1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Ruang tamu & keluarga
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kursi Ottoman Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kursi Ottoman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kursi Ottoman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kursi Ottoman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kursi Ottoman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kursi Ottoman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kursi Ottoman Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Ottoman adalah kursi yang berfungsi sebagai sandaran kaki ketika Anda sedang bersantai di sofa. Selain itu, Anda dapat menggunakan ottoman sebagai pijakan, kursi tambahan untuk tamu, meja samping, dan lain-lain. Kursi ottoman tersedia dalam berbagai tipe, mulai dari tipe biasa hingga tipe yang bisa dijadikan tempat penyimpanan. 

Untuk itu, kami akan mengulas cara memilih kursi ottoman terbaik untuk Anda. Kursi ottoman yang bagus merek Informa, IKEA, Xionco, dan sebagainya juga masuk dalam daftar produk yang akan kami rekomendasikan. Simak sampai tuntas, ya!
Diperbaharui 09-29-2022
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Ario Pamungkas

Ario Pamungkas memiliki pengalaman bekerja lebih dari 10 tahun sebagai seorang profesional di industri retail, FMCG, serta food & beverage. Work experience dan latar belakang yang dimiliki membuatnya fasih untuk mengenali daya tarik produk dan kecocokannya dengan kebutuhan pasar. Tertarik untuk mengenal lebih dalam karakteristik pasar Indonesia sekaligus meningkatkan produktivitas, ia pun bergabung dengan mybest Indonesia.

Profil Ario Pamungkas
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Fungsi kursi ottoman

Fungsi kursi ottoman

Sebagian orang mungkin sangat asing dengan istilah kursi ottoman. Kursi ottoman merupakan salah satu jenis kursi yang tidak memiliki sandaran di belakangnya. Desainnya pun lebih rendah dibandingkan kursi atau sofa pada umumnya. Selain sebagai pelengkap furnitur ruang tamu, kursi ottoman juga dijadikan sebagai kursi untuk meletakkan kaki agar dapat duduk relaks.


Meskipun fungsi utamanya sebagai sandaran kaki, banyak pengguna kursi ottoman yang memanfaatkannya sebagai kursi tambahan. Biasanya, kursi ottoman akan dipadupadankan dengan sofa. Peletakannya pun bisa di sisi kiri maupun kanan. Bahkan, kursi ottoman juga lazim digunakan sebagai pengganti meja. 

Cara memilih kursi ottoman

Terdapat cukup banyak tipe kursi ottoman yang dapat Anda pilih. Ada tipe kursi yang dilengkapi fitur tambahan sehingga tidak hanya berfungsi sebagai sandaran kaki. Untuk itu, mari perhatikan cara memilih kursi ottoman yang paling sesuai untuk Anda.

① Kenali bahan yang digunakan

Kenali bahan yang digunakan

Mayoritas kursi ottoman dilengkapi rangka berbahan kayu agar makin kuat menahan beban. Meski begitu, material pelapisnya bisa berbeda antara satu produk dengan produk lain.


  • Poliester, antikuman dan mudah dibersihkan. Namun, sirkulasi udara material poliester bisa dibilang kurang optimal.

  • Kanvas, sangat kuat untuk digunakan jangka panjang. Sayangnya, karakteristiknya yang tebal membuat bahan kanvas terasa gerah di kulit.

  • Beledu, elegan dan lembut di kulit meski sulit dibersihkan.

Bisa jadi produk incaran Anda menggunakan bahan selain yang disebutkan di atas atau malah mengombinasikan beberapa bahan sekaligus. Oleh karena itu, pastikan untuk mengecek dahulu material pelapis kursi ottoman sebelum memutuskan untuk membelinya.

② Cek ukurannya

Cek ukurannya

Agar kehadiran kursi ottoman tidak membuat ruangan terasa sumpek, ada baiknya Anda mengecek dahulu ukuran kursi incaran. Anda bisa membeli kursi ottoman dengan diameter atau panjang tidak lebih dari 60 cm untuk ditempatkan di ruang kecil.


Bagaimana dengan tingginya? Agar kursi ottoman nyaman digunakan sebagai sandaran kaki sekaligus tempat duduk santai, pilihlah produk dengan tinggi 35–50 cm.

③ Pilih model sesuai tujuan penggunaannya

Kursi ottoman tersedia dalam beragam model tergantung tujuan penggunaannya. Berikut akan kami jelaskan lebih detail.

Untuk menyimpan barang, gunakan ottoman yang memiliki kompartemen

Untuk menyimpan barang, gunakan ottoman yang memiliki kompartemen

Di pasaran sendiri, cukup banyak kursi ottoman yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan. Hal ini tentu memberikan Anda banyak keuntungan. Selain dapat digunakan sebagai kursi maupun sandaran kaki, kursi ottoman dapat Anda gunakan untuk menyimpan barang-barang di rumah. 


Namun, jenis kursi ottoman ini kurang cocok untuk ditempatkan di ruang tamu karena akan sering diangkat dan dipindahkan. Agar lebih maksimal, tempatkanlah kursi ottoman ini pada kamar tidur atau ruang keluarga. 

Untuk dekorasi dan interior ruangan, pilih kursi berdesain unik atau natural

Untuk dekorasi dan interior ruangan, pilih kursi berdesain unik atau natural

Selain kursi dan sofa, kursi ottoman juga bisa mempercantik interior rumah Anda. Namun, sebelum membeli kursi ottoman, sebaiknya Anda sudah menyesuaikan dengan gaya interior rumah Anda. Gaya skandinavia, industrial, tradisional, modern minimalis, adalah contoh-contohnya.


Jika Anda ingin menggunakan kursi ottoman di ruang tamu, Anda dapat memilih produk dengan desain yang menarik. Misalnya seperti kursi ottoman yang memiliki balutan kulit sintetis, rangka kaki kayu dengan warna natural, atau gaya vintage

Untuk kursi tamu ekstra, pilih yang disertai bantalan busa

Untuk kursi tamu ekstra, pilih yang disertai bantalan busa

Kursi ottoman bukan hanya dapat digunakan sebagai alas kaki agar Anda dapat relaks saat duduk di sofa. Sebagian orang memanfaatkan kursi ottoman sebagai kursi ekstra yang difungsikan untuk duduk santai, bahkan menerima tamu.


Jika Anda membutuhkan kursi ottoman yang akan digunakan sebagai tempat duduk, sebaiknya pilihlah produk yang disertai bantalan busa. Dengan adanya bantalan busa pada kursi ottoman, Anda akan lebih nyaman duduk dalam waktu lama. Selain itu, produk yang disertai bantalan busa lebih layak disediakan untuk tamu.

④ Pertimbangkan produk yang bisa dilipat agar makin hemat tempat

Pertimbangkan produk yang bisa dilipat agar makin hemat tempat
Sumber: ruparupa.com

Kursi ottoman dapat dimanfaatkan sebagai alat multifungsi. Selain fungsi-fungsi yang telah kami jelaskan, ada juga tipe kursi ottoman yang dapat dilipat. Ottoman portabel ini dapat disimpan dalam lemari saat tidak diperlukan sehingga tidak memakan tempat.

10 Rekomendasi kursi ottoman terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kursi ottoman terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Stool Storage Box Animal

 Stool Storage Box Animal 1枚目

Berbalut gambar-gambar hewan, anak-anak makin suka!

2

Round Canvas Ottoman Stool

 Round Canvas Ottoman Stool  1枚目

Memiliki banyak pilihan motif dengan warna yang beragam

3

Round Ottoman Stool Vertical Line

 Round Ottoman Stool Vertical Line  1枚目

Kursi ottoman dengan konsep vintage

4

iFURNHOLIC

Sabrina Storage Bench

iFURNHOLIC Sabrina Storage Bench 1枚目

Waterproof dan kapasitas bebannya mencapai 150 kg!

5

XIONCO

CUBIX Series – Kursi Stool Minimalis Ottoman

XIONCO CUBIX Series – Kursi Stool Minimalis Ottoman 1枚目

Berbahan kayu jati solid, kukuh dan tahan lama

6

Isiruma

PAO Bench Storage

Isiruma PAO Bench Storage 1枚目

Kakinya solid dan busanya empuk, tunggu apalagi?

7

Cafe Stool Ottoman Trembesi

 Cafe Stool Ottoman Trembesi 1枚目

Handmade dengan sentuhan gaya natural

8

STORA

FOLDABLE OTTOMAN BUTTON

STORA FOLDABLE OTTOMAN BUTTON  1枚目

Cocok untuk melengkapi meja rias di kamar

9

IKEA

POÄNG Ottoman

IKEA POÄNG Ottoman 1枚目

Desain simpel untuk ruangan dengan konsep minimalis

10

Informa

VELVET OTTO FOLDABLE STORAGE LILAC

Informa VELVET OTTO FOLDABLE STORAGE LILAC 1枚目

Kursi sekaligus tempat penyimpanan berpartisi

Perincian produk
Close
No.1

Stool Storage Box Animal

Mulai dari Rp42.500,00

Berbalut gambar-gambar hewan, anak-anak makin suka!

Kelebihan:

  • Harga sangat ekonomis

Kekurangan:

  • Warnanya sangat cerah, noda kotoran lebih mudah terlihat

Dalam mendesain tempat bersantai di rumah, Anda tentu harus mempertimbangkan hal yang paling disukai anggota keluarga. Jika Anda memiliki anak yang masih kecil dan ingin membelikannya kursi ottoman multifungsi, pertimbangkanlah untuk memilih produk ini.


Desainnya yang menampilkan berbagai jenis hewan dalam wujud kartun membuat kursi ini terlihat sangat menggemaskan. Selain dapat mempercantik ruangan, kursi ini tentu akan menjadi teman bermain anak Anda selama di rumah. 

No.2

Round Canvas Ottoman Stool

Mulai dari Rp150.000,00

Memiliki banyak pilihan motif dengan warna yang beragam

Kelebihan:

  • Varian desain sangat melimpah

Kekurangan:

  • Bahan kanvas terasa agak kurang adem di kulit

Demi menjawab kebutuhan yang berbeda-beda, kursi ottoman ini memiliki banyak pilihan motif. Anda pun dapat dengan leluasa memilih motif yang paling sesuai dengan selera dan interior kamar Anda.


Bagi Anda yang menempati rumah mungil, tetapi ingin memiliki kursi ottoman, memilih produk ini adalah pilihan yang tepat. Dengan diameter kursi sebesar 40 cm, kursi ini tentu tidak terlalu memakan banyak ruang. Yuk, segera pilih motif kesukaan Anda!

No.3

Round Ottoman Stool Vertical Line

Mulai dari Rp450.000,00

Kursi ottoman dengan konsep vintage

Kelebihan:

  • Desain retro chic yang cantik

Kekurangan:

  • Dominan varian warna cerah, lebih rentan kotor

Senang dengan konsep interior bergaya vintage? Jika ya, lengkapi segera furnitur rumah Anda dengan menempatkan kursi ottoman ini. Motif garis vertikal plus aksen emas membuat produk ini terkesan retro. Saat Anda menggunakannya, dudukan empuknya akan terasa nyaman digunakan. Anda juga tak perlu khawatir timbul goresan di lantai karena kaki kursi ottoman ini sudah dilengkapi karet.

No.4

iFURNHOLICSabrina Storage Bench

Mulai dari Rp1.300.000,00

Waterproof dan kapasitas bebannya mencapai 150 kg!

Kelebihan:

  • Kapasitas bebannya tinggi

Kekurangan:

  • Bobotnya mencapai 15 kg, agak sulit digeser

Anda sedang mencari kursi ekstra untuk tamu, tetapi ingin terlihat rapi tanpa banyak furnitur? Menggunakan produk ini adalah pilihan yang tepat. Kursi dari iFURNHOLIC ini merupakan kursi ottoman dua seater yang memiliki ukuran cukup besar.


Panjang kursi ottoman ini cukup untuk diduduki oleh dua orang, bahkan untuk rebahan. Tidak hanya itu, produk ini juga sangat tahan air dan tidak mudah patah meski menerima bobot seberat 150 kg. Produk ini tentu dapat Anda gunakan untuk kebutuhan komersial, seperti kafe, lounge, atau ruang tunggu. 

No.5

XIONCOCUBIX Series – Kursi Stool Minimalis OttomanS-CBX-1OT

Mulai dari Rp850.000,00

Berbahan kayu jati solid, kukuh dan tahan lama

Kelebihan:

  • Busa dudukan tebal

Kekurangan:

  • Untuk kategori kursi ottoman single, harganya tergolong tinggi

Kursi ottoman ini memiliki desain yang simple sehingga membuat ruangan Anda terlihat elegan. Rangka kaki produk ini pun menggunakan bahan yang berkualitas, yakni kayu jati solid. Kursi ottoman ini juga pas dipasangkan bersama dengan kursi berkaki rendah. 


Saat Anda duduk di kursi ini, bantal empuknya akan terasa nyaman digunakan. Bagi Anda yang sedang mencari kursi ottoman untuk kafe, pertimbangkanlah produk ini. Terlebih lagi saat kafe Anda mengusung gaya interior minimalis modern, produk ini layak untuk dicoba.

No.6

IsirumaPAO Bench Storage

Mulai dari Rp1.499.000,00

Kakinya solid dan busanya empuk, tunggu apalagi?

Kelebihan:

  • Dilengkapi tali tambahan untuk mempermudah menarik dudukan

Kekurangan:

  • Bobotnya mencapai 14 kg, agak sulit digeser

Anda butuh sofa ottoman berkapasitas dua orang serta memiliki ketahanan dan kenyamanan yang sama-sama mumpuni? Pilih saja produk ini. Penggunaan kayu solid membuat kursi ottoman ini memiliki kapasitas beban tinggi mencapai lebih dari 100 kg. Tidak hanya itu, busa dudukannya pun diklaim sangat empuk sehingga nyaman diduduki dalam waktu lama.

No.7

Cafe Stool Ottoman Trembesi

Mulai dari Rp245.000,00

Handmade dengan sentuhan gaya natural

Kelebihan:

  • Kuat nuansa naturalnya

Kekurangan:

  • Kurang nyaman diduduki dalam waktu lama karena dudukannya tidak berbusa

Bahan utama dalam pembuatan kursi ottoman ini adalah kayu trembesi yang terkenal dengan seratnya yang halus. Bagian permukaan stool ottoman ini juga sangat stabil sehingga tidak mudah berubah bentuk. Jika Anda menyukai furnitur handmade dengan sentuhan natural, masukkan segera produk ini ke dalam keranjang belanja online Anda.

No.8

STORAFOLDABLE OTTOMAN BUTTON QS4848-1202

Mulai dari Rp369.900,00

Cocok untuk melengkapi meja rias di kamar

Kelebihan:

  • Bobotnya sangat ringan

Kelemahan:

  • Busa dudukan agak kurang tebal

Apakah Anda sedang mencari kursi untuk meja rias di kamar Anda? Memilih kursi ottoman ini adalah pilihan yang tepat. Dengan bobot hanya 3,75 kg dan kemampuan untuk dilipat, produk ini mudah Anda simpan dan gunakan kembali kapan pun Anda perlu berdandan.


Bukan hanya untuk kebutuhan meja rias, Anda pun dapat menggunakan produk ini sebagai kursi ekstra untuk ruang tamu. Desainnya yang simpel akan membuat ruang tamu terlihat bersih dan luas. 

No.9

Desain simpel untuk ruangan dengan konsep minimalis

Kelebihan:

  • Kian awet berkat rangka berbahan kayu birch

Kekurangan:

  • Untuk kategori kursi ottoman single, harganya tergolong tinggi

Dilihat dari desainnya, kursi ottoman ini terlihat cukup sederhana. Kaki kursi berbahan kayu birch dipadukan dengan kain berbahan poliester polos pada bagian dudukan membuatnya terlihat elegan. Selain itu, busa pada produk ini juga empuk dan nyaman digunakan. Jika rumah Anda mengusung gaya interior minimalis, tetapi ingin terlihat modern, produk ini layak untuk dicoba. 

No.10

InformaVELVET OTTO FOLDABLE STORAGE LILAC10453973

Mulai dari Rp399.000,00

Kursi sekaligus tempat penyimpanan berpartisi

Kelebihan:

  • Dilengkapi partisi

Kekurangan:

  • Busa dudukan agak kurang tebal

Memiliki ruangan yang sempit akan membuat pemilik rumah menjadi kreatif dalam memaksimalkan fungsi ruang. Salah satu caranya adalah dengan membeli kursi yang dilengkapi tempat penyimpanan berpartisi ini. Saat tutup kursi ini dibuka, terdapat ruang di dalamnya yang dapat Anda manfaatkan. 


Tidak hanya itu, kursi ini dilengkapi partisi di bagian dalamnya, lho! Anda pun dapat memasukkan barang-barang kecil yang mudah terlihat berantakan secara terpisah. Dengan begitu, rumah Anda akan terlihat lebih rapi dan enak dipandang. Agar lebih compact, Anda dapat melipat ottoman ini jika sedang tidak digunakan. 

Baca juga rekomendasi sofa dan kursi lainnya di sini!

Kami telah membahas poin-poin penting dari kursi ottoman dan memberi rekomendasi produk terbaik bagi Anda. Namun, mungkin Anda juga membutuhkan rekomendasi sofa atau kursi lain yang cocok ditempatkan di rumah Anda. Jika demikian, Anda dapat membacanya melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah artikel kami dapat membantu Anda dalam memilih kursi ottoman yang paling tepat? Agar produk yang dibeli dapat terpakai dan difungsikan, ingatlah untuk terlebih dahulu mempertimbangkan tujuan penggunaan kursi ottoman. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan produk tersebut secara optimal. 


Dengan adanya rekomendasi produk yang sudah kami jelaskan, kami harap Anda terbantu dalam mendapatkan kursi ottoman terbaik. Selamat berbelanja! Semoga Anda mendapatkan produk kursi ottoman terbaik sesuai kebutuhan. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer