• 10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2019) 1
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2019) 2
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2019) 3
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2019) 4
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2019) 5

10 Rekomendasi Kalkulator Terbaik untuk Pembukuan dan Akuntansi (Terbaru Tahun 2019)

Meskipun piranti elektronik semacam handphone dan komputer sudah dilengkapi dengan aplikasi perhitungan, kalkulator konvensional masih dibutuhkan untuk aktivitas yang berhubungan dengan berhitung seperti pada pembukuan, perakuntanan, maupun jual beli.

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa produk kalkulator yang cocok digunakan untuk pembukuan dan akuntansi kepada Anda. Kami juga akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan sebelum memilih alat bantuan hitung tersebut. Simak artikel berikut sampai habis.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 773 Views
Daftar isi

Cara memilih kalkulator untuk keperluan akuntansi dan pembukuan

Dalam pembukuan, kecepatan dan akurasi adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, kalkulator konvensional menghadirkan kemudahan menghitung lewat tampilan yang akurat dan pengoperasian yang tak sulit. Hal yang menarik dari kalkulator konvensional adalah sanggup bertahan lama (sampai 10 tahun lebih). Namun, sebelum membeli, ada baiknya kita melihat poin-poin yang patut diperhatikan sebagai berikut.

Ukuran kalkulator

Ukuran kalkulator
Banyak sekali variasi dari ukuran kalkulator, dari ukuran yang ringkas sampai ukuran yang besar. Ketika memilih, Anda juga perlu memperhatikan ukurannya. Jika terlalu besar, ini akan membuat Anda kesulitan dalam mengerjakan pembukuan, karena memakan tempat di meja. Namun, jika terlalu kecil, Anda juga akan kesulitan memasukkan angka karena tombol-tombolnya kecil, dan jarak antar tombolnya yang boleh jadi terlalu rapat. Untuk keperluan pembukuan dan perakuntanan, ada baiknya memilih kalkulator berukuran besar, yang mana memudahkan kita untuk menginput angka-angka yang kita inginkan.

Ukuran dan jarak antar tombol

Ukuran dan jarak antar tombol
Ukuran tombol yang terlalu kecil atau terlalu dekatnya jarak antar tombol pada kalkulator, biasanya menyebabkan kesalahan inputting angka. Untuk menghindari stres akibat mengulangi pekerjaan yang seharusnya tidak perlu terjadi, mari pilih kalkulator dengan tombol yang lebih besar, dan jarak yang lebih lebar. Tapi, tetap perhatikan ukuran kalkulator. Carilah yang mudah untuk digenggam.

Digit dari kalkulator

Digit dari kalkulator
Carilah kalkulator dengan jumlah digit 12 sampai 14 untuk mendukung pekerjaan pembukuan dan perakuntanan Anda. Jika apa yang Anda hitung maksimal berada pada angka 1 triliun, gunakan digit 12. Kalau lebih, gunakan digit 14. Sesuaikanlah dengan kebutuhan Anda.

Berat kalkulator

Berat kalkulator
Penggunaan kalkulator sangat mempermudah pekerjaan perhitungan karena kita dapat mempersingkat proses kalkulasi. Untuk itu, kita butuh kalkulator yang tak mudah bergeser saat digunakan dengan tekanan jari yang cepat, serta tenaga yang cukup besar. Terlalu ringannya bobot sebuah kalkulator dapat membuatnya mudah berpindah ketika melakukan kalkulasi yang demikian.
Pilihlah kalkulator yang cukup berat untuk keperluan perakuntanan dan pembukuan. Pastikan juga kalkulator tersebut dilengkapi dengan kaki-kaki karet yang membuatnya tetap di tempat, karena jika letaknya berpindah saat digunakan, ini akan membuat kita kesulitan dalam melakukan pekerjaan.

Fungsi

Banyak fungsi yang dimiliki oleh kalkulator. Kami akan memperkenalkan hal tersebut kepada Anda dalam penjelasan di bawah ini.

Key rollover

Key rollover
Fungsi key rollover mampu mempermudah pengguna dalam proses inputting data. Jika Anda memasukkan angka 1 dan 2 bersamaan, dengan posisi Anda sudah memencet angka 1 tersebut sejak awal, maka input yang dihasilkan tidak akan muncul angka 12. Angka yang akan muncul adalah 1 saja, sebagai angka yang sejak awal sudah terpencet. Fungsi ini sangat memudahkan untuk orang yang melakukan proses penghitungan untuk pembukuan.

Fungsi GT

Fungsi GT
Fungsi GT (Grand Total) adalah fungsi untuk menghafal dan mengkompilasi beberapa hasil perhitungan. Misalnya seperti contoh di bawah ini.
1. 1000 + 500 = 1500
2. 100 + 100 = 200
Perhitungan 1 dan 2 merupakan perhitungan individual. Namun, fungsi GT secara internal akan mengingat hasil dari dua perhitungan tersebut. Saat Anda menekan tombol GT di bagian akhir, jumlah hasil perhitungan 1 dan 2, angka 1700 yang akan muncul.
Perhitungan seperti ini sering digunakan dalam pembukuan dan perakuntanan sehari-hari, sehingga bisa dikatakan sebagai fungsi yang sangat diperlukan.

Fungsi memori

Fungsi memori
Ada fungsi M (memori), sebuah fungsi pendukung semacam fungsi GT. Fungsi memori dapat menyimpan sementara nomor atau hasil perhitungan tertentu. Perhatikanlah mengenai beberapa fungsi tersebut di bawah ini.
M+ : memasukkan angka / hasil perhitungan berformat tambah ke memori
M- : memasukkan angka / hasil perhitungan berformat minus ke memori
RM : memeriksa total perhitungan dalam memori
CM : menghapus total perhitungan yang ada di memori.
Fungsi memori dan Grand Total dikatakan sebagai fungsi yang membuat kalkulator sangat mumpuni untuk keperluan pembukuan dan perakuntanan. Satu hal penting yang tak boleh Anda lewatkan.

Mode diam

Mode diam
Mode diam adalah fungsi untuk menekan suara yang dihasilkan saat input angka. Saat input dilakukan dengan cepat, maka suara yang dihasilkan kemungkinan besar akan menjadi hal yang sangat mengganggu. Maka dari itu, fungsi berikut sangat kami sarankan ada pada kalkulator Anda.

Display angka yang mampu dimiringkan

Display angka yang mampu dimiringkan
Penggunaan kalkulator di atas meja sering kali membuat display angka-nya sulit dilihat karena terkena pantulan cahaya yang berasal dari lampu maupun jendela. Kalkulator yang display angka-nya dapat dimiringkan, mampu menyelesaikan masalah tersebut. Sudut dari bagian display dapat disesuaikan dengan posisi penggunanya. Dapat kami katakan bahwa fungsi ini perlu diperhatikan untuk mendapatkan kenyamanan pada saat proses perhitungan.

Merek kalkulator

Paling tidak ada tiga perusahaan besar pembuat kalkulator yang ada di pasaran yakni Casio, Sharp, serta Canon. Ketiganya memiliki pengaturan tombol yang berbeda. Hal ini dapat memengaruhi proses penghitungan yang Anda lakukan.

Peletakan tombol C (clear)

Peletakan tombol C (clear)
Tiap tiga perusahaan besar pembuat kalkulator yakni Sharp, Casio, dan Canon, memiliki peletakan tombol C (clear) di lokasi yang berbeda. Berikut penjelasannya.
Sharp : di pojok kanan atas
Casio : di kiri bagian tengah
Canon : di bagian kiri atas.
Pastikan Anda memperhatikannya, karena jika Anda terbiasa menggunakan produk dari satu pabrikan kemudian berganti menggunakan produk dari pabrikan yang lain, hal ini akan menjadi masalah besar dalam proses penghitungan untuk pembukuan yang Anda lakukan.
Selain itu, produsen selain Casio memiliki tombol yang disebut C/CE, fungsi yang berbeda dalam satu tombol. Cara kerjanya dengan menekannya sebanyak dua kali.
Seperti yang Anda bisa lihat, ada juga tombol yang berbeda tergantung pabrikannya. Jadi pilihlah berdasarkan pertimbangan yang sesuai dengan Anda.

10 Rekomendasi kalkulator terbaik untuk pembukuan dan akuntansi

Berikut ini adalah beberapa produk terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Pilihlah yang sesuai dengan keperluan Anda, dengan merujuk penjelasan, fungsi yang ditawarkan, serta harga masing-masing produk.

10. Citizen SDC-867

Rp125.000,00

9. Canon WS1212H

Rp139.000,00

8. Sharp ELR287BBK

Rp692.481,00

7. Canon AS-2200

Rp170.000,00

6. Sharp EL-334WB

Rp587.000,00

5. Canon WS 1410T

Rp145.000,00

4. Casio DW-120MS

Rp189.000,00

3. Canon KS-1200TS

Rp265.000,00

2. Casio DJ-240D

Rp229.900,00

1. Casio JW-200TW-GD

Rp440.000,00

Kesimpulan

Itu tadi produk kalkulator untuk pembukuan yang telah kami himpun khusus untuk Anda. Umumnya, kalkulator dapat digunakan selama 10 tahun sejak tanggal pembeliannya. Pilihlah kalkulator dengan berpegangan pada desain dan fungsinya. Akhir kata, selamat berburu kalkulator!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Novel Romantis Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Salah satu cara terbaik untuk mengisi waktu senggang adalah dengan membaca novel romantis. Selain bisa menikmati kisah cinta tokoh utamanya, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari novel tersebut. Tak hanya itu, siapa tahu Anda juga menemukan kutipan kata cinta menarik yang bisa diunggah di Instagram.Masalahnya, setiap bulan selalu ada judul novel romantis baru yang terbit mulai dari Senja & Pagi hingga Antologi Rasa. Anda akan dibuat bingung saat hendak membelinya. Guna mengurangi kebingungan Anda, kami akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih novel romantis terbaik.
    Buku & alat tulis
    4.961 Views
  • 10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Kalkulator Ilmiah Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Kalkulator ilmiah, atau yang juga dikenal dengan scientific calculator, adalah alat hitung yang biasa dipakai untuk kebutuhan berbagai bidang ilmu, seperti sipil, elektronika, arsitektur, dan lainnya, serta bagi para pelajar jurusan sains. Beberapa produsen kalkulator ilmiah terkenal, seperti Sharp, Casio, dan Joyko, banyak mengeluarkan kalkulator yang berguna untuk menghitung beragam perhitungan matematika ini.Kalkulator ilmiah tersedia dalam berbagai tipe, ada yang memungkinkan Anda memprogram fungsi-fungsi di dalamnya, ada juga yang mampu melakukan perhitungan statistik. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih kalkulator ilmiah beserta rekomendasi produk yang diambil dari berbagai situs belanja online. Yuk, mari kita simak!
    Buku & alat tulis
    1.564 Views
  • 10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Sketchbook Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Bagi Anda yang menggeluti seni rupa atau mau mulai belajar melukis, pastinya sudah akrab dengan sketchbook. Berbagai jenis kertas sketchbook, seperti kent paper, drawing paper, watercolor paper, charcoal paper, dan sebagainya akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih mana yang bagus berdasarkan kebutuhan Anda untuk sekadar menekuni hobi, belajar, atau bekerja.Setelah memahami jenis-jenis kertas sketchbook, pilihlah yang paling cocok untuk Anda. Untuk memudahkan Anda, kami juga akan membantu memberikan rekomendasi produk sketchbook terbaik pilihan kami untuk Anda. Selamat membaca!
    Buku & alat tulis
    1.211 Views
  • 10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Loose Leaf Binder Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Salah satu alat tulis yang cukup populer adalah loose leaf binder yang dapat digunakan baik untuk belajar maupun bekerja. Salah satu poin yang membuat loose leaf binder praktis digunakan adalah kertasnya yang bisa diisi ulang dan dapat berfungsi sebagai catatan atau bahkan scrapbook. Masalahnya, tidak semua binder nyaman digunakan.Tidak sedikit loose leaf binder yang ringnya sulit dibuka atau bahkan mudah rusak. Selain itu, banyaknya loose leaf binder, misalnya keluaran Kokuyo, Joyko, atau Bantex bisa saja membuat Anda bingung memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi loose leaf binder terbaik. Selamat menyimak!
    Buku & alat tulis
    887 Views
  • 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2019)
    Buku catatan tidak hanya digunakan untuk bekerja atau belajar, tetapi juga untuk berbagai keperluan lain. Beberapa produsen buku catatan seperti Kikki dan Kokuyo menawarkan beberapa produk terbaiknya. Tentu saja, produk-produk tersebut dibuat dengan jenis kertas, tipe garis, dan motif cover yang berbeda.Karena itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih buku catatan terbaik yang mudah dipakai. Tidak ketinggalan, kami juga merekomendasikan produk buku catatan terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Jadi, simak ulasannya sampai habis ya!
    Buku & alat tulis
    947 Views
  • 10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Stapler Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Stapler banyak digunakan dalam kegiatan sehari-hari untuk bekerja atau untuk keperluan sekolah. Merek seperti Kokuyo, Max, dan Bantex adalah produsen yang terkenal di pasaran yang memproduksi berbagai macam stapler seperti, stapler tanpa isi staples, stapler besar untuk menjilid buku, dan sebagainya.Untuk menemukan stapler yang cocok dan sesuai kebutuhan Anda, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu fungsi dan kegunaan stapler tersebut. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan mencoba memberikan tips cara memilih stapler, serta memberikan rekomendasi produk stapler untuk Anda. Simak artikel kami, dan temukan stapler yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Buku & alat tulis
    591 Views
  • 10 Rekomendasi Busur Derajat Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    10 Rekomendasi Busur Derajat Terbaik (Terbaru Tahun 2019)
    Penggunaan busur derajat untuk mengukur besar sudut telah dikenalkan sejak sekolah dasar. Namun, memilih busur derajat untuk anak-anak saat ini bisa jadi cukup membingungkan karena banyaknya variasi produk yang tersedia, yang polos atau yang berwarna, beragam ukuran angka yang digunakan, dan lainnya.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara pemilihan busur derajat untuk kebutuhan anak sekolah yang bisa dengan mudah Anda dapatkan secara online. Mari baca secara saksama agar tidak salah dalam memilih busur derajat untuk anak Anda.
    Buku & alat tulis
    160 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori