• 10 Rekomendasi Lemari Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Lemari Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Lemari Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Lemari Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Lemari Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Lemari Kaca Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bagi Anda yang hobi mengoleksi barang, tentu akan membutuhkan lemari kaca sebagai tempat untuk memajangnya. Selain berfungsi untuk menyimpan barang kesayangan Anda, adanya lemari kaca juga dapat mempercantik tampilan ruangan Anda. Namun, lemari kaca seperti apakah yang cocok untuk barang koleksi Anda?

Saat ini, Anda tidak perlu repot pergi ke toko furnitur karena sudah banyak lemari kaca yang bisa dipesan secara online. Produk IKEA, Olympic, Graver, dan sebagainya akan kami ulas di sini. Sebelumnya, kami akan menjelaskan cara memilih lemari kaca dan memberikan tips dalam menata barang di dalamnya agar tampak menarik. Yuk, disimak!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.368 Views
Daftar isi

Keuntungan menggunakan lemari kaca

Keuntungan menggunakan lemari kaca
Lemari kaca atau biasa disebut lemari hias merupakan perabot penyimpanan yang dibuat menggunakan bahan transparan. Perabot ini akan memudahkan Anda untuk mengatur barang koleksi seperti mobil mini, action figure, piala, dan sebagainya dengan rapi.
Koleksi barang berharga Anda yang berukuran kecil akan mudah diatur dengan baik jika disimpan pada tempat yang tepat. Malahan, nilai koleksi Anda tersebut akan semakin meningkat. Intinya, koleksi yang Anda simpan ke dalam lemari kaca akan terlihat rapi dan tampak seperti karya seni!
Jika Anda berniat meletakkan barang-barang koleksi Anda di atas rak saja, barang akan cepat berdebu dan sulit dibersihkan. Untuk itu, simpanlah koleksi Anda dalam lemari kaca karena kemungkinan terkena debu sangat kecil. Terlebih, kacanya pun mudah dibersihkan hanya dengan mengelapnya. Barang kesayangan Anda pun akan lebih terlindungi dari risiko jatuh atau pecah. Jadi, mari perlihatkan koleksi Anda dalam lemari kaca!

Cara memilih lemari kaca

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih lemari kaca. Selain desain, pertimbangkan juga jenis dan ukuran lemari sesuai dengan kebutuhan. Mari kita temukan lemari kaca yang tepat untuk menata koleksi barang Anda di rumah!

Pilih jenis dan ukuran yang sesuai dengan koleksi Anda

Lemari kaca memiliki lebar, kedalaman, dan tinggi yang bervariasi. Berhubung lemari kaca terbagi menjadi dua jenis berdasarkan ukuran dan cara menggunakannya, mari pilih produk yang sesuai untuk dekorasi rumah Anda!

Tipe perabot: bebas simpan apa saja yang Anda mau!

Tipe perabot: bebas simpan apa saja yang Anda mau!
Tipe perabot ini berukuran besar dan biasanya diletakkan di lantai. Mulai dari koleksi barang besar seperti piala, boneka, hingga barang-barang kecil seperti mini car dapat disimpan cukup rapi dengan menyesuaikan ketinggian dan jumlah tingkat pada rak.
Namun, jenis lemari ini membutuhkan ruang peletakan yang cukup besar dan dapat mempengaruhi tampilan seluruh interior ruangan Anda. Oleh karena itu, jangan hanya asal memasukkan barang saja, tetapi pertimbangkanlah tampilan yang menarik untuk dilihat. Dalam menata, ada baiknya juga untuk menyediakan sedikit kapasitas penyimpanan tambahan, mengingat koleksi Anda mungkin akan bertambah.

Tipe rak display: pas untuk menata barang koleksi berukuran kecil

Tipe rak display: pas untuk menata barang koleksi berukuran kecil
Tipe rak display ini berukuran kecil dan biasanya diletakkan di atas meja. Meski hanya bisa menampung koleksi barang yang kecil, Anda akan dimudahkan untuk melihat seluruh koleksi karena banyak produk yang semua sisinya merupakan kaca atau akrilik transparan. Bisa dibilang, tipe ini sangat pas bila Anda ingin memamerkan seluruh koleksi Anda!
Namun, agar penampilannya tidak terlihat berantakan, simpanlah barang-barang kecil ke dalam rak display dengan memperhatikan tata letak yang tepat. Karena rak display ini tidak memakan tempat, Anda bisa dengan mudah menambah jumlahnya seiring pertambahan koleksi Anda. Dengan begitu, tampilan koleksi Anda akan lebih rapi tanpa perlu ditaruh berimpitan satu sama lain.

Pilih bahan akrilik yang lebih aman digunakan

Pilih bahan akrilik yang lebih aman digunakan
Meski dinamakan lemari kaca, ada juga produk yang menggunakan bahan resin sintetis seperti akrilik. Dengan kejernihan dan kesan mewah yang tak kalah dari kaca, Anda tidak perlu khawatir bahan ini mudah pecah dan dapat membahayakan. Apalagi, kini sudah banyak produk berbahan akrilik yang ringan dan tahan lama, pastinya aman bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan dan anak kecil.

Pilih produk dengan papan rak yang bisa diatur untuk memaksimalkan ruang

Pilih produk dengan papan rak yang bisa diatur untuk memaksimalkan ruang
Jika Anda mempunyai lemari kaca dengan papan rak yang permanen, barang yang dapat disimpan pun jadi terbatas dan menimbulkan ruang tersisa. Untuk itu, Anda bisa memilih lemari kaca yang papan raknya bisa diubah sesuai kebutuhan sehingga ruang pada lemari tersebut dapat lebih dimaksimalkan. Sayangnya, produk seperti ini masih cukup jarang ditemukan di Indonesia.

Pilih kaca anti-UV agar warna barang tidak cepat pudar

Pilih kaca anti-UV agar warna barang tidak cepat pudar
Sinar matahari dapat menembus dengan mudah melalui lemari kaca karena lapisannya yang transparan. Hal itu berisiko merusak barang yang Anda letakkan di dalamnya. Terlebih bila Anda menaruh barang berwarna dari plastik, warnanya akan mudah pudar. Karena itu, akan lebih aman bila produk pilihan Anda menggunakan kaca anti-UV.
Meskipun bisa mengurangi tingkat transparansi lemari, Anda juga bisa mencegah sinar matahari agar tidak menembus lemari dengan memberikan lapisan anti-UV atau semprotan pada kaca jendela. Namun, ada semprotan yang tidak bisa digunakan untuk bahan akrilik. Jadi, harap periksa dahulu sebelum menggunakannya.

Pilih desain yang sesuai dengan interior ruangan

Pilih desain yang sesuai dengan interior ruangan
Bisa jadi Anda berpikir untuk memilih lemari kaca dengan desain sebagus mungkin. Namun, hal terpenting adalah tetap menyesuaikan desain yang pas dan serasi dengan interior ruangan Anda secara keseluruhan. Tidak hanya produk bertampilan minimalis, kini banyak juga lemari kaca berdesain mewah yang dijual. Anda bisa memilih yang paling sesuai.

Perhatikan desain lemari kaca bila Anda ingin menambah koleksi

Perhatikan desain lemari kaca bila Anda ingin menambah koleksi
Bisa saja space penyimpanan lemari kaca pilihan Anda kurang memadai sehingga akan dibutuhkan lemari kaca tambahan. Jika demikian, ada baiknya Anda menghindari lemari kaca yang hanya dibuat dalam jumlah sedikit. Anda bisa memilih lemari kaca besar dari seri furnitur yang umum beredar di pasaran.
Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah memadukannya dengan produk lain dari seri yang sama meski ukurannya berbeda. Interior ruangan pun akan tetap terlihat serasi. Lalu, bila Anda hendak membeli rak kaca untuk diletakkan di meja, pilihlah produk yang cocok dikombinasikan satu sama lain.

Pilih yang dilengkapi rear mirror untuk tampilan lebih cantik

Pilih yang dilengkapi rear mirror untuk tampilan lebih cantik
Jika sebuah cermin dipasang di sisi belakang lemari kaca, atau biasa disebut rear mirror, tampilan koleksi Anda akan terlihat semakin bagus dan memuaskan dari berbagai sudut. Ruang dalam lemari kaca juga akan terlihat lebih luas akibat pantulan cahaya dan memberikan kesan lebih cerah. Meski Anda menggunakan lemari kaca biasa, Anda bisa menambahkan sendiri cermin atau kertas cermin di sisi belakangnya.

10 Rekomendasi lemari kaca terbaik

Sekarang, kami akan merekomendasikan lemari kaca terbaik dari tipe perabot dan tipe rak display. Anda dapat menggunakan rekomendasi ini sebagai referensi dalam memilih. Namun, jangan lupa untuk memilih jenis dan ukuran yang sesuai dengan ruangan dan barang koleksi Anda.
Dimensi48 cm × 40 cm × 178 cm
KeunggulanTerdapat lampu LED
BahanParticleboard E1 export quality, kaca tempered
Dimensi55 cm × 5,5 cm × 40 cm
KeunggulanPintu geser, terdapat lubang untuk digantung di dinding
BahanAkrilik
Dimensi79,6 cm × 39,6 cm × 182 cm
KeunggulanTidak disebutkan
BahanParticle board dan kaca
Dimensi29,5 cm × 45 cm × 14,5 cm
KeunggulanPiringan akrilik dapat diputar
BahanAkrilik
Dimensi43 cm × 37 cm × 163 cm
KeunggulanKaca pada seluruh sisi
BahanTop/bottom panel: particleboard, foil, ABS plastic; shelf support: steel, polyester powder coating; panel: tempered glass
Dimensi20 cm × 20 cm × 27,5 cm
KeunggulanRak dapat diputar 360 derajat, pintu geser
BahanAkrilik
Dimensi80 cm × 35 cm × 190 cm
KeunggulanRak dapat disesuaikan
BahanKombinasi particleboard dan tempered glass
Dimensi15 cm × 7,5 cm × 8 cm
KeunggulanMemiliki dua tingkatan base
BahanAkrilik
Dimensi47 cm × 37 cm × 140 cm
KeunggulanLampu display, pintu magnet, dan pengikat dinding
BahanKombinasi kayu solid dan MDF (medium density fibreboard)
Dimensi25 cm × 14,5 cm × 12 cm
KeunggulanBaseplate Lego
BahanAkrilik

Tips mendekorasi barang dalam lemari kaca agar menarik

Setelah memilih lemari kaca yang tepat, mari tata barang koleksi Anda di dalam lemari kaca dengan seapik mungkin!

Atur perbedaan ketinggian barang koleksi dengan menambahkan alas

Atur perbedaan ketinggian barang koleksi dengan menambahkan alas
Jika Anda memberikan alas tambahan pada barang koleksi favorit Anda di antara koleksi lainnya yang ada dalam lemari kaca, tampilan keseluruhannya akan semakin apik layaknya karya seni yang dipajang museum! Apabila seluruh barang koleksi disusun begitu saja tanpa memberikan alas tambahan pada barang tertentu, tampilannya akan terlihat monoton. Namun, pemberian alas tambahan tadi akan membuat ketinggian tiap produk bervariasi yang membuatnya terlihat semakin menarik.

Berikan background atau aksesori tambahan untuk dekorasi lebih hidup

Berikan background atau aksesori tambahan untuk dekorasi lebih hidup
Tentu akan lebih menarik jika Anda menaruh gambar background tambahan pada lemari kaca sesuai barang yang dikoleksi. Hanya dengan mengganti background-nya sesuai tema yang ingin Anda angkat, tampilan interior lemari kaca pun akan berubah. Anda juga dapat memberikan aksesori tambahan yang sesuai dengan tema koleksi Anda agar tampilan dekorasi terlihat lebih hidup.

Perhatikan penempatan lemari kaca agar tidak mudah jatuh

Perhatikan penempatan lemari kaca agar tidak mudah jatuh
Baik lemari kaca besar maupun kecil, pasti Anda mempunyai kekhawatiran barang koleksi Anda terjatuh, bukan? Oleh sebab itu, letakkanlah lemari kaca Anda pada lantai yang rata agar tetap stabil serta tidak berada di lokasi yang banyak dilalui orang. Anda juga bisa menambahkan peralatan lain yang dapat meminimalisir risiko jatuh atau melindungi bila sampai terjatuh.

Bersihkan secara teratur lemari kaca Anda

Bersihkan secara teratur lemari kaca Anda
Meskipun lemari kaca mampu melindungi barang koleksi di dalamnya dari debu dan kotoran, bagian kaca luarnya tetap akan terpapar debu. Hal tersebut tentu akan memengaruhi tampilan dekorasi. Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan lemari kaca agar tampilan koleksi Anda selalu menarik.

Baca juga rekomendasi rak kayu dan rak dinding di sini

Jika menurut Anda lemari kaca saja tidak cukup untuk menata setiap sudut ruangan, Anda bisa juga mempertimbangkan penggunaan rak kayu atau rak dinding. Ada berbagai macam jenis rak kayu dan rak dinding unik yang berguna sebagai tambahan interior rumah Anda. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, Anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Kali ini kami telah merekomendasikan lemari kaca dari jenis perabot dan rak display serta memberikan tips dalam mendekorasi lemari kaca. Apakah Anda sudah menemukan produk yang cocok untuk menata barang koleksi dan mempercantik interior rumah Anda?
Tentu akan sangat disayangkan jika koleksi yang diperoleh dengan susah payah hanya disimpan di dalam kardus. Jadi, silakan perlihatkan koleksi barang kesayangan Anda dengan lemari kaca terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kasur Matras Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pernahkah Anda merasa lelah, sakit kepala, pegal, atau mood Anda jelek saat bangun tidur? Hal ini bisa terjadi karena Anda salah memilih kasur, sehingga tidur Anda tidak berkualitas. Saat ini banyak produk kasur matras yang dijual dari berbagai produsen seperti Uniland, Elite, Comforta, Inoac dan sebagainya dengan berbagai keunggulan.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kasur matras yang biasa dipakai sehari-hari di rumah. Kami juga akan merekomendasikan kasur yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Mari ikuti ulasan kami, agar Anda tidak salah pilih!
    Interior, furnitur
    27.563 Views
  • 10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    10 Rekomendasi Wallpaper Dinding Terbaik (Terbaru 2020)
    Menyulap tampilan dinding menjadi baru memang sedikit merepotkan. Namun, kini tersedia alternatif yang praktis dan cukup terjangkau untuk mengubah tampilan dinding sesuai keinginan Anda. Untuk Anda yang mudah bosan dengan desain ruangan yang itu-itu saja, tak ada salahnya mencoba wallpaper sticker.Sekarang, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi wallpaper dinding dengan berbagai motif, seperti motif kayu, pemandangan alam, dan sebagainya. Sebelumnya kami juga akan membagi tips cara memilih wallpaper dinding. Bagi Anda yang sedang mencari wallpaper dinding, silakan simak artikel berikut, ya!
    Interior, furnitur
    14.349 Views
  • 10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rak Bunga Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda yang menyukai tanaman bunga, Anda dapat menatanya lebih rapi menggunakan rak bunga. Tak hanya untuk menata tanaman, rak bunga pun dapat dijadikan dekorasi untuk meningkatkan tampilan interior rumah. Namun, banyaknya jenis rak bunga mungkin akan membuat Anda sedikit kesulitan dalam memilihnya.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rak bunga terlebih dahulu. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi rak bunga terbaik untuk Anda, salah satunya keluaran IKEA. Dengan begitu, Anda pun akan lebih mudah menentukan rak bunga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat membaca!
    Interior, furnitur
    15.538 Views
  • 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyaknya pekerjaan membuat seseorang bisa menghabiskan waktu di kantor lebih lama. Kenyamanan dalam bekerja pun menjadi faktor utama yang mampu mempengaruhi mood dan produktivitas Anda. Untuk Anda yang biasa bekerja di kantor, memilih desain dan furniture yang tepat adalah hal yang wajib dilakukan.Berbicara tentang furniture kantor, kursi adalah bagian yang tidak boleh dilewatkan. Ada berbagai macam kursi kantor yang bisa Anda pilih, mulai dari yang termurah hingga yang termewah. Bagaimana cara memilih kursi kantor yang sesuai untuk Anda?
    Interior, furnitur
    6.084 Views
  • 10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Meja Belajar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pemilihan meja belajar tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, ada beberapa brand yang varian meja belajarnya terjamin kualitasnya, seperti dari Ikea, Funika, dan Infinity.Untuk Anda yang sedang mempertimbangkan membeli meja belajar baru, kami akan membantu Anda dengan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda pertimbangkan. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik untuk membantu Anda menentukan pilihan. Yuk, dibaca!
    Interior, furnitur
    6.957 Views
  • 10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bingkai Foto Terbaik untuk Dipajang di Dinding (Terbaru Tahun 2020)
    Foto yang memiliki kenangan khusus, foto di acara tertentu, atau kartu pos bergambar dari cucu pasti akan terasa sayang jika hanya disimpan begitu saja. Tentu ada keinginan untuk memajangnya di ruangan dengan bingkai khusus agar kenangan yang indah dapat terus dinikmati, bukan?Masalahnya, dengan banyaknya jenis, desain, dan harga dari bingkai foto yang dijual di pasaran terkadang membuat bingung ketika Anda hendak membelinya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih bingkai foto dan memberikan rekomendasi produk bingkai foto untuk dipajang di dinding. Silakan disimak dan pilih yang paling Anda suka!
    Interior, furnitur
    10.223 Views
  • 10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Meja TV Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Selain digunakan untuk meletakkan TV di rumah, meja TV juga dapat digunakan sebagai hiasan ruangan. Namun, agar ruangan terlihat lebih tertata dan menarik, pemilihan meja TV tidak boleh sembarangan. Meja TV ada yang terbuat dari kaca atau kayu, ukurannya minimalis atau besar, maupun desainnya simpel hingga artistik.Supaya Anda tidak salah pilih, kami akan berbagi tips tentang poin-poin yang perlu diperhatikan saat memilih meja TV. Kami juga sudah menyiapkan sepuluh rekomendasi meja TV terbaik dari berbagai merek, seperti IKEA, Funika, dan Olympic. Simak ulasan berikut ini dan segera dapatkan meja TV impian Anda!
    Interior, furnitur
    1.310 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori