10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntasi (Terbaru Tahun 2018)

Meskipun piranti elektronik semacam handphone dan komputer sudah dilengkapi dengan aplikasi perhitungan, kalkulator konvensional masih dibutuhkan untuk aktivitas yang berhubungan dengan berhitung seperti pada pembukuan, perakuntanan, maupun jual beli.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa produk kalkulator yang cocok digunakan untuk pembukuan dan akuntansi kepada Anda. Kami juga akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih alat bantuan hitung tersebut. Simak artikel berikut sampai habis.

Daftar isi

Cara memilih kalkulator untuk keperluan akuntansi dan pembukuan

Dalam pembukuan, kecepatan dan akurasi adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, kalkulator konvensional menghadirkan kemudahan menghitung lewat tampilan yang akurat dan pengoperasian yang tak sulit. Hal yang menarik dari kalkulator konvensional adalah sanggup bertahan lama (sampai 10 tahun lebih). Namun, sebelum membeli, ada baiknya kita melihat poin-poin yang patut diperhatikan sebagai berikut.

Ukuran kalkulator

Ukuran kalkulator

Banyak sekali variasi dari ukuran kalkulator, dari ukuran yang ringkas sampai ukuran yang besar. Ketika memilih, Anda juga perlu memperhatikan ukurannya. Jika terlalu besar, ini akan membuat Anda kesulitan dalam mengerjakan pembukuan, karena memakan tempat di meja. Namun, jika terlalu kecil, Anda juga akan kesulitan memasukkan angka karena tombol-tombolnya kecil, dan jarak antar tombolnya yang boleh jadi terlalu rapat. Untuk keperluan pembukuan dan perakuntanan, ada baiknya memilih kalkulator berukuran besar, yang mana memudahkan kita untuk menginput angka-angka yang kita inginkan.

Ukuran dan jarak antar tombol

Ukuran dan jarak antar tombol

Ukuran tombol yang terlalu kecil atau terlalu dekatnya jarak antar tombol pada kalkulator, biasanya menyebabkan kesalahan inputting angka. Untuk menghindari stres akibat mengulangi pekerjaan yang seharusnya tidak perlu terjadi, mari pilih kalkulator dengan tombol yang lebih besar, dan jarak yang lebih lebar. Tapi, tetap perhatikan ukuran kalkulator. Carilah yang mudah untuk digenggam.

Digit dari kalkulator

Digit dari kalkulator

Carilah kalkulator dengan jumlah digit 12 sampai 14 untuk mendukung pekerjaan pembukuan dan perakuntanan Anda. Jika apa yang Anda hitung maksimal berada pada angka 1 triliun, gunakan digit 12. Kalau lebih, gunakan digit 14. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

Berat kalkulator

Berat kalkulator

Penggunaan kalkulator sangat mempermudah pekerjaan perhitungan karena kita dapat mempersingkat proses kalkulasi. Untuk itu, kita butuh kalkulator yang tak mudah bergeser saat digunakan dengan tekanan jari yang cepat, serta tenaga yang cukup besar. Terlalu ringannya bobot sebuah kalkulator dapat membuatnya mudah berpindah ketika melakukan kalkulasi yang demikian.

Pilihlah kalkulator yang cukup berat untuk keperluan perakuntanan dan pembukuan. Pastikan juga kalkulator tersebut dilengkapi dengan kaki-kaki karet yang membuatnya tetap di tempat, karena jika letaknya berpindah saat digunakan, ini akan membuat kita kesulitan dalam melakukan pekerjaan.

Fungsi

Banyak fungsi yang dimiliki oleh kalkulator. Kami akan memperkenalkan hal tersebut kepada Anda dalam penjelasan di bawah ini.

Key rollover

Keyroll key

Fungsi key rollover mampu mempermudah pengguna dalam proses inputting data. Jika Anda memasukkan angka 1 dan 2 bersamaan, dengan posisi Anda sudah memencet angka 1 tersebut sejak awal, maka input yang dihasilkan tidak akan muncul angka 12. Angka yang akan muncul adalah 1 saja, sebagai angka yang sejak awal sudah terpencet. Fungsi ini sangat memudahkan untuk orang yang melakukan proses penghitungan untuk pembukuan.

Fungsi GT

Fungsi GT

Fungsi GT (Grand Total) adalah fungsi untuk menghafal dan mengkompilasi beberapa hasil perhitungan. Misalnya seperti contoh di bawah ini.

1. 1000 + 500 = 1500

2. 100 + 100 = 200

Perhitungan 1 dan 2 merupakan perhitungan individual. Namun, fungsi GT secara internal akan mengingat hasil dari dua perhitungan tersebut. Saat Anda menekan tombol GT di bagian akhir, jumlah hasil perhitungan 1 dan 2, angka 1700 yang akan muncul.

Perhitungan seperti ini sering digunakan dalam pembukuan dan perakuntanan sehari-hari, sehingga bisa dikatakan sebagai fungsi yang sangat diperlukan.

Fungsi memori

Fungsi memori

Ada fungsi M (memori), sebuah fungsi pendukung semacam fungsi GT. Fungsi memori dapat menyimpan sementara nomor atau hasil perhitungan tertentu. Perhatikanlah mengenai beberapa fungsi tersebut di bawah ini.

M+ : memasukkan angka / hasil perhitungan berformat tambah ke memori

M- : memasukkan angka / hasil perhitungan berformat minus ke memori

RM : memeriksa total perhitungan dalam memori

CM : menghapus total perhitungan yang ada di memori.

Fungsi memori dan Grand Total dikatakan sebagai fungsi yang membuat kalkulator sangat mumpuni untuk keperluan pembukuan dan perakuntanan. Satu hal penting yang tak boleh Anda lewatkan.

Mode diam

Mode diam

Mode diam adalah fungsi untuk menekan suara yang dihasilkan saat input angka. Saat input dilakukan dengan cepat, maka suara yang dihasilkan kemungkinan besar akan menjadi hal yang sangat mengganggu. Maka dari itu, fungsi berikut sangat kami sarankan ada pada kalkulator Anda.

Display angka yang mampu dimiringkan

Display angka yang mampu dimiringkan

Penggunaan kalkulator di atas meja sering kali membuat display angka-nya sulit dilihat karena terkena pantulan cahaya yang berasal dari lampu maupun jendela. Kalkulator yang display angka-nya dapat dimiringkan, mampu menyelesaikan masalah tersebut. Sudut dari bagian display dapat disesuaikan dengan posisi penggunanya. Dapat kami katakan bahwa fungsi ini perlu diperhatikan untuk mendapatkan kenyamanan pada saat proses perhitungan.

Merek kalkulator

Paling tidak ada tiga perusahaan besar pembuat kalkulator yang ada di pasaran yakni Casio, Sharp, serta Canon. Ketiganya memiliki pengaturan tombol yang berbeda. Hal ini dapat memengaruhi proses penghitungan yang Anda lakukan.

Peletakan tombol C (clear)

Peletakan tombol C (clear)

Tiap tiga perusahaan besar pembuat kalkulator yakni Sharp, Casio, dan Canon, memiliki peletakan tombol C (clear) di lokasi yang berbeda. Berikut penjelasannya.

Sharp : di pojok kanan atas

Casio : di kiri bagian tengah

Canon : di bagian kiri atas.

Pastikan Anda memperhatikannya, karena jika Anda terbiasa menggunakan produk dari satu pabrikan kemudian berganti menggunakan produk dari pabrikan yang lain, hal ini akan menjadi masalah besar dalam proses penghitungan untuk pembukuan yang Anda lakukan.

Selain itu, produsen selain Casio memiliki tombol yang disebut C/CE, fungsi yang berbeda dalam satu tombol. Cara kerjanya dengan menekannya sebanyak dua kali.

Seperti yang Anda bisa lihat, ada juga tombol yang berbeda tergantung pabrikannya. Jadi pilihlah berdasarkan pertimbangan yang sesuai dengan Anda.

10 Rekomendasi kalkulator terbaik untuk pembukuan dan akuntansi

Berikut ini adalah beberapa produk terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihlah yang sesuai dengan keperluan Anda, dengan merujuk penjelasan, fungsi yang ditawarkan, serta harga masing-masing produk.

10. Citizen SDC-867

10. Citizen SDC-867

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 125.000

Layar besar dengan daya baterai jenis AA

Citizen SDC-867 merupakan kalkulator berdigit 12 dengan layar besar, sehingga memudahkan pengguna untuk membaca angka yang ada pada display. Pengoperasiannya mudah, karena tombol-tombolnya dibuat dengan besar dan berjarak cukup jauh. Ia menggunakan 2 sumber daya, yakni solar dan baterai tipe AA yang mudah dicari dan dibeli.

Beberapa fungsi yang terdapat pada kalkulator ini antara lain grand total (GT), memory, serta mark up. Display-nya juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sangat pas untuk Anda yang sering bermasalah dengan pantulan cahaya saat menggunakan kalkulator.

9. Canon WS1212H

9. Canon WS-1212H

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 139.000

Kalkulator dengan display besar dan harga miring

Display dari kalkulator ini besar, sangat memudahkan penggunanya untuk melihat. Dilengkapi dengan digit sebanyak 12, Anda dapat menghitung hingga jumlah triliun untuk keperluan pembukuan.

Beberapa fitur yang melengkapi kalkulator berikut antara lain, fungsi grand total (GT), memory, hingga mark up. Bentuk pinggirannya yang tumpul juga memberikan sentuhan tersendiri untuk penampilan dari kalkulator ini. Sangat pas untuk keperluan pembukuan usaha kecil menengah.

8. Sharp ELR287BBK

8. Sharp ELR287BBK

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 692.481

Kalkulator semi desktop yang eco friendly

Sharp ELR287BBK merupakan kalkulator semi desktop yang material utamanya terbuat dari 100 persen bahan daur ulang. Kalkulator ini berdigit 12, dengan sebuah penyangga di bagian bawah layar LCD-nya. Ia memiliki beberapa fungsi yang memang dibutuhkan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan pembukuan juga perakuntanan.

Fungsi-fungsi tersebut antara lain memory dan grand total. Ia juga memiliki fungsi tambahan seperti tombol double-zero (00), fungsi cost/sell/margin, sign change, dan tombol persen. Tombolnya terbilang cukup lebar, dan berjarak tidak terlalu jauh. Jika Anda mencari kalkulator yang pas untuk digunakan di rumah atau di kantor, Sharp ELR287BBK bisa jadi pilihan Anda.

7. Canon AS-2200

7. Canon AS-2200

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 170.000

Desain ergonomis dan hemat daya

Canon AS-2200 merupakan kalkulator 12 digit dengan desain ergonomis, serta dibuat dari bahan yang ramah lingkungan, dengan baterai bebas merkuri. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan fungsi penghemat daya, dimana kalkulator akan mati secara otomatis setelah 7 menit didiamkan. Produk yang tepat untuk Anda yang sangat peduli pada lingkungan.

Memiliki layar yang lebar dan jelas, disesuaikan untuk meminimalkan refleksi cahaya, sehingga tidak terlalu mengganggu penglihatan penggunanya. Beberapa fungsi pendukung dari kalkulator berikut antara lain GT, memory, reverse, dan mark up.

6. Sharp EL-334WB

6. Sharp EL-334WB

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 587.000

Kalkulator dengan fold up kickstand dan backspace

Bagi Anda yang kerap kali dipusingkan dengan cahaya silau yang memantul melalui layar kalkulator, produk berikut setidaknya bisa jadi pilihan yang pas. Sharp EL-334WB, memiliki fold up kickstand yang mampu membuatnya miring untuk memudahkan penggunanya. Kalkulator berikut dapat memproses angka hingga 12 digit, serta dilengkapi dengan berbagai macam fungsi.

Setidaknya ada tombol grand total, memory, double zero (00), automatic tax, percent key, extra large plus key, sign change dan automatic power down. Fitur lain yang membuatnya makin menarik ialah tombol backspace yang dapat menghapus angka yang tidak perlu di layar LCD. Sebuah pilihan tepat bagi Anda yang kerap melakukan kesalahan dalam penginputan angka.

5. Canon WS 1410T

5. Canon WS 1410T

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 145.000

Kalkulator 14 digit untuk kalkulasi bernilai ratusan triliun

Canon WS 1410T disertai dengan layar lebar yang dapat menampung angka hingga 14 digit. Teman bisnis yang sangat menguntungkan karena ia memiliki fitur-fitur pendukung untuk keperluan pembukuan yang Anda lakukan.

Beberapa tombol pendukung untuk pembukuan terdapat pada kalkulator ini, antara lain grand total (GT), memory, mark up (MU), reverse (RS). Sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan kalkulasi hingga nilai ratusan triliun. Namun, kekurangan dari produk ini adalah jarak antar tombolnya yang terlalu dekat.

4. Casio DW-120MS

4. Casio DW-120MS

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 189.000

Nyaman digunakan dengan bentuk tilt display 

Kalkulator berdigit 12 ini memiliki fungsi yang mendukung untuk digunakan dalam keperluan perakuntanan serta pembukuan. Casio DW-120MS memiliki tombol-tombol semacam grand total, memory, dengan tambahan tombol perpajakan.

Yang menarik dari produk ini adalah layarnya yang dapat dimiringkan (tilt display) sesuai dengan kenyamanan penggunanya. Selain itu, harganya juga masih cocok dengan fungsi dan fitur yang dimilikinya. Satu produk yang mendukung untuk Anda yang menginginkan kenyamanan dalam proses kalkulasi.

3. Canon KS-1200TS

3. Canon KS-1200 TS

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 265.000

Kalkulator dengan desain yang kokoh

Bagi Anda yang mencari kalkulator dengan material yang kokoh, Canon KS-1200 TS dapat menjadi pilihan yang tepat. Berdigit 12, LCD yang disediakan oleh kalkulator ini cukup lebar sehingga memudahkan penggunanya untuk membaca informasi angka yang ditunjukkan. Beberapa fitur yang terdapat dalam kalkulator berikut antara lain memory, grand total, tax, hingga backspace.

Desain layarnya pun dibuat bersudut miring untuk kemudahan membaca. Ia juga dilengkapi dengan kaki karet anti selip yang tidak akan bergeser jika diletakkan di meja maupun saat digenggam. Produk yang Anda yang membutuhkan kalkulator yang dapat digunakan di meja maupun dalam genggaman.

2. Casio DJ-240D

2. Casio DJ-240D

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 229.900

Kalkulator 14 digit dengan fitur check and correct

Mempunyai digit 14, Casio DJ-240D dilengkapi layar yang besar, jadi tidak merepotkan penggunanya. Yang menjadikan kalkulator ini berbeda dengan yang lain adalah adanya fitur check and correct yang memudahkan pengguna ketika melakukan kesalahan saat input angka.

Fitur-fitur yang terdapat dalam kalkulator ini antara lain rollover key, GT, memory dan beberapa fungsi lain untuk perhitungan pajak hingga diskon. Karena tipe desktop, kalkulator berikut dibuat untuk digunakan di atas meja.

1. Casio JW-200TW-GD

1. Casio JW 200TW GD

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 440.000

Kalkulator untuk pembukuan dengan paket lengkap

Kalkulator berdigit 12 ini memiliki layar besar, yang memudahkan pengguna untuk membaca data lebih mudah. Selain itu, layarnya juga dapat dimiringkan sesuai dengan keinginan pengguna. Bagian utama JW-200TW-GD terbuat dari metal, sehingga aman meski produk ini terbentur dengan benda lain,  ataupun jatuh dari meja Anda. Fitur-fitur pendukung dari kalkulator ini antara lain rollover key, grand total (GT), memory, hingga fungsi yang berkaitan dengan perpajakan.

Bentuknya yang stylish juga menjadi daya tarik dari produk berikut. Tombolnya dibuat ergonomis, dengan bahan utama plastik yang nyaman saat digunakan. Untuk masalah daya, salah satu produk andalan Casio ini menggunakan dua sumber utama yakni baterai dan tenaga solar. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan paket lengkap dalam sebuah kalkulator.

Kesimpulan

Itu tadi produk kalkulator untuk pembukuan yang telah kami himpun khusus untuk Anda. Umumnya, kalkulator dapat digunakan selama 10 tahun sejak tanggal pembeliannya. Pilihlah kalkulator dengan berpegangan pada desain dan fungsinya. Akhir kata, selamat berburu kalkulator!