mybest
Teether

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Teether untuk Bayi Terbaik [Ditinjau oleh Bidan]
  • 10 Rekomendasi Teether untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 1
  • 10 Rekomendasi Teether untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 2
  • 10 Rekomendasi Teether untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 3
  • 10 Rekomendasi Teether untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 4
  • 10 Rekomendasi Teether untuk Bayi Terbaik  [Ditinjau oleh Bidan] 5

10 Rekomendasi Teether untuk Bayi Terbaik [Ditinjau oleh Bidan]

Ketika bayi sedang tumbuh gigi, gusi mereka biasanya terasa gatal dan tidak nyaman. Akibatnya, bayi kerap menggigit dan mengisap benda-benda di sekitarnya. Beberapa bayi juga menjadi lebih rewel. Untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, Anda dapat memberikan teether pada bayi Anda.

Agar tidak salah memilih, kenali terlebih dahulu hal-hal penting dari teether bayi. Semuanya akan diulas secara lengkap di dalam artikel ini. Bidan Ony Christy juga turut menyumbangkan komentarnya tentang memilih teether. Kami juga akan memberikan rekomendasi teether yang bagus dari merek Pigeon, Dr. Brown’s, Nuby, dan sebagainya.
Diperbaharui 22/12/2023
Ony Christy
Pakar
Bidan & educreator
Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di rumah sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Profil Ony Christy
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Teether bayi, menstimulasi pertumbuhan gigi bayi

Salah satu tahap perkembangan yang dijalani oleh tiap bayi adalah proses tumbuh gigi. Pada saat itu, teether atau gigitan bayi dapat menjadi mainan terbaik untuk menstimulasi pertumbuhan giginya. Namun, perhatikan juga tumbuh kembang serta usia bayi ketika akan memberikan teether. Simak penjelasan berikut ini untuk memahami selengkapnya.

Manfaat teether bagi bayi

Manfaat teether bagi bayi

Proses tumbuh gigi umumnya membuat bayi merasa tidak nyaman. Efek yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi antara lain adalah gusi terasa gatal dan nyeri. Jadi, si kecil biasanya memasukkan tangan atau benda-benda di sekitarnya ke dalam mulut. 


Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul di area gusi. Fase ini disebut dengan fase oral. Demi mencegah anak memasukkan benda-benda kotor ke dalam mulut, Anda bisa menyediakan teether. Di bawah ini beberapa manfaat dari teether untuk si kecil


  • Menggigit teether dapat membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri di gusi. Dengan demikian, bayi Anda juga tidak akan menjadi rewel.


  • Selain untuk proses tumbuh gigi, teether juga dapat menjadi mainan yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi. 

  • Pijatan yang dihasilkan oleh teether dapat menjadi stimulan bagi gusi. Tujuannya adalah agar gigi bayi dapat tumbuh pada waktu yang tepat dan tidak terlambat.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Setiap bayi akan mengalami fase oral yang merupakan salah satu tahap perkembangan oromotor. Tahap ini berpengaruh terhadap perkembangan bicara dan kemampuan makan anak. Ciri fase oral adalah bayi senang memasukkan segala hal ke dalam mulutnya, menyusu lebih lama, dan senang menggigit.


Pada fase ini, teether berguna untuk menstimulasi pertumbuhan gigi dan mengurangi rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi. Teether juga membantu memuaskan keinginan anak untuk mengeksplorasi area mulut saat dia mengalami fase oral.

Usia yang baik untuk memberikan teether pada bayi

Usia yang baik untuk memberikan teether pada bayi

Ketika berusia 3–4 bulan, biasanya bayi mulai memasuki fase oral. Saat usia tersebut bayi mulai memerlukan teether. Fase oral akan berlangsung hingga tumbuh gigi pertama, sekitar usia 6 bulan atau lebih tergantung tumbuh kembang si kecil.


Fase oral merupakan fase yang sangat penting bagi bayi karena memengaruhi kematangan otot rongga mulut. Jadi, sangat wajar apabila bayi memasukkan tangannya ke dalam mulut. Penggunaan teether menjadi pilihan terbaik karena dinilai lebih aman dan bersih untuk mereka. Namun, pastikan bayi sudah mampu menggenggam dengan erat saat akan diberikan teether.


Fase oral yang terganggu dapat menyebabkan masalah fisik atau mental ketika anak sudah dewasa. Menurut psikoanalisis terkemuka Sigmund Freud, jika fase oral tidak diselesaikan, anak akan terjebak pada fase tersebut. Efeknya, anak akan mengulangi fase oral dengan cara makan berlebihan, bahkan merokok saat dewasa.

Cara memilih teether untuk bayi

Teether yang tepat akan menolong bayi Anda merasa lebih nyaman dalam proses pertumbuhan giginya. Poin penting apa saja yang perlu diperhatikan dari suatu teether? Kami akan mengulasnya di bawah ini.
1

Pilihlah berdasarkan bahan yang digunakan

Terdapat dua jenis bahan yang banyak digunakan untuk membuat teether bayi, yaitu silikon dan kayu. Setiap bahan memiliki karakteristik yang berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Silikon: Karakteristiknya lembut dan memiliki desain lucu

Silikon: Karakteristiknya lembut dan memiliki desain lucu
Bahan silikon terasa lembut dan empuk sehingga sesuai untuk bayi yang giginya belum bertumbuh atau jumlah giginya masih sedikit. Bagian dalam beberapa produk berbahan silikon, bahkan diisi air atau gel sehingga dapat disimpan di dalam kulkas. Jadi, ada sensasi dingin di mulut ketika sedang digunakan oleh bayi. Selain itu, teether silikon biasanya memiliki desain lucu dengan kombinasi warna cerah yang disukai oleh bayi.

Namun, terdapat hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih silikon dengan isi air atau gel. Pastikan bahan bagian paling luar teether cukup kuat dan tebal untuk menghindari kebocoran. Apabila bocor, teether silikon yang berisi cairan dapat berisiko membahayakan bayi saat tertelan. Di samping silikon, ada teether bayi yang terbuat dari bahan TPE dan plastik PP. Simak penjelasannya berikut ini, yuk!


  • TPE dan karet alam (natural rubber)

TPE adalah sejenis campuran antara bahan plastik dan karet sehingga ringan dan elastis. Baik bahan TPE maupun karet alam, keduanya lembut, aman bagi bayi, serta tahan lama. Agar lebih bersih dan higienis, Anda juga dapat memilih produk yang dilengkapi dengan case antidebu.


  • Plastik PP

Bahan ini aman dan telah banyak digunakan untuk membuat mainan anak. Membersihkannya pun tidak sulit. Namun, hindarilah bahan PVC karena mengandung phthalate esters yang dapat merusak kesehatan jika masuk ke dalam tubuh.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Gusi dan mulut bayi merupakan area yang sensitif dan mudah terluka. Pemilihan teether yang memiliki bahan lembut akan mengurangi risiko luka yang mungkin timbul. Selain itu, saat anak tumbuh gigi, mengunyah sesuatu yang dingin akan membantu meredakan bengkak dan rasa gatal atau nyeri pada gusi. Simpanlah teether dalam box dan masukkan ke dalam kulkas untuk mendapatkan sensasi dingin

Kayu alam: Cocok untuk bayi yang giginya mulai banyak

Kayu alam: Cocok untuk bayi yang giginya mulai banyak
Teether berbahan kayu terasa keras dan padat sehingga lebih cocok digunakan oleh bayi yang jumlah giginya sudah lebih banyak. Dengan bahan ini, teether tidak akan mudah rusak ketika digigit oleh bayi. 

Teether kayu alam biasanya didominasi oleh warna-warna natural sehingga dapat memberikan kesan elegan sekaligus hangat. Selain itu, produk ini biasanya dirancang dengan bagian sisi yang tidak tajam sehingga aman untuk bayi.


Saat ini, ada banyak produsen luar negeri yang memproduksi teether kayu. Namun, tidak semua produsen menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki rancangan yang cocok untuk bayi. Sebelum membeli, pastikan produk tersebut dirancang dengan hati-hati hingga detail terkecil. Pilihlah produk yang dibuat oleh produsen yang andal dan bahan pewarna yang dipakai aman.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Teether nantinya akan masuk ke dalam mulut bayi. Jadi, pastikan bahan dan pewarna yang digunakan aman jika seandainya tertelan atau masuk ke dalam mulut bayi. Lakukan perawatan dan penyimpanan teether dengan benar untuk mencegah jamur serta bakteri tumbuh pada teether

2

Gunakan teether yang ukuran dan teksturnya sesuai dengan perkembangan bayi

Hal penting lain yang harus diperhatikan dari teether bayi adalah ukuran dan teksturnya. Seiring pertumbuhan bayi, mereka membutuhkan jenis teether yang berbeda. Karena itu, sebelum memilih teether yang sesuai, Anda sebaiknya mengenal tahap perkembangan bayi terlebih dahulu. Lalu, pilihlah produk yang memiliki tekstur dan ukuran yang sesuai dengan perkembangannya.

Teether berukuran kecil dengan tekstur halus, untuk merangsang pertumbuhan gigi

Teether berukuran kecil dengan tekstur halus, untuk merangsang pertumbuhan gigi
Secara umum, bayi mulai mengalami tumbuh gigi pada usia 4–6 bulan. Namun, tidak semua bayi mengalami tahap perkembangan yang sama. Apabila bayi Anda belum mengalami proses tumbuh gigi, berikanlah teether dengan ukuran kecil dan tekstur yang lebih halus.


Teether berukuran kecil lebih mudah digenggam oleh tangan mungil bayi serta terasa pas untuk mulutnya yang masih kecil. Dengan demikian, teether tidak akan membuat bayi Anda tersedak.


Untuk merangsang pertumbuhan gigi, bayi membutuhkan sedikit tekstur pada teether-nya. Akan tetapi, jika terlalu kasar, gusinya justru bisa terluka. Jadi, Anda sebaiknya memilih produk dengan tekstur yang halus sehingga dapat merangsang pertumbuhan gigi tanpa membuat gusinya terluka.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Umumnya model teether akan dibedakan sesuai usia dan kebutuhan bayi. Teether yang halus dan mudah digenggam menjadi pilihan yang tepat untuk bayi usia 4–6 bulan. Bayi berusia 4–6 bulan biasanya belum memiliki gigi dan sedang memulai fase oral.

Teether besar dengan tekstur agak kasar, dapat mengurangi rasa gatal di gusi

Teether besar dengan tekstur agak kasar, dapat mengurangi rasa gatal di gusi

Setelah gigi bayi mulai tumbuh, gusi mereka akan terasa gatal dan agak membengkak. Pembengkakan tersebut menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Dalam kondisi seperti itu, teether dengan tekstur yang lebih kasar akan dibutuhkan. 


Tekstur yang kasar dapat membantu memberikan rasa nyaman dan menghilangkan rasa gatal di gusi bayi. Anda juga bisa memberikan produk dengan ukuran yang lebih besar karena tangan bayi juga sudah mulai membesar. Gusi bayi terasa nyaman, genggaman tangannya pun terasa lebih pas.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Seiring bertambahnya usia bayi, tentu ukuran mulut dan kemampuan menggenggam bayi mulai bertambah. Karena itu, Anda bisa memilih teether yang lebih besar dengan tekstur yang lebih kasar. Teether ini akan merangsang pertumbuhan gigi yang biasanya mulai tumbuh di atas usia 6 bulan.


Selain itu, biasanya makin bertambah usia, kemampuan menggigit bayi makin kuat. Karena itu, penting memilih tekstur teether yang tidak mudah rusak meski digigit-gigit. 

3

Pertimbangkan produk yang berwarna dan bisa berbunyi supaya disukai bayi

Pertimbangkan produk yang berwarna dan bisa berbunyi supaya disukai bayi
Akan lebih baik jika teether pilihan Anda juga memiliki warna yang menarik dan bisa berbunyi. Teether yang berwarna-warni akan menarik perhatian bayi. Bayi Anda juga akan lebih bersemangat jika teether-nya dapat mengeluarkan bunyi ketika sedang digoyangkan. Dengan demikian, produk tersebut sekaligus dapat menstimulasi indra penglihatan dan pendengaran si kecil.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Indra penglihatan bayi biasanya mulai sempurna pada usia 4–6 bulan. Pada usia ini bayi mulai bisa mengenali warna-warna yang ada di sekitarnya. Memberikan teether berwarna cerah akan membantu menstimulasi indra penglihatannya dan membantunya mengenal warna-warna.


Selain itu, biasanya bayi lebih tertarik pada benda yang bisa berbunyi. Bayi tidak mudah bosan jika teether-nya bisa berbunyi. Hal ini juga akan membantu menstimulasi organ pendengaran bayi dan membuatnya bisa mengenali suara.

4

Teether yang dapat dijadikan mainan juga dapat dipilih

Teether yang dapat dijadikan mainan juga dapat dipilih
Bayi tentu tidak selamanya membutuhkan gigitan. Agar lebih menguntungkan, Anda dapat memilih produk yang sekaligus dapat dijadikan mainan. Jadi, jika nanti bayi Anda tidak lagi membutuhkan teether, Anda dapat menjadikan produk tersebut sebagai salah satu mainannya. Selain itu, teether dengan bentuk yang lucu dan bisa digantung di stroller juga akan memberi manfaat lebih. Anda bisa membawanya ketika bepergian sehingga anak dapat memainkannya.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bayi cenderung mudah bosan dan senang mengeksplorasi hal baru. Teether yang bisa beralih fungsi sebagai mainan tentu akan sangat bermanfaat. Tak hanya membantu stimulasi sensorik, teether tersebut juga bisa melatih motorik bayi ketika memainkannya.

5

Perhatikan aspek keamanannya

Perhatikan aspek keamanannya
Ketika hendak membeli, pastikan bahwa teether terbuat dari bahan yang bebas BPA dan sesuai dengan standar food grade. Artinya, produk tersebut tidak mengandung zat-zat beracun yang berbahaya bagi tubuh. Alhasil, Anda dapat dengan tenang membiarkan bayi memasukkan teether ke dalam mulutnya.

Apabila Anda memilih teether kayu, perhatikan juga bentuk dan lekuk dari produk tersebut. Bagian yang tajam dan bersudut berisiko melukai mulut bayi. Untuk itu, gunakan teether yang dirancang dengan bentuk yang lembut dan aman.


Pastikan juga teether yang akan dipilih dapat menahan suhu mulai dari -40  hingga 200 . Hal ini dilakukan agar teether dapat disterilkan dengan aman menggunakan sterilizer atau direbus dengan air mendidih.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Selalu ingat bahwa teether nantinya akan masuk ke dalam mulut bayi, entah itu untuk digigit atau hanya digunakan sebagai mainan. Jadi, pastikan bahan teether-nya aman, food grade, lulus quality check (QC), dan tidak memiliki sisi yang tajam. Pastikan juga teether dibuat oleh produsen yang memang memiliki kualifikasi untuk membuat produk bayi sehingga terjamin kualitasnya. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Teether untuk Bayi Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Teether untuk Bayi terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 08 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Untuk usia
Bahan
Ukuran
Tekstur
Berat
Pilihan warna
Berbunyi
Food grade
BPA Free
Sertifikasi
1

Pigeon

Teether Step 1

Pigeon  Teether Step 1 1

Rp97.800

Menengah

Latih anak memegang cangkir dengan teether berbentuk cangkir

4 bulan ke atas

Polypropylene, thermoplastic elastomer

Besar

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Hijau

Tidak diketahui

Tidak diketahui

2

Nuby

NanaNubs Banana Massaging Toothbrush

Nuby NanaNubs Banana Massaging Toothbrush 1

Rp99.000

Menengah

Merangsang pertumbuhan gigi sekaligus membersihkan gusi dengan teether ini

3 bulan ke atas

Silikon

Besar

Halus

Tidak diketahui

Kuning, merah muda

Tidak diketahui

3

IMUNDEX

Cooling Water Teether – Ring Type

IMUNDEX Cooling Water Teether – Ring Type 1

Rp40.000

Lebih Murah

Redakan ngilu pada gusi dengan teether dingin berisi air

4 bulan ke atas

Tidak diketahui

Besar

Agak kasar

150 gram

Pink-purple, green blue

Tidak diketahui

ASTM F963 & EN71

4

Coconi

COCONI Octopus Wristband Teether With Case

Coconi  COCONI Octopus Wristband Teether With Case  1

Rp59.000

Agak Murah

Berbentuk seperti gelang yang bisa disesuaikan ukuran tangan bayi

3 bulan ke atas

Silikon

Kecil

Halus

Tidak diketahui

Oranye

Tidak diketahui

5

Comotomo

Teether Orange

Comotomo  Teether Orange 1

Rp140.000

Lebih Mahal

Berbentuk menyerupai jari-jari bayi, benda favorit pertamanya

3 bulan ke atas

Silikon

Kecil

Halus

Tidak diketahui

Biru, oranye

Tidak diketahui

ASTM F963, CPSIA, EN STANDARD

6

Mothercare

Penguin Teether

Mothercare  Penguin Teether 1

Rp89.000

Menengah

Penguin kecil lucu berwarna-warni bikin anak bayi tertarik

Tidak diketahui

EVA, ABS

Kecil

Halus

Tidak diketahui

Biru

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Dr. Brown's

Ridgees Giraffe Teether

Dr. Brown's Ridgees Giraffe Teether  1

Rp114.000

Agak Mahal

Dapat menjangkau hingga geraham belakang bayi

3 bulan ke atas

Silikon

Besar

Halus

32 gram

Krem

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Nuby

Silicone Collapsible Ball Teether

Nuby  Silicone Collapsible Ball Teether  1

Rp109.000

Agak Mahal

Menenangkan gusi yang ngilu sekaligus melatih motorik halus bayi

3 bulan ke atas

Silikon

Kecil

Halus

Tidak diketahui

Biru, merah muda

Tidak diketahui

9

Baby Loop

Bunny Wooden Teether

Baby Loop Bunny Wooden Teether 1

Rp39.000

Lebih Murah

Rangsang saraf sensorik bayi dengan dua bahan yang berbeda

3 bulan ke atas

Kain, kayu

Kecil

Agak kasar

150 gram

Biru, biru fantastik, hijau, abu-abu, ungu, mint, kuning

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

SNI

10

Playgro

In My Garden Apple Rattle

Playgro In My Garden Apple Rattle 1

Rp119.000

Agak Mahal

Bisa digantungkan di kasur atau stroller, dijamin bayi anteng berjam-jam

3 bulan ke atas

ABS, PP

Besar

Agak kasar

Tidak diketahui

Merah-biru

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Pigeon Teether Step 1

Teether Step 1 1
Sumber: pigeon.co.id
Teether Step 1 2
Sumber: shopee.co.id
Teether Step 1 3
Sumber: shopee.co.id
Teether Step 1 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp97.800
Menengah
Harga referensi
Rp97.800
Menengah

Latih anak memegang cangkir dengan teether berbentuk cangkir

Teether dari Pigeon ini berbentuk unik. Produk ini berbentuk menyerupai cangkir dengan handel di bagian tengah yang bisa disesuaikan dengan tangan bayi. Bentuknya yang unik ini dapat merangsang tangan bayi untuk memasukkan cangkir atau botol minumnya ke mulut. Di samping itu, produk ini memiliki permukaan yang berbeda sehingga pertumbuhan bibir dan mulut bayi bisa terangsang.

Untuk usia4 bulan ke atas
BahanPolypropylene, thermoplastic elastomer
UkuranBesar
TeksturTidak diketahui
BeratTidak diketahui
Pilihan warnaHijau
Berbunyi
Food gradeTidak diketahui
BPA Free
SertifikasiTidak diketahui
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

NubyNanaNubs Banana Massaging Toothbrush

Harga referensi
Rp99.000
Menengah

Merangsang pertumbuhan gigi sekaligus membersihkan gusi dengan teether ini

Sesuai namanya, teether Nuby berbentuk pisang ini juga berfungsi sebagai sikat gigi. Produk ini memiliki bulu sikat halus dari silikon yang dapat memijat gusi sekaligus membersihkannya. Sangat pas dipilih apabila Anda ingin mengenalkan sikat gigi pada anak sedari dini. Teether ini juga dapat digunakan untuk mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut semenjak bayi.

Untuk usia3 bulan ke atas
BahanSilikon
UkuranBesar
TeksturHalus
BeratTidak diketahui
Pilihan warnaKuning, merah muda
Berbunyi
Food grade
BPA Free
SertifikasiTidak diketahui
View all
No.3

IMUNDEXCooling Water Teether – Ring Type

Harga referensi
Rp40.000
Lebih Murah

Redakan ngilu pada gusi dengan teether dingin berisi air

IMUNDEX Cooling Water Teether Ring Type berisikan 100% air steril. Jadi, Anda dapat mendinginkan teether ini di dalam kulkas bagian cooler terlebih dahulu sebelum digunakan oleh si kecil. Saat menggigitnya, ngilu pada gusi buah hati Anda pun akan lebih cepat reda berkat sensasi dinginnya.


Produk ini pas digunakan untuk meredakan ngilu pada gusi dengan cepat saat si kecil rewel. Karena dilengkapi wadah penyimpanan, Anda pun dapat membawa teether ini ke mana pun dengan aman.

Untuk usia4 bulan ke atas
BahanTidak diketahui
UkuranBesar
TeksturAgak kasar
Berat150 gram
Pilihan warnaPink-purple, green blue
Berbunyi
Food gradeTidak diketahui
BPA Free
SertifikasiASTM F963 & EN71
View all
No.4

Coconi COCONI Octopus Wristband Teether With Case

Harga referensi
Rp59.000
Agak Murah

Berbentuk seperti gelang yang bisa disesuaikan ukuran tangan bayi

Produk ini sangat cocok dipakai bayi ketika bepergian. Pasalnya, produk ini berbentuk seperti gelang yang bisa dipasang di tangan bayi sehingga dapat mencegahnya terlepas. Selain itu, adanya pegangan di bagian tengah memudahkan tangan bayi menggenggamnya. Anda pun tidak perlu khawatir, karena produk ini dilengkapi strap yang dapat disesuaikan dengan ukuran bayi Anda. 

Untuk usia3 bulan ke atas
BahanSilikon
UkuranKecil
TeksturHalus
BeratTidak diketahui
Pilihan warnaOranye
Berbunyi
Food grade
BPA Free
SertifikasiTidak diketahui
View all
No.5

Comotomo Teether Orange

Harga referensi
Rp140.000
Lebih Mahal

Berbentuk menyerupai jari-jari bayi, benda favorit pertamanya

Anda pasti tahu bahwa bayi suka mengemut jari-jarinya, bukan? Jika Anda ingin mengalihkannya, cobalah menggunakan teether ini. Teether ini berbentuk menyerupai jari-jari. Menariknya, teether ini berukuran kecil dengan tiap bagiannya disesuaikan dengan bentuk rahang bayi. Dengan begitu, risiko bayi tersedak pun bisa terhindarkan. Produk ini pun bertekstur kenyal sehingga nyaman digigit bayi.

Untuk usia3 bulan ke atas
BahanSilikon
UkuranKecil
TeksturHalus
BeratTidak diketahui
Pilihan warnaBiru, oranye
Berbunyi
Food gradeTidak diketahui
BPA Free
SertifikasiASTM F963, CPSIA, EN STANDARD
View all
No.6

Mothercare Penguin Teether

Harga referensi
Rp89.000
Menengah

Penguin kecil lucu berwarna-warni bikin anak bayi tertarik

Teether dari Mothercare ni memiliki bentuk yang lucu. Teether ini berbentuk penguin dengan perpaduan warna biru, oranye, dan putih. Bagian kepala penguin dilengkapi bola warna-warni yang bisa bergerak yang pasti menarik hati bayi Anda. Teether yang berisi air ini bisa Anda dinginkan di dalam kulkas sehingga cocok untuk membuat gusi bayi nyaman ketika si kecil tumbuh gigi.

Untuk usiaTidak diketahui
BahanEVA, ABS
UkuranKecil
TeksturHalus
BeratTidak diketahui
Pilihan warnaBiru
Berbunyi
Food gradeTidak diketahui
BPA FreeTidak diketahui
SertifikasiTidak diketahui
View all
No.7

Dr. Brown'sRidgees Giraffe Teether

Harga referensi
Rp114.000
Agak Mahal

Dapat menjangkau hingga geraham belakang bayi

Produk ini didesain oleh dokter gigi anak. Produk ini sudah didesain sedemikian rupa untuk membuat gigi dan gusi bayi nyaman. Bahkan, produk ini dapat menjangkau hingga bagian geraham belakang bayi. Beragam teksturnya juga membantu melegakan gusi si kecil yang nyeri. Jadi, jika Anda mencari teether yang dapat menjangkau seluruh bagian gigi dan gusi, pilihlah produk ini.

Untuk usia3 bulan ke atas
BahanSilikon
UkuranBesar
TeksturHalus
Berat32 gram
Pilihan warnaKrem
Berbunyi
Food gradeTidak diketahui
BPA Free
SertifikasiTidak diketahui
View all
No.8

Nuby Silicone Collapsible Ball Teether

Harga referensi
Rp109.000
Agak Mahal

Menenangkan gusi yang ngilu sekaligus melatih motorik halus bayi

Produk ini sangat praktis karena memiliki dua fungsi. Selain untuk menenangkan gusi bayi, produk ini bisa digunakan sebagai mainan untuk menstimulasi motorik halus bayi. Hal ini karena bentuk teether ini menyerupai bola yang elastis dan bisa diremas bayi. Selain itu, permukaan produk ini memiliki tekstur yang beragam untuk melatih sensori sekaligus merangsang pertumbuhan gigi bay.

Untuk usia3 bulan ke atas
BahanSilikon
UkuranKecil
TeksturHalus
BeratTidak diketahui
Pilihan warnaBiru, merah muda
Berbunyi
Food grade
BPA Free
SertifikasiTidak diketahui
View all
No.9

Baby LoopBunny Wooden Teether

Harga referensi
Rp39.000
Lebih Murah

Rangsang saraf sensorik bayi dengan dua bahan yang berbeda

Bunny Wooden Teether menggunakan dua jenis bahan yang berbeda, yaitu kayu dan kain. Tak sembarangan, Baby Loop menggunakan kain standar OEKO-TEX yang telah teruji aman bagi lingkungan dan kesehatan. Kain yang digunakan lembut dan bertekstur sehingga baik untuk merangsang saraf sensorik anak.


Teether ini memiliki beragam pilihan warna yang cocok untuk anak laki-laki ataupun perempuan. Melihat harganya yang terjangkau, produk ini bisa dijadikan pilihan bagi Anda yang menginginkan teether yang ekonomis.

Untuk usia3 bulan ke atas
BahanKain, kayu
UkuranKecil
TeksturAgak kasar
Berat150 gram
Pilihan warnaBiru, biru fantastik, hijau, abu-abu, ungu, mint, kuning
BerbunyiTidak diketahui
Food gradeTidak diketahui
BPA FreeTidak diketahui
SertifikasiSNI
View all
No.10

PlaygroIn My Garden Apple Rattle

Harga referensi
Rp119.000
Agak Mahal

Bisa digantungkan di kasur atau stroller, dijamin bayi anteng berjam-jam

Produk ini sangat pas di gantungkan di atas kasur atau stroller bayi ketika bepergian. Bagian atas produk ini terdapat gantungan untuk menggantungnya. Produk ini berbentuk apel dengan dua sisi. Satu sisinya berisi manik-manik yang bisa bergerak untuk mengeluarkan bunyi. Bunyi tersebut dapat merangsang indera pendengaran bayi. Sementara itu, satu sisinya bertekstur yang bisa digigit bayi. 

Untuk usia3 bulan ke atas
BahanABS, PP
UkuranBesar
TeksturAgak kasar
BeratTidak diketahui
Pilihan warnaMerah-biru
Berbunyi
Food gradeTidak diketahui
BPA Free
SertifikasiTidak diketahui
View all

Beberapa hal seputar teether yang perlu Anda ketahui

Selain menjelaskan cara memilih teether dan merekomendasikan produk-produknya, kami memiliki beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui. Agar informasi yang Anda dapatkan makin komplet, simak pemahasannya di bawah ini.

Ingatlah untuk secara rutin mensterilkan teether bayi

Ingatlah untuk secara rutin mensterilkan teether bayi
Daya tahan tubuh bayi belum terbentuk dengan optimal. Karena itu, sangat penting untuk menjaga agar tiap perlengkapan yang digunakan senantiasa bersih dan steril, termasuk teether. Setiap produk teether mungkin memiliki panduan cara membersihkan yang berbeda. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal tersebut pada petunjuk yang tersedia. Nah, sebagai gambaran, simak poin-poin berikut ini.

  • Beberapa produk dapat dibersihkan dengan cara direbus. Sebaliknya, beberapa lainnya tidak boleh direbus.

  • Ada juga produk yang harus dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus untuk bayi.

  • Agar lebih praktis, kami sarankan Anda menggunakan teether yang bisa dicuci dengan mesin pencuci piring.

  • Lebih baik lagi jika teether dapat disterilkan menggunakan sterilizer. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Teether yang tidak dibersihkan dengan baik nantinya malah akan menjadi sumber kuman dan penyakit bagi bayi. Daya tahan dan imunitas bayi yang belum sempurna dapat menyebabkan bayi mudah sakit terutama jika lingkungannya tidak bersih.


Bayi bisa saja mengalami diare, jamur pada area mulut, disentri, atau masalah kesehatan lain. Karena itu, bersihkanlah teether sesuai petunjuk di kemasan dan simpan pada wadah yang bersih dan tertutup.

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Teether sangat bermanfaat bagi bayi yang sedang mengalami fase oral atau masa tumbuh gigi. Jika fase oral dapat dilalui dengan baik, perkembangan organ pencernaan dan kemampuan berbicara bayi akan maksimal.


Rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi dapat menyebabkan bayi mengalami GTM, susah makan, atau susah menyusu. Namun, jika bisa diredakan dengan penggunaan teether, tentunya bayi tidak akan terlalu merasa terganggu. Selain itu, si kecil pun bisa makan atau menyusu seperti biasa. 

5 Rekomendasi Teether untuk Bayi terbaik

No. 1: Pigeon Teether Step 1

No. 2: NubyNanaNubs Banana Massaging Toothbrush

No. 3: IMUNDEXCooling Water Teether – Ring Type

No. 4: Coconi COCONI Octopus Wristband Teether With Case

No. 5: Comotomo Teether Orange

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan & perawatan bayi
  4. 10 Rekomendasi Teether untuk Bayi Terbaik [Ditinjau oleh Bidan]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.