• 10 Teether Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Teether Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Teether Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Teether Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Teether Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Teether Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)

Ketika bayi sedang tumbuh gigi, gusi mereka biasanya terasa gatal dan tidak nyaman. Akibatnya, bayi kerap menggigit dan mengisap benda-benda di sekitarnya. Beberapa bayi juga menjadi lebih rewel. Untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, Anda dapat memberikan teether pada bayi Anda.

Agar tidak salah memilih, kenali terlebih dahulu hal-hal penting dari teether bayi. Semuanya akan diulas secara lengkap di dalam artikel ini. Bidan Ony Christy juga turut menyumbangkan komentarnya tentang memilih teether. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bagus dari merek Pigeon, Dr. Brown’s, Nuby, dan sebagainya.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ony Christy
  • Pembaharuan terakhir: 08 September 2021
  • 35.080 Views
Daftar isi

Profil pakar: Bidan Ony Christy

Profil pakar: Bidan Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Teether bayi, menstimulasi pertumbuhan gigi bayi

Salah satu tahap perkembangan yang dijalani oleh tiap bayi adalah proses tumbuh gigi. Pada saat itu, teether atau gigitan bayi dapat menjadi mainan terbaik untuk menstimulasi pertumbuhan giginya. Namun, perhatikan juga tumbuh kembang serta usia bayi ketika akan memberikan teether. Simak penjelasan berikut ini untuk memahami selengkapnya.

Manfaat teether bagi bayi

Manfaat teether bagi bayi

Proses tumbuh gigi umumnya membuat bayi merasa tidak nyaman. Efek yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi antara lain adalah gusi terasa gatal dan nyeri. Jadi, si kecil biasanya memasukkan tangan atau benda-benda di sekitarnya ke dalam mulut. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul di area gusi. Fase ini disebut dengan fase oral.


Demi mencegah anak memasukkan benda-benda kotor ke dalam mulut, Anda bisa menyediakan teether. Menggigit teether dapat membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri di gusi. Dengan demikian, bayi Anda juga tidak akan menjadi rewel.


Selain untuk proses tumbuh gigi, teether juga dapat menjadi mainan yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi. Pijatan yang dihasilkan oleh teether dapat menjadi stimulan bagi gusi. Tujuannya adalah agar gigi bayi dapat tumbuh pada waktu yang tepat dan tidak terlambat.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Setiap bayi akan mengalami fase oral yang merupakan salah satu tahap perkembangan oromotor. Tahap ini berpengaruh terhadap perkembangan bicara dan kemampuan makan anak. Salah satu ciri fase oral adalah bayi biasanya senang memasukan segala hal ke dalam mulutnya, menyusu lebih lama, dan senang menggigit.


Pada fase ini, teether berguna untuk menstimulasi pertumbuhan gigi dan mengurangi rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi. Teether juga membantu memuaskan keinginan anak untuk mengeksplor area mulut saat dia mengalami fase oral.

Usia yang baik untuk memberikan teether pada bayi

Usia yang baik untuk memberikan teether pada bayi

Ketika berusia 3–4 bulan, biasanya bayi mulai memasuki fase oral. Saat usia tersebut bayi mulai memerlukan teether. Fase oral akan berlangsung hingga tumbuh gigi pertama, sekitar usia 6 bulan atau lebih tergantung tumbuh kembang si kecil.


Fase oral merupakan fase yang sangat penting bagi bayi karena memengaruhi kematangan otot rongga mulut. Jadi, sangat wajar apabila bayi memasukkan tangannya ke dalam mulut. Penggunaan teether menjadi pilihan terbaik karena dinilai lebih aman dan bersih untuk mereka. Namun, pastikan bayi sudah mampu menggenggam dengan erat saat akan diberikan teether.


Fase oral yang terganggu dapat menyebabkan masalah fisik maupun mental ketika anak sudah dewasa. Menurut psikoanalisis terkemuka Sigmund Freud, jika fase oral tidak diselesaikan, anak akan terjebak pada fase tersebut. Efeknya, anak akan mengulangi fase oral dengan cara makan berlebihan, bahkan merokok saat dewasa.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teether untuk bayi

Teether yang tepat akan menolong bayi Anda merasa lebih nyaman dalam proses pertumbuhan giginya. Poin penting apa saja yang perlu diperhatikan dari suatu teether? Kami akan mengulasnya di bawah ini.

Pilihlah berdasarkan bahan yang digunakan

Terdapat dua jenis bahan yang banyak digunakan untuk membuat teether bayi, yaitu silikon dan kayu. Masing-masing bahan memiliki karakteristik yang berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Silikon, lembut dan memiliki desain yang lucu

Silikon, lembut dan memiliki desain yang lucu
Bahan silikon terasa lembut dan empuk sehingga sesuai untuk bayi yang giginya belum bertumbuh atau jumlah giginya masih sedikit. Bagian dalam beberapa produk berbahan silikon bahkan diisi air atau gel sehingga dapat disimpan di dalam kulkas. Jadi, ada sensasi dingin di mulut ketika sedang digunakan oleh bayi. Selain itu, teether silikon biasanya memiliki desain lucu dengan kombinasi warna cerah yang disukai oleh bayi.

Namun, terdapat hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih silikon dengan isi air atau gel. Pastikan bahan bagian paling luar teether cukup kuat dan tebal untuk menghindari kebocoran. Apabila bocor, teether silikon yang berisi cairan dapat berisiko membahayakan bayi saat tertelan.


Di samping silikon, ada teether bayi yang terbuat dari bahan TPE dan karet alam (natural rubber). TPE adalah sejenis campuran antara bahan plastik dan karet sehingga ringan dan elastis. Baik bahan TPE maupun karet alam, keduanya lembut, aman bagi bayi, serta tahan lama. Agar lebih bersih dan higienis, Anda juga dapat memilih produk yang dilengkapi dengan case antidebu.


Bahan lain yang dapat Anda pilih adalah plastik PP. Bahan tersebut aman dan telah banyak digunakan untuk membuat mainan anak. Membersihkannya pun tidak sulit. Namun, ingatlah untuk menghindari bahan PVC karena mengandung phthalate esters yang dapat merusak kesehatan jika masuk ke dalam tubuh.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Gusi dan mulut bayi merupakan area yang sensitif dan mudah terluka. Pemilihan teether yang memiliki bahan lembut akan mengurangi risiko luka yang mungkin timbul. Selain itu, saat anak tumbuh gigi, mengunyah sesuatu yang dingin akan membantu meredakan bengkak dan rasa gatal atau nyeri pada gusi. Simpanlah teether dalam box dan masukkan ke dalam kulkas untuk mendapatkan sensasi dingin

Kayu alam, untuk bayi yang giginya mulai banyak

Kayu alam, untuk bayi yang giginya mulai banyak
Teether berbahan kayu terasa keras dan padat sehingga lebih cocok digunakan oleh bayi yang jumlah giginya sudah lebih banyak. Dengan bahan ini, teether tidak akan mudah rusak ketika digigit oleh bayi. 

Teether kayu alam biasanya didominasi oleh warna-warna natural sehingga dapat memberikan kesan elegan sekaligus hangat. Selain itu, produk ini biasanya dirancang dengan bagian sisi yang tidak tajam sehingga aman untuk bayi.


Saat ini ada banyak produsen luar negeri yang memproduksi teether kayu. Akan tetapi, tidak semua produsen menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki rancangan yang cocok untuk bayi. Sebelum membeli, pastikan produk tersebut dirancang dengan hati-hati hingga pada detail terkecil. Pastikan juga bahan pewarna yang dipakai aman. Pilihlah produk yang dibuat oleh produsen yang andal.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Teether nantinya akan masuk ke dalam mulut bayi. Jadi, pastikan bahan dan pewarna yang digunakan untuk membuat teether aman jika seandainya tertelan atau masuk ke dalam mulut bayi. Lakukan perawatan dan penyimpanan teether dengan benar untuk mencegah jamur serta bakteri tumbuh pada teether

Gunakan teether yang ukuran dan teksturnya sesuai dengan perkembangan bayi

Hal penting lain yang harus diperhatikan dari teether bayi adalah ukuran dan teksturnya. Seiring pertumbuhan bayi, mereka membutuhkan jenis teether yang berbeda. Karena itu, sebelum memilih teether yang sesuai, Anda sebaiknya mengenal tahap perkembangan bayi terlebih dahulu. Lalu, pilihlah produk yang memiliki tekstur dan ukuran yang sesuai dengan perkembangannya.

Teether berukuran kecil dengan tekstur halus, untuk merangsang pertumbuhan gigi

Teether berukuran kecil dengan tekstur halus, untuk merangsang pertumbuhan gigi
Secara umum, bayi mulai mengalami tumbuh gigi pada usia 4–6 bulan. Namun, tidak semua bayi mengalami tahap perkembangan yang sama. Apabila bayi Anda belum mengalami proses tumbuh gigi, Anda bisa memberikan teether dengan ukuran kecil dan tekstur yang lebih halus.


Teether berukuran kecil lebih mudah digenggam oleh tangan mungil bayi serta terasa pas untuk mulutnya yang masih kecil. Dengan demikian, teether tidak akan membuat bayi Anda tersedak.


Untuk merangsang pertumbuhan gigi, bayi membutuhkan sedikit tekstur pada teether-nya. Akan tetapi, jika terlalu kasar, gusinya justru bisa terluka. Karena itu, Anda sebaiknya memilih produk dengan tekstur yang halus sehingga dapat merangsang pertumbuhan gigi tanpa membuat gusinya terluka.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Umumnya model teether akan dibedakan sesuai usia dan kebutuhan bayi. Teether yang halus dan mudah digenggam menjadi pilihan yang tepat untuk bayi usia 4–6 bulan. Bayi berusia 4–6 bulan biasanya belum memiliki gigi dan sedang memulai fase oral.

Teether besar dengan tekstur agak kasar, dapat mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman di gusi

Teether besar dengan tekstur agak kasar, dapat mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman di gusi

Setelah gigi bayi mulai tumbuh, gusi mereka akan terasa gatal dan agak membengkak. Pembengkakan tersebut menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Dalam kondisi seperti itu, teether dengan tekstur yang lebih kasar akan dibutuhkan. Tekstur yang kasar dapat membantu memberikan rasa nyaman dan menghilangkan rasa gatal di gusi bayi.


Anda juga bisa memberikan produk dengan ukuran yang lebih besar karena tangan bayi juga sudah mulai membesar. Gusi bayi terasa nyaman, genggaman tangannya pun terasa lebih pas.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Seiring bertambahnya usia bayi tentu ukuran mulut dan kemampuan menggenggam bayi mulai bertambah. Karena itu, Anda bisa memilih teether yang lebih besar dengan tekstur yang lebih kasar. Teether ini akan merangsang pertumbuhan gigi yang biasanya mulai tumbuh di atas usia 6 bulan.


Selain itu, biasanya makin bertambah usia, kemampuan menggigit bayi makin kuat. Karena itu, penting memilih tekstur teether yang tidak mudah rusak meski digigit-gigit. 

Sebisa mungkin, cari produk yang berwarna dan bisa berbunyi supaya disukai bayi

Sebisa mungkin, cari produk yang berwarna dan bisa berbunyi supaya disukai bayi
Akan lebih baik jika teether pilihan Anda juga memiliki warna yang menarik dan bisa berbunyi. Teether yang berwarna-warni akan menarik perhatian bayi. Bayi Anda juga akan lebih bersemangat jika teether-nya dapat mengeluarkan bunyi ketika sedang digoyangkan. Dengan demikian, produk tersebut sekaligus dapat menstimulasi indra penglihatan dan pendengaran si kecil.
Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Indra penglihatan bayi biasanya mulai sempurna pada usia 4–6 bulan. Pada usia ini bayi mulai bisa mengenali warna-warna yang ada di sekitarnya. Memberikan teether berwarna cerah akan membantu menstimulasi indra penglihatannya dan membantunya mengenal warna-warna.


Selain itu, biasanya bayi lebih tertarik pada benda yang bisa berbunyi. Bayi tidak mudah bosan jika teether-nya bisa berbunyi. Hal ini juga akan membantu menstimulasi organ pendengaran bayi dan membuatnya bisa mengenali suara.

Pertimbangkan teether yang juga dapat dijadikan mainan

Pertimbangkan teether yang juga dapat dijadikan mainan
Bayi tentu tidak selamanya membutuhkan gigitan. Agar lebih menguntungkan, Anda dapat memilih produk yang sekaligus dapat dijadikan mainan. Jadi, jika nanti bayi Anda tidak lagi membutuhkan teether, Anda dapat menjadikan produk tersebut sebagai salah satu mainannya.

Selain itu, teether dengan bentuk yang lucu dan bisa digantung di stroller juga akan memberi manfaat lebih. Anda bisa membawanya ketika bepergian sehingga anak dapat memainkannya.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Bayi cenderung mudah bosan dan senang mengeksplorasi hal baru. Teether yang bisa beralih fungsi sebagai mainan tentu akan sangat bermanfaat dan membantu stimulasi sensorik dan motorik bayi ketika memainkannya.

Perhatikan juga aspek keamanannya

Perhatikan juga aspek keamanannya
Ketika hendak membeli, pastikan bahwa teether terbuat dari bahan yang bebas BPA dan sesuai dengan standar food grade. Artinya, produk tersebut tidak mengandung zat-zat beracun yang berbahaya bagi tubuh. Dengan demikian, Anda dapat dengan tenang membiarkan bayi memasukkan teether ke dalam mulutnya.

Apabila Anda memilih teether kayu, perhatikan juga bentuk dan lekuk dari produk tersebut. Bagian yang tajam dan bersudut berisiko melukai mulut bayi. Untuk itu, gunakan teether yang dirancang dengan bentuk yang lembut dan aman.


Pastikan juga teether yang akan dipilih dapat menahan suhu dari -40 hingga 200. Hal ini dilakukan agar teether dapat disterilkan dengan aman menggunakan sterilizer atau direbus dengan air mendidih.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Selalu ingat bahwa teether nantinya akan masuk ke dalam mulut bayi, entah itu untuk digigit atau hanya digunakan sebagai mainan. Oleh karena itu, pastikan teether menggunakan bahan yang aman, food grade, lulus quality check (QC), dan tidak memiliki sisi yang tajam. Pastikan juga teether dibuat oleh produsen yang memang memiliki kualifikasi untuk membuat produk bayi sehingga terjamin kualitasnya. 

10 Rekomendasi teether terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teether bayi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.
10
BahanKayu alam, silikon
TeksturHalus
Target usiaTidak diketahui
Aspek keamananBebas BPA, bebas bahan kimia
9

Sophie La Girafe Vanilla Teether

Mulai dari Rp 219.000,00

BahanKaret alam
TeksturHalus dan agak kasar
Target usia3 bulan ke atas
Aspek keamananBebas BPA, bebas phthalates
8
BahanSilikon
TeksturAgak halus dan agak kasar
Target usia3 bulan ke atas
Aspek keamananSertifikasi FDA, EN71 Uni Eropa, dan BSMI Taiwan
7

Baby LoopBunny Wooden Teether

Mulai dari Rp 39.000,00

BahanKayu, kain
TeksturHalus
Target usia3 bulan ke atas
Aspek keamananKain sertifikasi OEKO-TEX
6

Dr. Brown’sLearning Loop Teether

Mulai dari Rp 152.500,00

BahanSilikon
TeksturHalus dan agak kasar
Target usia3 bulan ke atas
Aspek keamananBebas BPA
5
BahanTidak diketahui
TeksturHalus dan agak kasar
Target usia7 bulan ke atas
Aspek keamananTidak diketahui
4

IMUNDEXCooling Water Teether – Ring Type

Mulai dari Rp 40.000,00

BahanTidak diketahui
TeksturAgak halus
Target usia4 bulan ke atas
Aspek keamananBebas BPA, bebas PVC, sertifikasi SNI, memenuhi syarat keamanan ASTM F963 dan EN71
3

NubyNanaNubs Banana Massaging Toothbrush

Mulai dari Rp 99.000,00

BahanSilikon
TeksturAgak halus
Target usia3 bulan ke atas
Aspek keamananBebas BPA
2
BahanTidak diketahui
TeksturHalus dan agak kasar
Target usia3 bulan ke atas
Aspek keamananTidak diketahui
1

benben.partnerMutmut Premium Teether

Mulai dari Rp 125.000,00

BahanSilikon
TeksturAgak halus
Target usia3 bulan ke atas
Aspek keamananBebas BPA, bebas phthalates

Tabel perbandingan produk teether terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
benben.partner Mutmut Premium Teether 1

benben.partner

2
Playgro Swirly Teething Rattle 1

Playgro

5
Pigeon Training Teether Step 2 1

Pigeon

6
Dr. Brown’s Learning Loop Teether 1

Dr. Brown’s

7
Baby Loop Bunny Wooden Teether 1

Baby Loop

8
Mombella Flower Fruit Teether 1

Mombella

9
Sophie La Girafe  Vanilla Teether 1

Sophie La Girafe

10
You&Me Wooden Car 1

You&Me

Nama produk

Mutmut Premium Teether

Swirly Teething Rattle

Training Teether Step 2

Learning Loop Teether

Bunny Wooden Teether

Flower Fruit Teether

Vanilla Teether

Wooden Car

Keunggulan

Pas di tangan, tak khawatir terlepas dari genggaman

Bisa berbunyi untuk menstimulasi pendengaran bayi

Tiap bagian gigitannya memiliki tingkat kelembutan dan kehalusan yang berbeda

Warnanya menarik! Bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian si kecil

Rangsang saraf sensorik bayi dengan dua bahan yang berbeda

Bentuknya simpel, teksturnya beragam

Menggigit jadi lebih enak dengan teether beraroma vanila

Bisa dijadikan mainan ketika bayi tidak mengigit lagi

Harga mulai dariRp 125.000,00Rp 89.000,00Rp 99.100,00Rp 152.500,00Rp 39.000,00Rp 99.000,00Rp 219.000,00Rp 159.000,00
BahanSilikonTidak diketahuiTidak diketahuiSilikonKayu, kainSilikonKaret alamKayu alam, silikon
TeksturAgak halusHalus dan agak kasarHalus dan agak kasarHalus dan agak kasarHalusAgak halus dan agak kasarHalus dan agak kasarHalus
Target usia3 bulan ke atas3 bulan ke atas7 bulan ke atas3 bulan ke atas3 bulan ke atas3 bulan ke atas3 bulan ke atasTidak diketahui
Aspek keamananBebas BPA, bebas phthalatesTidak diketahuiTidak diketahuiBebas BPAKain sertifikasi OEKO-TEXSertifikasi FDA, EN71 Uni Eropa, dan BSMI TaiwanBebas BPA, bebas phthalatesBebas BPA, bebas bahan kimia
Tautan produk

Ingatlah untuk secara rutin mensterilkan teether bayi

Ingatlah untuk secara rutin mensterilkan teether bayi
Daya tahan tubuh bayi belum terbentuk dengan optimal. Karena itu, sangat penting untuk menjaga agar tiap perlengkapan yang digunakan senantiasa bersih dan steril, termasuk teether. Tiap produk teether memiliki panduan cara membersihkan yang berbeda-beda. Jadi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal tersebut pada petunjuk yang tersedia.

Beberapa produk dapat dibersihkan dengan cara direbus. Sebaliknya, beberapa lainnya tidak boleh direbus. Di samping itu, ada juga produk yang harus dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus untuk bayi.


Agar lebih praktis, kami sarankan Anda menggunakan teether yang bisa dicuci dengan mesin pencuci piring. Lebih baik lagi jika teether dapat disterilkan menggunakan sterilizer. Dengan demikian, Anda dapat menghemat waktu.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Teether yang tidak dibersihkan dengan baik nantinya malah akan menjadi sumber kuman dan penyakit bagi bayi. Daya tahan dan imunitas bayi yang belum sempurna dapat menyebabkan bayi mudah sakit terutama jika lingkungannya tidak bersih. 


Bayi bisa saja mengalami diare, jamur pada area mulut, disentri, atau masalah kesehatan lain. Bersihkanlah teether sesuai petunjuk pada kemasan teether dan simpan di wadah yang bersih dan tertutup.

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Teether sangat bermanfaat bagi bayi yang sedang mengalami fase oral atau masa tumbuh gigi. Jika fase oral dapat dilalui dengan baik, perkembangan organ pencernaan dan kemampuan berbicara bayi akan maksimal. 


Rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi dapat menyebabkan bayi mengalami GTM, susah makan, atau susah menyusu. Namun, jika bisa diredakan dengan penggunaan teether, tentunya bayi tidak akan terlalu merasa terganggu dan bisa makan atau menyusu seperti biasa. 

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan lainnya untuk bayi di sini

Selain teether, kami juga sudah mengulas beberapa perlengkapan lainnya yang mungkin Anda butuhkan untuk merawat bayi. Ada botol susu, celemek, empeng, sarung tangan, perlak, dan sebagainya. Disimak juga, yuk!

Kesimpulan

Beberapa orang tua mungkin khawatir mengenai dampak buruk teether untuk bayi. Namun, jangan khawatir, teether tidak berbahaya selama menggunakan bahan yang aman. Anda dapat merujuk pada cara memilih di atas yang telah kami ulas.

Perhatikan juga tumbuh kembang si kecil agar tidak salah memilih teether. Dengan teether yang tepat, proses pertumbuhan gigi bayi akan berjalan dengan lebih nyaman sehingga mereka tidak rewel.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Shampo Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk si kecil kesayangan, Anda pasti ingin memilih sampo bayi yang terjamin keamanannya. Walaupun berlabel produk organik atau tanpa zat aditif, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan pada sampo. Bisa jadi masih ada beberapa bahan yang tidak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala si kecil.Kali ini, kami akan mengulas tentang cara memilih sampo bayi yang tepat. Jangan lewatkan juga rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek, seperti Pigeon, Zwitsal, dan sebagainya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk memilih sampo terbaik bagi si kecil!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    88.486 Views
  • 10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Selimut Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bayi adalah anugerah yang memberikan keceriaan baru. Iya kan, Bunda? Untuk menyambut kedatangan buah hati, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan bayi, salah satunya selimut. Beberapa produsen selimut bayi telah membuat selimut bayi dengan kualitas terbaik untuk menjaga si kecil tetap nyaman.Mau tahu cara memilih selimut bayi yang baik? Ayo simak terus artikel kami kali ini yang membahas cara memilih selimut bayi. Kami juga memberikan rekomendasi produk selimut bayi terbaik dari Baa Baa Sheepz, Baby Bee, dan merek lainnya untuk Anda. Temukanlah produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    22.593 Views
  • 10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Celemek Bayi Terbaik Berdasarkan Usia (Terbaru Tahun 2021)
    Baby bib atau biasa dikenal dengan celemek bayi digunakan untuk mencegah pakaian bayi kotor akibat terkena air liur atau tumpahan makanan. Dewasa ini, celemek bayi hadir dengan berbagai desain lucu dan menarik, serta terbuat dari bahan yang nyaman untuk bayi. Bagi Anda yang baru memiliki bayi mungkin bingung memilih celemek yang cocok untuk bayi Anda. Jadi, artikel ini dibuat untuk Anda dengan memberikan tips memilih celemek berdasarkan usia bayi. Selain itu, produk-produk rekomendasi seperti IKEA, Pigeon, dan Baa Baa Sheepz juga akan kami bagikan untuk Anda. Jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    6.077 Views
  • 10 Rekomendasi Saputangan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Saputangan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Saputangan adalah salah satu benda yang sangat dibutuhkan dalam merawat bayi. Selain untuk menyeka keringat dan air liur, saputangan juga dapat digunakan saat sedang menyusui. Saputangan yang berkualitas adalah saputangan yang daya serapnya tinggi, breathable, dan lembut di kulit.Namun, saputangan memiliki variasi bahan dan ukuran yang beragam. Anda mungkin bertanya-tanya saputangan seperti apa yang sebaiknya Anda beli. Kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih saputangan bayi dan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk untuk Anda. Terdapat beberapa merek yang akan Anda temukan, di antaranya Libby Baby dan ClevaMama. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    3.605 Views
  • 10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik yang Bisa Dilipat (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik yang Bisa Dilipat (Terbaru Tahun 2021)
    Apabila bayi Anda sudah bisa duduk, pasti menyenangkan jika Anda menggunakan kursi makan bayi. Dengan demikian, bayi Anda dapat duduk nyaman di sana ketika makan atau sekadar mengonsumsi snack. Kursi makan bayi yang bisa dilipat adalah pilihan tepat untuk menghemat ruang dan mudah dibawa bepergian.Saat ini, Anda dapat menjumpai berbagai jenis dan merek kursi makan bayi yang bisa dilipat. Untuk membantu Anda, artikel ini akan mengulas cara memilih kursi makan bayi tersebut dan disertai dengan rekomendasi produk terbaik dari merek Chicco, Pliko, Yamatoya, Joie, dan merek lainnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    22.763 Views
  • 10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Celana Toilet Training Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Celana toilet training adalah salah satu item penting dalam proses toilet training pada anak. Di pasaran, tersedia beragam jenis celana dengan berbagai kelebihannya, bahannya pun berbeda-beda. Dengan banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin menjadi kebingungan dalam memilih produk.Kali ini, kami akan membantu Anda dalam memilih dengan memaparkan cara memilih celana toilet training. Tentu saja produk rekomendasi terbaik seperti dari CuddleMe, Mom&Bab, dan Klodiz juga akan kami berikan. Yuk, baca artikel ini sampai habis!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    8.678 Views
  • 10 Rekomendasi Sarung Tangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sarung Tangan Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada awal kelahiran, bayi biasanya memiliki kuku yang lembut tetapi tajam. Sarung tangan bayi dirancang untuk mencegah bayi mencakar atau melukai wajah dengan kukunya. Meski terdapat pro dan kontra mengenai kebutuhan sarung tangan bayi, Anda bisa memanfaatkannya dengan pertimbangan yang baik. Sarung tangan bayi terbuat dari beragam bahan halus seperti rajutan, fleece, dan katun. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sarung tangan bayi lucu yang tepat sekaligus merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Merek ternama seperti Mooi Official, Little Palmerhaus, sampai bblüv ada di sini! Mari simak pembahasannya lebih lanjut.
    Perlengkapan & perawatan bayi
    3.282 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Terusan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Terusan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Baju terusan bayi merupakan pakaian bayi yang bagian bawah dan atasnya menyatu. Baju terusan ini umumnya dibuat dari bahan katun atau wol yang bisa dikenakan pada cuaca dingin atau panas. Namun, berbagai tipe baju bayi yang dijual di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk membantu Anda, kami akan merekomendasikan produk-produk baju terusan bayi perempuan, laki-laki, hingga bayi baru lahir di artikel ini. Ada beragam produk dari merek ternama, seperti Baa Baa Sheepz, Hey!Baby, dan lainnya. Tips memilih produknya pun akan kami bagikan. Jadi, jangan sampai dilewatkan, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    2.108 Views
  • 10 Rekomendasi Singlet Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Singlet Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Singlet bayi memang berfungsi sebagai dalaman untuk membuat tubuh bayi tetap hangat. Namun, belakangan ini singlet bayi juga berfungsi sebagai baju yang sejuk untuk dipakai pada siang hari. Kali ini, kami akan membahas tentang singlet bayi terbaik yang bisa Anda pilih untuk buah hati Anda. Ada beberapa merk singlet bayi yang bagus, seperti singlet bayi Finka, Libby, atau Nova akan kami rekomendasikan. Di samping itu, Anda juga akan menemukan produk singlet bayi perempuan, singlet bayi laki-laki, serta singlet bayi baru lahir di sini. Langsung scroll ke bawah, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    1.251 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Nyamuk Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Obat Nyamuk Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Gigitan nyamuk tidak boleh diremehkan karena bisa menyebabkan penyakit berbahaya. Untuk melindungi anggota keluarga dari hal tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan ialah menggunakan obat nyamuk. Namun, apabila Anda memiliki bayi di rumah, Anda tentu harus memilih obat nyamuk yang aman untuk anak dan bayi.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih produk obat nyamuk terbaik yang aman dan bagus untuk bayi. Merek obat nyamuk yang aman untuk bayi, seperti Buds Everyday Organics, Cessa Baby, dan Maharati juga masuk dalam rekomendasi. Silakan simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    9 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk baby cream untuk bayi Anda tercinta!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    326.416 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    242.622 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    164.046 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Popok bayi sendiri sangat beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, membuat banyak ibu jadi kebingungan memilih popok terbaik.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    302.644 Views
  • 10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merk populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    182.804 Views
  • 10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Balsem Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Balsam bayi merupakan obat topikal (obat yang dioleskan pada kulit) yang kerap dipilih orang tua untuk meredakan gejala flu pada bayi. Setelah dioles balsam, tubuh anak menjadi hangat dan hidungnya lega. Balsam bayi juga berfungsi untuk melembapkan dan mencegah iritasi kulit.Berhubung diperuntukkan bagi bayi, tentu saja Anda tidak boleh sembarang memilih, ya. Melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih balsam bayi serta merekomendasikan produk terbaik seperti Transpulmin, Tresno Joyo, hingga Vicks Baby Balsam. Baca artikel ini hingga tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    76.183 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Terusan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Terusan Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Baju terusan bayi merupakan pakaian bayi yang bagian bawah dan atasnya menyatu. Baju terusan ini umumnya dibuat dari bahan katun atau wol yang bisa dikenakan pada cuaca dingin atau panas. Namun, berbagai tipe baju bayi yang dijual di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.Untuk membantu Anda, kami akan merekomendasikan produk-produk baju terusan bayi perempuan, laki-laki, hingga bayi baru lahir di artikel ini. Ada beragam produk dari merek ternama, seperti Baa Baa Sheepz, Hey!Baby, dan lainnya. Tips memilih produknya pun akan kami bagikan. Jadi, jangan sampai dilewatkan, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    2.108 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori