• 10 Rekomendasi Teether Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Teether Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Teether Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Teether Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Teether Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Teether Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)

Ketika bayi sedang tumbuh gigi, gusi mereka biasanya terasa gatal dan tidak nyaman. Akibatnya, mereka kerap kali menggigit dan mengisap benda-benda di sekitarnya. Beberapa bayi juga menjadi lebih rewel. Untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, Anda dapat memberikan teether pada bayi Anda.

Agar tidak salah memilih, kenali terlebih dahulu hal-hal penting dari teether bayi. Semuanya akan diulas secara lengkap di dalam artikel ini. Bidan Ony Christy juga turut menyumbangkan komentarnya tentang memilih teether. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bagus dari merk Pigeon, Dr. Brown’s, Nuby, dan sebagainya.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ony Christy
  • Pembaharuan terakhir: 03 Agustus 2021
  • 32.588 Views
Daftar isi

Berkolaborasi dengan bidan Ony Christy

Berkolaborasi dengan bidan Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Manfaat teether bagi bayi

Manfaat teether bagi bayi
Salah satu tahap perkembangan yang biasanya dijalani oleh setiap bayi adalah proses tumbuh gigi. Para orang tua tentu merasa bersemangat ketika gusi bayi mereka mulai mengeluarkan gigi. 

Hanya saja, proses tumbuh gigi umumnya membuat bayi merasa tidak nyaman. Gusi mereka akan terasa gatal dan nyeri sehingga mereka biasanya memasukkan benda-benda di sekitarnya ke dalam mulut. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang muncul di area gusi.

Demi mencegah anak memasukkan benda-benda kotor ke dalam mulutnya, Anda bisa menyediakan teether. Menggigit teether dapat membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri di gusi. Dengan demikian, bayi Anda juga tidak akan menjadi rewel.
Selain untuk proses tumbuh gigi, teether juga dapat menjadi mainan yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi. Pijatan yang dihasilkan oleh teether dapat menjadi stimulasi bagi gusi. Tujuannya adalah agar gigi bayi dapat tumbuh pada waktu yang tepat, tidak terlambat.
Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Setiap bayi akan mengalami fase oral yang merupakan salah satu tahap perkembangan oromotor. Tahap ini berpengaruh terhadap perkembangan bicara dan kemampuan makan anak. Salah satu ciri fase oral adalah bayi biasanya senang memasukan segala hal ke dalam mulutnya, menyusu lebih lama, dan senang menggigit.


Pada fase ini, teether berguna untuk menstimulasi pertumbuhan gigi dan mengurangi rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi. Teether juga membantu memuaskan keinginan anak untuk mengeksplor area mulut saat dia mengalami fase oral.

Cara memilih teether untuk bayi

Teether yang tepat akan menolong bayi Anda merasa lebih nyaman dalam proses pertumbuhan giginya. Poin penting apa saja yang perlu diperhatikan dari suatu teether? Kami akan mengulasnya bagi Anda.

Pilihlah berdasarkan material yang digunakan

Terdapat dua jenis material yang banyak digunakan dalam membuat teether untuk bayi, yaitu silikon dan kayu. Masing-masing material memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh sebab itu, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda

Bahan silikon, lembut dan memiliki desain yang lucu

Bahan silikon, lembut dan memiliki desain yang lucu
Bahan silikon terasa lembut dan empuk sehingga sesuai untuk bayi yang giginya belum bertumbuh atau jumlah giginya masih sedikit. Bagian dalam beberapa produk berbahan silikon bahkan diisi air atau gel sehingga dapat disimpan di dalam kulkas. Jadi, ada sensasi dingin di mulut ketika sedang digunakan oleh bayi. Selain itu, teether silikon biasanya memiliki desain lucu dengan kombinasi warna cerah yang disukai oleh bayi.
Di samping silikon, ada teether bayi yang terbuat dari bahan TPE dan karet alam (natural rubber). TPE adalah sejenis campuran antara material plastik dan karet sehingga menjadi produk yang ringan dan elastis. Baik bahan TPE maupun karet alam, keduanya lembut dan aman bagi bayi, serta tahan lama. Agar lebih bersih dan higienis, Anda juga dapat memilih produk yang dilengkapi dengan case antidebu.
Material lain yang dapat Anda gunakan adalah plastik PP. Bahan tersebut aman dan telah banyak digunakan untuk membuat mainan anak. Membersihkannya pun tidak sulit. Namun, ingatlah untuk menghindari bahan PVC karena mengandung phthalate esters yang dapat merusak kesehatan jika masuk ke dalam tubuh.
Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Gusi dan mulut bayi merupakan area yang sensitif dan mudah terluka. Pemilihan teether yang memiliki bahan lembut akan mengurangi risiko luka yang mungkin timbul. Selain itu, saat anak tumbuh gigi, mengunyah sesuatu yang dingin akan membantu meredakan bengkak dan rasa gatal atau nyeri pada gusi. Simpanlah teether dalam box dan masukkan ke dalam kulkas untuk mendapatkan sensasi dingin

Bahan kayu alam, untuk bayi yang giginya mulai banyak

Bahan kayu alam, untuk bayi yang giginya mulai banyak
Sementara itu, teether berbahan kayu terasa keras dan padat sehingga lebih cocok digunakan oleh bayi yang jumlah giginya sudah lebih banyak. Dengan material ini, teether tidak akan mudah rusak ketika digigit oleh bayi. 

Teether kayu alam biasanya didominasi oleh warna-warna natural sehingga dapat memberikan kesan elegan sekaligus hangat. Selain itu, produk ini biasanya dirancang dengan bagian sisi yang tidak tajam sehingga aman untuk bayi.

Saat ini ada banyak produsen luar negeri yang memproduksi teether kayu. Namun, tidak semua produsen menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki rancangan yang cocok untuk bayi. Sebelum membeli, pastikan produk tersebut dirancang dengan hati-hati hingga pada detail terkecil, serta terbuat dari bahan pewarna yang aman. Pilihlah produk yang dibuat oleh produsen yang andal.
Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Teether nantinya akan masuk ke dalam mulut bayi. Jadi, pastikan bahan dan pewarna yang digunakan untuk membuat teether aman jika seandainya tertelan atau masuk ke dalam mulut bayi. Lakukan perawatan dan penyimpanan teether dengan benar untuk mencegah jamur serta bakteri tumbuh pada teether

Gunakan teether yang ukuran dan teksturnya sesuai dengan perkembangan bayi

Hal penting lain yang harus diperhatikan dari teether bayi adalah ukuran dan teksturnya. Seiring pertumbuhan bayi, mereka membutuhkan jenis teether yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum memilih teether yang sesuai, Anda sebaiknya terlebih dahulu mengenal tahap perkembangan bayi. Setelah itu, pilihlah produk yang memiliki tekstur dan ukuran yang sesuai dengan perkembangannya.

Teether berukuran kecil dengan tekstur halus untuk merangsang pertumbuhan gigi

Teether berukuran kecil dengan tekstur halus untuk merangsang pertumbuhan gigi
Secara umum, bayi mulai mengalami tumbuh gigi pada usia empat bulan hingga enam bulan. Namun, tidak semua bayi mengalami tahap perkembangan yang sama. Apabila bayi Anda belum mengalami proses tumbuh gigi, Anda dapat memberikan teether dengan ukuran kecil dan tekstur yang lebih halus


Teether berukuran kecil lebih mudah digenggam oleh tangan mungil bayi, serta terasa pas untuk mulutnya yang masih kecil. Dengan demikian, teether tersebut tidak akan membuat bayi Anda tersedak.

Untuk merangsang pertumbuhan gigi, bayi Anda membutuhkan sedikit tekstur pada teether-nya. Namun, jika terlalu kasar, gusinya justru bisa terluka. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih produk dengan tekstur yang halus sehingga dapat merangsang pertumbuhan gigi bayi tanpa membuat gusinya terluka.
Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Umumnya model teether akan dibedakan sesuai usia dan kebutuhan bayi. Teether yang halus dan mudah digenggam menjadi pilihan yang tepat untuk bayi usia 4–6 bulan. Bayi berusia 4–6 bulan biasanya belum memiliki gigi dan sedang memulai fase oral.

Teether besar dengan tekstur agak kasar, dapat mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman di gusi

Teether besar dengan tekstur agak kasar, dapat mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman di gusi

Setelah gigi bayi mulai bertumbuh, gusi mereka akan terasa gatal dan agak membengkak. Pembengkakan tersebut menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Dalam kondisi seperti itu, teether dengan tekstur yang lebih kasar akan dibutuhkan. Tekstur yang kasar dapat membantu memberikan rasa nyaman dan menghilangkan rasa gatal di gusi bayi.

Anda juga sudah dapat memberikan produk dengan ukuran yang lebih besar karena ukuran tangan bayi juga sudah mulai membesar. Dengan demikian, gusi bayi terasa nyaman, genggaman tangannya pun terasa lebih pas.
Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Seiring bertambahnya usia bayi tentu ukuran mulut dan kemampuan menggenggam bayi mulai bertambah. Karena itu, Anda bisa memilih teether yang lebih besar dengan tekstur yang lebih kasar. Teether ini akan merangsang pertumbuhan gigi yang biasanya mulai tumbuh di atas usia 6 bulan.


Selain itu, biasanya makin bertambah usia, kemampuan menggigit bayi makin kuat. Karena itu, penting memilih tekstur teether yang tidak mudah rusak meski digigit-gigit. 

Sebisa mungkin, cari produk yang berwarna dan bisa berbunyi supaya disukai bayi

Sebisa mungkin, cari produk yang berwarna dan bisa berbunyi supaya disukai bayi
Akan lebih baik jika teether pilihan Anda juga memiliki warna yang menarik, serta dapat berbunyi. Teether yang berwarna-warni akan menarik perhatian bayi Anda. Sementara itu, bayi Anda juga akan lebih bersemangat jika teether-nya dapat mengeluarkan bunyi ketika sedang digoyangkan. Dengan demikian, produk tersebut sekaligus dapat mestimulasi indra penglihatan dan pendengaran bayi.
Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Indra penglihatan bayi biasanya mulai sempurna pada usia 4–6 bulan. Pada usia ini bayi mulai bisa mengenali warna-warna yang ada di sekitarnya. Memberikan teether berwarna cerah akan membantu menstimulasi indra penglihatannya dan membantunya mengenal warna-warna.


Selain itu, biasanya bayi lebih tertarik pada benda yang bisa berbunyi. Bayi tidak mudah bosan jika teether-nya bisa berbunyi. Hal ini juga akan membantu menstimulasi organ pendengaran bayi dan membuatnya bisa mengenali suara.

Pertimbangkan teether yang juga dapat dijadikan mainan

Pertimbangkan teether yang juga dapat dijadikan mainan
Bayi Anda tentu tidak selamanya membutuhkan gigitan. Agar lebih menguntungkan, Anda dapat memilih produk yang sekaligus dapat dijadikan mainan. Jadi, jika nanti bayi Anda tidak lagi membutuhkan teether, Anda dapat menjadikan produk tersebut sebagai salah satu mainannya.
Selain itu, teether dengan bentuk yang lucu dan bisa digantung di stroller juga akan memberi manfaat lebih. Anda dapat membawanya ketika bepergian sehingga anak Anda dapat memainkannya.
Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Bayi cenderung mudah bosan dan senang mengeksplorasi hal baru. Teether yang bisa beralih fungsi sebagai mainan tentu akan sangat bermanfaat dan membantu stimulasi sensorik dan motorik bayi ketika memainkannya.

Perhatikan juga aspek keamanannya

Perhatikan juga aspek keamanannya
Ketika hendak membeli, pastikan bahwa teether tersebut terbuat dari material yang bebas BPA dan sesuai dengan standar food grade. Artinya, produk tersebut tidak mengandung zat-zat beracun yang berbahaya bagi tubuh. Dengan demikian, Anda dapat dengan tenang membiarkan bayi memasukkan teether ke dalam mulutnya.
Apabila Anda memilih teether kayu, perhatikan juga bentuk dan lekuk dari produk tersebut. Jika ada bagian yang tajam dan bersudut, hal tersebut berisiko melukai mulut bayi. Untuk itu, gunakan teether yang dirancang dengan bentuk yang lembut dan aman.
Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Selalu ingat bahwa teether nantinya akan masuk ke dalam mulut bayi, entah itu untuk digigit atau hanya digunakan sebagai mainan. Oleh karena itu, pastikan teether menggunakan bahan yang aman, food grade, lulus quality check (QC), dan tidak memiliki sisi yang tajam. Pastikan juga teether dibuat oleh produsen yang memang memiliki kualifikasi untuk membuat produk bayi sehingga terjamin kualitasnya. 

10 Rekomendasi teether terbaik untuk bayi

Anda telah membaca tips cara memilih teether terbaik bagi bayi. Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi produk yang dapat Anda jadikan referensi. Semoga Anda dapat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan.
10
MaterialKayu
TeksturHalus
Target usiaTidak diketahui
Aspek keamananMenggunakan kayu ramah lingkungan yang aman untuk bayi
9
MaterialKayu
TeksturHalus
Target usiaTidak diketahui
Aspek keamananBebas BPA
8
MaterialSilikon
TeksturAgak kasar
Target usiaMinimal 3 bulan
Aspek keamananBebas BPA
7
MaterialSilikon
TeksturHalus
Target usia4 bulan hingga 7 bulan
Aspek keamananTidak diketahui
6
MaterialKayu dan silikon
TeksturHalus dan agak kasar
Target usiaTidak diketahui
Aspek keamananBebas BPA dan PVC, standar food grade
5
MaterialTPR
TeksturAgak kasar
Target usiaMinimal 3 bulan
Aspek keamananBebas BPA
4
MaterialKaret alam
TeksturAgak halus
Target usiaTidak diketahui
Aspek keamananEN 71 (standar keamanan di Eropa)
3

Sophie La GirafeOnce Upon A Time Sophie The Giraffe

Mulai dari Rp 399.000,00

MaterialKaret alam
TeksturAgak halus
Target usiaTidak diketahui
Aspek keamananMenggunakan pewarna food grade
2
MaterialSilikon
TeksturHalus dan agak kasar
Target usiaMinimal 7 bulan
Aspek keamananTidak diketahui
1
MaterialSilikon
TeksturAgak kasar
Target usiaMinimal 3 bulan
Aspek keamananBebas BPA

Tabel perbandingan produk teether terbaik untuk bayi

Gambar produk
1
Nuby IcyBite™ Keys Teether 1

Nuby IcyBite™

2
Pigeon Training Teether Step 2 1

Pigeon

3
Sophie La Girafe Once Upon A Time Sophie The Giraffe 1

Sophie La Girafe

4
Hevea Panda Teether 1

Hevea

5
Ange Teething Gloves 1

Ange

6
Baby Silicone Wooden Teether 1

7
Pigeon Training Teether Step 1 1

Pigeon

8
Dr. Brown’s Flexees Teether 1

Dr. Brown’s

9
Wooden Teether with Crochet 1

10
Wooden Teether Animal Toy 1

Nama produk

Keys Teether

Training Teether Step 2

Once Upon A Time Sophie The Giraffe

Panda Teether

Teething Gloves

Baby Silicone Wooden Teether

Training Teether Step 1

Flexees Teether

Wooden Teether with Crochet

Wooden Teether Animal Toy

Keunggulan

Bayi Anda akan menyukai tekstur, warna, dan bunyinya

Setiap tempat gigitannya memiliki tingkat kelembutan dan kehalusan yang berbeda

Jerapah lucu yang akan menjadi teman anak Anda

Dirancang agar bebas bakteri

Praktis untuk dibawa bepergian berkat case pelindungnya

Menggunakan kombinasi material kayu dan silikon. Jadi tidak perlu bingung memilih, deh!

Handle-nya pas untuk genggaman bayi

Bukan sekedar teether. Tekstur uniknya membantu mengasah keterampilan bayi dalam berbicara

Paduan warna di crochet-nya terlihat cantik

Variasi desainnya beragam dan lucu-lucu

Harga mulai dariRp 78.000,00Rp 69.900,00Rp 399.000,00Rp 217.000,00Rp 120.000,00Rp 90.000,00Rp 69.000,00Rp 69.300,00Rp 23.393,00Rp 17.000,00
MaterialSilikonSilikonKaret alamKaret alamTPRKayu dan silikonSilikonSilikonKayuKayu
TeksturAgak kasarHalus dan agak kasarAgak halusAgak halusAgak kasarHalus dan agak kasarHalusAgak kasarHalusHalus
Target usiaMinimal 3 bulanMinimal 7 bulanTidak diketahuiTidak diketahuiMinimal 3 bulanTidak diketahui4 bulan hingga 7 bulanMinimal 3 bulanTidak diketahuiTidak diketahui
Aspek keamananBebas BPATidak diketahuiMenggunakan pewarna food gradeEN 71 (standar keamanan di Eropa)Bebas BPABebas BPA dan PVC, standar food gradeTidak diketahuiBebas BPABebas BPAMenggunakan kayu ramah lingkungan yang aman untuk bayi
Tautan produk

Ingatlah untuk secara rutin membersihkan teether bayi

Ingatlah untuk secara rutin membersihkan teether bayi
Daya tahan tubuh bayi belum terbentuk dengan optimal. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga agar setiap perlengkapan yang digunakan senantiasa bersih dan higienis, termasuk teether. Setiap teether memiliki panduan cara membersihkan yang berbeda-beda. Oleh karenanya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal tersebut pada petunjuk yang tersedia.
Beberapa produk dapat dibersihkan dengan cara direbus. Sebaliknya, beberapa lainnya tidak boleh direbus. Di samping itu, ada juga produk yang harus dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk bayi. 

Agar lebih praktis, kami menyarankan Anda menggunakan teether yang bisa dicuci dengan menggunakan mesin pencuci piring. Lebih baik lagi jika teether dapat disterilisasi dengan menggunakan sterilizer. Dengan demikian, Anda dapat menghemat penggunaan waktu.

Ony Christy
Bidan & edukreator
Ony Christy

Teether yang tidak dibersihkan dengan baik nantinya malah akan menjadi sumber kuman dan penyakit bagi bayi. Daya tahan dan imunitas bayi yang belum sempurna dapat menyebabkan bayi mudah sakit terutama jika lingkungannya tidak bersih. 


Bayi bisa saja mengalami diare, jamur pada area mulut, disentri, atau masalah kesehatan lain. Bersihkanlah teether sesuai petunjuk pada kemasan teether dan simpan di wadah yang bersih dan tertutup.

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Tips dari bidan kami, Ony Christy

Teether sangat bermanfaat bagi bayi yang sedang mengalami fase oral atau masa tumbuh gigi. Jika fase oral dapat dilalui dengan baik, perkembangan organ pencernaan dan kemampuan berbicara bayi akan maksimal. 


Rasa tidak nyaman saat tumbuh gigi dapat menyebabkan bayi mengalami GTM, susah makan, atau susah menyusu. Namun, jika bisa diredakan dengan penggunaan teether, tentunya bayi tidak akan terlalu merasa terganggu dan bisa makan atau menyusu seperti biasa. 

Baca juga rekomendasi perlengkapan lainnya untuk bayi di sini

Selain teether, kami juga sudah mengulas beberapa perlengkapan lainnya yang mungkin Anda butuhkan untuk merawat bayi Anda. Ada botol susu, celemek, empeng, sarung tangan, perlak, dan sebagainya. Disimak juga, yuk!

Kesimpulan

Sesudah membaca artikel kami, apakah Anda telah menjatuhkan pilihan pada suatu produk? Dengan memilih teether yang tepat, proses pertumbuhan gigi bayi Anda akan berjalan dengan lebih nyaman sehingga mereka tidak menjadi rewel. Jadi, pastikan bahwa produk yang Anda pilih memang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan bayi Anda, ya. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream pada kulit bayi Anda. Ada berbagai merek baby cream yang seringkali membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih baby cream terbaik untuk bayi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya, mulai dari Zwitsal, Cussons, hingga Mustela. Simak ulasan dari kami dan dapatkan produk yang terbaik!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    303.103 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Di antara sekian banyak botol susu yang dijual, Anda harus memilih produk yang tepat. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada bayi Anda nantinya.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi yang bagus dengan pertimbangan material botol, bentuk botol, dan usia bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk terbaik, seperti Comotomo, Putti Atti, Medela, Sweety, BABY HUKI, dan PIGEON. Baca sampai selesai, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    223.502 Views
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai merk baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Pigeon, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    145.691 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit membuat ibu kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    286.803 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Bayi Terbaik yang Aman dan Tepercaya (Terbaru Tahun 2021)
    Mulai dari bayi yang baru lahir hingga bayi yang sudah mulai belajar bermain di luar ruangan, mandi merupakan hal yang sangat penting. Berhubung sabun bersentuhan langsung dengan kulit bayi, Anda perlu memilih produk yang aman bagi kulitnya. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih sabun bayi yang bagus, aman, dan tepercaya. Tak lupa, kami pun akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda dari berbagai merk populer, seperti Pigeon, Zwitsal, Johnson’s, dan lainnya. Ada juga komentar dari bidan Ony Christy untuk menambah wawasan Anda. Simak sampai akhir, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    169.852 Views
  • 10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Clodi (Popok Kain) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Popok kain atau disebut juga clodi (cloth diaper) sebenarnya sudah sejak lama digunakan pada bayi. Namun, kini clodi kian populer dan makin banyak ibu yang memilih menggunakannya dengan alasan ingin menjaga lingkungan. Jika ingin memakainya juga, Anda mungkin akan bingung karena banyaknya tipe clodi dan pilihan bahan yang tersedia.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan mengenai tipe-tipe clodi beserta cara memilihnya. Kami juga akan mengulas produk dari berbagai merek, seperti Gee Gallery, PemPem!, dan juga GroVia sebagai bahan referensi Anda sebelum membeli. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    90.883 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Terbaik untuk Biang Keringat pada Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sabun Terbaik untuk Biang Keringat pada Bayi (Terbaru Tahun 2021)
    Biang keringat, keringat buntet, atau miliaria termasuk kondisi kulit yang kerap muncul pada bayi. Memilih sabun yang aman serta menenangkan kulit bayi merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Di pasaran tersedia merk sabun biang keringat yang bagus, seperti Cetaphil Baby, Sebamed Baby, dan Caladine Baby.Supaya Anda bisa menemukan sabun terbaik untuk biang keringat pada bayi, cara memilih berikut ini bisa dipertimbangkan. Tidak hanya itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk serta tips mengatasi biang keringat pada bayi. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
    686 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori