10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Mainan lilin atau “lilin malam” yang disenangi oleh anak-anak, ternyata berguna juga untuk menstimulasi kecerdasan mereka. Mengenal bentuk, warna, bahkan mengembangkan imajinasi, semua dapat dilakukan dengan mainan ini. Namun, banyaknya jenis mainan lilin yang dijual di pasaran mungkin akan membuat Anda bingung memilih yang tepat.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi mainan lilin terbaik untuk anak, seperti produk Play-Doh dan Fun-Doh. Jangan sampai ketinggalan informasinya!

Daftar isi

Mainan lilin yang beraneka ragam jenisnya

Mainan lilin yang beraneka ragam jenisnya

Dengan mainan lilin, anak dapat berlatih membuat bentuk, memotong, mencampur warna, dan banyak hal lainnya. Awalnya, mainan lilin hanya terbuat dari olahan minyak, tetapi saat ini sudah tersedia berbagai jenis mainan lilin yang ramah anak-anak dan menawarkan kelebihan terbaru. Berbagai karakteristik, seperti mudah dimainkan, warna yang menarik, terbuat dari bahan yang aman, dan sebagainya, mulai muncul pada mainan-mainan lilin di pasaran saat ini.

Mainan lilin yang terpopuler terbuat dari tepung, dengan variasi warna beragam serta harga yang terjangkau. Selain itu, ada juga mainan lilin yang terbuat dari bahan silikon, beeswax, agar-agar, beras, dan lain-lain.

Karena umum dimainkan oleh anak-anak, sering kali mainan lilin juga disediakan oleh taman kanak-kanak atau pre-school. Jika sekolah anak Anda sudah menyediakan mainan lilin dengan bahan tertentu, cobalah membeli mainan lilin dengan bahan yang lain untuk dimainkan di rumah.

Cara memilih mainan lilin

Memiliki beberapa pilihan sebelum membeli sebuah produk akan memudahkan Anda. Namun, apabila pilihan terlalu banyak, Anda mungkin akan kebingungan memilih yang tepat. Karena itu, berikut ini akan kami jelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika hendak memilih mainan lilin berdasarkan masing-masing bahan dan karakteristiknya.

Pilihlah bahan yang aman bagi anak-anak

Pilihlah bahan yang aman bagi anak-anak

Anda tentunya ingin agar anak dapat bermain dengan asyik dan aman. Jadi, pilihlah bahan yang tidak berbahaya untuk mencegah timbulnya masalah ketika mereka tak sengaja menjilat atau makan sembari bermain mainan lilin.

Kami merekomendasikan mainan lilin yang terbuat dari tepung, agar-agar, silikon, beras, dan beeswax. Semua bahan tersebut berasal dari material alami dan turunannya. Tepung, agar-agar, dan beras sendiri merupakan bahan makanan sehingga aman. Selain itu, khusus mainan lilin berbahan silikon dan agar-agar, bahan-bahan ini rendah alergen sehingga aman dimainkan oleh anak yang memiliki alergi.

Pilihlah mainan lilin berdasarkan karakteristiknya

Ada banyak karakteristik yang ditawarkan oleh masing-masing bahan mainan lilin, seperti mudah dimainkan, mudah dibentuk, tekstur liat, dan lain-lain. Berikut kami paparkan empat bahan mainan lilin beserta karakteristiknya. Simak terus penjelaskan kami!

Mainan lilin berbahan tepung yang mudah dimainkan, tetapi lebih cepat mengering

Mainan lilin berbahan tepung yang mudah dimainkan, tetapi lebih cepat mengering

Mainan lilin ini sangat aman karena terbuat dari tepung, air, dan garam. Anak-anak yang tidak alergi terhadap tepung dapat memainkannya dengan nyaman. Teksturnya yang lembut memungkinkan anak untuk mencampur dan memotong mainan lilin ini hanya dengan sedikit tenaga. Lalu, mainan lilin ini juga dapat dicampur dengan warna yang berbeda-beda. Anak akan semakin terpancing keingintahuannya akan berbagai perpaduan warna.

Kelemahan dari mainan lilin berbahan ini yaitu mudah mengering dan mengeras. Jika mainan lilin sudah mengeras, tentu tidak bisa dimainkan lagi. Jadi, selalu ingat untuk menaruh mainan lilin ini dalam wadah tertutup setelah selesai bermain. Jika sudah terlanjur mengeras, tidak perlu bersedih karena mainan lilin berbahan ini harganya cukup terjangkau. Anak Anda pun akan merasa senang jika dibelikan mainan lilin yang baru dan masih bersih.

Mainan lilin berbahan silikon yang tidak akan mengering serta dapat mengeras ketika dipanaskan

Mainan lilin berbahan silikon yang tidak akan mengering serta dapat mengeras ketika dipanaskan

Mainan lilin berbahan silikon sangat aman dimainkan oleh anak-anak. Bahan ini juga banyak digunakan secara inovatif pada berbagai produk bayi dan lain sebagainya. Telah melewati proses sterilisasi, bahan ini juga memiliki sifat antibakteri. Tangan anak-anak pun dapat tetap bersih meski memainkannya dengan tangan telanjang.

Dibandingkan dengan mainan lilin berbahan tepung, teksturnya memang tampak sedikit mengilap dan lebih keras. Meski begitu, berbagai varian warnanya tetap dapat dipadukan. Sebaiknya dampingi anak Anda karena mungkin ia akan membutuhkan bantuan untuk dapat mencampur mainan lilinnya dengan baik.

Selain itu, hal menarik dari mainan lilin berbahan silikon adalah mengeras jika dipanaskan. Anak akan merasakan kepuasan tersendiri saat hasil kreasi mainan lilinnya betul-betul menjadi sebuah mainan. Bahkan, anak-anak dapat memainkannya saat mandi karena bahannya tahan terhadap air. Namun sayangnya, mainan lilin berbahan silikon masih jarang ditemui di pasaran Indonesia. Jadi, silakan pilih mainan lilin yang mudah dijumpai di online shop kesayangan Anda.

Mainan lilin berbahan agar-agar yang dapat dimainkan berulang-ulang dan bersensasi tekstur menyenangkan

Mainan lilin berbahan agar-agar yang dapat dimainkan berulang-ulang dan bersensasi tekstur menyenangkan

Berhubung terbuat dari makanan, mainan lilin jenis ini aman dan tidak menimbulkan alergi. Mainan lilin berbahan agar-agar memiliki sensasi yang menarik saat disentuh, bertekstur lembut saat dibentuk, dan lebih liat. Jika dibandingkan dengan mainan lilin berbahan tepung, jenis ini relatif mudah dimainkan, bahkan oleh anak yang masih kecil sekalipun karena tidak memerlukan banyak tenaga untuk membentuknya.

Mainan lilin biasanya mudah terselip di sela-sela kuku ketika dimainkan, tetapi hal tersebut tidak berlaku pada mainan lilin berbahan agar-agar. Sifatnya lebih elastis serta tidak lengket di tangan sehingga tidak pula mengotori benda-benda di sekitarnya. Ketika mengering, mainan lilin ini akan bertekstur seperti karet penghapus. Tidak perlu bingung bila hal itu terjadi, Anda cukup membungkusnya semalaman dengan selembar handuk basah. Teksturnya akan kembali seperti semula pada keesokan harinya dan anak Anda sudah dapat memainkannya lagi.

Akan tetapi, sama seperti bahan silikon, mainan lilin berbahan agar-agar juga masih jarang ditemukan di Indonesia. Namun, tak perlu khawatir. Di akhir artikel ini kami sudah menyiapkan rekomendasi mainan lilin terbaik yang tak kalah asyik dimainkan.

Mainan lilin berbahan beras yang lembut serta tidak mudah mengering

Mainan lilin berbahan beras yang lembut serta tidak mudah mengering

Mainan lilin ini terbuat dari beras yang dihaluskan, air, dan garam. Bahan ini memiliki banyak pilihan warna yang indah, seperti warna pastel dan neon. Bahkan, warnanya akan tetap cantik setelah dicampurkan dengan warna lainnya.

Mainan lilin berbahan beras memiliki karakteristik yang sedikit lengket dan lebih sulit mengering dibandingkan dengan mainan lilin berbahan tepung. Jadi, anak-anak dapat bermain dengan tenang tanpa khawatir mainan lilinnya akan cepat mengeras. Meski begitu, jika dibiarkan seharian di udara terbuka, mainan lilin berbahan ini akan menjadi padat seperti plastik. Sayangnya, mainan lilin dengan bahan ini juga masih jarang ditemui di pasaran Indonesia.

10 Rekomendasi mainan lilin terbaik

Sekarang, kami akan memperkenalkan sepuluh mainan lilin terbaik yang sudah kami rangkumkan untuk Anda. Silakan mengacu pada poin-poin memilih di atas dan temukanlah mainan lilin favorit anak Anda!

10. Play-Doh Fun With Numbers Bucket

10. Play-Doh Fun With Numbers Bucket

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Orami

Harga : Rp 75.000

Belajar mengenal dan membentuk angka dengan lebih menyenangkan

Melalui Play-Doh Fun With Numbers Bucket, anak Anda dapat belajar mengenal angka sekaligus membentuknya secara menyenangkan. Bagi Anda yang ingin mengajak anak Anda bermain sambil belajar dengan cara menarik, produk ini bisa jadi pilihan yang tepat. Mainan lilin ini juga tidak lengket serta tidak beracun sehingga dapat dimainkan dengan aman. 

Kelengkapan isi 4 lilin mainan, 10 cetakan lilin
Target usia 3 tahun ke atas

9. Fun-Doh Ocean Life

9. Fun-Doh Ocean Life

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 19.900

Mengenal dan membentuk binatang-binatang laut yang imut dengan mengasyikan

Apakah Anda berencana mengenalkan binatang laut pada putra-putri Anda sejak dini? Jika iya, pilih saja Fun-Doh Ocean Life. Dengan produk ini, anak Anda dapat mengetahui rupa dari beberapa jenis binatang laut dalam bentuk imut menggunakan warna yang diinginkan. Mainan ini pun terbuat dari bahan yang terasa lembut, tidak beracun, serta tidak lengket.

Kelengkapan isi 2 lilin mainan, 4 cetakan lilin, 2 pisau bentuk sabit dan gerigi
Target usia 2 tahun ke atas

8. Fun-Doh Sushi Set

8. Fun-Doh Sushi Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.999

Berperan layaknya chef andal yang membuat sushi lezat

Sushi merupakan makanan asal Jepang yang cukup populer Indonesia. Topping-nya yang berwarna-warni menarik perhatian baik orang dewasa maupun anak-anak. Bila Anda juga ingin mengajak anak Anda mengenal kuliner yang satu ini, produk berikut dapat menjadi pilihan yang tepat.

Dengan Fun-Doh Sushi Set ini, anak Anda akan diajak untuk membuat kreasi sushi ala mereka sendiri. Adanya beragam bentuk cetakan sushi dengan dua ukuran berbeda juga membuat anak Anda dapat mengombinasikan sendiri bentuk dan ukuran sushi sesuai keinginannya. 

Kelengkapan isi 3 lilin mainan, 7 cetakan lilin bentuk sushi, 1 pasang sumpit, 1 piring
Target usia 3 tahun ke atas

7. Play-Doh Sweet Shoppe Cookie Creations

7. Play-Doh Sweet Shoppe Cookie Creations

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Orami

Harga : Rp 161.200

Membuat beragam kue bagaikan pemilik toko kue sungguhan

Bersama mainan lilin ini, si kecil dapat memainkan imajinasinya dalam membuat kue-kue kesukaannya. Jika Anda hendak memacu daya kreativitas anak dengan menghias dan membuat beragam kue, produk berbahan tepung inilah pilihan tepatnya.

Adanya berbagai model cetakan dari rolling pin-nya juga akan meningkatkan daya berkreasinya. Selain itu, dengan isinya yang cukup lengkap, anak Anda akan merasakan sensasi menyenangkan dari membuat berbagai bentuk kue serta menghiasnya sesuai keinginan.

Kelengkapan isi 5 mainan lilin, 4 cetakan lilin, 1 rolling pin, 1 topping maker
Target usia 3 tahun ke atas

6. Dough Dino World

6. Dough Dino World

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 89.000

Rasakan sensasi petualangan seru bersama miniatur dinosaurus

Rangkaian mainan lilin berikut dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengajak anak Anda berpetualang di zaman purba. Bersama produk ini, anak akan diajak mengenal berbagai bentuk dinosaurus dalam ukuran mini yang menggemaskan. Ragam bentuk dan warna dinosaurusnya pun bisa dikreasikan sendiri sesuai imajinasinya.

Tidak hanya mampu mencipta dinosaurus lucu, produk ini pun hadir dengan diorama yang akan menambah hidup kreasi anak Anda. Di samping itu, produk ini juga dikemas dalam bentuk koper untuk memudahkan penyimpanan sehingga tidak akan tercecer atau hilang.

Kelengkapan isi 5 mainan lilin, 1 set cetakan lilin, sendok, pisau mainan
Target usia 3 tahun ke atas

5. Bowa Dough Cinema Snack Bar

5. Bowa Dough Cinema Snack Bar

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Kreasikan berbagai camilan sesuai imajinasi anak Anda

Menonton film di bioskop biasanya terasa kurang lengkap tanpa camilan. Varian produk dari Bowa kali ini mengajak anak Anda untuk berimajinasi menyiapkan camilan untuk orang-orang yang akan menonton. Mulai dari hamburger, popcorn, dan lain sebagainya, semua tersedia dalam rangkaian mainan lilin ini.

Di samping itu, isinya yang beragam juga membuat mainan lilin ini cocok sebagai pilihan bagi Anda yang ingin mengajari anak mengkreasikan makanan dengan leluasa. Anda juga dapat membantu dan mengarahkan anak Anda dalam membuat berbagai menu yang diinginkannya agar komunikasi dengan sang buah hati lebih terjalin.

Kelengkapan isi set mainan berjumlah 35 pieces
Target usia 3 tahun ke atas

4. Play-Doh My Little Pony Make N Style Ponies

4. Play-Doh My Little Pony Make N Style Ponies

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Orami

Harga : Rp 193.500

Semakin seru bermain bersama kuda poni yang cantik

Karakter Little Pony yang menawan telah membuat anak-anak dari berbagai tingkatan usia terbius akan pesonanya. Bila anak Anda juga menggemari karakter ini, tentu produk berikut dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai pelengkap koleksi mainannya.

Dengan empat jenis kuda poni, anak Anda bisa mengkreasikan hiasan dan warna yang sesuai dengan masing-masing karakter sesuai imajinasi anak Anda. Adanya palet juga mempermudah si kecil dalam membuat hiasan-hiasan yang lucu dan cantik untuk merias kuda kesayangannya.

Kelengkapan isi 9 mainan lilin, 4 variasi cetakan kuda poni, 1 palet, 1 pisau mainan
Target usia 3 tahun ke atas

3. Fun-Doh Zoo Doh

3. Fun-Doh Zoo Doh

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Orami

Harga : Rp 27.000

Bermain dan belajar membuat hewan dalam bentuk yang sederhana

Fun-Doh Zoo Doh hadir sebagai pilihan tepat bagi Anda yang ingin kemudahan dalam memperkenalkan jenis-jenis hewan pada anak Anda. Bersama mainan lilin ini, anak Anda akan mengetahui bentuk dan nama-nama beberapa binatang dengan cara yang menyenangkan.

Merupakan seri yang terbilang mini dan sederhana dibandingkan produk Fun-Doh lainnya, produk ini bisa menjadi mainan lilin pertama anak Anda. Setelah dia mulai terbiasa berkreasi, Anda bisa membelikan produk lain yang memiliki set lebih banyak.

Kelengkapan isi 2 lilin mainan, 4 cetakan lilin, 2 stik
Target usia 2 tahun ke atas

2. Bowa Dream Dough Cake & Party

2. Bowa Dream Dough Cake & Party

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 90.000

Isi setnya banyak, memicu anak berkreasi tanpa batas

Mainan lilin Bowa ini akan membawa anak Anda sejenak ke suasana pesta minum teh yang diimajinasikannya. Dengan produk ini, anak dapat berkreasi dengan membuat berbagai macam kue kesukaannya. Variasi setnya banyak, kreativitas anak-anak pun jadi tak terbatasi.

Bila Anda mencari mainan berkualitas untuk anak yang telah terbiasa bermain dengan mainan lilin sebelumnya, produk ini adalah pilihan tepat. Dilengkapi dengan koper kecil, Anda pun bisa sekaligus mengajarinya merapikan mainannya sendiri seusai bermain.

Kelengkapan isi set mainan berjumlah 41 pieces
Target usia 3 tahun ke atas

1. Fun-Doh Chef Ice Cream Factory

1. Fun-Doh Chef Ice Cream Factory

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 49.500

Berkreasi dan bermain menjadi ice cream artisan yang keren

Fun-Doh Ice Cream Factory berikut dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memberikan sarana untuk anak agar dapat berimajinasi menjadi seorang ice cream artisan. Dengan mainan lilin ini, anak Anda bisa mengkreasikan berbagai tampilan es krim idamannya.

Anda bisa turut bermain bersama anak Anda dengan menjadi pembeli atau bahkan menjadi asisten sang artisan. Selain itu, produk ini lebih awet karena bila mengering, Anda cukup menambahkan beberapa tetes air saja pada mainan lilinnya. Fun-Doh pun siap dimainkan kembali!

Kelengkapan isi 3 mainan lilin, 2 penggaris cetakan, 1 alat pembuat es krim, 1 set alat makan (sendok, garpu, piring), 1 set es krim (cone, mangkok)
Target usia 3 tahun ke atas

Baca juga rekomendasi mainan anak-anak lainnya di sini!

Mainan lilin memang asyik dimainkan dan mengasah kreativitas anak-anak. Nah, tambahlah keseruan acara bermain buah hati Anda dengan koleksi mainan berkualitas lainnya yang mengasah kreativitasnya. Untuk lebih lengkapnya, jangan lupa klik tautan berikut ini!

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan rekomendasi mainan lilin yang disukai anak-anak kepada Anda. Mainan lilin dapat menjadi mainan yang sangat baik sebagai sarana untuk mempelajari banyak hal serta meningkatkan kreativitas anak.

Berawal dari bentuk yang sederhana, mainan lilin bisa diubah menjadi bermacam bentuk sesuai dengan kehendak anak. Bermain mainan lilin bersama juga dapat meningkatkan komunikasi antara orang tua-anak atau kakak-beradik. Jadi, pastikan Anda memilih produk yang tepat untuk buah hati Anda, ya!