengatur suhu air di dalam teko ini melalui smartphone Anda..

Teko berbahan propilena ini dilengkapi dengan fitur triple safety dan heat preservation up to 12 hours yang juga bisa diatur melalui ponsel. Produk ini tentunya cocok untuk Anda yang kekinian dan mencintai inovasi.

1. Brewista Gooseneck Variable Kettle Electric

1. Brewista Gooseneck Variable Kettle Electric

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.350.000

Untuk waktu coffee break Anda yang elegan

Teko listrik dengan mulut kepala angsa ini memiliki desain yang elegan dan artistis. Pegangan pada teko terbuat dari material kayu berkualitas yang menambah kesan estetika teko. Untuk kemudahan, teko ini dilengkapi juga dengan tampilan temperatur digital.

Fitur menarik lain dari teko ini adalah hold untuk mempertahankan suhu hingga 1 jam. Mulut teko ini juga didesain memiliki diameter lebih kecil dan leher yang lebih panjang sehingga proses penuangan air menjadi lebih mudah. Waktu coffee break Anda akan terasa mewah dengan teko ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan rekomendasi teko listriknya ?

Teko listrik banyak diproduksi oleh berbagai manufaktur. Masing-masing memiliki desain dan keunggulan yang berbeda-beda. Semuanya mudah digunakan bila Anda tepat dalam memilih teko listrik sesuai tujuan penggunaan Anda. Nah, ayo pilih teko listrik yang sesuai dengan selera dan gaya hidup Anda!