1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Mainan anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Mainan Lilin Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Selain menyenangkan untuk dimainkan, mainan lilin atau disebut juga dengan plastisin ternyata berguna untuk menstimulasi kecerdasan. Mengenal bentuk, warna, bahkan mengembangkan imajinasi, semua dapat dilakukan melalui mainan ini. Namun, banyaknya jenis mainan lilin di pasaran mungkin akan membuat Anda kesulitan memilih yang tepat.

Tidak perlu bingung karena sekarang kami akan menjelaskan cara memilih mainan lilin yang bagus. Ada rekomendasi mainan lilin terbaik keluaran merek BOWA, Play-Doh, dan Wimpy Craftstore juga, lho! Jangan sampai ketinggalan informasinya dan temukan mainan lilin yang cocok untuk si kecil!

Diperbaharui 09-23-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Mainan lilin dengan ragam jenisnya

Mainan lilin dengan ragam jenisnya

Dengan mainan lilin, anak dapat berlatih membuat bentuk, memotong, mencampur warna, dan banyak hal lainnya. Awalnya, mainan lilin hanya terbuat dari olahan minyak, tetapi kini tersedia berbagai jenis produk yang ramah anak. Saat ini, berbagai kelebihan, seperti mudah dimainkan, warna menarik, dan bahan yang aman dimiliki oleh mainan lilin.


Mainan lilin yang terbuat dari tepung gandum kini mudah ditemukan di toko-toko online. Selain itu, ada juga mainan lilin dari bahan beras, silikon, beeswax, agar-agar, dan lainnya. Umumnya, mainan lilin merupakan mainan yang tersedia di taman kanak-kanak atau preschool. Jadi, Anda bisa membeli mainan lilin dari bahan berbeda untuk variasi anak di rumah.

Cara memilih mainan lilin

Memiliki beberapa pilihan sebelum membeli produk tentu menyenangkan. Akan tetapi, apabila terlalu banyak pilihan mungkin Anda malah jadi kebingungan. Karena itu, simak poin-poin mengenai bahan dan karakteristik mainan lilin berikut ini sebelum memutuskan pilihan.

① Pastikan bahannya aman untuk anak-anak

Pastikan bahannya aman untuk anak-anak

Anda tentunya ingin agar anak dapat bermain dengan asyik dan aman. Karena itu, pilihlah bahan yang tidak berbahaya agar aman jika terjilat atau ketika memegang makanan dengan tangan.


Kami merekomendasikan mainan lilin yang terbuat dari gandum, agar-agar, silikon, beras, dan beeswax. Semua bahan tersebut berasal dari bahan alami dan turunannya. Selain itu, bahan-bahan ini aman dimainkan oleh anak yang memiliki alergi terhadap bahan kimia sintetis. 

② Pilihlah bahan mainan lilin berdasarkan karakteristiknya

Ada banyak karakteristik yang ditawarkan oleh setiap bahan mainan lilin. Sebagai contoh, mudah dimainkan, mudah dibentuk, bertekstur liat, dan lain-lain. Berikut ini kami paparkan empat bahan mainan lilin yang aman beserta karakteristiknya masing-masing.

Bahan tepung gandum: Mudah dimainkan, tetapi cepat mengering

Bahan tepung gandum: Mudah dimainkan, tetapi cepat mengering

Mainan lilin ini sangat aman karena terbuat dari tepung gandum, air, dan garam. Anak-anak yang tidak alergi terhadap gandum dapat memainkannya dengan nyaman. Teksturnya yang lembut memungkinkan anak untuk mencampur dan memotong mainan lilin ini hanya dengan sedikit tenaga


Mainan lilin ini juga dapat dicampur dengan warna yang berbeda-beda. Si kecil akan makin senang dan terpancing rasa ingin tahunya tentang perpaduan warna. Kelemahan dari mainan lilin berbahan gandum adalah mudah mengering dan mengeras. Jika sudah mengeras, mainan lilin dengan bahan ini tidak bisa dimainkan lagi. 


Untuk itu, pastikan selalu menyimpan mainan lilin dalam wadah tertutup setelah selesai bermain agar tidak cepat mengeras. Anda tidak perlu bersedih jika sudah terlanjur mengeras karena mainan lilin dari tepung gandum memiliki harga cukup terjangkau. Anak Anda pun akan merasa senang jika dibelikan mainan lilin yang baru dan bersih.

Bahan tepung beras: Lebih lembut serta tidak mudah mengering

Bahan tepung beras: Lebih lembut serta tidak mudah mengering

Mainan lilin ini terbuat dari beras yang dihaluskan, air, dan garam. Bahan ini memiliki banyak pilihan warna yang indah, seperti warna-warna lembut dan warna yang mencolok. Mainan lilin berbahan tepung beras memiliki tekstur sedikit kenyal dan lebih sulit mengering dibandingkan mainan lilin berbahan tepung gandum. 


Jadi, buah hati dapat bermain dengan tenang tanpa perlu khawatir mainan lilinnya akan cepat mengeras. Meski begitu, jika dibiarkan seharian di udara terbuka, mainan lilin berbahan tepung beras akan menjadi padat seperti plastik. Sayangnya, mainan lilin dengan bahan ini masih jarang ditemui di pasaran Indonesia.

Bahan agar-agar: Dapat dimainkan berulang dan teksturnya menarik

Bahan agar-agar: Dapat dimainkan berulang dan teksturnya menarik

Berhubung terbuat dari makanan, mainan lilin jenis ini aman dan kecil kemungkinannya untuk menimbulkan alergi. Mainan lilin berbahan agar-agar memiliki sensasi yang menarik saat disentuh. Teksturnya lembut saat dibentuk dan dapat meregang dengan baik. Dibandingkan mainan lilin berbahan tepung gandum, jenis ini lebih mudah dibentuk karena tidak memerlukan banyak tenaga.


Selain itu, mainan lilin berbahan agar-agar sifatnya elastis dan tidak lengket di tangan. Jadi, tidak akan mudah mengotori meja dan benda lainnya. Ketika mengering, mainan lilin ini akan bertekstur seperti karet penghapus. 


Jika hal itu terjadi, Anda cukup membungkusnya semalaman dengan selembar handuk basah. Teksturnya pun akan kembali seperti semula pada keesokan hari dan si kecil pun dapat memainkannya lagi. Sayangnya, mainan lilin berbahan agar-agar juga masih jarang ditemukan di Indonesia. Jadi, silakan pilih mainan lilin yang mudah dijumpai di online shop kesayangan Anda.

Bahan silikon: Tidak akan mengering dan menjadi keras saat dipanaskan

Bahan silikon: Tidak akan mengering dan menjadi keras saat dipanaskan

Mainan lilin berbahan silikon sangat aman dimainkan anak-anak. Bahan ini juga banyak digunakan pada berbagai produk bayi. Karena diproses secara steril, tangan anak-anak pun terjaga kebersihannya saat memainkan mainan lilin. Dibandingkan mainan lilin dari tepung gandum, teksturnya memang tampak sedikit mengilap dan lebih keras. Meski begitu, Anda tetap dapat memadukan warna dengan sedikit usaha. 


Nah, Anda sebaiknya mendampingi buah hati karena mungkin ia akan membutuhkan bantuan untuk dapat mencampur mainan lilinnya dengan baik. Hal menarik dari mainan lilin berbahan silikon adalah dapat mengeras jika dipanaskan. Anak akan merasakan kepuasan tersendiri saat hasil kreasi mainan lilinnya betul-betul menjadi sebuah mainan. 


Terlebih lagi, anak-anak dapat memainkannya saat mandi karena bahannya tahan terhadap air. Sayangnya, mainan lilin berbahan silikon masih jarang ditemui di pasaran Indonesia. Namun, tak perlu khawatir! Kami sudah menyiapkan rekomendasi mainan lilin yang tak kalah asyik untuk dimainkan.

10 Rekomendasi mainan lilin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mainan lilin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

BOLA

Lilin Mainan

BOLA Lilin Mainan 1枚目

Produk bersertifikat SNI yang harganya affordable

2

KKV

Animal Paradise

KKV Animal Paradise 1枚目

Bermain dan belajar membuat hewan dengan 12 warna menarik

3

KKV

Kitchen Goument

KKV Kitchen Goument 1枚目

Yuk, buat kue-kue menarik untuk memacu kreativitas anak!

4

Hasbro

Play-Doh Kitchen Creations Sushi

Hasbro Play-Doh Kitchen Creations Sushi 1枚目

Berperan layaknya chef andal yang membuat sushi lezat

5

BOWA

Dinosaur Suitcase

BOWA Dinosaur Suitcase 1枚目

Rasakan sensasi petualangan seru bersama miniatur dinosaurus

6

BOWA

Sweet Suitcase

BOWA Sweet Suitcase 1枚目

Kreasikan berbagai camilan sesuai imajinasi anak Anda

7

Emco

Super Dough Activity Set Shape Stamper

Emco  Super Dough Activity Set Shape Stamper 1枚目

Mudah memainkannya, cocok untuk pemula

8

Addo

Nick Jr. R Super Duper Dough Set

Addo Nick Jr. R Super Duper Dough Set  1枚目

Aktivitas belajar angka dan huruf jadi makin menyenangkan

9

Toy Studio

Ice Cream Shop

Toy Studio Ice Cream Shop 1枚目

Ajak anak berkreasi dan bermain menjadi ice cream artisan, yuk!

10

Wimpy Craft

Princess Clay - Air Dry Clay

Wimpy Craft Princess Clay - Air Dry Clay 1枚目

Bisa dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa!

Perincian produk
Close
No.1

Produk bersertifikat SNI yang harganya affordable

Kelebihan:

  • Produk ini sudah bersertifikat SNI sehingga aman dimainkan oleh buah hati

Kekurangan:

  • Beberapa review mengatakan mainan lilinnya cepat keras

Mantapkan pilihan Anda pada mainan lilin ini jika mencari produk dengan harga yang ekonomis. Meski harganya terbilang terjangkau, pilihan warna yang ditawarkan cukup beragam, kok. Anda juga bisa menjadikannya sebagai salah satu suvenir yang dibagikan saat ulang tahun si kecil. Teman-teman anak Anda pun pasti akan sangat senang ketika menerimanya.

No.2

Bermain dan belajar membuat hewan dengan 12 warna menarik

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi kertas petunjuk bergambar cara memainkannya sehingga si kecil bisa memperhatikannya

Kekurangan:

  • Umur simpannya hanya tiga tahun

Produk keluaran KKV ini hadir sebagai pilihan tepat bagi Anda yang ingin memperkenalkan hewan-hewan pada sang buah hati. Bersama mainan lilin ini, anak Anda akan mengetahui bentuk dan nama-nama beberapa binatang dengan cara yang menyenangkan. Warna mainan lilin yang dihadirkan pun sangat beragam. Dengan demikian, si kecil bisa membuat binatang dengan warna-warna yang ia sukai. 

No.3

Yuk, buat kue-kue menarik untuk memacu kreativitas anak!

Kelebihan:

  • Terdapat dua belas warna mainan lilin sehingga anak bisa bebas berkreasi

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan dusnya mudah penyok sehingga perlu hati-hati saat akan menjadikannya sebagai kado

Bersama mainan lilin berbahan tepung ini, si kecil dapat memainkan imajinasinya dalam membuat kue-kue kesukaannya. Jika Anda hendak memacu kreativitas anak untuk membuat beragam kue, produk ini merupakan pilihan tepat. Adanya berbagai model cetakan kue juga akan meningkatkan daya kreasinya.


Dengan isi yang lengkap, si kecil akan merasakan sensasi menyenangkan dari membuat berbagai kue! Hal ini juga sangat baik untuk mengenalkan profesi seorang chef. Bisa jadi ini merupakan cikal bakal anak Anda menemukan passion-nya sebagai seorang chef, bukan?

No.4

HasbroPlay-Doh Kitchen Creations SushiE7915

Mulai dari Rp158.000,00

Berperan layaknya chef andal yang membuat sushi lezat

Kelebihan:

  • Terdapat petunjuk kreasi cara membuat sushi yang bisa dijadikan acuan si kecil saat pertama kali membuatnya

Kekurangan:

  • Mainan lilinnya mengandung gandum yang mudah kering

Sushi merupakan makanan asal Jepang yang cukup populer di Indonesia. Apabila Anda ingin mengajak sang buah hati mengenal kuliner Jepang, produk keluaran Play-Doh ini dapat menjadi pilihan tepat.


Dengan produk ini, anak Anda akan diajak untuk membuat kreasi sushi ala mereka sendiri. Di dalam produk ini terdapat beragam bentuk cetakan topping sushi. Hal ini tentunya membuat anak Anda dapat mengombinasikan sendiri bentuk topping sushi sesuai keinginan.

No.5

BOWADinosaur Suitcase87731

Mulai dari Rp108.000,00

Rasakan sensasi petualangan seru bersama miniatur dinosaurus

Kelebihan:
  • Produknya dikemas dalam bentuk koper, mudahkan penyimpanan dan tidak akan tercecer

Kekurangan:

  • Hanya tersedia tiga warna mainan lilin

 

Mainan lilin ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengajak anak Anda bertualang pada zaman purba. Bersama produk ini, anak akan diajak mengenal berbagai bentuk dinosaurus dalam ukuran mini yang menggemaskan.


Ragam bentuk dan warna dinosaurusnya pun bisa dikreasikan sendiri sesuai imajinasinya. Tidak hanya menghadirkan dinosaurus lucu, produk ini pun hadir dengan diorama keren yang akan membebaskan imajinasi si kecil.

No.6

Kreasikan berbagai camilan sesuai imajinasi anak Anda

Kelebihan:
  • Isinya beragam, terdiri dari 35 buah alat permainan
  • Sudah memiliki sertifikat SNI

Kekurangan:

  • Varian warna dough-nya cukup terbatas, hanya kuning, putih, dan cokelat

Menonton film di bioskop biasanya terasa kurang lengkap tanpa camilan. Varian produk dari BOWA ini mengajak si kecil untuk berimajinasi menyiapkan camilan untuk orang-orang yang akan menonton. Mulai dari hamburger, popcorn, dan lain sebagainya, semua tersedia dalam rangkaian mainan lilin ini.


Mainan lilin ini cocok sebagai pilihan bagi Anda yang ingin mengajari anak mengkreasikan makanan dengan leluasa. Anda juga dapat membantu dan mengarahkan buah hati dalam membuat berbagai menu yang diinginkannya. Alhasil, komunikasi dengan sang buah hati pun lebih terjalin.
No.7

Emco Super Dough Activity Set Shape Stamper

Mulai dari Rp69.900,00

Mudah memainkannya, cocok untuk pemula

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan non-toxic yang 100% aman


Kekurangan:

  • Hanya tersedia tiga buah cetakan

Apakah Anda sedang mencari mainan lilin yang dapat dimainkan si kecil dengan mudah sekaligus menyenangkan? Jika iya, produk inilah jawabannya. Emco meluncurkan produk dengan bentuk cetakan sederhana. Tak hanya itu, dilengkapi dengan shape stamper, buah hati Anda pun dapat memainkannya dengan mudah. Produk ini tentu bisa menjadi mainan lilin pertama bagi si kecil.

No.8

AddoNick Jr. R Super Duper Dough Set

Mulai dari Rp599.000,00

Aktivitas belajar angka dan huruf jadi makin menyenangkan

Kelebihan:

  • Isinya terdapat lebih dari lima puluh pak, termasuk enam belas warna mainan lilin 

Kekurangan:

  • Mengandung wheat gluten yang memiliki sifat cepat mengering

Melalui mainan lilin dari Addo ini, buah hati dapat belajar mengenal angka sekaligus huruf. Tentunya, bagi Anda yang ingin mengajak si kecil bermain sambil belajar, produk ini bisa jadi pilihan yang tepat. 


Terdapat cetakan huruf dan angka yang bisa dimainkan dan dibentuk oleh anak Anda. Terlebih lagi, produk ini juga sudah dilengkapi dengan dough extruder yang membuat si kecil makin bebas berkreasi.

No.9

Toy StudioIce Cream Shop

Mulai dari Rp130.000,00

Ajak anak berkreasi dan bermain menjadi ice cream artisan, yuk!

Kelebihan:

  • Dilengkapi cangkir dan tatakan berdesain menarik untuk adegan acara minum teh bersama si kecil

Kekurangan:

  • Hanya tersedia enam variasi warna mainan lilin

Produk dari Toy Studio ini dapat menjadi pilihan tepat agar anak Anda dapat bersimulasi menjadi seorang ice cream artisan. Dengan mainan lilin ini, si kecil dapat mengkreasikan berbagai tampilan es krim idamannya.


Anda bisa turut bermain bersama anak Anda dengan menjadi pembeli atau menjadi asisten sang artisan. Selain itu, peralatannya yang terbuat dari plastik juga sudah bersertifikat SNI sehingga aman dipakai buah hati.

No.10

Wimpy CraftPrincess Clay - Air Dry Clay

Mulai dari Rp199.000,00

Bisa dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa!

Kelebihan:

  • Terbuat dari silikon yang fleksibel yang awet dan dapat dipakai berulang kali
  • Terdapat instruction card sehingga lebih terarah saat membuatnya

Kekurangan:

  • Hanya dapat mengkreasikan bentuk sesuai dengan tokoh princess yang dipilih

Yuk, rapatkan barisan bagi para pencinta Disney Princess! Wimpy Craft menghadirkan mainan lilin dengan tema tokoh princess yang digemari banyak anak perempuan. Ada karakter Cinderella, Snow White, Belle, Ariel, Jasmine, dan lainnya yang bisa dipilih. Mainan lilin ini bisa dimainkan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa, lho!

Baca juga rekomendasi mainan lainnya di sini

Mainan lilin memang asyik dimainkan dan mengasah kreativitas anak-anak. Nah, tambahlah keseruan acara bermain buah hati Anda dengan koleksi mainan berkualitas lainnya. Untuk lebih lengkapnya, segera klik tautan berikut ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel kami kali ini? Mainan lilin dapat menjadi sarana untuk mempelajari banyak hal serta meningkatkan kreativitas anak. Dari sebuah bentuk yang sederhana dapat diubah menjadi bermacam-macam bentuk.


Memainkan mainan lilin bersama juga dapat meningkatkan komunikasi antara orang tua dengan anak atau kakak dengan adik. Jadi, pastikan Anda memiliki mainan lilin untuk buah hati Anda, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer