10 Rekomendasi Suplemen Krill Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen Krill Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Suplemen krill oil merupakan suplemen yang kaya akan asam lemak Omega-3 yang baik untuk kesehatan. Bau amis yang lebih ringan daripada minyak ikan membuat suplemen ini lebih banyak dipilih. Anda dapat menemukan berbagai merek suplemen krill oil, seperti Now Foods, Jarrow Formulas, Sundown Naturals, dan banyak lainnya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih suplemen krill oil. Tidak perlu bingung karena kami akan memberikan tips cara memilih suplemen krill oil yang tepat. Konsumsilah secara rutin agar Anda dapat merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Nah, mari simak penjelasan lebih jauh pada artikel berikut!

Daftar isi

Apa itu krill oil dan efeknya bagi tubuh?

Apa itu krill oil dan efeknya bagi tubuh?

Krill oil merupakan minyak yang mengandung asam lemak Omega-3 dari krustasea di perairan Antartika. Penelitian menyatakan krill oil dapat mengurangi sakit persendian serta bermanfaat sebagai antioksidan.

Asam lemak Omega-3 juga terdapat di dalam minyak ikan. Namun, asam lemak yang terdapat di dalam krill oil memiliki sifat lebih mudah larut dalam air dibanding minyak ikan. Dikatakan bahwa krill oil juga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, krill oil tidak memiliki bau dan rasa amis seperti yang umum Anda temui pada minyak ikan. Anda pun jadi lebih mudah dalam mengonsumsinya.

Cara memilih suplemen krill oil

Suplemen krill oil memiliki kualitas yang berbeda-beda. Jadi, sedapat mungkin pilihlah suplemen dengan kualitas terbaik. Berikut adalah poin-poin yang harus Anda perhatikan saat memilih suplemen krill oil.

Pilih suplemen dengan kandungan krill oil 100%

Pilih suplemen dengan kandungan krill oil 100%

Antartic krill merupakan bahan suplemen krill oil yang biasa digunakan oleh produsen suplemen. Jadi, jika dalam suplemen hanya terkandung Antartic krill, kualitas serta keamanannya akan setara untuk setiap merek. EPA dan DHA yang terkandung dalam Antartic krill dapat diserap lebih baik saat dalam tingkat kemurnian yang tinggi. Untuk itu, sedapat mungkin pilihlah suplemen krill oil yang 100% berasal dari Antartic krill.

Beberapa produk mencampurkan krill oil dengan minyak ikan untuk menekan harga produksi dan meningkatkan kandungan Omega-3 di dalamnya. Namun, hal ini tidak kami rekomendasikan karena persentase phospholipid di dalam krill oil serta efisiensi penyerapannya akan berkurang. Idealnya, pilihlah suplemen krill oil yang tidak mengandung minyak ikan untuk efek lebih optimal.

Periksa kandungan phospholipid dan pilih yang penyerapannya paling maksimal

Periksa kandungan phospholipid dan pilih yang penyerapannya paling maksimal

Suplemen krill oil memiliki kecepatan penyerapan yang berbeda-beda tergantung pada kandungan phospholipid di dalamnya. Beberapa penelitian menyatakan bahwa penyerapannya akan lebih baik jika mengandung 40% phospholipid. Untuk itu, periksalah kandungan phospholipid suplemen yang akan Anda beli.

Beberapa produk hanya mencantumkan kandungan Omega-3 yang terkandung di dalam suplemen. Namun, penting juga untuk memperhatikan kandungan EPA dan DHA yang terkandung di dalamnya. Jadi, ingatlah untuk memperhatikan hal ini saat hendak memilih suplemen krill oil.

Pilih yang mengandung antioksidan untuk mencegah oksidasi

Pilih yang mengandung antioksidan untuk mencegah oksidasi

DHA dan EPA yang terkandung di dalam krill oil sangat mudah teroksidasi. Minyak yang teroksidasi akan memengaruhi efeknya pada tubuh. Sebisa mungkin pilihlah suplemen yang juga mengandung antioksidan untuk mencegah efek oksidasi.

Antioksidan yang biasa digunakan dapat berupa astaxanthin dan vitamin E. Sebaiknya pilihlah suplemen yang mengandung setidaknya salah satu komponen antioksidan tersebut.

Periksa kandungan Omega-3 per harinya

Periksa kandungan Omega-3 per harinya

Konsumsi Omega-3, terutama EPA dan DHA yang direkomendasikan per hari adalah 1600-2500 mg. Anda dapat mengonsumsi Omega-3 dari berbagai makanan, seperti ikan, telur, dan susu. Omega-3 juga terdapat dalam kacang-kacangan dan sayuran, tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Dalam 100 gram ikan saury yang dikonsumsi kemungkinan hanya mengandung 1000 mg Omega-3 yang dapat Anda serap. Untuk itu, Anda membutuhkan suplemen agar kebutuhan harian Omega-3 Anda terpenuhi.

Pertimbangkan seberapa banyak Omega-3 yang Anda dapatkan dari konsumsi makanan harian serta jumlah Omega-3 per sajian dari suplemen tersebut. Namun, suplemen krill oil tidak dapat memenuhi kebutuhan harian Omega-3 Anda. Perhatikan poin ini untuk menggunakan suplemen Omega-3 dalam memenuhi kebutuhan harian Anda.

Pilih suplemen yang aman dikonsumsi

Suplemen Anda konsumsi setiap hari dalam jangka waktu beberapa bulan. Faktor keamanan merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan agar suplemen tersebut memiliki efek yang baik untuk Anda.

Suplemen dengan metode ekstraksi dan kontrol kualitas yang jelas akan lebih aman

Suplemen dengan metode ekstraksi dan kontrol kualitas yang jelas akan lebih aman

Perusahaan produsen suplemen krill oil dapat berasal dari dalam maupun luar negeri. Dalam memproduksi suplemen, standard GMP (good manufacturing practice) sangat diperlukan agar suplemen yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi.

Anda dapat memastikan suplemen tersebut telah memenuhi GMP dari website resmi atau keterangan pada kemasan produk. Selain itu, karena ekstraksi krill oil  dilakukan dengan kualitas yang terstandardisasi, suplemen yang baik tidak terlalu beraroma amis dan mudah untuk dikonsumsi.

Suplemen dengan bahan aditif sesedikit mungkin akan lebih baik

Suplemen dengan bahan aditif sesedikit mungkin akan lebih baik

EPA dan DHA yang sangat murni tidak berbahaya dan dapat dikonsumsi dengan bahan aditif. Namun, keberadaan bahan-bahan aditif, seperti pewarna, perasa, dan pewangi buatan tidak memberi manfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah suplemen dengan bahan aditif sesedikit mungkin.

Suplemen krill oil memiliki aroma yang khas, tetapi ada beberapa suplemen yang dilapisi bahan aditif untuk mengurangi aroma tersebut. Beberapa suplemen juga mengandung pewarna buatan untuk meningkatkan tampilannya, tetapi pewarna bukanlah zat yang penting untuk digunakan. Bacalah dengan teliti situs resmi suplemen tersebut untuk memastikan tidak terdapat bahan aditif yang berakibat buruk pada kesehatan Anda.

10 Rekomendasi suplemen krill oil terbaik

Berikut ini kami berikan sepuluh rekomendasi suplemen krill oil  untuk Anda. Perhatikan kandungannya sesuai kebutuhan Anda, ya!

10. Bioglan Red Krill Oil Active Joints

10. Bioglan Red Krill Oil Active Joints

Liha produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 320.000

Lengkap menjaga kesehatan persendian dengan tambahan glukosamin

Orang-orang yang sudah lanjut usia terkadang membutuhkan suplemen glukosamin. Meskipun krill oil juga bermanfaat untuk persendian, adanya glukosamin akan makin membantu menjaga persendian Anda. Jika Anda membutuhkan suplemen persendian yang lengkap, Bioglan Red Krill Oil Active Joints ini dapat Anda konsumsi.

Selain menjaga persendian Anda, produk ini dapat meredakan sakit akibat osteoartitis. Produk suplemen yang satu ini pun bebas pewarna, perasa, dan pemanis buatan agar lebih aman dikonsumsi bahkan oleh orang yang lanjut usia. Persendian sehat dan tentunya aman untuk dikonsumsi, bukan?

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA Tidak disebutkan
Kandungan Omega-3 Tidak disebutkan
Kandungan phospholipid Tidak disebutkan
Zat aditif Bebas pewarna, perasa, dan pemanis buatan
Antioksidan ×
Produksi sesuai GMP
Isi / jumlah konsumsi per hari 60 kapsul / 2 kapsul

9. Now Foods Neptune Krill Oil

9. Now Foods Neptune Krill Oil

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 575.000

Tingkatkan efektivitas penyerapan krill oil dengan NKO

Neptune Krill Oil atau disingkat NKO, merupakan krill oil produksi Now Foods yang lebih efektif dalam penyerapannya pada tubuh. Produk ini pastinya akan sangat pas bagi Anda yang ingin memaksimalkan penyerapan krill oil bagi kesehatan persendian Anda. Apalagi, Now Foods telah dikenal sejak dahulu sebagai produsen suplemen-suplemen berkualitas. Jadi lebih yakin, bukan?

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA EPA 120 mg, DHA 70 mg
Kandungan Omega-3 230 mg
Kandungan phospholipid 390 mg
Zat aditif Tidak disebutkan
Antioksidan ✓ (astaxanthin)
Produksi sesuai GMP
Isi / jumlah konsumsi per hari 60 softgels / 2-6 softgels

8. Swisse Ultiboost High Strength Deep Sea Krill Oil

8. Swisse Ultiboost High Strength Deep Sea Krill Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 590.000

Bebas kandungan laktosa, bebas khawatir pula bagi yang intoleran

Produk satu ini bebas dari kandungan laktosa sehingga pas dikonsumsi oleh Anda yang intoleran terhadap zat tersebut. Selain itu, pembuatan suplemen ini juga tidak menambahkan zat aditif berupa pewarna buatan. Anda pun bisa mengonsumsi dan merasakan manfaat dari suplemen ini tanpa harus mengkhawatirkan efek dari zat aditif.

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA EPA 156 mg, DHA 78 mg
Kandungan Omega-3 Tidak disebutkan
Kandungan phospholipid Tidak disebutkan
Zat aditif Bebas pewarna buatan
Antioksidan ✓ (astaxanthin)
Produksi sesuai GMP
Isi / jumlah konsumsi per hari 60 kapsul / 1 kapsul

7. Jarrow Formulas Krill Oil

7. Jarrow Formulas Krill Oil

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 399.000

Produk lebih fresh tanpa bau amis!

Bila Anda ingin meminimalisir rasa amis yang mungkin timbul dari suplemen krill oil, produk ini bisa dijadikan opsi. Suplemen dari Jarrow Formulas ini menggunakan teknologi ekstraksi Multi Stage Oil (MSO) untuk mengurangi rasa amis dari krill oil. Selain itu, teknologi ini juga membantu menghasilkan produk yang fresh dan terjamin kualitasnya.

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA EPA 120 mg, DHA 65 mg
Kandungan Omega-3 225 mg
Kandungan phospholipid 700 mg
Zat aditif Tidak disebutkan
Antioksidan ✓ (astaxanthin dan vitamin E)
Produksi sesuai GMP
Isi / jumlah konsumsi per hari 60 softgels / 2 softgels

6. Viva Naturals Krill Oil

6. Viva Naturals Krill Oil

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 425.000

Kesulitan menelan? Tidak perlu ragu mengonsumsi suplemen ini!

Jika Anda memiliki kesulitan dalam menelan kapsul, suplemen yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda. Hal ini dikarenakan Viva telah mengeklaim produknya dibuat dalam bentuk Easy-to-Swallow capsules. Selain itu, suplemen ini memiliki kandungan krill oil yang cukup banyak, yaitu 1.250 mg untuk dukungan lebih baik pada sendi Anda.

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA EPA 165 mg, DHA 95 mg
Kandungan Omega-3 300 mg
Kandungan phospholipid 500 mg
Zat aditif Bebas pewarna dan perasa buatan
Antioksidan ✓ (astaxanthin)
Produksi sesuai GMP
Isi / jumlah konsumsi per hari 60 kapsul / 2 kapsul

5. Bronson Antarctic Krill Oil

5. Bronson Antarctic Krill Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 475.000

Lulus uji metal berat, tidak perlu khawatir lagi!

Sumber bahan dari laut terkadang tercemar metal berat sehingga berbahaya untuk tubuh. Tidak dengan suplemen yang satu ini karena telah diuji bebas metal berat. Bahan yang digunakan untuk suplemen ini pun merupakan bahan premium yang tak perlu diragukan kualitasnya.

Suplemen ini mengandung ethyl vanillin sehingga tidak terlalu terasa hambar dengan adanya tambahan perasa vanili. Selain itu, jika Anda memiliki alergi terhadap kacang kedelai, produk ini tetap aman dikonsumsi karena produksinya bebas bahan tersebut. Jangan lupa memasukkan produk ini sebagai salah satu produk pilihan Anda.

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA EPA 120 mg, DHA 80 mg
Kandungan Omega-3 200 mg
Kandungan phospholipid 200 mg
Zat aditif Mengandung perasa buatan vanila
Antioksidan ✓ (astaxanthin)
Produksi sesuai GMP
Isi / jumlah konsumsi per hari 120 softgels / 2 softgels

4. Sundown Naturals Red Krill Oil

4. Sundown Naturals Red Krill Oil

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 689.000

Rasakan manfaat optimal krill oil dari suplemen murni ini

Untuk Anda yang mencari suplemen krill oil ‘bersih’, produk ini sepatutnya masuk dalam keranjang belanja Anda. Produk keluaran Sundown Naturals bebas dari berbagai zat aditif yang tidak bermanfaat bagi tubuh. Tidak hanya itu, suplemen ini pun bebas dari berbagai alergen, seperti gluten, laktosa, gandum, susu, gula, pati, dan khamir.

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA EPA 80 mg, DHA 50 mg
Kandungan Omega-3 170 mg
Kandungan phospholipid 400 mg
Zat aditif Bebas pengawet, perasa, dan pewarna buatan
Antioksidan ✓ (astaxanthin)
Produksi sesuai GMP Tidak disebutkan
Isi / jumlah konsumsi per hari 60 softgels / 2-3 softgels

3. Kirkland Signature Krill Oil

3. Kirkland Signature Krill Oil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 525.000

Isi lebih banyak untuk berbulan-bulan? Praktis dan ekonomis!

Sibuk dengan pekerjaan sering kali membuat Anda lupa untuk memesan suplemen yang sudah habis. Memesan suplemen berkali-kali juga terkadang membuat Anda kerepotan. Dengan suplemen dari Kirkland ini, Anda cukup membeli satu botol untuk beberapa bulan ke depan.

Dengan isi yang cukup banyak, harga suplemen ini pun tergolong cukup ramah di kantong Anda. Di samping itu, suplemen ini menggunakan astaxanthin yang telah diesterifikasi sehingga aktivitas antioksidannya lebih tinggi. Dengan demikian, kandungan isinya lebih terjaga dari oksidasi.

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA EPA 60 mg, DHA 30 mg
Kandungan Omega-3 120 mg
Kandungan phospholipid 200 mg
Zat aditif Tidak disebutkan
Antioksidan ✓ (astaxanthin)
Produksi sesuai GMP
Isi / jumlah konsumsi per hari 160 softgels / 1 softgels

2. PipingRock Krill Oil

2. PipingRock Krill Oil

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 565.000

Teknologi quick release yang lebih cepat diserap tubuh

Suplemen yang terbalut softgels terkadang membutuhkan waktu agar dapat diserap oleh tubuh. Namun, Anda yang ingin penyerapan lebih cepat pasti akan menyukai produk ini. Hal ini disebabkan PipingRock telah memproduksi suplemennya dengan teknologi quick release yang membuatnya lebih cepat diserap tubuh.

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA EPA 40 mg, DHA 20 mg
Kandungan Omega-3 120 mg
Kandungan phospholipid 30 mg
Zat aditif Bebas pewarna, perasa, dan pemanis buatan, bebas pengawet
Antioksidan ✓ (astaxanthin)
Produksi sesuai GMP
Isi / jumlah konsumsi per hari 120 softgels / 2-3 softgels

1. California Gold Nutrition Antarctic Krill

1. California Gold Nutrition Antarctic Krill

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 500.000

Lebih menyenangkan dengan rasa stroberi dan lemon!

Anda tidak menyukai suplemen amis atau hambar? Perisa stroberi dan lemon akan menghilangkan rasa dan bau amis sekaligus pas untuk Anda yang tidak menyukai rasa hambar suplemen. Perisa yang digunakan berasal dari bahan alami sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang efek samping perasa buatan.

Produk ini menggunakan RIMFROST, yakni ekstrak krill oil yang telah tersertifikasi oleh Friend of the Sea (FOS) dan Marine Stewardship Council (MSC). Sumber krill yang didapatkan pun berasal dari air murni Southern Ocean sehingga bebas polutan dan aman bagi tubuh Anda.

Kemurnian krill oil Murni
Kandungan EPA & DHA EPA 60 mg, DHA 30 mg
Kandungan Omega-3 120 mg
Kandungan phospholipid 200 mg
Zat aditif Mengandung perisa alami strawberry dan lemon
Antioksidan ✓ (astaxanthin)
Produksi sesuai GMP
Isi / jumlah konsumsi per hari 120 softgels / 1 softgels

Hindari mengonsumsi krill oil jika Anda alergi krustasea

Hindari mengonsumsi krill oil jika Anda alergi krustasea

Suplemen krill oil tidak boleh Anda konsumsi jika Anda memiliki alergi terhadap krustasea. Krill merupakan krustasea kecil sehingga dapat menyebabkan reaksi alergi saat di konsumsi. Jika Anda khawatir akan hal tersebut, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen krill oil.

Baca juga rekomendasi minyak ikan (fish oil) di sini

Anda bisa menjaga kesehatan tubuh melalui kandungan Omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan juga. Untuk membantu Anda menemukan produk minyak ikan yang tepat, kami akan memberikan rekomendasinya pada artikel di bawah ini. Mari simak lebih jauh dan temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Kesimpulan

Apakah Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini? Semoga Anda sudah mendapatkan gambaran tentang suplemen krill oil sesuai kebutuhan Anda. Agar Anda mendapatkan suplemen yang sesuai, perhatikan label produk serta kualitasnya.

Pilihlah suplemen yang mudah diserap tubuh serta mudah untuk dikonsumsi. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan anggaran Anda. Suplemen yang sesuai tentunya akan memberikan efek yang maksimal untuk Anda. Stay fit and healthy!