10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Mac (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk Mac (Terbaru Tahun 2019)

Anda yang menggunakan Mac tentu memerlukan keyboard sebagai perangkat eksternal untuk menunjang pekerjaan Anda. Namun, di pasaran Anda akan menemukan beragam keyboard yang berbeda spesifikasi, desain, dan harga satu lama lain. Hal tersebut bisa saja membuat Anda bingung saat hendak membelinya.

Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi keyboard terbaik untuk Mac. Anda akan menemukan beragam keyboard berkualitas keluaran Logitech, Apple, atau merek lainnya dalam artikel ini. Pilihlah yang paling Anda suka dan buatlah kegiatan mengetik jadi terasa lebih nyaman dan mudah!

Daftar isi

Cara memilih keyboard untuk Mac

Keyboard untuk Windows tentunya akan berbeda dengan keyboard untuk Mac. Meski Anda tetap bisa memakainya setelah melakukan sedikit modifikasi dan mengunduh aplikasi penunjang, hal ini tetap menyulitkan untuk sebagian orang. Jadi, sekarang kami akan menjelaskan pada Anda cara memilih keyboard yang memang dirancang untuk Mac.

Pilih produk asli Apple jika Anda seorang Apple enthusiast

Pilih produk asli Apple jika Anda seorang Apple enthusiast

Poin terpenting saat memilih keyboard Mac adalah menentukan untuk membeli produk keluaran Apple atau merek lainnya. Jika Anda seorang Apple enthusiast sejati, Anda bisa langsung memilih keyboard Apple. Desain menawan plus kualitas mumpuni khas Apple akan membuat Anda sebagai pemiliknya merasa puas. Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih berhati-hati saat menggunakannya. Jika Anda memprioritaskan OS (operating system) Mac dan terutama tampilan elegan, keyboard asli Apple adalah pilihan tepat.

Di sisi lain, bila Anda terbiasa dengan komputer desktop Windows sampai sekarang, keyboard asli Apple bisa terasa sulit digunakan. Apalagi, kebanyakan tuts keyboard tersebut tidak mengeluarkan suara dan tidak bisa ditekan terlalu dalam. Hal ini bisa saja menyulitkan Anda saat mengetik atau melakukan pemrograman. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Dalam artikel ini Anda tetap akan menemukan keyboard Apple yang tutsnya bersuara dan terasa solid saat ditekan.

Pilih keyboard wireless bila ingin meja terlihat rapi

Pilih keyboard wireless bila ingin meja terlihat rapi

Poin selanjutnya adalah memperhatikan metode koneksi antara keyboard dengan desktop. Keyboard wireless adalah keyboard yang tidak memiliki kabel. Tanpa kabel, meja Anda pun terlihat lebih rapi. Area meja yang bisa digunakan pun jadi lebih luas jika Anda memindahkan keyboard-nya. Sebaliknya, jika Anda memilih keyboard berkabel, tentu kabelnya akan membuat meja Anda tampak lebih berantakan.

Meskipun jarang terjadi, keyboard wireless juga bisa tiba-tiba kehilangan koneksinya, menjadi tidak stabil, atau kehabisan daya baterai. Hal tersebut tentu terasa mengganggu terutama bila terjadi di saat vital. Bagi Anda yang sering bermain game atau tidak ingin koneksi terputus mendadak, pilihlah keyboard berkabel. Keuntungan memakai keyboard berkabel adalah koneksi yang stabil dan harganya relatif lebih murah dibanding keyboard wireless.

Di sisi lain, keyboard wireless yang murah memiliki kemungkinan koneksinya tidak dienkripsi dengan baik. Pilihlah produk yang kualitasnya terpercaya.

Pilih keyboard multi-device bila memakai banyak gadget

Pilih keyboard multi-device bila memakai banyak gadget

Apakah Anda tidak hanya menggunakan Mac, tetapi juga menggunakan iPhonetablet, atau iPad sebagai sarana pendukung produktivitas kerja? Bila ya, kami sarankan untuk memilih keyboard multidevice. 

Keyboard multi-device memungkinkan Anda menggunakan satu keyboard untuk Mac, iPhone, iPad, Windows, atau bahkan Android milik Anda. Dengan mengganti destinasi koneksi Bluetooth, keyboard tersebut bisa digunakan untuk membalas chat di iPhone atau mengetik di Mac. Tentu mengetik teks yang panjang di iPhone akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan keyboard, bukan?

Selain itu, jika Anda menggunakan Mac dan juga Windows, Anda cukup menggunakan satu keyboard saja. Meja Anda pun akan terlihat lebih rapi dan lega. Terlebih lagi bila produk pilihan Anda dilengkapi switch changeover, Anda bisa dengan mudah mengganti destinasi koneksi Bluetoothnya. Anda tidak perlu lagi melakukan pengaturan sistem koneksi yang rumit setiap kali mengganti destinasinya.

Meski begitu, ada juga kesulitan yang mungkin akan Anda hadapi. Saat menggunakan keyboard, Anda tentu akan sering menggunakan special keys atau disebut juga hotkeys dan shortcut, bukan? Nah, pengaturan special keys keyboard multi-device bisa saja agak membingungkan agar kompatibel dengan berbagai OS. Saat pertama kali menggunakannya, mungkin Anda akan kebingungan setiap kali berganti destinasi koneksi Bluetooth.

Pilih keyboard berdasarkan bahasa yang digunakan

Pilih keyboard berdasarkan bahasa yang digunakan

Saat mencari keyboard asli Apple, Anda akan menemukan produk yang menggunakan huruf abjad Romawi. Ada juga keyboard Apple yang menggunakan huruf dari bahasa negara tertentu, misalnya huruf Jepang, Korea, dan sebagainya. Sementara itu, kebanyakan keyboard yang bukan asli dari Apple cenderung menggunakan huruf abjad Romawi.

Sebagai contoh, keyboard Apple yang menggunakan huruf Jepang menggunakan layout QWERTY plus karakter Hiragana atau Katakana. Anda bisa menggunakannya untuk mengetik huruf dalam abjad Romawi sekaligus huruf Jepang. Namun, bila Anda tidak membutuhkan tambahan huruf unik dari bahasa negara tertentu, keyboard dengan huruf abjad Romawi lebih direkomendasikan.

Penting untuk diingat, keyboard dengan huruf abjad Romawi tidak dilengkapi switch untuk mengubah bahasa yang digunakan. Ada juga yang berpendapat bahwa keyboard dengan abjad Romawi tombolnya terlalu kecil dan layout special keys-nya sulit digunakan. Meski begitu, pengalaman menggunakan keyboard dengan abjad Romawi bisa saja berbeda tergantung pada preferensi masing-masing orang. Di Indonesia, keyboard yang umum digunakan adalah keyboard dengan huruf abjad Romawi. Jadi, dalam artikel ini kami hanya akan mencantumkan keyboard tersebut.

Pengaturan atau layout special keys memang bisa diubah menggunakan aplikasi tertentu. Meski begitu, Anda akan kesulitan bila pengaturan special keys keyboard di kantor dengan di rumah berbeda jauh. Bila Anda setiap hari bekerja menggunakan komputer, tentu Anda juga akan menggunakan keyboard setiap hari. Jadi, penting untuk memilih keyboard yang tidak hanya memiliki tampilan menawan, tetapi juga mudah digunakan.

Pilih berdasarkan sensasi mengetik dan mekanisme tombolnya

Pilih berdasarkan sensasi mengetik dan mekanisme tombolnya

Terdapat berbagai jenis mekanisme tombol keyboard dan tentu setiap orang memiliki preferensi sendiri. Mekanisme tombol akan memengaruhi sensasi mengetik saat menggunakan keyboard. Berdasarkan mekanisme tombolnya, terdapat empat tipe keyboard, yaitu membran, pantograph, mekanis, dan contactless.

Keyboard berharga murah umumnya merupakan keyboard tipe membran. Terdapat membran silikon di bawah tiap tombol keyboard-nya dan daya pegas membran silikon tersebut tergolong cukup kuat. Namun, sensasi mengetiknya kurang kentara dan daya tahannya pun kurang baik. Sementara itu, mekanisme tombol pantograph banyak dipakai di berbagai keyboard laptop. Produk tipe pantograph memiliki key stroke dangkal dan sensasi mengetik yang firm, cocok untuk mengetik cepat.

Pada tipe mekanis, terdapat pegas berkualitas tinggi yang membuat keyboard mengeluarkan bunyi renyah serta terasa nyaman saat digunakan mengetik. Daya tahannya pun meningkat dengan adanya pegas tersebut. Tipe terakhir adalah tipe contactless. Setiap tombol pada keyboard contacless dilengkapi dengan pegas conical. Pegas tersebut memungkinkan Anda mengetik cepat sekaligus mengurangi beban yang diterima jari Anda. Pegas tersebut pun awet sehingga Anda bisa menggunakan keyboard-nya lebih lama.

Secara umum, jika Anda ingin mengetik dengan cepat dan hening, produk tipe pantograph cocok dipilih. Nah, untuk Anda yang mengutamakan sensasi mengetik dengan bunyi klik yang renyah dan khas, tipe mekanis jawabannya. Kami sarankan Anda mencoba memencetnya langsung sebelum membeli. Namun, jika Anda hendak membeli secara online, carilah info tambahan dari review pengguna. Terlebih, kebanyakan produk yang dijual di Indonesia memang tidak mencantumkan info mengenai tipe mekanisme tombolnya.

10 Rekomendasi keyboard terbaik untuk Mac

Berikutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh keyboard terbaik untuk Mac. Produk-produk ini bisa Anda jadikan referensi untuk menunjang pekerjaan dan tampilan pada Mac Anda. Pilihlah yang paling Anda suka, ya!

10. Kingangjia JK-701

10. Kingangjia JK-701

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 174.000

Semakin durable dengan material ABS plus tombol yang sangat awet

Tidak hanya ekonomis, produk ini juga tahan terhadap tumpahan air. Dibuat menggunakan bahan ABS (akrilonitril butadiena stiren), produk ini pun menjadi semakin tahan lama. Tidak hanya itu, setiap tombolnya pun dapat Anda gunakan hingga 10 juta key stroke, lho! Untuk Anda yang mengutamakan durability, produk ini salah satu opsinya.

Sistem koneksi Berkabel (USB)
OS yang didukung MacOS
Tersedia numeric pad Ya
Pilihan warna Hitam

9. Cooltech Ultra Slim Wireless Keyboard

9. Cooltech Ultra Slim Wireless Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 135.900

Tidak hanya tampilannya yang keren, harganya juga sangat bersahabat!

Hadir dengan sistem koneksi Bluetooth, Anda tidak akan merasa terganggu oleh kabel saat menggunakan produk ini. Tampilannya juga modern dan tersedia dalam dua pilihan warna yang keren. Tidak hanya itu, harganya pun sangat terjangkau. Jika Anda ingin memiliki keyboard wireless untuk Mac Anda tanpa keluar banyak dana, ini jawabannya!

Sistem koneksi Wireless (Bluetooth)
OS yang didukung MacOS, iOS, Android, Windows
Tersedia numeric pad Tidak
Pilihan warna Hitam dan putih

8. Logitech Bluetooth Multi-Device Keyboard K480

8. Logitech Bluetooth Multi-Device Keyboard K480 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 650.000

Dilengkapi holder slot, membaca dan mengetik pun kian nyaman

Anda akan sering menghubungkan keyboard dengan smartphone atau tablet? Bila ya, produk ini tidak boleh dilewatkan. Keyboard ini dilengkapi holder slot, yaitu dudukan terintegrasi yang berfungsi menopang smartphone atau tablet. Adanya holder slot pun akan memudahkan Anda untuk mengetik dan membaca tulisan di gadget Anda.

Sistem koneksi Wireless (Bluetooth)
OS yang didukung Windows, MacOS, iOS, Android
Tersedia numeric pad Tidak
Pilihan warna Black dan White

7. Keyboard Wireless Apple

7. Keyboard Wireless Apple

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 149.000

Desain simpel nan cantik yang hadir dalam empat pilihan warna

Meski tampak simpel, keyboard berdesain cantik ini dibuat menyerupai produk Apple pada umumnya. Sangat pas bila Anda ingin memakainya bersamaan dengan Mac Anda agar tampak serasi. Apalagi, sudah terdapat empat varian warna yang bisa dipilih sesuai selera. Untuk pembelian lebih ekonomis, produk ini pun sudah menyertakan mouse dalam paket pembeliannya.

Sistem koneksi Wireless (Bluetooth)
OS yang didukung Windows, MacOS
Tersedia numeric pad Tidak
Pilihan warna Silver, rosegold, pink, dan hitam

6. Logitech Multi-Device Bluetooth Keyboard K380

6. Logitech Multi-Device Bluetooth Keyboard K380

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 359.000

Fitur easy switch dengan Bluetoothnya membuat produk ini semakin praktis digunakan

Dilengkapi easy switch, Anda bisa menghubungkan produk ini dengan tiga perangkat sekaligus. Cukup nyalakan Bluetooth dari masing-masing perangkat, keyboard ini pun langsung bisa dipakai bergantian pada setiap perangkat. Tentunya produk ini akan sangat pas untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan!

Selain itu, produk bermekanisme tombol pantograph ini pun diklaim sangat hemat baterai. Dua baterai AAA memungkinkan produk ini untuk Anda gunakan selama dua tahun. Bila Anda tidak ingin repot karena terlalu sering mengganti baterai, produk ini juga layak dijadikan pilihan.

Sistem koneksi Wireless (Bluetooth)
OS yang didukung MacOS, Windows, Android, iOS
Tersedia numeric pad Tidak
Pilihan warna Blue dan Black

5. Wireless Keyboard Multimedia Combo Set

5. Wireless Keyboard Multimedia Combo Set

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 239.500

Liquid bracket silikon bikin tombolnya makin sensitif

Untuk Anda yang menyukai keyboard dengan tombol sangat sensitif, produk ini layak dipertimbangkan. Masing-masing tombol produk dilengkapi dengan liquid silicone bracket di bawahnya. Adanya bracket tersebut membuat tombolnya memiliki sensitivitas tinggi. Ditekan sedikit saja, angka atau hurufnya pun langsung muncul. Tidak capek mengetik dalam-dalam lagi, deh!

Sistem koneksi Wireless (Bluetooth)
OS yang didukung Windows, MacOS, Android
Tersedia numeric pad Tidak
Pilihan warna Hitam dan silver

4. Apple Magic Keyboard – US English

4. Apple Magic Keyboard - US English

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.399.000

Tampil menawan dengan ukuran compact dan slim

Memiliki dimensi hanya sebesar 27,9 cm × 11, 49 cm × 0,41 cm, produk ini sangatlah compact dan slim saat diletakkan di meja. Desainnya pun sleek dan sangat menawan, tentu cocok dipadukan dengan Mac Anda. Jika Anda mencari keyboard genuine Apple yang flat dan tidak makan tempat saat digunakan, jangan lewatkan produk ini, ya!

Sistem koneksi Wireless (Bluetooth)
OS yang didukung MacOS dan iOS
Tersedia numeric pad Tidak
Pilihan warna Silver

3. Matias RGB Backlit Wired Aluminum Keyboard for Mac

3. Matias RGB Backlit Wired Aluminum Keyboard for Mac

Lihat Produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.400.000

RGB backlight jadikan keyboard ini semakin eye-catching

Adanya RGB backlight memungkinkan produk ini menghasilkan spektrum warna pada background keyboard. Tidak hanya warna, tingkat kecerahannya pun dapat diatur sesuai keinginan Anda. Ingin tampil beda dengan keyboard canggih yang sangat stylish saat cahaya RGB-nya menyala? Produk ini wajib untuk Anda miliki!

Sistem koneksi Berkabel (USB)
OS yang didukung MacOS
Tersedia numeric pad Ya
Pilihan warna Silver dan Space Gray

2. Logitech Wireless Solar Keyboard K750

2. Logitech Wireless Solar Keyboard K750

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.150.000

Light-powered keyboard, tidak perlu mengisi ulang baterai

Keyboard dengan desain yang super slim ini tentu saja akan mempercantik meja kerja Anda. Produk ini juga plug and play, Anda tidak perlu menginstalasi software untuk bisa menggunakannya. Konektivitas wireless 2.4 GHz juga memberikan Anda kenyamanan lebih karena sinyalnya hampir tidak terputus dan minim delay.

Keyboard ini juga dilengkapi fitur tambahan yaitu light-powered keyboard. Artinya, keyboard ini dapat mengisi ulang baterainya sendiri pada saat terkena cahaya lampu dan dapat bertahan kurang lebih tiga bulan. Untuk Anda yang sibuk dan tidak sempat mengisi ulang baterai, produk ini sangat tepat Anda pilih.

Sistem koneksi Wireless (Bluetooth)
OS yang didukung MacOS
Tersedia numeric pad Ya
Pilihan warna Silver dan Space Gray

1. Apple Magic Keyboard with Numeric Keypad – US English

1. Apple Magic Keyboard with Numeric Keypad - US English

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.951.000

Produk genuine yang dilengkapi numeric pad, komplit!

Bagi Anda Apple enthusiast yang mencari keyboard genuine Apple berfitur komplit, produk ini adalah jawaban tepat. Tidak hanya memiliki tampilan sleek khas Apple, produk ini juga dilengkapi fitur scissor mechanism di bagian bawah setiap tombolnya. Dengan begitu, Anda pun bisa mengetik dengan lebih stabil dan presisi.

Selain itu, produk ini juga memiliki layout lebih komplit karena dilengkapi numeric pad. Adanya numeric pad juga membuat produk ini semakin fungsional. Melakukan quick scroll, bermain game menggunakan tombol anak panah, mengisi spreadsheet, atau melakukan pekerjaan lainnya pun jadi kian mudah.

Sistem koneksi Berkabel (USB) dan Bluetooth
OS yang didukung MacOS dan iOS
Tersedia numeric pad Ya
Pilihan warna Silver dan Space Gray

Baca juga rekomendasi berbagai keyboard lain dan keyboard protector disini

Tidak hanya untuk pengguna Mac saja, kebutuhan keyboard akan berbeda pada setiap individu berdasarkan jenis PC dan kegunaannya. Baca juga rekomendasi macam-macam keyboard untuk menunjang segala produktivitas dan aktivitas Anda. Anda bisa membaca seluruh produk tersebut pada artikel terkait di bawah ini.

Kesimpulan

Penting untuk memilih keyboard yang nyaman digunakan dan bisa tersinkronisasi secara sempurna dengan Mac Anda. Dengan demikian, aktivitas dan pekerjaan Anda akan lebih mudah diselesaikan. Perhatikanlah poin-poin cara memilih yang sudah kami jabarkan sebagai panduan dalam memilihnya.

Kami pun sudah memberikan beberapa rekomendasi keyboard untuk Mac. Apakah Anda sudah menemukan produk yang cocok? Kami harap Anda dapat menemukan keyboard yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda!