1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Baju Kostum Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Baju Kostum Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Baju Kostum Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Baju Kostum Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Baju Kostum Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Baju Kostum Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Baju Kostum Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2023)

Setiap orang tua pasti ingin mengabadikan momen tumbuh kembang anaknya, bahkan sejak usia bayi. Agar hasil foto lebih menarik, pakaikan bayi Anda baju kostum. Baju kostum untuk bayi tidak hanya pas dikenakan pada acara tahunan seperti Halloween dan Natal. Ada pula kostum bayi lucu yang desainnya disesuaikan untuk penggunaan sehari-hari.


Dalam artikel ini, kami akan menyampaikan rekomendasi baju kostum terbaik untuk bayi. Kami juga akan membahas cara memilihnya agar Anda tidak bingung sebelum membeli. Terdapat produk baju kostum yang bagus dari merek IYAB, Memorylife, dan Narara Kids. Selamat membaca!

Diperbaharui 12-07-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa daya tarik dari baju kostum untuk bayi?

Apa daya tarik dari baju kostum untuk bayi?

Menggunakan baju kostum bisa membuat penampilan bayi Anda makin menarik dan menggemaskan. Lalu, apa daya tarik lainnya dari baju kostum?


  • Baju kostum menjadikan penampilan bayi makin lucu

Ketika bayi memakai baju kostum, Anda tentu akan menemukan sisi lain dari si kecil. Penampilan bayi yang makin lucu akan membuat seluruh anggota keluarga gemas! Selain itu, bayi Anda dapat merasa jika ia sedang memakai pakaian yang berbeda dari biasanya. Si kecil pun akan makin tertarik dan senang dengan penampilan barunya.


  • Dapat dipakai untuk berbagai acara spesial

Saat paling menyenangkan untuk memakaikan baju kostum pada bayi ialah pada acara tahunan seperti Natal dan Halloween. Ketika menghadiri pesta, bayi Anda akan menjadi pusat perhatian. Namun, menghabiskan waktu di rumah bersama si kecil yang berkostum lucu juga tak kalah berkesan, lho! Menikmati hidangan bersama keluarga sambil berfoto-foto saja pun akan terasa spesial.


Semenjak hari kelahiran buah hati, Anda akan merasa waktu berlalu begitu cepat. Untuk itu, mengabadikan momen-momen spesial dengan memakaikan kostum bayi pada setiap kesempatan tak akan membuat Anda menyesal.

Cara memilih baju kostum untuk bayi

Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam memilih baju kostum untuk bayi? Berikut ini ulasan kami mengenai cara memilihnya agar bisa Anda jadikan referensi.

① Pastikan bahan dan jahitannya nyaman bagi kulit bayi

Kulit bayi sangatlah halus dan sensitif sehingga Anda perlu memastikan bahan dan jahitannya nyaman bagi kulit bayi. Bagian dalam baju kostum memang tidak bersentuhan langsung dengan kulit karena bayi biasanya dipakaikan pakaian dalam terlebih dahulu. Namun, Anda tetap harus memperhatikan bahan baju, terutama bagian yang terkena kulit. Yuk, kenali bahan yang sering digunakan untuk baju kostum bayi!

Cotton: Serat alami yang lembut dan adem

Cotton: Serat alami yang lembut dan adem

Cotton atau katun merupakan bahan pakaian terbaik untuk bayi. Bahan ini berasal dari serat alami yang pasti aman untuk kulit bayi karena minim risiko alergi. Katun juga menjadi salah satu bahan pakaian yang ramah lingkungan. Pakaian dengan bahan katun memiliki tekstur yang lembut, terasa adem di kulit, serta cepat menyerap keringat.


Selain itu, sifat bahannya yang kuat dan tahan lama juga menjadi keunggulan dari bahan ini. Agar si kecil nyaman dan tidak kepanasan, pilihlah baju kostum berbahan katun.

Fleece: Bahan sintetis yang memberi kehangatan

Fleece: Bahan sintetis yang memberi kehangatan

Selain digunakan untuk membuat jaket atau sweater, bahan fleece juga sering digunakan untuk membuat baju kostum bayi. Karena bertekstur tebal, baju berbahan fleece mampu memberikan kehangatan sehingga cocok dipakai saat cuaca dingin.


Namun, fleece berasal dari serat sintetis yang dapat menimbulkan alergi. Oleh karena itu, baju berbahan fleece disarankan hanya dipakai sebagai luaran. Begitu juga saat Anda memakaikan kostum bayi berbahan fleece, jangan lupa pakaikan baju dalam pada si kecil, ya!

Jersey: Elastis dan tidak mudah kusut

Jersey: Elastis dan tidak mudah kusut

Selain katun dan fleece, bahan jersey juga sering digunakan untuk membuat baju kostum bayi. Bahan ini tergolong lembut di kulit dan tidak mudah berkerut. Baju dengan bahan jersey sangat elastis dan bisa melar tanpa merusak serat kain.


Baju kostum bayi berbahan jersey sangat cocok digunakan bayi yang tumbuh dengan cepat dan aktif bergerak. Si kecil bisa memakai baju kostum yang lucu dengan nyaman tanpa terlihat kusut.

② Perhatikan ukuran yang pas untuk bayi Anda

Perhatikan ukuran yang pas untuk bayi Anda

Kebanyakan baju kostum untuk bayi tersedia dalam beberapa ukuran. Namun, setiap produk bisa saja berbeda meskipun berasal dari produsen yang sama. Ada produsen yang menuliskan ukurannya dalam notasi S, M, L. Namun, ada juga yang menuliskan size 1, size 2, dan seterusnya. Sebaiknya Anda memperhatikan hal ini dengan saksama sebelum membeli.

③ Sesuaikan dengan tujuan pemakaian

Sesuaikan dengan tujuan pemakaian

Beberapa baju kostum memiliki desain yang unik sehingga tidak terlalu cocok untuk digunakan sehari-hari. Namun, baju kostum unik justru sangat menarik digunakan saat acara tertentu, misalnya sesi foto studio.


Untuk sesi foto studio, fokuslah pada desain baju kostumnya. Pilihlah kostum bayi dengan desain unik, bahkan terkesan nyeleneh. Makin unik desain kostumnya, sesi foto si kecil akan makin berkesan. Namun, Anda perlu memperhatikan juga mudah atau tidaknya mengganti popok si kecil ketika memakai kostum tersebut. Beberapa kostum bayi berdesain unik bisa saja mempersulit Anda untuk mengganti popok si kecil.


Jika Anda mencari baju kostum yang juga dapat dikenakan sehari-hari, sebaiknya pilih produk yang dilengkapi kancing snap. Anda juga harus memastikan desainnya mudah digunakan oleh bayi. Anda bisa memilih baju dengan desain universal seperti hewan atau buah-buahan agar dapat digunakan kapan pun.

④ Pilih berdasarkan tipe baju kostum

Baju kostum untuk bayi juga memiliki berbagai tipe desain. Kali ini, kami akan memperkenalkan beberapa tipe baju kostum yang paling populer untuk bayi.

Kostum acara tahunan: Tampil menarik saat Natal atau Halloween

Kostum acara tahunan: Tampil menarik saat Natal atau Halloween

Acara tahunan merupakan momen yang pas untuk mengabadikan pertumbuhan buah hati Anda, misalnya Natal, Halloween, dan tahun baru. Untuk merayakan Natal, selain Santa Claus terdapat pula baju kostum berdesain lain, misalnya rusa dan pohon cemara.


Untuk perayaan Halloween, Anda bisa memilih baju kostum bertema hantu labu Jack-o'-lantern yang lucu. Anda juga dapat memilih kostum lain karena sekarang Halloween identik dengan pesta kostum sehingga Anda makin leluasa memilih karakter.

Kostum cosplay: Tampil unik sebagai karakter kartun dan komik

Kostum cosplay: Tampil unik sebagai karakter kartun dan komik

Kostum cosplay yang menyerupai tokoh kartun dan komik juga banyak dipakai saat pesta Halloween. Kostum ini dapat digunakan kapan saja tanpa harus mengikuti tema acara tertentu. Anda dapat memilih karakter populer yang disukai anak-anak, misalnya tokoh-tokoh anime. Jika Anda menyukai kostum tipe ini, si kecil bisa memakainya sebagai busana sehari-hari.


Bayi Anda juga dapat memakai baju kostum cosplay saat bepergian, misalnya ke taman bermain. Kami rekomendasikan tipe kostum ini supaya Anda dan keluarga dapat bepergian dengan suasana yang berbeda dari biasanya.

Kostum hewan dan buah: Imut dan menggemaskan saat dipakai sehari-hari

Kostum hewan dan buah: Imut dan menggemaskan saat dipakai sehari-hari

Jika Anda menginginkan kostum yang dapat digunakan sehari-hari, desain hewan dan buah-buahan merupakan tipe yang paling tepat. Biasanya, tipe ini berupa baju terusan yang dilengkapi topi atau hoodie.


Kostum ini juga banyak yang dibuat dari bahan yang berkualitas dan nyaman untuk kulit bayi. Meskipun kurang terkesan spesial, tipe ini cocok untuk Anda yang menginginkan bayi terlihat imut dan menggemaskan tanpa terlihat mencolok.

10 Rekomendasi baju kostum terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk baju kostum terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan tingkat popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Jumper Bayi Hijab Motif Buah

 Jumper Bayi Hijab Motif Buah 1枚目

Desain fruity yang membuat bayi tampil segar dan ceria

2

Romper Bayi Karakter Seragam Sekolah

 Romper Bayi Karakter Seragam Sekolah 1枚目

Seragam sekolah untuk anak bayi yang bikin gemas!

3

Jumper Bayi Laki-laki Profesi Pilot

 Jumper Bayi Laki-laki Profesi Pilot 1枚目

Makin keren dengan gaya ala pilot pesawat terbang

4

Narara Kids

Jumpsuit Bayi Beruang

Narara Kids Jumpsuit Bayi Beruang 1枚目

Ada bayi beruang lucu yang menggemaskan!

5

Jumper Bayi Natal Motif Santa Claus

 Jumper Bayi Natal Motif Santa Claus 1枚目

Bisa untuk newborn, jadikan si kecil tokoh utama saat hari Natal

6

Jumper Bayi Laki-Laki Karakter Naruto

 Jumper Bayi Laki-Laki Karakter Naruto 1枚目

Kostum cosplay Naruto untuk jagoan kecil Anda

7

IYAB

Baju Bayi Jumper Bayi Jibao Imlek

IYAB  Baju Bayi Jumper Bayi Jibao Imlek 1枚目

Buat baby girl dan baby boy tampil istimewa saat perayaan Imlek

8

Jumper Bayi Model Halloween Pumpkin

 Jumper Bayi Model Halloween Pumpkin 1枚目

Meriahkan momen Halloween dengan menjadi Jack-o'-lantern

9

Kids Tales

Romper Bayi Superhero 3D

Kids Tales Romper Bayi Superhero 3D 1枚目

Pilih karakter superhero favorit ayah dan bunda

10

Memorylife

Animals Baby Costume

Memorylife Animals Baby Costume 1枚目

Tampil fotogenik dengan kostum unik model animal

Perincian produk
Close
No.1

Jumper Bayi Hijab Motif Buah

Mulai dari Rp65.000,00

Desain fruity yang membuat bayi tampil segar dan ceria

Kelebihan:

  • Sejumlah review menyebut bahan baju lembut
  • Dapat di-mix and match sesuka hati karena legging tidak termasuk dalam set

Kekurangan:

  • Warna mencolok, rawan luntur saat dicuci

Anda sedang mencari kostum untuk si kecil yang berhijab? Coba pakaikan kostum satu ini ke si kecil. Desainnya yang berwarna cerah menghadirkan kesan yang fresh dan ceria. Produk ini tersedia dalam tiga desain, yaitu buah semangka, nanas, dan stroberi. Set pakaiannya terdiri dari jumper lengan panjang dan hijab tanpa bawahan. Untuk itu, Anda tetap harus memakaikan legging agar bagian kaki bayi tertutup.

No.2

Romper Bayi Karakter Seragam Sekolah

Mulai dari Rp32.000,00

Seragam sekolah untuk anak bayi yang bikin gemas!

Kelebihan:

  • Bisa juga dipesan sekalian dengan rok atau celana sesuai dengan jenis seragam
  • Kancing snap terbuat dari plastik, tidak mengiritasi kulit bayi

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang menyebutkan kancing susah dibuka dan agak keras

Ingin melihat bayi Anda memakai seragam sekolah SD, SMP, atau SMA? Anda bisa membeli kostum seragam sekolah satu ini. Tersedia dalam tiga jenis seragam, Anda bisa memilihkan yang paling lucu untuk si kecil. Jumper seragam ini pun cocok dipakai saat family photoshoot. Anda juga bisa memakaikannya untuk sesi photoshoot khusus si kecil.

No.3

Jumper Bayi Laki-laki Profesi Pilot

Mulai dari Rp50.000,00

Makin keren dengan gaya ala pilot pesawat terbang

Kelebihan:

  • Beberapa review menyebut bahan baju tidak panas untuk bayi

Kekurangan:

  • Ada pengguna mengeluhkan ukuran yang kurang sesuai antara keterangan dengan produk asli

Jika Anda sedang mencari referensi baju kostum profesi untuk bayi, produk ini dapat menjadi salah satu pilihan. Kostum yang lucu ini menggunakan bahan katun yang adem dan nyaman untuk bayi. Tersedia dua pilihan ukuran, yaitu untuk bayi newborn hingga usia 3 bulan dan untuk bayi usia 3–12 bulan. Yuk, segera siapkan bayi Anda untuk tampil keren ala pilot pesawat terbang!

No.4

Narara KidsJumpsuit Bayi Beruang

Mulai dari Rp268.000,00

Ada bayi beruang lucu yang menggemaskan!

Kelebihan:

  • Terdapat pelindung ritsleting sehingga aman untuk kulit bayi
  • Dapat berfungsi sebagai baju hangat saat cuaca sedang dingin atau berkendara dengan kendaraan roda dua
  • Bahan lembut dengan jahitan yang rapi

Kekurangan:

  • Kurang cocok dipakai sehari-hari, terlebih saat cuaca panas

Saat berada di cuaca yang dingin, pakaikan jumpsuit beruang ini ke bayi Anda. Anda akan merasakan sensasi seperti menggendong bayi beruang! Selain makin menggemaskan, si kecil juga akan merasa hangat karena bahan jumpsuit ini cukup tebal. Jika Anda sering bepergian menggunakan motor, Anda juga bisa memakaikan baju ini untuk melindungi si kecil dari terpaan angin.

No.5

Jumper Bayi Natal Motif Santa Claus

Mulai dari Rp50.000,00

Bisa untuk newborn, jadikan si kecil tokoh utama saat hari Natal

Kelebihan:

  • Menggunakan bahan sablon yang bagus sehingga gambar tidak mudah pecah
  • Bahan jumper tidak panas menurut beberapa pembeli

Kekurangan:

  • Ukuran baju cenderung kecil, perlu berhati-hati saat memilih size
  • Ada ulasan menyebut bahan baju cepat melar

Apakah Anda sedang mencari kostum Santa Claus untuk si kecil? Jika ya, produk ini sangat ideal untuk dijadikan pilihan. Saat mengenakan kostum ini, bayi Anda akan jadi pusat perhatian saat perayaan Natal! Ukuran kostum ini juga bisa dipakai untuk newborn baby, lho! Anda pun bisa menambahkan kaus kaki motif Santa Claus untuk melengkapi kostumnya.

No.6

Jumper Bayi Laki-Laki Karakter Naruto

Mulai dari Rp115.000,00

Kostum cosplay Naruto untuk jagoan kecil Anda

Kelebihan:

  • Beberapa ulasan menyebut kain tidak kasar dan dingin, cocok untuk bayi

Kekurangan:

  • Sablon tebal, rawan menempel jika dicuci dengan mesin cuci
  • Sejumlah ulasan menyebutkan variasi desain kurang beragam

Apakah Anda menyukai serial kartun Naruto? Jika iya, ajaklah si kecil untuk cosplay menjadi salah satu karakter ninja yang ada dalam kartun! Anda dapat memilih kostum karakter Naruto, Kakashi, dan Akatsuki. Selain nyaman digunakan sehari-hari, kostum ini juga sangat menarik untuk dijadikan properti foto bertema kartun. Segera masukkan produk ini ke dalam keranjang belanja Anda, ya.

No.7

IYAB Baju Bayi Jumper Bayi Jibao Imlek

Mulai dari Rp60.000,00

Buat baby girl dan baby boy tampil istimewa saat perayaan Imlek

Kelebihan:

  • Tersedia model untuk bayi laki-laki dan perempuan
  • Tersedia ukuran dari bayi hingga anak usia 24 bulan

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan menyebut kualitas sablon kurang halus
  • Kurang lengkap karena tidak tersedia aksesori khas Imlek lainnya

Salah satu pakaian tradisional wanita yang sering dikenakan saat Imlek ialah cheongsam. Anda yang gemar mengenakan cheongsam, kini bisa tampil serasi dengan si buah hati. Anda bisa memilih produk ini agar baby girl tampil istimewa saat perayaan Imlek. Baju ini tersedia untuk baby boy juga, lho. Jangan lupa untuk menambahkan aksesori khas Imlek lainnya agar si kecil makin cantik dan ganteng.

No.8

Jumper Bayi Model Halloween Pumpkin

Mulai dari Rp49.915,00

Meriahkan momen Halloween dengan menjadi Jack-o'-lantern

Kelebihan:

  • Kain tidak terasa panas untuk bayi
  • Ada pengguna menyebut kualitas sablon gambar bagus
  • Jahitan cukup rapi

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahan baju terlalu tipis

Ingin mengajak si kecil memeriahkan momen Halloween? Anda bisa memakaikannya kostum Jack-o'-lantern yang satu ini. Kostum labu kuning seram khas Halloween ini bisa membuat si kecil jadi pusat perhatian karena kelucuannya. Anda dan pasangan juga bisa menggunakan kostum yang sama, kemudian berfoto untuk mengabadikan momen ini.

No.9

Kids TalesRomper Bayi Superhero 3D

Mulai dari Rp92.800,00

Pilih karakter superhero favorit ayah dan bunda

Kelebihan:

  • Praktis karena hoodie dapat berfungsi sebagai topeng
  • Variasi superhero cukup banyak dengan rentang ukuran hingga 18 bulan

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang menyebutkan baju asli berukuran lebih kecil dibandingkan keterangan ukuran produk

Bagi Anda yang memiliki bayi laki-laki, Anda wajib mendandaninya menggunakan kostum superhero ini. Produk dari Kids Tales ini memiliki beberapa pilihan desain, yakni Spiderman, Captain America, Batman, dan Superman. Menariknya lagi, jumper ini juga dilengkapi hoodie yang berbentuk topeng. Untuk pilihan karakter Captain America dan Batman, bagian atas hoodie-nya diberi aksen telinga, lho!

No.10

MemorylifeAnimals Baby Costume

Mulai dari Rp537.500,00

Tampil fotogenik dengan kostum unik model animal

Kelebihan:

  • Desain detail dalam bentuk 3D, cocok untuk sesi photoshoot
  • Dapat digunakan bayi laki-laki dan perempuan

Kekurangan:

  • Bahan agak tebal, kurang cocok dipakai saat cuaca panas
  • Desain kostum kurang cocok dipakai untuk sehari-hari

Ingin bayi Anda tampil berbeda saat melakukan sesi pemotretan? Pakaikan kostum karakter animal dari Memorylife ini. Desainnya yang unik akan membuat bayi Anda terlihat seperti boneka dan makin fotogenik. Kostum ini juga memiliki banyak pilihan model, di antaranya ikan hiu, lebah, gajah, beruang, ayam, merak, hingga unicorn. Yuk, ekspresikan gaya si kecil dengan kostum unik ini!

Pertanyaan umum seputar baju kostum untuk bayi

Pertanyaan umum seputar baju kostum untuk bayi

Selain mengulas cara memilih dan memberikan rekomendasi produk, kami juga menemukan pertanyaan yang populer seputar baju kostum bayi. Jika Anda penasaran, simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini!

Bahan apa yang perlu dihindari ketika memilih baju kostum untuk bayi?

Hindari bahan wol saat memilih baju kostum untuk bayi. Bahan wol memang memberikan kehangatan. Namun, teksturnya yang kasar dapat menimbulkan gatal dan iritasi di kulit si kecil yang sensitif. Anda juga perlu menghindari bahan sintetis yang tidak menyerap keringat.


Bahan seperti polyester, nilon, dan rayon yang dibuat menggunakan campuran senyawa kimia juga tidak aman untuk bayi. Senyawa berbahaya dalam bahan tersebut bisa memicu alergi, mual, muntah, pusing, hingga infeksi paru-paru.

Baca juga rekomendasi pakaian bayi lainnya di sini

Kami sudah memperkenalkan rekomendasi baju kostum terbaik yang bisa digunakan oleh bayi Anda. Di samping itu, kami juga memiliki artikel mengenai produk baju dan pakaian lainnya untuk bayi Anda, lho. Cek tautan berikut ini agar si kecil tampil makin keren dan stylish!

Kesimpulan

Setelah membaca rekomendasi dari kami, bagaimana menurut Anda? Semua baju kostum untuk bayi sangatlah unik dan lucu. Untuk bayi yang berusia kurang dari satu tahun, memakai baju kostum akan membuatnya makin menggemaskan.


Tak hanya berdesain menarik, Anda juga harus memastikan bahwa baju kostum nyaman digunakan oleh bayi. Pastikan juga baju kostum dapat dikenakan dan dilepas dengan mudah. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dalam menemukan produk yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer